Ikan Paus : Karakteristik, Jenis, Cara Rawat Dll (Lengkap)

Ikan Paus – Ikan Paus merupakan ikan mamalia yang memiliki ukuran besar dan menghuni lautan lepas. Meskipun memiliki ukuran yang besar, bukan berarti hewan ini menjadi hewan yang ganas. Bahkan sistem hidupnya pun juga sama seperti mamalia pada umumnya. Oleh karena itu, sangat unik rasanya jika membahas tentang kehidupan ikan Paus. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diketahui terkait dengan ikan Paus.

Karakteristik Ikan Paus

Sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui hewan tersebut merupakan ikan Paus, tentu saja dari bentuk tubuh dan juga ukuran tubuhnya. Namun, terdapat karakteristik khusus yang hanya dimiliki oleh hewan ini. Berikut karakteristiknya.

  1. Hewan mamalia

Berbeda dengan hewan mamalia lainnya yang hidup di darat, ikan Paus adalah mamalia yang menghuni air atau lautan lepas. Jadi, mamalia tidak hanya terdapat di darat saja. Kemudian untuk wilayah hidup dari ikan Paus umumnya berada pada kedalaman yang manusia sulit untuk menjangkaunya. Meskipun demikian, tidak jarang ikan Paus juga menampakkan dirinya ke permukaan.

  1. Hewan homoiterm

Ikan Paus juga termasuk salah satu hewan yang berdarah panas atau homoiterm. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi tubuh iikan tersebut. Pada bagian tubuh memiliki ketebalan lemak mencapai 50 cm. dengan hal tersebut menjadikan ikan Paus lebih mudah untuk beradaptasi dalam segala kondisi dan keadaan. Karena dengan ketebalan lapisan tersebut, membuat tubuhnya akan selalu berada dalam kondisi stabil.

  1. Menggunakan pernapasan paru-paru

Berbeda dengan hewan laut lainnya yang bernapas menggunakan insang. Proses bernapas dari ikan Paus adalah dengan menggunakan paru-paru. Hal tersebut yang menjadikan ikan Paus selalu muncul dan menyemburkan air melalui lubang bagian atasnya. Kemunculan ikan Paus ke permukaan merupakan ccara bernapas dengan mengambil udara.

  1. Memiliki tulang yang berongga

Paus memiliki suatu tolang yang memiliki rongga pada bagian tubunya. Tulang-tulang tersebut memiliki ukuran yang besar sesuai dengan besar badan yang dimilik Paus. Pada bagian tulang tersebut memiliki minyak yang berguna saat Paus hendak engambil udara ke permukaan.

  1. Mata berselaput minyak

Pada bagian mata hewan ini juga memilikki perlindungan. Sehingga pada saat berenang di permukaan laut terdalampu, Paus akan stabil. Perlindungan tersebut berupa selaput minyak yang ada pada area mata ikan Paus.

  1. Berambut

Berambut dalam hal ini bukan berarti Paus memiliki rambut diseluruh bagian tubuhnya. Namun, rambut Paus hanya terdapat pada bagian depan saja atau moncong. Rambut ini memiliki jumlah yang sangat sedikit, sehingga Anda mungkin tidak akan melihatnya.

  1. Hati dengan 4 bilik

Tidak seperti ikan pada umumnya, ikan Paus juga memiliki perbedaan dari segi ruang yang ada pada hati. Hati ikan Paus terdiri dari 4 bilik.

  1. Kelenjar susu

Karena Paus merupakan hewan mamalia, sedangkan mamalia merupakan sebutan untuk hewan menyusui, maka Paus juga memiliki kalenjar susu pada bagian tubuhnya. Sehingga saat bayi Paus lahir, maka sang induk akan menyusuinya untuk memberikan makan.

  1. Hewan vivipar

Pada umumnya hewan air akan berkembang biak dengan ara ovipar atau bertelur. Namun, berbeda dengan ikan Paus yang berkemabng biak dengan ccara melahirkan.

  1. Makanan Paus

Paus memiliki beragam jenis. Setiap jenis Paus memiliki perbedaan dalam makanannya. Terdapat Paus yang makan cumi-cumi, anjing laut dan sebagainya. Ada pula Paus yang memakan ikan kecil dan tumbuhan kecil di laut.

  1. Habitat

Paus memiliki habitat di perairan lepas dan dalam. Sehingga tidak jarang ketika Paus ditangkap dan dikelola sendiri, sering mengalami masalah seperti stress dan sebagainya. Karena tidak sesuai dengan habitat yang seharusnya.

