9+ Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya/ Buku, Cerpen, Novel, Puisi, Berita

Contoh Teks Ulasan – Teks ulasan merupakan hasil teks yang berisi tentang review atau penilaian terhadap suatu karya. Karya-karya yang biasanya dibuat ulasannya adalah berupa novel, film, buku, cerpen singkat, puisi, album lagu, serta berita.

Berikut beberapa contoh teks ulasan dari karya-karya tersebut. Anda bisa menggunakannya sebagai contoh, panduan, atau inspirasi saat ingin membuat ulasan atau review.

Tujuan dari ulasan terhadap suatu karya adalah untuk menunjukkan atau memberikan sudut pandang penulis terhadap suatu hal. Saat mengulas sebuah karya pun melatih untuk bersikap kritis guna lebih baiknya karya tersebut.

Sering kali yang dijelaskan yaitu tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya, serta memberikan pembaca gambaran singkat tentang karya yang akan dibaca atau dilihat.

Contents

Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya
moondoggiesmusic.com

Teks ulasan berbeda dari teks biasanya. Adapun struktur dari teks ulasan yang membedakannya dengan teks lain dan menjadikannya sebagai suatu teks ulasan yang utuh antara lain adalah tersusun atas orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

  1. Orientasi. Pada orientasi dijelaskan tentang gambaran umum mengenai karya yang akan direview. Hal ini memudahkan pembaca dalam mengetahui apa yang akan di ulas dari karya tersebut.
  2. Tafsiran. Pada tafsiran berisi tentang rincian atau informasi detail tentang karya yang akan direview. Bisa berupa kelebihan atau keunggulan, hal yang unik, kualitas karya, atau bagian karya yang lainnya.
  3. Evaluasi. Pada bagian evaluasi memberikan gambaran tentang pandangan pengulas atau reviewer terhadap karya yang di ulas. Hal ini dilakukan setelah tafsiran untuk memudahkan pengulas dalam menilai bagian karya yang bernilai atau pun yang kurang.
  4. Rangkuman. Biasanya pengulas memberikan komentar pada bagian ini. Komentar atau tanggapan mengenai karya apakah bagus atau tidak, apakah berkualitas atau tidak.

Contoh Ulasan Novel Hujan Karya Tere Liye

Orientasi

Novel Hujan merupakan novel karya penulis terkenal Tere Liye pada tahun 2016. Tokoh utama pada novel ini bernama Lail. Ia memiliki niat untuk menghapus memori tentang seseorang dan menceritakan kisahnya kepada Elijah. Novel ini berisi tentang cinta, persahabatan, perpisahan, melupakan, dan hujan. Alur pada novel ini adalah campuran.

Tafsiran

Diceritakan tentang Lail yang berumur 24 tahun. Ia menceritakan tentang kisah hidupnya pada umur 13 tahun. Saat itu, ia berangkat ke sekolah barunya menggunakan kereta bawah tanah bersama ibunya.

Seketika terjadi bencana gunung meletus, hanya dua orang yang selamat, yaitu Lail dan Esok. Lail menjadi yatim piatu. Ia mengikhlaskan kepergian ibunya dan esok menjadi sosok kakak bagi Lail.

Saat di pengungsian, mereka selalu bersama. Keduanya terjebak dalam kisah cinta. Namun ada yang menarik, keduanya punya cara masing-masing dalam menjaga hati. Kisah percintaan mereka tidak biasa.

Setelah suasana dan kondisi kota mulai pulih dan membaik, semua pengungsi harus pergi ke panti sosial. Lail dan Esok berpisah, mereka saling mengikhlaskan. Lail pergi ke panti, sedangkan Esok dan ibunya ikut bersama orang yang mengadopsinya.

Saat di panti, Lail bertemu Maryam, teman sekamarnya. Ia menjadi sahabat setia Lail. Maryam pun mengetahui hubungan Lail dengan Esok.

Saat Esok menginjak bangku kuliah, pertemuan Lail dan Elok hanya satu kali setahun. Mereka pernah bertemu di kota dan hampir selalu pergi ke lubang darurat dimana 4 saudara Esok dan ibu Lail meninggal.

Esok mendapatkan penghargaan karena ciptaannya yang revolusioner. Sedangkan Maryam dan Lail pun mendapat penghargaan.atas aksi heroik mereka di sektor 1. Lail pernah bertemu dengan keluarga Esok yang merupakan keluarga Wali Kota.

