13+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar Terbaru agar Mudah Diterima

Contoh surat lamaran kerja – Mendaftar ke perusahaan impian bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan baik sebelum melamar pekerjaan. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah surat lamaran kerja. Membuat surat lamaran kerja tidak bisa sembarangan dan asal tulis.

Ada acuan dan aturan tersendiri untuk pembuatan surat lamaran kerja sehingga bisa baik dan benar sesuatu dengan kaidah yang berlaku. Membuat surat lamaran kerja yang baiik dan benar menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Supaya surat lamaran kerja Ana menjadi berkualitas dan menarik minat perusahaan.

Karena diakui atau tidak, surat lamaran kerja akan mempengatuhi penilaian dari pihak perusahaan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai contoh surat lamaran kerja dan berbagai hal yang berkaitan dengannya untuk dijadikan sebagai rujukan.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

source: Life of Guile

Sebelum lebih lanjut membahas tentang contoh surat lamaran kerja, alangkah baiknya dipahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari surat lamaran kerja itu sendiri. Surat lamaran kerja adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada seseorang atau pejabat yang bisa memberi pekerjaan atau jabatan.

Dengan surat lamaran, seorang pelamar bermaksud untuk meminta pekerjaan. Sebenarnya, surat lamaran pekerjaan sendiri bisa diartikan sebagai surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang memberikan pekerjaan kepadanya. Secara umum, surat lamaran pekerjaan ini akan bersifat resmi dan formal.

Misalnya saja surat untuk melamar pekerjaan sebagai seorang karyawan atau memilih jabatan tertentu sebagaimana yang tertera pada iklan. Untuk membuat surat lamaran kerja, seorang pelamar juga perlu mencantumkan sumber dari iklan tersebut.

Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

source: gereso.com

Tidak kalah penting untuk diulas adalah surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan berdasarkan pada surat pembuatannya dibagi menjadi dua jenis:

  • Surat lamaran pekerjaan gabung dengan daftar riwayat hidup

Yang pertama adalah surat lamaran pekerjaan yang pembuatannya digabungkan dengan daftar riwayat hidup. Untuk jenis surat lamaran ini, daftar riwayat hidup menjadi bagian isi dari surat lamaran. Sehingga model surat lamaran kerja satu ini biasa dikenal dengan model gabungan.

  • Surat lamaran pekerjaan dipisah dengan daftar riwayat hidup

Untuk jenis surat lamaran yang kedua ini adalah sebaliknya. Dalam jenis surat ini, daftar riwayat hidup menjadi lampiran saja. Dan model ini diberi nama model terpisah. Akan tetapi, praktik di lapangannya banyak yang menggunakan model terpisah saat membuat surat lamaran kerja.

Sekalipun untuk model satu ini seorang pelamar harus dua kali kerja, yaitu membuat surat lamaran pekerjaan dan juga membuat daftar riwayat hidup. Namun, dengan model terpisah, Anda tidak akan menuliskan surat terlalu panjang.

Unsur Penting dalam Surat Lamaran Kerja

source: GOBankingRates

Di dalam membuat surat lamaran kerja, ada unsur penting yang harus diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Memiliki bentuk yang menarik
  • Memiliki bahasa yang menarik
  • Mampu menggambarkan kemampuan dari pelamar
  • Tepat kepada sasaran
  • Dan dalam membuat surat lamaran pekerjaan juga dibutuhkan penyebutan sumber lamaran
  • Menyebutkan identifikasi diri secara lengkap
  • Menyebutkan posisi yang diinginkan oleh pelamar
  • Menyebutkan riwayat pendidikan secara lengkap
  • Mencantumkan riwayat pekerjaan apabila ada
  • Mencantumkan informasi mengenai kemampuan lain yang dimiliki

Selain itu, ada juga hal lain yang harus diperhatikan, misalnya saja surat lamaran kerja harus ditulis menggunakan tulisan tangan asli dari pelamar. Suratnya ditulis di atas kertas folio bergaris agar menjadi lebih rapi. Dan usahakan untuk menuliskannya dengan jelas dan bersih alias tidak ada coretan.

Selain itu, dalam menulis surat lamaran pekerjaan sebaiknya Anda menyebutkan diri tidak dengan kata kami namun saya. Dan pelamar juga harus menyebutkan pimpinan dari suatu instansi seperti kata Bapak/Ibu. Atau bisa juga menyebut nama beserta jabatannya. Ini akan dapat membantu meningkatkan penilaian Anda di hadapan perusahaan.

Unsur-Unsur Surat Lamaran Kerja

source: Panda Security

Anda yang akan membuat surat lamaran kerja sebaiknya mencantumkan beberapa unsur berikut ini:

  • Kepala surat
  • Tempat dan juga tanggal surat ditulis
  • Salam pembuka
  • Pembuka surat
  • Tujuan dari surat lamaran pekerjaan
  • Lampiran atas syarat yang ditentukan
  • Penutup dari surat
  • Tanda tangan dan nama terang pelamar

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

source: Apply Direct

Ada aturan tersendiri yang harus diikuti untuk bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Seorang pelamar tidak bisa menuliskannya dengan asal-asalan karena itu bisa berujung penolakan dari pihak perusahaan yang bersangkutan.

Penulisan surat lamaran kerja harus dengan bahasa yang tertata dan memakai bahasa baku. Yang penting jangan sampai di dalamnya ada kesan guyonan. Dan sebenarnya membuat surat lamaran kerja itu sendiri tidaklah sulit. Berikut adalah contoh dari surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk rujukan Anda.

Kediri, 21 Agustus 2018

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Kepala PT Jaya Abadi

Kediri

Dengan Hormat,

Sebagaimana informasi yang saya dapatkan, PT Jaya Abadi sedang membuka lowongan pekerjaan.Untuk itu, saya berkeinginan melamar dan menduduki posisi pekerjaan yang dibutuhkan di perusahaan Anda.Adapun posisi yang ingin saya tempati adalah Staff Produksi di PT Jaya Abadi.

Selanjutnya, izinkan saya untuk memperkenalkan diri dengan data berikut:

Nama: Agung Saputra

Amalat: Jl. Merdeka No. 12 Kediri Kota

Tempat, Tanggal Lahir: Kediri, 12 Maret 1992

Pendidikan Terakhir: S1

Telp: 08565451217

Saat ini kondisi tubuh saya sedang sangat sehat dan tidak menderita penyakit apapun. Prinsip yang saya miliki juga kuat sehingga nantinya akan mampu bekerja secara professional di perusahaan Bapak. Dan penguasaan saya akan komputer bisa dibilang cukup mumpuni.

Berikut ini juga saya lampirkan data sebagai bahan pertimbangan yang meliputi:

  1. Curricullum Vitae (CV)
  2. Foto copy ijazah yang telah mendapatkan legalisir
  3. Foto copy transkip nilai yang sudah dilegalisir
  4. Foto copy kartu keluarga
  5. Foto copy sertifikat
  6. Surat pengalaman kerja
  7. Pas foto terbaru dengan ukuran 4×6

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat untuk digunakan sebagaimana mestinya. Dan atas perhatian serta kerja sama Bapak, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

 

Agung Saputra

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Sesuai EYD

source: KB Limited

Selanjutnya adalah contoh surat lamaran kerja sesuai EYD yang merupakan surat lamaran kerja dengan format yang baik dan benar sesuatu dengan kaidah yang telah ditentukan dan bersifat resmi. Melamar kerja di instansi manapun membutuhkan surat lamaran kerja sesuai EYD. Sehingga Anda harus benar-benar memahaminya. Berikut ulasan selengkapnya mengenai contoh surat lamaran kerja sesuai EYD tersebut.

Jakarta, 11 Agustus 2018

Kepada Yth.