Jenis-jenis dari Ikan Paus

Ikan Paus sama seperti ikan lainnya, memiliki banyak varian yang harus diketahui. Setiap varian dari ikan Paus mengandung cara hidup yang sama. Beedanya hanya terdapat pada karakteristik tubuh dan juga jenis makanan yang disukai. Berikut adalah jenis-jenis ikan Paus yang ada di lautan lepas.

  • Jenis ikan Paus Narwhal (Monodon Monoceros)

Ikan Paus jenis ini memilikikarakteristik tubuh yang unik. Bahkan apabila diperhatikan, karakteristik yang dimiliki hampir mirip dengan hewan yang ada di dongeng. Berikut karakteristik tubuh Paus Narwhal.

  1. Memiliki tanduk dengan kepanjangan mampu mencapai 2,7 meter.
  2. Paus betina mampu tumbuh sampai 5,5 meter sedangkan jantan bisa melebihi Paus betina.
  3. Tubuh Paus ini memiliki berat mulai dari 800 sampai 1600 kg.
  4. Populasi di sekitar laut artik Kanana, namun juga pernah ditemukan di daerah Rusia
  • Jenis ikan Paus Bungkuk (Balaenamysticetus)

Karakteristik tubuh yang dimiliki oleh Paus inilah yang menyebabkan sering dinamai dengan Paus bungkuk. Berikut karakteristiknya.

  1. Tubuh hampir mirip dengan busur karena melengkung pada bagian rahangnya.
  2. Paus ini dapat mencapai panjang sampai 17 meter dan memiliki berat 48 ton untuk tubuhnya.
  3. Gemar mengeluarkan suara dalam durasi 30 menit dan menunjukkan saling berkomunikasi antar Paus.
  • Jenis Ikan Paus Sirip

Ikan Paus ini memiliki ciri khas berupa sirip yang ada pada bagian tubuhnya. Bahkan Paus ini masih tergolong dalam Paus Barlin. Berikut karakteristiknya.

  1. Memiliki sisrip yang menempel pada bagian tubuhnya, bentuk siripnya panjang dan juga ramping.
  2. Pada bagian tubuh memiliki warna abu-abu dengan sedikit varian cokelat denagn ukuran tubuhnya yang sangat besar.
  3. Panjang Paus dewasa bisa mencapai ukuran 27 meter sedangkan beratnya sendiri bisa menyentuh angka 70 ton.
  4. Memiliki kecepatan berenang 37 km setiap jamnya.
  5. Daya hidup mampu mencapai umur 30 tahun
  • Jenis Ikan Paus Sperma

Paus inilah yang memiliki ukuran sangat besar. Ukurannya juga berbeda dari Paus pada umumnya. Selain ukurannya yang sangat besar, Paus ini juga memiliki ciri khas berupa gigi. Gigi yang dimiliki memiliki jumlah kisaran 26 pasang dengan bentuk kerucut. Salah satu penyebab sehingga Paus ini dijuluki sebagai Paus sperma adalah keluarnya ccairan putih yang terdapat pada bagiian kepala. Warna tersebut sama dengan warna sperma.

  • Jenis Ikan Paus Beluga (Jenis Cataccean)

Paun ini memiliki ciri khas yang mampu membedakan dari jenis Paus lainnya. bukan hanya ukuran tubunya saja yang besar, namun Paus ini juga mampu mengeluarkan suara merdu melengking yang sangat tinggi dari dalam air. Kemudian pada bagian kepala Paus ini juga hampir sama seperti buah Melon.

  • Jenis Ikan Paus Bryde (Balaenopteridae)

Ciri khas dari Paus ini adalah bentuk tubuhnya yang mampu mencapai panjang 13 meter dengan berat 25 ton. Kemudian habitat yang paling disukai adalah laut yang berada dalam negara tropis. Sehingga Anda tidak akan menemukan Paus jenis ini berenang dalam lautan yang dingin. Seperti lautan kutub dan sebagainya.

Keunikan yang Dimiliki Ikan Paus

Ikan Paus merupakan hewan yang menarik untuk dibahas. Karena memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan hewan laut pada umumnya. Berikut beberapa keunikan yang dimiliki oleh ikan Paus.

  1. Pada saat berenang, maka Paus akan menggerakkan bagian ekor. Bedanya jika ikan bisa menggerakkan ekor secara horizontal, maka ikan Paus ini menggerakkan ekornya seecara vertical. Sehingga arah geraknya dari baawah ke atas.
  2. Bentuk tubuh unik dan khasnya memang menarik perhatian. Tubuh tersebut dapat menjadikan Paus lebih mudah untuk beradaptasi. Sehingga meskipun melakukan penyelaman hingga kedalaman 2 mil, Paus akan tetap mampu melakukan kontrol pada tubuhnya.
  3. Karena Paus bernapas dengan menggunakan oksigen, maka sangat penting untuk menghematnya ketika berada di lautan. Cara yang bisa digunakan adalah dengan menjadikan denyut jantung melambat. Kemampuan tersebut dimiliki oleh Paus.
  4. Jangan salah paham terkait dengan minuman Paus. Minuman Paus merupakan air yang berasal dari dalam tubunya dimana merupakan hasil dari metabolisme makanan yang dimakannya.
  5. Bukan termasuk jenis ikan karena memiliki karakteristik mamalia dan vivipara.
  6. Paus sering melakukan perjalanan hingga jauh. Bahkan telah ditemukan suatu Paus yang bisa berenang mencapai 22500 km.
  7. Indra pendengaran lebih dominan dari pada pnglihatan.
  8. Paus memiliki muntahan yang bisa diperjual belikan. Muntahan tersebut merupakan bahan dasar dari pembuatan parfum.
  9. Mampu hidup panjang. Bahkan terdapat Paus yang ditemukan memiliki umur mencapai 90 tahun. Tentu saja jika habitatnya sesuai dan cocok untuk ikan Paus.
  10. Memiliki suara bervolume tinggi dengan durasi lama.

Perawatan Ikan Paus yang Telah Tumbuh Dewasa

Paus dewasa memiliki sistem perawatan tersendiri. Perawatan yang dilakukan merupakan salah satu upaya untuk menjaga keberlangsungan hidup yang dimiliki oleh Paus. Paus memiliki populasi yang menurun disetiap tahunnya. Hal tersebut bisa dikarenakan berabagai sebab, mulai dari kurang cocoknya habitat yang ditempati dan juga ulah manusia yang tidak ingin menjaga keseimbangan ekosistem di alam.

Paus dewasa harus ditempatkan pada habitat yang benar-benar sesuai dengan kondisi tubuhnya. Apabila terdapat pembatasan terkait dengan tempat hidup, maka Paus akan mengalami tingkat stress. Bahkan tidak jarang ada yang meninggal. Oleh karena itu, Paus harus ditempatkan di wilayah perairan yang benar-benar dalam dan luas. Sehingga tidak terdapat manusia yang mampu menjangkaunya. Dengan demikian, Paus akan dapat bertahan lama.

Jika terdapats uatu negara yang menempatkan Paus pada tempat lindung buatan. Maka tempat tersebut harus benar-benar memenuhi kriteria. Mulai dari kondisi air yang mendukung, kedalamn dan luas tempat yang disediakan. Dengan demikian, ikan Paus akan merasa hidup di habitatnya dan tidak akan mengalami stress atau tekanan dari manusia.

Apabila berkaitan dengan makanan, Paus biasanya akan makan hewan laut seperti cumi-cumi atau sotong. Jadi, Anda juga harus mengerti. Karena berbeda jenis Paus, berbeda pula makanannya. Jika makanan yang diberikan tidak sesua, maka dikhawatirkan Paus akan mengalami stress dan tekanan yang bisa menyebabkan kematian.

Tempat hidup yang disediakan harus benar-benar bersih dan terlindungi. Paus akan merasa tertekan dan kaget jika selalu dikunjungi oleh manusia. Maka dari itu, sebaiknya membiarkan Paus hidup diperairan lepas akan lebih baik dari pada memeliharanya. Karena pasti memerlukan perlakukan yang rumit dikarenakan bentuk tubuhnya yang besar.

Perawatan Ikan Paus yang Masih Anak-anak

Paus merupakan salah satu hewan mamalia yang memilik habitat hidup di air. Maka proses melahirkan Paus juga berada di air. Meskipun disebut Paus ukuran bayi atau anak, namun berat yang dimiliki bisa mencapai 3 ton. Bahkan panjang dari anak ikan Paus dapat menccapai 25 kaki. Perawatan untuk Paus bayi memang bisa dibilang harus lebih intens. Karena jika tidak, dikahwatirkan akan menyebabkan kematian pada Paus tersebut.

Karena masih bayi, maka proses minum yang dimiliki oleh Paus ini juga sangat banyak dan berbeda dari Paus dewasa. Paus yang masih bayi memiliki kecenderungan dan keperluan minum mencapai 25 galon untuk setiap harinya.

Karena Paus merupakan hewan menyusui, maka dalam merawat anaknya, sang induk akan menyusui dalam kurun waktu tertentu. Sehingga berbeda dengan jenis ikan yang bisa langsung dipisahkan dengan sang induk, anak ikan Paus harus tetap bersama sang induk sampai kurun waktu tertentu hingga masa menyusui telah habis. Jika Anda langsung memisahkan Paus dengan anaknya, maka bisa menyebabkan stress dan tertekan pada ikan Paus tersebut.

Lokasi yang dijadikan tempat hidup dari bayi atau anak Paus, juga harus tetap disesuaikan. Penyesuaian tersebut meliputi kedalaman dan luas lokasi. Karena jika luas dan kedalaman lokasi tidak sesuai, maka akan menyebabkan tingakt stress yang tinggi. Sehingga Paus bisa mengalami kematian atau menjadi sangat agresif.

Jika anak ikan Paus dirawat dengan baik meliputi cara hidup, makanan, tempat hidup yang diberikan. Maka sudah pasti anak ikan Paus akan dapat hidup dengan baik. Bahkan dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Proses Pengawinan pada Ikan Paus

Setiap orang pasti tahu bahwa ikan Paus selalu mengalami pengurangan populasi setiap tahunnya. Hal tersebut tidak lepas dari ulah manusia yang selalu menjamah atau melakukan pencemaran pada laut. Namun, terkadang penyebab ikan Paus menurun adalah dikarenakan tempat yang tidak cocok untuk kehidupannya. Maka dari itu, untuk nejaga agar populasi ikan Paus tetap banyak sehingga ekosistem tetap stabil, maka perlu dilakukan proses pengawinan.

Proses pengawinan dilakukan dengan cara merangsang Paus jantan. Paus jantan harus didekatkan dengan Paus betina. Dengan demikian, mereka akan melakukan perkawinan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kondisi laut atau tempat perkawinan harus benar-benar sesuai. Jika laut tersebut tercemar, maka bisa menjadi penyebab Paus betina tidak bisa hamil meskipun telah melakukan perkawinan.

Cara yang sering diteerapkan untuk setiap negara adalah dengan melakukan pembukaan sistem penangkapan ikan. Jadi, apabila ikan Paus berada dalam musim kawin, maka penangkapan ikan akan ditutup sementara. Hal tersebut untuk menghindari gangguan panusia terhadap proses perkawinan Paus. Karena jika terganggu dapat menyebabkan kegagalan kehaminal pada Paus betina.

Pakan yang Disukai Ikan Paus

Sebenarnya setiap ikan Paus memiliki makanan yang berbeda. Hal tersebut umumnya digolongkan berdasarkan pada jenis gigi yang dimiliki. Karena gigi ikan Paus akan mempengaruhi makanan yang bisa dimakan. Seperti halnya Paus biru. Paus tersebut merupakan jenis Paus, yang lebih menyukai makanan berupa krill. Krill dapat dimakan dengan jumlah mencapai 40 juta untuk setiap harinya.

Maka dari itu, Paus akan lebih suka hidup di daerah yang memiliki tingkat konsentrasi kriil tinggi. Karena dinilai dapat menjadikan hidupnya bertahan lama. Apabila di konversikan dalam berat, maka setiap Paus mampu memakan krill dengan berta sampai 3600 kg di setiap harinya. Karena tubuhnya yang besar, maka perutnya juga besar. Sehingga dalam musim tertentu Paus dapat mengisi makanan hingga ukuran yang besar dengan jumlah yang sangat banyak.

Selain itu, kebutuhan kalori dari ikan Paus juga harus diperhatikan. Setiap hari, Paus mmerlukan asupan kalori mencapai 1.5 juta. Pada saat mencari makanan, Paus akan lebih suka makan pada keadaan yang nyaman dan juga hangat.

Pada saat selesai makan dan memiliki pencadangan yang besar dan lebih, maka Paus akan melakukan perjalanan atau migrasi. Pada saat perjalanan tersebutlah, Paus akan terus berenang dan tidak makan. Karena telah memiliki cadangan makanan yang besar dalam tubuhnya.

Paus memiliki cara makan yang unik. Apabila Paus akan makan di siang hari, maka dia akan berada di kedalaman 100 meter lebih. Hal tersebut dikarenakan pada siang hari, krill akan bergerak lepas. Sedangkan jika malam hari, maka Paus akan makan langsung dengan timbul di permukaan. Sekali makan, Paus memerlukan waktu mencapai 20 menit. Bukan hanya kriil, Paus juga bisa memakan ikan ukuran kecil dan juga cumi-cumi atau sotong.

Perawatan kolam Tempat Hidup Ikan Paus

Apabila suatu negara hendak melakukan budidaya ikan Paus, maka harus benar-benar mengerti terkait dengan tempat hidup dan juga habitat yang bisa dihuni oleh Paus. Paus hanya bisa hidup jika tempat yang dihunina luas. Maka dari itu, Paus yang hidup dilautan lus dan lepas memilki proses perkembangan yang cepat dan daya hidup yang lama. Selain itu, kondisi habitat harus jauh dari tangan manusia.

Maka dari itu, jika Paus ditempatkan di lokasi laut yang menjadi perbatasan antar negara. Maka setiap negara harus benar-benar membuat peratuan dan mematuhi peraturan terkait dengan Paus. Dengan demikian, Paus akan tetap terjaga daya hidupnya dan bisa berkembang dengan alami dan cepat.

Sistem sonar yang saat ini banyak di kmbangkan di samudera juga turut memberikan gangguan pada aktivitas Paus. Apabila sistem sonar tersebut aktif, maka dengan sendirinya Paus akan menghindar dan menjadi tidak bersuara. Karena sistem sonar akan menghambar proses komunikasi antar Paus.

Kemudian yang perlu diingan adalah dengan menjaga kondisi lautan. Paus tidak bisa hidup di air tawar. Pencemaran laut atau efek pemanasan dapat menyebabkan glister mencair. Jika glister mencair, maka air tawar akan menuju laut. tentu saja hal tersebut akan memberikan gangguan pada tempat hidup ikan Paus.

Jika samudera mengalami pencemaran, maka akan merusak makanan Paus. Dengan demikian, Paus bisa saja mengalami kematian yang disebabkan kekurangan makanan pada habitatnya. Maka dari itu, menjaga kelangsungan hidup Paus dengan cara menjaga keseimbangan alam merupakan hal yang penting.

Harga Muntahan Ikan Paus

Bagian dari Paus yang diperbolehkan untuk diperjual belikan adalah muntahan yang dimiliki Paus. Muntahan tersebut memiliki harga yang disesuaikan dengan karakteristiknya. Semakin bagus karakteristiknya, maka semakin pula harga yang ditawarkan. Munyahan yang bisa dijual memiliki karakteristik tertentu. Meskipun demikian, sebagian besar muntahan dijual dengan mematok harga berkisar 50 juta untuk setiap kilonya. Berikut dua jenis karakteristik muntahan yang dijual.

  1. Muntahan Paus asli dengan karakteristik muntahan berwarna cokelat. Kemudian apabila muntahan tersebut mengalami pembakaran langsung, maka warna akan berubah menjadi hitam seperti hitamnya madu. Kemudian jika dilihat dari segi tektur yang diberikan, lengket namun tidak panas. Sedangkan untuk baunya akan lebih amis. Muntahan dapat mengapung di permukaan air.
  2. Muntahan Paus asli dengan karateristik muntahan berwarna hitam. Tidak mengalami pembakaran langsung. Saat dilihat dari segi tekstur maka akan terdapat tekstur lengket, namun saat dipegang tidak panas. Muntahan tersebut mampu mengapung di permukaan air.

Populasi Ikan Paus

Setiap negara tanpa terkecuali selalu menerapkan peraturan untuk menjaga populasi dari ikan Paus. Pemburuan liar yang dilakukan untuk mencari hewan laur, kerap sekali membuat ikan Paus merasa tertekan. Ikan Paus harus berada dalam kondisi yang tenang jika ingin hidup lama dan berkembang cepat. Maka dari itu, penurunan populasi dari ikan Paus sebagian besar dikarenakan kondisi habitatnya yang terganggu.

Pada saat tidak terdapat perburuan Paus, maka [opulasi Paus akan meningat. Seperti di Antartika yang mengalami peningkatan hingga 7.3 persen. Peningkatan tersebut merupakan salah stau peningkatan tertinggi dalam populasi Paus yang ada di dunia. Berbeda dengan Soviet dan California yang tidak bisa mencapai angka 1 persen.

IUCN menetapkan bahwasannya Paus merupakan hewan yang harus dilindungi. Dengan demikian, setiap orang atau lembaga yang mengadakan pemburuan Paus secara liar, maka akan dikenakan pasal dan hukuman. Karena dinilai telah merusak habitat alami Paus dan juga turut mengurangi populasi Paus yang ada di dunia.

Deskripsi dan Perilaku yang Dimiliki Ikan Paus

Jika Anda memperhatikan ikan Paus secara langsung atau melalui gambar, maka akan menemukan beberapa perilaku karakteristik dari Paus. Mulai dari tubuh Paus dan juga proses pencarian makan dari ikan Paus.

Setiap orang pasti sudah tahu bahwa Paus merupakan salah satu mamalia paling besar dilautan. Paus sendiri meiliki bentuk tubuh yang khas yaitu panjang dan membentang lebar. Pada beberapa jenis Paus lain, seperti Paus biru akan memiliki bentuk kepala yang terlihat datar bahkan seperti membentuk atay menyerupai U.

Pada bagian punggung dari Paus terdapat suatu lubang yang bisa membantu Paus untuk bernapas. Lubang tersebut dinamai dengan lubang sembur. Bagian tubuh yang dinamakan punggung berada pada wilayah lubang sembur dengan batas bibir Paus yang bagian atas. Kemudian jika diperhatikan secara terperinci, suatu Paus akan memiliki suatu plat balin. Plat balin tersebut memiliki jumlah mencapai 300.

Pada bagian leher Paus memiliki sejumlah lekukan. Setiap Paus biasanya memiliki lekukan dengan jumlah 70 hingga 80. Plat atau lekukan juga berperan dalam melakukan bantuan pada Paus saat hendak melakukan pernapasan dan menyemburkan air melalui lubang sembur.

Selanjutnya sirip Paus memiliki ukuran yang sangat kecil jika dibandingkan dengan besar tubuh Paus. Ukuran yang dimiliki oleh sirip tersebut hanya 70 cm saja. Sedangkan untuk bentuk sirip, setiap Paus tidak memiliki bentuk yang sama. Terdapat Paus dengan sirip gumpalan, ada yang berbentuk dorsal, ada yang berbentuk sabit.

Proses pengambilan udara Paus juga sangat unik. Paus akan menuju dan muncul dipermukaan untuk mengambil udara. Pada proses tersebut bahu Paus akan terangkat bersamaan dengan lubang yang berada pada punggung bagian atas. Kemudian Paus akan menyemburkan air melalui lubang tersebut saat berada dipermukaan. Besaran dan banyaknya semburan akan menjadi ciri khas antar Paus. Hal tersebutlah yang membedakan antara Paus yang satu dengan Paus lainnya.

Sedangkan tubuh Paus yang berada pada bagian bawah memiliki pembatas berupa warna putih. Sedangkan di ujung kepala terdapat warna abu-abu. Setiap warna yang berada pada bagian tubuh Paus tentu saja berbeda dan disesuaikan dengan jenis Paus. Ada yang memiliki warna belang, ada pula warna hitam dan abu-abu serta masih banyak lagi.

Setiap habitat harus dijaga dan dilestarikan. Dengan demikian, hewan yang menghuni didalamnya juga akan merasa nyaman dan aman. Kenyamanan tersebut dapat membantu Paus untuk tetap bertahan hidup dan melakukan perkembang biakan secara normal. Gangguan yang terjadi pada habitat Paus, membuat Paus akan kesulitan dalam melakukan perkawinan sehingga menyebabkan perkembangan biakan akan terganggu.

Kehidupan ikan Paus seperti habitat dan sebagainya, memang sangat menarik untuk diulas. Hal tersebut dikarenakan ikan Paus merupakan ikan yang memiliki ukuran tubuh terbesar dengan karakteristik yang unik. Bahkan sebenarnya ikan Paus tidak tergolong ke dalam jenis ikan. Dikarenakan cara hidup, berkembang biak sangat berbeda dengan ikan pada umumnya. Dari segi cara bernafas, bentuk tubuh dan masih banyak lagi.

Ikan Paus : Karakteristik, Jenis, Cara Rawat Dll (Lengkap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.