Bencana yang pernah terjadi adalah permulaan saja. Selanjutnya, kejadian lainnya banyak terjadi. Iklim bumi semakin tidak terkendali. Seperti musim dingin yang berkepanjangan, padahal di daerah dub tropis. Lail dan Esok jarang berkomunikasi.

Esok sibuk karena sedang membangun kapal luar angkasa dan berbicara dengan Lail menggunakan alat proyeksi. Lail semakin bingung dibuatnya. Ia menunggu panggilan Esok dan menjadi tidak sabar. Lail mulai menghapus semua memori sedihnya, namun Esok datang dan menghentikannya. Lail dan Esok menikah beberapa tahun berikutnya.

Evaluasi

Novel ini membuat pembaca terbawa suasana pada kejadian di masa depan. Kata-kata yang digunakan sangat indah. Para pembaca ikut merasakan bagaimana cerita pada novel tersebut.

Bagaimana rasanya jatuh cinta, rasanya tegar saat musibah datang, dan tetap melangkah maju walaupun berat masalahnya, rasanya rindu karena perjumpaan yang lama.

Novel ini menggambarkan bagaimana perbedaan perempuan dan laki-laki saat menata hati. Banyak yang terhanyut saat memahami tinggal Lail.

Rangkuman

Cerita novel ini sangat unik dan menarik. Ada cerita tentang percintaan dan beberapa hal yang ilmiah. Percintaan tidak seperti cerita romantis yang biasa diceritakan.

Namun, hal-hal lain yang mendukung kisah percintaan. Seperti bagaimana menunggu kepastian di saat tidak ada kabar. Novel ini banyak menyampaikan amanat bagi para pembaca.

Contoh Teks Ulasan Novel

Contoh Teks Ulasan Novel
keepsoh.com

Ulasan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata

Orientasi

Novel Sang Pemimpi ini merupakan novel kedua dari tetralogi novel Laskar Pelangi. Novel ini pernah diadaptasi menjadi sebuah film. Ada tiga tokoh utama di dalam film ini. Mereka adalah Ikal, Arai, dan Jimbron. Ikal mewakili Andrea Hirata yang penulis. Arai adalah yatim piatu yang menjadi saudara jauhnya sejak kecil. Sementara Jimbron adalah teman mereka yang gagap ketika gugup dan ketika ia antusias dengan suatu hal. Ia sangat terobsesi dengan kuda. Novel ini menceritakan kehidupan dan kisah persahabatan mereka sejak kecil.

Tafsiran

Cerita dalam novel ini menggambarkan kehidupan Ikal di Pulau Belitong. Ia hidup dalam kemiskinan. Disebutkan juga kedua rekannya yang bernama Arai dan Jimbron. Dalam hal memenuhi kebutuhan hidup, mereka harus bekerja keras. Ikal dan Arai harus bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan. Mereka memulai pekerjaan mulai dini hari, kemudian berangkat menuju sekolah. Lokasi sekolahnya cukup jauh yaitu sekitar 30 km, sehingga mereka harus menyewa kamar.

Namun, mereka tetap berprestasi. Mereka giat belajar dan masuk 5 besar di antara 160 murid di sekolah mereka. Mereka bertiga pun merupakan remaja SMA nakal yang dibenci oleh kepala wakil sekolah mereka yang bernama pak Mustar.

Namun, berbeda dengan pak Balia selaku kepala sekolah. Beliau yang memberikan mimpi kepada murid-murid, terutama pada mereka bertiga. Mimpi untuk melanjutkan studi hingga ke Perancis, pun menjelahi Eropa hingga Afrika.

Banyak kenakalan yang mereka lakukan. Mereka pernah mengejek pak Mustar saat upacara bendera, menyusup ke bioskop untuk menonton film dewasa, padahal sekolah tidak membolehkan. Mereka pun akhirnya dihukum oleh Pak Mustar.

Evaluasi

Novel ini menceritakan tentang kisah hidup yang mandiri dari tokoh yang disebutkan sebelumnya. Mereka hidup terpisah dari orang tua dengan kondisi ekonomi yang memprihatinkan.

Diceritakan pula tentang kisah persahabatan mereka yang setia dan memiliki cita-cita tinggi di bidang pendidikan. Kisahnya diceritakan dengan baik dan sangat mengharukan.

Ada banyak kejadian lucu yang disampaikan dengan cerdas nan tidak biasa. Pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat, kesedihan, bahkan rasa putus ada. Sangat memotivasi, terutama para pelajar.

Rangkuman

Novel ini sangat direkomendasikan terutama untuk para pelajar. Motivasi yang diberikan sangat luar biasa terlepas dari kondisi apapun yang sedang dihadapi. Semangat juang selalu dikibarkan terutama dalam hal menjalin persahabatan dan menempuh pendidikan. Pantang menyerah dan terus mencoba bisa mengalahkan segala sesuatu yang dianggap tidak mungkin pada awalnya.

Contoh Teks Ulasan Film

Contoh Teks Ulasan Film
notepam.com

Contoh Teks Ulasan Film Dilan 1990

Orientasi

Film ini merupakan karya yang diadopsi dari novel nasional best seller. Novel 5 CM merupakan karya Donny Dhirgantoro. Rizal Mantovani kemudian menjadi sutradara pada film yang bergenre drama inspiratif ini. Film ini dirilis pada tahun 2012. Beberapa tokoh atau pemeran utama yaitu Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Igor Saykoji (Lan), Raline Syah (Riani), dan Pevita Pearce (Adinda).

Film ini menceritakan kisah persahabatan, cinta, nasionalisme, dan impian tentang masa depan. Rasa nasionalisme dan cinta pada negeri digambarkan dengan apik melalui film ini. Sederhana namun pas. Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang disampaikan. Banyak ide-ide cemerlang dituangkan dalam bentuk cerita yang seru.

Tafsiran

Tokoh utama pada film ini sudah menjalin persahabatan cukup lama. Mereka punya sifat dan karakter yang berbeda-beda. Suatu ketika, mereka berkumpul di rumah Arial dan berkomunikasi tentang persahabatan mereka. Seketika, Genta berinisiatif dan memberikan ide agar mereka tidak bertemu dalam kurun waktu yang ditentukan.

Akhirnya, mereka sepakat dan memutuskan untuk berpisah sementara, tidak ada komunikasi dan tidak ada pertemuan dalam kurun waktu 3 bulan. Mereka sepakat untuk bertemu kembali pada waktu dan tempat yang ditentukan. Akhirnya mereka bertemu pada tanggal 17 Agustus untuk melakukan perjalanan agar lebih mencintai Indonesia. Mereka merayakan kemerdekaan di Gunung Semeru, puncak tertinggi Jawa.

Mereka mendaki bersama dengan rombongan lainnya. Rasa haus, lapar, dan lelah terbayar saat mereka sampai di puncak. Mereka mengibarkan bendera merah putih pada hari kemerdekaan di tempat yang sungguh indah. Gunung Semeru menjadi saksi persahabatan dan nasionalisme mereka. Pengalaman tersebut sangat berharga dan membekas di hati. Suatu hal yang tidak pernah terlupakan. Mereka menghadapi segala rintangan, karena mereka punya impian. Impian yang diletakkan tepat 5 cm di depan kening.

Evaluasi

Film ini disampaikan dengan sangat inspiratif. Perjalanan demi mengibarkan sang saka merah putih dimunculkan dengan sangat apik. Keindahan alam Indonesia ditampilkan. Kekayaan Indonesia terpancar dalam film ini. Judul filmnya sederhana, namun sangat membekas dalam ingatan. Karakter setiap tokoh menggambarkan perbedaan namun tetap bersatu.

Rangkuman

Film ini bagus untuk pemuda pemudi Indonesia. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari setiap kejadian. Pesan dalam film ini antara lain adalah mengajarkan untuk pantang menyerah dan terus bermimpi. Hingga pada akhirnya bisa meraih mimpi tersebut.

Contoh Teks Ulasan Buku

Contoh Teks Ulasan Buku
obatrindu.com

Contoh Teks Ulasan Buku Dalam Dekapan Ukhuwah Karya Ust. Salim A. Fillah

Orientasi

Buku ini merupakan karya Ust. Salim A. Fillah yang ketujuh. Beliau menceritakan bagaimana seharusnya persaudaraan atau ukhuwah. Buku ini menjelaskan bahwa dalam dekapan ukhuwah, iman kita diukur melalui kualitas hubungan antar sesama, sebuah ukhuwah harus didasarkan atas iman, serta baik iman atau pun ukhuwah ada kaitannya. Iman dan ukhuwah bukan hal yang tiba-tiba jadi, namun dihadirkan dalam bentuk upaya berdasarkan ilmu, pemahaman makna, serta melalui tahapan melatih dan mengamalkannya.

Tafsiran

Buku ini menceritakan fenomena ukhuwah Rasulullah bersama para sahabat, keluarga, dan umatnya. Ada banyak kisah yang disampaikan tentang perjalanan beliau dalam merajut dan menjalin ukhuwah atau persaudaraan. Betapa kuat, cinta, dan luar biasanya beliau terhadap umatnya. Ada banyak kisah yang diceritakan. Ada banyak tokoh yang disebutkan. Ini karena ukhuwah sangat kental dengan kehidupan sehari-hari.

Mengenai ukhuwah, penulis seakan-akan mengajak untuk mengambil cinta dari langit, lalu menebarkannya ke bumi. Pembaca akan diajak untuk menjadi pribadi pencipta dan perajut ukhuwah. Pribadi yang membawa kedamaian. Penulis menyampaikan gagasan tersebut dalam bahasa yang puitis dan ilmiah. Ada banyak analogi yang diberikan dan memudahkan pembaca dalam memahami isi ceritanya. Perasaan pembaca sangat terbawa dan terbuai akan cerita yang disampaikan. Perasaan teraduk-aduk, mengharukan, namun tetap bergelora dalam merajut ukhuwah.

Evaluasi

Ada banyak tokoh yang dimunculkan. Ini memberikan pembaca referensi baru tentang sahabat, keluarga, bahkan umat Rasulullah yang lainnya. Buku ini berbeda dengan buku pada umumnya. Berbagai tips disampaikan untuk menjalin ukhuwah, tetapi dalam bahasa yang indah.

Ringkasan

Buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca. Cerita indah nan haru tentang Rasulullah disampaikan dengan sangat baik. Buku ini bisa menjadi referensi bagi yang ingin mengetahui kisah Rasulullah yang diceritakan bak sebuah novel. Buku ini memantik semangat untuk menjalin persaudaraan yang seharusnya.

Contoh Teks Ulasan Cerpen Singkat

Contoh Teks Ulasan Cerpen Singkat
hidupsimpel.com

Contoh Teks Ulasan Cerpen Ketika Persahabatan Dipertaruhkan

Orientasi

Cerpen ini merupakan karya dari Arief Setiawan. Cerpen ini mengisahkan tentang kisah cinta remaja yang dihadapkan dengan masalah yang rumit.

Tafsiran

Tokoh utama dalam cerpen ini bernama Adit dan Dewi. Mereka bertemu saat menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Adit diselamatkan oleh Dewi ketika ia di palak oleh teman sekelasnya Riki. Kemudian Adit dan Dewi berteman. Dewi sangat baik terhadap Adit. Kebaikan itu ia tunjukkan lewat sikapnya. Mereka sering curhat atau bertukar cerita antar satu sama lain. Hingga pada akhirnya mereka menjadi lebih dekat.

Namun, mereka harus terpisah lantaran sekolah yang berbeda. Adit mempunyai pacar saat ia di SMA. Namun hubungannya tidak bertahan lama. Ia kemudian putus. Ia menjalin hubungan baru dengan Dewi. Hubungan mereka tidak begitu langgeng lantaran mantan pacar Adit yang meminta balikan. Konflik mulai bermunculan. Hingga pada akhirnya Adit memutuskan Dewi tanpa alasan apapun dan kembali dengan mantan pacarnya.

Evaluasi

Cerpen ini menarik perhatian pembaca. Isi cerita disampaikan begitu dalam. Pembaca ikut terbawa suasana. Pembaca turut merasakan bahagia, sedih, juga turut merasakan penyesalan dan penghianatan seperti pada cerita.

Rangkuman

Ada pesan moral dan kebaikan yang disampaikan dalam cerita. Namun, cerpen ini sebaiknya tidak dibaca oleh anak di bawah umur.

Contoh Teks Ulasan Puisi

Contoh Teks Ulasan Puisi
moondoggiesmusic.com

Contoh Teks Ulasan Puisi Derai-derai Cemara

Orientasi

Puisi ini merupakan karangan dari penyair besar Indonesia bernama Chairil Anwar. Ia selalu menciptakan dan melakukan pembaharuan dalam hal berpuisi. Ia selalu dikenang, hingga saat ini. Karyanya banyak dibicarakan, termasuk puisinya yang berjudul derai derai cemara.

Tafsiran

Derai-derai cemara merupakan penggambaran dari daun-daun cemara yang berguguran. Metafor tersebut digunakan untuk menjelaskan tentang runtuhnya harapan si Aku dalam puisi tersebut. Pohon cemara menggambarkan tentang sesuatu yang lemah. Ibaratnya daun cemara yang sangat kecil, ia ringkih dan mudah terbawa tiupan angin.

Malam identik dengan kesepian dan kesunyian. Identik juga dengan waktu istirahat setelah melakukan perjalanan. Si Aku merasa bahwa hidupnya tidak lama lagi. Ia diterpa berbagai masalah hidup. Itu digambarkan melalui daun-daun yang luruh dan dahan yang rapuh karena sering diterpa angin.

Aku yang di dalam cerita puisi adalah orang yang dewasa. Ia mampu menghadapi cobaan hidup yang menimpanya. Apa yang pernah ia cita-cita kan kini sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Kondisinya sudah berubah dan sangat tidak memungkinkan. Sekarang berbeda masanya dengan saat ia masih menjadi anak-anak dulu. Ia memandang dan menghadapi kehidupan dengan cara yang lebih dewasa.

Aku menyadari bahwa ia akan mati. Hidup akan berakhir pada waktunya. Manusia hanya menunggu kematiannya. Kematian digambarkan sebagai bentuk kekalahan manusia. kekalahan atas kuatnya kuasa sang Maha Hidup. Ia hanya harus menerimanya. Cita-citanya yang begitu cemerlang dulu, kini ia menyerah padanya. Ia selalu mengalami penderitaan semasa hidupnya.

Evaluasi

Puisi derai-derai cemara ini menggambarkan tentang perjalanan hidup seseorang. Ia yang ditimpa cobaan begitu banyak. Ia punya cita-cita dan harapan dulu. namun, pahit hidupnya membuat ia menyadari bahwa kehidupan di dunia pasti akan berakhir dengan kematian

Rangkuman

Puisi ini memberikan gambaran bahwa kita hanya sementara di dunia. Puisi ini menjadi pengingat ketika kita dalam harapan yang begitu tinggi terhadap dunia, sesungguhnya pasti akan mengalami kematian di akhir waktu. Puisi ini cocok untuk orang-orang yang terlena pada dunia dan bisa menjadikan motivasi untuk kembali melakukan perenungan mengenai makna hidup yang sebenarnya.

Contoh Teks Ulasan Album Lagu

Contoh Teks Ulasan Album Lagu
kakakpintar.com

Contoh Teks Ulasan Album Lagu Sheila On 7

Band Sheila On 7 merupakan band favorit masyarakat Indonesia pada umumnya. Band ini masih bertahan sampai sekarang. Perjalanan yang sangat panjang dalam mewarnai musik Indonesia. Ada banyak album dan lagu yang telah dikeluarkan. Vokal yang bagus, lirik lagu yang indah, serta lantunan musik yang easy listening sangat cocok dengan selera musik masyarakat Indonesia. Semua ini dimiliki oleh band yang satu ini.

Sebut saja album keduanya yang diberi nama “Kisah Klasik untuk Masa Depan”. Album ini menyiratkan perjalanan tentang sahabat, cinta, dan masa remaja, akan selalu menjadi cerita terbaik di masa depan. Band ini tampil lebih dewasa di setiap pertambahan usia mereka. Tidak hanya dalam hal penulisan lirik, juga dalam hal musikalitas dan penampilan.

Kalimat yang dituliskan pada lirik lagu begitu indah. Diksi yang dipilih sangat pas. Begitu cerdas. Misalnya pada judul lagu Sephia. Lagu ini menceritakan tentang cocok Sephia sebagai figur rahasia dalam cinta segitiga. Lirik lagu yang dituliskan membuat pendengar terjebak dalam teka-teki tentang sosok Sephia ini.

Hingga akhirnya band ini merilis album terakhir mereka untuk penutup perjalanan panjang di industri musik Indonesia selama 16 tahun. Ada banyak pengalaman yang pernah mereka rasakan saat berkarya di dunia musik Indonesia. Mulai dari ganti personil, album yang tidak laris, rezeki yang berlimpah, konser dan tampil di berbagai acara, dan lain sebagainya.

Album “Perpisahan” ini dibuat semenarik dan sekeren mungkin. Ada 10 lagu yang dimainkan. Adapun judul lagunya adalah Selamat Datang, Satu Langkah, Buka Mata Buka Telinga, Canggung, My Lovely, Beruntungnya Aku, Lapang Dada, Belum, Musim yang Baik, dan Sampai Jumpa.

Selamat Datang sangat pas untuk dipilih sebagai lagu pembuka. Lirik lagunya bermakna positif. Lagu ini bisa menemani para pendengar setia dan memberikan rasa optimis. Sedangkan pada lagu Satu Langkah, temponya menjadi lebih meningkat.

Lirik lagunya bertemakan cinta. Alunan musik di setiap alat musik masing-masing dimaksimalkan. Sedangkan lagu ketiga berisi tentang ajakan untuk melakukan refleksi peran dalam menjalani kehidupan. Selain itu menjadikan kita lebih yakin bahwa ada alasan dibalik penciptaan diri kita.

Lagu keempat mengisahkan tentang rasa dimabuk cinta saat remaja. Lagu kelima menggambarkan tentang nurani, merasakan apa yang orang lain rasakan di saat kepedihan. Lagu keenam menceritakan tentang menyesali amarah yang pernah dilakukan dan sudah terjadi. Lagu ketujuh seakan mengajak pendengar untuk bisa move on dari apapun yang pernah terjadi sebelumnya serta mengikhlaskannya.

Lagu kedelapan mengisahkan tentang nasib yang buruk. Berbagai bentuk kesialan yang bisa terjadi secara berurutan. Ini adalah kisah patah hati, tetapi disampaikan dengan cara yang berbeda. Lagu kesembilan seolah menumbuhkan fantasi atas rumah sederhana dengan kebun yang luas.

Makna dan hasil usaha diceritakan walaupun tidak pada waktu yang diinginkan. Ada penegasan bahwa semua akan indah pada waktunya. Lagu terakhir berisi tentang perpisahan. Selain menjadi lagu terakhir dari album ini, juga menandakan akhir perjalanan dan dalam perpisahan dari band Sheila on 7.

Keunggulan dari band ini yaitu karena mampu bertahan di industri musik Indonesia dalam waktu yang cukup lama. Musik dan setiap penampilannya selalu memberikan kesan pada pendengar setianya. Band ini menjadi band dengan penggemarnya datang dari berbagai kalangan usia. Kontribusinya di dunia musik Indonesia sangat mewarnai industri musik.

Contoh Teks Ulasan Berita

Contoh Teks Ulasan Berita
moondoggiesmusic.com

Contoh Teks Ulasan Berita Tentang Pendidikan

Sebuah berita tentang kurikulum pendidikan kembali mewarnai corak pendidikan di Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) menyatakan bahwa pemerintah Indonesia akan merumuskan kembali kurikulum SMK dan politeknik dengan SMA. Selain itu, juga dilakukan identifikasi tentang rasio perbandingan antar sekolah tersebut.

Disampaikan pula tentang tekad pemerintah yang ingin menciptakan calon pekerja yang mumpuni dan profesional. Sebab itu disiapkan kompetensinya melalui kurikulum yang bagus dan berkualitas. Sehingga pada akhirnya bisa mencetak generasi yang unggul dan cerdas. Hal ini juga merupakan persiapan dalam hal menghadapi persaingan global saat ini.

Dalam hal persiapan ini, ada banyak lembaga yang diikutsertakan. Beberapa di antaranya adalah menko perekonomian, menko maritim, dan menko PMK. Targetnya adalah bahwa dalam kurun waktu 4-5 bulan ke depan, rencana ini akan berjalan dengan efektif. Guna menghasilkan kompetensi lulusan yang berkualitas.

Revitalisasi pendidikan juga disebutkan. Ada dua hal yang dilakukan dalam hal revitalisasi pendidikan vokasional, yakni pendidikan dan pelatihan. Pendidikan bisa dilakukan melalui sekolah-sekolah. Sedangkan pelatihan bisa dilakukan melalui training khusus atau kursus yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha atau dunia pekerjaan yang akan dihadapi kelak.

Beberapa lembaga pelatihan sudah dimiliki oleh pemerintah. Namun, dalam hal percepatan, ada banyak hal yang harus dilakukan. Salah satunya melalui perubahan pada kurikulum dan disesuaikan dengan standar kompetensi yang dibutuhkan. Hal ini disiapkan secara matang dan serius. Begitu penjelasan pada berita tentang pendidikan yang saat ini sedang marak dibicarakan.

semoga contoh teks ulasan di atas bisa menjadi referensi untuk anda dan contoh teks ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

9+ Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya/ Buku, Cerpen, Novel, Puisi, Berita

Satu pemikiran pada “9+ Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya/ Buku, Cerpen, Novel, Puisi, Berita”

Tinggalkan komentar