Doa Penenang Hati: Bacaan, Keutamaan dan Penjelasannya

Doa penenang hati – Setiap manusia diciptakan oleh Allah memiliki emosi sedih maupun senang. Sebagai contoh emosi senang akan terluap ketika harapannya tercapai, emosi sedih terluapkan ketika sedang mengalami musibah, bahkan tidak jarang emosi sedih diikuti dengan gelisah, stress, bahkan diakhiri dengan putus asa menghadapi kehidupan.

Namun perlu kita ingat, sebagai orang Islam kita memiliki Tuhan yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang kita perbuat, jadi jika ada sebuah masalah lebih baik selalu berserah diri kepada Allah agar tidak sampai mengalami stress, gelisah dan sebagainya.

Perasaan sedih yang muncul karena ada suatu masalah pasti pernah dihadapi oleh semua orang, namun sebagai manusia, tidak pantas untuk berlarut-larut dalam kesedihan karena Allah Maha segalanya. Dalam Islam, sejak kecil kita selalu diajari tentang hukum dan tak lupa dilengkapi dengan bacaan doa.

Segala sesuatu yang kita lakukan pasti ada doanya, nah ketika hati kita sedang sedih karena ditimpa suatu masalah, dianjurkan untuk membaca suatu doa agar hati menjadi tenang. Doa kepada Allah adalah ibadah yang sangat disukai oleh Allah.

Selain untuk memohon bantuan kepada Allah berdoa juga salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit ilmu mengenai doa penenang hati yang bisa Anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa doa yang bisa Anda hafalkan dan diamalkan dalam kehidupan!

Doa Penenang Hati 

thegorbalsla.com

yang artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada Mu dari segala penderitaan, dari takdir yang tidak baik juga kejahatan para musuh.”( hadist Shahih Bukhari)

Doa diatas merupakan salah satu doa penenang yang diambil dari hadist Shahih Bukhari. Dengan membaca doa ini maka kita ingin mendapatkan perlindungan dari Allah dijauhkan dari penderitaan, berbagai takdir yang tidak baik, dan ancaman dari para musuh yang berniat jahat. Anda bisa mengamalkan doa ini setiap hari untuk menolak balak.

Hadist diatas merupakan penggalan yang diambil dari Hadist Riwayat Tirmidzi yang artinya : “Wahai Tuhanku yang Maha Hidup, Tuhan yang Maha Berdiri Sendiri yang tidak membutuhkan sesuatu, dengan Rahmat Mu, aku meminta pertolongan.”

Beberapa orang juga mengamalkan doa diatas untuk menenangkan hati jika ada suatu masalah. Dengan membaca doa tersebut kita sebagai hamba berusaha untuk dekat dengan Allah agar mendapatkan rahmat dan pertolongan dari Allah untuk menjalani segala sesuatu di dunia. Karena sebaik-baik memohon pertolongan adalah memohon pertolongan kepada Allah.

yang artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali Engkau yang menjadikan mudah, dan perkara yang susah hanya Engkau yang memudahkan, Jika Engkau menghendaki.” (Hadist Sahih Ibnu Hibban)

Dengan membaca doa dimudahkan segala perkara kepada Allah, maka kita juga bisa belajar untuk bertauhid dan hidup hanya menggantungkan diri kepada Allah. Insya Allah, Allah akan mengabulkan doa hambanya meskipun waktunya tidak ada yang tahu kapan. Minimal dengan selalu memanjatkan doa kepada Allah hati kita menjadi tenang. Doa diatas bisa dibaca setelah sholat subuh dan sholat magrib.

Arti dari penggalan ayat diatas adalah: “Ya Allah, aku berlindung kepada Mu dari rasa sedih dan gelisah, hilangkanlah sifat lemah dan malas, aku berlindung kepada Mu dari sikap pengecut dan buruk, aku berlindung kepada Mu dari hutan dan penindasan dari orang lain.”

Berdoalah maka Allah akan mengabulkan doamu, begitulah penggalan ayat al-Qur’an yang perlu kita ingat agar senantiasa kita berdoa kepada Allah baik di waktu lapang maupun di waktu sempit. Kebanyakan orang berdoa hanya ketika berada di posisi yang sempit, namun jika bisa sewaktu-waktu kita tetap berdoa kepada Allah agar dimudahkan hidup kita di dunia maupun di akhirat kelak. 

Penggalan ayat diatas berarti: “ Tiada Tuhan kecuali engkau Ya Allah, Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk dari orang yang dhalim.” (Q.S Al-Anbiya’ : 87)

Perlu kita ketahui bahwa bacaan tersebut adalah doa yang pernah diucapkan oleh nabi Yunus ketika berada di mulut ikan paus selama 40 hari. Beliau selalu membaca doa tersebut untuk menyesali segala kesalahannya dan salah satu cara untuk meminta maaf kepada Allah.

Allah yang Maha Pemaaf memaafkan kesalahan Nabi Yunus dan menggolongkan Nabi Yunus kepada orang-orang yang shaleh. Nah, jika kita sedang tidak tenang hatinya karena suatu pernah melakukan kesalahan, cobalah untuk membaca doa ini agar Allah membukakan pintu maaf kepada kita.

Yang artinya : “Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lancarkanlah lisanku agar mereka memahami perkataanku.” (Surat Taha Ayat 25 -28)

Penggalan diatas adalah doa yang dibaca Nabi Musa ketika hendak berdakwah pada suatu kaum, kemudian hati Nabi Musa menjadi gelisah khawatir kaumnya tidak menerima dakwahnya. Akhirnya beliau berdoa dengan bacaan diatas kepada Allah dan Allah melancarkan dakwah Nabi Musa sehingga dapat diterima dengan baik oleh kaumnya.

Jika kita merasa tidak percaya diri sehingga menyebabkan hati gelisah ketika menghadapi sesuatu, sangat dianjurkan jika kita mencontoh Nabi Musa dengan membaca doa ini. Pikiran yang khawatir, gelisah, sedih, stress, dan dan sebagainya memang menyebabkan perasaan dan hati menjadi tidak tenang.

Dengan berdoa kepada Allah maka perasaan tenang akan muncul karena Allah akan membantu kita. Selain itu untuk mengatasi perasaan yang tidak tenang, kita bisa beristirahat sejenak agar bisa berfikir secara logis. Jangan sampai tambah cemas dan di pikir saja karena hal itu akan menyebabkan Anda semakin tidak tenang. Sambil berusaha teruslah berdoa karena tanpa Allah kita tidak akan bisa apa-apa.

Mengulas Arti Doa Penenang Hati

www.kanigoro.com

Banyak sekali doa yang bisa kita amalkan untuk menenangkan hati, arti dari doa penenang hati sendiri adalah sebuah cara yang tepat untuk mengatasi marah, sedih, stress, gelisah, dan membuang segala pikiran negatif yang mungkin menguasai diri manusia.

Pada dasarnya doa yang di panjatkan kepada Allah adalah mengajari kita untuk mengucapkan sesuatu yang baik, karena selain Allah menolong kita Allah juga akan memberikan pahala yang sangat besar kepada hambanya yang tulus kepada Allah.

Doa penenang hati juga merupakan salah satu amal sholeh yang bisa kita lakukan sebagai hamba, meskipun Allah tidak membutuhkan itu semua karena kita sebagai manusia yang membutuhkan doa tersebut. Benar memang bahwa manusia diciptakan lengkap dengan emosi senang dan sedih.

Sehingga sangat wajar jika manusia merasakan apa itu sedih, kecewa, marah, gelisah dan sebagainya. Namun karena itu lebih mengarah ke arah yang negatif ketika kita bisa mengatasi dan meminimalisir hal tersebut pasti lebih baik disisi Allah. Percayalah bahwa Allah akan mengabulkan doa hambanya kapanpun dimanapun.

Tidak akan ada doa yang tidak dikabulkan karena pada hakikatnya semua itu hanya menunggu waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita!

Dzikir untuk Menenangkan Hati

www.netralnews.com

Selain doa, Allah juga memerintahkan hambanya untuk selalu mengingat Allah dengan berdzikir. Arti dari dzikir sendiri merupakan sebuah bacaan yang dibaca secara istiqomah setiap selesai sholat 5 waktu. Dzikir adalah membaca kalimat-kalimat toyyibah yang harus dibaca oleh seluruh umat muslim.

Kalimat toyyibah tersebut diantaranya adalah tahmid, tasbih, takbir, tahlil, dan juga istigfar. Bacaan kalimat toyyibah bisa dibaca berjamaah atau bisa juga secara sendiri. Perintah untuk berdzikir memang sudah disebutkan oleh Allah didalam al-Qur’an tepatnya di surat Albaqarah ayat 152 yang berbunyi :

Yang artinya : “Maka ingatlah kepada Ku niscaya aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kamu kepada Ku, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang ingkar.” (Q.S. Al Baqarah : 152)

Allah sangat suka kepada hamba yang mau bersyukur dengan cara berdzikir. Selain itu dengan istiqomah berdzikir Allah akan mendekatkan kita kepada Nya, dan di mudahkan segala urusannya. Itulah mengapa melafalkan kalimat dzikir adalah sesuatu yang sangat dianjurkan oleh Allah.

Satu lagi alasan kenapa dzikir menjadi sesuatu yang spesial adalah karena dzikir sebagai penutup kekurangan dan pengganti. Pasti ketika hidup kita pernah lalai ketika menghamba kepada Allah, dan semua itu bisa ditutupi melalui berdzikir secara istiqomah.

Anjuran untuk berdzikir yang bisa diamalkan setiap hari adalah:

  1. Lafal tasbih (Subhanallah) dibaca minimal 100 x setiap selesai sholat. 100 x tersebut bisa dibagi menjadi 5 waktu agar tidak terlalu lama.
  2. Lafal tasbih bisa dipanjangkan seperti Subhanallaahil walhamdulillah wa laa ilaaha illallah wallohu akbar. Bacaan tersebut bisa dibaca sesuai dengan keinginan, artinya bisa membaca secara pendek atau secara panjang.
  3. Baca tahlil (Laa ilaaha illallah) sebanyak 100 x setiap selesai sholat atau dibagi menjadi 5 waktu agar tidak terlalu lama. 
  4. Istighfar (Astaghfirulloohal adziim) dibaca sebanyak-banyaknya karena bacaan ini bentuk memohon ampunan hamba kepada Tuhan Nya
  5. Takbir (Alloohu akbar) dibaca ketika sholat atau sesudah sholat

Ada satu bacaan yang tidak boleh terlewatkan sebagai umat Nabi Muhammad SAW yaitu sholawat kepada Nabi. Dengan sering mengucapkan sholawat kepada Nabi kita berharap agar tetap mendapatkan syafaat nya di hari kiamat dan bisa dikumpulkan dengan Nabi Muhammad di akhirat nanti.

Kalimat sholawat yang bisa diamalkan untuk dibaca sehari-hari adalah Allohumma shalli ‘ala Muhammad). Dengan mengucap sholawat kita juga berharap selalu mendapatkan kebaikan di dunia maupun di akhirat karena Allah ridho dengan kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW. 

Tips Menghilangkan Keresahan Hati dengan Tepat!

www.dream.co.id

Selain berdoa, ada banyak sekali ikhtiar yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan keresahan hati yang membuat hidup tidak tenang. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Hilangkan Beban Hati yang Tidak Penting

Ketika ada masalah terkadang kita menjadi semakin kacau karena lingkungan yang kurang mendukung dengan keadaan kita. Jika kejadiannya seperti itu, maka yang perlu kita lakukan adalah mengubah mindset kita dan berusaha untuk berfikir positif.

Hilangkan berbagai tekanan yang ada dalam kepala termasuk pengaruh negatif dari luar. Disamping itu lakukanlah sesuatu yang bermanfaat yang tepat Anda lakukan saat itu, karena perlu dipahami jika kita fokus terhadap satu masalah, tanpa disadari kita akan kehilangan kesempatan yang lain.

Jadi lakukanlah sesuatu karena bisa saja sesuatu yang sedikit mampu menghasilkan sesuatu yang banyak dan mungkin jalan keluarnya ada disitu!

  • Jangan Suudzon, rileks kan diri!

Masalah besar sedang menimpa, kemudian cara yang diambil untuk menghadapinya adalah mencari kesalahan orang lain, berfikir buruk atau suudzon, dan tidak mau menerima saran maka hal tersebut hanya akan membuat masalah yang Anda hadapi semakin besar.

Jika masalah yang mengganjal di pikiran sudah berlalu maka jangan terlalu di pikirkan karena masa lalu tidak akan pernah berubah. Jika masalah akan datang nanti, maka Anda harus tetap tenang untuk menghadapinya! Silahkan untuk rileks, pikirkan sesuatu yang tepat untuk Anda lakukan nanti, rancang sesuatu untuk menghadapi masalah yang akan Anda terima.

Selain berfikir lebih jernih Anda juga perlu untuk menenangkan diri dengan latihan pernapasan dada dan berdiam diri. Ambil nafas dalam-dalam selama lima detik kemudian hembuskan dengan lebih keras agar Anda bisa lebih lega. Fisik yang rileks akan membuat hati rileks juga, tenangkan hati dan hadapi masalah dengan pikiran yang positif.

  • Menenangkan Diri

Kepribadian setiap orang memang tidak sama satu sama lain, ada yang lebih suka menghadapi masalah dengan cara bercerita, ada yang menyendiri, ada yang membutuhkan orang lain, ada yang membutuhkan ketenangan diri sendiri, dan masih banyak tipe yang lain.

Jika Anda lebih suka untuk menenangkan diri setelah dan sebelum menghadapi masalah maka lakukanlah1 dalam kurun waktu sehari, Anda bisa mengambil waktu sekitar 2 sampai 3 jam untuk menenangkan diri seperti mandi, merenung atau tafakur, yoga, berada dalam situasi yang hening, dan sebagainya. 

Namun harus tetap Anda ingat bahwa ketika Anda berdiam diri tetaplah ingat Allah didalam hati, karena jika pikiran sedang kosong kemudian Allah tidak ada didalam hati yang masuk adalah setan. Hal ini tidak malah menyelesaikan masalah tetapi semakin menambah masalah. Jadi boleh menenangkan diri asalkan hati selalu ingat kepada Allah SWT.

  • Membangun Dinding Hati

Apa yang dimaksud dengan membangun dinding hati? Perlu kita ketahui bahwa pikiran yang menyebabkan hati merasakan tidak tenang, galau, gelisah, kacau, stress, dan lain sebagainya adalah hati yang masih belum memiliki benteng atau dinding.

Oleh karena itu, membangun dinding pada diri sendiri sebagai pelindung adalah hal yang sangat penting. Jika dinding pada hati sudah kuat maka kita akan terhindar dari sakit hati seperti yang disebutkan diatas. 

Cara yang bisa kita lakukan untuk membangun dinding hati adalah mengajak hati untuk selalu dekat dengan Allah,mencari teman yang positif agar hidup kita menjadi lebih baik, berada di lingkungan yang baik yaitu lingkungan yang mengajak kita pada kebaikan, dan tidak membawa amarah ketika ada masalah yang melanda.

Dengan demikian dinding hati perlahan akan terbangun dan kita akan menjadi manusia yang kuat dan tidak mudah gelisah.

  • Selalu bersyukur kepada Allah

Kita yakini bahwa hidup di dunia adalah sebagai sarana kita untuk menghamba kepada Allah. Maka masalah yang datang itu tidak lain hanyalah sebagai salah satu ujian hidup dari Allah apakah hambanya bisa melewati ujian atau tidak. Jadi ada atau tidak adanya ujian seharusnya kita tetap bersyukur kepada Allah.

Mungkin dengan adanya ujian kita bisa kembali ke jalan yang benar, kita bisa lebih meningkatkan keimanan dan kesabaran, dan bisa menjadi hamba yang dekat dengan Tuhannya. Perlu diingat bahwa setiap kejadian pasti ada hikmah yang terkandung didalamnya, jangan pernah menyalahkan orang lain apalagi menyalahkan Allah saat musibah datang.

Tetap syukuri dan jalani dengan cara yang positif, karena datangnya musibah menandakan bahwa Allah selalu sayang kepada hamba Nya. itulah mengapa kita harus berdoa kepada Allah agar Allah selalu membimbing kita di jalan yang benar.

Keutamaan Membaca Doa Penenang Hati

www.dream.co.id

Jika berbicara mengenai keutamaan membaca doa penenang hati maka jawaban yang bisa diberikan adalah keutamaannya mampu memberikan seribu hasanah pada yang mengamalkan.

Di dunia dibimbing, dimulyakan dan di beri rizki yang halal oleh Allah dan di akhirat dimasukkan surga oleh Allah. Beberapa keutamaan lain yang akan didapatkan adalah :

  • Menghapus dosa

Sebagai manusia tentu tidak luput dengan kesalahan dan dosa, doa penenang hati yang sudah dijelaskan diatas ternyata juga mampu menghapus dosa yang dilakukan selama hidup karena hal tersebut adalah perwujudan meminta ampun kepada Allah SWT.

  • Di sayang Allah

Siapa hamba yang tidak ingin di sayang oleh Tuhannya? Pasti semua berharap mendapat rahmat dan kasih sayang dari Allah. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan membaca doa penenang hati diatas.

  • Pintu untuk masuk surga

Keutamaan yang terakhir bagi orang yang mengamalkan doa penenang hati adalah dimasukkan surga yang penuh kenikmatan oleh Allah. Dengan berdoa maka kita mengingat sang pencipta langit dan bumi dan beriman kepadaNya.

Allah berfirman bahwa surga yang penuh kenikmatan hanya diberikan kepada hamba yang bertaqwa, beriman, dan bertaubat. Semoga dengan mengamalkan doa tersebut kita termasuk sebagai hamba yang di masukan oleh Allah kedalam surga yang penuh dengan kenikmatan. Aamiin.

Menjadi hamba yang dekat dengan Tuhan Nya adalah salah satu impian terbesar agar bisa selamat di dunia dan di akhirat. Selain membaca doa penenang hati, kita bisa juga membaca al-Quran jika hati sedang tidak stabil dan ingin marah.

Baca Juga Nama Nama Nabi

Karena setiap ayat yang terkandung dalam al-Quran memiliki makna yang mendalam mengenai kehidupan di dunia dan di akhirat. Itulah berbagai informasi mengenai obat penenang hati yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga menjadi pengetahuan yang bermanfaat dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi kita umat Islam. Ingatlah Allah dalam keadaan apapun agar hati kita menjadi tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.