34+ Negara Terkaya di Dunia Thn 2020

Negara Terkaya di Dunia – Setiap negara pasti punya sumber daya alam yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan pengaruh dari letak geografis dari masing-masing negara tersebut. Beberapa dari negara di dunia ini banyak yang menggantungkan perekonomiannya pada sumber daya alam. Mulai dari hasil pertanian, pertambangan, gas alam dan minyak bumi, industri, perdagangan dan lain sebagainya.

Suatu negara bisa dikatakan kaya apabila memenuhi salah satu indikator yang biasa dipakai untuk menilai ya itu dilihat dari kemajuan sektor ekonomi serta pendapatan perkapita dari negara tersebut. Hal tersebut dikarenakan jika pertumbuhan ekonomi dari suatu negara tersebut cukup pesat, materi akan berkolerasi dengan peningkatan pemasukan dari suatu negara sehingga negara tersebut bisa bertambah kaya. Jadi secara otomatis penduduk yang ada di negeri tersebut kesejahteraannya semakin meningkat.

Nah, di bawah ini akan kami sebutkan beberapa negara terkaya di dunia yang perlu untuk Anda ketahui sebagai penambah wawasan dan pengetahuan.

Qatar

QATAR

Salah satu negara yang berada di Asia Barat yaitu Qatar adalah salah satu negara terkaya di dunia. Hal tersebut dikarenakan negara Qatar termasuk ke dalam kategori negara maju. Bagan perekonomian di negara Qatar adalah salah satu kategori perekonomian yang terbaik di dunia.

Pada awalnya perekonomian di negara Qatar hanya digantungkan pada sektor perikanan dan juga mutiara. Akan tetapi setelah ditemukannya sumber minyak bumi yaitu di tahun 1939, makalah perekonomian di negara Qatar terus berkembang. Sejak saat itulah tingkat GDP di negara Qatar perkapitanya tinggi dan bahkan bisa mencapai US$ 129.726.

Sampai saat ini negara Qatar banyak dikenal oleh negara-negara yang ada di dunia sebagai negara pengekspor minyak bumi paling besar. Maka dari itu tidak mengherankan apabila negara Qatar menjadi salah satu negara yang mampu berpindah menjadi negara yang modern.

Luksemburg

LUKSEMBURG

Negara terkaya di dunia yang selanjutnya adalah Luksemburg. Negara Luksemburg ini berada di benua Eropa dan menjadi salah satu negara terkaya dengan tingkat GDP sebesar US$ 101.936 perkapita. Maka dari itu tidak mengherankan jika negara Luksemburg termasuk ke dalam kategori negara terkaya di dunia nomor 2. Bahkan pada saat itu negara ini pernah menjadi negara terkaya nomor 1 di dunia.

Akan tetapi gelar sebagai negara terkaya nomor 1 di dunia telah berpindah tangan ke negara Qatar. Walaupun negara Luksemburg termasuk negara yang cukup kecil, akan tetapi patut diakui bahwa pertumbuhan ekonomi di negara Luksemburg sangat berkembang pesat. Hal tersebut dikarenakan pertumbuhan ekonomi di negara Luksemburg bergantung pada sektor industri dan juga perbankan. Sedangkan salah satu pendukung utama dari kemajuan pertumbuhan ekonomi negara tersebut adalah dunia industri baja.

Bukan hanya itu saja, salah satu faktor pertumbuhan ekonomi yang pesat di negara Luksemburg adalah karena letaknya yang strategis. Bahkan negara Luksemburg ini dikelilingi oleh negara-negara maju seperti Prancis, Jerman dan negara maju lainnya. Dengan begitu tidak mengherankan apabila letak strategis negara Luksemburg bisa memberikan keuntungan yang sangat banyak dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Makau

MAKAU

Macau adalah salah satu negara yang masuk ke dalam kategori negara terkaya di dunia. Meskipun telah diketahui bahwa negara Macau ini adalah negara dengan penduduk terpadat di dunia. Namun hal tersebut tidak membuat negara Macau menjadi negara terkaya karena ada beberapa sektor yang telah mendukung suksesnya pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Beberapa sektor yang telah mendukung kesuksesan dari pertumbuhan ekonomi di negara Macau yaitu seperti industri tekstil, pariwisata dan juga garmen. Bahkan dari ketiga vektor tersebut, sektor pariwisata adalah faktor utama yang berperan paling besar dalam perkembangan ekonomi di negara tersebut.

Maka dari itu tidak mengherankan apabila negara atau masuk ke dalam kategori negara terkaya di dunia. Macau telah menduduki peringkat ke-3 karena GDP negara Macau mencapai US$ 96.147 perkapita.

Singapura

SINGAPURA

Siapa sangka bahwa negara tetangga kita yaitu Singapura adalah negara yang menyandang predikat sebagai negara terkaya di dunia urutan keempat. Hal tersebut dikarenakan negara Singapura sendiri letaknya sangat strategis. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi di negara Singapura bisa berkembang dengan pesat. bahkan Singapura juga telah dikenal sebagai negara dengan tujuan transit terbesar di dunia yaitu dalam sektor pelayaran dan juga perdagangan.

Brunei Darussalam

BRUNEI DARUSSALAM

Negara yang terletak di Asia tenggara selain Singapura sebagai negara terkaya juga diraih oleh negara Brunei Darussalam. Bahkan Brunei Darussalam telah masuk ke dalam peringkat kelima sebagai negara terkaya. hal tersebut dibuktikan dengan tingkat GDP yang dimiliki oleh negara Brunei Darussalam yakni US$ 79.710 per kapita.

Negara Brunei Darussalam menjadi negara terkaya di dunia karena keberhasilan dalam sektor ekonomi yang telah didukung beberapa faktor. Mulai dari faktor gas alam dan juga ekspor minyak mentah. Di samping itu, salah satu pendukung sektor ekonomi negara Brunei Darussalam yaitu keikutsertaan pemerintah. Hal tersebut telah dibuktikan dengan ditetapkannya peraturan serta kebijakan dari pemerintah yang telah dibuat demi dukungan untuk bidang kewirausahaan yang kondusif.

Kuwait

KUWAIT

Salah satu negara terkaya di dunia yang selanjutnya yaitu negara Kuwait yang terletak di Asia Barat. Negara ini mempunyai mata uang yang paling mahal di dunia bernama Dinar Kuwait. yang menjadikan negara Kuwait sebagai negara terkaya di dunia karena tingkat GDP per kapitanya mencapai US$ 71.263. Maka tidak mengherankan apabila negara Kuwait telah mendapatkan gelar sebagai negara terkaya ke-6 di dunia.

Terdapat salah satu hal yang cukup menarik terkait dengan negara Kuwait yaitu negara tersebut mempunyai cadangan minyak dunia yang presentasinya mencapai 10%. Dengan adanya minyak bumi tersebut tentunya sangat mempengaruhi pada pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Selain dipengaruhi oleh minyak bumi, perekonomian negara Kuwait juga dipengaruhi oleh sektor jasa keuangan dan juga sektor industri.

Irlandia

IRLANDIA

Salah satu negara yang berada di benua Eropa yaitu Irlandia juga termasuk ke dalam negara terkaya di dunia urutan nomor 7. GDP negara Irlandia perkapitanya mencapai US$ 69.374. Hal tersebut tidak lepas dari pertumbuhan ekonomi di negara tersebut yang semakin berkembang dengan pesat.

Di samping itu, pertumbuhan ekonomi di negara Irlandia juga didukung oleh sektor industri tekstil serta pertambangan. Maka dari itu tidak mengherankan apabila negara ini termasuk negara terkaya di dunia karena telah didongkrak perekonomiannya oleh faktor-faktor tersebut.

Norwegia

NORWEGIA

Norwegia juga menjadi salah satu negara terkaya urutan ke-8 dengan GDP mencapai US$ 69.269 perkapita. Hal tersebut dipengaruhi oleh perekonomian dari negara Norwegia yang berkembang cukup pesat karena didukung oleh industri perikanan. Hal tersebut tidak mengherankan karena letak dari negara Norwegia ini yang berbatasan langsung dengan laut.

Bukan hanya dari segi sektor industri perikanan saja, nama negara Norwegia juga punya cadangan gas alam, minyak dan juga mineral yang cukup banyak. maka dari itu tidak mengherankan apabila pertumbuhan perekonomian negara Norwegia bisa berkembang sangat pesat sehingga menjadikannya sebagai negara terkaya.

Uni Emirat Arab (UEA)

UNI EMIRAT ARAB (UEA)

Siapa sih yang tidak mengenal uni emirat Arab yang sangat terkenal kaya akan minyak bumi dan juga gas alamnya. Bahkan uni emirat Arab adalah negara penghasil minyak bumi terbesar urutan kedua. Hal tersebut tentunya salah satu faktor yang memicu pesatnya pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Bukan hanya itu saja, uni emirat Arab juga telah didukung dari faktor lainnya yaitu ekspor bahan tambang, mulai dari aluminium, berlian, perak dan juga emas. Bahkan tidak berhenti di situ saja, sektor pariwisata di negara uni emirat Arab juga turut mendongkrak pesatnya perekonomian di negara tersebut. Maka dari itu uni emirat Arab memiliki GDP hingga US$ 67.696 per kapita.

San Marino

SAN MARINO

San Marino merupakan salah satu negara yang paling kecil di dunia. Akan tetapi hal tersebut tidak menjadi halangan untuk negara San Marino untuk bisa menjadi negara terkaya di dunia. Bahkan urutannya pada nomor 10 karena telah didukung dengan pesatnya pertumbuhan perekonomian negara tersebut.

Sumber pemasukan dari negara San Marino ini didapatkan dari sektor pariwisata dan juga jasa layanan keuangan. Selain itu, negara San Marino juga punya bisnis ekspor produk seperti keramik, pakaian dan juga ikan. Maka dari itu tidak mengherankan apabila negara San Marino mempunyai GDP yang cukup tinggi yaitu US$ 64.443 per kapita.

Switzerland

SWITZERLAND

Negara terkaya di dunia peringkat ke 11 telah diduduki oleh negara Switzerland dengan GDP mencapai US$ 59.375 per kapita. Hal tersebut dikarenakan negara Switzerland memiliki tingkap pertumbuhan ekonomi yang pesat sebab dipengaruhi oleh sektor industri farmasi, perdagangan, jasa keuangan, pariwisata dan juga pertanian.

Hongkong

HONGKONG

Hongkong merupakan salah satu negara di Asia yang menduduki peringkat 12 sebagai negara terkaya di dunia. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran Hongkong sebagai pusat bisnis serta keuangan dunia. Hal tersebut telah dibuktikan dari keikutsertaan mata uang Hongkong yang dijadikan sebagai mata uang perdagangan dunia internasional.

Bukan hanya itu saja, banyak investor asing juga yang telah melibatkan dirinya untuk saling bersaing supaya bisa menanam sahamnya di negara Hongkong. Di samping itu, penghasilan utama dari negara Hongkong yaitu berasal dari sektor perdagangan. Sedangkan tingkat GDP negara Hongkong telah mencapai US$ 58.094 per kapita.

USA

USA

Negara terkaya di dunia yang selanjutnya yaitu Amerika serikat yang terkenal sebagai negara dengan pusat ekonomi terbesar di dunia. bahkan Amerika serikat memiliki GDP per kapita sampai US$ 57.293. Hal tersebut dikarenakan Amerika serikat memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat yang didukung oleh berbagai jenis sektor. Mulai dari sektor keuangan, pelayanan publik, kesehatan, bidang teknologi, bahan kimia, industri manufaktur dan lain sebagainya.

Maka dari itu tidak mengherankan apabila negara Amerika serikat bisa sukses dalam meningkatkan sektor perekonomian negaranya. Hal tersebut juga telah diimbangi karena Amerika serikat mempunyai sumber daya manusia yang terampil dan juga cerdas.

Saudi Arabia

SAUDI ARABIA

Saudi Arabia adalah salah satu negara kaya di dunia Karena memiliki sumber minyak bumi yang cukup banyak. Memang perekonomian Saudi Arabia bergantung pada ekspor minyak buminya. Bahkan Saudi Arabia mempunyai GDP hingga US$ 54.078 per kapita. Pemerintah Saudi Arabia juga telah berupaya untuk menstabilkan perekonomiannya dengan cara menurunkan jumlah korupsi serta menekan jumlah pengangguran.

Netherland

NETHERLAND

Netherland juga menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan mempunyai GDP mencapai US$ 50.846 per kapita. Hal tersebut dikarenakan perekonomian negara Netherland didukung oleh berbagai bidang mulai dari industri kreatif, pertanian, manufaktur, layanan publik dan lain sebagainya.

Selain itu bidang peternakan dan pertanian juga menjadi salah satu sumber utama yang membuat negara Netherland ini mendapatkan perkembangan perekonomian yang pesat. Bahkan sampai saat ini Netherland adalah salah satu negara pengekspor hasil pertanian terbesar kedua di dunia.

Swiss

SWISS

Swiss adalah salah satu negara yang terletak di benua Eropa dan masuk dalam kategori negara kaya di dunia. Swiss mempunyai pendapatan sekitar 84.748 dolar Amerika per kapita. Bahkan negara ini juga sangat terkenal sebagai pusat investasi dan perbankan terbaik di dunia. Di samping itu, negara Swiss juga menjadi negara pengekspor mesin industri serta bahan kimia sehingga membuat negara ini bisa mencapai perkembangan perekonomian yang pesat.

Australia

AUSTRALIA

Australia yang dikenal sebagai negara kanguru juga termasuk dalam daftar negara terkaya di dunia. Hal tersebut dikarenakan sektor kehidupan dari negara Australia yang berupa pertambangan dan juga ekspor uranium dan emas sehingga mampu mendongkrak perekonomian Australia.

Bukan hanya itu, perekonomian Australia juga didukung dari beberapa sektor lainnya seperti pariwisata, industri, pertanian dan juga perkebunan. Maka dari itu tidak heran apabila Australia punya pendapatan mencapai USD 61.887 per kapita.

Denmark

DENMARK

Denmark termasuk negara terkaya di dunia dengan pendapatan perkapita mencapai USD 60.634 per kapita tepatnya pada tahun 2014 lalu. Hal tersebut dikarenakan salah satu indikator yang membuat negara Denmark menjadi negara kaya karena sektor ekonominya yang berkembang pesat.

Berbagai sektor yang mendukung negara Denmark menjadi negara kaya yaitu sektor transportasi, energi, teknologi dan sektor publik yang lainnya. bahkan negara Denmark sendiri terkenal sebagai negara dengan tingkat korupsi yang paling rendah di dunia.

Swedia

SWEDIA

Swedia adalah salah satu negara terkaya di dunia yang mana pendapatannya paling tinggi di hasilkan dari pajak. Apalagi pajak yang diberlakukan di negara Swedia cukup tinggi. Selain itu beberapa sektor lainnya turut andil dalam mendongkrak pendapatan negara seperti sektor telekomunikasi dan sektor farmasi. Maka dari itu Swedia memiliki pendapatan sebesar USD 58.887 perkapita.

Islandia

ISLANDIA

Pada tahun 2014 yang lalu negara Islandia diketahui memiliki pendapatan hingga US$ 52.111 perkapita dan menjadikan negara Islandia sebagai negara kaya di dunia. Hal tersebut didapatkan dari sumber utama penghasilannya yang tergantung pada sistem pembangkit listrik energi panas bumi serta tenaga air. Perangkat lunak teknologi dan pariwisata juga menjadi salah satu pendorong perekonomian negara Islandia.

Negara Belanda yang dikenal sebagai negara kincir angin juga salah satu negara yang masuk dalam daftar negara kaya di dunia. hal tersebut dibuktikan dari pendapatan perkapita negara Belanda pada tahun 2014 lalu yang bisa mencapai US$ 51.590. Belanda juga termasuk negara maju yang mana sektor perekonomian dari sektor industri dan jasa.

