CSR Perusahaan Definisi Macam Dan Juga Contohnya (Terlengkap)

CSR Perusahaan – CSR merupakan suatu istilah yang sering di gunakan orang yang bekerja dalam suatu perusahaan tertentu. Namun, istilah ini akan terdengar asing bagi setiap orang yang tidak memiliki karier dalam bidang perusahaan. Secara lebih singkatnya, CSR merupakan suatu program dari perusahaan yang di lakukan berdasarkan tujuan tertentu dan pasti akan memberikan dampak yang baik pula.

Telah banyak perusahaan besar yang ,menerapkan CSR dan mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat dan juga dari pemerintah. Hal tersebut merupakan contoh dari program CSR yang baik yang di lakukan dengan penuh pertimbangan dan memberikan dampak yang positif di berbagai kalangan.

Buat Anda yang bingung terkait dengan CSR perusahaan, berikut ini merupakan uraian secara jelas dan padat terkait CSR yang dapat di pelajari.

Definisi Umum dari CSR Perusahaan

CSR merupakan suatu singkatan yang di peroleh dari Corporate Sosial Responsbility. CSR merupakan suatu sistem yang di adakan dalam suatu perusahaan. Sistem tersebut merupakan bentuk perhatikan yang di berikan terhadap suatu kondisi atau lingkungan sosial  yang nantinya akan memiliki pengaruh terhadap proses berkembangnya suatu perusahaan.

Agar lebih mudahnya lagi, CSR merupakan sikap dari perusahaan yang lebih mengarah kepada rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar dimana perusahaan tersebut ada. Hal itu akan mempermudah perusahaan saat melakukan interaksi dengan masyarakat sosial, dan tentunya akan memberikan citra yang baik untuk perusahaan.

Pada umumnya, hal-hal yang di lakukan perusahaan dalam bentuk CSR bertujuan untuk melakukan kesejahteraan pada masyarakat. Sehingga perusahaan akan memberikan suatu program yang nantinya akan memperbaiki tingkat kesejahteraan yang terdapat dalam masyarakat. Hal tersebut dapat berupa bantuan kesehatan, bantuan dana sosial dn lain sebagainya.

Definisi Lain dari CSR Perusahaan

CSR juga merupakan bentuk sistem yang nantinya akan memiliki timbal balik pada perusahaan. Sehingga, CSR juga akan memiliki dampak yang baik bagi perusahaan, karyawan hingga masyarakat yang berada pada lingkungan sekitar perusahaan.

Selain dari definisi secara umum terkait CSR, terdapat beberapa ahli yang memberikan pendapatnya terkait dengan definisi lain dari CSR sebagai berikut.

  1. Perusahaan melakukan suatu tindakan dalam bidang sosial. Tindakan tersebut meliputi hal apa saja yang memiliki nilai tentang kepedulian terhadap lingkungan masyarakat yang berada dalam lingkungan perusahaan. Namun, lingkungan yang di maksud bukanlah lingkungan tertentu yang menjadi tuntutan, perusahaan boleh melakukannya bahkan di luar batas lingkungan yang telah di tetapkan.
  2. Sistem yang di lakukan dalam CSR suatu perusahaan memiliki cara yang di perbolehkan dan di legal kan. Sehingga CSR akan memiliki kontribusi terhadap perkembangan suatu perusahaan menjadi lebih baik. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya kualitas hidup karyawan dan juga kualitas hidup masyarakat sekitar.
  3. Merupakan suatu upaya dalam bentuk komitmen di bidang bisnis. Hal tersebut nantinya akan memberikan pengaruh terhadap pembangunan ekonomi secara berkelanjutan. Oleh karena itu, proses ini juga bisa di sebut dengan upaya dalam meningkatan kualitas hidup golongan dalam perusahaan dan di luar perusahaan.

Dasar Pedoman CSR Perusahaan

Sama seperti sistem lainnya, maka CSR juga memiliki suatu dasar yang nantinya akan di jadikan suatu pedoman. Sehingga kegiatan dalam bidang apa saja meskipun berkaitan dengan tingkat penyejahteraan masyarakat harus memiliki dasar yang jelas sehingga nantinya akan di gunakan perusahaan untuk di jadikan pedoman pelaksanaan.

CSR tidak hadir begitu saja, tetapi CSR hadir karena adanya suatu kesepakatan yang terjadi pada tahun 2000 yang di setujui oleh 189 negara anggota PBB. Sehingga tepatnya pada tahun 2015, kesepakatan tersebut telah mencapai suatu pokok tujuan. Pada kesepakatan tersebut, Indonesia menjadi negara yang turut serta ikut andil. Sehingga Indonesia juga harus menerapkan sistem tersebut dalam setiap perusahaannya.

Dalam kesepakatan terkait dengan CSR terdapat 8 hal penting yang telah di lakukan kesepakatan. Hal tersebut meliputi,

  1. Penanggulangan yang di lakukan dalam bidang kemiskinan negara
  2. Pemberlakuan pendidikan secara merata
  3. Adanya suatu kesetaraan gender dan juga pemberdayaan untuk perempuan
  4. Angka kematian anak dapat mengalami penurunan
  5. Adanya peningkatan dalam bidangan kesehatan ibu
  6. Memerangi adanya HIV dan AIDS dan berbagai penyakit mematikan lainnya
  7. Melakukan upaya dalam bidang pelestarian suatu lingkungan hidup
  8. Adanya sistem kerja sama yang di lakukan secara global.

Manfaat Adanya CSR Perusahaan

Setiap sistem yang di lakukan oleh perusahaan pastinya memiliki suatu manfaat. Manfaat tersebut tidak hanya kembali pada perusahaan tetapi juga berdampak kepada masyarakat yang menjadi sasaran CSR oleh perusahaan. Pengelolaan, perencanaan dengan matang terhadap suatu program, akan memberikan dampak yang baik pula pada pelaksanaanya. Berikut merupakan uraian terkait dengan manfaat yang di peroleh dari adanya CSR.

  1. Akses Sumber Daya dalam Masyarakat Menjadi Meluas

Tidak semua CSR memberikan hasil yang baik. Namun, apabila suatu perusahaan melakukan upaya CSR dengan baik, dan mengelolanya dengan baik maka CSR akan memiliki dampak yang baik untuk perusahaan. Sehingga perusahaan akan memiliki keunggulan dalam berbagai aspek melalui pengelolaan CSR yang baik.

Keunggulan yang di peroleh perusahaan melalui jalan CSR, akan memberikan suatu jalan bagi perusahaan agar mampu mengalahkan persaingan dan mampu bersaing lebih baik dengan perusahaan lainnya.

  1. Akses Menuju Market Menjadi Meluas

CSR yang di olah dengan baik akan memberikan banyak hasil yang baik pula. Hal tersebut dapat berupa suatu peluang perusahaan dan juga memberikan suatu kelebihan pada perusahaan sehingga mampu menghadapi persaingan dengan perusahaan lainnya yang sedang menjadi rivalnya.

Perusahaan yang pernah menyelenggarakan suatu program CSR dan memang memberikan banyak dampak yang positif, maka perusahaan tersebut akan lebih di kenal dan juga lebih di sukai oleh masyarakat yang berada di sekitarnya. Sehingga setiap program yang di adakan oleh perusahaan, masyarakat akan memberikan suatu respon yang baik.

Meskipun dalam CSR, perusahaan mengeluarkan banyak biaya, hal tersebut tidak akan memberikan kerugian pada perusahaan jika di kelola dengan baik. Malah akan menghasilkan keuntungan berupa pasar yang lebih banyak dan juga membuat integritas perusahaan menjadi lebih tinggi.

  1. Penurunan Biaya

Perusahaan yang pintar dalam mengelola dana dan juga memiliki ide yang kreatif, akan menjadikan kegiatan CSR merupakan upaya penghematan biaya. Misalnya, suatu perusahaan menerapkan suatu proses daur ulang dalam kegiatan CSR nya. Sudah pasti hal tersebut akan membuat biaya yang di keluarkan menjadi sedikit dan tidak boros.

Meskipun suatu perusahaan melakukan penghematan biaya untuk program CSR, perusahaan tersebut harus tetap mempertimbangkan berbagai dampak. Program CSR harus memiliki dampak yang baik untuk lingkungan dan sosial yang menjadi sasaran bagi perusahaan.

  1. Adanya Peluang dalam Perusahaan Meraih Penghargaan

Apabila suatu perusahaan mengadakan program CSR dengan baik dan juga memberikan dampak positif yang amat besar, bukan hanya bagi perusahaan tetapi juga bagi seluruh komponen masyarakat yang menjadi sasaran CSR.

Maka bukan hal yang tidak mungkin jika perusahaan tersebut akan mendapatkan penghargaan terkait program CSR. Tentunya penghargaan tersebut akan lebih membangun integritas dari suatu perusahaan. Namun, tidak seluruh program CSR akan mendapatkan penghargaan, hanya program CSR yang memiliki dampak yang benar-benar positif bagi masyarakat dan juga lingkungan.

Fungsi dari CSR Perusahaan

Setiap program yang di adakan oleh  perusahaan tertentu pasti memiliki fungsi di samping banyaknya manfaat. Karena tidak mungkin suatu perusahaan aka mengadakan program tanpa adanya pertimbangan tertentu. Pertimbangan tersebut bisa berupa fungsi dari program tersebut terhadap suatu perusahaan. Berikut ini merupakan pemaparan secara umum terkait dengan fungsi di adakan nya CSR oleh suatu perusahaan.

  1. Mengantongi Izin Sosial untuk Memulai Beroperasi

Suatu perusahaan dapat mulai beroperasi bergantung pada kondisi masyarakat yang berada pada sekitar perusahaan. Sehingga CSR memiliki fungsi bagi perusahaan terkait dengan izin berdirinya suatu perusahaan. Izin tersebut berupa izin sosial dari masyarakat. Masyarakat menjadi lebih respek dan memberikan beragam apresiasi yang baik untuk perusahaan.

Perusahaan yang pintar mengelola CSR dan sering mengadakan CSR untuk masyarakat berarti perusahaan tersebut memahami strategi yang seharusnya di lakukan untuk membangun suatu perusahaan. Perusahaan akan dapat berdiri dengan kokoh dan lama jika mendapatkan dukungan yang banyak dari masyarakat. Jika tidak memiliki dukungan dari masyarakat, maka perusahaan tersebut tidak akan lama untuk berdiri.

  1. Risiko Bisnis Perusahaan Menjadi Berkurang

Program CSR yang di lakukan oleh suatu perusahaan akan memberikan keuntungan berupa risiko bisnis menjadi berkurang. Hal tersebut dikarenakan perusahaan membangun koneksi dan juga kerja sama dengan pihak lain. Sehingga hal tersebut akan menjadi pendukung suatu perusahaan untuk tetap melanjutkan bisnisnya.

Kemudian, CSR juga akan membantu suatu perusahaan untuk tetap bertahan. Karena tidak akan ada pertentangan dari pihak lain di luar perusahaan yang bisa menyebabkan suatu perusahaan gulung tikar dan sebagainya.

  1. Memiliki hubungan yang Baik dengan Pemilik kepentingan

Masyarakat yang sejahtera umumnya merupakan suatu tujuan dari pemerintah. Sehingga apabila terdapat suatu perusahaan yang melaksanakan program CSR, maka secara tidak langsung perusahaan tersebut telah membantu meringankan beban pemerintah dalam upaya menyejahterakan masyarakat.

Dan tentunya hal tersebut akan mendapatkan apresiasi yang positif dari pemerintah sekaligus menarik perhatian pemerintah. Inilah salah satu hal yang menjadi tujuan di adakan nya CSR. Karena jika pemerintah merasakan ketertarikan dengan suatu perusahaan, maka di lain waktu tidak akan ada keluhan dari pihak pemerintah untuk perusahaan.

Hal tersebut merupakan upaya perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pemangku kepentingan. Sehingga, perusahaan menjadi lebih mudah untuk melakukan pengoperasian, tanpa harus khawatir adanya pertentangan dengan pihak pemangku kepentingan.

  1. Karyawan Memiliki Semangat Kerja yang Meningkat

Umumnya setiap program yang di upayakan oleh perusahaan memiliki tujuan untuk karyawan dan masyarakat. Sehingga CSR akan membuat karyawan memiliki semangat kerja yang lebih baik lagi dan juga mengupayakan banyak kontribusi untuk perusahaan.

Perusahaan yang memiliki nama besar akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi karyawannya. Sehingga karyawan akan lebih antusias dalam menjalankan pekerjaannya. Karyawan akan merasa nyaman dengan perusahaannya.

Contoh dari Bentuk CSR Perusahaan

Program CSR merupakan suatu program yang di lakukan oleh perusahaan dan memiliki banyak sekali manfaat. Bentuk CSR yang di lakukan perusahaan amat bervariasi, umumnya selalu di lakukan dan di sesuaikan dengan keadaan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan. Sehingga CSR akan amat bermanfaat bagi masyarakat. Berikut ini merupakan program CSR yang amat sukses yang telah di lakukan beberapa perusahaan besar.

  1. Air Mineral (DANONE)

Danone merupakan suatu perusahaan asing yang memiliki sistem CSR yang baik. Bahkan hal ini telah diakui oleh banyak perusahaan besar lainnya. Sistem CSR yang baik akan memberikan Danone suatu integritas dan nama yang lebih besar lagi. Sehingga Danone menjadi suatu perusahaan yang di akui besar hingga saat ini.

Program CSR yang di cetuskan oleh Danone memiliki nama WASH. WASH ini merupakan suatu singkatan dari Water Acces, Sanitation, Hygiene, Program. Program ini memiliki tujuan agar masyarakat terkait dengan program air bersih menjadi lebih sejahtera. Bahkan lingkungan juga bisa menjadi lebih sehat.

Bahkan, tak hanya lingkungan dan masyarakat saja, tetapi Danone turut membantu pemerintah Indonesia untuk meringankan beban tentang kekurangan air bersih yang ada di Indonesia. Program CSR Danone yang pernah ada di Indonesia dan turut meningkatkan integritas dari Danone adalah 1 liter untuk 10 liter air bersih.

