Doa Sholat Istikharah: Tata Cara, Waktu, Hukum, Keistimewaan

Doa sholat istikharah – Salah satu hal yang dapat dikerjakan seorang hamba guna memantapkan satu pilihan di antara dua pilihan atau lebih yaitu melakukan sholat sunah istikharah. Sholat sunah istikharah merupakan sholat yang memiliki tujuan untuk memantapkan hati dalam memilih.

Banyak orang yang menggunakan sholat sunah istikharah sebagai sarana untuk mendapatkan jodoh atau memilih pasangan atau pun memilih pekerjaan yang sesuai.

Selain itu, di dalam islam, setiap muslim telah di berikan pelajaran bahwa dalam menyelesaikan suatu permasalahan haruslah menggunakan cara-cara damai atau cara yang baik termasuk dalam mengambil suatu keputusan. Sesulit apapun keputusan tersebut pasti akan dapat dilalui oleh seorang muslim jika dalam pengambilan keputusan di dasarkan pada agama.

Tak jarang setiap muslim menghadapi beberapa pilihan yang sangat sulit untuk memilih. Bahkan banyak muslim yang putus asa karena tak mampu menentukan pilihan. Terdapat juga muslim yang tergesa-gesa menentukan pilihan sehingga ia mengambil keputusan yang salah dan memberikan dampak buruk kepadanya.

Oleh karena itu jika merasa di hadapkan pada pilihan yang sulit sebaiknya semuanya dikembalikan kepada Allah. Allah akan memilihkan yang terbaik untuk setiap hambanya. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan sholat istikharah.

Sholat istikharah dilakukan secara khidmat dan khusyuk kemudian berdoa dan memohon kepada Allah agar diberikan kemantapan hati terhadap pilihan. Sholat istikharah memberikan kemudahan kepada setiap muslim untuk menemukan suatu solusi dalam permasalahan.

Setelah melakukan sholat istikharah, setiap muslim akan memiliki hati yang lebih mantap berbeda dengan sebelumnya. Umumnya apabila ingin mendapatkan hasil yang benar-benar sesuai disertai dengan hati yang mantap, maka sholat istikharah tidak hanya dilakukan satu kali, tetapi 3 hingga 4 kali. 

Sebagai contoh dari tujuan dilakukannya sholat istikharah, pertama apabila seseorang memilih pasangan hidup, pastinya orang tersebut menginginkan pasangan hidup yang taat beragama, kemudian jika seseorang menentukan tempat tinggal, agar mendapatkan tempat tinggal yang bagus maka orang tersebut pasti memerlukan berbagai pertimbangan.

Berikut ini merupakan ulasan lengkap mengenai sholat istikharah, sehingga Anda dapat mengamalkannya jika di hadapkan pada sesuatu yang sulit.

Doa Sholat Istikharah dengan Bahasa Arab

materi-islam.com

Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah meriwayatkan doa yang dibaca saat melakukan sholat istikharah sebagai berikut.

  • Doa Sholat Istikharah dengan Bahasa Latin

Bagi orang yang baru belajar dan kesulitan membaca bahasa Arab atau tulisan Arab, dapat membaca tulisan latin berikut ini.

  • Makna dari Doa Sholat Istikharah

Doa sholat istikharah memiliki makna yang sesuai dengan tujuan dilakukannya sholat istikharah. Tujuan meminta kemantapan hati dalam menentukan keputusan yang tepat. Berikut ini merupakan makna yang terkandung dalam doa sholat istikharah,

Ya Allah ya Rabb. Dengan Ilmu Engkau, Hamba memohon sebuah pilihan kepada Engkau. Hanya kepada Engkau hamba memohon dengan seluruh kodrat-Mu. Hamba memohon sebagian dari Karunia Agung Mu. Hamba meyakini bahwa sebenarnya, hamba tidak memiliki kuasa apapun, tetapi Engkau adalah maha yang memiliki kekuasaan atas hamba dan atas apapun. 

Hamba memiliki pengetahuan terbatas tetapi Engkau maha mengetahui apapun. Engkau merupakan dzat yang paling mengetahui. Yaa Allah ya Raab jikalau urusan ini memang Engkau takdirkan untukku, baik dalam segi agamaku, baik dalam segi kehidupanku, baik dalam segi dampaknya padaku, maka hamba memohon kepada Engkau untuk memudahkan segalanya bagi hamba. Berikanlah berkah-Mu kepada hamba.

Dan jikalau urusan ini memang buruk bagi hamba. Baik dalam segi agama hamba, baik dalam segi kehidupan hamba, baik dalam segi dampaknya bagi hamba, maka hamba mohon Engkau menjauhkan segala urusan ini bagi hamba. Berikanlah kebaikan bagi hamba di manapun dan kapanpun. Kemudian hamba mohon berikanlah keridhaan di hati hamba dalam menerimanya.

Waktu Melakukan Sholat Istikharah

app.muslimummah.co

Sholat yang dikerjakan dengan tujuan meminta petunjuk terhadap pilihan yang sulit adalah sholat istikharah. Sholat istikharah memiliki kesamaan dalam mengerjakan seperti sholat sunah yang lainnya. Dikerjakan dengan rokaat berjumlah dua rokaat. Cara mengerjakannya pun sama seperti mengerjakan sholat sunah lainnya.

Hal yang membedakan dari sholat ini adalah waktu pengerjaan dan tujuan dikerjakannya sholat ini. Sholat sunah istikharah memiliki waktu yang paling utama untuk mengerjakannya yaitu pada malam hari.

Hal tersebut dikarenakan saat malam, keadaan akan membuat orang yang beribadah menjadi lebih khidmat dan juga khusyuk sehingga orang tersebut tidak akan mudah terganggu dan mampu meresapi lebih mendalam terkait dengan ibadahnya.

Sholat sunah istikharah dapat dikerjakan setelah sholat isya tanpa harus tidur terlebih dahulu. Waktu setelah sholat isya adalah waktu yang utama dalam mengerjakan sholat ini. Tetapi sebenarnya sholat istikharah dapat dilakukan ketika siang atau pun pagi hari. Namun waktu tersebut bukanlah waktu yang utama dalam mengerjakan.

Sholat sunah istikharah telah dianjurkan untuk dilakukan oleh Rasulullah pada saat seorang muslim dihadapkan kepada keputusan yang sangat sulit. Sehingga membuat muslim tersebut ragu-ragu dalam memutuskan. Seperti dalam menentukan suatu pilihan hidup yang sangat sulit.

Sholat istikharah merupakan momen untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Apabila hati telah dekat dengan sang pencipta, maka beban apapun yang sedang dialami akan terasa lebih ringan. Hati juga menjadi lebih tenteram dan mantap dalam menentukan keputusan.

Sholat istikharah yang dikerjakan pada malam hari memiliki banyak sekali keutamaan. Pasalnya, pada malam hari, Allah telah menjanjikan kepada setiap makhluk-Nya akan mengabulkan hajat makhluk_nya yang berdoa pada saat yang lain sedang tertidur. Serta mengampuni seluruh dosa-dosanya meskipun dosa tersebut sebesar gunung.

Hukum Sholat Istikharah

www.tarbiyah.net

Ulama telah sepakat bahwa hukum dari sholat istikharah adalah sunah. Hal tersebut berarti, apabila terdapat seorang muslim yang sedang memiliki masalah atau di hadapkan pada sebuah masalah yang memerlukan pertimbangan seperti diharuskannya memilih tetapi muslim tersebut menderita kebimbangan yang amat sangat, maka dianjurkan untuk melakukan solat sunah istikharah. 

Hal tersebut sangat baik untuk dilakukan dan barangsiapa yang melakukannya kan mendapatkan pahala. Tetapi jika seorang hamba tidak ingin melakukan sholat sunah istikharah, juga tidak akan mendapatkan hukuman atau pun dosa. Karena hukumnya sunah.

Meskipun begitu, hal yang baik dilakukan pada saat seorang hamba mengalami suatu masalah yang rumit atau dihadapkan pada pilihan yang rumit adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah salah satunya yaitu dengan mengerjakan sholat sunah istikharah sebagai sarana untuk memohon petunjuk kepada Allah mengenai kebimbangan yang sedang dihadapinya.

Cara Mengerjakan Sholat Istikharah

thegorbalsla.com

Di dalam suatu kitab fiqh Sunnah seorang ulama yaitu Sayyid Sabiq memberikan penjelasan mengenai tata cara pelaksanaan sholat istikharah. Sayyid Sabiq menjelaskan bahwasanya sholat sunah istikharah dapat dilakukan sholat sunah apa saja. Yang menjadikan sholat sunah tersebut menjadi sholat istikharah yaitu doa setelah sholat sunah. 

Sehingga apabila seorang muslim mengerjakan sholat sunah rawatib, kemudian setelah sholat ia berdoa yang isinya memohon untuk diberikan kemantapan untuk memilih salah satu yang terbaik, maka sholat tersebut bisa disebut dengan sholat istikharah.

Selain itu, seorang muslim juga dapat membaca doa seusai melaksanakan sholat istikharah. Doa tersebut telah di ajarkan oleh Rasulullah. Imam Bukhari meriwayatkan suatu hadis mengenai pelaksanaan sholat istikharah. Bahwasanya Jabir bin Abdullah RA pernah mengetahui Rasul mengajarkan kepadanya terkait dengan pelaksanaan sholat istikharah.

Saat itu Rasul mengajarkan bahwa sholat istikharah dapat dikerjakan dalam menangani segala urusan, sama seperti saat Rasul mengajarkan Al-Quran kepada para sahabatnya. Rasul pernah berkata, bahwa apabila salah satu dari sahabatnya akan melakukan atau mengerjakan sesuatu, sebaiknya melakukan sholat sunah sebanyak dua rokaat.

Sholat tersebut bukanlah sholat fardhu. Kemudian setelah itu berdoa memohon kepada Allah agar diberikan pilihan yang terbaik. Dalam kitab tersebut Sayyid Sabiq juga menjelaskan bahwasanya dalam melaksanakan sholat istikharah tidak terdapat suatu bacaan khusus dan sebagainya.

Sehingga sama saja dengan sholat sunah lainnya, yaitu seusai membaca surat Al-Fatihah diperkenankan membaca surat apapun. Tetapi dalam suatu kitab fiqh lainnya, yaitu kitab Fiqih Islam wa Adillatuhu.

Syaikh Wahbah az Zuhaili menjelaskan bahwasanya apabila melaksanakan sholat sunah istikharah, pada rokaat pertama, seusai membaca surat Al-Fatihah, dianjurkan membaca surat Al-Kafirun. Kemudian pada saat rokaat kedua, seusai membaca surat Al-Fatihah, disunahkan untuk membaca surat Al-Ikhlas.

Agar lebih jelas lagi tata cara dalam melaksanakan sholat istikharah, berikut ini merupakan urutan tata cara sholat istikharah secara ringkas sehingga mempermudah setiap muslim dalam melaksanakannya.

  1. Niat, niat sudah pasti di dalam hati. Pada saat melaksanakan sholat istikharah, muslim tersebut juga harus berniat bahwa sholat yang dikerjakan adalah sholat sunah istikharah.
  2. Mengangkat kedua tangan melakukan takbiratul ihram kemudian setelah takbirotul ihram langsung membaca doa iftitah.
  3. Surat Al-Fatihah dibaca setelah membaca doa iftitah seperti sholat biasanya.
  4. Membaca surat-surat yang terdapat dalam Al-Quran, dapat surat apa saja, namun lebih dianjurkan dan diutamakan adalah surat Al-Kafirun.
  5. Ruku’ sembari dengan melakukan tuma’ninah.
  6. Bangun dari ruku’ yaitu I’tidal disertai dengan tuma’ninah.
  7. Sujud juga melakukan tuma’ninah.
  8. Duduk diantara dua sujud.
  9. Sujud kedua sembari melakukan tuma’ninah.
  10. Kemudian berdiri untuk melaksanakan rokaat kedua.
  11. Membaca surat Al-fatihah dilanjutkan dengan membaca surat lainnya yang terdapat dalam Al-Quran. Sebaiknya membaca surat Al-ikhlas.
  12. Ruku’ disertai dengan melakukan tuma’ninah
  13. Bangun dari ruku’, i’tidal disertai dengan melakukan tuma’ninah.
  14. Sujud disertai dengan melakukan tuma’ninah
  15. Duduk diantara dua sujud.
  16. Sujud kedua disertai dengan melakukan tuma’ninah.
  17. Melakukan tahiyat akhir disertai dengan melakukan tuma’ninah.
  18. salam

Keistimewaan Sholat Istikharah

www.dakwahuii.com

Masalah adalah sesuatu yang pasti datang dan harus diselesaikan oleh setiap orang. Masalah datang tidak memandang bulu, artinya bisa datang kepada siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Masalah kerap sekali membuat yang mengalaminya sangat kebingungan dan kesulitan dalam menentukan solusi.

Masalah dapat teratasi apabila seseorang menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Tetapi jika seseorang tersebut tidak memiliki solusi tepat, maka masalah bukannya berakhir, tapi akan timbul masalah baru lagi. Tak jarang, setiap orang dihadapkan beberapa pilihan dalam menentukan solusi dari permasalahan mereka.

Namun, yang membuat masalah berlarut-larut adalah kebimbangan hati dan keragu-raguan dalam memilih yang terbaik diantara beberapa pilihan yang ada. Apabila dihadapkan dalam situasi seperti itu, maka cara yang terbaik yang dapat dilakukan oleh seorang muslim yaitu, dengan bermunajat kepada Allah seraya meminta pertolongan kepada Allah agar diberikan kemantapan hati dan dijauhkan dari keragu-raguan.

Kemudian diberikan pilihan yang terbaik untuk hidup seorang muslim terlebih untuk agama seorang muslim tersebut. Salah satu cara bermunajat dan mendekatkan diri kepada Allah saat dihadapkan pada berbagai pilihan yang sulit yaitu dengan melaksanakan sholat istikharah.

Sholat istikharah adalah upaya untuk berserah diri kepada Allah terkait masalah yang dihadapinya agar diberikan penyelesaian dan pilihan yang terbaik. Seluruh kebimbangan dan keragu-raguan akan segera lenyap dan memiliki kemantapan hati.

Berserah diri kepada Allah dalam setiap masalah memiliki tujuan agar muslim tersebut diberikan keputusan yang benar. Sehingga nantinya masalah dapat terselesaikan, bukan malah menambah masalah baru. Berikut ini merupakan keutamaan seorang muslim yang mengamalkan melakukan sholat istikharah dalam menentukan berbagai urusan atau masalah yang dihadapinya.

  • Berserah Diri kepada Allah

Apabila setiap muslim berserah diri kepada Allah terhadap setiap masalah yang dihadapinya, maka keputusan yang dipilihnya juga akan baik.

Hal tersebut telah disebutkan dalam suatu ayat yang terdapat dalam Al-Quran tepatnya surat At-Taubah ayat 51. Pada ayat tersebut juga dijelaskan bahwa hanya Allah maha memberi perlindungan terhadap orang yang selalu berserah diri dan bertawakal.

Sholat istikharah merupakan bentuk berserah diri dari hamba kepada sang pencipta terhadap setiap permasalahan dan setiap urusan yang terjadi dalam hidupnya. Allah akan selalu memberikan jalan kepada orang-orang yang berserah diri dan juga memohon perlindungan kepada-Nya.

Dengan melaksanakan sholat istikharah, maka setiap muslim akan diberikan kemudahan dalam menentukan pilihan yang tepat dalam berbagai urusan dan dapat menentukan solusi yang tepat dalam setiap masalah yang sedang dihadapinya. Bentuk berserah diri dengan melaksanakan sholat istikharah merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah.

  • Bentuk Menenangkan Diri

Setiap muslim yang sedang dipenuhi kebimbangan dalam hati dan juga pikirannya dapat melakukan sholat istikharah. Sholat istikharah dapat menghilangkan segala kebimbangan yang melekat dalam hati dan pikiran seorang muslim. Selain itu, juga menghindarkan muslim dari sifat tergesa-gesa dalam menentukan solusi dari masalah yang sedang dihadapinya.

Apabila setiap muslim memiliki pikiran yang tenang, maka ia kan diberikan kemudahan dalam memilih keputusan yang tepat. Setiap orang yang memiliki pikiran tenang juga akan berpengaruh terhadap keadaan hati atau emosinya. Emosi akan menjadi stabil. Sehingga keputusan yang diambil pun menjadi benar.

  • Bentuk Kemantapan Hati

Setiap manusia pasti berharap dapat memiliki kemantapan hati di berbagai situasi dan juga urusan. Karena kemantapan hati ini lah setiap manusia kan merasa tenteram dan terhindar dari perasaan gelisah. Perasaan gelisah selalu membuat orang tidak nyaman. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat digunakan agar memiliki kemantapan hati, yaitu dengan mendekatkan diri kepada Allah melalui sholat istikharah.

Sholat istikharah merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh setiap muslim untuk mendapatkan bentuk kemantapan hati dalam mengatasi segala masalah. Sehingga memperoleh keputusan terbaik dan sesuai dengan kehendak hati yang dimiliki.

  • Menjauhi Setan

Setan adalah makhluk yang tidak pernah berhenti untuk menyesatkan manusia di berbagai kesempatan. Oleh karena itu, setiap muslim yang mendapatkan suatu masalah yang sangat sulit di anjurkan untuk melaksanakan sholat istikharah.

Hal tersebut bertujuan agar keputusan yang ia ambil terlepas dari segala bisikan jahat setan. Sehingga orang tersebut dapat memilih solusi yang tepat berdasarkan dengan agama.

  • Berdasar Pertimbangan Agama

Pertimbangan agama merupakan bentuk pertimbangan yang paling penting. Hal tersebut juga telah tertuang dalam surat Al-Quran yaitu tepatnya pada surat Ali Imran ayat 154.

Setiap muslim yang baik dalam mengerjakan segala sesuatu pasti akan dilandasi oleh pertimbangan agama. Sehingga saat ia menemukan suatu masalah yang membutuhkan pilihan atau keputusan yang sulit, ia akan memilihnya berdasarkan pertimbangan agama.

Salah satu cara yang dapat digunakan setiap muslim untuk mengatasi masalah berdasarkan pertimbangan agama yaitu melaksanakan sholat istikharah. Sholat istikharah merupakan bentuk ibadah yang digunakan setiap muslim untuk menentukan pilihan yang tepat guna mengatasi segala bentuk urusannya.

  • Ikhlas pada Allah

Mengenai ikhlas dengan segala keputusan yang diberikan Allah telah tertuang dalam ayat Al-Quran yaitu ayat Asy Syura 217 hingga 219. Selalu ikhlas dan menyerahkan segala urusan kepada Allah merupakan jalan terbaik dalam menyelesaikan segala masalah.

Mendekatkan diri kepada Allah akan memberikan ketenangan jiwa serta kemantapan hati dalam menyelesaikan masalah. Masalah umumnya membuat setiap orang gelisah, namun dengan sholat istikharah, orang tersebut akan memiliki cara berpikir yang lebih jernih serta pertimbangan yang matang sehingga saat menentukan solusi, orang itu akan memiliki solusi yang baik dari masalahnya.

Pada saat seorang hamba melaksanakan sholat istikharah, hal yang perlu diperhatikan adalah niat ikhlas dan hanya menyerahkan segala urusan pada Allah dalam artian pasrah terhadap segala ketentuan yang diberikan oleh Allah.

Baca Juga Sunan Muria

Itulah ulasan lengkap mengenai sholat istikharah. Setiap muslim wajib hukumnya untuk mengetahui beberapa hal terkait sholat istikharah, hal tersebut dimaksudkan agar apabila seorang muslim tersebut dihadapkan pada suatu masalah yang pelik sehingga memerlukan pertimbangan yang matang dalam menentukan solusi maka orang tersebut mengetahui cara menyelesaikannya yang berdasarkan dengan pertimbangan agama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.