Kepala Bagian Personalia Abadi Group

Jl. Melati No. 12 Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan datangnya surat lamaran pekerjaan berikut ini, saya bermaksud mengajukan diri untuk dapat bergabung di perusahaan yang Bapak pimpin. Adapun saya yang menulis surat ini:

Nama: NurulAtika

Alamat: Jl. Pahlawan No. 65 Jakarta Barat

Tempat, Tanggal Lahir: Bogor, 21 Mei 1990

Jenis Kelamin: Perempuan

Pendidikan Terakhir: S1

No. Telepon: 089675653255

Dan untuk dijadikan sebagai pertimbangan, berikut saya lampirkan:

  1. Pas foto 4×6 sebanyak 4 lembar
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Foto copy KTP
  4. Foto copy Surat Izin Mengemudi
  5. Foto copy kartu keluarga
  6. Foto copy ijazah terakhir

Sungguh besar harapan saya untuk bisa diterima di perusahaan Bapak.Oleh karena itu, saya siap menerima berbagai bentuk tahap ujian yang diselenggarakan di perusahaan Bapak.Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Nurul Atika

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

source: Bustle

Sesudah mengetahui contoh surat lamaran kerja sesuai dengan EYD, maka pada kesempatan selanjutnya ini akan diulas mengenai contoh surat lamaran kerja di bank. Surat lamaran kerja di bank dibutuhkan ketika Anda akan melamar kerja di Bank tertentu. Surat lamaran kerja di bank ini hanya dapat digunakan untuk melamar kerja di bank manapun, namun tidak untuk instansi lain selain bank.

Mayoritas orang yang bekerja di bank memang selalu tampak elegan dan juga berwibawa.karena itu banyak orang bermimpi menjadi bagian di suatu bank. Namun, tidak sembarang orang bisa bekerja di tempat ini sehingga Anda harus mempersiapkan seleksi dengan baik sehingga bisa diterima di bank tertentu.

Dan bentuk surat lamaran kerja di bank sendiri secara format masih sama dengan surat lamaran kerja yang lain, yakni menggunakan bahasa yang resmi dan mudah dipahami. Berikut contoh selengkapnya mengenai surat lamaran kerja di bank yang bisa dijadikan sebagai acuan.

Kepada Yth.

HRD Bank Mandiri Cabang Blitar

Jl. Bali No. 23 Kota Blitar

Dengan Hormat,

Sebagaimana informasi yang saya dapatkan tentang lowongan kerja di Bank Mandiri, maka saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di Bank yang Anda pimpin. Berikut merupakan data singkat saya:

Nama: SaniatulInayah

Tempat Tanggal Lahir: Malang, 24 Juni 1991

Alamat: Jl. Merdeka No 2 Malang

No. Handphone: 085676542655

Status: Menikah

Pendidikan Terakhir: Strata 1

Berkeinginan untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan di Bank Mandiri dengan posisi Customer Service. Dan untuk bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas berupa:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy ijazah S1
  3. Foto Copy transkip nilai
  4. Foto copy KTP
  5. Pas foto 4z6 terbaru

Demikianlah surat lamaran kerja yang telah saya buat dengan harapan bisa bekerja dan bergabung di perusahaan Bapak. Saya berjanji akan mampu bekerja dengan baik dan professional di Bank Mandiri.

Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

SaniatulInayah

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

source: salesforcesearch.com

Di dalam periode tertentu, PT senatiasa membuak rekrutmen atas pegawai atau tenaga kerja yang baru sehingga selalu ada peluang untuk bekerja di suatu PT. Dan sesungguhnya, membuat surat lamaran kerja di PT adalah hal yang mudah.

Namun, akan terasa sulit bagi Anda yang kebetulan belum pengalaman dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas mengenai contoh surat lamaran kerja di PT untuk bahan pembelajaran Anda.

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Malang, 8 Agustus 2018

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan PT Maju Jaya

Di Malang

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di PT Maju Jaya. Dalam hal ini saya mengajukan lamaran pekerjaan pada bidang sales marketing. Dengan datangnya surat ini, saya bermaksud untuk bergabung lantaran dengan penuh keyakinan merasa mempunyai keahlian cukup istimewa pada bidang yang diperlukan di PT Maju Jaya.

Berikut ini adalah data singkat saya:

Nama: Muhammad Farhan

Alamat: Jl. Apel No 21 Malang

Pendidikan Terakhir: S1

No. Telp: 0856637652766

Dan sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, berikut ini saya melampirkan beberapa berkas pendukung yang terdiri dari:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy Kartu Keluarga
  4. Foto copy SKCK
  5. Pas foto 4×6 berwarna sebanyak 2 lembar
  6. Foto copy ijazah terakhir

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sepenuhnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Dan besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu.Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Muhammad Farhan

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum 

source: Rainmakers

Surat lamaran kerja umum ini merupakan surat lamaran kerja yang bisa digunakan secara umum, baik itu untuk instansi negeri atau untuk instansi swasta. Dengan adanya surat ini, Anda akan dipermudah dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Untuk contoh selengkapnya, simak uraian berikut ini.

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Personalia

PT Indah Sentosa

Jl. Anggrek No. 2 Surabaya

Dengan Hormat,

Saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan supaya bisa bergabung di perusahaan yang dipimpin oleh Bapak/Ibu.Dalam hal ini, saya berkeinginan untuk menduduki posisi Staf Marketing perusahan PT Indah Sentosa ini.

Untuk itu, perkenankan saya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu:

Nama: Cahaya Pertiwi

Tempat Tanggal Lahir: Surabaya, 12 April 1992

Alamat: Jl. Ahmad Yani, No 23 Surabaya

Telepon: 089768653645

Status: Menikah

Dalam penulisan surat ini, saya berada dlama keadaan yang benar-benar sehat dan memiliki kemampuan untuk berbicara dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik. Di samping itu, saya juga termasuk orang yang sangat memiliki integritas serta kejujuran tinggi serta mampu mengoperasikan komputer dengan sangat baik.

Berikut saya juga melampirkan berkas untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Foto kopi ijazah S1
  3. Foto kopi transkip nilai S1
  4. Pas foto 4×6 yang terbaru sebanyak 2 lembar
  5. Foto kopi piagam penghargaan

Besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak dan bersedia dengan sepenuh hati mengikuti segala tahapan tes yang dilakukan oleh PT Indah Sentosa.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat untuk digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerja samanya saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Cahaya

Contoh Surat Lamaran Perawat / Rumah Sakit

source: Mental Floss

Orang yang bisa mengepakkan sayap di rumah sakit alias bekerja di sana bukanlah sembarang orang. Jika ingin bergabung di instansi ini, Anda harus memiliki latar belakang pendidikan kesehatan.Bahkan, yang sudah memiliki latar belakang kesehatan pun belum tentu bisa masuk ke instansi ini.

Hal ini karena pekerjaan di rumah sakit sangat berhubungan dengan nyawa seseorang sehingga jika Anda ingin menjadi bagian di dalamnya, maka harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik.

Salah satu yang harus Anda persiapkan adalah surat lamaran pekerjaan yang baik. Pastikan Anda membuat surat lamaran perawat dengan baik dan benar sehingga Anda bisa diterima di instansi ini dengan mudah. Oleh karena itu, berikut ini adalah contoh dari surat lamaran perawat atau rumah sakit yang bisa dijadikan sebagai rujukan Anda.

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Kepala Rumah Sakit Bakti Husada

Di tempat

Dengen Hormat,

Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan yang terdapat di Rumah Sakit Bakti Husada yang Bapak/Ibu pimpin, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai seorang perawat di rumah sakit tersebut.

Adapun data singkat saya adalah sebagai berikut:

Nama: Neny Anggraini

Tempat, Tanggal Lahir: Kediri, 12 Mei 1990

Alamat: Jl. Patimura, No 14 Kediri

Jenis Kelamin: Perempuan

No. Telp: 08576364764

Pendidikan Terakhir: S1

IPK: 3.56

Pekerjaan yang Dilamar: Perawat

Dan di sini saya lampirkan beberapa berkas untuk dijadikan bahan pertimbangan berupa:

  1. Transkip nilai ijazah
  2. Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar
  3. Foto kopi ijazah
  4. Foto kopi SKCK
  5. Foto kopi sertifikat
  6. Daftar riwayat hidup
  7. Daftar pengalaman kerja

Demikianlah permohonan lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat diterima di rumah sakit yang Bapal/Ibu pimpin. Dan saya siap mengikuti berbagai proses seleksi yang ditetapkan oleh pihak rumah sakit. Atas perhatian dan kerja samanya saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya

NenyAnggraini

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Indomart atau Alfamart

source: Loker2018.Com

Untuk ulasan selanjutnya adalah contoh surat lamaran pekerjaan di Indomart atau Alfamart. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa Alfamart dan juga Indomart cabangnya ada di mana-mana dan hampir di setiap daerah ada. Karena itu, banyak lowongan pekerjaan di sana yang bisa dimasuki.

Namun, saat melamar kerja di Alfamart atau Indomart, Anda tentu saja juga perlu membuat surat lamaran pekerjaan. Oleh karena itu, berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan di Indomart atau Alfamart yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Malang, 23 Agustus 2018

Perihal: Permohonan Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Bapak/Ibu pimpinan PT Indomart

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan sebagai karyawan di PT Indomart. Pengajuan lamaran pekerjaan saya ini tidak lain adalah karena saya memiliki kriteria sebagaimana yang diperlukan oleh PT ini.

Adapun saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah:

Nama: Widi Setiawan

Alamat: Jl. Singosasi No. 45 Malang

Pendidikan Terakhir: S1 Universitas Negeri Malang

No. Telp: 089763847564

Dan sebagai bahan pertimbangan dalam proses penerimaan saya, maka berikut saya lampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan, di antara adalah:

  • Daftar riwayat hidup (CV)
  • Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar
  • Foto kopi ijazah
  • Foto kopi KTP
  • Foto kopi Kartu Keluarga

Demikian lamaran kerja ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.Dan besar harapan saya untuk bisa memenuhi kualifikasi serta memperoleh kesempatan untuk bergabung di perusahaan Bapak/Ibu.Atas perharian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Widi Setiawan

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

source: FAKULTAS AGAMA ISLAM

Menjadi seorang guru di instansi pendidikan tertentu memang sebuah cita-cita mulia. Adapun niat menjadi guru salah satunya adalah untuk mengamalkan ilmu yang dimiliki. Namun, mencari guru tentu saja tidak bisa sembarang orang karena dibutuhkan orang-orang yang benar-benar rela mengorbankan jiwa raga serta tahan banting.

Hal itu dikarenakan pekerjaan sebagai seorang guru bukan hal mudah dan penuh tanggung jawab.Sementara gaji yang diperoleh kadang tidaklah seberapa. Namun, ketika Anda berkeinginan untuk mendaftar sebagai guru di instansi tertentu, maka dibutuhkanlah surat lamaran pekerjaan juga.

Maka usahakan untuk membuat surat lamaran kerja guru yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada. Dan untuk lebih memudahkan Anda, berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja guru yang bisa dijadikan sebagai rujukan Anda.

Sidoarjo, 23 Agustus 2018

Yth. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sidoarjo

Di tempat

Dengan Hormat,

Dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Oleh karena itu, sebelumnya perkenalkan data diri singkat saya:

Nama: Halim Abdullah

Tempat, Tanggal Lahir: Surabaya, 11 Mei 1989

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Agama: Islam

Pendidikan Terakhir: S1

Alamat: Jl. Panjaitan No. 12 Sidoarjo

No. Hp: 087673748263

Sebagaimana keterangan yang sudah disebutkan di atas, saya mempunyai motivasi untuk menjadi seorang guru SMP yang sedang Bapak/Ibu pimpin.

Dan sebagai bahan pertimbangan khusus, berikut ini saya lampirkan:

  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Foto kopi ijazah S1 dan transkip nilai
  3. Foto kopi sertifikat kursus
  4. Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  5. Foto kopi piagam penghargaan

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian di sekolah ini.Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Halim Abdullah

Contoh Surat Lamaran Kerja Toko

source: payrollservers.info

Untuk contoh yang selanjutnya adalah surat lamaran kerja toko. Ini diperuntukkan untuk Anda yang kebetulan ingin bekerja di toko tertentu. Sekalipun di toko, Anda juga harus bisa membuat surat lamaran yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada. Dan berikut adalah contoh surat lamaran kerja toko untuk dijadikan sebagai bahan rujukan.

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Pemilik Toko Sinar Makmur

Di tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan di toko Sinar Makmur yang Bapak/Ibu pimpin, saya mempunyai keinginan untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan pada posisi kasir.

Adapun untuk data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama: Siti Aminah

Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 11 Oktober 1990

Jenis kelamin: Perempuan

Agama: Islam

No. Telp: 089768364537

Pendidikan: SMA

Adapun untuk data penunjang sebagai bahan pertimbangan, maka saya lampirkan beberapa berkas berikut ini:

  • Foto kopi KTP
  • Foto kopi ijazah
  • Foto kopi KK
  • Foto kopi SKCK
  • Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar
  • Daftar riwayat hidup

Demikian surat permohonan lamran kerja ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di toko ini.Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Siti Aminah

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

source: HR in Asia

Melamar kerja adalah hal yang umum dan banyak dilakukan oleh para fresh graduate. Karena di tengah masyarakat sendiri sudah terlanjur terbentuk pemahaman bahwa seorang yang lulus kuliah tentu saja akan mendapatkan pekerjaan sesudah itu. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan banyak saingan ketika melamar pekerjaan sebagai fresh graduate.

Maka Anda harus mempersiapkan surat lamaran kerja yang baik, benar dan berkualitas supaya perusahaan yang Anda tuju mau menerima Anda sekalipun sebagai seorang fresh graduate. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja fresh graduate yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Direktur Personalia

  1. Bulan BIntang

Jl. Semangka No. 5 Jombang

Dengan Hormat,

Sebagaimana informasi mengenai lowongan pekerjaan yang terdapat di PT Bulan Bintang kebetulan saya temukan di Surat Kabar Jawa Pos, maka saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan di PT Bulan Bintang. Adapun posisi yang saya inginkan di perusahaan ini adalah sebagai staf administrasi.

Berikut merupakan data diri singkat saya:

Nama: Muhammad Sholeh

Tempat, Tanggal Lahir: Jombang, 11 Mei 1990

Pendidikan Terakhir: S1

Alamat: Jl. Tidar No. 23 Jombang

Telp: 0827683647365

Status: Lajang

Ketika membuat surat lamaran pekerjaan ini, saya dalam keadaan 100% sehat, baik itu secara jasmani atau secara rohani. Mempunyai kemampuan bahasa asing yang cukup baik dan siap menjadi pribadi yang berintegritas serta professional dalam bekerja.Selain itu, saya juga mahir dalam operasi komputer.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan beberapa berkas pendukung:

  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Foto kopi ijazah
  3. Foto kopi transkip nilai
  4. Foto kopi sertifikat kursus dan pelatihan
  5. Pas foto paling baru dengan ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
  6. Foto kopi SKCK

Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenarnya. Dan besar harapanj saya untuk bisa maju ke tahap tes dan wawancara.Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Muhammad Sholeh

Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik

source: time israel

Selain beberapa contoh yang telah disebutkan di atas, ada juga contoh surat lamaran yang tidak kalah penting, yaitu surat lamaran kerja pabrik. Surat lamaran kerja pabrik dibutuhkan ketika Anda sedang melamar kerja di pabrik tertentu. Sebenarnya untuk formatnya tidak jauh berbeda dengan contoh surat yang lain. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja pabrik yang penting untuk diketahui.

Medan, 21 Maret 2018

Kepada Yth.

Pimpinan HRD Pabrik Mulya Sari

Di tempat

Dengan Hormat,

Sejalan dengan adanya informasi mengenai lowongan pekerjaan sebagai bagian dari staf produksi di Pabrik Mulya Sari, saya tertarik untuk melamar pada posisi tersebut.

Berikut adalah data singkat yang saya miliki:

Nama: Andi Setiawan

Tempat, Tanggal Lahir: Medan, 30 April 1990

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Agama: Islam

Alamat: Jl. Arjuna No 34 Medan

Hp: 08763827197

Dan berikut ini untuk berkas pelengkap juga saya lampirkan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Curriculum vitae (daftar riwayat hidup)
  2. FC ijazah terakhir yang sudah dilegalisir
  3. FC transkip nilai yang sudah dilegalisir
  4. FC Kartu Keluarga
  5. FC Sertifikat
  6. Surat pengalaman kerja
  7. Pas foto terbaru dengan ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya untuk digunakan sebagaimana mestinua. Harapan saya amat besar untuk dapat bergabung di posisi tersebut.Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Andi Setiawan

Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan

source: Inc.com

Sebenarnya, cara membuat surat lamaran kerja yang berdasar pada iklan ini sama saja dengan surat lamaran kerja yang lainnya. Hanya saja, pihak perusahaan yang bersangkutan menaruh pengumuman atau informasi soal lowongan melalui iklan.

Dan calon pelamar diminta untuk mencantumkan sumber informasi dimana ia mendapatkan berita lowongan tersebut. Nah, berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja berdasarkan iklan yang bisa dijadikan sebagai acuan.

Tulungagung, 11 Mei 2018

Kepada Yth.

Pimpinan HRD Golden Store

Di tempat

Dengan Hormat,

Sebagaimana informasi lowongan pekerjaan yang terdapat pada Golden Store yang saya temukan pada media koran Jawa Pos. maka saya tertarik untuk melamar di posisi tersebut dengan posisi pramuniaga. Dan kebetulan saya mempunyai kriteria dan kualifikasi yang sesuai dengan apa yang dicari dalam iklan tersebut.

Berikut merupakan data singkat saya:

Nama: Sivana Sari

Tempat, Tanggal Lahir: Tulungagung, 11 April 1993

Jenis Kelamin: Perempuan

Agama: Islam

Pendidikan Terakhir: S1

Alamat: Jl. Mawar, No. 19 Tulungagung

No. Hp: 087637183736

Dan berikut ini juga saya lampirkan beberapa berkas pelengkap untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

  • Foto kopi KTP sebanyak 2 lembar
  • Foto kopi kartu keluarga sebanyak 2 lembar
  • Daftar riwayat hidup
  • Foto kopi SKCK sebanyak 2 lembar
  • Foto kopi ijazah terakhir sebanyak 2 lembar
  • Foto kopi surat keterangan sehat

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya mempunyai motivasi yang sangat besar supaya bisa diterima di Golden Store. Besar harapan saya untuk menjadi bagian di dalamnya.Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Sivana Sari

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

source: Writology

Surat lamaran kerja di hotel ini ditujukan kepada Anda yang ingin melamar kerja di hotel. Format pembuatan surat lamaran kerja di hotel ini juga harus resmi seperti surat lamaran kerja yang lain. Dan usahakan untuk membuatnya dengan rapi dan baik. Nah, berikut adalah contoh surat lamaran kerja di hotel yang bisa dijadikan sebagai rujukan Anda.

Malang, 23 Agustus 2018

Hal: Lamaran Pekerjaan

Yth.

HRD Hotel Cempaka Malang

Dengan Hormat,

Dengan ini saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama: Surya Saputra

Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 12 Oktober 1994

Jenis Kelamin: Pria

Alamat: Jl. Pahlawan No. 34 Malang

Pendidikan Terakhir: S1

Telepon: 089399283938

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan sebagai seorang staf di hotel Cempaka.Berdasarkan pada informasi yang sata terima di web resmi hotel Cempaka Malang, maka saya ingi melamar pada posisi helper.

Dan sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas tambahan:

  • FC foto berwarna terbaru dengan ukuran 3×4 sebanyak 5 lembar
  • Daftar riwayat hidup 1 lembar
  • FC KTP 1 lembar
  • FC ijazah 1 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat untuk digunakann sebagaimana mestinya. Besar harapan saya untuk dapat diterima sebagai bagian dari Hotel Cempaka.Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Surya Saputra

Demikianlah ulasan tentang contoh surat lamaran kerja yang bisa dijadikan sebagai acuan atau rujukan Anda saat hendak membuat surat lamaran kerja. Dengan mengetahui berbagai contoh di atas, maka tentu Anda akan bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dan tentu saja pihak perusahaan yang Anda tuju mau menerima Anda dengan baik. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *