Site icon Made Blog

Ikan Kembung : Ciri, Variasi, Cara Rawat, Harga Jual, Manfaat (Terbaru)

IKAN KEMBUNG

Ikan Kembung – Ikan kembung adalah jenis ikan tangkapan nelayan yang begitu penting. Hal ini karena ikan kembung sangat mempunyai banyak gizi serta gampang jika diolah sehingga pasti akn banyak dicari oleh konsumen. Ikan ini termasuk pada ikan jenis pelagis kecil, dimana memiliki kembungi ekonomis menengah. Hal ini membuat ikan ini dihitung untuk dijadikan komoditas yang cukup tinggi bagi nelayan lokal. Ikan kembung ini banyak yang dijual sesudah diolah menjadi ikan pindang anmaun juga banyak yang menjualnya dalam kondisi yang masih segar.

Nah, berikut ini kami akan menjelaskan berbagai  hal tentang ikan kembung. Mulai dari keunikan, variasi, ciri- ciri  hingga penyakit yang bisa menyerang ikan kembung ini. Agar anda bisa memahami dengan jelas, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Contents

Ciri- Ciri dari Ikan Kembung

 

Keunikan Ikan Kembung

Ikan kembung yang bisa bertahan lama, biasanya akan diolah untuk menjadi ikan pindang maupun ikan asin. Kembungi jual yang dimiliki ikan ini sangatlah tinggi daripada ikan salmon. Selain itu, kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan ini juga sangatlah tinggi. Dan itupun terdapat pada spesies yang sama.

Daripada ikan salmon, ikankembung ini dapat dibeli dengan harga yang lebih murah dan tentunya kandungan gizinya sama- sama tinggi. Setiap 100 gram dari ikan kembung ini terdapat kandungan energy sebesear 162 kkal, protein sebesar 19,32 gram, lemak tak jenuh sebesar 2,343 gram, zat besi sebesar 1 mg dan juga kalsium sebesar 20 gram. Dan jika dibandingkan dengan ikan salmon, kandungan omega 3 dari ikan kembung ini jumlahnya 3 kali lebih banyak.

Omega 3 ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh terutama untuk anak- anak dan juga ibu hamil. Jika dikonsumsi oleh orang dewasa, maka manfaatnya mempu menurunkan resiko sakit jhantung, membantu untuk menyerap vitamin, anti inflamasi sampai juga dapat membantu dalam meningkatkan perkembangan anak. Dan tentunya, bukan hanya ikan kembung segar saja yang mengandung omega 3, ikan kembung yang sudah diproses menjadi ikan asin atau dikemas dalam kalengpun juga kandungan omega 3nya masih tinggi.

Variasi Dari Jenis Ikan Kembung

1.      Ikan kembung laki- laki

Ikan kembung laki-laki adalah jenis ikan kembung yang asalnya dari Scombridae. Ikan kembung ini menyebar khusus dilaut yang dangkal di wilayah perariran Indo Pasifik Barat. Adapun wilayahnya dimulai dari daerah pesisir timur afrika hingga ke kepukauan Melanesia, Pasifik. Ikan kembung ini juga merupakan ikan tangkapan yang cukup penting bagi nelayan lokal.  Ikan kembung ini mempunyai punggung dan juga kepala yang ukurannya kecil sampai sedang. Dan untuk moncongnhya begitu runcing serta bentuknya jorong memanjang.

2.      Ikan kembung perempuan

Sama seperti ikan kembung laki- laki, ikan kembung jenis ini juga asalnya dari suku Scombridae. Ikan kembung perempuan memiliki punggung yang terdapat bintik- bintik. Ukuran tubuhnya punj kecil sampai nsedang. Ikan kembung perempuan ini memiliki mnoncong yang cukup runcing serta matanya yang begitu besar. Untuk kepalanya mempunyai panjang  ±  seperti tingginya operculum.

Cara  Merawat Ikan Kembung

1.      Sesuaikan keadaan suhu

Dalam merawat ikan kembung hal pertama yang harus diperhatikan selain oksigen dan juga air adalah keadaan suhunya. Suhu sangat berpebgrauh dalam penetesan telur ikan, jika suhunya tinggi maka waktu yang dibutuhkam dalam menetaskan telur akan singkat. Akan tetapi , telur sebenarnya membutuhkan suhu khusus yang bisa memperoleh efisiensi untuk pemanfaatan darikuning telur secara maksimal. dan jika telur menetas, maka larva yang diperoleh ukurannya besar dan mempunyai organ lengkap dan keadaan dari kuning telurnya masih tetap besar.

