Kumpulan Chord Gitar Paling Lengkap Dan Mudah Di Praktekan

Chord Gitar – Belajar memainkan gitar membutuhkan waktu lama. Jadi, Anda tentu tidak bisa berharap untuk bisa langsung memainkannya dengan lancar dalam waktu singkat. Jika ingin bisa seperti mereka, Anda harus mempelajari chord gitar atau kunci gitar dan mempraktekkannya terlebih dahulu.

Anda mungkin akan merasa bingung ketika pertama kali mempelajari kunci dasar gitar, namun tidak boleh menyerah. Dengan mempelajari kunci tersebut satu per satu, lama-kelamaan Anda pasti dapat menguasai semua kunci gitar yang ada.

Macam-Macam Chord Gitar

Sebagai pemula dalam belajar bermain gitar, Anda harus mempelajari banyak kunci gitar. Kunci tersebut digolongkan menjadi beberapa jenis, yakni:

1.     Kunci Gitar Mayor

Jenis kunci gitar ini bisa dikatakan sebagai kunci dasar. Hampir semua lagu menggunakan kunci tersebut. Oleh karenanya, para pemula harus mempelajari kunci gitar mayor sebelum mempelajari kunci gitar lainnya.

 

Contoh kunci mayor adalah A mayor, E mayor, D mayor, G mayor, dan C mayor. Semua kunci tersebut dimainkan dengan nada dasar yang sesuai dengan namanya. Jika Anda akan memainkan kunci C mayor, maka nada dasar yang diambil juga nada C

 

2.     Kunci Gitar Minor

Setelah menguasai kunci dasar, Anda dapat mulai mempelajari kunci gitar minor. Chord ini juga banyak digunakan dalam membuat lagu, sehingga penting bagi para pemula untuk mempelajarinya. Contoh chord gitar minor ini adalah A minor, D minor, dan E minor.

 

Cara memainkan kunci minor hampir sama seperti kunci mayor, namun pada kunci gitar minor salah satu notnya diturunkan setengah nada.

 

3.     Kunci Gitar Augmented

Kunci gitar ini mungkin agak terdengar asing di telinga para pemula. Cara memainkan chord augmented tidak jauh berbeda dari kunci minor, yaitu susunan nadanya berbeda satu not dengan kunci gitar mayor. Petikan chord ini akan menghasilkan suara yang lebih berdengung.

 

4.     Kunci Gitar Diminished

Selain kunci gitar augmented, kunci gitar diminished ini juga tidak familiar di telinga para pemula. Chord ini memiliki dua susunan not yang berbeda dari kunci gitar mayor.

Mengenal Nada pada Gitar

Sebelum mempelajari kunci gitar, perlu diketahui bahwa senar gitar berjumlah enam dan menghasilkan nada E, B, G, D, A, dan E (dari senar paling bawah/tipis/ senar no.1) saat dipetik tanpa menekan fret.

Bagian fret gitar terletak pada leher gitar. Setiap fret dibatasi oleh dua batang logam fret. Fret satu terletak di dekat kepala gitar dan fret terakhir di dekat bodi gitar. Jika Anda memetik dan menekan salah satu fret tersebut, maka nada yang dihasilkan akan berbeda. Contohnya:

  1. Jika fret 1 yang ditekan, nada yang dihasilkan adalah F, C, G#, D#, A, F. (urutan senar 1, 2, 3, 4, 5, 6)
  2. Jika fret 2 yang ditekan, nada yang dihasilkan adalah F#, C#, A, E, B, F#. urutan senar 1, 2, 3, 4, 5, 6)
  3. Jika fret 3 yang ditekan, nada yang dihasilkan adalah G, D, A#, F, C, G. urutan senar 1, 2, 3, 4, 5, 6)

Cara Memainkan Chord Gitar Dasar

Dengan pemahaman yang lebih baik akan nada-nada pada senar gitar, Anda dapat belajar memainkan chord gitar dan menghafalnya dengan lebih mudah. Berikut ini cara memainkan kunci gitar mayor dan minor:

1.     Kunci Gitar Dasar C

Kunci C ini cukup mudah dimainkan oleh pemula karena posisi jari pada fret tidak rumit. Letakkan jari telunjuk pada senar nomor 2 fret 1, jari tengah senar nomor 4 fret 2, jari manis di senar 5 fret 3. Dengan demikian, komposisi chord ini adalah C, E, G dengan bass ada di senar nomor 5.

 

2.     Kunci Gitar Dasar D

Untuk memainkan kunci D mayor, Anda perlu perlu sedikit berhati-hati dalam memposisikan jari. Bagi beberapa pemula, kunci dasar D ini agak sedikit menantang karena dua jari diposisikan pada 1 fret. Dengan begitu, besar kemungkinan senar yang seharusnya tidak ditekan malah ikut tertekan.

 

Posisi jari pada saat memainkan kunci dasar D adalah jari telunjuk ada di senar nomor 3 fret 2, jari tengah ada di senar nomor 1 fret 2, dan jari manis pada senar nomor 2 fret 3.

 

Dengan demikian, susunan nada kunci dasar D adalah D, F#, A. Bass pada kunci ini terletak pada senar nomor 4, jadi genjreng senar nomor 4 sampai 1.

 

3.     Kunci Gitar Dasar E

Chord E ini tidak terlalu menantang untuk pemula, karena posisi jari tidak rumit untuk dipraktekkan. Letakkan jari telunjuk pada senar nomor 3 fret 1, jari tengah pada  senar nomor 5 fret 2, dan jari manis pada senar nomor 4 fret 2.

 

Kunci ini tersusun dari nada E, G#, B dan letak bass pada senar 6, sehingga Anda dapat genjreng semua senar saat memainkannya.

 

4.     Kunci Gitar Dasar F

Kunci dengan susunan nada F, A, C ini cukup sulit untuk dimainkan oleh pemula. Posisikan jari telunjuk pada senar nomor 1 dan 2 fret 1, jari tengah pada senar nomor 3 fret 2, dan jari manis senar nomor 4 fret 3 untuk memainkannya.

 

5.     Kunci Gitar Dasar G

Chord gitar G mayor ini merupakan chord yang harus dipelajari oleh pemula. Chord yang tersusun dari nada G, B, D ini dapat dimainkan dengan cara meletakkan jari telunjuk pada senar nomor 5 fret 2, jari tengah pada senar nomor 6 fret 3, dan jari manis pada senar nomor 1 fret 3.

 

6.     Kunci Gitar Dasar A

Susunan nada dari kunci gitar A mayor adalah A, C#, E dengan bass pada senar nomor 5. Jika Anda ingin berlatih kunci dasar ini, posisikan  jari telunjuk pada senar nomor 4 fret 2, jari tengah pada senar nomor 3 fret 2, dan jari manis pada senar nomor 2 fret 2.

 

7.     Kunci Gitar Dasar B

Kunci B minor tersusun dari nada B, D#, F#. Meski pemula biasanya sangat kesulitan memainkannya, Anda tidak boleh menyerah untuk mencobanya.

 

Letakkan jari telunjuk pada senar nomor 1 fret 2, jari tengah pada senar nomor 4 fret 4, jari manis pada senar nomor senar nomor 3 fret 4, dan jari kelingking pada senar nomor 2 fret 4.

 

8.     Kunci Gitar D minor (Dm)

Chord ini memiliki susunan nada D, F, A dan letak bass juga ada di senar nomor 4, jadi Anda sebaiknya genjreng kunci ini pada senar 4 hingga 1.

 

Untuk memainkan kunci D minor, posisikan jari telunjuk pada senar nomor 1 fret 1, jari tengah pada senar nomor 3 fret 2, dan jari manis pada senar nomor 2 fret 3.

 

9.     Kunci Gitar E minor (Em)

Untuk memainkan kunci gitar ini, tekan senar nomor 5 fret 2 dengan jari tengah dan senar nomor 4 fret 2 dengan jari manis. Chord yang mudah dimainkan ini memiliki susunan nada E, G, B.

 

10.  Kunci Gitar F minor (Fm)

Cara memainkan chord Fm ini sedikit berbeda karena merupakan kunci gitar batang. Untuk memainkan chord yang tersusun dari nada F, Ab, C ini Anda perlu menekan senar 1-6 fret 1 dengan jari telunjuk, senar 5 fret 3 dengan jari manis, dan senar nomor 4 fret 3 dengan jari kelingking.

 

11.  Kunci Gitar G minor (Gm)

Komposisi kunci gitar ini terdiri dari nada G, Bb, D. Teknik memainkan chord Gm ini hampir sama seperti teknik memainkan Fm, yaitu tekan senar nomor 1-6 fret 3 dengan jari telunjuk, senar nomor 5 fret 5 dengan jari manis, dan senar nomor 4 fret 5 dengan jari kelingking.

 

12.  Kunci Gitar A minor (Am)

Ketika memainkan kunci yang tersusun dari nada A, C, E, ini Anda tidak boleh memetik senar nomor 6. Cara memainkan kunci Am adalah tekan senar nomor 2 fret 1 dengan jari telunjuk, senar nomor 4 fret 2 dengan jari tengah, dan senar nomor 3 fret 2 dengan jari manis.

 

13.  Kunci Gitar B minor (Bm)

Chord dengan komposisi nada B, D, F# ini merupakan sebuah tantangan besar untuk pemula. Untuk memainkan kunci Bm, letakkan jari telunjuk pada senar nomor 1-5 fret 2, jari tengah pada senar nomor 2 fret 3.

 

Setelah itu, letakkan jari manis pada senar nomor 4 fret 4, dan jari kelingking pada senar nomor 3 fret 4. Bass dari kunci Bm ada di senar 5.

 

14.  Kunci Gitar C minor (Cm)

Para pemula biasanya juga akan mengalami kesulitan saat memainkan kunci Cm. Cara memainkannya adalah dengan menekan senar nomor 1-5 fret 3 dengan jari telunjuk, senar nomor 2 fret 4 dengan jari tengah.

 

Selanjutnya, pada senar nomor 4 fret 5 tekan dengan jari manis, dan senar nomor 3 fret 5 dengan jari kelingking.

 

Itulah chord gitar dasar yang harus dikuasai oleh para pemula. Agar Anda hafal semua chord tersebut, Anda harus berlatih secara rutin.

Pada awal latihan, tangan Anda pasti akan terasa sakit karena bergesekan dengan senar gitar. Namun, jangan jadikan rasa sakit ini sebagai penghalang latihan Anda. Selamat mencoba.

Kumpulan Chord Gitar Paling Lengkap Dan Mudah Di Praktekan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.