Sehingga program tersebut tak hanya memberikan banyak keuntungan untuk Danone, tetapi juga sangat memberikan manfaat bagi masyarakat yang kekurangan tersedianya air bersih. Program ini menjadi program populer yang mendapatkan banyak apresiasi dari pemerintah Indonesia dan juga dari berbagai lapisan masyarakat.

  1. Produk Kesehatan (PT Sinde Budi Sentosa )

Apabila di telisik lebih lanjut, nyatanya banyak sekali program CSR yang telah di adakan dan memberikan banyak sekali keuntungan. Keuntungan tersebut bukan hanya untuk masyarakat, tetapi juga faktor alam. Hal ini sama dengan CSR yang di lakukan oleh PT Sinde. PT Sinde merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan.

PT Sinde pernah mengadakan suatu program CSR yang berupaya untuk menjaga kelestarian Badak di Indonesia tepatnya di daerah Ujung Kulon. Program ini ada di karenakan populasi hewan langka semakin berkurang. Sehingga di khawatirkan Badak tidak memiliki generasi.

Pada saat melakukan CSR ini, PT Sinde mengajak WWF Indonesia untuk bekerja sama. Program tersebut berbentuk, hasil penjualan produk Sinde untuk melestarikan Badak. CSR ini juga menjadi program yang pernah populer di Indonesia, serta memiliki apresiasi yang baik dari pemerintah Indonesia dan seluruh lapisan masyarakat.

  1. Pertamina

Pertamina juga pernah mengadakan program CSR yang sangat memberikan manfaat bagi Indonesia. Pertamina turut membantu meringankan beban pemerintah dalam hal pembangunan manusia. Pertamina mengupayakan bantuan untuk setiap masyarakat yang hidup dengan kekurangan di daerah terpencil yang jarang di jamah oleh banyak orang.

Hubungan yang Terjadi Antara CSR dengan Pembangunan Berkelanjutan

Pembahasan terkait dengan CSR pasti ada sambungan atau sangkut pautnya dengan pembangunan berkelanjutan. Hal tersebut di karenakan adanya program CSR yang di selenggarakan bukan karena untuk kepentingan dalam aspek ekonomi semata, tetapi pihak perusahaan memiliki pertimbangan yang lebih matang, yang lebih luas dan tentunya lebih panjang dari itu.

Pada saat pelaksanaan program CSR, perusahaan juga harus memiliki pertimbangan yang lebih dalam terkait dengan dampak sosial yang akan di berikan kepada masyarakat. Sehingga apabila suatu perusahaan hanya memikirkan keuntungan yang di peroleh saja, maka perusahaan tersebut tidak akan maksimal dalam menyelenggarakan program CSR.

Sehingga dengan adanya program CSR, diharapkan akan terjadi keseimbangan dalam bidang pembangunan. Baik pembangunan dalam bidang kota, dalam bidang bisnis, dalam bidang sosial hingga dalam bidang masyarakat. Oleh karena itu, CSR memiliki hubungan yang sangat erat apabila di kaitkan dengan sistem pembangunan yang berkepanjangan.

Strategi Pembangunan dengan CSR Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki strategi yang berbeda dalam menjalankan program CSR mereka, namun meskipun demikian, setiap perusahaan akan selalu memiliki pertimbangan terkait dengan kesejahteraan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Karena dalam sistem CSR, aspek tersebut menjadi aspek yang amat penting yang harus menjadi tujuan dari CSR yang sebenarnya.

Hal tersebut dengan program CSR yang di jalankan oleh beberapa perusahaan besar di atas yang memiliki kontribusi tinggi untuk masyarakat bahkan mampu membantu negara dalam melakukan pembangunan yang berkepanjangan. Sehingga bukan hanya perusahaan saja yang menjadi berkualitas. Tetapi masyarakat dan lingkungan juga turut memiliki kualitas.

Itulah pemaparan secara luas dan jelas terkait dengan program CSR suatu perusahaan. Dari pemaparan tersebut, dapat di ketahui bahwa pengadakan program CSR harus melalui banyak pertimbangan yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sosial maupun lingkungan dan tentunya akan menambah integritas suatu perusahaan.

Suatu perusahaan dapat melakukan program CSR dengan baik, jika terlebih dahulu melakukan bannyak pertimbangan dan di sertai dengan pengeloalaan CSR yang baik. Perusahaan dengan ide CSR kreatif cenderung langsung menarik minat masyarakat. Sehingga sebelum mengadakan suatu program CSR, lebih baik perusahaan melakukan survey terlebih dahulu terkait dengan program apa yang cocok untuk di selenggarakan.

CSR Perusahaan Definisi Macam Dan Juga Contohnya (Terlengkap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.