2.      Sediakan oksigen yang terlarut

Oksigen akan berpengaruh besar dalam proses penetasan telur. Untuk mendapatkan oksigen yang terlarut, bisa menggunakan cara sebagai berikut.

 

Ketika dalam proses pemeliharaan, maka sebaiknya ganti airnya sebanyak 50% sampai 70% dalam waktu 2 hari sekali untuk tetap menjaga kualitas dari airnya.

3.      Pemberian pakan

Ketika baru menetas, larva mempunyai cadangan makanan. Dimana bentuknya dalam butir minyak dan juga kuning telur. Biasanya itu semua kan habis dengan kurun waktu 3 hari. Maka dari itu, untuk pemberian pakan pada larva harus dilakukan sesudah 4 hari ketika cadangan makanan yang terdapat ditubuhnya telah habis.

Pakan Terbaik Untuk Ikan Kembung

1.      Ikan runcah

Ikan ruuncah adalah salah satu pakan terbaik untuk ikan kembung ini. ikan runcah mempunyai kembung gizi yang cukup tinggi. Dimana didalam tubuh ikan runcah ini terdaat protein yang cukup tinggi.

2.      Manggot lalat

Manggot lalat juga merupakan pakan terbaik untuk ikan ini. didalam manggo ,alat ini, terdapat kandungan protein sampai 40%. Selain itu, ada pakan ikan buatan yang mempunyai kembung gizi antara 20% sampai 25%. Oakan buatan ini biasa disebut dengan pellet.

3.      Cacing

Pakan terbaik selajutnya dalah cacing. Cacing mempunyai kandungan protrein sebesar 76%. Kandungan itu sangatlah tinggi daripada kandungan protein yang ada pada daging ikan mamalia yang besarnya sekitar 65%. Akan tetapi, dalam memberikan makan ikan dengan cacing ini haruslah dibersihkan dahulu supaya bersih serta terhindar dari bakteri.

4.      Dedaunan atau tanaman

Ikan kembung juga  bisa diberi makanan dari dedaunan ataupu tanaman. Salah satunya yaitu tanaman azzola yaitu merupakan jenis dari paku air.  Tanaman ini memiliki kandungan protein sekitar 25% sampai 35%.

Cara Mengawinkan Ikan Kembung

Ketika ikan kembung dirawat didalam kolam, maka dalam proses pengawinan ikan ini bisa dilakukan didalam kolam. Jika didalam kolam tersebut ditemukan telur dari ikan kembung ini, maka harus segera untuk dipindahkan ke aquarium khusus yang ukurannya 65 x 45 x 45 cm.

Secara umum, saat terjadi proses perkawinan dalam ikan kembung ini biasanya tanpa sadanya campur tangan dari sang pemilik. Saat terkait proses perkawinan ini, anda bisa menghasilkan telur ikan hingga 10 ribu.

Perawatan Kolam Ikan Kembung

Dalam merawat kolam ikan dan juga perlengkapannya haruslah dengan baik. Pada saat proses pemeliharaan, tentunya kolam akan tergenang oleh air, yang tercampur dengan sampah maupun lumpur, terpanggang oleh sinar matahari serta terguyur oleh hujan. Hal ini bisa menyebabkan kolam akan rusak, misalnya saja tanggulnya bocor, saluran airnya yang kesumbatdan juga caren yang dangkal karena tertumpuk oleh sampah dan lumpur. Swelain itu, juga akan ada hewan atau organisme yang dapat menggangu misalnya tikus, kepiting dan juga lainnya.

Jika kolam ikan kembung itu permanen, maka dalam merawatnya  bisa melakukan cara sebagai berikut:

 

Jika kolamnya tidak permanen, maka dalam merawatnya bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

 

Pemilihan Dan Juga Penebaran Bibit Dari Ikan Kembung

Ketika akan memelihara ikan kembung, diperlukan bibit yang sangat berkualitas. Bibit yang berkualitas ini bisa diperoleh dengan cara memperhatikan dari segi kelengkapan fisik, aktivitas dan juga kelincahannya.

Dalam menebarkan bibit dari ikan kembung diperlukan waktu yang sekiranya pas. Waktu dalam menebarkan bibit bisa dilakukan ketika sore hari dan juga pagi hari. Hal ini ditujukan untuk menghindari dari panas terik matahari, karenabisa saja bibit atau benih dapat terluka ketika terkena panas matahari.

Persiapan Kolam Pemeliharaan Ikan Kembung

Untuk memelihara ikan kembung terdapat hal- al yang harus diperhatikan dalam menentukan lokasinya. Untuk lokasinya bisa memilih dengan zat kandungan dari tanahnya yang bagus dan pastinya tidak tercemar oleh limbah. Serta harus jauh dari pemukiman.

Jika sudah menentukan lokasinya, maka dalam pembuatan kolam ukurannya harus persegi panjang dan bentuk pematangnya trapezium yang tingkat kemiringannya 1:1. Dan tinggi dari pmatangnya sekitar 1,5m hingga  2m.

Untuk pematangnya bisa dibuat dari tanah atau semen. Dan untuk  pematang bagian atas harsus diberi tanaman air yang dapat mencegah dari longsor.

Jika kolamnya sudah dibuat sebelum dimasukkan bibit ikan kembungnya , maka harus didiamkan dahulu selama 1 minggu.  Setelah satu minggu, bisa diisi air sampai tingginya 60 – 100 cm, lalu kembali biarkan selama 3- 7 hari. Hal ini dikarenakan dapat mengembangkan pakan yang alami untuk ikan. Misalnya lumut, cacing dan juga mikroorganisme.

Harga Dari Ikan Kembung Yang Terdapat Pada Pasaran

1.      Harga setiap KG-nya

 

Jenis dari ikan kembung Harga setiap Kg (Rp)
Ikan asin kembung  75.000
Ikan kembung layang  45.000
Ikan kembung Frozen 50.000
Ikan kembung banjar 40.000

2.      Harga ikan kembung segar dipasaran yang terdapat diberbagai daerah

Nama daerah Harga ikan per kg

 

Aceh Rp. 36.000
Bandung Rp. 42.000
Balikpapan Rp. 36.000
Bogor Rp. 45.000
Cirebon Rp. 43.000
Denpasar Rp.50.000
Jakarta Rp. 45.000
Malang Rp.44.000
Medan Rp. 38.000
Makassar Rp.38.000
Purwokerto Rp.42.000
Palembang Rp.35.000
Padang Rp. 35.000
Surabaya Rp. 43.000
Semarang Rp.40.000
Serang Rp.44.000
Yogyakarta Rp. 45.000

 

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Kembung

1.      Sangat baik untuk perkembangan janin

Ikan kembung mempunyai kandungan omega 3 yang dipercaya sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena  terkandung asam lemak esensial omega 3 maka sangat baik untuk membantu dalam partumbuhan dari organ tubuh si janin.

2.      Untuk mengendalikan kadar gula darah

Selain omega 3, dalam ikan kembung juga terdapat omega 6 yang dapat membantu untuk mengendalikan gula darah. Jadi ikan kembung ini dapat dijadikan alternative terbaik untuk penderita diabetes dalam menjaga kadar gulanya.

3.      Untuk menjaga kesehatan jantung

Dalam ikan kembung ini terdapat omega 6 dan juga 9. Dimana kandungan ini dapat membnatu dalam menyehatkan jantung.

4.      Untuk menjaga system kekebalan tubuh

Dengan mengkonsumsi ikan kembung, kandungan omega 3 didalamnya mampou menja system kekebalan tubuh. Jadi, apabila tubuh memiliki imun yang kuat maka akan sulit terserang penyakit.

5.      Untuk mengontrol tekanan darah

Ikan kembung juga mengandung kalium yang sangat tinggi. Jadi, kandungan ini bisa membuat terkontrolnya tekanan darah.

6.      Untuk mengatasi peradangan (inflamasi)

Ikan kembung mempunyai senyawa aktif, dimana senyawa ini sifatnya anti inflamasi yang dapat mengatasi terjadinya peradangan (inflamasi).

7.      Untuk menjaga kesehatan tulang

Ikan kembung juga mengandung vitamin D yang akan bermanfaat dalam menjaga kesehtaan tulang. Hal ini karena vitamin D ini mempunyai peran yang pentng dalam memaksimalkan penyerapan kalsium.

8.      Untuk membantu dalam menurunkan berat badan

Jika anda sedang dalam proses diet, maka mengkonsumsi ikan kmbung adalah solusinya. Hal ini karena didalam ikan ini mengandung asam lemak tidak jenuh yakni omega 3 yang sangat dipercaya untuk menuriunkan berat badan. Omega 3 sendiri, mempunyai peran yang aktif dalam proses metabolisme tubuh. Hingga dalam pembakaran lemak dapat berjalan secara lancar.

9.      Untuk mencegah kanker payudara

Didalam ikan kembung ini juga terdapat minyak esensial yang dipercaya dapat mencegah kenker payudara. Hal ini karena dalam minayk esensial mempu menghalau radikal bebas yang dapat mengakibatkan rusaknya sel- sel yang ada dalam tubuh.

10.  Untuk menghancurkan trigliserida

Trigliserida adalah lemak yang sangat tidak diperlukan oleh tubuh. Jika didalam tubuh terdapat trigliserida, maka akan menyebabkan tubuh rentan terhadap penyakit yang serius, misalnya sakit jantung. Jika dalam mengkonsumsi ikan kembung ini rajin, maka trigliserida ini dapat hancur dengan sendirinya.

 

Kandungan Gizi Dari Ikan Kembung

Ikan kembung adalah ikan yang kaya dengan kandungan protein,mineral. Asam lemak dan juga vitamin. Maka daro itu, ikan kembung ini merupakan ikan yang memiliki kandungan gizi yang baik.  didalam ikan kembung, terdapat vitamin D yang mampu membantu untuk menyerap kalsium yang  diperlukan oleh tubuh dan juga gigi agar selalu sehat.

Didalam ikan kembung terdapat kandungan vitamin  B2, vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, omega 3, lodine dan juga selenium. Dan dipercaya bahwa kandungan tersebut lebih tinggi daripada kandungan yang ada pada ikan salmon. Untuk omega 3 yang terdapat dalam ikan kembung ini sangat bagus untuk perkembangan mata serta otak terutama pada bayi.

Selain itu, omega 3 juga mampu membantu dalam proses pertumbuhan otak yang normal dan juga perkembangan mata pada saat janin ada di kandungan. Bahkan jantungnya akan sehat dan juga tekanan darahnya akan normal.

Hama Yang Bisa Menyerang Ikan Kembung

Apabila ingin memeilihara ikan kembung, maka hal yang harus anda ketahui adalah jenis dari penyalkit yang dapat menyerang ikan ini. karena jika anda sudah memahaminya, maka akan sangat  gampang dalam menolong jika ikan kembung terserang penyakit, hingga anda tidak akan merasa rugi. Adapun hama yang bisa menyerang ikan kembung adalah sebagai berikut.

1.      Larva cybister

Larva cybister adalah jeni hama yang sangat mematikan. Larva cybister ini biasanya disebut dengan ucrit. Hama ini mempunyai warna kehijauan dan mampu bergerak sangat cepat.  Di tubuh hama bagian depan, ada taringnya yang berfungsi untuk mencapit atau menjepit mangsanya. Dan untuk dibagian belakangnya, ada sengatannya. Hama jenis ini akan lebih sering menyerang pada benih- benih ikan.

Hama larva cybister ini sangat suka dengan lingkungan kolam yang ada banayak material organiknya. Namun anda tak perlu khawatir, karena untuk mencegah adanya hama ini yaitu bisa dengan secara rutin membersihkan kolan dari berbagai macam sampah organic dan juga gulma. Larva cybister ini hanya boleh dimusnahkan dengan cara mekanis, karena apabila menggunakan bahan kimia pastinya akan berakibat pada matinya benih ikan.

2.      Notonecta

Notonecta ini adalah penyakit bintik putih mirip dengan beras. Di daerah Jawa Barat dikenal dengan penyakit bebeasan. Hama ini lebih mnyerang pada benih ikan dan akan sangta sulit untuk dicegah.

Jika jumlah ikannya banyak, hama notonecta ini dapat dimusnahkan dengan cara menyiram koloan dengtan minyak tanah.Dan setiap 1000 m2 kolan ikan, dibutuhkan 5 liter minyak tanah.

Penyakit Infeksi Yang Bisa Menyerang Budidaya Ikan Kembung

1.      Saprolegniasis

Penyakit infeksi yang dapat menyerang ikan kembung ini adalah saprolegniasis. Penyakit ini adalah jenis penyakit yang disebabkan karena adanya jamur. Penyakit ini biasanya akan menyerang larva, benih ikan dan juga telur. Dan bagian tubu yang akan diserang biasanya pada bagian organ luarnya. Penyakit ini akan terlihat seperti adanya benang yang halus dengan warna putih dan juga putoih kecoklatan.

2.      Trichodina SP.

Penyakit ini adalah jenis dari mikroorganisme parasit yang terdapat di ikan air laut dan juga  ikan air tawar. Parasit ini akan menyerang pada bagian luar ikan seperti pada bagian sirip, kulit dan juga insang. Biasanya tedapat tanda- tanda jikan ikan mengalami penyakit ini. yaitu akan terdapat luka dibagian organ ikan yang terserang. Panyakit ini bisa dicegah yaitu dengan menjaga sanitasi kolam dan juga memasang saringan ataupun filter di instalasi pengairan kolam.

3.      Bercak merah

Penyakit yang bisa menyerang ikan kembung  selanjutnya adalah bercak merah. Bercak merah ini diakibatkan oleh aeromonas dan juga pseudomonas. Pnyait ini biasanya akan menyerang pada bagian organ alam serta bagian luar. Dan jika ikan kembung terkena penyakit bercak merah, maka akan terdapat berbagai macam ciri- cirinya. Dan ciri- cirinya adalah akan ada pendarahan dibagian tubuh yang diserang, sisik akan mengelupas, perut terlihat membusung serta jika menyerang pada kulit akan tampak seperti  borok.

4.      Epistylis SPP.

Penyakit ini akan menyerang tubuh ikan dibagian luarnya yaitu pada sirip, kuliut serta insang. Jika ikan kembung mengalami serangan parasit jenis ini, maka insangnya akan nampak berubah warna yaitu merah kecoklatan, geraknya lambat serta tumbuhnya juga akan terhambat. Penyakit ini bisa menular akibat dari adanya kontak secara langsung dengan ikan yang mengalami sakit ini.

Cara Mecegah Penyakit Dan Hama Dalam Budidaya Ikan Kembung

Mencegah merupkan langkag pertama yang efektif dalam menekan resiko daro tersrangnya penyakit dan juga hama. Karena jika sudah terserang oleh penyakit dan juga hama, maka akan menyebabkan biaya untuk penanggulangannya bisa lebih besar.

Ada  berbagai cara yang bisa dilakukan dalam mencegah adanya penyakit dan hama yang menyerang. Yaitu megolah dasar kolam dengan cara seperti pengeringan, pemuukan dan juga pengapuran.

Jika dengan pengeringan dasar kolam, itu bisa setiap kali dilakukan penjemuran dasar kolam ketika akan mengawali budidaya ikan ini. Hal ini karena panas matahari bisa membunuh beberapa penyakit dan juga hama yang menyerang ikan kembung budidaya anda ini.

Selain pengeringan, pengapuran pada dasar kolam akan membantu dalam memusnahkan sebagian besar dari penyakit yang menyerang. Anda bisa memasang saringan atau filter pada pintu masuk air untuk mencegah berbagai veltor atau hama yang membawa penyakit lain yang masuk kedalam kolam ikan. Maka dari itu, sangat dibutuhkan pemberantasan dengan cara biologis ataupun mekanis. Jika bmasih saja tetap ada hama, maka anda bisa menggunkan obat kimia.

Bibit ikan kembung yang digunakan haruslah unggul dan juga tahan dengan penyakit. Dan untuk mendapatkan bibit, sebaikanya pada sumber yang terpercaya, seperti pada lintang pengembangan perikanan.  Untuk mengurangi tingkat kepadatan ikan agar tidak terjadi adanya kontak secara langsung antar sesama ikan. Jika populasinya semakin berkurang maka didalam kolam air kadar oksigen terlarutnya akan sangat banyak.

Dalam perihal memberikan pangan, haruslah tepat demi menghindari dari adanya penumpukan sisa makanan dalam kolam. Hal ini dikarenakan sisa makanan dapat membusuk yang akan berakibat pada kualitas dari lingkungan kolam dan juga bisa menjadi tempat bersarangnya bibit penyakit.

Selain itu, dalam perilahal penebaran juga haruslah berhati-hati agar tidak menimbulkan ikan terluka sehingga akan terjadi infeksi. Jika langkah dalam mencegah ini telah dilaksanakan, dan hama ataupun penyakit masih saja muncul, maka langkah yang harus diambil yakni bisa memakai obat kimia. Akan tetapi, dalam menggunakan obat kimia janganlah berlebihan karena sudah diketahui bahwa obat kimia ini sangat mempunyai banyak efek samping yang akan terjadi pada peliharaan ikan- ikan kembung anda terutama pada benih ikannya.

Nah, itulah sedikit informasi tentang ikan kembung yang bisa kami bagikan. Jika, ingin memelhara ikan kembung maka informasi diatas akan sangat membantu anda. Semoga bermanfaat.

Ikan Kembung : Ciri, Variasi, Cara Rawat, Harga Jual, Manfaat (Terbaru)

Exit mobile version