Doa Untuk Suami: Hadist, Amalan serta Keutamaanya

Doa untuk suami – Memiliki rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan wa rahmah adalah impian bagi setiap pasangan suami istri. Untuk itu, dalam menjalani kehidupan rumah tangga dibutuhkan sikap saling menghormati, saling mengerti, kesetiaan, dan saling mendoakan antara suami istri.

Doa istri yang di panjatkan untuk suami ataupun sebaliknya membawa pengaruh positif dalam kehidupan rumah tangga. Suami dan istri memiliki peran masing-masing dalam kehidupan rumah tangga. Suami dapat mendoakan istrinya agar selalu dipenuhi rasa sabar saat mengasuh, mendidik, dan melayani keluarga.

Begitu juga seorang istri, harus mendoakan agar Allah senantiasa memberi sang suami petunjuk dalam membimbing keluarga serta di mudahkan dalam mencari rejeki yang halal dan berkah untuk menafkahi keluarga.

Hadist Tentang Suami

bimbinganislam.com

Islam adalah agama yang sempurna sehingga masalah rumah tangga, pernikahan, dan hubungan suami istri diatur secara menyeluruh. Jika kita berpegang pada aturan-aturan tersebut, insyaallah hubungan rumah tangga akan selalu harmonis.

Setiap permasalahan hidup yang ada pada rumah tangga pun dapat dilewati dengan baik tanpa adanya cek cok ataupun pertengkaran yang besar. Dalam Islam, suami berperan sebagai pemimpin atau qowwam dalam rumah tangga.

Sebagai pemimpin rumah tangga, suami harus dapat melindungi serta membimbing keluarga dengan baik.Sudah menjadi kewajiban bagi istri dan anak untuk mematuhi pemimpin keluarga. Hingga dalam hadits Rasulullah pun disebutkan mengenai perintah untuk mematuhi suami bagi seorang istri yang berbunyi : 

Hadist tersebut memiliki arti yaitu jika saja diijinkan bagi seseorang untuk bersujud kepada orang lain maka akan diperintahkan seorang wanita untuk sujud kepada suaminya. Berdasarkan hadits di atas, maka kita dapat mengetahui jika sudah menjadi kewajiban bagi seorang istri untuk patuh serta tunduk pada suaminya.

Sujud dalam hal ini melambangkan ketundukan atau kepatuhan. Tetapi, hadits tersebut menggunakan kata jika saja yang artinya seandainya boleh. Jadi, hadits tersebut tidak memerintahkan kita untuk sujud kepada suami melainkan tunduk. Karena sujud hanya boleh kita lakukan kepada Allah yang menciptakan kita dan dunia seisinya.

Jadi, ketika suami mengajak kita untuk melakukan hal-hal yang ma’ruf maka sudah menjadi kewajiban kita untuk mematuhinya. Hal-hal ma’ruf yang dimaksud misalnya saja memakai hijab, memerintahkan untuk sholat, diajak berjima’, mengaji, memakai pakaian syar’i,  pergi ke majelis ilmu, dan lain sebagainya.

Selama hal-hal tersebut tidak bertentangan dengan perintah Allah dan ajaran Nabi Muhammad SAW maka sudah menjadi kewajiban bagi istri untuk melaksanakannya.

Dalam hadits lain, Rasulullah juga bersabda :

Yang memiliki arti yaitu jika seorang istri melaksanakan sholat wajib, mengerjakan puasa pada bulan Ramadhan, menjaga kehormatannya, serta patuh pada suami, maka dia dapat memasuki surga melalui pintu mana saja yang dia mau.

Melalui hadits tersebut, jelas bahwa patuh kepada suami selain sebagai kewajiban seorang istri, juga mengandung nilai ibadah di dalamnya. Selain itu, sebagai seorang istri, kita juga diharapkan mampu menjaga hubungan yang harmonis dengan suami.

Hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara tersenyum kepada suami, bersikap baik kepadanya, bertutur kata yang lembut, dan lain sebagainya. Dengan begitu, suami akan merasa senang terhadap perlakuan istrinya, dan tercipta keluarga yang rukun berdasarkan syariat Islam. Suami dapat dikatakan sebagai ladang ibadah bagi istri.

Banyak hal yang dilakukan oleh istri yang dinilai ibadah dalam Islam. Misalnya saja mencuci baju untuk suami akan dicatat sebagai ibadah yang dapat menambah timbangan amal baik di akherat kelak. Kunci untuk masuk surga pun juga dapat diperoleh istri melalui ridho suaminya. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad yang berbunyi :

Kandungan hadist di atas adalah agar istri memperhatikan bagaimana hubungannya dengan sang suami karena suaminyalah yang nantinya akan menentukan apakah dia akan masuk surga ataukah neraka. 

Amalan Ketaatan Kepada Suami

www.radiorugeri.com

Sebelum menikah, ketaatan seorang wanita masih terletak pada kedua orang tuanya, namun setelah ada laki-laki yang mengucapkan qobul maka akan berpindah kepada suaminya. Salah satu bentuk kepatuhan seorang istri kepada suaminya adalah mendoakan kebaikan bagi sang suami. Baik dalam hal bekerja, keimanan, maupun di kala suami jauh darinya.

Untuk menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah maka seorang istri harus senantiasa taat kepada suaminya selama tidak melanggar perintah Allah dan Rasulnya. Selain mendoakan suami, terdapat beberapa amalan ketaatan yang dapat dilakukan seorang istri kepada suaminya, diantaranya adalah :

  • Menutup Aurat Kepada Selain Mahram

Sebagai seorang istri, kita berkewajiban untuk menjaga kehormatan diri sebagai bentuk ketaatan kepada suami. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mengenakan pakaian syar’i dan hijab sehingga dapat menutupi aurat serta menghalangi pandangan laki-laki selain mahram.

Hal ini bukan hanya akan mencegah rasa cemburu dari sang suami namun juga berperan menjaga pandangan kaum muslim.

  • Menyambut Ketika Diajak Berhubungan Biologis

Salah satu cara agar suami tidak tergoda dengan wanita lain adalah menyambut baik ketika suami mengajak berhubungan biologis. Berusahalah untuk tersenyum dan melayaninya dengan baik tanpa memasang wajah yang cemberut atau tidak senang. Hal tersebut sebagai bentuk ketaatan kita terhadap suami.

  • Tidak Memberi Ijin Laki-laki Lain Masuk Rumah Tanpa Seijin Suami

Saat suami tidak berada di rumah, sudah sepatutnya kita tidak membiarkan ada laki-laki lain yang masuk rumah tanpa se ijin suami. Pada jaman sekarang, mungkin hal ini sudah sangat disepelekan. Namun sesungguhnya, selain sebagai bentuk ketaatan kepada suami, hal ini juga berkaitan dengan tata krama kita sebagai orang Indonesia.

Dalam Islam, membiarkan orang lain masuk ke rumah tanpa ijin bisa menimbulkan fitnah yang mungkin saja dapat menghancurkan rumah tangga. Menurut budaya timur, membiarkan lelaki lain masuk rumah saat kita sudah bersuami merupakan sesuatu yang menyalahi adat atau tata krama yang sepatutnya tidak dilakukan.

Ketika ada tamu laki-laki, alangkah baiknya jika Anda menemuinya di luar rumah dan bertanya maksud dari kedatangan orang tersebut ke rumah Anda.

  • Tidak Menjalankan Puasa Sunnah Tanpa Ijin Suami

Ada sebuah riwayat hadits yang menyatakan jika seorang istri tidak diperbolehkan untuk menjalankan puasa sunnah tanpa se ijin suaminya. Sebab, sebagai seorang istri kita tidak dapat memastikan kapan suami kita ingin melakukan hubungan biologis.

Jadi, saat Anda puasa sunnah sementara suami Anda tidak mengetahuinya maka akan timbul masalah jika dia ingin dilayani. Untuk itu, alangkah baiknya jika kita ingin berpuasa sunnah, maka kita harus meminta ijin terlebih dahulu kepada sang suami.

Jika suami mengijinkan maka kita dapat berpuasa, namun jika suami tidak mengijinkan, alangkah baiknya jika Anda menunda puasa sunnah tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah suami melakukan maksiat yang lebih besar jika hasratnya tidak bisa tersalurkan.

Doa Untuk Suami yang Bekerja

www.bicarawanita.xyz

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang suami untuk bekerja mencari nafkah bagi keluarganya. Sebagai seorang istri, kita juga berkewajiban untuk memberikan semangat dan dorongan serta mendoakan suami saat bekerja.

Suami telah bekerja keras hingga tidak kenal lelah agar kebutuhan keluarganya dapat terpenuhi, jadi alangkah baiknya jika mulut dan hati  seorang istri senantiasa berdoa untuk suaminya.

Doa-doa di bawah ini dapat Anda panjatkan sebagai bentuk ketaatan Anda kepada sang suami :

  • Doa Agar Dikaruniai Harta Berkah

Bacaan Latinnya adalah allahumma aktsir maa lii (lanaa) wawaladii (naa) wabaariklii (lanaa) fiihi

Yang memiliki arti yaitu Ya Allah, pertambahkanlah harta dan perbanyaklah anak hamba dan berikanlah keberkahan atas karunia yang Engkau berikan. 

Sebagai seorang istri, kita sebaiknya menyadari jika jumlah atau nominal harta yang diberikan oleh suami kita bukanlah hal yang utama. Yang terpenting adalah adanya kerja keras dan ketulusan yang suami kita berikan untuk menghidupi keluarganya.

Kita pun sebagai istri juga mesti tulus ikhlas menerima berapa pun hasil yang suami kita dapatkan. Jangan terlalu menuntut banyak terhadap suami karena banyak suami yang justru menempuh jalan yang salah karena tingginya tuntutan istri terhadap nominal penghasilan suami.

Ada suami yang mengambil jalan korupsi lantaran istrinya terlalu mengharap uang yang berlimpah dari sang suami. Padahal, rejeki yang barokah tidak tergantung dari banyaknya jumlah.

Dikatakan rejeki yang barokah jika melalui rejeki tersebut semua kebutuhan dapat terpenuhi serta seluruh anggota keluarga merasa damai dan tenteram karena berkah rejeki tersebut. Jadi, sudah selayaknya kita mendoakan suami agar memperoleh rejeki yang berkah dari Allah Ta’ala. 

Melalui ketulusan doa istri, Allah akan mempermudah suami kita untuk mendapatkan rejeki yang halal serta berkah. Doa memiliki kekuatan yang luar biasa jadi jangan pernah lelah untuk memohon dan berharap. Jadi, bisa dikatakan jika istri membantu suami dalam mencari rejeki yang halal secara tidak langsung melalui doa yang dia panjatkan.

  • Doa agar Terhindar dari Harta Haram

Bacaan latinnya yaitu allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak

Yang memiliki arti yaitu Ya Allah, wahai Tuhan Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji, Tuhan yang memberikan takdir serta mengembalikannya, Yang Maha Mengasihi lagi Maha Menyayangi. Berikanlah hamba harta yang halal bukan yang haram, melalui berkah dan karuniamu berikanlah hamba kelebihan dibandingkan yang lain.

Melalui doa di atas, kita memohon agar Allah memberikan kita harta yang halal serta dijauhkan dari harta yang haram. Meminta kepada Allah agar suaminya selalu berada di jalan yang lurus saat mencari nafkah adalah kewajiban seorang istri. Jangan sampai keluarga kita termasuk harta yang haram hingga menimbulkan berbagai kerugian baik dalam bidang akhlak maupun akidah.

Jika harta haram sampai masuk ke dalam aliran darah kita ataupun anak-anak kita maka kita akan menjadi orang yang keras hati. Doa yang kita panjatkan pun juga akan ditolak oleh Allah. Oleh sebab itu, agar suami tetap berada di jalan yang benar dalam mencari rejeki, alangkah baiknya jika istri rajin mengamalkan doa ini.

  • Doa Meminta Rejeki yang Baik

Bacaan latinnya adalah allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbal

Arti dari doa di atas adalah Ya Allah, dengan kesungguhan hamba mohon padamu ilmu yang dapat memberikan manfaat, rejeki yang halal darimu, serta amal yang Engkau terima.

Keberkahan rejeki yang diperoleh suami mempengaruhi ketenteraman dan keharmonisan keluarga. Rejeki yang diperoleh dengan cara yang halal akan membuat keluarga menjadi tenang dan damai. Lain ceritanya jika suami bekerja namun uang yang diperolehnya haram.

Meski dia mendapatkan penghasilan yang berlimpah namun keluarganya tidak akan merasa damai dan tenang. Jadi, doa istri kepada suaminya agar diberikan rejeki yang baik harus sering-sering kita panjatkan. Jangan lupa untuk untuk membaca doa ini setiap pagi.

Di samping memohon rejeki yang halal, doa ini juga memohon agar amal kita diterima serta diberikan ilmu yang bermanfaat. Maka tak heran jika banyak suami istri yang mengamalkan doa ini setelah melaksanakan sholat subuh.

Doa untuk Suami Tersayang

www.wajibbaca.com

Seorang istri yang baik akan selalu mendoakan suaminya setiap saat tanpa kenal lelah. Doa istri yang tulus menyayangi suami akan didengar dan dikabulkan oleh Allah. Bagi Anda yang menyayangi suami, tentu Anda mulai bertanya-tanya dalam hati kira-kira doa apa yang dapat Anda panjatkan untuk suami tersayang?

Adakah doa khusus yang memang diperuntukkan untuk suami sebagai pemimpin keluarga? Dalil yang menjelaskan tentang doa yang khusus di panjatkan oleh seorang istri kepada suami pada dasarnya tidak ada.

Anda dapat menggunakan doa-doa umum untuk mendoakan suami Anda seperti doa memohon ampunan dan kasih sayang, doa memohon kebaikan dunia dan akhirat, maupun doa yang di panjatkan menggunakan bahasa kita sendiri misalnya Bahasa Indonesia atau bahasa daerah masing-masing.

Karena amalan doa untuk suami tersayang tidak ada dalil khususnya, maka hal ini memberikan keleluasaan bagi Anda untuk memanjatkan doa. Namun, ada juga beberapa orang yang mengamalkan doa tertentu untuk mendoakan suaminya tersayang. Doa-doa tersebut diantaranya adalah :

  • Doa Memohon Ampunan dan Kasih Sayang

Bacaan latinnya yaitu allahummaghfirli, warhamni, wahdini, wa ‘aafini, warzuqni

Artinya yaitu Ya Allah Tuhanku, berikanlah ampunan kepada hamba, berikanlah petunjuk kepada hamba, tolong selamatkanlah hamba, serta berikan rejeki kepada hamba.

Doa di atas berisi permohonan untuk mendapatkan ampunan, mendapatkan petunjuk dan kasih sayang serta rejeki, jadi bisa dikatakan jika doa tersebut bersifat lengkap. Banyak rejeki yang Allah berikan kepada kita dan salah satunya adalah mendapatkan suami yang baik. Jadi rejeki itu tidak sebatas uang saja namun nikmat kesehatan pun juga termasuk rejeki.

  • Doa Kebaikan Dunia Akhirat

Bacaan latinnya yaitu rabbanaa atinaa fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzabannar

Yang memiliki makna yaitu tuhanku, berikanlah kami kebaikan baik di dunia maupun di akhirat serta kami mohon selamatkanlah kami dari siksa api neraka.

Allah memberikan kita banyak sekali kebaikan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Salah satu kebaikan di dunia yang Allah berikan untuk kita adalah suami yang sholeh, rajin bekerja, baik, bertanggung jawab, serta sayang terhadap keluarga. Sedangkan kebaikan di akhirat adalah dapat dikumpulkannya kembali kita bersama suami beserta anak anak kita nantinya. 

Doa kebaikan dunia akhirat termasuk salah satu doa yang sangat mudah untuk di hafalkan. Bahkan mungkin saat ini pun Anda telah hafal dengan doa tersebut. Oleh sebab itu, agar mendapatkan kebaikan dunia akhirat maka kita harus memperbanyak mengamalkannya.

  • Berdoa Menggunakan Kata-Kata Sendiri

Tidak semua doa mesti kita lafalkan menggunakan bahasa Arab. Untuk mendoakan suami tersayang, Anda juga dapat menggunakan Bahasa Indonesia agar lebih memahami makna dari doa yang Anda panjatkan. Tidak sedikit orang yang merasa lebih khusyu’ dan dekat dengan Allah ketika dapat berdoa menggunakan bahasa yang telah dia pahami sebelumnya.

Beberapa doa untuk suami tersayang yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi misalnya :

  • Ya Allah, hamba berserah diri padamu. Hamba pasrahkan suami hamba padamu. Lindungilah dia, bimbinglah dia, dan tuntunlah dia agar selalu berada di jalanmu. Ya Allah, lapangkanlah rejeki suami hamba. Permudahkanlah dia untuk mencari rejeki yang halal darimu. Serta syukur alhamdulillah kami panjatkan padamu.
  • Ya Tuhanku, wahai Dzat Maha Pemberi Rejeki. Berkahilah setiap kerja keras yang suami hamba lakukan. Limpahkanlah segala kebaikan untuknya. Jadikanlah setiap tetes keringatnya menjadi pahala kebaikan. Lindungilah dan tuntunlah dia selalu Ya allah. 

Doa Untuk Suami Yang Jauh

medium.com

Terkadang, pekerjaan menuntut kita untuk saling berjauhan dengan suami. Misalnya saja saat suami kerja ke luar kota atau suami harus merantau untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Agar hubungan rumah tangga tetap terjalin dengan harmonis, maka dibutuhkan kesabaran ekstra bagi mereka yang berhubungan jarak jauh.

Komunikasi dan saling pengertian sangat diperlukan bagi suami istri yang berada pada posisi ini. Selain itu, doa juga menjadi kunci utama agar hubungan tetap terjaga dengan baik. Melalui doa maka Allah akan senantiasa menjaga suami kita setiap waktu, Allah akan selalu menuntun dan membimbingnya.

Dan yang perlu diingat doa yang tulus dari istri, akan di ijabahi oleh Allah yang Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan.

Anda dapat mengamalkan doa di bawah ini di kala sedang berjauhan dengan suami, yaitu :

Bahasa latinnya yaitu astawdi’ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik, yang memiliki arti aku titipkan agamamu, amanahmu, serta perbuatan terakhirmu hanya kepada Allah.

Melalui doa tersebut, kita pasrahkan segalanya kepada Allah untuk selalu melindungi suami kita dari hal-hal yang membahayakannya dimanapun dia berada saat ini. Setelah membaca doa ini, maka kita tidak lagi merasa was-was dan cemas karena Allah akan senantiasa memberikan perlindungannya kepada suami kita karena Dialah Tuhan yang Maha Melindungi lagi Maha Penjaga.

Keutamaan Membaca Doa untuk Suami

www.harianislam.com

Tidak ada hal yang sia-sia dalam kebaikan begitu juga dengan membaca doa untuk suami. Selain sebagai bentuk ketaatan dan ketundukan kita terhadap suami, doa tersebut memiliki berbagai keutamaan yaitu sebagai pembuka pintu rahmat dari Allah SWT, sebagai sarana untuk mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah, seta sebagai jalan untuk masuk surga.

Doa yang kita panjatkan untuk suami juga dapat mendorong keberhasilannya baik di dunia maupun akhirat. Setiap doa yang di panjatkan seorang istri kepada suaminya dengan tulus dan ikhlas maka Allah akan mendengar dan mengijabahinya. Allah akan mempermudah jalan rejeki bagi suami yang mau banting tulang untuk menafkahi keluarganya dan didukung oleh doa istrinya yang tulus.

Baca Juga Sunan Ampel

Membaca doa untuk suami memang tidak diharuskan namun semua itu kita lakukan karena rasa sayang dan cinta kita terhadap suami. Dia telah rela bekerja keras demi keluarga jadi alangkah baiknya jika kita membantunya lewat doa. Satu hal yang mesti kita ingat bahwa surga atau neraka terletak pada suami kita. Jadi, kita harus menjadi istri yang terbaik jika ingin masuk surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.