Letak Astronomis Indonesia : Definisi Dan Pengaruh Terhadap Penduduk Dan Alamnya

Letak Astronomis Indonesia – Cara pengukuran untuk mengetahui letak astronomis ialah menggunakan perhitungan yang berasal dari koordinat garis lintang beserta dengan garis bujur, yang mana cara tersebut dapat mengetahui keseluruhan dari suatu wilayah sehingga garis letak astronomis ini juga disebut sebagai letak matematis.

Garis lintang sendiri merupakan garis khayal yang ada pada globe atau pun peta yang garisnya sejajar dengan khatulistiwa, dan pada garis bujur sendiri merupakan garis khayal yang ada pada globe atau peta di mana garis tersebut akan menghubungkan kutub selatan dan juga kutub Utara. Namun ketika Anda melihat dari segi matematis, maka Anda akan melihat jika letak astronomis digunakan untuk membagi bumi kedalam garis bujur yang secara total mencapai 360 derajat mengelilingi bumi.

Dan dengan demikian letak astronomis pada tiap-tiap negara pun akan berbeda karena hal tersebut akan tergantung pada lokasi serta luas, serta begitu pula dengan negara Indonesia. Untuk itulah berikut ini merupakan penjelasan secara lengkap mengenai letak astronomis dari negara Indonesia. Dimulai dari definisi letak astronomis, kemudian letak astronomis yang ada di negara Indonesia, Lalu ada pengaruh letak astronomis di negara Indonesia dan masih banyak lagi.

Contents

Definisi Tentang Letak Astronomis Negara Indonesia

DEFINISI TENTANG LETAK ASTRONOMIS NEGARA INDONESIA

Definisi dari letak astronomisnya ini merupakan posisi yang mana posisi pada sebuah wilayah akan dipengaruhi dengan adanya garis khayal bumi yakni disebut sebagai garis lintang dan juga garis bujur, di mana garis tersebut mengelilingi bumi. Sedangkan untuk garis lintang jika disebut sebagai garis vertikal karena garis tersebut membagi bumi menjadi dua bagian, di mana menjadikan bumi memiliki bagian utara dan juga selatan.

Kemudian untuk garis bujur juga disebut sebagai garis horizontal karena garis tersebut mampu membelah bumi menjadi dua sehingga terdapat bagian timur dan juga bagian barat.

Seperti yang telah kita ketahui bersama jika di dalam peta Indonesia, untuk kota Pontianak selalu dilewati oleh garis khatulistiwa. Garis ini sendiri pun juga membelah yang mempunyai sebutan lain sebagai garis ekuator dan juga garis lintang O, dimana garis tersebut membelah bumi sehingga bisa menjadi dua bagian yang pertama adalah bagian selatan dan yang kedua ialah bagian utara.

Namun apabila dilihat dari secara astronomis, maka negara Indonesia terletak pada titik 6 derajat lintang utara hingga 11 derajat lintang Selatan, dan 98 derajat pada bagian bujur timur sampai 141 derajat pada bagian bujur timur. Dengan posisi yang seperti itu maka menjadi nilai yang sangat absolut bagi semua daerah yang ada di Indonesia memberikan pengaruh yang sangat besar pada alam ataupun keragaman hayati.

Pengaruh Dari Letak Astronomis Negara Indonesia Terhadap Cuaca Dan Juga Iklim

PENGARUH DARI LETAK ASTRONOMIS NEGARA INDONESIA TERHADAP CUACA DAN JUGA IKLIM

Dari berdasarkan posisi astronomis dari garis lintang maka negara Indonesia merupakan negara yang mempunyai iklim tropis ataupun panas. jadi dapat dipastikan jika semua wilayah yang ada di negara Indonesia akan mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Terlebih lagi negara Indonesia juga mempunyai posisi yang selalu dilewati oleh garis khatulistiwa sehingga menjadikan wilayah yang dilewati akan memiliki cuaca yang sangat panas.

Sebetulnya sebuah negara yang mempunyai iklim tropis hanya mempunyai 2 musim yakni musim kemarau dan juga musim hujan, contohnya saja seperti negara Indonesia. Namun pada beberapa negara yang ada di Asia tenggara juga mempunyai iklim tropis sama halnya dengan negara Indonesia, sebab kondisi dari beberapa negara tersebut hampir sama bahkan saling berdekatan.

Karena menjadi sebuah wilayah yang mempunyai iklim tropis maka negara Indonesia pun juga memiliki curah hujan tahunan yang cukup tinggi karena bisa mencapai 70 cm per tahunnya. Dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi di negara Indonesia sehingga menjadikan negara Indonesia kerap kali terjadi hujan ekuator dan juga hujan zenital. Hujan zenital sendiri akan berlangsung pada saat arus konveksi yang menjadikan uap air berada di ekuator naik dengan cara vertikal.

Selain itu hujan zenital ini pun kerap terjadi pada wilayah yang berada pada posisi 23,5 derajat bagian lintang utara sampai 23,5 derajat lintang Selatan. Tentu saja hal tersebut akan menyebabkan adanya sebuah pemanasan air laut yang kerap terjadi secara terus-menerus yang selanjutnya akan terjadi turun hujan yang juga disebut dengan nama kondensasi.

Bukan hanya itu saja negara Indonesia juga mempunyai suhu udara yang sangat tinggi dikarenakan bisa mencapai 20 derajat Celcius bahkan sampai 30 derajat Celcius, bahkan bisa saja bertambah. Bahkan pada beberapa kawasan yang berada pada wilayah dataran tinggi kerap kali mempunyai suhu udara yang rendah ataupun dingin, contohnya saja seperti kawasan puncak, Bogor dan juga pegunungan.

Sedangkan untuk suhu udara yang tinggi akan sering kali terjadi pada wilayah yang berada di dataran rendah contohnya saja seperti Jakarta, sehingga kerap kali mengakibatkan cuaca pada dataran rendah hal tersebut sangat panas.

Walaupun seperti itu, rupanya negara Indonesia juga memiliki keuntungan dikarenakan hanya terdapat dua musim tidak seperti negara yang ada di Eropa ataupun negara yang berada di dekat kutub karena kerap kali terjadi musim dingin yang sangat ekstrem. Tentunya hal tersebut akan membuat penduduk kerepotan karena harus menyiapkan berbagai macam hal untuk bisa mengatasi suhu dingin yang sangat ekstrem.

Pengaruh Dari Letak Astronomis Negara Indonesia Pada Keragaman Hayati

PENGARUH DARI LETAK ASTRONOMIS NEGARA INDONESIA PADA KERAGAMAN HAYATI

Dikarenakan menjadi negara yang mempunyai iklim tropis maka negara itu negara Indonesia juga memiliki banyak sekali hutan hujan tropis yang mana hutan tersebut juga sangat lebat dan mampu menyumbang banyak gas O2 di bumi ini. Tentunya hal tersebut sangat berguna bagi kehidupan manusia terlebih lagi pada keperluan udara untuk bernafas.

Mengenai hutan yang ada di negara Indonesia sendiri sebetulnya mempunyai banyak sekali jenis tumbuhan yang mana beberapa diantaranya memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan. Contohnya saja bisa digunakan sebagai obat-obatan alami, dapat diolah sebagai makanan bahkan bisa memenuhi keperluan dari rumah sebagai tempat tinggal dan masih banyak lagi.

Bukan hanya tumbuhan saja namun di hutan Indonesia juga terdapat banyak sekali binatang, sebab hutan tersebut dapat dijadikan sebagai habitat binatang terlebih lagi pada binatang harimau, binatang kera, dan binatang lainnya. Tentunya hal tersebut mampu menambah kekayaan alam dari negara Indonesia yang tak ternilai harganya.

Kekayaan hayati yang dimiliki oleh negara Indonesia sendiri juga ada pada perairan ataupun laut, apalagi kita jika kita mengingat negara Indonesia mempunyai laut yang sangat luas. Dan di sanalah terdapat banyak sekali jenis-jenis ikan serta biota laut yang pastinya mampu menarik perhatian dari wisatawan asing.

Tentunya hal itu pun akan menambah pemasukan devisa negara. dan dengan laut yang sangat luas tersebut akan menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk yang ada di sekitar laut karena bisa menjadi nelayan. Lautan di negara Indonesia pun telah menyimpan banyak sekali tumbuhan laut contohnya saja seperti terumbu karang dan rumput laut sehingga pemandangan di dalam laut pun akan sangat indah.

Masalah Dalam Pembagian Waktu Negara Indonesia

MASALAH DALAM PEMBAGIAN WAKTU NEGARA INDONESIA

Perlu untuk Anda ketahui jika pengaruh dari letak astronomis negara Indonesia berada pada 98 derajat bujur timur bahkan sampai 141 derajat pada bagian bujur timur, dan hal tersebut yang menjadikan negara Indonesia telah memiliki tiga bagian waktu yang juga berbeda-beda. Seperti yang telah kita ketahui bersama jika negara Indonesia mempunyai tiga zona waktu yang pertama adalah WIB atau waktu Indonesia barat, kemudian yang kedua adalah wita yakni waktu Indonesia tengah, sedangkan untuk yang ketiga adalah unit yang merupakan waktu Indonesia timur.

Sebetulnya Pembagian waktu yang ada di negara Indonesia pun sudah memiliki dasar serta kekuatan hukum yang telah dikeluarkan sejak keputusan presiden pada tahun 1987 tepatnya pada nomor 41. Sehingga dengan adanya perbedaan waktu tersebut tidak akan bisa menjadi suatu masalah yang akan diperdebatkan di masa depan.

Dan berikut ini adalah perincian dari waktu yang ada di negara Indonesia:

  • WIB atau waktu Indonesia barat juga meliputi dari semua pulau yang ada di Jawa, pulau Madura, pulau Kalimantan barat dan juga Kalimantan tengah. Dimana waktu dari daerah tersebut memiliki selisih sekitar 7 jam lebih awal dengan adanya GMT di negara Inggris.
  • Sedangkan untuk WITA yang merupakan waktu Indonesia tengah meliputi daerah seperti Kalimantan timur, kemudian Kalimantan Selatan, pulau Bali, NTT, NTB dan semua pulau yang ada di Sulawesi. Dimana waktu tersebut memiliki selisih sekitar 8 jam jauh lebih awal dengan GMT atau 1 jam lebih awal dibandingkan dengan WIB.
  • Sedangkan untuk wit atau waktu Indonesia timur digunakan pada wilayah Maluku dan juga Papua. Karena memiliki selisih yang mencapai 9 jam jauh lebih awal dengan GMT jadi kedua wilayah tersebut 2 jam jauh lebih awal dibandingkan dengan WIB dan juga WITA.

Letak Astronomis Beserta Dengan Mata Pencaharian Penduduk

LETAK ASTRONOMIS BESERTA DENGAN MATA PENCAHARIAN PENDUDUK

Mengenai iklim tropis yang berada di negara Indonesia secara otomatis setelah membentuk sebuah karakter dari masyarakat dan sendiri entah itu secara sosial ataupun ekonominya. Dan hal ini dikarenakan para penduduk di negara Indonesia diwajibkan untuk menyesuaikan diri dengan iklim yang ada.

Contohnya saja dalam perihal kebudayaan dan juga sosial, penduduk yang ada di negara Indonesia kerap kali memakai baju yang yang berbahan dingin serta mudah untuk menyerap keringat karena mempunyai cuaca yang cukup panas. Dan adapun tahu betul jika penduduk yang ada di negara Indonesia jarang sekali memakai pakaian yang tebal, ataupun pakaian yang kerap kali dipakai ketika terjadi cuaca yang cukup ekstrim di negara Indonesia.

Sedangkan pada masalah bidang ekonomi dari kebanyakan penduduk di negara Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai peternak, petani dan juga pekebun. Hal ini pun juga dikarenakan sebagian besar dari tanah yang ada di wilayah Indonesia memiliki kesuburan dengan tingkat tinggi. Tentunya keadaan yang seperti ini pun dapat di fungsikan oleh semua penduduk untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Terdapat banyak sekali padang rumput yang yang hidup di hutan yang mana hal tersebut pun difungsikan untuk mencari rambutan bagi orang-orang yang memiliki peternakan. Terlebih lagi tumbuhan yang ada di negara Indonesia selalu hijau dikarenakan kerap kali mendapatkan sinar matahari dan juga siraman air hujan. Yang tentunya hal tersebut pun sangat tepat untuk dijadikan sebagai mata pencaharian, yakni sebagai peternak.

Selain itu, di negara Indonesia juga memiliki dataran tinggi dengan tanah yang sangat subur. Itulah mengapa sebagian besar dataran tinggi digunakan menjadi lahan perkebunan seperti halnya kebun kopi, kebun teh, kebun nila dan lain sebagainya. Bahkan tanaman perkebunan pun juga dijadikan sebagai komoditas Indonesia, yang dijadikan ekspor ataupun diproduksi sendiri di dalam negeri.

Tanah di Indonesia mempunyai tingkat kesuburan yang sangat tinggi, seperti halnya pada kawasan dataran rendah karena dapat dijadikan sebagai lahan pertanian. Banyak sekali para petani yang menanam jagung, tembakau, padi dan masih banyak lagi.

Letak Astronomis Negara Indonesia Beserta Dengan Potensi Ekonominya

LETAK ASTRONOMIS NEGARA INDONESIA BESERTA DENGAN POTENSI EKONOMINYA

Perlu untuk setiap garis bawahnya jika negara Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat melimpah dikarenakan didukung dengan adanya iklim tropis. Selain itu, tanah yang dimiliki oleh negara Indonesia pun juga sangat subur sehingga tumbuhan ataupun tanaman pun mudah untuk hidup di tanah negara Indonesia.

Jenis tanaman pun juga sangat beraneka macam contohnya saja seperti pohon pohon tropis yang memiliki ukuran besar, kemudian adanya tanaman obat, sayuran, bunga dan masih banyak lagi.

Dengan adanya siraman hujan yang cukup memenuhi kebutuhan ketika musim hujan tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kehidupan tumbuhan yang ada di Indonesia. dan yang pasti hal tersebut akan sangat jauh berbeda dengan negara subtropis yang memiliki iklim dingin Karena untuk menemukan tanah yang subur pun sangat sulit.

Hal ini pun dikarenakan sinar matahari sangat sulit untuk didapatkan terlebih lagi ketika musim salju telah tiba. Tentunya hal ini pun akan mengakibatkan tanah pada negara subtropis tidak cocok digunakan untuk media menanam ataupun bertani.

Tak hanya itu saja, banyak sekali potensi ekonomi yang ada di negara Indonesia berada di lautan sehingga masyarakat pun bisa menjadi nelayan, yang juga dijadikan sebagai mata pencaharian utama. Dikarenakan jumlahnya yang sangat melimpah sehingga menjadikan hasil alam dari laut pun juga menjadi komoditas ekspor sampai internasional.

Tentunya hal ini yang juga menjadi pasokan perekonomian dari produk negara Indonesia. Bukan hanya masalah dari keperluan dalam negeri saja akan tetapi juga keperluan ekspor yang secara otomatis menunjukkan jika negara Indonesia sangat kaya akan keragaman hayatinya.

Tentu dengan posisi negara Indonesia yang sangat strategis dengan laut yang sangat luas dan juga memanjang, maka hal tersebut bisa menjadi media ataupun jalur dalam perdagangan antara negara entah itu se Asia tenggara atau pun sampai ke negara Eropa.

Negara Indonesia Yang Merupakan Tujuan Dari Wisata Turis Asing

NEGARA INDONESIA YANG MERUPAKAN TUJUAN DARI WISATA TURIS ASING

Dikarenakan memiliki letak astronomis yang sangat baik bahkan dengan berbagai macam pengaruh sehingga menjadikan negara Indonesia mempunyai iklim tropis. Sehingga tidak heran banyak sekali pantai yang ada di negara Indonesia yang pada akhirnya menarik minat para wisatawan asing, sebab seperti yang kita ketahui jika masyarakat negara Eropa sangat suka berjemur di pantai. Terlebih lagi setiap lautan ataupun pantai yang ada di daerah berbeda mampu menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan dengan ciri khasnya masing-masing.

Contohnya saja seperti raja Ampat dan juga pulau Bali, dimanakah dua kawasan tersebut merupakan primadona bagi para turis asing. Hal ini dikarenakan mampu menyuguhkan pemandangan yang sangat indah Terlebih lagi dengan warna laut yang biru. Terlebih lagi dengan suguhan dari wujud kebudayaan daerah yang sangat menakjubkan, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah tersebut.

Kerugian Yang Dimiliki Dengan Letak Astronomis Negara Indonesia

KERUGIAN YANG DIMILIKI DENGAN LETAK ASTRONOMIS NEGARA INDONESIA

Meskipun banyak sekali kelebihan yang didapatkan oleh negara Indonesia dengan letak astronominya, namun negara Indonesia juga mengalami kerugian pada saat pergantian musim. Ketika pergantian musim kerap kali terjadi pergantian yang tidak menentu sehingga tidak dapat dijadikan sebagai patokan para petani ataupun nelayan untuk bisa memulai kegiatan mereka dalam hal perekonomian.

Terlebih lagi negara Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa tentu akan mendapatkan suhu yang jauh lebih panas dibandingkan dengan wilayah lainnya, sehingga proses dari kegiatan ekonomi pun terasa jauh lebih berat.

Terlebih lagi ketika musim kemarau datang maka para petani pun kerap kali mengalami gagal panen dikarenakan cuaca yang sangat panas sehingga pasokan air untuk pertanian pun tidak mencukupi. Karena hanya sebagian daerah saja yang mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan sungai ataupun waduk dengan cara membuat saluran irigasi yang menuju persawahan.

Namun untuk para petani yang berasal dari dataran yang cukup tinggi tentu akan kesulitan untuk memperoleh pasokan air. Karena ketika musim kemarau tiba, wilayah tersebut nantinya juga akan mengalami krisis air bersih.

Dengan kondisi cuaca yang cukup panas tentu akan menjadi faktor dari munculnya mode serta bahan pakaian di tengah masyarakat. Yang mana mayoritas dari masyarakat Indonesia akan memakai pakaian yang akan menyerap keringat, dan yang pasti nyaman ketika digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan ataupun di dalam ruangan.

Dan begitu pula model pakaian yang kerap kali digunakan oleh masyarakat negara Indonesia cenderung jauh lebih tertutup. Karena hal tersebut memiliki tujuan guna menyesuaikan dengan suhu serta cuaca yang yang terjadi pada negara Indonesia.

Nah, itulah sekilas informasi dari definisi letak, kemudian letak astronomis yang ada di negara Indonesia, lalu pengaruh dari letak astronomis negara Indonesia dan lain sebagainya. Pastinya dengan informasi diatas bisa membantu Anda untuk mengetahui lebih dalam bagaimana letak astronomi yang ada di negara Indonesia.

Letak Astronomis Indonesia : Definisi Dan Pengaruh Terhadap Penduduk Dan Alamnya

Tinggalkan komentar