13+ Contoh Proposal yang Benar ( Usaha, Kegiatan Sekolah, Pengajuan Dana )

Contoh Proposal – Proposal merupakan sejenis serangkaian kegiatan yang ditulis dimana di dalamnya memiliki cakupan rancangan kerja. Rancangan kerja yang terdapat di dalam suatu proposal tersebut nantinya akan dilakukan sebagai sebagai sebuah program.

Tujuannya adanya rancangan kerja di dalam proposal adalah untuk meyakinkan pihak-pihak yang memiliki kepentingan di dalam program tersebut dan supaya mereka bisa memahami dengan mudah rancangan yang akan diagendakan.

Secara umum, yang dimaksud dengan pihak berkepentingan di dalam sebuah agenda adalah seseorang yang memberi izin dan memberikan bantuan atau sumbangan dana. Namun, tidak jarang seseorang mengalami kebingungan ketika akan membuat proposal.

Maka dari itu, dibutuhkanlah panduan dan penjelasan khusus mengenai bagaimana cara membuat proposal yang baik dan benar. Sekaligus contoh atau gambaran dari proposal tersebut. Nah, berikut ini akan dibahas tentang contoh proposal yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran Anda.

Pengertian Proposal

source: Hootsuite Blog

Proposal adalah suatu tulisan yang di dalamnya berwujud rencana akan suatu program yang ditulis oleh seseorang dan penulisan tersebut bertujuan agar rencana yang bersangkutan tersebut diketahui serta dipahami oleh para pembacanya.

Selain, pembaca diharapkan bisa memahami tujuan dari program atau kegiatan yang dilakukan tersebut. Di samping itu, proposal juga bisa dimanfaatkan untuk mengajukan agenda atau kegiatan supaya mendapatkan persetujuan dari pihak-pihak tertentu misalnya orang yang memiliki kepentingan dan sebagainya.

Umumnya, proposal dipakai untuk mengadakan program kegiatan yang tertulis dan sifatnya lebih kepada usulan kepada pihak terkaitan.

Sistematika Penulisan & Cara Membuat Proposal

source: Karinov

Untuk bisa membuat suatu proposal yang baik dan benar, maka hal utama yang harus diketahui adalah format atau struktur dari proposal itu sendiri. Tujuan dari adanya sistematika atau format dalam proposal adalah agar pembaca bisa memahami isi proposal dengan mudah dan tidak kebingungan saat membacanya. Oleh karena itu, berikut akan diulas mengenai sistematika penulisan proposal yang harus diketahui.

  • Halaman Judul Proposal

Sistematika penulisan proposal yang pertama adalah halaman judul proposal. Judul menjadi format yang utama di dalam sebuah proposal dimana ia harus dituliskan lebih dulu dibandingkan bagian proposal yang lain. Hal itu disebabkan karena judul merupakan bagian penting. Beberapa contoh proposal akan kami jelaskan di bawah.

Yang akan memberikan penjelasan mengenai tujuan dari pembuatan proposal yang dibuat. Di halaman judul biasanya akan berisi nama atau judul dari suatu kegiatan yang hendak diusulkan. Adapun contoh dari judul proposal sendiri adalah “Pesi Smada Stereo Banjarmasin 2018”.

  • Latar Belakang proposal

Sesudah halaman judul proposal, maka sistematika pembuatan proposal selanjutnya adalah latar belakang. Latar belakang juga sangat penting untuk sebuah proposal lantaran di dalamnya ada penjelasan mengenai alasan atau hal yang mendasari mengalami proposal tersebut dibuat.

  • Tujuan Proposal

Untuk format atau sistematika penulisan proposal yang selanjutnya adalah tujuan proposal.Akan tetapi apabila latar belakang tidak begitu menghabiskan halaman, maka untuk tujuan bisa Anda gabungkan dengan latar belakangnya supaya proposal yang Anda buat tampak semakin berisi, tidak sebatas berisi tulisan yang kosong semata.

Di bagian ini akan dijelaskan mengenai tujuan dari dibuatnya kegiatan secara rapi dan terstruktur. Dimulai dari tujuan yang paling penting sampai pada tujuan yang sifatnya sekunder.

  • Nama dan Tema Kegiatan Proposal

Bagian selanjutnya yang harus ada di dalam proposal adalah penjelasan mengenai nama dan tema dari kegiatan. Adapun penjelasan dari nama dan tema di sini lebih berupa bentuk dari contoh proposal yang dirancang, misalnya adalah:

Nama Kegiatan: Pentas Seni SMA Negeri 1 Malang

Tema Kegiatan: Smasa Stereo 2018

  • Bentuk Kegiatan Proposal

Setelah menuliskan secara singkat, padat dan jelas mengenai nama dan tema kegiatan di dalam proposal, maka sistematika yang selanjutnya adalah bentuk kegiatan proposal. Di bagian ini Anda harus mendeskripsikan seperti apa rangkaian dari program yang akan diadakan.

Misalnya saja adalah Lomba PBB, Lomba basket, Turnamen Sepak Bola dan lain sebagainya. Lebih jelasnya, kegiatan di sini merupakan struktur untuk agenda yan terpenting karena ini tentu saja menjadi puncak dari acara pelaksanaandari contoh proposal yang dibuat tersebut.

  • Peserta Proposal

Selanjutnya adalah peserta proposal. Peserta di sini adalah pihak-pihak yang nantinya akan menjadi peserta yang mengikuti acara dalam proposal tersebut. Misalnya saja acara pentas seni SMA, tentu saja pesertanya adalah siswa dan juga siswi yang menjadi bagian dari SMA tersebut, dimulai dari kelas X, XI, dan XII. Untuk acaranya sendiri bisa dibatasi untuk kalangan tertentu atau dibuka secara umum.

  • Penyelenggara Proposal

Setelah menuliskan peserta kegiatan di dalam proposal, maka selanjutnya adalah penyelenggara di proposal tersebut.Di dalam hal ini, perlu dijelaskan siapa saja yang ikut menyelenggarakan agenda tersebut.Umumnya yang menjadi penyelenggara adalah suatu organisasi atau perkumpulan kelompok tertentu.

  • Tempat dan Jadwal Kegiatan Proposal

Tidak kalah penting dan menjadi bagian dari struktur dalam proposal adalah tempat dan juga jadwal kegiatan proposal. Dalam bagian ini dideskripsikan mengenai dimana agenda tersebut akan dilakukan. Kemudian juga mencantumkan jadwal kegiatannya secara jelas dan detail.

Bagian ini amatlah penting dan harus dibuat dengan rapi alias tidak rancu. Sebaiknya untuk jadwal benar-benar dipastikan biar tidak membingungkan banyak pihak.Maka, mengadakan kesepakatan terlebih dahulu itu amatlah penting.

  • Susunan Acara Proposal

Setelah menuliskan tempat dan juga jadwal kegiatan, Anda juga perlu mencantumkan susunan acara proposal. Dalam bagian ini, Anda harus membuat susunan acara di dalam proposal mulai dari awal acara, yaitu pembukaan sampai selesainya acara.

  • Susunan Panitia Proposal

Pada bagian ini harus dijelaskan mengenai susunan panitia yang sebelumnya sudah dibentuk. Maka dari itu, sebaiknya susunan panitia ini sudah dibentuk sebelum pembuatan proposal biar pembuat proposal tidak mengalami kebingungan. Contoh proposal seperti ini akan dijelaskan lagi dibawah.

  • Rencana Anggaran Proposal

Pada bagian ini Anda harus menyusun rincian masukan, pengeluaran dan jugakebutuhandana untuk agenda atau kegiatan yang terdapat dalam proposal. Usahakan dalam bagian ini dibuat sedetail dan serinci mungkin.Serta alokasinya dibuat dengan lebih jelas biar lebih meyakinkan dan tidak membingungkan pembaca.

  • Penutup proposal

Bagian terakhir dari proposal adalah penutup. Penutup di sini umumnya akan diisi dengan kalimat yang berisi harapan supaya semua pihak dapat ikut berpartisipasi dan juga memberikan kontribusi untuk pelaksanaan agenda tersebut. Kemudian di bawah penutup akan ditanda tangani oleh ketua pelaksana dan ditambah dengan mengetahui penanggung jawab agenda tersebut.

Contoh Proposal

source: Glints

Sesudah mengetahui sistematika proposal, maka sangat diperlukan contoh proposal yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Tujuannya agar Anda bisa membuat proposal yang baik dan benar sesuai dengan kaidah. Namun sebelumnya penting untuk dipahami bahwa proposal memiliki banyak jenis dan macam.

Entah itu proposal kegiatan, proposal usaha, proposal penelitian, proposal wirausaha, proposal pengajuan dana, proposal bisnis, dan masih banyak lagi jenis proposal yang lainnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan diulas tentang contoh proposal yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran.

Contoh Proposal Pengajuan Dana (Sponsorship)

source: Emosi Jiwaku

Proposal Sponsorship

Untuk contoh proposal yang pertama adalah proposal pengajuan dana (sponsorship). Proposal jenis ini biasanya bertujuan untuk mencari sponsor atas agenda kegiatan yang dilakukan. Berikut adalah contoh dari proposal sponsorship yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Latar Belakang

Balikpapan adalah sebuah kota yang menjadi pintu gerbang untuk provinsi Kalimantan Timur. Keadaan kawasan ini terbilang pluralis dengan aksesnya yang mudah sehingga itu memicu adanya faktor perusak atau destruktif di kalangan pemuda dan juga pemudi kawasan ini.

Adapun elemen yang merusak bagi generasi muda yang amat rentan di Balikpapan adalah pergaulan bebas, narkoba, tawuran dan lain sebagainya. Sebagai bentuk apresiasi dan juga kepedulian terhadap para kawula muda di Balipapan, maka kami OSIS SMA Negeri 1 Balikpapan berniat mengadakan agenda positif di dalam bentuk perlombaan baik itu di bidang seni ataupun olahraga yang mencakup semua wilayah Kalimantan Timur.

Maksud dan Tujuan

Adapun tujuan dari agenda ini adalah sebagai berikut:

  • Mencegah terjadinya kehancuran bagi para generasi muda.
  • Mencegah adanya penurunan budi pekerti di kalangan anak muda.
  • Mewujudkan kreatifitas bagi para generasi muda dalam hal seni dan juga olah raga wilayah Kalimantan Timur.
  • Menjalin silaturrahim antar pelajar di kawasan Kalimantan Timur.
  • Mendukung program pemerintah dalam bidang kesehatan.
  • Sebagai sarana hiburan yang berkualitas.
  • Mewujudkan program kerja dari OSIS SMA Negeri 1 Balikpapan

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Adapun untuk waktu dan tempat pelaksanaanya adalah sebagai berikut:

  • Pertandingan basket

Tanggal: 6-7 September 2018

Tempat: Lapangan SMA Negeri 1 Balikpapan

Waktu: 08.00-16.00

  • Pagelaran tari modern

Tanggal: 8 September 2018

Tempat: Panggung utama lapangan SMA Negeri 1 Balikpapan

Waktu: 09.00-14.00

Tarian modern ini adalah salah satu kreatifitas yang lahir dari generasi muda. Seni dan budaya ini berkembang sangat pesat di tangan para pemuda. Namun, untuk meningkatkan semangat dalam bidang seni satu ini, dibutuhkanlah wadah khusus.

Sebagai apresiasi kreatifitas mereka dengan bebas sehingga bakat yang dimiliki oleh para anak muda bisa disalurkan dengan baik bahkan diharapkan bisa menjadi prestasi yang membanggakan.Maka dari itu, tarian modern ini kami jadikan sebagai salah satu cabang perlombaan.

  • Lomba Baris-berbaris

Tanggal: 9 September 2018

Tempat: Lapangan SMA Negeri 1 Balikpapan

Waktu: 07.30-12.00

Paskibra di sekolah-sekolah merupakan hal yang penting karena bisa mendorong munculnya karakter kea rah positif. Namun keselarasan paskibra-paskibra yang ada di Balikpapan saat ini masih belum muncul. Sehingga kami berinisiatif untuk mengadakan lomba baris berbaris sebagai wadah untuk generasi muda dan diharapkan bisa memunculkan prestasi tersendiri.

