8 Contoh Paper yang Baik dan Benar dengan Berbagai Tema

Contoh paper – Mungkin sebagian banyak orang kebingungan apa itu paper. Sebenarnya paper itu adalah makalah yang biasanya sering dibuat oleh pelajar atau mahasiswa. Kebanyakan makalah ini membahas mengenai pendidikan untuk mengejar gelar diploma, sarjana, magister atau doktor.

Makalah termasuk karya ilmiah, sehingga dalam pembuatannya dibutuhkan tata cara penulisan yang benar. Adapun format penulisan makalah yang benar, yaitu:

  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. Rumusan masalah
  4. Kajian teori
  5. Pembahasan
  6. Kesimpulan

Nah, bagi Anda yang ingin membuat paper atau makalah yang baik dan benar, Anda perlu menyimak contoh-contoh paper berikut ini. Yang mana diharapkan contoh-contoh ini bisa memberikan kemudahan dalam pembuatan paper. Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan mengenai contoh paper lengkap, yang didahului dengan langkah-langkah membuat paper.

Contents

Langkah Dalam Membuat Paper

Langkah Dalam Membuat Paper
hi.umy.ac.id

Sebelum membuat paper, tentu saja Anda harus mengetahui langkah-langkah membuat paper. Dengan mengetahui langkah-langkahnya, Anda akan semakin mudah untuk membuatnya serta sesuai dengan format penulisan yang telah ditentukan. Adapun berikut ini langkah-langkahnya:

  • BAB I  berisi tentang PENDAHULUAN

Latar Belakang : yang mana latar belakang ini berisi mengenai dasar dan sebab pembuatan paper tersebut.

Tujuan : pada pembahasan ini membahas tentang tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan paper.

  • BAB II berisi tentang DASAR TEORI

Pada bab ini berisi teori- teori yang akan dibahas. Yang mana teori ini sesuai dengan bukti ilmiah.

  • BAB III : PEMBAHASAN

Pada bab ini membahas tentang data-data yang didapat di lapangan. Nantinya data-data ini akan disesuaikan dengan data yang didapat sesuai. Apakah data tersebut sesuai dengan teori atau tidak.

  • BAB IV : PENUTUP atau KESIMPULAN

Di bab terakhir ini berisi tentang kesimpulan dari isi dan pembahasan yang telah dibuat pada paper tersebut, bisa juga ditambah dengan saran.

Contoh Paper Kuliah

Contoh Paper Kuliah
thegorbalsla.com

“PENGARUH KONVERGENSI MEDIA PADA PERGAULAN ANAK MUDA”.

BAB I : PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Tekhnologi di zaman globalisasi seperti saat ini perkembangannya memang sudah lebih maju jika dibandingkan dengan zaman sebelumnya. Pada zaman ini berbagai perkembangan sudah terjadi begitu cepat dan teknologi informasi begitu mudah diakses.

Menggunakan sistem internasional bisa lebih mudah untuk mengakses setiap informasi dari setiap negara. Orang yang hidup di zaman ini memang tidak bisa menghindar dari perkembangan teknologi yang ada. Bahkan, setiap hari ada saja perubahannya.

Sehingga mau bagaimanapun pasti akan mempengaruhi pola hidupnya. Salah satu bukti nyata dari perkembangan tekhnologi yaitu terbentuknya konvergensi media, sehingga bisa mempermudah dalam mengakses informasi melalui online.

Tentu saja konvergensi media ini memiliki pengaruh terhadap pergaulan anak muda di dunia maya. Selengkapnya akan dibahas pada makalah kali ini mengenai pengaruh adanya konvergensi media terhadap pergaulan anak muda di dunia maya,.

Tujuan

Membuktikan apa saja pengaruh dari adanya konvergensi media terhadap pergaulan anak muda di dunia maya.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup konvergensi media berupa segala bentuk media teknologi informasi.

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Perkembangan tekhnologi di zaman globalisasi seperti saat ini memang sudah lebih maju jika dibandingkan dengan zaman sebelumnya. Pada zaman ini berbagai perkembangan sudah terjadi begitu cepat. Bahkan, teknologi informasi begitu mudah diakses dari berbagai belahan dunia. Menggunakan sistem internasional bisa lebih mudah untuk mengakses setiap informasi dari setiap negara.

Di zaman ini, setiap orang tidak dapat menghindar dari perkembangan teknologi yang ada. Bahkan, setiap hari ada saja perubahannya. Sehingga mau bagaimanapun pasti akan mempengaruhi pola hidupnya. Salah satu bukti nyata dari perkembangan tekhnologi yaitu terbentuknya konvergensi media, sehingga bisa mempermudah dalam mengakses informasi melalui online. 

BAB III : PEMBAHASAN

Masyarakat yang hidup di zaman globalisasi ini dituntut untuk menguasai media agar tidak ketinggalan zaman. Salah satunya yaitu media informasi apapun yang dimuat didalamnya. Yang melatarbelakangi perkembangan tekhnologi yaitu media menjadi sasaran kepentingan para investor. Masyarakat pastinya sudah paham mengenai permasalahan ini.

Media menjadi wadah bagi aspirasi masyarakat untuk mengeluarkan pendapatnya dengan terbentuknya konvergensi. Media informasi canggih yang sudah tersedia ini bisa digunakan masyarakat ketika tidak bisa memanfaatkan media konvensional. Dengan adanya media informasi yang canggih ini bisa membantu problematika politik yang menggelitik.

BAB IV : PENUTUP

Hasil pembahasan mengenai pengaruh konvergensi media terhadap pergaulan anak muda, memberikan kesimpulan bahwa perkembangan teknologi informasi cukup membantu dari berbagai aspek, baik itu aspek pendidikan, sosial dan lain sebagainya. Terutama aspek yang paling mendukung yaitu aspek politik.

Contoh Paper Ilmiah

Contoh Paper Ilmiah
dosensosiologi.com

“PENYALAHGUNAAN INTERNET”.

BAB I : PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Komunikasi antar masyarakat di seluruh penjuru dunia yang semakin dibutuhkan inilah yang menjadi latar belakang adanya internet. Seperti halnya komunikasi untuk kepentingan militer, forum, bisnis, berita dan pertukaran informasi secara global. Dengan adanya internet, tentu saja bisa mempermudah dalam melakukan komunikasi dimana saja dan kapan saja. 

Kebanyakan pengguna internet adalah kaum remaja yang banyak digunakan sebagai media global untuk kepentingan pendidikan, sosialisasi, atau kepentingan pribadi lainnya. Tak hanya kaum remaja, internet juga dimanfaatkan oleh berbagai kalangan termasuk kalangan orang tua untuk menunjang pekerjaannya. Namun, kebanyakan internet ini lebih banyak digunakan oleh anak muda. 

Selain  internet bisa memberikan manfaat, bisa juga memberikan dampak buruk. Kalangan yang paling banyak menyalahgunakan penggunaan media internet yaitu remaja. Apalagi kini media sosial semakin banyak digunakan seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Dengan adanya media sosial ini setiap orang bisa lebih mudah untuk mencari informasi apapun.

Dampak lain yang dirasakan oleh pengguna jejaring sosial, khususnya remaja yaitu kurangnya bersosialisasi di dunia nyata, karena lebih suka bersosialisasi di dunia maya. Sehingga bisa berakibat kecanduan, bahkan bisa mendapatkan dampak yang lebih buruk lagi. Kecanduan internet juga bisa berdampak pada prestasi belajar, sehingga yang awalnya bagus bisa menurun.

Penyalahgunaan media sosial oleh remaja kini memang kerap dilakukan. Seperti halnya menggunakan membagi curahan hati, yang parahnya menggunakan kata kotor untuk mengungkapkan perasaannya di jejaring sosial. Parahnya lagi berawal dari media sosial ini bisa terjadinya criminal. 

Tujuan

Tujuan dari pembahasan ini yaitu untuk mengetahui efek penyalahgunaan internet pada remaja.

Ruang Lingkup

Remaja dan media internet.

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Keadaan remaja yang masih dalam tahap peralihan dari anak-anak menjadi dewasa dengan kata lain masih labil, inilah yang menjadi sebab kenapa adanya penyalahgunaan internet. Meskipun begitu, tidak semua penggunaan internet ini bisa memberikan hal negatif, masih banyak hal positif yang didapatkan. 

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan penggunaan internet jika digunakan dengan baik dan benar. Seperti halnya penyebaran berita positif tidak hoax, bisnis online, silaturahmi dengan teman lama dan lain sebagainya. Penggunaan internet bisa memberikan dampak baik atau buruk ini tergantung dari setiap penggunanya. 

BAB IV : PENUTUP

Kesimpulan

Jika digunakan dengan bijak dan sesuai dengan fungsinya, sebenarnya internet ini memiliki banyak manfaat. Yang mangakibatkan adanya penyalahgunaan internet yaitu karena kondisi psikologis remaja yang labil, suka coba-coba, suka mengekspresikan diri dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Maka dari itu, remaja yang menggunakan internet ini perlu perhatian lebih untuk mengantisipasi penyalahgunaan. 

Dewasa ini penggunaan fasilitas memang banyak sekali, baik itu di sekolah, universitas, tempat makan dan lain sebagainya. Hal inilah yang memicu remaja lebih mudah untuk menggunakan internet, baik itu untuk keperluan sekolah dan lain sebagainya. Apapun yang dilakukan dengan niat yang baik, tentu saja akan mendapatkan hasil yang baik dan sebaliknya, seperti halnya dalam penggunaan internet.

Contoh Paper Penelitian

Contoh Paper Penelitian
www.bagi-in.com

KARAKTERISTIK PENDERITA PENYAKIT INFEKSI KULIT PADA MASYARAKAT”

BAB I : PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Daerah yang berada di iklim tropis banyak ditemukan penyakit kulit yang termasuk kategori infeksi. Hal ini dikarenakan pada daerah ini lingkungan sosial ekonominya cenderung rendah. Salah satu wilayah yang memiliki iklim tropis yaitu Kecamatan Winosa Kabupaten Karangmanis Provinsi Bali. Selain itu wilayah ini mayoritas sosial ekonominya masih rendah. 

Di wilayah ini, terdapat penyakit kulit infeksi yang mendominasi yang berada di urutan ke 4 dari sepuluh penyakit kulit lainnya. 

Tujuan

Materi ini dibuat bertujuan untuk mengetahui karakteristik penderita penyakit infeksi kulit pada penduduk di Kecamatan Winosa.

Metode

Metode yang digunakan yaitu desain penelitian analitik eksperimen, diagnosis berdasarkan anamnesa dan pemeriksaan fisik klinis serta pemeriksaan penunjang yang dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium.

Hasil

Penderita penyakit kulit di Kecamatan Winosa yaitu 124 orang. Orang yang menderita penyakit kulit infeksi yaitu 95 orang. 48,5% mikosis, 30,9% skabies, 3,2% folikulitis, 6,5% impetigo dan 8,9% ektima Jika dibandingkan antara pria dan wanita yaitu 2 : 1. Penyakit ini didominasi oleh laki-laki yang berusia sekitar 26 sampai 45 tahun. Kebanyakan penderita yaitu bekerja dibidang pertanian dan peternakan.

Kesimpulan

Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa laki-laki yang mendominasi penyakit kulit infeksi. Kebanyakan penderita ini berusia sekitar 26-45 tahun. Pekerjaan yang dilakukan penderita yaitu dibidang pertanian dan peternakan.

Contoh Paper Skripsi

Contoh Paper Skripsi
pixabay.com

“PERBEDAAN NERVE TRUNK DAN NMES PADA PENAMBAHAN OTOT TRICEPS”.

 

Latar Belakang

Untuk meningkatkan prestasi pencak silat, otot memiliki peran yang penting. Karena otot memiliki kemampuan lebih dan yang paling utama. Dalam rangka meningkatkan kemampuan otot ini dibutuhkan cara untuk meningkatkan kemampuan otot.

Dari sekian banyak cara, cara yang paling tepat untuk diterapkan yaitu meningkatkan kemampuan otot menggunakan Neuromuscular Electrical Stimulation (NMES). Dengan menggunakan cara ini, otot bisa menjadi berkontraksi karena menggunakan arus listrik.

Arus listrik yang digunakan dengan cara ini yaitu intensitas 50 Hz dengan durasi 100 dalam 10 Menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara ini dilakukan tiga kali selama seminggu dalam satu bulan. 

Tujuan

Tujuan dari pembahasan materi kali ini yaitu untuk mengetahui perbedaan NMES pada group otot. Penambahan otot triceps pada atlet pencak silat.

Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif crosssectional. Sampel di ambil dengan teknik keseluruhan populasi. Penelitian ini dikerjakan di padepokan pencak silat, yang bertempat di mojosongo serta PPLP JATENG. Penggunaan NMES serta nerve trunk untuk 15 orang dalam setiap grup.

Penelitian ini menggunakan Design Pre and Post Test with two Grup Design. Penelitian ini juga menggunakan analisa data memakai uji statistik Parametrik.

Hasil Riset

Dari uji statistik pada grup otot yang PPLP hasil yang didapatkan ada penambahan otot tricep pada atlit pencak silat yaitu P = 0,05. Sedangkan untuk nilai P= 0,05 ada dampak NMES pada grup otot nerve trunk serta penambahan sebesar 15, 87 % untuk nilai mean. 

Kesimpulan 

Kesimpulan yang bisa diambil dari pembahasan tersebut yaitu penelitian yang dilakukan ini Adanya perbedaan pada atlit pencak silat terhadap pengaruh NMES pada grup otot nerve trunk.

Contoh Paper Ekonomi

Contoh Paper Ekonomi
arrahmanboge.sch.id

PERTUMBUHAN EKONOMI DI NEGARA YANG BERKEMBANG”.

BAB I : PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Produksi barang dan jasa semakin meningkat karena adanya pertumbuhan ekonomi. Sehingga ini berdampak pada perubahan masyarakat dalam jangka waktu yang panjang. Pada abad ke dua, pertumbuhan ekonomi ini mulai berkembang pesat, jika dibandingkan dengan adab sebelumnya. Meski begitu, pertumbuhan ekonomi dari satu Negara dengan Negara lainnya tentu saja mengalami perbedaan.  

Perkembangan ekonomi di Indonesia belum mengalami peningkatan drastis, karena Indonesia merupakan Negara yang berkembang. Pengaruh ekonomi di Indonesia yang belum mengalami peningkatan dikarenakan belum bisa mendapatkan pekerjaan yang layak serta banyaknya pengangguran. 

Tujuan

Tujuan penulisan kali ini yaitu untuk mengetahui penyelesaian masalah ekonomi di negara berkembang seperti Indonesia.

BAB II : PEMBAHASAN

Umumnya, pertumbuhan ekonomi di suatu Negara dipengaruhi oleh 4 faktor. Seperti halnya stok barang modal, jumlah penduduk, kekayaan alam dan kecanggihan teknologi. Namun, faktor utama pertumbuhan ekonomi yaitu jumlah penduduk.

Pendapatan perkapita akan lebih rendah dari produksinya jika penduduknya sedikit dan sebaliknya. Pendapatan perkapita akan lebih tinggi daripada produksi marginal, jika  penduduknya semakin banyak.

BAB III : PENUTUP

Kesimpulan

Pemerintahan Indonesia perlu mengupayakan kebijakan dalam upaya peningkatan ekonomi, karena di Indonesia pertumbuhan ekonominya masih lemah. 

Contoh Paper Sejarah

Contoh Paper Sejarah
www.karanbajaj.com

“KERJASAMA NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA”

BAB I :PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Seseorang tidak akan bisa hidup sendiri. Sehingga dalam keadaan apapun masih membutuhkan bantuan orang lain. Contoh kecilnya, ketika semut ingin mengangkat makanan, ia tidak akan bisa melakukannya sendirian. Namun dengan gotong royong dan saling membantu maka makanan yang berat tersebut akan terasa ringan untuk dibawa. 

Hal ini juga berlaku pada manusia, yang mana manusia tidak akan pernah bisa untuk menanggung pekerjaan berat sendirian. Sehingga membutuhkan kerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Adapun bentuk kerjasamanya seperti bekerja sama dalam bermasyarakat, dalam suatu kelompok, dan lain sebagainya. Bahkan, negara juga melakukan kerjasama dengan Negara lain, salah satu contohnya yaitu ASEAN. 

Seperti yang telah kita ketahui ASEAN merupakan kumpulan kerjasama antara negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Dengan kata lain, ASEAN merupakan oraganisasi perhimpunan bangsa-bangsa yang ada di Asia Tenggara. Lebih tepatnya ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok Thailand. Negara yang masuk pada perkumpulan ASEAN seperti Indonesia, Filiphina, Malaysia, Singapura dan Thailand yang sekaligus sebagai pelopor terbentuknya ASEAN.

Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui kerjasama yang dijalin antar Negara-negara di ASEAN dalam melindungi negara-negara Asia tenggara.

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Seperti yang kita ketahui bahwa Negara-negara yang berada di Asia Tenggara memiliki letak geografis yang sangat strategis. Hal ini terlihat dari kekayaan alam yang sangat melimpah. Sehingga banyak bangsa luar negeri yang ingin menjajah Negara Asia dengan cara berdagang. Negara eropa seperti Amerika serikat, Spanyol, Inggris, Portugis, Prancis dan Belanda yang mencoba untuk memasuki kawasan Asia Tenggara.

Setelah mengalami penjajahan puluhan tahun, negara-negara di Asia Tenggara yang dijajah tersebut akhirnya bisa merdeka. Hal ini dikarenakan memiliki nasib yang sama, sehingga muncul keinginan untuk membentuk organisasi kerjasama antar Negara di Asia Tenggara. Yang diharapkan bisa menunjang keamanan dan ketentraman sesama negara Asia Tenggara yang disebut dengan ASEAN. Thailand, Malaysia, Singapura, Filiphina dan Indonesia merupakan Negara-negara pelopor terbentuknya organisasi ASEAN.

BAB III : PEMBAHASAN

Tujuan dari pembentukan organisasi ASEAN yaitu untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang. Seperti halnya bidang ekonomi, sosial, politik. Selain itu, terbentuknya ASEAN ini juga untuk meningkatkan perdamaian dunia di Negara-negara di Asia Tenggara.

BAB IV : PENUTUP

Kesimpulan

Tujuan dari terbentuknya ASEAN yaitu menciptakan ketertiban dan perdamaian dunia, khususnya di Asia Tenggara.

Contoh Paper Statistika

Contoh Paper Statistika
Contoh Paper Statistika

MEDIA PERTUKARAN”

BAB I : PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Media sangat dibutuhkan dalam ekonomi untuk pertukaran. Seperti halnya media pertukaran yang saat ini digunakan yaitu uang. Nominal yang dipertukarkan disebut dengan harga. Harga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor ekonomi, politik dan sosial. Sehingga dalam suatu Negara statistika mendominasi dalam pergeseran rupiah.

Tujuan

Mengetahui berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pertukaran dalam ekonomi.

BAB II : DASAR TEORI

Statistika memiliki pengertian yang dibedakan menjadi dua yaitu dalam arti luas dan sempit. Adapun berikut ini pengertian dari keduanya:

Pengertian statistika dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Statistika dalam arti sempit adalah angka yang tersusun dalam suatu daftar tabel, diagram dan grafik.
  2. Statistika dalam arti luas yaitu disiplin ilmu dengan cara mengumpulkan bahan, mengolah dan menganalisanya. Setelah itu menjelaskan dan memberikan kesimpulan.

BAB III : PEMBAHASAN

Model pembelajaran statistika yang berhubungan dengan fluktuasi suatu harga. Model pembelajaran ini dilakukan dengan cara pengumpulan bahan dan keterangan. Bahkan perlu juga untuk melakukan pengolahan dan menganalisa keuangan, lalu penarikan kesimpulan dari harga tersebut.

BAB IV : PENUTUP

Kesimpulan

Dari pembahasan tersebut bisa disimpulkan angka yang bisa digunakan dalam membandingkan antara kegiatan ekonomi yang sama, seperti produksi, impor, ekspor dan hasil dari periode yang berbeda. Untuk menyelesaikan proses menghitung harga dalam perekonomian, angka indeks ini sangat bermanfaat.

Contoh Paper Pajak

Contoh Paper Pajak
jojonomic.com

PAJAK DI INDONESIA”

BAB I : PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Dalam sebuah Negara, pajak memang diberlakukan. Jika didefinisikan, pajak adalah pemberian nominal kekayaan dari perorangan kepada Negara. Pembayaran pajak pada awalnya hanya sukarela dari perorangan. Yang mana pembayaran pajak ini awalnya digunakan untuk menyediakan fasilitas umum seperti jalan umum, menjaga keamanan, pembayaran gaji pegawai dan lain sebagainya oleh perorangan. Pembayaran pajak memang haruslah rutin dan ada sanksi bagi yang tidak membayarnya. 

Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui perbedaan subjek pajak, objek pajak dan syarat pajak. Hal-hal lain yang berhubungan dengan pajak juga perlu untuk diperhatikan.

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Subjek pajak yaitu semua pihak yang sudah memenuhi syarat secara subjektif. Syarat wajib pajak yaitu warga negara indonesia (WNI). Sedangkan objek dari pajak yaitu segala sesuatu yang terkena wajib pajak yang telah memenuhi kriteria objektif di atas.

Dalam pemungutan pajak, salah satu faktor yang menentukan keadilan yaitu tarif pajak. Sedangkan utang pajak berupa sanksi pajak bunga, atau kenaikan yang dicantumkan dalam surat pajak yang sudah disesuaikan dengan peraturan undang-undang. 

BAB III : PEMBAHASAN

Subjek pajak yaitu semua pihak yang sudah memenuhi syarat secara subjektif. Syarat wajib pajak yaitu warga negara indonesia (WNI). Sedangkan objek dari pajak yaitu segala sesuatu yang terkena wajib pajak yang telah memenuhi kriteria objektif di atas.

Salah satu faktor yang menentukan keadilan dalam pemungutan pajak yaitu tarif pajak. Sedangkan utang pajak berupa sanksi pajak bunga, atau kenaikan yang dicantumkan dalam surat pajak yang sudah disesuaikan dengan peraturan undang-undang. 

BAB IV : PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa diambil dari pembahasan ini yaitu adanya pajak ini bagi masyarakat bisa dijadikan sebagai bahan belajar tentang kedisiplinan dalam keuangan dan kewajiban terhadap negara.

Baca Juga Contoh Kata Pengantar Makalah

Itulah ulasan lengkap mengenai paper atau makalah. Diharapkan setelah membaca artikel ini, Anda bisa lebih mudah dalam membuat paper atau makalah dengan baik dan benar. Karena makalah sebenarnya mudah dan bukan menjadi masalah. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar