Beberapa Contoh Ramuan Herbal Beserta Manfaatnya yang Luar Biasa

Contoh Ramuan Herbal – Meskipun teknologi pada saat ini dikatakan sangat maju serta melalui perkembangan obat-obatan yang bagus, namun tak dipungkiri jika obat yang berasal dari tanaman herbal masih sering digunakan dalam upaya mengobati berbagai penyakit. Contoh ramuan herbal yang dapat menjadi obat pun ada beragam jenisnya.

Contents

Beberapa Contoh Ramuan Herbal

Beberapa Contoh Ramuan Herbal

Alasan yang sering dipakai saat orang lebih banyak memakai ramuan herbal dibandingkan dengan obat kimia adalah obat atau ramuan herbal lebih aman dan natural.

Obat-obatan tradisional juga membantu dalam menyembuhkan banyak sekali penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga pada penyakit yang berat. Sehingga, ramuan herbal ini tetap menjadi opsi utama yang paling efektif dan aman untuk dikonsumsi.

Macam-Macam Contoh Ramuan Herbal dan Manfaatnya

Macam-Macam Contoh Ramuan Herbal dan Manfaatnya

Berikut adalah bermacam-macam jenis ramuan atau obat herbal yang dapat digunakan dalam upaya mengobati berbagai penyakit, diantaranya.

Kunyit

Kunyit

Tanaman herbal satu ini adalah tanaman yang sifatnya tahunan dan tumbuh secara liar. Kunyit banyak dipakai sebagai ramuan yang berkhasiat untuk membersihkan, mengeringkan, menyejukkan, menghilangkan gatal, serta menyembuhkan kesemutan. Khasiat utama dari kunyit ini adalah sebagai ramuan herbal, bahan bumbu masak, bahan baku industri jamu dan kosmetik, peternakan, dan masih banyak lagi.

Fungsinya yang sebagai antioksidan, pembersih darah, antimikroba, mencegah kanker, anti tumor, hingga sebagai penurun lemak, dapat menjadikan tanaman herbal ini salah satu contoh ramuan herbal yang paling direkomendasikan.

Temulawak

Temulawak

Temulawak tumbuh subur di dataran rendah dan dapat dipanen setelah 8-12 bulan dengan memiliki daun yang menguning.

Minuman temulawak dapat dijadikan ramuan herbal yang dikonsumsi turun temurun dari nenek moyang. Khasiatnya sebagai anti oksidan dan juga memelihara kesehatan dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Keji Beling

Keji Beling

Ramuan herbal selanjutnya adalah keji beling. Tanaman ini dapat menyembuhkan kencing manis. Caranya yaitu dimakan dengan menjadikannya lalapan secara rutin setiap hari.

Tempuyung

Tempuyung

Daun tempuyung dapat menghancurkan batu ginjal karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Endapan dari batu ginjal dapat keluar bersama urin.

Contoh ramuan herbal yang satu ini dapat digunakan sebagai obat melalui lima lembar daunnya yang segar.

Beberapa Contoh Ramuan Herbal Beserta Manfaatnya yang Luar Biasa

 

Tinggalkan komentar