9+ Tips Jual Beli Saham Online untuk Pemula

jual beli saham online – Investasi bukan adalah salah satu alternatif untuk mendapatkan uang tambahan. Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan dana lebih cepat dan memperoleh hasil yang lebih ideal. Salah satu investasi yang bisa diperhatikan adalah berinvestasi pada saham atau jual beli saham online.

Jual beli saham dapat meningkatkan modal investasi Anda dengan jalur inflasi. Penghasilan meningkat secara pesat yang membuat nilai aset dan kekayaan Anda juga dapat meningkat. Tentu saja untungnya berlipat ganda. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang saat terjun ke dunia jual beli saham. Anda bisa coba ragam cara jual beli saham di bawah ini.

Tips jual beli saham online untuk pemula

Tips jual beli saham online untuk pemula

Saham adalah investasi dengan tingkat risiko tinggi, tetapi juga dapat memberikan imbal hasil yang cukup besar. Agar investasi Anda menguntungkan, mulailah bekerja keras mencari informasi dan melakukan riset. Berikut tips investasi dalam jual beli saham online mudah:

Berkonsultasi sebelum pembelian saham

Berkonsultasi sebelum pembelian saham

Pelajari cara membeli saham Indonesia di bursa saham. Silakan berkonsultasi sebelum memilih saham. Jadilah orang yang aktif, ajukan pertanyaan dan teliti saham perusahaan mana yang memiliki prospek bagus untuk investasi.

Memantau informasi terkait saham perusahaan.

Memantau informasi terkait saham perusahaan.

Analisis status perusahaan saham yang anda pilih. Tidak ada salahnya memantau berita yang berkaitan dengan perusahaan, selain itu rencana bisnis perusahaan harus jelas. Hal tersebut memberikan anda terkait informasi akurat perusahaan.

Lakukan analisis

Lakukan analisis.

Teliti saham yang Anda beli agar saham tersebut memiliki harga beli dan jual terbaik. Pada saat yang sama, amati grafik harga saham. Jika harga saham perusahaan yang Anda cari tergolong rendah dan menurut Anda saham tersebut memiliki prospek yang bagus, maka inilah saat yang tepat untuk membeli saham tersebut.

Hindari membeli hanya satu saham saja

Hindari membeli hanya satu saham saja

Anda bisa hindari memberikan dana pada salah satu jenis saham saja. Hal tersebut bisa membantu anda mengantisipasi resiko eksternal dan internal yang bisa membuat harga saham tersebut menurun. Menanamkan semua uang anda pada satu jenis saham bisa meningkatkan risiko kerugian.

Akan lebih baik jika anda membagi uang anda untuk membeli 2 atau lebih jenis saham. Jika salah satu dari saham tersebut merugi, maka anda masih mendapatkan peluang lain untuk mendapatkan keuntungan dari jenis saham lainnya.

Selalu periksa likuiditas perusahaan

Selalu periksa likuiditas perusahaan

Sebelum anda membeli saham tertentu, lebih baik jika anda cek likuiditas saham perusahaan sebelum anda membelinya. Anda bisa pelajari informasi dari data keuangannya di website perusahaan atau Bursa Efek Indonesia.

Ketahui faktor eksternal

Ketahui faktor eksternal

Investasi saham juga dapat dipengaruhi oleh risiko eksternal. Nilai investasi di pasar modal bisa mengalami penurunan dan kenaikan karena faktor eksternal, seperti kondisi ekonomi global, perekonomian dalam negeri, stabilitas produk, kebijakan pemerintah, dll.

Pastikan perusahaan sekuritas sudah terdaftar di OJK

Pastikan perusahaan sekuritas sudah terdaftar di OJK

Salah satu hal penting yang tidak boleh anda lewatkan adalah memilih perusahaan sekuritas. Anda bisa pilih perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di OJK dan periksa kredibilitasnya.

Pahami transaksi jual beli saham

Pahami transaksi jual beli saham

Jika anda ingin membeli saham, anda harus selalu perhatikan fluktuasi pergerakan IHSG yang diakibatkan oleh adanya faktor internal dan eksternal, laba dari investasi pemegang saham, tren pasar, likuiditas perusahaan dan faktor lainnya. Nah anda harus jeli dalam cara jual beli saham online, tidak ada cara instan.

Namun jika anda ingin menjual saham, anda bisa memanfaatkan waktu terbaik. Anda bisa perhatikan harga saham yang sedang naik. Namun jika harga turun, anda bisa menjual saham tersebut dengan menggunakan cut loss. Pastikan anda tahu setiap transaksi jual beli saham dikenai biaya transaksi pada investor.  Itulah ragam  tips jual beli saham online.

9+ Tips Jual Beli Saham Online untuk Pemula

Tinggalkan komentar