Site icon Made Blog

Contoh surat izin permohonan bantuan yang Baik dan Benar

Contoh surat izin permohonan bantuan yang Baik dan Benar

Contoh surat izin permohonan bantuan – Ketika suatu pihak menyelenggarakan sebuah acara tentu harus memiliki izin terlebih dahulu dari pihak yang bersangkutan. Misalnya saja saat ada acara pentas seni di sekolah. Tentu harus ada izin dari pihak sekolah.

Tidak hanya itu saja, permohonan bantuan harus memiliki izin juga. Hal ini berlaku untuk acara yang bersifat formal dan biasanya dari organisasi atau instansi tertentu. Contoh surat izin permohonan bantuan harus dibuat dengan rapi.

Tentang Surat Izin Permohonan Bantuan

Penyelenggara acara bisa mengajukan permohonan bantuan kepada suatu pihak untuk mendapatkan bantuan. Untuk acara yang bersifat formal permohonan bantuan tentu harus dengan izin dari pihak tertentu. Mengapa demikian?

Bantuan yang biasa diajukan adalah berupa dana. Tentu saja harus ada catatan secara rinci tentang berapa dana yang masuk dan yang keluar untuk mencegah adanya kecurangan. Apalagi untuk acara besar yang membutuhkan dana yang banyak.

Dengan adanya izin dari atasan maka bisa ditinjau terlebih dahulu apakan pihak pembantu yang akan dipilih sesuai dengan acara atau tidak. Selain itu jika ada masalah yang kemungkinan muncul bisa ditangani dengan cara yang lebih profesional.

Contoh surat izin permohonan bantuan juga sangat membuka peluang akan terkabulnya bantuan yang akan diminta. Pihak yang akan membantu akan lebih yakin untuk memberikan bantuan karena permohonan yang diajukan tampak lebih resmi dan formal. Jadi pemberi bantuan akan merasa lebih percaya.

Seperti contoh surat permohonan, surat izin harus menggunakan bahasa yang formal. Kalimat harus sesuai dengan ejaan yang dibenarkan dalam bahasa Indonesia. Isi dari surat harus jelas dan tidak membingungkan.

Contoh Surat Izin Permohonan Bantuan

Salah satu contoh surat izin permohonan bantuan adalah sebagai berikut.

 

OSIS SMA NEGERI 1 MENTARI

Jl. Madani No. 41 Titian

Serunai Selatan

Titian, 7 Mei 2000

Nomor    : 93/OSIS/IX/20

Perihal    : Izin Permohonan Bantuan

Lampiran : 1 bundel proposal

 

Kepada Yth.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mentari

Di tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya acara Pentas Seni dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-17 SMA Negeri 1 Mentari pada:

Hari        : Sabtu

Tanggal    : 3 Juni 2000

Tempat        : Halaman tengah SMA Negeri 1 Mentari

Maka diperlukan dana untuk kepentingan penyelenggaraan acara tersebut. Panitia pelaksana bermaksud memohon izin dari pihak sekolah untuk mengajukan bantuan dana kepada sponsorship sebagai berikut:

  1. PT. Intan Sentosa yang bergerak di bidang percetakan

Dengan alamat Jl. Sekarsari No. 11 Titian

  1. Toko Buku Jendela Dunia

Dengan alamat Jl. Madani No. 30 Titian

  1. Fusion Food Center yang bergerak di bidang kuliner

Dengan alamat Jl. Laras No. 03 Kecipir

Permohonan bantuan dana dari masing-masing sponsorship adalah sebesar Rp. 10.000.000. Kami melampirkan proposal yang berisi susunan acara, perlengkapan acara, dan rincian rencana pengeluaran dana sebagai pertimbangan pemberian izin.

Demikian surat izin permohonan bantuan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

Ketua OSIS                Sekretaris

 

Wahyu Gemuruh            Nawang Sekar

 

Mengetahui,

Pembina OSIS

Daniel Priyadi

Contoh surat izin permohonan bantuan yang Baik dan Benar

Exit mobile version