Austria

AUSTRIA

Austria merupakan negara kecil namun pendapatan perkapita negara ini cukup tinggi sehingga membuat negara Austria ini menjadi negara kaya. Pendapatan yang bisa mencapai US$ 50.510 yang didapatkan dari sektor industri.

Finlandia

FINLANDIA

Finlandia adalah negara dengan pendapatan 49.150 dolar Amerika per kapita. Dengan demikian negara Finlandia termasuk ke dalam deretan negara kaya di dunia. Negara ini terkenal dengan sistem pendidikan yang paling baik di dunia dan di negara tersebut hampir tidak ada korupsi. Pendapatan utama cari negara Finlandia ini dari sumber alam seperti mineral, bijih besi, kayu, metal dan lain sebagainya.

Jerman

JERMAN

Jerman juga sebagai negara terkaya di dunia yang pendapatan perkapitanya bisa mencapai USD 47.627 yang didapatkan dari sektor industri. Selain itu kemajuan teknologi Jerman juga berkembang cukup pesat.

Belgia

BELGIA

Belgia termasuk negara kaya di dunia dengan pendapatan mencapai USD 47.512 perkapita. Perkembangan ekonomi negara Belgia dipengaruhi oleh adanya ekspor bahan kimia, mesin, berlian, peralatan dan lain sebagainya.

Inggris

INGGRIS

Inggris adalah salah satu negara kaya di dunia yang punya perkembangan perekonomian yang sangat pesat. Bahkan pendapatan perkapita negara Inggris bisa mencapai USD 45.603 dan didapatkan dari sektor keuangan yang terkenal sebagai yang terbesar di dunia.

Jepang

JEPANG

Jepang adalah negara di Asia yang terkenal dengan peralatan elektroniknya yang terus berkembang pesat bahkan bisa melaju ke pasar dunia. Maka dari itu Jepang adalah negara kaya di dunia yang memiliki pendapatan perkapita 38.633 dolar Amerika.

Perancis

PERANCIS
Sunset flares at Champ de Mars in ParisPerancis yang merupakan kota mode dunia juga menjadi negara kaya di dunia. Sehingga tidak mengherankan jika Perancis memiliki pendapatan hingga 41.781 dolar Amerika per kapita. Hal tersebut didukung dari segi perekonomiannya yang didapatkan dari dunia fashion.

New Zealand

NEW ZEALAND

New Zealand atau Selandia baru adalah negara yang masuk dalam daftar negara kaya di dunia. Hal tersebut dikarenakan pendapatan perkapita new zeland mencapai 41.824 dolar Amerika dan berasal dari perdagangan hasil laut.

Kanada

KANADA

Kanada adalah salah satu negara terkaya di dunia yang berada di benua Amerika bagian Selatan. Kanada memiliki pendapatan yang bisa mencapai USD 50.271 per kapita tepatnya pada tahun 2014 lalu. Hal tersebut dikarenakan negara Kanada adalah negara yang memiliki sistem perekonomian yang cukup baik.

Hal tersebut juga tidak lepas dari adanya ekspor sumber daya alam yaitu minyak bumi. Maka dari itu tidak mengherankan jika negara Kanada masuk ke dalam daftar negara terkaya di dunia.

Nah, itulah tadi beberapa negara terkaya di dunia yang sudah kami sebutkan lengkap serta pendapatan perkapita dan juga sumber perekonomiannya. Semoga dengan adanya artikel yang sudah kami sediakan tersebut bisa Anda jadikan sebagai referensi maupun wawasan ilmu pengetahuan saat Anda membutuhkannya. Tentunya Anda juga bisa mempelajari dari beberapa negara terkaya di dunia tersebut sehingga suatu saat nanti bisa menjadikan Indonesia termasuk ke dalam negara kaya tersebut.

34+ Negara Terkaya di Dunia Thn 2020

Tinggalkan komentar