13+ Contoh Artikel Populer Lengkap dengan Tema Ilmiah, Pendidikan & Kesehatan

Contoh Artikel – Artikel bukanlah hal yang asing di tengah masyarakat. Bahkan, kata ini sudah sangat sering didengar. Khususnya bagi kalangan yang fokus pada dunia kepenulisan. Namun, banyak orang yang sudah sering membaca artikel namun belum mengetahui apa yang dimaksud dengan artikel dan berbagai hal yang berkaitan dengannya.

Padahal, ini sangat penting untuk dipelajari khususnya bagi kalangan pelajar atau mahasiswa. Artikel sendiri bukanlah jenis tulisan yang tanpa aturan, ada berbagai kriteria dan syarat penulisan artikel yang harus dipahami oleh seseorang. Sehingga dengan mengetahui berbagai hal tentang artikel.

Seseorang bisa menghasilkan karya atau artikel yang baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku. Dan tidak kalah penting lagi adalah menghasilkan suatu artikel yang enak dibaca. Nah, untuk memudahkan Anda dalam pembuatan artikel, pada kesempatan ini akan diulas tentang berbagai hal menyangkut artikel terutama contoh dari artikel untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran Anda.

Pengertian Artikel

source: Writology

Sebelum membahas tentang artikel lebih lanjut dan mendalam, hal pertama yang perlu diketahui adalah pengertian dari artikel itu sendiri. Artikel merupakan suatu karangan ilmiah yang sifatnya faktual dan lengkap kemudian dipublikasikan melalui media masa tertentu. Tujuan dari dituliskannya artikel sendiri adalah untuk menyampaikan suatu gagasan dan juga fakta yang mampu meyakinkan bahwa mendidik para pembaca.

Adapun pengertian dari artikel menurut salah seorang ahli adalah karya tulis yang di dalamnya ditulis oleh individu atau kelompok kemudian dikaji dan diselesaikan dengan semua rangkaian tulisannya dengan jelas, tuntas dan juga lugas.Sehingga, dengan demikian para pembaca bisa mengambil inti dari tulisan yang sudah disebutkan.

Model-Model Penulisan Artikel

source: ThesisEditor.co.uk

Penulisan artikel memiliki beberapa model yang antara satu dengan yang lain memiliki perbedaan tersendiri. Berikut ini adalah model-model penulisan artikel yang harus Anda ketahui:

  • Model Penulisan Populer

Model penulisan artikel yang pertama adalah model penulisan populer dimana di dalam artikel ini biasanya menggunakan tulisan yang sifatnya ringan, hiburan dan tidak rumit.Adapun untuk bahasa yang dipakai umumnya adalah bahasa yang bebas. Seperti bahasa yang biasa digunakan pada majalah atau koran.

  • Model Penulisan Ilmiah

Selanjutnya adalah model penulisan ilmiah yang di dalamnya merupa tulisan memakai bahasa baku dan resmi serta memperhatikan ejaan yang paling tepat. Selain itu, perihal kepenulisannya juga disahkan secara hukum.Untuk model penulisan artikel satu ini memang cenderung sulit dan membutuhkan pembelajaran khusus.

  • Model Penulisan Ilmiah Populer

Adapun model penulisan artikel selanjutnya adalah model ilmiah populer. Model penulisan satu ini merupakan perpaduan antara model ilmiah dan juga populer. Artikel dengan model penulisan semacam ini biasanya ditujukan kepada khalayak umum. Contoh artikel selengkapnya dapat Anda jumpai di bawah.

Syarat-Syarat Artikel

source: HellBound Bloggers

Setelah mengetahui beberapa model penulisan artikel, maka pada pembahasan selanjutnya ini akan dibahas mengenai syarat-syarat artikel itu sendiri. Artinya Anda tidak bisa semena-mena di dalam membuat artikel karena ternyata ada syarat khusus untuk pembuatan artikel sehingga ia bisa menjadi karya yang baik, benar dan mudah dipahami oleh para pembaca. Berikut adalah beberapa syarat artikel yang harus Anda ketahui.

  1. Bahasa yang dipakai di dalam artikel sesiao dengan model artikel yang ditulis, apakah menggunakan model artikel populer, ilmiah atau ilmiah populer.
  2. Tulisan di dalam artikel harus benar-benar orisinal karya sendiri dan bukan jiplakan atas karya orang lain.
  3. Topik yang diangkat di dalam artikel sendiri merupakan respon atas sebuah peristiwa.
  4. Ide yang terdapat di dalam artikel adalah murni dari penulis. Dalam hal ini bisa juga mengambil referensi atau rujukan baik itu berupa buku, jurnal, koran dan lain sebagainya.
  5. Penulisan artikel tidaklah terikat oleh waktu, gaya bahasa, bentuk berita, dan teknik penulisan yang lain.
  6. Gaya penulisan, aktualitas dan juga panjang pendek sebuah artikel perlu untuk diperhitungkan.

Kriteria Artikel yang Baik

source: Coolessay

Sekalipun bisa dibilang setiap orang bisa menulis sebuah artikel, baik itu yang dimuat di media massa, media online ataupun untuk tugas perkuliahan, namun tidak semua orang bisa menulis artikel yang baik. Karena ternyata, ada kriteria tersendiri untuk jenis artikel yang baik. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas mengenai kriteria artikel yang baik untuk dijadikan sebagai pertimbangan Anda dalam membuat artikel.

  1. Judul atau healine di dalam artikel menarik, kreatif dan provokatif. Dengan demikian, pembaca akan semakin tertarik untuk membaca artikel Anda.
  2. Buatkan paragraf dengan model balok dan untuk kata-kata penting sebaiknya ditandai dengan tulisan miring.
  3. Menggunakan deskripsi atau metafora yang jelas dan jika perlu disertai dengan gambar.
  4. Menggunakan istilah dan kata yang mudah dipahami oleh para pembaca.
  5. Menggunakan tulisan yang renyah dan enak dibaca.

Langkah Menulis Artikel

source: Wiki Tutors

Selanjutnya adalah langkah untuk menulis artikel, berikut uraiannya:

  1. Tentukan tema yang ingin dibahas.
  2. Tentukan gagasan atau ide Anda.
  3. Tulis bagian pendahuluan secara garis besar dan mudah dipahami.
  4. Tentukan angle dan buat judul yang menarik pembaca.
  5. Cari dan gunakan rujukan atau referensi.
  6. Mulailah menulis.
  7. Periksa kembali artikel Anda yang sudah jadi.

Upayakan langkah menulis di atas Anda lakukan dengan baik sehingga bisa menghasilkan tulisan yang menarik dan enak dibaca. Dan usahakan untuk mengangkat tema semenarik dan seaktual mungkin supaya lebih banyak orang yang membaca tulisan Anda. Dan hindari berbagai bentuk kesalahan kepenulisan baik itu kalimat atau katanya. Dan jangan lupa untuk membaca kembali artikel secara berulang-ulang sehingga mendapatkan artikel terbaik.

Contoh Artikel

source: Alberta Guided Fishing Adventures

Artikel mempunyai berbagai macam bahasan yang sangat luas. Oleh karena itu kami menyediakan beberapa artikel tentang berbagai tema bahasan yang bisa kamu jadikan contoh artikel. Langsung saja, berikut ini beberapa contoh artikel yang bisa kamu jadikan inspirasi:

Contoh Artikel Motivasi

source: Megan DiPiero Photography

Artikel motivasi ini merupakan sejenis artikel yang di dalamnya berisi berbagai ajaran dan dorongan untuk seseorang menjadi lebih baik dan lebih maju lagi.Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan motivasi kepada seseorang. Berikut adalah contoh dari artikel motivasi yang baik dan benar sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Penjara Mental

Penjara bukanlah tempat yang diidamkan setiap orang.Bahkan, tempat ini seringkali terasa menyeramkan.Tentu saja yang terbayang adalah ketidaknyamanan karena di dalamnya menjadi tempat berkumpul para penjahat.Tentu saja yang ada dalam bayangan banyak orang penjara itu sebagaimana neraka yang amat menyiksa.

Namun mungkin untuk mereka yang merupakan penjahat kelas kakap, berada di penjara adalah hal biasa bahkan sudah seperti hunian mereka sendiri. Dan keluar masuk itu sudah menjadi sesuatu yang biasa untuk mereka.Itu adalah gambaran dari kehidupan penjara yang tentu saja membuat seseorang tidak dapat bergerak secara bebas.

Berbicara soal penjara, ternyata sebenarnya ada suatu penjara di dalam diri seseorang yang tidak disadari oleh mayoritas orang. Penjara yang dimaksud tersebut sebenarnya sama ngerinya dengan penjara nyata yang membatasi gerak dan kebebasan seseorang. Penjara yang dibilang lebih menyeramkan dibandingkan dengan penjara nyata tersebut adalah penjara mental. Dengan adanya penjara mental, seseorang akan terhambat untuk melakukan suatu hal yang semestinya mereka lakukan.

Misalnya saja ada seorang pebisnis yang tidak berani berhutang karena di dalam benaknya sudah tertanam bahwa hutang adalah sesuatu yang tabu.Ia justru memilih untuk membuka usaha dari nol. Hal itu lebih dikarenakan di dalam pikirannya hutang menjadi sesuatu yang tidak baik dan bisa mendekatkan pelakunya kepada dosa. Belum lagi jika di kemudian hari ia tidak bisa membayar hutang tersebut, maka tentu bisa menjadi beban di dalam kehidupannya.

Namun, pada suatu hari seseorang tersebut berhutang karena bujukan dari salah seorang marketing. Yang membuat ia tertarik adalah karena dengan berhutang bisnisnya akan semakin melesat dan cepat berkembang dengan adanya uang hasil hutang tersebut.

Sekalipun dalam jumlah yang tidak terlampau besar, hutang itu menjadi beban di dalam kehidupannya. Bahkan, hampir setiap malam ia bermimpi buruk dan ujung-ujungnya ia tidak bisa fokus untuk kemajuan bisnis yang ia rintis. Contoh ini merupakan gambaran dari penjara pikiran.Lebih kepada adanya hambatan yang terdapat di dalam otak seseorang.

Di dalam kasus orang di atas, ada juga sosok sebaliknya yang dengan ia tidak berhutang, maka akan sulit baginya bisa maju. Penjara mental memang kerap terjadi lantaran ada sejarah di dalam pengalaman yang membakas dalam diri dan pikiran seseorang.Sebagai contoh seseorang ayahnya pernah mempunyai mobil kemudian disita oleh bank dan itu membuat ayahnya menjadi stress.

Bahkan hidupnya terguncang dan akhirnya mengalami bangkrut yang berujung pada hutang dalam jumlah milyaran. Hal ini membuat seseorang tersebut menjadi trauma.Karena itu menjadikan seseorang merasa ketakutan dengan hal yang berbau hutang.

Masing-masing individu tentu saja memiliki penjara mental.Seseorang yang sudah bebas dari yang namanya penjara mental merupakan orang gila.Sesungguhnya, ada kalanya penjara mental berdampak baik untuk seseorang.Karena pada dasarnya apapun yang ada di dalam pikiran seseorang tentu saja untuk menjadikan diri sebagai sosok yang bahagia dan terhindar dari yang namanya sengsara.

Penjara mental mengenai tidak berhutang ataupun berhutang sesungguhnya termasuk ke dalam jenis penjara mental yang masih dalam taraf netral sehingga tidak perlu dibongkar.Yang perlu adalah bagaimana caranya Anda memanfaatkan penjara mental tersebut untuk kebaikan dan kemajuan kehidupan Anda.

Berbicara mengenai penjara mental, sebenarnya ada juga penjara menal yang tidak boleh dibuang, yakni penjara mental yang berkaitan dengan kebaikan dan juga etika. Yang dimaksud adalah misalnya seseorang enggan untuk mencuri.Salah satu faktornya adalah karena adanya penjara mental dalam diri seseorang tersebut. Sehingga, jika ia melanggarnya, maka ia akan masuk penjara dan berdosa bahkan mendapatkan imbalan neraka.

Namun, ini tentu saja sangat berbeda dengan para koruptor yang telah memutuskan untuk mengancurkan penjara mentalnya sendiri. Sehingga, ia pun merasa biasa saja ketika sedang korupsi. Mereka sama sekali tidak merasa bersalah atas perbuatannya terlebih jika itu sudah biasa ia lakukan.

Maka penjara bisa menjadi bak istana. Tidak hanya korupsi, ini sesungguhnya juga berlaku untuk berbagai tindakan yang ada di luar etika secara umum.Termasuk budaya untuk berlaku sopan santun dan sebagainya.

Yang ingin disampaikan di sini adalah ada yang harus senantiasa dipenjara dan ada yang sebaiknya dibebaskan.Misalnya ketika ada kebiasaan menunda tugas, maka kata lakukan sekarang tentu harus segera dibebaskan. Karena seringkali itu diracuni oleh kata nanti sehingga tugas Anda tidak akan pernah selesai.

Di samping berbagai penundaan dan kemalasan, masih banuak lagi yang perlu dilepas dari penjara pikiran Anda. Misalnya saja ketakutan tanpa alasan, rasa tidak percaya diri dan masih banyak lagi hal negatif lain yang semestinya dibebaskan dari pikiran seseorang. Yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana mengelola penjara mental masing-masing individu.Pandai-pandai memilih mana yang semestinya dilepas dan mana yang harus tetap dipenjara.

Contoh Artikel Ilmiah

source: Lanterna Education

Selain contoh artikel motivasi, ada juga contoh artikel ilmiah yang tidak kalah penting untuk dipahami. Artikel ilmiah merupakan sejenis artikel yang di dalamnya menggunakan bahasa ilmiah dan tentunya sedsuyai dengan bahasa yang ilmiah dan baku. Dan berikut ini adalah contoh artikel ilmiah yang bisa dijadikan sebagai bacaan dan rujukan Anda.

Alasan Mengapa Kurma Menjadi Makanan Terbaik Saat Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan yang mulia untuk segenap umat Islam.Ada banyak sisi yang berbeda saat bulan Ramadhan yang tidak sebagaimana hari biasa.Ada keseruan tersendiri ketika seseorang tengah menjalankan puasa.Bagi seseorang yang mengaku dirinya beragama Islam, maka berpuasa tentu saja menjadi sesuatu yang wajib.Kecuali bagi orang-orang yang berhalangan untuk melaksanakan puasa.

Hal mengayikkan lainnya ketika bulan puasa adalah ketika seseorang membeli aneka jenis makanan dan juga minuman ketika menjelang buka puasa. Bahkan, tidak jarang ada yang berbagi takjil di bulan penuh berkah ini sehingga di sepanjang jalan akan Anda temui banyak makanan dan minuman yang dibagikan untuk orang-orang yang berpuasa.

Untuk dapat menjalankan puasa selama satu bulan penuh sesungguhnya itu adalah hal yang sulit.Seseorang harus mampu menahan lapar dan juga haus dan itu menjadi tantangan yang amat berat, terlebih ketika awal-awal pelaksanaan puasa.

Hal itu sangatlah wajar karena tubuh seseorang tengah beradaptasi dengan sesuatu yang baru dimana sebelumnya aktif sarapan di jam sekian, maka di bulan puasa seseorang harus melakukan sahur. Akhirnya, perasaan lesu, lelah menjadi hal yang lumrah terjadi.

Untuk seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa, selain memastikan bahwa ia sudah melaksanakan sahur dan memperbanyak konsumsi air putih, maka ada juga resep tambahan yang bisa membuat ia bisa tetap melakukan aktifitas. Yaitu dengan mengkonsumsi kurma yang menjadi salah satu tradisi tidak tertulis selama bulan Ramadhan.

Di bulan nan suci dan penuh ampunan ini, penjualan kurma biasanya akan meningkat drastis dan stoknya pun lebih melimpah. Selain rasanya yang manis, buah satu ini juga memiliki berbagai manfaat dan sangat tepat untuk membantu seseorang supaya senantiasa segar dan bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Kata kurma sendiri telah banyak disebut dalam hadis.Bahkan, Al-Qur’an juga menyebutnya sebanyak 21 kali.Hal ini menjadi bukti bahwa buah kurma merupakan jenis buah yang paling banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an sehingga tentu saja buah ini menjadi buah yang spesial di dalam pandangan Islam.

Hadis pun juga menerangkan tentang kurma beserta bagaimana cara memakan kurma saat berbuka puasa, untuk sarapan, untuk campurna minuman tertentu dan untuk dijadikan makanan bayi. Tidak hanya itu, Injil pun juga menyebutkan kata kurma sebanyak 51 kali.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pangan, kurma menjadi makanan yang sangat ideal lantaran ia menyediakan jenis nutrisi esensial yang sangat lengkap sehingga menjadi baik untuk kesehatan. Hasil ini tentu saja mempunyai suatu potensi bahwa kurma dapat dijadikan sebagai bahan makanan terbaik di era mendatang.Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa kurma menjadi makanan yang ideal untuk menjadi menu bulan Ramadhan.

  1. Berdasarkan hasil dari perbandingan analisa lab USDA dengan produk pangan yang lain seperti beras, bayam, pisang, durian, anggur, apel, buah tin, kentang, mangga dan juga kiwi menunjukkan bahwa kurma mempuyai unsur atau kandungan nutrisi yang paling baik terdiri dari kalori, karbohidrat, serat tertinggi, lemak terendah dan tanpa ada kandungan kolesterol di dalamnya. Di samping itu, kurma juga memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap yang terdiri dari delapan macam vitamin dan juga kandungan elektrolit dan juga mineral paling tinggi. Bahkan, kurma masih memiliki kandungan Phytonutrients misalnya betacaroten dan 23 Asam Amino.
  2. Banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk mengkonsumsi jenis kurma karena ini menjadi jenis makanan paling sehat. Selain bentuk aslinya, sudah ada sajian luirma yang diolah menjadi suplemen atau makanan sehat tambahan.
  3. Serbuk sari bunga jantan pada kurma sangatlah berguna untuk membantu kesuburan para wanita. Sementara akar dari kurma sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan kejantanan pria. Sedangkan untuk saripatinya bisa membantu meningkatkan kesehatan dan layak dikonsumsi untuk semua usia.

Cara konsumsi buah kurma ini juga sangat sederhana. Di samping bisa diolah, kurma yang dijual secara luas di pasaran juga dapat dikonsumsi secara langsung. Akan tetapi, Nabi menyarankan kepada manusia untuk mengkonsumsi buah kurma ini dalam jumlah yang ganjil mulai dari 3, 5 atau 7. Tujuannya adalah agar seseorang bisa terhindar dari adanya sihir pada hari tersebut.

Selain tercukupinya nutrisi dalam tubuh Anda, kurma ternyata masih memiliki manfaat yang lain, yaitu untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh orang yang mengkonsumsinya sehingga ia menjadi terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan ketika dikonsumsi saat Ramadhan, tubuh juga akan tetap bugar seharian.

Contoh Artikel Kesehatan

source: Mental Floss

Setelah mengetahui contoh artikel ilmiah, maka selanjutnya akan diulas mengenai contoh artikel kesehatan. Artikel kesehatan ini berisi tentang tips atau cara untuk meningkatkan kesehatan seseorang sehingga ia menjadi tidak mudah terserang penyakit.

Tentu saja jenis artikel ini menggunakan bahasa yang ilmiah dan baku. Dan untuk bisa membuat artikel kesehatan yang baik, hendaknya merangkai kata-kata dengan memakai bahasa yang baik, benar dan mudah dipahami.Berikut ini adalah contoh artikel kesehatan yang bisa dijadikan pengetahuan.

Cara Mengelola Stress dan Emosi Negatif

Masing-masing orang yang ada di dunia ini pastinya pernah mengalami masalah tertentu, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar.Di antara tema yang kerap memunculkan permasalahan dan umum terjadi sekitar masyarakat adalah mengenai cinta, kesehatan dan keuangan.Ujian kehidupan kerap menghampiri seseorang dengan tiba-tiba.Dan itu harus dihadapi karena merupakan suatu realita kehidupan yang tak terhindarkan lagi.

Menghadapi permasalahan yang ada tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan.Juga tidak semudah perkataan bahwa semua masalah ada solusinya.Namun, ada hal yang terkadang unik bahwa solusi untuk suatu masalah kadangkala datang dengan sendirinya.

Hal paling penting dan utama untuk dilakukan ketika seseorang dihadapkan pada suatu permasalahan adalah dengan mengutamakan ketenangan diri.Ketenangan diri menjadi patokan utama bagi seseorang untuk dapat berfikir secara jernih karena emosi yang negatif terkadang justru membuat keadaan semakin rumit, bukan malah teratasi. Artinya, mungkin saja emosi negatif yang Anda luapkan akan memberikan kelegaan dalam diri, namun itu bisa berdampak negatif kepada lingkungan yang ada di sekitar.

Masalah yang sudah terjadi dan dihadapi seringkali memberikan dampak negatif untuk kehidupan seseorang.Bahkan tanpa disadari, hal itu kerap membuat seseorang menjadi trauma.Di antara yang menyebabkan hal itu terjadi adalah kurang ikhlasnya seseorang di dalam menerima keadaan.Dan penting untuk diketahui bahwa emosi yang terpendam ternyata bisa menjadi sumbatan tersendiri untuk diri Anda.

Misalnya seseorang diputus cinta oleh kekasih yang sangat dicintai.Adanya rasa kehilangan membuat seseorang tersebut merasa hampa dalam kehidupannya. Bahkan, ia merasakan kesedihan yang berlarut-larut. Tidak jarang pula ia marah-marah dan membanting barang-barang yang terdapat di sekitarnya.

Kemudian dia pergi dan menangis di kamar. Hal tersebut sudah pasti membuat keluarga dan juga teman khawatir atasnya.Dan ini merupakan contoh luapan emosi yang negatif terhadap lingkungan sekitar.

Semakin hari, seseorang tersebut akhirnya kembali ceria sebagaimana yang sebelumnya. Akan tetapi, sesudah ia mengetahui fakta adanya orang ketiga, maka iapun merasa trauma dan juga dendam. Dendam terhadap mantan kekasihnya dan trauma dengan yang namanya cinta.

Ini menjadi salah satu akibat dari emosi negatif yang diluapkan dan akhirnya menjadi sumbatan dalam diri. Sumbatan emosi yang ada tersebut menjadikan sikap seseorang tidak stabil. Dan apabila hal tersebut dibiarkan, maka bisa berdampak kepada tubuhnya. Saat emosi tersumbat dan tubuh tidak kuat menahan hal tersebut, maka akhirnya sakit akan melanda.

Bisa diawali dengan gejala insomnia kemudian berlanjut kepada depresi yang berlebih sampai asam urat yang naik. Apabila itu dibiarkan begitu saja, maka di dalam waktu yang lama bisa memunculkan penyakit jantung dan juga kanker. Dan tentu saja ini merupakan jenis penyakit berbahaya yang perlu dicegah sejak ini.

Hal tersebut adalah sesuatu yang mendasari bahwa seseorang hendaknya mengelola stress mereka dengan baik sehingga emosi negatif menjadi terkondisikan. Hal itu disebabkan karena pengelolaan stress yang tidak tepat bisa merusak lingkungan sekitar dan juga diri sendiri dari dalam.

Di antara cara yang tepat untuk mengelola stress dan juga emosi negatif adalah dengan memakai writing therapy atau terapi menulis. Terapi menulis ini bisa menjadikan emosi Anda tersalurkan dengan sangat baik.Bahkan, ini bisa menjadi metode pengelolaan emosi yang sangat aman dan tanpa adanya efek samping.

Dengan adanya pelepasan semacam ini, stress Anda juga akan berkurang dan emosi pun menjadi kian stabil. Di samping itu, Anda juga bisa menemukan suatu hikmah dari kejadikan yang ada. Juga bisa menjadi jembatan bagi seseorang untuk lebih instropeksi diri dibandingkan harus mencari kambing hitam. Karena kadangkala seseorang menjadi andil atas berbagai permasalahan yang datang kepada mereka.

Selain itu, terapi menulis juga akan memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar. Anda dan juga orang lain bisa mengambil pekajaran berharga dari masalah yang pernah dialami tersebut di masa mendatang. Sehingga, ketika di depan nanti ada masalah yang sama menghampiri.

Maka tentu saja Anda sudah lebih berpengalaman untuk mengatasinya. Dan tentu saja itu bisa meningkatkan sikap bijaksana Anda. Dengan demikian, masalah akan semakin mudah untuk dihadapi.

Terapi menulis ini bisa dilakukan dengan berbentuk grup atau fasilitator tujuannya adalah agar satu sama lainnya bisa semakin menguatkan. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan untuk membuat suatu grup, maka Anda pun bisa menuliskan pengalaman dan hikmah yang bisa diambil ari pengalaman tersebut di dalam diary.

Bagaimana pun bentuk dari tulisan tersebut tidak perlu dihakimi benar salahnya karena sejatinya itu adalah tempat untuk meluapkan emosi Anda. Dan tidak pula peduli apakah itu adalah bentuk maki, puisi atau cerita.

Sesudah itu, Anda pun bisa menuliskan suatu hikmah dari setiap perjalanan Anda. Juga bisa melihat berbagai tokoh yang menginspirasi yang menuliskan berbagai kegagalan di dalam perjuangan yang akhirnya menjadi kisah sukses masing-masing.

Contoh Artikel Pendidikan

source: Digital Learning magazine

Selanjutnya merupakan contoh artikel pendidikan. Artikel ini berkaitan dengan pendidikan yang tentu saja bertujuan untuk membentuk pribadi yang cerdas dan berkarakter. Sebenarnya, jenis artikel pendidikan ini hampir sama saja dengan contoh artikel sebelumnya, namun tema dan juga data yang disajikan berbeda. Berikut adalah contoh artikel pendidikan tersebut.

Sesuatu yang Perlu untuk Diterapkan agar Kemenangan Tidak Sebatas Angan

Suatu tim dalam olah raga misalkan sepak bola tentu saja di dalamnya terdiri dari beberapa orang yang bisa bermain di sebuah lapangan. Pemain intinya biasanya berjumlah 11 orang dan sekelompok yang lain akan berada di luar dari lapangan pertandingan. Sekalipun antara pemain dan kelompok yang lain tersebut terbilang terpisah, namun sesungguhnya mereka adalah sebuah kesatuan.

Di luar para pemain inti yang tampak di laga pertandingan, masih ada pemain cadangan, dokter, pelatih tim, manager dan masih banyak lagi yang lainnya. Sekalipun yang nampak hanyalah para pemain, namun peran dari individu yang ada di luar lapangan tentu amat diperlukan.

Ada gambaran sederhana, yaitu misalnya saja supporter malas untuk memberikan semangat kepada pemain atau bahkan mencemooh dan merendahkan mereka yang ada di lapangan, maka tentu saja para pemain yang ada di lapangan tersebut semangatnya menjadi menurun. Sekalipun supporter tidak nampak ikut bertanding di area pertandingan, namun mereka mempunyai dampak yang besar atas permainan yang dimainkan oleh tim.

Adapun gambaran lainya adalah sejarah dari bangsa Indonesia yang dijajah oleh Belanda dalam waktu kurang lebih 350 an tahun. Di antara yang dilakukan oleh Belanda pada saat itu adalah menggunakan strategi pecah belah.Sehingga, berbagai bentuk perlawanan yang dilakukan pada masa penjajahan tersebut amat mudah untuk dipatahkan lantaran sifatnya hanya kedaerahan.

Kekalahan atas berbagai perlawanan yang ada terhadap penjajah tidak lain adalah karena tidak adanya koordinasi untuk melawan penjajah antara daerah yang satu dengan daerah yang lain sehingga masing-masing menjadi terpecah dan tidak ada kesatuan.

Bayangkan saja seorang superman yang sekalipun kuat harus melawan musuh yang bersatu, tentu saja akhirnya akan kalah. Sehingga di sini bisa diambil pelajaran bahwa kebaikan yang terpecah belah bisa dikalahkan oleh kejahatan yang terbingkai dalam persatuan.

Demikian juga hari ini dimana masing-masing daerah ingin kemerdekaan masing-masing. Tentu saja ini memberikan pengaruh tersendiri kepada Negara Indonesia.Jika hal tersebut dilakukan secara bersama-sama, tentu saja Negara ini menjadi bubar.

Oleh karenanya, yang diperlukan adalah suatu bentuk persatuan. Sekalipun perbedaan adalah hal yang niscaya. Namun dengan adanya perbedaan tersebut justru menjadi saling melengkapi antara satu dengan yang lain.

Persatuan memang amat dibutuhkan sekalipun itu di dalam rumah tangga, perusahaan sampai kepada instansi pemerintah. Tidak hanya itu, di dalam hal agama pun persatuan juga amat dibutuhkan, baik itu yang sesama agama atau yang berbeda agama.

Karena jika tidak demikian, perpecahan dan permusuhan akan terjadi dimana-mana. Sehingga, diperlukan rasa saling menghormati dan juga menjunjung tinggi bekersamaan. Ada banyak fakta uang menjadi bukti kekuatan adanya persatuan, baik itu pada tataran mikro atau makro Indonesia.

Misalnya saja dahulu ketika Indonesia dijajah dan akhirnya mendapatkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 muncul karena adanya persatuan, khususnya antara Bung Karno dan Bung Hatta yang sama-sama bersatu. Jika saat itu tidak ada persatuan bagi para pahlawan di negeri ini, maka kemerdekaan tersebut tentu saja tidak akan berhasil diperoleh.

Ace hardware merupakan satu dari beberapa contoh perusahaan kecilyang bersama-sama membentuk suatu koperasi.Mereka menjual barang kebutuhan bersama untuk pertukaran dan juga perabitan rumah tangga dengan mengangkat satu merk yang dikenal dengan Ace Hardware.

Kini, ia menjadi perusahaan kelas dunia. Sehingga persatuan niscaya diperlukan sekalipun itu dalam rumah tangga. Dengan tidak adanya persatuan, maka rumah tangga tidak akan menjadi harmonis. Akhirnya keluarnya tidak akan menjadi tentram dan damai.

Untuk dapat meningkatkan persatuan itu sendiri, ada banyak hal yang dapat dilakukan.Meski tentu saja persatuan dalam rumah tangga berbeda dengan persatuan di dalam perusahaan atau Negara. Namun, yang bisa diambil dari kesemuanya adalah bagaimana setiap orang bisa menjalankan peran mereka masing-masing.

Dengan cara yang paling baik. Misalnya saja dalam hal terkecil dalam suatu keluarga, anak sebaiknya mengikuti apa yang sudah menjadi aturan keluarga. Dan untuk orang tua sebaiknya memberikan contoh yang baik bagi anak-anaknya.

Untuk menjaga persatuan di dalam tataran Negara, seseorang perlu menjadi seorang warna Negara yang baik. Tentunya setiap orang harus mengikuti apa yang menjadi aturan pemerintah. Selain itu, juga tidak melakukan berbagai tindakan yang berseberangan dengan norma masyarakat.

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan persatuan adalah dengan meningkatkan kepercayaan kepada pemimpin. Entah itu di dalam sebuah tim olah raga, rumah tangga bahkan Negara. Percaya bahwa pemimpin akan memberikan yang terbaik untuk rakyat yang ada di bawahnya.

Dan untuk pemimpin sendiri tentu saja harus menjalankan kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Bahkan, ada salah satu teori yang menyatakan bahwa semkain besar tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang pemimpin, maka hak pribadinya akan semakin mengecil.

Dari pernyataan di atas, hendaknya seorang pemimpin mementingkan kepentingan tim dibandingkan dengan kepentingan pribadi mereka. Karena di antara faktor yang menyebabkan seorang pemimpin terjerat korupsi adalah tidak adanya kesadaran bahwa dengan menjadi pemimpin.

Seharusnya hak pribadi mereka berkurang demi kepentingan rakyatnya. Sehungga bisa diambil pemahaman bahwa peran terbaik seseorang sangat penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan antara satu dengan yang lain.

Demikianlah ulasan tentang contoh artikel yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran Anda. Dengan mempelajari cara membuat artikel dan contoh-contohnya, maka Anda pun bisa membuat artikel dengan mudah dan tentu saja menghasilkan artikel yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku. Semoga artikel di atas memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *