Site icon Made Blog

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli: Teori, Faktor dan Dampaknya

Pengertian globalisasi – Kata globalisasi mungkin sudah begitu kerap Anda dengar bahkan ucapkan, namun sudah tahukah Anda apa pengertian globalisasi? Globalisasi ialah proses integrasi internasional yang terjadi dengan sebab adanya pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran serta berbagai aspek kebudayaan lainnya.

Secara etimologi kata globalisasi berasal dari bahasa Inggris yakni ‘globalize’ yang artinya universal atau menyeluruh. Penambahan ‘ization’ di kata globalization menjadikan kata ini memiliki arti proses mendunia. Dengan begitu arti dari globalisasi ialah proses suatu (informasi, teknologi, pemikiran, gaya hidup) yang mendunia.

Proses globalisasi dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya ialah teknologi internet, infrastruktur telekomunikasi serta transportasi, pertukaran pelajar dan masih banyak lainnya. Namun umumnya globalisasi berhubungan erat dengan perubahan menyeluruh di bidang industri, ekonomi, gaya hidup maupun aspek-aspek kehidupan lainnya.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

sijai.com

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu globalisasi, berikut adalah pengertian globalisasi menurut para ahli.

Menurut Laurence E. Rothernberg, pengertian globalisasi adalah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

Menurut Anthony Giddens, pengertian globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

Menurut Emanuel Ritcher, arti globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

Menurut Martin Albrow, pengertian globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan, pengertian globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

Menurut Malcom Waters, pengertian globalisasi adalah suatu proses sosial yang mengakibatkan pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terwujud di dalam kesadaran manusia.

Menurut Selo Soemardjan, pengertian globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

Menurut Achmad Suparman, pengertian globalisasi adalah suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

Teori Globalisasi

salamadian.com

Dalam proses globalisasi, beberapa ahli menjelaskan tentang teori yang berkaitan dengan terjadinya globalisasi itu sendiri. Beberapa tokoh terkenal yang mengemukakan teori globalisasi ialah Cochrane dan Pain. Dimana mereka mengatakan jika globalisasi dipengaruhi oleh tiga perilaku utama, yakni:

Mereka adalah yang percaya jika globalisasi merupakan suatu kenyataan yang mengandung konsekuensi nyata pada bagaimana orang serta lembaga di seluruh dunia dapat berjalan.

Mereka ialah yang tak percaya jika globalisasi sedang berjalan dan menganggapnya hanya sebagai mitos atau sesuatu yang di lebih-lebihkan.

Mereka ialah yang berada di tengah-tengah para globalis dan tradisionalis. Mereka begitu percaya dengan globalisasi yang sedang berlangsung, akan tetapi menganggap pengaruh globalisasi terlalu di besar-besarkan oleh globalis.

Selain itu, George Ritzer juga menyatakan teorinya tentang globalisasi. Menurut George Ritzer, era globalisasi ini ditandai dengan adanya inovasi pada bidang komunikasi. Salah satu contohnya adalah dengan ditemukannya telepon dan televisi yang akhirnya membuat masyarakat global menjadi sadar terhadap hal ini.

Faktor Penyebab Globalisasi

www.romadecade.org

Proses globalisasi tidaklah berjalan begitu saja, melainkan karena beberapa faktor penyebab. Mengacu pada pengertian globalisasi di atas, ada beberapa faktor penyebab globalisasi seperti di bawah ini.

Teknologi informasi dan transportasi memiliki peran yang begitu besar pada proses globalisasi di dunia. Teknologi yang semakin maju menjadikan kegiatan transaksi jual beli antar negara menjadi jauh lebih mudah.

Salah satu contoh nyatanya adalah bisnis E-commerce, yang mana Anda bisa melakukan transaksi jual beli tanpa harus datang ke lokasi/menjumpai penjual.

Kerjasama ekonomi antar negara di dunia pun merupakan salah satu faktor penyebab globalisasi. Mudahnya membuat kesepakatan perdagangan internasional menjadikan proses globalisasi terjadi terus menerus.

Masyarakat antar negara bisa saling mengirimkan barang maupun jasa satu sama lain. Kemudahan pengiriman barang ini menjadikan banyak produk asing yang masuk di suatu negara dan kemudian diadaptasi oleh masyarakatnya.

Semisal produk fashion asal Korea yang menjadi sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Ketika masyarakat Indonesia mengenakan produk-produk impor tersebut, maka terjadilah proses asimilasi atau penggabungan kebudayaan satu negara dengan negara lain.

Semakin tinggi kesadaran masyarakat dunia dengan pentingnya hubungan internasional menjadikan konflik antar negara menjadi berkurang. Ketika antar negara sudah melakukan hubungan internasional maka disitulah sudah terjadi globalisasi.

Terdapat beberapa sumber daya alam yang pasti akan mengalami pengurangan setiap tahunnya. Semisal logam mulia dan minyak bumi.

Ini menjadikan beberapa negara berinvestasi di negara lain dengan tujuan untuk mengeruk sumber daya di negara tersebut. Seperti yang sudah terjadi di Indonesia, tambang emas Freeport di Papua di keruk oleh negara lain.

Dampak Globalisasi

www.winnetnews.com

Globalisasi terjadi dengan membawa dampak bagi kehidupan masyarakat dunia secara universal. Dampak globalisasi sendiri bisa positif maupun negatif.

Dampak Positif Globalisasi

Secara singkat ada beberapa dampak positif dari proses globalisasi, dan berikut beberapa diantaranya:

Dampak Negatif Globalisasi

Globalisasi juga banyak membawa dampak buruk bagi kehidupan masyarakat, seperti:

Baca Juga : Pendidikan Karakter

Dari paparan di atas, bisa disimpulkan jika globalisasi memberi dampak yang baik dan buruk bagi masyarakat di sebuah negara. Untuk menyikapi dampak globalisasi, sebaiknya persiapkan diri Anda agar siap menghadapi hal-hal baik maupun buruk akibat globalisasi tersebut.

Membentengi diri sebaik mungkin untuk meminimalisir bahkan menolak dampak buruk globalisasi juga sangat penting untuk dilakukan. Dengan demikian, ketika dampak baik dan buruk globalisasi sudah siap Anda hadapi, maka Anda akan menjadi pribadi yang siap menerima proses globalisasi.

Alhasil yang berefek pada diri Anda adalah dampak baik dari proses tersebut. Demikian penjelasan singkat tentang pengertian globalisasi, faktor penyebab hingga dampak positif maupun negatifnya. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version