  • Pertandingan Mading

Tanggal: 10 September 2018

Waktu: Ruang kelas SMA Negeri 1 Balikpapan

Waktu: 18.00-17.00

Saat ini, perkembangan jaman nyata memberikan perubahan cukup besar kepada para pelajar.Sehingga tidak jarang anak muda memilih hal yang praktis tanpa memperhatikan kualitas serta hasil yang optimal.Akhirnya kretifitas menjadi hilang.

Agar perkembangan teknologi bisa seimbang dengan kreatifitas pemuda, maka saatnya mereka mewujudkan sesuatu yang menjadi budaya di Negara kita. Misalnya dengan mulai mengangkat kembali budaya artikel, seni lukis, cerpen dan lain sebagai di dalam sebuah mading. Oleh karena itu, kami bermaksud mengadakan cabang lomba berupa lomba mading supaya kreatifitas para pemuda menjadi terbangun.

Susunan Panitia

Adapun susunan panitia dalam agenda ini adalah sebagai berikut:

Pembina: Drs. KhairulAnam

Koordinator: Muhammad Anwar

Anggota: AlfiAmalia, Sya’rowi, Intan Sari Putri, YusrotulHasanah, Hasan Muhammad.

Seksi Dekorasi: Muhammad David, SholehArdiansyah, Siti Kalimah, Citra Kirana.

Seksi Humas: Husnul Fuad, Aisyah, SyahrulMutaqin, AniatulMasruroh.

Seksi Konsumsi: Nadia Syahra, Nisa Alfina, Siti Aminah, Muhammad Adib.

Seksi Perlengkapan: Gibran Setiawan, AfifFaizin, Muhammad Anam, LatifulAnam.

Kompensasi Sponsor

Pajang untuk pemasangan spanduk dan juga umbul-umbul keseluruhan ditanggung oleh pihak sponsor.Untuk bentuk dari sponsorship di luar dari paket yang terdapat di atas dapat menghubungi bagian Cp kami.

Profit Pihak Sponsor

Pihak sponsor akan mendapatkan beberapa profit berikut:

  • Membantu pandangan atau image positif di tengah masyarakat sebagai sebuah organisasi yang memiliki kepedulian atas generasi muda di Kalimantan Timur.
  • Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang eksistensi dari organiasi sponsor.
  • Membantu jasa dari pihak sponsor atau branding yang terbilang kuat untuk masyarakat luas, lebih khususnya kalangan pelajar lantarna agenda ini diadakan di SMA Negeri 1 Balikpapan.
  • Membangun hubungan kekerabatan yang baik di antara organisasi sponsor dengan organisasi siswa yang terlibat.

Contoh Proposal Kegiatan

source: themoondoggies

Contoh dari proposal yang selanjutnya adalah proposal kegiatan. Proposal kegiatan ini dibuat lantaran adanya kegiatan tertentu, bisa digunakan sebagai bentuk pemberitahuan kepada pihak yang berkepentingan dan bisa juga digunakan untuk permohonan bantuan dana dan sebagainya.

Proposal kegiatan di sini sangatlah penting karena di dalamnya memberikan gambaran tentang agenda apa yang diusung dan bagaimana gambaran detail dari agenda tersebut. Dan berikut ini adalah contoh detailnya.

Proposal Kegiatan Festival Pentas Seni dan Budaya

Latar Belakang

Sejalan dengan perkembangan zaman, khususnya di bidang teknologi yang semakin pesat, maka itu menyebabkan menurunnya minat para pemuda dalam hal seni dan budaya. Padahal, seni adalah sesuatu yang murni dimiliki oleh bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan di tengah kuatnya arus pengaruh budaya asing di negeri ini.

Tidak banyak remaja yang bisa membawakan berbagai bentuk kesenian di Indonesia seperti membawakan tarian tradisional dan sebagainya. Bahkan banyak dari mereka yang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang aneh. Tidak hanya itu, penggunaan pakaian batik juga kerap dianggap sebagai hal yang kuno dan ketinggalan jaman.

Padahal ini menjadi warisan budaya bangsa yang patut dibanggakan. Pergeseran dari kultur memang sedikit banyak mengubah wajah negeri ini sehingga jika dibiarkan, bangsa Indonesia akan kehilangan budayanya. Fatalnya, masuknya budaya atau adat istiadat dari Barat ini .

Ternyata kerap mendapatkan respon yang sangat positif bagi kalangan remaja. Dan itu mereka lakukan tanpa adanya filter dan juga keseimbangan dengan budaya lokal. Sehingga banyak dari mereka yang rancu mengenai mana yang sebenarnya murni budaya Indonesia dan mana yang pengaruh dari asing.

Melihat adanya fakta yang cukup memprihatinkan di atas, maka sangat penting untuk diberikan suatu perhatian yang lebih atas situasi demikian. Dan hal tersebut menjadi salah satu latar belakang dibentuknya agenda Festival Lintas Kampus dan Panggung Seni poleh Organisasi Mahasiswa Indonesia Kelompok Komunitas (INSOSKOM) dalam rangka peringatan atas hari Kemerdekaan Republik Indonesia 1945.

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  • Untuk dapat memperingati dan memeriahkan hari kemerdekaan RI.
  • Untuk dapat melestarikan dan juga menumbuhkan seni dan juga adat istiadat yang ada di Indonesia.
  • Untuk membantun kebersamaan dan juga kreatifitas para pemuda.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Pentas seni dan juga adat istiadat ini akan kami gelar pada:

Hari: Senin-Selasa

Tanggal: 19-20 Agustus 2018

Tempat: Gedung Universitas Pemuda

Susunan Acara

Adapun susunan acara dalam kegiatan ini adalah sebagaimana terlampir.

Susunan Panitia

Adapun susunan panitia pada kegiatan ini adalah sebagaimana terlampir.

Anggaran Dana

Adapun anggaran dana pada kegiatan ini adalah sebagaimana terlampir.

Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Kami sangat mengharapkan dukungan dari Bapak/Ibu sekalian. Semoga acara kali ini dapat berjalan dengan baik dan maksimal sebagaimana yang diharapkan bersama. Atas perhatian dan kerja samanya, kami sampaikan terima kasih.

Contoh Proposal Usaha

source: luthfan com

Untuk contoh proposal yang selanjutnya adalah proposal usaha makanan. Proposal jenis ini sangat berkaitan dengan dunia bisnis makanan, baik itu adalah bentuk makanan pokok, snack, kue dan lain sebagainya. Proposal usaha makanan ini juga dikenal dengan proposal kewirausahaan yang merupakan jenis proposal yang fungsinya adalah untuk memberikan informasi tentang sebuah usaha kepada pihak yang berkaitan.

Proposal kewirausahaan in kerap dibuat untuk mengajukan bantuan dana baik dari perseorangan atau suatu kelompok tertentu. Proposal wirausaha ini sangat penting untuk dipelajari karena di dalamnya terdapat poin-poin yang harus ada.

Dengan mengetahui contoh dari proposal usaha makanan berikut, maka Anda akan bisa membuat proposal wirausaha dengan mudah, baik dan benar. Berikut adalah contoh selengkapnya mengenai contoh dari proposal usaha makanan yang bisa dijadikan sebagai acuan.

Latar Belakang

Di era saat ini, ada banyak jenis makanan yang beredar di pasaran.Baik itu jenis makanan yang disajikan secara langsung atau jenis makanna yang dibungkus dalam kemasan tertentu.Namun, dari beberapa jenis makanan tersebut, yang paling banyak diminati di kalangan masyarakat adalah jenis makanan yang dikemas.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak jenis makanan yang kurang sehat, berbahaya bahkan bisa menimbulkan penyakit ketika dikonsumsi. Padahal, makanan sangat berpengaruh kepada kesehatan seseorang sehingga mereka harus benar-benar memperhatikan apa yang dikonsumsi. Salah satunya adalah makanan sehat dan bergizi.Dan yang tidak kalah penting adalah memilih jenis makanan yang enak dan lezat.

Di antara jenis makanan yang cukup banyak disukai adalah jenis makanan yang renyah, enak, gurih, memiliki nutrisi yang cukup dan harga yang murah tentunya. Dan tidak kalah penting dari semua itu adalah jenis makanan yang menyehatkan.

Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk melakukan suatu upaya inovasi terhadap bahan dasar jamur sehingga bisa mendapatkan cita rasa makanan yang enak dan spesial. Dengan olahan baru dan metode yang baru sehingga memunculkan camilan terbaik untuk masyarakat di era modern yang tidak hanya enak namun juga menyehatkan.

Dalam hal ini, kami berupaya mengolah bahan jamur dengan metode yang modern dan disertai dengan tawaran aneka rasa mulai dari balado, pedas, rasa jagung, original dan masih banyak lagi yang lainnya. Kami juga mencoba menciptakan suatu produk yang halal dan dan aman untuk dikonsumsi semua kalangan tanpa menimbulkan efek samping tertentu.Kecuali untuk para pelanggan yang kebetulan alergi terhadap bahan jamur ini.

Manfaat dan Tujuan

Dalam menciptakan produk makanan yang berasal dari olahan jamur ini, kami memiliki beberapa tujuan, di antaranya adalah:

  • Memberikan pelajaran bahwa di dalam membuka usaha makanan, kreatifitas menciptakan produk yang baru sangat diperlukan.
  • Dapat menciptakan cara kerja yang sederhana namun menghasilkan sesuatu yang tinggi.
  • Untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan dalam sebuah kelompok kerja.
  • Dapat meningkatkan jiwa wirausaha bagi anak masyarakat, khususnya bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah.
  • Untuk produk makanannya sendiri juga memiliki manfaat seperti kandungan gizi di dalamnya yang cukup tinggi.
  • Memiliki khasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit.
  • Dapat membantu mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh seseorang.
  • Selain itu, juga bisa membantu mengatasi penyakit diabetes, radang hati yang bisa menular.

Visi dan Misi

Setiap usaha tentu saja mempunyai visi dan misi untuk dapat memajukan usaha tersebut. Selalu itu tidak lain adalah agar usaha yang dirintis bisa berjalan dengan lancar dan maksimal tanpa adanya suatu halangan. Artinya, suatu usaha akan bisa maju jika visi dan misi yang dimiliki dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Visi dan misi kami adalah untuk menciptakan produk terbaik dan modern dengan kandungan gizi yang seimbang dan enak serta harga yang terjangkau untuk semua kalangan.

Tujuan Usaha Makanan

Adapun tujuan dari usaha makanan kami adalah sebagai berikut:

  • Untuk bisa mendapatkan keuntungan tersendiri.
  • Untuk dapat meningkatkan minat konsumen kepada jenis makanan tradisional.
  • Untuk membuka lapangan kerja yang baru.
  • Untuk mempertahankan makanan tradisional supaya ia tidak punah dan hilang.

Maksud Usaha Makanan Tradisional

Dibuatnya usaha makanan ini adalah supaya aneka kuliner dapat tersalurkan dengan sangat baik.Tentu saja dengan berbagai pengetahuan yang dimiliki bisa melakukan inovasi untuk menjadikan berbagai jenis makanan tradisional menjadi memiliki nilai yang lebih dan bisa berkompetisi dengan jajanan modern. Oleh karena itu, kami mencoba merinstis usaha makanan olahan jamur khas.

Strategi Pemasaran

Adapun untuk segmen pasar yang kami sasar adalah semua jenis usaha dan semua kalangan mulai dari anak-anak bahkan sampai usia lanjut. Karena itulah kami mencoba mengolah produk yang benar-benar sehat supaya bisa dikonsumsi oleh semua usia tanpa menimbulkan dampak atau efek samping bagi mereka.

Untuk target pasarnya adalah supermarket, pasar, warung-warung, pusat oleh-oleh dan masih banyak lagi yang lainnya. Sementara untuk semakin menarik minat konsumen sehingga membeli produk kami, maka ada inovasi khusus yang kami berikan untuk produk satu ini, yaitu dengan menambahkan kemasan yang menarik dan kekinian sehingga ia bisa bersaing dengan jenis makanan yang sudah populer lainnya.

Kebutuhan Modal

Adapun kebutuhan modal mulai dari awal hingga berdirinya usaha ini dibutuhkan sekitar 15.000.000 rupiah.

Penutup

Demikianlah proposal usaha makanan ini kami buat untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan pertimbangan Anda. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih. Demikianlah ulasan tentang contoh proposal yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran Anda.

Khususnya yang akan membuat jenis proposal serupa. Dengan mengetahui tentang proposal dan berbagai contoh proposal, maka Anda akan bisa membuat jenis proposal yang serupa dengan baik dan benar. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *