13+ Contoh Teks Eksposisi Terbaru Tentang Lingkungan, Kesehatan, Pendidikan, Politik

Contoh Teks Eksposisi – Teks eksposisi adalah sebuah tulisan yang di dalamnya berisikan suatu informasi atau fakta dengan bentuk pengembangan sebuah paragraf. Di dalam teks eksposisi sendiri bertujuan untuk menjelaskan sebuah keadaan tertentu sehingga pembaca bisa memperoleh pengetahuan dari apa yang dijelaskan oleh penulis.

Penjelasan tersebut bentuk tulisannya memang terkesan lebih padat, singkat dan jelas agar pembaca benar-benar bisa memahami dengan sangat mudah apa yang dimaksud oleh penulis. Pernahkah Anda membaca jenis teks satu ini? Tentu saja pernah membaca jenis teks ini, baik itu secara disengaja ataupun tidak senjaga. Karena teks jenis ini biasa ditemui di dalam kehidupan sehari-hari.

Umumnya, jenis teks eksposisi ini dipakai dalam menulis suatu berita, entah itu berita yang dimuat di koran, media online, media sosial, majalah dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba untuk membandingkan antara jenis berita yang sering Anda baca dengan definisi yang ada di atas. Maka Anda akan mengetahui bahwa itulah yang dikenal dengan teks eksposisi.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

source: parisiangentlement

Teks eksposisi sesungguhnya berbeda dengan jenis teks yang lain. Untuk bisa membedakan antara jenis teks ini dengan teks yang lain dengan mudah, Anda bisa melihat ciri-cirinya. Dan berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari teks eksposisi yang penting untuk diketahui:

  • Menggunakan bahasa yang sifatnya baku. Teks eksposisi ini secara umum memang menghindari jenis bahasa non formal atau bahasa santai, terlebih bahasa alay. Sehingga, ia lebih condong menggunakan bahasa yang baku.
  • Pembahasan yang ditulis adalah suatu fakta, bukan karangan dari penulis ataupun opini. Sehingga hampir tidak dijumpai hal-hal yang sifatnya fiktif dalam teks eksposisi ini.
  • Gaya penulisannya memiliki sifat persuasi informatif.
  • Data serta informasi yang terdapat di dalamnya dipaparkan dengan sangat jelas atau gamblang.
  • Tulisan yang disajikan dalam jenis teks ini memiliki sifat netral dan objektif. Yang dimaksud adalah di dalam tulisan tersebut tidak ada kecenderungan untuk memihak siapapun. Sehingga dalam hal ini, penulis tidak bisa semena-mena menuliskan apa yang mereka kehendaki. Karena yang harus ditulis dalam jenis teks eksposisi ini adalah fakta yang berdasarkan pada bukti nyata.
  • Tulisan yang ada di dalamnya berdasar pada data dan juga fakta yang benar-benar valid.

Itu adalah beberapa ciri-ciri dari teks eksposisi yang perlu Anda pahami dengan baik. Beberapa poin di atas juga menjadi sisi-sisi yang membedakan antara teks eksposisi dengan yang lainnya. Apabila nantinya Anda kebetulan menemukan jenis teks yang demikian, maka itulah yang disebut dengan teks eksposisi.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

source: unsplash

Selain memiliki ciri-ciri yang khusus, teks eksposisi ternyata juga memiliki beberapa jenis yang antara satu dengan lainnya memiliki perbedaan tersendiri. Berikut ini adalah jenis-jenis teks eksposisi yang perlu diketahui.

  • Teks Eksposisi Definisi

Jenis teks eksposisi yang pertama adalah teks eksposisi definisi yang merupakan sebuah teks eksposisi yang di dalamnya sekedar memuat definisi mengenai tema atau topik tertentu secara mendalam. Anda tentu sudah pernah menjumpai jenis teks ini. Hal itu lantaran sangat banyak jenis teks yang di dalamnya sebatas menjelaskan pengertian dari suatu hal.

  • Teks Eksposisi Pengerjaan

Selanjutnya adalah teks eksposisi pengerjaan yang di dalamnya mencakup langkah-langkah atau cara untuk melakukan sebuah pekerjaan secara berurutan dan juga sistematis. Adapun tata cara atau langkah tersebut dimulai dari tahapan atau langkah awal hingga tahap akhir.

  • Teks Eksposisi Gambaran

Teks eksposisi gambaran merupakan sejenis teks yang berisi berita atau topik tertentu yang menampilkan gambaran secara singkat namun sangat jelas dan mudah dimengerti. Gambaran di dalam jenis teks ini harus mampu mewakili apa yang dimaksud atau yang hendak disampaikan.

  • Teks Eksposisi Laporan

Jenis teks eksposisi yang lain adalah teks eksposisi laporan yang merupakan salah satu jenis teks yang di dalamnya berisikan sebuah topik tertentu yang dibandingkan dengan topik lainnya. Akan tetapi, kedua topik yang dibandingkan tersebut masih memiliki hubungan atau keterkaitan satu sama lain.

  • Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan merupakan sebuah teks yang berisi topik tertentu yang dibuat bertentangan dengan topik lainnya. Akan tetapi, keduanya masih memiliki hubungan atau keterkaitan.

Itu tadi adalah beberapa jenis teks eksposisi yang perlu dipahami. Dengan mengetahui beberapa jenis dari teks eksposisi, maka Anda tentu akan memahami bahwa jenis teks ini bukanlah suatu teks tunggal, namun terbagi menjadi beberapa bagian sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Struktur Teks Eksposisi

source: lawyer-monthly.com

Jika kebetulan Anda ingin membuat sebuah teks eksposisi, maka ada beberapa struktur yang perlu dipahami. Struktur yang dimaksud menjadi bagian yang amat penting di dalam teks eksposisi. Berikut adalah beberapa struktur teks eksposisi yang dimaksud.

Tesis Atau Pernyataan Pendapat

Tesis di sini menjadi bagian paling awal di dalam sebuah teks eksposisi. Adapun yang dimuat di dalam tesis ini adalah prediksi atau dugaan yang berasal dari penulis. Namun, dugaan yang dimaksud bukanlah suatu dugaan yang tanpa landasan. Prediksi atau dugaan di sini bisa diperkuat dengan beberapa data yang nyata atau valid.

Sehingga, yang dimunculkan tidak sekedar argumentasi tanpa adanya landasan, namun benar-benar berdasarkan pada fakta yang ada. Secara umum, tesis terletak pada awal kalimat eksposisi. Namun, tidak menutup kemungkinan tesis diletakkan pada bagian akhir dari teks eksposisi.

Argumentasi

Struktur selanjutnya di dalam teks eksposisi adalah argumentasi. Argumentasi di sini berisi suatu kalimat pendukung dari tesis yang telah ditulis. Di samping itu, argumentasi juga bisa berisikan sanggahan atas tesis yang diberikan di awal teks eksposisi. Argumentasi yang baik secara umum akan berisi kedua hal tersebut, mungkin data yang menjadi pendukung atau sanggahan dari tesis yang ditulis oleh sang penulis.

Penegasan Ulang

Selanjutnya adalah penegasan ulang dimana di dalamnya akan berisi kalimat yang bisa memperkuat pandangan atas suatu fakta yang sudah dikemukakan pada bagian tesis dan juga argumentasi. Penegasan ulang ini menjadi simpulan dari topik yang diangkat di dalam tesus atau argumentasi.

Demikianlah beberapa struktur yang harus diketahui ketika mempelajari yang namanya teks eksposisi. Jika Anda kebetulan akan membuat sebuah teks eksposisi, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa teks yang akan Anda buat sudah mencakup beberapa struktur di atas yang meliputi tesis, argumentasi dan juga penegasan ulang. Dengan adanya ketiga unsur tersebut, maka teks eksposisi yang Anda buat, layak disebut sebagai teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi

source: qerja.com

Sesudah mengetahui beberapa hal mengenai teks eksposisi mulai dari pengertian, ciri, jenis dan strukturnya, maka ada yang tidak kalah penting untuk diulas, yaitu contoh dari teks eksposisi itu sendiri. Tujuan dari ditampilkannya beberapa contoh adalah untuk memudahkan Anda yang masih mengalami kebingungan tentang teks eksposisi.

Maka dari itu, berikut ini akan diulas mengenai beberapa contoh dari teks eksposisi yang baik dan benar yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran Anda.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

source: nfer.ac.uk

Contoh yang pertama adalah contoh teks eksposisi mengenai pendidikan. Teks eksposisi jenis ini tentu sangat berhubungan dengan dunia pendidikan. Berikut contoh detailnya.

Tesis

Pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat penting dan dibutuhkan di dalam kehidupan ini. Dengan adanya pendidikan, seseorang tentu saja bisa menemukan hati diri mereka. Adapun jati diri itu sendiri sesungguhnya bisa terbentuk karena adanya karakter seseorang.

Nah, menanggapi hal tersebut, pemerintah mencoba untuk ikut membentuk karakter tersebut dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 13. Perubahan ini ternyata memberikan syarat adanya suatu bentuk pendidikan karakter di dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Argumentasi

Pendidikan karakter adalah sebuah pendidikan yang lebih menekankan kepada sisi kemampuan dari siswa secara individu. Bisa dikatakan bahwa pendidikan karakter itu sendiri merupakan suatu bentuk pendidikan yang berupaya untuk menggali potensi dalam diri seseorang individu. Jika di bangku sekolah, maka individu tersebut adalah siswa atau peserta didik.

Pendidikan karakter tersebut amatlah penting supaya nantinya bisa menggali bakat-bakat tersembunyi yang dimiliki oleh tiap-tiap siswa. Dan yang penting untuk digarisbawahi adalah bahwa masing-masing siswa tentu saja mempunyai potensi, bakat, dan juga kecerdasan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Selain itu, bidang yang mereka minati dan kuasai juga pastinya berbeda.

Seorang siswa yang tidak pintar di dalam satu pelajaran belum tentu ia adalah siswa yang notabene bodoh. Di bidang yang lain ia pastilah memiliki kemampuan dan juga keunggulan tersendiri. Dan dengan adanya pendidikan karakter, maka cerdas atau tidaknya seorang peserta didik.

Di mana hal ini tidak lagi melulu ditentukan oleh pintar atau tidaknya dia di dalam kelas. Guru juga tidak diperkenankan memberikan label bodoh kepada siswa jika kebetulan ia tidak pandai di dalam hal mata pelajaran kelas.

Pendidikan karakter ini ternyata juga telah diupayakan oleh pemerintah. Yakni dengan memberikan kurikulum terbaru dalam dunia pendidikan yang dikenal dengan Kurikulum 13. Dengan adanya kurikulum ini, maka pemerintah berupaya melakukan penggalian potensi di masing-masing siswa dan juga mencoba menanamkan karakter dari siswa itu sendiri.

Di antara karakter yang diajarkan adalah karakter yang memiliki rasa toleransi tinggi atas duku, bahasa, agama, budaya dan adat istiadat. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia sendiri merupakan sebuah bangsa dengan berbagai bahasa, kepercayaan, karakter, adat istiadat dan sebagainya. Sehingga, sejak bangku sekolah harus ditanamkan nilai-nilai toleransi tersebut.

Di samping itu, pendidikan karakter juga bertujuan untuk membekali siswa di masa depan terkait masa depannya nanti. Siswa perlu memiliki suatu keahlian dan juga skill tertentu yang mesti dikuasai di era milenial seperti sekarang ini.

Penegasan Ulang

Pendidikan karakter adalah bekal sejak dini untuk siswa di masa yang akan datang. Siswa perlu memiliki sikap toleran sejak saat ini dengan sesamanya. Mereka juga harus memiliki potensi atau skill yang bisa dibanggakan supaya bangsa ini beberapa tahun ke depan benar-benar mampu menjawab dan menghadapi kemajuan zaman yang semakin pesat ini.

Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Hukum

source: hikayat islam

Untuk contoh teks eksposisi selanjutnya adalah contoh teks eksposisi mengenai hukum. Dari namanya saja sudah bisa dipahami bahwa ini adalah contoh teks eksposisi yang berkaitan erat dengan yang namanya hukum. Simak contoh lengkapnya berikut ini.

Diskriminalisasi Terhadap Perempuan

Tesis

Perempuan adalah makhluk yang amat rentan untuk dijadikan sasaran dari objek kejahatan. Berdasarkan pada sebuah data, Indonesia masuk ke dalam kategori Negara yang paling tidak aman untuk para perempuan. Bahkan, tiap harinya sellau ada laporan kejahatan di Indonesia yang dialami oleh perempuan. Bahkan, ada beberapa kasus yang bisa dibilang langka.

Misalnya saja pelaku kejahatan yang merupakan keluarga dari korban sendiri. Kasus-kasus semacam ini mengundang berbagai kritik dan masukan dari berbagai pakar sosial mengenai adanya kesalahan dalam struktur masyarakat di Indonesia.

Isi

Meskipun Negara kita dengan tegas menerapkan undang-undang mengenai pelaku tindakan kriminal, namun penerapan atas hukum tersebut dianggap masih belum membuat jera para pelaku kejahatannya. Sebagian dari pakar sosial memberikan suatu kesimpulan bahwa itu menunjukkan adanya stereotype yang ada di tengah masyarakat.

Sehingga menyebabkan tindakan criminal kepada wanita semakin meningkat. Hal itu tidaklah mengherankan karena Indonesia secara konstruksi sosial menganut patriarkhi yang mendorong kedudukan laki-laki lebih tinggi dan lebih kuat dibandingkan dengan kedudukan perempuan itu sendiri.

Pemerintah sendiri sesungguhnya telah menerapkan beberapa usaha untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kriminal seperti dengan kegiatan sosialisasi pemberdayaan perempuan, menyediakan gerbong kereta khusus bagi perempuan, mengutamakan berbagai kebutuhan perempuan di tempat umum dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, sekalipun demikian tidak sedikit oknum yang melanggar aturan-aturan tersebut.

Kesimpulan

Karena sistampatriarkhi telah dibangun secara turun temurun dan berlangsung dalam waktu yang sangat lama di Indonesia, maka mau tidak mau perempuan dituntut untuk mengikuti semua aturan yang rentan terhadap diskriminasi gender tersebut.

Di samping itu, sistem itu juga mendorong perempuan agar takut dan patuh kepada para kaum pria. Dengan demikian, jika kebetulan ada perempuan yang melakukan perlawanan, maka masyarakat akan menganggap hal itu tidak wajar dan menyalahi kodrat. Karena perempuan sejak dahulu dibentuk untuk menjadi sosok dan watak yang lemah lembut dan taat.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

source: African Leadership Magazine

Selain kedua contoh di atas, contoh teks eksposisi selanjutnya adalah teks eksposisi tentang lingkungan. Teks eksposisi jenis ini tentu saja berkaitan dengan lingkungan dan upaya-upaya untuk mengatasi berbagai masalah lingkungan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian tentang contoh teks eksposisi tentang lingkungan berikut ini.

Pemanasan Global dan Hilangnya Hutan Lindung

Tesis

Pemanasan global adalah suatu kondisi dimana suhu di bumi ini kian hari kian panas. Adanya pemanasan global tersebut menyebabkan berbagai dampak negatif seperti lapisan ozon yang semakin tipis sehingga sinar ultraviolet bisa masuk ke bumi secara langsung tanpa ada penghalang. Selain itu, pemanasan global juga menyebabkan naiknya permukaan air laut karena es di kutub yang mencair.

Adanya pemanasan global sendiri terjadi karena banyak gas karbondioksida yang terdapat di atmosfer bumi dan itu menjadikan lapisan ozonnya semakin menipis. Kadar gas karbondioksia yang ada di bumi tersebut tidak sebanding jumlahnya dengan keseluruhan pohon yang ada di bumi. Padahal, adanya pohon-pohon tersebut bisa menyerap karbondioksida.

Tidak hanya itu, hutan-hutan telah banyak yang dibuka untuk lahan pertanian, industri, perkebunan atau dialihfungsi sebagai hutan produksi.

Argumentasi

Dalam beberapa tahun terakhir, kenaikan suhu di dunia ini memang terbilang parah. Pemanasan global ini terjadi lantaran banyaknya jumlah gas karbondioksida yang terdapat pada atmosfer bumi. Gas karbondioksida tersebut asalnya adalah dari asap pabrik atau bisa juga kendaraan bermotor. Jika melihat di sekeliling, tentu saja banyak pabrik yang beroperasi sehingga kadar dari karbondioksida semakin naik.

Ini sebatas yang ada di Negara Indonesia, belum yang ada di Negara industri. Negara industri tentu saja mempunyai pabrik yang jumlahnya banyak. Bayangkan saja, seberapa banyak jasa karbondioksida yang asalnya dari aktifitas tersebut. Negara industri tersebut sudah selayaknya mengatasi karbondioksida yang keluar akibat aktifitas pabriknya.

Yang lebih parah lagi, hutan di dunia ini yang semestinya bisa mengurangi gas karbondioksida tersebut tidak bisa menjalankan fungsi mereka dengan baik. Hal itu disebabkan karena banyaknya pohon yang ditebang. Di samping banyaknya penebangan pohon di hutan.

Ada beberapa kasus juga di Indonesia sendiri seperti pangalihan fungsi dari hutan yang awalnya sebagai hutan lindung menjadi hutan konservasi. Adanya kegiatan-kegiatan tersebut tentu saja semakin menjadikan kondisi bumi buruk.

Penegasan Ulang

Pemanasan global yang tengah terjadi di bumi beberapa tahun terakhir memang semakin parah karena semakin hari semakin banyak pabrik nyang beroperasi sehingga menyebabkan asap dari kendaraan bermotor. Keadaan tersebut semakin parah lagi lantaran adanya hutan yang semestinya mengurangi pemanasan global dengan mengurangi emisi gas justru malah banyak ditebang.

Di samping penebangan hutan, alih fungsi hutan juga dapat menjadikan hutan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Alihfungsi hutan lindung menjadi jenis hutan konservasi pun sudah banyak dilakukan di Negara ini.

Contoh Teks Eksposisi tentang Politik

source: Odyssey

Contoh teks eksposisi selanjutnya adalah tentang politik. Teks eksposisi jenis ini berhubungan dengan berbagai sisi dari bidang politik. Mulai dari pemerintahan, partai dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk contoh detail teks eksposisi bidang politik ini bisa Anda simak ulasan berikut.

Jangan Memilih Kepala Daerah yang Tidak Ramah Terhadap Alam

Tesis

Alam yang ada di dunia ini telah mengalami kerusakan. Terlebih di Indonesia. Eksploitasi atas alam banyak dilakukan bahkan sudah pada posisi yang sangat mengkhawatirkan. Di antara yang paling banyak menyebabkan kerusakan alam adalah tambang.

Berbicara tentang tambang, aktifitas pertambangan tentunya sangat berhubungan dengan perusahaan tambang dan juga izin tambang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah yang bersangkutan. Dengan demikian, kepala daerah memiliki wewenang yang menentukan boleh tidaknya lokasi tersebut dilakukan aktifitas pertambangan.

Argumentasi

Alam menjadi bagian yang seakan tidak terpisahkan di dalam kehidupan ini. Minum, makan, bernafas dan berbagai aktifitas lain berasal dari alam dan itu sangat berkaitan. Akan tetapi di Indonesia kerusakan lingkungan dan alam sangat banyak terjadi. Di antara faktor yang menyebabkan kerusakan lingkungan adalah aktifitas pertambangan.

Pertambangan sendiri bisa dilakukan dengan adanya suatu perusahaan tambang yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah. Banyak dari kasus izin tambang yang dilakukan lantaran adanya kongkalikong antara kepala daerah dengan perusahaan tambang yang bersangkutan. kongkalikong tersebut umumnya terjadi ketika pencalonan kepala daerah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pencalonan kepala daerah pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dalam beberapa kasus, beberapa perusahaan tambangan menawarkan bantuan dana baik itu untuk kampanye dan berbagai keperluan pencalonan yang lain. Akan tetapi, itu mensyaratkan jika dia sukses menjadi kepala daerah, maka perusahaan tersebut harus mendapatkan izin melakukan aktifitas pertambangan di daerah yang bersangkutan. Fenomena semacam ini memang sudah bukan rahasia lagi.

Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat memilih kepala daerah yang ramah akan alam dan lingkungan. Hal tersebut bertujuan agar alam yang ada di Negara ini senantiasa lestari karena calon kepala daerah tersebut tentu  tidak akan menerima suap dari sebuah perusahaan tambang.

Penegasan UIang

Kepala daerah sejatinya mempunyai control atas kelestarian alam dan lingkungan. Hal itu dikarenakan izin untuk eksploitasi alam seperti kegiatan pertambangan adalah dari kepala daerah itu sendiri. Sehingga, sebaiknya pilihlah kepala daerah yang benar-benar ramah terhadap alam dan jangan sampai memilih kepala daerah yang hanya memikirkan bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari eksploitasi alam.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

source: theguardian

Setelah mengetahui contoh teks eksposisi tentang politik, maka selanjutnya akan diulas mengenai contoh teks eksposisi tentang ekonomi. Teks eksposisi ekonomi ini berhubungan dengan hal-hal yang berbau ekonomi. Untuk contoh selengkapnya mengenai contoh teks eksposisi tentang ekonomi bisa disimak berikut ini.

Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat dengan Pembangunan Fasilitas Umum Di Masyarakat

Tesis

Pemerintah memiliki fokus untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Di antara hal yang dilakukan oleh pemerintah tersebut adalah dengan melakukan pembangunan berbagai fasilitas umum yang dimungkinkinkan bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Misalnya saja adanya program pembangunan baru-baru ini yang cukup kontroversial dan menarik perhatian, yaitu pembangunan bandara di daerah Kulon Progo Yogyakarta. Program pembangunan tersebut nampak sangat paradox, apabila bandara tersebut dibangun untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tentunya pemerintah tidak membiarkan bandara dibangun di atas tanah milik warga. Namun faktanya tidak demikian, tanah milik warna terpaksa harus digusur untuk pembangunan bandara tersebut.

Argumentasi

Pembangunan menjadi hal yang sudah direncanakan pemerintah untuk tujuan membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sebenarnya ada banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan ekonomi masyarakat tersebut.

Di antaranya adalah dengan membuat program pembangunan dimana program tersebut diharapkan nantinya bisa melancarkan mobilitas atau distribusi. Akan tetapi, seharus pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut tidak serta merta dilakukan, melainkan dengan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Karena jika tidak, hal itu bisa mengabaikan hal-hal yang sifatnya sangat mendesak dan penting. Belum lama ini, ada sebuah kasus yang sedang booming diangkat, yakni program pembangunan bandara di Kulon Progo Yogyakarta. Pemerintah memiliki program membantun bandara baru di kawasan Kulon Progo yang lokasinya ada di atas lahan masyarakat setempat.

Program ini spontan mendapatkan reaksi penolakan dari masyarakat karena lahan itu dipakai oleh penduduk setempat untuk mempertahankan hidup mereka. Apabila disaksikan secara sekilas, sebenarnya tidak ada hal yang salah dari program pembangunan.

Namun, bagaimana jika pembangunan itu dilakukan di atas lahan yang menjadi tempat hidup masyarakat atau sebut saja misalnya sawah milik masyarakat. Tentu saja, dengan sawah tersebut masyarakat mencari uang dan penghasilan.

Sementara di atas lahan yang menjadi tempat menyambung hidup mereka harus dibangun bandara di atasnya sebagai program pemerintah. Hal di atas pastinya menimbulkan paradoks tersendiri. Apabila tujuan dari pembangunan bandara tersebut adalah untuk kesejahteraan dan kepentingan masyarakat.

Mereka tentu saja tidak akan membangun bandara di atas lahan tempat masyarakat bertahan hidup selama puluhan tahun. Tentu saja hal tersebut tidak akan membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat, namun akan mencerabut dan merenggut mata pencaharian mereka.

Kadang pemerintah memang abai akan hal-hal tersebut. Bukankah tujuan utamanya adalah untuk mensejahterakan masyarakat? Atau memang sebenarnya bukan itu tujuannya. Demi kesehagteraan dan juga pertumbuhan ekonomi masyarakat adalah sebatas dalih untuk mensukseskan proyek di belakang yang mungkin saja tidak diketahui oleh orang.

Bahkan, hal semacam ini tidak hanya terjadi sekali dua kali, melainkan sudah berulang kali. Ada banyak tempat di Negara ini, di samping reklamasi pantai untuk membangun jalan tol Teluk Benoa (Bali), reklamasi di kawasan Pulau Seribu, pembangunan pabrik semen di kawasan pegunungan Kendeng.

Perusakan hutan adat di kawasan Merauke dan masih banyak lagi kasus serupa yang nyata merugikan rakyat setempat. Hal itu adalah contoh mengenai janji pemerintah mengenai pertumbuhan ekonomi yang justru memojokkan masyarakat sekitarnya.

Penegasan Ulang

Pemerintah melakukan berbagai program pembangunan di masyarakat yang katanya untuk kesejahteraan masyarakat, namun justru seringkali dilakukan tanpa mempertimbangkan hal-hal yang semestinya dipertimbangkan.

Bahkan, masyarakat yang semestinya diutamakan justru kerap diabaikan. Pembangunan yang katanya bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat ternyata justru kerap meminggirkan masyarakat dari tempat tinggal mereka sendiri.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

source: GlosFit

Pada pembahasan selanjutnya ini akan diulas tentang contoh teks eksposisi tentang kesehatan. Tentunya teks ini berhubungan dengan dunia kesehatan yang cukup luas namun penting untuk dijadikan pengetahuan masyarakat. Berikut contoh lengkapnya mengenai contoh teks eksposisi tentang kesehatan yang bisa dijadikan sebagai rujukan dan bahan pengetahuan Anda.

Olahraga untuk Kesehatan Tubuh

Tesis

Olah raga mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan sering melakukan olah raga, maka tubuh akan lebih segar dan juga bugar kembali. Berbeda dengan seseorang yang tidak pernah melakukan olah raga. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seseorang ketika berolah raga.

Misalnya saja memperhatikan apakah jantungnya bisa diajak berolah raga atau tidak. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung, maka ia akan rentan jika melakukan aktifitas olah raga, khususnya jenis olah raga yang berat.

Maka dari itu, sebenarnya penting bagi setiap individu untuk memperhatikan hal ini secara lebih agar kegiatan olah raga yang awalnya ingin menyehatkan tubuh justru membahayakan tubuhnya.

Argumentasi

Olah raga adalah kegiatan yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Ada banyak jenis dan macam olah raga yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Misalnya saja lari, renang, push up, shit up dan masih banyak lagi jenis olah raga yang lainnya.

Di samping sebagai aktifitas yang menyenangkan, ternyata olah raga juga memberikan manfaat yang sangat kaya untuk kesehatan tubuh. Dengan melakukan olah raga, maka tubuh akan menjadi segar dan bugar kembali. Selain itu, dengan berolah raga suasana hati seseorang juga akan menjadi lebihs senang karena dengan olah raga beban pikiran seseorang akan menjadi lepas.

Selain itu, olah raga ternyata juga ampuh untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. meningkatnya metabolisme tubuh bisa menghindarkan seseorang dari yang namanya penyakit kognitif seperti penurunan sistem kerja otak dan pikun. Olah raga juga amat dianjurkan untuk Anda yang kebetulan memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga itu menyebabkan aliran darah seseorang menjadi tidak lancar. Jika penderita tekanan darah tingi ini melakukan aktifitas olah raga secara teratur. Maka itu akan dapat membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh seseorang. Alhasil ia menjadi lebih sehat dan bugar.

Kesehatan jantung pun juga akan semakin terjaga jika seseorang gemar melakukan olah raga. Namun, ada hal yang harus digarisbawahi dalam hal ini. Yaitu Anda harus memperhatikan terlebih dahulu apakah jantung Anda kuat untuk melakukan aktifitas olah raga ataukah tidak.

Karena seseorang yang kebetulan mempunyai penyakit jantung kemungkinan ia tidak akan bisa kuat untuk melakukan aktifitas lari, renang dan beberapa aktifitas berat yang lain. Bahkan, kerap terjadi kasus dimana seseorang yang tengah berolah raga kemudian tiba-tiba pingsan dan harus dirawat di rumah sakit.

Hal itu kemungkinan orang tersebut sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit jantung. Jika tubuhnya tidak kuat melakukan aktifitas berat atau jenis aktifitas yang menguras tenaga, maka ia akan terkena serangan jantung mendadak sehingga menyebabkan seseorang pingsan, bahkan bisa berujung kepada kematian.

Namun jika tubuh dalam keadaan normal, tentu saja berolah raga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh khususnya. Bahkan, aktifitas olah raga ini perlu dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu supaya tubuh seseorang menjadi lebih seimbang.

Dengan demikian, seseorang bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit karena olah raga sendiri memang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dan dengan kekebalan tubuh yang tinggi, maka seseorang akan terhindar dari berbagai penyakit. Namun, sebelum melakukan olah raga, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kondisi tubuh apakah ia mampu atau tidak supaya benar-benar aman dan tidak membahayakan.

Jika tubuh ternyata tidak cukup kuat untuk melakukan kegiatan olah raga, maka jika seseorang tetap memaksa untuk berolah raga, maka tentu saja yang didapat bukan kesehatan, melainkan  bertambahnya penyakit yang terdapat di dalam tubuh seseorang.

Penegasan Ulang

Olah raga memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjadikan mood seseorang semakin meningkat, menghindarkan seseorang dari beragam penyakit yang menyerang, hingga membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh manusia.

Tidak hanya itu, olah raga ternyata juga membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh seseorang dan masih banyak lagi yang lain. Sekalipun memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh seseorang, namun tidak jarang dijumpai seseorang yang berolah raga akan tetapi berakhir di ranjang rumah sakit karena ia tidak bisa memahami kondisi tubuhnya sendiri.

Seseorang yang memiliki penyakit jantung, ia tentu saja tidak akan kuat melakukan hal-hal yang bisa memacu kerja dari jantungnya. Sehingga, orang dengan penyakit ini sebaiknya menghindari berbagai aktifitas berat yang bisa membuat jantung mereka semakin parah.

Oleh karenanya, sebelum melakukan olah raga, sebaiknya pastikan kondisi tubuh normal dan sehat sehingga mampu melakukan berbagai olah raga yang menguras tenaga. Demikianlah ulasan mengenai teks eksposisi dan berbagai contohnya yang bisa dijadkan sebagai bahan pembelajaran Anda.

Ulasan di atas sudah tergolong lengkap dimulai dari pengertiannya, jenis teksnya, struktur hingga berbagai contoh yang tentu saja bisa meningkatkan pemahaman Anda mengenai jenis teks eksposisi satu ini.

Nah, jika kebetulan Anda ingin membuat sejenis teks eksposisi di atas, sebenarnya itu bukanlah hal sulit melainkan sangat mudah. Hanya saja mungkin karena Anda belum pernah membuatnya sehingga terasa sulit. Namun saat membuat teks eksposisi, sebaiknya ikuti struktur dan aturannya sehingga benar-benar menjadi paragraph yang baik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *