Contoh Teks Prosedur: Pengertian, Tujuan, Struktur, Jenis, Ciri-Ciri

Contoh teks prosedur – Sebagian besar dari kita pasti pernah membaca resep atau prosedur pelaksanaan suatu hal. Dalam teks prosedur pelaksanaan atau resep memuat bahan yang di butuhkan serta langkah-langkah pelaksanaan. Teks yang seperti ini di kenal dengan nama teks prosedur atau procedural text.

Ada banyak contoh procedure text seperti resep, protokol, petunjuk pemakaian sesuatu, dan sebagainya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang pengertian, struktur, dan contoh procedure text.

Pengertian procedural text

Pengertian procedural text
www.englishcafe.com

Dalam bahasa Inggris, procedure teks termasuk dalam salah satu jenis teks atau genre teks yang memuat cara atau proses mengoperasikan atau membuat sesuatu. Secara umum, teks prosedur adalah sebuah teks yang berisikan perintah atau instruksi untuk melakukan sesuatu.

Procedure text di buat untuk menggambarkan langkah-langkah pembuatan sesuatu atau bagaimana cara melakukan langkah atau tindakan yang benar. Dengan adanya procedure text, seseorang bisa dengan mudah mengerjakan atau membuat sesuatu sesuai dengan langkah-langkah yang benar.

Hal ini karena teks prosedur memuat langkah-langkah atau gambaran proses untuk membuat atau mengerjakan sesuatu. Procedure text bisa di simpulkan sebagai sebuah text yang berisikan instruksi atau gambaran perintah tentang langkah-langkah atau bagaimana sesuatu bisa di capai dengan cara yang benar.

Biasanya prosedur text di awali dengan kata ‘bagaimana membuat ….’ atau ‘cara membuat….’, ‘langkah menggunakan alat ….’

Tujuan procedure text

Tujuan procedure text
blud.co.id

Procedure text mempunyai tujuan komunikatif, yaitu untuk memberikan petunjuk pelaksanaan atau pembuatan sesuatu. Sehingga procedure text harus bisa membuat pembaca menyelesaikan, melakukan, atau mencapai sesuatu dengan cara yang sudah di berikan secara benar, runtut, atau procedural.

Tujuan pembuatan prosedur teks adalah memberikan petunjuk untuk melakukan atau membuat sesuatu. Hal ini karena dalam procedure text sudah tercantum bahan yang di butuhkan serta langkah-langkah pengerjaan yang detail.

Struktur procedure text

Struktur procedure text
www.maxmanroe.com

Prosedur teks ini mempunyai struktur yang berbeda dengan jenis teks lainnya. Secara umum, struktur prosedur teks di bagi menjadi empat bagian:

  • Tujuan/goal – Prosedur teks di awali dengan maksud dan tujuan atau goal yang ingin di capai dari pembuatan teks tersebut. Bagian ini bisa juga memuat prediksi atau kesimpulan dari langkah-langkah yang ada pada teks.
  • Material – Bagian kedua pada prosedur teks adalah material. Bagian ini berisi daftar materi atau baja yang di butuhkan untuk mengerjakan atau membuat sesuatu berdasarkan langkah-langkah yang sudah di tentukan. Namun ada beberapa teks prosedur yang bisa jadi tidak mempunyai bagian material dan langsung menampilkan langkah-langkah atau instruksi.
  • Steps – inti dari prosedur teks adalah langkah-langkah atau instruksi untuk mencapai tujuan dengan urutan yang benar. Pada bagian ini langkah-langkah pengerjaan harus di jelaskan secara rinci dan tuntut, tidak boleh loncat-loncat.
  • Hasil – Bagian hasil ini memberikan gambaran pada pembaca atau pengguna tentang hasil yang akan di capai setelah melakukan langkah-langkah di atas.

Jenis procedure text

Jenis procedure text
jagad.id

Ada banyak jenis teks prosedur yang bisa di temukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, secara umum, teks prosedur di bagi menjadi beberapa jenis.

  • teks prosedur sederhana – teks prosedur ini memuat langkah-langkah atau instruksi yang singkat saja. Biasanya hanya berupa dua atau tiga langkah dan di gunakan untuk memberikan instruksi pada hal-hal yang sederhana. Contohnya adalah cara menggunakan blender.
  • teks prosedur kompleks – Sesuai dengan namanya, teks prosedur kompleks memuat instruksi untuk membuat atau melakukan sesuatu yang sifatnya kompleks atau rumit. Dalam teks prosedur ini, langkah-langkah atau instruksi di buat berjenjang yang berupa sub-langkah pada setiap instruksinya. Contohnya adalah prosedur tentang tilang lalu lintas, prosedur pendaftaran, dan sebagainya.
  • protokol – Protokol memuat instruksi atau langkah-langkah yang tidak terlalu rumit dan masih mudah di pahami.
  • teks prosedur tanpa material – Teks prosedur tanpa material hanya berisikan langkah-langkah atau instruksi saja. Teks jenis ini biasanya di gunakan berhubungan dengan perilaku manusia seperti bagaimana cara hidup bahagia, bagaimana cara menjadi sukses, dan sebagainya.

Ciri prosedur teks

Ciri prosedur teks
okistudio.com

Prosedur teks berbeda dengan jenis teks yang lain sehingga ciri-ciri teksnya juga berbeda. Secara umum, ciri-ciri prosedur teks di bagi menjadi tiga kategori.

  • penggunaan kalimat – Ciri prosedur teks yang pertama di lihat dari penggunaan kalimat. Prosedur teks menggunakan kalimat perintah atau imperative. Sehingga menggunakan simple present tense yaitu subject dengan verb 1. Selain itu, kata kerja yang di gunakan adalah kata kerja aksi atau action verbs. Ciri lain adalah penggunaan kata yang menunjukkan langkah seperti pertama, kedua, kemudian, setelah itu, dan sebagainya.
  • ciri bahasa – Ciri prosedur teks di lihat dari tata bahasanya adalah menggunakan kalimat perintah seperti potong, iris, masukkan, dan sebagainya. Selain itu, prosedur teks juga menggunakan kata keterangan yang menyatakan waktu akurat seperti rebus selama 5 menit, 2 jam, dan sebagainya.
  • ciri redaksi prosedur teks – ciri redaksi prosedur teks adalah fokus pada agen manusia umum.

Contoh prosedur text

Contoh prosedur text
www.genmuda.com

Ada banyak sekali contoh procedure teks yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Teks prosedur yang biasa di gunakan dalam kehidupan sehari-hari bisa berupa resep, panduan menggunakan gadget, dan sebagainya. Berikut ini beberapa contoh procedure text sesuai dengan jenisnya.

A. Contoh procedure text sederhana

Contoh procedure text sederhana
depositphotos.com

Teks prosedur sederhana memuat instruksi untuk membuat atau melakukan sesuatu dengan langkah yang sangat simpel. Sehingga pembaca bisa melakukan langkah-langkah yang di maksudkan dengan mudah.

Cara membuat telur mata sapi

Telur mata sapi adalah salah satu menu yang paling sederhana namun mempunyai gizi yang tinggi. Hampir semua orang pasti bisa membuat telur mata sapi karena cara membuatnya sangat gampang sekali. Bahan membuatnya juga sangat mudah yaitu hanya telur dan garam. Berikut ini beberapa langkah membuat telur mata sapi dengan mudah.

Bahan-bahan:

  • Telur
  • Garam
  • Sedikit minyak

Alat yang di perlukan:

  • penggorengan, bisa wajan atau Teflon
  • kompor
  • spatula

Cara membuat:

  1. Siapkan semua bahan dan alat.
  2. Tuang sedikit minyak di wajan atau panci Teflon.
  3. Panaskan wajan.
  4. Bila sudah panas, masukkan telur dan beri sedikit garam.
  5. Masak telur sesuai dengan tingkat kematangan yang di inginkan, bisa setengah matang atau matang.
  6. Bila telur sudah matang, sajikan telur dengan nasi atau mie.

Telur mata sapi bisa di sajikan dengan berbagai sayuran dan makanan lain. Namun bisa juga di sajikan dengan nasi atau roti saja. Nilai gizi telur yang tinggi membuat makanan ini cocok untuk lauk dan bisa di olah menjadi makanan apa saja.

Cara membuat scrub madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang mempunyai banyak manfaat untuk kulit dan sudah di gunakan selama ratusan tahun dalam dunia kecantikan. Salah satu kegunaan madu adalah di gunakan sebagai scrub wajah.

Scrub wajah adalah salah satu treatmen kecantikan yang penting untuk menghilangkan komedo, kotoran, debu pada wajah serta menghaluskan tekstur kulit. Cara membuat scrub madu ini juga mudah sekali dan hanya terdiri dari dua bahan saja. Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatan scrub madu.

Bahan-bahan:

  • madu
  • gula pasir dengan butiran halus
  • air lemon (optional)

Cara membuat:

  1. Campurkan satu sampai dua sendok gula pasir dan madu pada wadah kecil.
  2. Aduk rata hingga membentuk pasta tapi jangan sampai gula larut.
  3. Masker bisa di gunakan pada kulit.
  4. Bila ingin efek brightening atau mencerahkan, bisa tambahkan satu sendok teh perasan lemon.

Masker madu ini sangat mudah di buat dan mengandung bahan-bahan alami. Sehingga sangat cocok untuk mereka dengan kulit yang sensitif. Bahan-bahan yang di perlukan juga hampir selalu tersedia di dapur sehingga bisa di buat kapan saja.

Penjelasan:

Dalam dua contoh procedure text di atas, menjelaskan tentang cara membuat telur mata sapi dan masker madu. Kedua teks prosedur ini memberikan penjelasan tentang membuat sesuatu dengan cara yang singkat. Pembaca dengan mudah memahami langkah-langkah yang di berikan bila ingin mempraktekkan.

Struktur teks prosedur juga sangat jelas yaitu terdiri dari paragraf pembuka, isi, dan penutup. Paragraf pembuka berisi goal atau tujuan dari teks prosedur. Selain itu, paragraf pembuka ini juga berisi tentang penjelasan singkat tentang instruksi, benda, atau kegiatan yang akan di lakukan.

Paragraf kedua adalah inti dari teks prosedur yang berisi langkah-langkah atau instruksi membuat sesuatu atau melakukan suatu kegiatan. Untuk prosedur teks sederhana, langkah-langkah yang di berikan sangat sederhana dan simpel. Sehingga pembaca lebih mudah memahami langkah-langkah yang di berikan dalam satu kali membaca.

Paragraf terakhir berisi penutup dari teks prosedur. Bagian penutup biasanya berisi tentang kesimpulan dari instruksi yang di berikan atau bisa juga berisi saran untuk pembaca.

B. Contoh prosedur teks kompleks

Sesuai dengan namanya, prosedur teks kompleks ini berisi teks instruksi dengan langkah-langkah yang cukup panjang. Sehingga pembaca perlu membaca instruksi dengan seksama agar bisa mempraktekkan langkah-langkah membuat atau menggunakan sesuatu.

Cara membuat lemon tea

Lemon tea adalah salah satu minuman yang banyak di gemari baik dari kalangan orang tua maupun muda. Lemon tea adalah salah satu minuman populer yang merupakan campuran antara teh dan lemon. Perpaduan wangi teh dan segarnya lemon membuat minuman ini banyak di gemari.

Selain itu, cara pembuatan lemon tea juga sangat mudah sekali. Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatan lemon tea.

Bahan-bahan:

  • 1 buah kantong teh, bisa juga pakai daun teh
  • Gula secukupnya
  • 1 buah lemon
  • air panas
  • es batu bila ingin dingin.

Cara membuat:

  1. Didihkan air terlebih dahulu. Kemudian seduh teh dalam gelas hingga berwarna merah gelap.
  2. Siapkan 1 buah lemon. Belah lemon menjadi dua. Buat irisan tipis dari sebagian lemon. Peras lemon dari 1 bagian yang lain.
  3. Siapkan gelas.
  4. Masukkan gula dan air teh. Aduk hingga gula larut. Tambahkan es batu bila ingin membuat minuman yang dingin. Bila ingin hangat, tambahkan air hangat secukupnya.
  5. Setelah itu, masukkan perasan lemon dan irisan lemon. Aduk rata dan lemon tea siap di nikmati.

Bila ingin seperti lemon tea di kafe, anda bisa menyematkan seiris lemon pada bagian sisi gelas. Selain itu, anda juga bisa mengganti gula dengan pemanis yang lain seperti madu, stevia, dan sebagainya. Takaran gula atau pemanis dan juga banyaknya perasan air lemon bisa di sesuaikan dengan selera.

Penjelasan :

Paragraf pertama:

Paragraf pertama berisikan goal atau tujuan dari penulisan prosedur teks. Dalam hal ini, penulis menyampaikan tentang apa itu lemon tea dan bagaimana lemon tea menjadi salah satu minuman yang banyak di gemari. Selain itu, penulis juga menyampaikan tentang bagaimana cara membuat lemon tea yang menandakan bila teks ini adalah procedure text.

Paragraf kedua:

Paragraf kedua meliputi material atau bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat lemon tea. Karena procedure text ini termasuk dalam kategori sederhana, sehingga bahan pada paragraf ini juga tidak terlalu banyak.

Paragraf ke tiga:

Paragraf ketiga menjadi inti dari prosedur teks ini yang berisikan langkah-langkah pembuatan lemon tea. Langkah-langkah yang di isikan bersifat runtut dari langkah pertama hingga selesai. Sehingga pembaca bisa memahami langkah pembuatan lemon tea dan menirukannya dengan mudah.

Paragraf ke empat:

Paragraf keempat berisi kesimpulan tentang keseluruhan paragraf. Selain itu, juga berisikan tips-tips tambahan bila ingin membuat lemon tea yang seperti di kafe atau pun bila ingin menggunakan pemanis selain gula.

C. Contoh teks prosedur kompleks yang benar

Contoh teks prosedur kompleks yang benar
thegorbalsla.com

Cara membuat paspor

Bagian 1

Untuk pergi keluar negeri, setiap orang memerlukan paspor. Dokumen ini di butuhkan bagi siapapun yang akan bepergian ke luar negeri. Paspor berisikan identitas seseorang yang akan melakukan perjalanan lintas negara. Singkatnya, paspor ini bisa di anggap sebagai KTP internasional.

Tanpa paspor, imigrasi tidak akan memperbolehkan anda untuk pergi ke luar negara. Pembuatan paspor sebenarnya tidak terlalu susah. Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen pendukung di butuhkan. Selain itu, pembuatan paspor juga membutuhkan biaya yang tidak terlalu mahal.

Paspor biasa dengan 48 halaman membutuhkan biaya Rp 300.000, namun untuk paspor elektronik atau e-paspor di kenakan biaya Rp 600.000. Biaya yang di maksud ini belum termasuk biaya administarasi dan biaya tambahan lain. Untuk paspor dengan 24 halaman, biaya pembuatannya lebih murah yaitu hanya sebesar Rp 100.000. Paspor biasa ini mempunyai masa berlaku selama 5 tahun sejak pertama di terbitkan.

Bagian 2

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan paspor biasa.

  1. Persiapkan seluruh dokumen yang di butuhkan untuk membuat paspor, yaitu: (a) E-KTP, asli dan fotokopi, (b) surat nikah/akta kelahiran/ijazah terakhir/surat baptis (bisa pilih salah satu), asli dan fotokopi, (c) Kartu keluarga asli dan fotokopi, dan (d) materai. Semua dokumen di fotokopi pada kertas ukuran A4 tanpa di potong, biarkan saja dalam ukuran tersebut.
  2. Datang ke kantor imigrasi pada pagi hari untuk mengambil nomor antrian. Nomor antrian di batasi setiap hari, terlebih untuk kuota walk-in, sehingga pastikan untuk datang pada pagi hari. Anda juga bisa mencari antrian paspor terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi antrian paspor pada whatsapp imigrasi.
  3. Setelah mendapatkan nomor antrian, anda bisa mengisi formulir permohonan pembuatan paspor. Pastikan untuk mengisi formulir dengan sebenar-benarnya dan sesuai dengan dokumen resmi.
  4. Serahan formulir yang sudah di isi pada loket petugas kemudian tunggu giliran untuk melakukan wawancara, pengambilan foto dan sidik jari.
  5. Bila sudah selesai mengikuti tahapan pembuatan paspor, anda akan mendapatkan tanda terima dan informasi waktu penyelesaian dan pengambilan paspor.

Bagian 3

Meskipun banyak orang yang bilang bila membuat paspor rumit dan susah, namun bila anda sudah membawa semua dokumen yang di perlukan dan datang sesuai prosedur, proses pembuatan paspor akan menjadi lebih mudah. Beberapa hal yang harus di perhatikan adalah membawa dokumen yang di perlukan sesuai dengan aturan imigrasi dan datang pada pagi hari agar mendapatkan nomor antrian.

Penjelasan:

Pada prosedur teks cara membuat paspor di atas, teks terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama berisi tentang kegunaan paspor dan mengapa seseorang membutuhkan paspor. Selain itu, bagian pertama juga menginformasikan tentang biaya pembuatan paspor yang harus di persiapkan oleh peserta.

Bagian pertama ini adalah pembuka dari prosedur teks dengan memberikan informasi-informasi dan manfaat paspor. Bagian kedua adalah isi dari procedur text cara pembuatan paspor. Pada bagian isi memuat langkah-langkah membuat paspor.

Teks prosedur ini di kategorikan sebagai teks prosedur kompleks karena terdiri dari beberapa sub langkah lain. Bisa di lihat pada poin 1, ada beberapa sub langkah atau sub poin yang memberikan ciri kompleks. Sehingga pembaca perlu melihat lebih teliti lagi pada beberapa langkah yang mempunyai sub poin untuk memahami prosedur pembuatan paspor tersebut.

Bagian ketiga adalah penutup yang merupakan kesimpulan dari procedure text kompleks. Pada bagian ini memuat kesimpulan dan juga saran untuk pembaca secara singkat. Contoh procedure text cara membuat paspor ini tidak mempunyai bagian material atau bahan yang di perlukan.

Sebenarnya bagian material ada namun di gabung dengan bagian langkah. Sehingga bagian material atau bahan yang di perlukan untuk membuat paspor di muat dalam bentuk sub langkah. Poin ini yang memberikan ciri kompleks pada contoh procedure text membuat paspor.

D. Contoh procedure text tanpa material

Contoh procedure text tanpa material
karyapemuda.com

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, tidak semua procedure text mencantumkan material atau bahan-bahan yang di butuhkan. Ada beberapa yang langsung membahas tentang instruksi untuk melakukan atau membuat sesuatu.

Teks prosedur yang tidak mempunyai material ini biasanya berisikan instruksi untuk melakukan atau membuat sesuatu yang sifatnya tidak nyata. Sehingga meskipun tanpa memberikan penjelasan material, pembaca bisa langsung mengerti apa yang di maksud dalam teks. Berikut ini contoh procedure text tanpa material.

E. Contoh procedure text tanpa material sederhana

Contoh procedure text tanpa material sederhana
pinterkelas.com

Cara membuat blog melalui blogspot

Menulis adalah salah satu care untuk menuangkan ide atau sekedar curhat. Salah satu media yang bisa di gunakan untuk menampung tulisan anda adalah dengan menulis di blog. Bagi sebagian orang, menulis di blog bukan lagi sekedar nulis curhat, namun juga sebagai mata pencaharian.

Memang bila di tekuni dengan professional, blog bisa menjadi salah satu sumber pemasukan lho. Selain itu, membuat blog juga tidak sulit karena sudah banyak platform yang menyediakan jasa pembuatan blog gratis, salah satunya adalah blogspot.

Membuat blog di blogspot sangat mudah dengan tampilan yang user friendly. Berikut ini adalah beberapa cara membuat blog di blogspot.

  1. Buka aplikasi browser dan ketikkan alamat www.blogger.co.id
  2. Kemudian login dengan akun Google yang sudah di miliki sesuai dengan alamat email dan passwordnya.
  3. Bila belum mempunyai akun Google, anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan membuat email Google.
  4. Setelah sukses login, anda akan masuk ke halaman utama atau dashboard blog. Anda bisa mulai menulis atau mengatur tampilan blog sesuai dengan preferensi anda.

Anda bisa melakukan setting blog pada menu setting dan mengubah tampilan blog dengan menggunakan menu layout. Ada banyak pilihan layout yang bisa anda pilih untuk mempercantik tampilan blog. Setelah selesai menulis, anda bisa membagikan tulisan pada akun sosial media agar mendapatkan banyak pembaca.

Penjelasan:

Pada contoh procedure text tanpa material di atas, pembaca sudah otomatis mengetahui apa saja yang di butuhkan untuk membuat blog. Sehingga bila pembaca ingin membuat blog, mereka hanya perlu mempersiapkan komputer, laptop, atau smartphone dan tentu saja koneksi internet.

Prosedur teks yang semacam ini di gunakan untuk menjelaskan langkah-langkah atau instruksi untuk membuat atau melakukan sesuatu yang sudah jelas materialnya. Memang tidak masalah menyertakan keterangan material atau bahan, namun akan kurang bermanfaat karena pembaca hanya membutuhkan langkah atau instruksinya saja.

F. Contoh procedure text tanpa material

Contoh procedure text tanpa material
www.kompasiana.com

Cara menggunakan kamera yang benar

Kamera adalah salah satu barang elektronik dengan fungsi utama mengambil gambar baik berupa foto atau pun video. Dengan kemajuan zaman, banyak orang yang menggunakan kamera untuk kebutuhan sosial media, ngeblog, vlogging, dan sebagainya.

Meskipun sudah menjadi salah satu barang elektronik yang umum, ada beberapa orang yang masih belum paham bagaimana cara menggunakan kamera. Bila anda salah satunya, jangan risau, berikut ini tutorial menggunakan kamera yang benar.

  1. Siapkan kamera yang akan di gunakan.
  2. Pegang kamera dan nyalakan tombol power atau on/off.
  3. Posisikan objek yang di gunakan hingga terlihat pada bagian tengah LCD. Atur zoom, tingkat kecerahan, dan kontras sesuai dengan yang di inginkan.
  4. Bila sudah pas, tekan shutter speed. Usahakan tangan tetap tenang dan tidak bergerak agar hasil foto tetap jernih.
  5. Bila kamera sudah siap (di tandai dengan objek yang terlihat jelas), anda bisa menekan tombol shutter.

Menggunakan kamera sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencari posisi objek yang pas sehingga bisa terlihat bagus saat di foto. Selain itu, usahakan tangan agar tetap tenang dan tidak bergerak agar foto tidak blur. Anda juga bisa menggunakan tripod bila ingin posisi kamera tetap stabil.

Penjelasan:

Pada contoh procedure text tentang cara menggunakan kamera di atas, pembaca bisa langsung memahami apa yang akan di bahas dan bahan apa saja yang di butuhkan hanya dengan melihat judulnya. Sehingga, tidak perlu lagi menulis bahan atau material yang di butuhkan dalam isi teks.

Prosedur teks tanpa material memang lebih banyak di gunakan untuk menjelaskan instruksi membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan alat elektronik dan teknologi.

Procedure text protokol

Procedure text protokol
thegorbalsla.com

Teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang mempunyai langkah-langkah yang sangat sederhana dan mudah di pahami. Teks prosedur ini memang sekilas mirip dengan teks prosedur sederhana karena memuat instruksi yang sederhana pula.

Namun, instruksi pada prosedur teks protokol bisa di lakukan secara tidak urut dan pengerjaannya boleh di ubah. Meskipun begitu, hasil yang di dapat akan tetap sama baik mengikuti instruksi dengan runtut atau pun tidak.  Biasanya teks prosedur protokol ini di gunakan untuk menjelaskan proses yang hampir semua orang sudah mengetahui.

Namun prosesnya tetap perlu di jelaskan karena berbagai alasan. Berikut ini adalah beberapa contoh procedure text protokol.

A. Contoh procedure text protokol

Contoh procedure text protokol
www.romadecade.org

Tata cara memberi santunan kepada anak yatim/piatu

Berbagi pada sesama adalah kewajiban bagi setiap orang dan tidak terbatas pada agama atau suku tertentu saja. Hampir semua agama memerintahkan umatnya untuk selalu berbagi dengan mereka yang membutuhkan dengan ikhlas.

Berbagi dengan sesama mempunyai manfaat yang sangat besar baik bagi pemberi santunan maupun penerima santunan. Bagi pemberi santunan, berbagi akan membuat mereka lebih bahagia dan selalu rendah diri.

Bagi penerima santunan, bantuan yang di terima akan sangat membantu kehidupan mereka serta memberikan mereka harapan untuk hidup yang lebih baik. Ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk memberikan santunan pada anak yatim/piatu seperti berikut ini.

Cara memberikan santunan kepada anak yatim/piatu:

  1. Awali kegiatan anda dengan niat yang ikhlas. Niatkan kegiatan berbagi ini hanya semata-mata anda ingin berbagi dengan anak yatim/piatu. Jangan berbagi dengan niat ingin pamer atau sejenisnya.
  2. Berikan santunan atau bantuan secara langsung pada panti asuhan atau yang bersangkutan.
  3. Anda juga bisa mengundang anak-anak tersebut ke acara yang di adakan di rumah anda kemudian memberikan mereka bingkisan atau uang saku.
  4. Selain itu, anda juga bisa mengangkat anak asuh yang akan di berikan bantuan pendidikan dan kehidupan yang layak.

Ada banyak cara untuk membantu sesama. Anda bisa berbagi dengan anak yatim/piatu dengan cara-cara yang nyaman untuk anda. Yang terpenting adalah awali kegiatan mulia anda dengan niat yang tulus dan ikhlas agar kegiatan anda berjalan dengan lancar.

Penjelasan:

Contoh procedure text protokol tentang cara menyantuni anak yatim/piatu di atas terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah bagian pembuka teks yang berisi tentang tujuan atau goal. Pada bagian ini, pembaca bisa melihat maksud dari teks protokol yang di maksudkan.

Bagian kedua adalah bagian isi yaitu berupa langkah-langkah atau instruksi dan merupakan bagian inti dari teks prosedur protokol ini. Ada beberapa langkah yang di berikan untuk memberikan sumbangan. Namun, pembaca tidak harus melakukan semuanya secara urut.

Bahkan pembaca bisa hanya memilih satu langkah saja sesuai dengan kebutuhannya. Ini adalah salah satu ciri dari teks prosedur protokol yaitu instruksi yang di sediakan tidak harus di kerjakan secara runtut. Sama dengan teks prosedur yang lain, bagian akhir adalah penutup yang berisi kesimpulan tentang isi teks. Bagian akhir juga memuat saran kepada pembaca agar bisa menerapkan instruksi dengan benar.

B. Contoh procedure text tentang manusia

Contoh procedure text tentang manusia
www.romadecade.org

Prosedur teks tentang manusia bisa di kategorikan sebagai dalam jenis teks prosedur protokol. Hal ini karena teks prosedur ini tidak memerlukan bahan atau material serta instruksi yang di berikan bisa di kerjakan secara acak.

Teks prosedur ini biasanya meliputi bagaimana cara mencapai sukses, bagaimana cara menenangkan pikiran, bagaimana cara mengatasi stress, dan sebagainya. Berikut ini contoh procedure text tentang manusia.

Cara mudah menenangkan pikiran

Dengan kegiatan dan deadline yang padat, tidak di pungkiri bila banyak orang mengalami stress pikiran. Stress ini menyebabkan pikiran menjadi tegang hingga menyebabkan masalah kesehatan lain seperti kepala pusing, gangguan pencernaan, dan sebagainya.

Mengatasi stress bukan hal yang mudah apalagi dengan kegiatan dan tanggungan yang padat. Salah satu cara mengatasi stress adalah dengan menenangkan pikiran. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menenangkan pikiran sehingga stress bisa di atasi.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menenangkan pikiran.

  1. Pilih hari yang tepat untuk menenangkan pikiran. Anda bisa memilih akhir pekan atau saat hari libur agar tidak terganggu dengan pekerjaan atau aktivitas yang lain.
  2. Pada hari yang sudah di tentukan, anda bisa mematikan ponsel dan gadget lain. Cara ini memudahkan anda untuk konsentrasi dan memusatkan pikiran.
  3. Setelah ponsel sudah di matikan, anda bisa melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran. Pejamkan mata sejenak dan atur nafas hingga pikiran anda jernih.
  4. Selain meditasi, anda juga bisa melakukan hal-hal yang anda sukai. melakukan hal yang di sukai juga bisa membantu menenangkan pikiran. Misalkan anda bisa mandi dengan air hangat, mendengarkan music yang kalem, menyalakan lilin aroma terapi, bermain dengan hewan peliharaan, dan lain sebagainya.

C. Contoh teks prosedur tentang manusia

Contoh teks prosedur tentang manusia
www.shutterstock.com

Pelestarian budaya Indonesia

Globalisasi memberikan dampak baik dan juga dampak buruk pada perkembangan Indonesia. Dampak baiknya adalah globalisasi membuat negara lebih maju dalam berbagai sektor. Namun, globalisasi juga berdampak buruk pada eksistensi budaya daerah.

Budaya luar yang masuk dengan pesat membuat budaya daerah semakin lama semakin terpinggir. Padahal budaya daerah adalah jati diri suatu bangsa. Penurunan rasa cinta dengan budaya daerah menjadi ancaman serius yang harus di perhatikan banyak pihak.

Budaya daerah adalah ciri khas negara Indonesia dengan berbagai keragaman adat istiadat seperti bahasa, baju, tari-tarian, dan sebagainya. Meskipun Indonesia terdiri dari berbagai budaya yang berbeda, namun semuanya adalah kekayaan yang tidak di miliki oleh negara lain.

Oleh karena itu, sangat penting bagi warga Indonesia untuk tetap melestarikan kebudayaan daerah. Berikut ini beberapa cara yang bisa di lakukan untuk membantu melestarikan budaya daerah di Indonesia.

  1. Mengenali budaya sendiri – Masalah yang paling utama dari pelestarian budaya adalah banyak masyarakat yang tidak mengenali, bahkan tidak bangga dengan budaya mereka sendiri. Banyak orang lebih menghargai budaya dari negara lain dengan alasan lebih keren dan sebagainya. Budaya daerah banyak yang semakin hilang karena kita sendiri tidak mau mempelajari serta melestarikan budaya daerah.
  2. Mengajarkan kebudayaan sejak dini – Kebudayaan daerah perlu di kenalkan kepada generasi muda sejak dini. Bagaimanapun juga generasi muda yang nantinya akan terus melestarikan kebudayaan daerah.
  3. Menjadikan budaya sebagai bagian dari gaya hidup – Banyak orang yang menganggap budaya sebagai gaya hidup yang kuno. Padahal, dengan menerapkan budaya sebagai bagian dari gaya hidup bisa membantu melestarikan budaya daerah. Misalnya dengan mengunjungi tempat yang berhubungan dengan budaya. Sehingga generasi muda bisa mengetahui lebih banyak tentang budaya Indonesia.
  4. Menyaring budaya luar – Arus globalisasi yang semakin cepat memaksa masyarakat untuk pandai-pandai menyaring budaya luar yang masuk. Meskipun arus globalisasi tidak bisa di bendung, tapi kita bisa menyaring budaya yang baru. Sehingga budaya luar tidak memberikan pengaruh besar pada budaya daerah yang menjadi jati diri bangsa.
  5. Mengkaji peraturan – Selain masyarakat yang menyaring budaya baru, pemerintah juga harus turut serta mengkaji peraturan yang sekiranya akan menyebabkan pergeseran budaya bangsa.

Semua pihak, baik pemerintah dan masyarakat, harus bekerjasama untuk mempertahankan budaya daerah. Kini sudah banyak budaya daerah yang tergeser dengan budaya luar, jangan sampai suatu hari budaya daerah hilang sepenuhnya.

Melestarikan budaya daerah sudah menjadi kewajiban semua masyarakat dan pemerintah. Bila tidak di mulai dari diri sendiri, bisa jadi suatu saat nanti anak cucu kita tidak akan pernah mengetahui budaya asli Indonesia.

D. Contoh procedure text tentang makanan

Contoh procedure text tentang makanan
contoh.pro

Cara membuat Sponge Cake Pandan

Sponge cake adalah salah satu jenis cake dengan pembuatan yang mudah. Ada banyak variasi sponge cake yang sering di buat misalnya varian sponge cake coklat, keju, zebra, dan bahkan pandan untuk memberikan cita rasa yang Indonesia.

Aroma pandan yang wangi di padu dengan mentega yang gurih membuat sponge cake pandan ini menjadi favorit banyak orang. Bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat sponge cake pandan ini juga sangat mudah dan hampir selalu tersedia di dapur. Berikut ini beberapa cara membuat sponge cake pandan.

Bahan yang di butuhkan:

  • 100 gram mentega, lelehkan terlebih dahulu
  • 120 gram tepung terigu protein rendah
  • 75 gram gula pasir (untuk mengocok putih telur)
  • 50 gram gula pasir, pilih gula dengan butiran halus (untuk adonan kuning telur)
  • 30 ml air daun suji
  • 5 kuning telur
  • 5 putih telur
  • ½ sendoh teh cream of tartar
  • ½ sendok the garam

Cara membuat:

  1. Kocok kuning telur dengan 50 gram gula pasir hingga kental dengan menggunakan balon whisk. Setelah itu masukkan tepung terigu sambil di ayak sedikit demi sedikit. Aduk rata. Kemudian masukkan mentega leleh dan air daun suji. Aduk kembali hingga rata.
  2. Di wadah lain, kocok putih telur hingga berbusa. Kemudian masukkan cream of tartar dan garam dan kocok lagi hingga setengah mengembang. Setelah itu, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di kocok hingga benar-benar mengembang ringan.
  3. Kemudian masukan adonan putih telur pada adonan kuning telur sedikit demi sedikit. Aduk dua jenis adonan secara perlahan-lahan hingga menyatu dengan sempurna.
  4. Tuang adonan ke dalam Loyang yang sudah di oles dengan margarin dan di tabur dengan tepung terigu. Kemudian masukkan dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius selama 20-30 menit.
  5. Lakukan tes tusuk untuk memastikan bila cake sudah matang. Caranya dengan menusukkan tusuk sate ke dalam cake, bila tusuk sate bersih dan tidak ada adonan menempel, berarti kue sudah matang.
  6. Bila cake sudah matang, keluarkan dari oven. Tunggu sebentar hingga uap panasnya hilang dan lepaskan cake dari Loyang. Bila cake sudah agak dingin, cake siap di potong sesuai selera untuk di nikmati.

Membuat sponge cake pandan sangat mudah selama anda mengikuti semua langkah dengan benar. Daun pandan yang di gunakan untuk membuat sponge cake ini sebaiknya menggunakan daun pandan suji. Daun pandan suji mempunyai warna hijau alami yang cantik.

Anda bisa membuatnya dengan memblender beberapa lembar daun panda suji dengan air. Kemudian saring jus daun pandan dan biarkan airnya mengendap. Gunakan hanya endapan jus daun suji untuk warna sponge cake yang hijau cantik dan rasa yang wangi khas daun pandan.

Bila tidak mempunyai daun suji, anda bisa menggunakan essence pandan yang sudah di campur dengan air hingga 30 ml. Meskipun sama-sama berwarna hijau, namun sponge cake dengan menggunakan daun suji lebih wangi dan sedap. Namun, sponge cake dengan menggunakan ekstrak pandan warnanya lebih menyala dan menarik untuk di lihat.

E. Contoh procedure text tantang teknologi

Contoh procedure text tantang teknologi
www.contohteks.id

Cara mudah membuat channel YouTube

Menjadi Youtuber adalah salah satu cara untuk menjadi terkenal. Banyak orang yang mendadak menjadi terkenal karena sudah mengunggah berbagai macam konten di channel YouTube. Tidak di pungkiri bila kemajuan teknologi yang pesat menjadi sarana untuk mencari pundi-pundi rupiah.

Dari berbagai jenis sosial media, YouTube memang menjanjikan hasil yang cukup menggiurkan bagi mereka yang bisa di terima Adsense dan mempunyai subscriber yang banyak. Bukan hanya dari segi keuangan namun juga kepopuleran yang setara dengan artis atau selebritis.

Bila anda juga ingin menjadi seorang Youtuber, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk membuat channel sendiri.

  1. Sebelum anda membuat channel YouTube, anda harus mempunyai akun Gmail terlebih dahulu.
  2. Bila sudah mempunyai akun Gmail, anda bisa login ke YouTube dengan menggunakan akun tersebut. Di sini anda sudah mempunyai channel dengan nama bawaan dari email. Anda sudah bisa mengunggah konten pada channel ini. Namun bila anda ingin channel dengan nama yang lain, anda bisa melanjutkan cara berikut ini.
  3. Setelah masuk ke dalam YouTube, anda bisa membuka bagian sisi kanan dengan mengklik icon channel anda.
  4. Setelah di klik, akan muncul beberapa pilihan menu. Pilih icon gear atau menu setting.
  5. Kemudian akan muncul halaman dashboard. Nah, pada halaman ini anda bisa memilih pilihan buat channel baru atau add new channel pada bagian akhir dashboard.
  6. Pada jendela membuat channel baru, anda bisa memasukkan nama channel yang di inginkan pada kotak yang sudah di sediakan. Kemudian klik tombol create atau buat.
  7. Selamat! anda sudah mempunyai channel YouTube dan bisa mulai mengunggah konten.

Bila channel sudah berhasil di buat, anda bisa mengunggah konten yang orisinal. Selain itu, anda juga bisa menggunakan berbagai fitur dari Google untuk membantu memasarkan konten yang sudah anda buat. Usahakan untuk tidak melanggar peraturan yang sudah di tetapkan oleh YouTube Agar channel anda tidak di tangguhkan.

F. Contoh procedure text tentang cara membuat sesuatu

Contoh procedure text tentang cara membuat sesuatu
contoh.pro

Cara membuat layang-layang tradisional

Layang-layang adalah salah satu permainan tradisional yang semakin lama semakin kurang populer. Di samping karena perkembangan teknologi yang semakin pesat, lahan bermain layang-layang yang semakin berkurang membuat anak-anak kurang suka bermain permainan yang satu ini.

Berikut ini adalah cara mudah membuat layang-layang tradisional.

Bahan yang di perlukan:

  • Satu ruas bambu dengan diameter sekitar 1 cm dan panjang sekitar 90 cm
  • Satu ruas bambu dengan diameter sekitar 1 cm dengan panjang sekitar 50 cm.
  • Kertas minyak atau kertas tipis lain
  • Lem kertas
  • Spidol atau alat tulis berwarna
  • pita bila perlu
  • gunting/pisau
  • tali/benang/senar
  • penggaris

Cara membuat

  1. Langkah pertama adalah dengan membuat kerangka layang-layang. Siapkan 2 ruas bambu dengan panjang sekitar 50 cm dan 90 cm.
  2. Letakkan bambu secara menyilang dengan sisi kanan kiri sama panjang. Gunakan benang yang di talikan di bagian persimpangan bambu untuk mendapatkan sayap layang-layang sama sama kiri dan kanan.
  3. Kemudian ikatlah bagian sisi ujung layang-layang dengan menggunakan benang. Belah sedikit ujung layang-layang agar lebih mudah untuk mengikatnya.
  4. Siapkan kertas yang tipis dan letakkan di atas kerangka tersebut. Buat pola dengan menggunakan spidol atau alat tulis lain. Kemudian gunting kertas 1 atau 2 cm di luar pola sehingga nanti ukuran layang-layang bisa pas saat di lipat pada kerangka. Gunakan penggaris bila ingin bentuk layang-layang lebih presisi.
  5. Lipat bagian kertas yang di luar pola tadi ke arah belakang kerangka dan rekatkan dengan menggunakan lem sehingga menutupi keseluruhan benang kerangka.
  6. Agar tampilan layang-layang lebih menarik, anda bisa mengkreasikan layang-layang dengan menambah pita sebagai ekor atau menambah gambar warna-warni.

Baca Juga Pidato Bahasa Sunda

Membuat layang-layang sangat mudah dengan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar. Anda bisa menggunakan kertas minyak atau bahkan plastik tipis sebagai bahan layang-layang. Agar layang-layang bisa terbang dengan mudah, pastikan untuk membuat kerangka yang benar-benar seimbang sisi kiri dan kanannya.

Tinggalkan komentar