8 Contoh Kliping yang Baik dan Benar beserta Cara Membuatnya

Contoh kliping – Pembuatan dari kliping sendiri kerap kali dijadikan sebagai tugas oleh para guru kepada siswanya namun di masyarakat sendiri aktivitas dalam pembuatan kliping pun juga sering terjadi dilakukan oleh para ibu rumah tangga.

Dengan tujuan hanya sekedar mengoleksi resep yang berasal dari media cetak seperti koran ataupun majalah. Jadi pembuatan kliping sendiri bukan hanya belajar saja namun juga bisa di lakukan oleh mahasiswa di perguruan tinggi bahkan di masyarakat sekitar.

Pengertian dari kliping merupakan guntingan dari artikel yang awalnya berasal dari surat kabar, koran, majalah, buletin, dan media lainnya di mana guntingan artikel tersebut nantinya akan di tempelkan pada kertas. Maksud dari pembuatan kliping sendiri umumnya digunakan untuk mendokumentasikan maupun mengumpulkan beberapa informasi dengan tema yang tertentu.

Mengenai tujuan serta manfaat dari kliping bagi para pelajar tentunya agar para pelajar ar-risalah belajar untuk membaca surat kabar dari usia dini. Dengan adanya tujuan tersebut tentunya di dalam proses pembuatan kliping sendiri juga perlu diperhatikan tekniknya.

Terdapat urutan cara dalam pembuatan kliping yang pertama yakni penentuan tema, kemudian ada pengumpulan data serta bahan, menyiapkan beberapa alat, menggunting data serta bahan yang kemudian di tempelkan pada kertas putih biasa, Kemudian Anda juga harus membuat cover kliping dan yang terakhir ialah menyusun kliping sesuai dengan sistematika yang ada. 

Sendiri terdapat sistematika yang terdiri atas dari cover kliping, kedua adanya kata pengantar, yang ketiga ada daftar isi, kemudian susunan kliping yang sesuai dengan daftar isi dan yang terakhir ialah kesimpulan beserta dengan daftar pustakanya. 

Sangat disarankan untuk Anda membuat cover yang sangat menarik sehingga nantinya para pembaca pun dapat tertarik untuk membuka kliping yang Anda buat tersebut.

Pada bagian kata pengantar sifatnya adalah opsional jika memang Anda menyukainya maka Anda dapat membuatnya, Sedangkan untuk yang lainnya akan lebih baik jika anda mencantumkan saja di dalam kliping.

Contents

Cara Yang Tepat Dalam Pembuatan Kliping

Cara Yang Tepat Dalam Pembuatan Kliping
ciputrauceo.net

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kliping umumnya berasal dari media cetak, akan tetapi dikarenakan perkembangan media elektronik yang semakin meningkat seperti halnya internet menjadikan kebanyakan orang berani untuk menjadi bahan dari internet.

Dan manfaat dari kliping sendiri sepertinya sangat banyak sekali, misalnya saja terdapat seorang guru yang memberikan tugas PR kepada siswanya dan hal ini sebenarnya sangat bermanfaat agar bisa melatih kreativitas serta menambah wawasan para pelajar.

Dalam pembuatan kliping sendiri para siswa itu nantinya akan belajar mencari bahan-bahan yang relevan dari sumber-sumber yang berbeda sehingga pada saat mereka masuk ke perguruan tinggi mereka pun tidak akan ketinggalan dengan adanya tugas-tugas yang seperti.

Manfaat dari klip sendiri juga berbeda-beda karena sesuai dengan tujuannya, pada setiap pelajar membuat kliping memiliki tujuan untuk memenuhi tugas sekolah. Sedangkan para ibu rumah tangga membuat kliping karena keperluan masak dan para pebisnis pun membuat kliping yang bertujuan untuk keperluan usahanya.

Langkah Dalam Pembuatan Kliping

Langkah Dalam Pembuatan Kliping
sarungpreneur.com
  • Sebelum Anda membuat kliping, maka Anda harus membuat tema terlebih dahulu. Contohnya saja, Anda ingin membuat kliping dengan tema bidang pertanian maka Anda pun juga harus mengisi seluruh kliping yang membahas mengenai masalah pertanian. Dan jangan sampai memasukkan bahan artikel yang tidak sesuai dengan tema.
  • Pengumpulan bahan kliping bisa dilakukan dengan cara mencari di media cetak seperti majalah, surat kabar atau pun bisa mencarinya di internet.
  • Ketika bahan dari kliping sudah terkumpul maka langkah yang berikutnya ialah Anda harus menyiapkan alat-alat yang menunjang pembuatan kliping seperti gunting, lem, dan juga penggaris.
  • Sebelum Anda melakukan proses pengguntingan maka persiapkanlah beberapa lembar kertas HVS atau kertas putih yang nantinya digunakan sebagai media untuk menempelkan bahan berita yang di gunting.

Dan berikut ini ialah sedikit ulasan mengenai contoh-contoh kliping yang bisa menjadi referensi bagi anda ketika membuat kliping secara benar.

Contoh Kliping Fenomena Bencana Alam

Contoh Pembuatan Kliping Fenomena Bencana Alam
thegorbalsla.com

Bencana Alam Tsunami Di Aceh

Bencana alam tsunami yang terjadi di daerah Aceh pada tahun 2004 silam menjadi salah satu bencana alam paling dahsyat di yang pernah terjadi di negara Indonesia. Bahkan juga menjadi salah satu bencana alam paling dahsyat di dunia dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. 

Gempa dengan kekuatan 9,3 skala Richter ini juga sudah menghancurkan Aceh yang ada di bagian utara tepatnya berada di pantai barat semanjung Malaysia, pantai timur India, Sumatera Utara, Sri Lanka, negara Thailand bahkan sampai ke pantai timur Afrika.

Bencana alam ini sekaligus menjadi kematian terbesar sepanjang sejarah negara Indonesia sebab telah tercatat sekitar 126.000 jiwa yang telah meninggal sedangkan lebih dari 30.000 jiwa yang dinyatakan menghilang.

Gempa Bumi Yang Terjadi Di Pulau Sumatera Barat

Sumatera barat menjadi pulau yang juga pernah terjadi gempa bumi yang mana bencana alam tersebut mengakibatkan beberapa wilayah mengalami kerusakan yang cukup parah. Wilayah-wilayah tersebut diantaranya ialah kabupaten Agam, kota Solok, kota Padang panjang, kabupaten Pasaman barat, kota Bukittinggi, kabupaten pesisir Selatan, kota Pariaman, kabupaten Padang Pariaman, dan yang terakhir adalah kota Padang.

Bukan hanya menimbulkan kerusakan saja, gempa bumi dengan kekuatan 7,6 skala Richter ini juga mengakibatkan banyak korban jiwa. Dari data yang diperoleh dari satkorlak PB, terdapat kurang lebih 6.234 orang yang meninggal, yang mana korban-korban tersebut tersebar di antara tiga kota dan juga empat kabupaten. 

Sedangkan untuk korban yang mengalami luka berat kurang lebih sebanyak 1214 orang, dan korban yang mengalami luka ringan sebanyak 1688 orang, serta terdapat 1 orang yang hilang.

Namun rupanya gempa dahsyat tersebut bukan hanya menimbulkan banyak kerusakan serta menimbulkan korban jiwa yang melayang namun juga mengakibatkan kebakaran yang terjadi di beberapa titik bahkan sampai putus jaringan telekomunikasi.

Tragedi Meletusnya Gunung Merapi Di Yogyakarta

Jawa tengah memiliki gunung berapi yang berada saat ini ini masih aktif yang mempunyai siklus erupsi 2 sampai 5 tahun. Pada kurun waktu 10 tahun terakhir gunung berapi sendiri sudah mengalami letusan besar selama dua kali. untuk larutan yang pertama terjadi di tahun 2006 tepatnya pada bulan Juli dan letusan yang kedua terjadi pada tanggal 5 November di tahun 2010 silam.

Batasan yang terjadi pada tahun 2010 silam merupakan letusan yang paling terbesar sejak tahun 1872. Bahkan luncuran awan pada tahun 2010 menjadi 15 KM dan hal itu lebih tinggi dibandingkan di tahun 2006. Letusan dari gunung berapi tersebut juga mengakibatkan banyaknya nyawa yang menghilang yakni sebanyak 200 orang lebih.

Contoh Kliping Pendidikan Kewarganegaraan Atau PKN

Contoh Pembuatan Kliping Pendidikan Kewarganegaraan Atau PKN
saatsantai.com

Kejadian Kasus Dari Pelanggaran HAM Yang Terjadi Di Negara Indonesia

Kasus dari pelanggaran HAM atau hak asasi manusia masih saja terjadi bahkan sampai saat ini. Pemerintah sudah membuat undang-undang yang berusaha menegakkan hal tersebut namun seolah-olah undang-undang tersebut tidak ada fungsinya sama sekali. 

Kecuali jika memang terdapat pelanggaran maka undang-undang tersebut akan digunakan. Bahkan ketika kita kembali ke beberapa waktu yang lalu maka kita pun akan menjumpai beragam macam jenis kasus dari pelanggaran hak asasi manusia yang kecil bahkan sampai yang berat terjadi di negara Indonesia.

Beberapa kasus tersebut di antaranya ialah:

  • Kasus HAM Pembantaian Santa Cruz Pada Tahun 1991

Pembantaian ini terjadi pada tahun 1991 tepatnya di tanggal 12 November yang juga termasuk ke dalam catatan kasus pelanggaran HAM di negara Indonesia.

Dan yang membuat publik tercengang ialah pembantaian tersebut rupanya dilakukan oleh anggota militer yang berasa itu para warga sipil tengah menghadiri pemakaman dari salah satu rekannya yang dimakamkan di pemakaman Santa Cruz. Banyak orang yang menilai jika kejadian tersebut merupakan murni dari pembunuhan.

  • Peristiwa Tanjung Priok Merupakan Kasus HAM Bersejarah Pada Tahun 1984

Bentrok yang terjadi di antara warga sekitar dan juga aparat di tahun 1984. Dimana bentrokan tersebut terjadi bermula dari adanya permasalahan sara dan juga unsur politis.

Masyarakat yang tinggal di sekitar makam Mbah Priok tentunya melaksanakan demonstrasi kepada aparat dan sekaligus kepala pemerintah karena pemerintah memiliki niat untuk memindahkan makam keramat Mbah Priok tersebut.

Demonstrasi tersebut menjadi Salah satu bentuk penolakan warga sekitar terhadap niat pemerintah tersebut. Pada peristiwa tersebut rupanya telah terjadi pelanggaran HAM karena banyaknya korban yang meninggal dunia terlebih lagi warga sipil karena mereka mengalami penembakan serta kekerasan dari aparat.

  • Pada Tahun 1996 Terjadi Kasus HAM Yang Menimpa wartawan Udin

Tepatnya di tanggal 6 Agustus seorang wartawan yang bernama Fuad Muhammad syafruddin atau yang dikenal sebagai Udin mengalami penganiayaan yang berujung hilangnya nyawa wartawan tersebut. 

Peristiwa tersebut terjadi di Yogyakarta dimana sebelum meninggal sang wartawan tersebut kerap kali menulis sebuah artikel mengenai kritikan untuk kebijakan-kebijakan pemerintah militer dan juga orde baru. Diduga wartawan Udin mengalami penculikan yang kemudian dianiaya oleh orang yang tidak dikenal sehingga pada akhirnya wartawan tersebut ditemukan dengan kondisi yang sudah tidak bernyawa.

  • Kasus HAM Dari Peristiwa Trisakti Dan Semanggi Pada Tahun 1998

Tragedi Trisakti sendiri terjadi pada tanggal 12 Mei tahun 1998, di mana peristiwa tersebut adalah gerakan dari era reformasi. Gerakan tersebut di picu dengan adanya krisis moneter dan juga tindakan KKN oleh presiden Soeharto sehingga menjadikan mahasiswa melaksanakan demo di berbagai wilayah.

Karena hal ini ini rupanya berujung kepada bentrok di antara aparat kepolisian dan juga para mahasiswa. Tragedi Trisakti ini telah mengakibatkan 4 orang mau meninggal dunia dan terdapat banyak korban yang mengalami luka serius.

Sementara itu, tragedi Semanggi terjadi sebanyak 2 kali yang mana pada kejadian yang pertama di tanggal 11 sampai 13 November 1908 dan tragedi yang ke-2 terjadi di tanggal 24 September tahun 1999. Dari kedua tragedi Semanggi tersebut juga sama-sama mengakibatkan korban jiwa meninggal dunia.

  • Kasus HAM Peristiwa 27 Juli Tahun 1996

Terdapat kasus HAM di mana para pendukung Megawati Soekarnoputri menyebut dan juga mengambil alih kantor DPD PDI yang saat itu berada di Jakarta pusat.

Kerusuhan tersebut akhirnya sampai meluas ke jalan dan berujung perusakan rambu lalu lintas. Dan menurut Komnas hak asasi manusia di dalam peristiwa tersebut telah terbukti terdapat adanya pelanggaran HAM.

  • Kasus HAM Aksi Bom Bali Tahun 2002

Pada tahun 2002 ramai sekali diberitakan adanya yang sering diletakkan di kawasan Legian yang berada di Kuta Bali. Pelaku dari pengeboman tersebut merupakan kelompok dari jaringan teroris yang tak ayal peristiwa tersebut tentunya menimbulkan kepanikan yang sangat besar di negara Indonesia namun juga sekaligus menjadi pemicu tindakan terorisme yang serupa di kemudian hari. 

Kasus ini menjadi peristiwa terorisme terbesar, sebab menghilangkan ratusan nyawa sekaligus turis asing.

  • Kasus HAM Pembunuhan Munir Tahun 2004

Tepatnya di tanggal 7 September 2004 telah terjadi peristiwa dimana Munir said Thalib meninggal dunia pada saat ia di dalam pesawat Garuda Indonesia. Pada saat itu Munir akan melakukan perjalanan menuju Belanda yakni Amsterdam. Banyak sekali spekulasi yang muncul dikarenakan kematian dari seorang aktivis HAM tersebut.

Banyak yang menduga jika Munir meninggal dikarenakan serangan jantung, dibunuh, bahkan sampai di racuni. Namun banyak juga orang yang percaya jika meninggalnya seorang Munir dikarenakan di racuni melalui makanan ataupun minuman yang disuguhkan pada saat ia berada di dalam pesawat.

Pada tahun 2005 rupanya sang pilot dari pesawat Garuda Indonesia menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan Munir tersebut sehingga ia dijatuhi hukuman selama 14 tahun penjara.

  • Kasus Pelanggaran HAM Terjadi Di Daerah Operasi Militer, Aceh

Mengenai kasus pelanggaran hak asasi manusia ini terjadi kepada warga sipil di mana pelanggaran tersebut berupa pemerkosaan, penganiayaan, bahkan sampai penyiksaan secara berulang-ulang.

Namun kasus ini hanya terjadi dan dialami oleh para wanita dan bahkan sampai saat ini pun peristiwa tersebut tidak diungkap karena berbagai macam alasan terlebih lagi para korban diancam oleh pelaku

Contoh Kliping Sejarah

Contoh Pembuatan Kliping Sejarah
thegorbalsla.com

Perang Besar Yang Terjadi Dikarenakan Akibat Hoax

Hoax menjadi salah satu hal yang mampu memecahkan persatuan, bagaimana hal tersebut bisa memicu perselisihan bahkan sampai menimbulkan perang di antara kedua belah pihak. Dan pada kenyataannya pun sejarah sudah mencatat terdapat perang besar yang dikarenakan adanya hoax entah itu disengaja ataupun dengan niat hanya iseng belaka.

  • Polandia Dan Jerman Mengalami Perang Yang Sangat besar

Di dalam sebuah catatan menyatakan jika perang dunia kedua terjadi dikarenakan Jerman menyerang wilayah Polandia Pada tahun 1939.

Namun perlu Anda ketahui alasan yang diungkapkan dari negara Jerman yang ketika itu masih dipimpin oleh Adolf Hitler setelah memperoleh inflasi yang mana inflasi tersebut berasal dari pihak Polandia sehari sebelum melakukan penyerangan.

Akan tetapi alasan yang sebetulnya ialah terdapat jenderal SS, yang memiliki nama Alfred Naujocks dan 6 perwira lainnya melaksanakan penyamaran menjadi seorang tentara pemberontak Polandia dan mereka menculik seorang petani Polandia yang bernama Francusze Honiok, mereka membius petani tersebut dan membawanya ke radio milik Jerman yang saat itu berada di kota Gliwice.

Orang-orang yang menyamar tersebut kemudian menyiarkan berita jika stasiun tersebut nantinya akan dikuasai oleh Polandia dalam waktu yang dekat dan akan menyerang Jerman. Dari berita hoax inilah yang menjadi alasan mengapa orang-orang Jerman menyerang Polandia sehingga pada saat itu terjadi perang aliansi yang cukup besar di wilayah Eropa.

  • Perang Tentara Rusia Palsu

Pada tahun 1788 raja Gustav III yang berasal dari kerajaan Swedia mengalami kegunaan dikarenakan reputasi beserta wibawanya tengah menurun di mata publik. Dan pada waktu yang bersamaan terdapat kabar jika Rusia berusaha untuk meluaskan daerah kekuasaannya ke bagian barat sehingga raja Gustav III tersebut menganggap jika itu merupakan waktu yang tepat untuk menunjukkan kewibawaannya kembali. 

Namun sayangnya dia sama sekali tidak memiliki hak maupun alasan yang jelas untuk menyerang dan dia pun tidak mengetahui kapankah penyerangan itu akan dilaksanakan sehingga dia kemudian memikirkan idealistik untuk mengadakan sebuah peristiwa. 

Pada akhirnya raja pun mengutus para tim penjahit kerajaan untuk membuat seragam yang sama persis seperti seragam dari pasukan Rusia. Setelah itu ia pun memilih sebagian dari pasukan kerajaan untuk menggunakan seragam dari pasukan Rusia tersebut yang akan digunakan untuk berpura-pura menyerang.

Melakukan hal yang seperti itu raja berharap agar kerajaannya bisa menyerang kerajaan Rusia. akan tetapi rupanya raja melupakan sesuatu dikarenakan usia pada saat itu telah melakukan mobilisasi pada angkatan laut secara dengan besaran karena menghadapi ke kaisaran Turki Ottoman.

Nah, dengan begitu perang yang terjadi di antara Swedia dan juga harus ia malah berujung panjang hingga mencapai 2 tahun lamanya.

  • Perang yang terjadi di antara Mesir dan Israel di tahun 1950 an

Pada akhir tahun 1950 an Inggris dan Amerika merasa kagum dikarenakan presiden Gamal Abdel Nasser yang berasal dari negara Mesir. Tentunya hal tersebut merupakan salah satu perihal yang sangat tidak disukai oleh Israel sehingga Israel pun melakukan sebuah taktik yang memprovokasi secara licik.

Dimana Israel melakukan pengeboman di beberapa target di kawasan Amerika serikat dan Inggris di Mesir. Sehingga pada saat itu Israel pun memfitnah jika penduduk muslimlah yang melakukan pengeboman tersebut.

  • Peperangan Yang Terjadi Di Antara Prancis Dan Juga Prussia

Kerajaan Prussia yang pada saat itu mencangkup Polandia, Jerman, dan juga Austria menjadi salah satu monarki yang sangat berpengaruh di wilayah Eropa pada abad 19. Seorang negarawan Prussia, merupakan jabatan yang sangat penting karena ia menjadi salah satu orang yang menjadi dalang terjadinya perang di antara Perancis dan Prussia.

Otto von Bismarck merupakan orang yang di balik peperangan tersebut karena ia adalah orang yang memiliki ambisi untuk merebut kekuasaan monarki yang mana ia melakukan cara diplomasi yang sangat licik. Di tahun 1870 raja William I yang merupakan raja dari kerajaan Rusia menerima pesan dari Perancis yakni Cont Vincent Benedetti.

Isi dari pesan tersebut mempunyai tujuan agar memperkenalkan konsep dari demokrasi yang memang pada saat itu sangat diminati oleh para pemimpin Eropa.

Nah, setelah melakukan pertemuan raja William ke-1 kemudian mengirimkan telegram tersebut kepada sang negarawan yaitu Otto von Bismarck di mana telegram tersebut memiliki isi dari hasil pembahasan raja William satu dengan Count Vincent Benedetti. Dan hasil tersebut nantinya akan disiarkan dengan segera.

Namun rupanya Otto von Bismarck sendiri secara diam-diam sudah merubah isi dari telegram tersebut dan memangkasnya bahkan sampai 200 kata sehingga menjadikan isi dari telegram tersebut lebih banyak mengulas mengenai pesan negatif dan pihak dari Prancis dan juga Prussia sama-sama terprovokasi dengan adanya isi telegram palsu tersebut.

Yang pada akhirnya Perancis menganggap jika berusia telah melecehkan utusan yang dikirimkannya dengan sengaja, sedangkan pihak Prussia pun juga menuduh Prancis tengah menyebarkan berita yang palsu tentang isi dari telegram yang tidak sesuai dengan pembahasan sebelumnya. Dan kurang dari seminggu sejak hal tersebut terjadi Prancis pun mulai menyatakan perang kepada kerajaan Prussia.

Contoh Kliping Pelajaran Seni Budaya

Contoh Pembuatan Kliping Pelajaran Seni Budaya
dosensosiologi.com

10 Tari Tradisional Negara Indonesia Yang Sangat Populer

Negara Indonesia mempunyai banyak sekali tarian tradisional akan tetapi di antara sekian banyaknya tarian tradisional tersebut, terdapat 10 tarian yang sangat populer. Di mana hal tersebut berdasarkan dari hasil survei koran Sindo. Berikut ini ialah daftar tarian tersebut:

  1. Tari tradisional saman yang merupakan tarian berasal dari Aceh.
  2. Tari piring merupakan tari tradisional dari Sumatera Barat.
  3. Tari tradisional yang berasal dari Sumatera Utara yaitu tari tor-tor.
  4. Tari tradisional yang berasal dari ibukota Jakarta yakni tari yapong.
  5. Tari tradisional yang berasal dari Yogyakarta yakni tari serimpi.
  6. Tari tradisional yang berasal dari Jawa tengah yakni tari gambyong.
  7. Tari tradisional yang berasal dari Bali yakni tari pendet.
  8. Tari Remong, tari yang sangat terkenal dari Jawa Timur.
  9. Tari tradisional yang berasal dari Bali yakni tari kecak.
  10. tari tradisional yang berasal dari Jawa barat yaitu tari jaipong.

Inilah Para Maestro Tari Dari Negara Indonesia

Ini dia sendiri juga mempunyai banyak sekali maestro yang sudah menciptakan karya tari yang sangat khas dan juga indah, yaitu:

  1. Gugun gumbira
  2. Tjetje Sumantri
  3. Didik Nini Thowok
  4. Sasmita mardawa
  5. Sujana arja
  6. Bagong kusudiarjo

Contoh Kliping Pelajaran Bahasa Indonesia

Contoh Palam Pembuatan KlipingPpelajaran Bahasa Indonesia
www.romadecade.org

Bahasa Indonesia Tergolong Menjadi Bahasa Yang Tidak Dikenal Di Dunia

Informasi yang berasal dari laman Indy100.com, mengatakan jika bahasa Kanada menjadi suatu bahasa yang paling dikenal di dunia. Pernyataan tersebut dikarenakan adanya studi linguistik yang sudah mengadakan semacam permainan tebak online yakni permanen the great linguagem yang mana permainan tersebut diminta untuk mendengarkan suatu cuplikan suara saja sehingga orang-orang pun akan menebak bahasa apakah yang diucapkan.

Dan hal yang paling menarik ialah hasil dari game tersebut menunjukkan apabila bahasa Indonesia berada di peringkat 10 yang menjadi bahasa cukup sulit dikenali di dunia. Dikarenakan bahasa Indonesia memiliki logat yang lurus yakni hampir tidak memiliki irama ketika diucapkan sehingga sangat susah ketika dikenali.

Dan inilah Negara dengan presetase dengan bahasa yang sulit dikenal:

  1. Kanada dengan jumlah sebanyak 39%
  2. Fiji dengan jumlah sebanyak 41,5%
  3. Sona dengan jumlah sebanyak 43,87%
  4. Dinka sebanyak 44, 13%
  5. Kausa sebanyak 44,5%
  6. Tigrinya sebanyak 45,53%
  7. Efate Selatan sebanyak 45,86%
  8. Dari sebanyak 46,38%
  9. Miltese sebanyak 47,98%
  10. Negara Indonesia dengan jumlah sebanyak 49, 38%

Pada sekolah internasional Jakarta, bahasa Indonesia menjadi bahasa Yang terlupakan

Jakarta memang memiliki sekolah dengan standar internasional Di mana mereka akan menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar. Dan ini merupakan bangsa pertama yang kerap kali mereka pakai. 

Akan tetapi ironisnya ialah mereka justru sangat kesulitan jika berbahasa Indonesia terlebih lagi pada siswa WNI yang jumlahnya bisa mencapai 70% dari total siswa yang ada di sekolah tersebut sedangkan 30% lainnya merupakan WNA. Bahkan ketika di rumah sekalipun para pelajar akan menggunakan bahasa asing ketika berkomunikasi dengan orang tua dan bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua mereka.

Contoh Kliping Mengenai Demokrasi

Contoh Ketika Membuat Kliping Mengenai Demokrasi
www.rinagu.com

Daftar Dari Negara Dalam Indeks Demokrasi Di Dunia

Pada tahun 2018 indeks demokrasi dunia 2017 memang dirilis oleh ekonomis yang merupakan media ternama dari Amerika serikat. Indeks tersebut merupakan pemberitahuan mengenai masalah-masalah dalam penilaian yang berlangsung dalam demokrasi di setiap negara yang ada di dunia. Penilaian tersebut berdasarkan dari 5 variabel. 

Nah, di dalam kelima variabel tersebut Iyalah kebebasan sipil, yang kedua adanya kultur politik, dan yang ketiga adanya partisipasi politik, yang keempat adalah fungsi dari pemerintah dan yang kelima merupakan proses dari elektrolit dan juga mengenai pluralisme.

Hasil yang diperoleh merupakan skor rata-rata yang digunakan menjadi tolak ukur ketika penentuan peringkat indeks. Terdapat berapa negara yang berada di peringkat kesembilan teratas berdasarkan hasil indeks tersebut dinyatakan menjadi negara yang menerapkan demokrasi secara penuh.

Dan dari hasil indeks tersebut pula terdapat lima negara yang dinyatakan menjadi negara paling demokratis di dunia. Yang pertama ada Norwegia, kedua Islandia, kemudian ada Swedia, Selandia baru dan yang terakhir ialah Denmark.

Negara Indonesia masih menggunakan demokrasi dengan kondisi yang sedang

Badan pusat statistik telah merilis mengenai hasil pada indeks demokrasi negara Indonesia di tahun 2016. Kepala BPS yakni kecuk suhariyanto menjelaskan jika indeks demokrasi Indonesia merupakan indikator komposit yang memperlihatkan bagaimana tingkat perkembangan demokrasi yang ada di negara Indonesia.

Indeks demokrasi Indonesia pada level nasional 2016 telah berada di angka 70,09 pada rentang skala di antara 0 sampai 100. Angka tersebut diketahui turun dari tahun yang sebelumnya yang mana telah mencapai angka 78,82.

Setidaknya terdapat tiga hal yang mempengaruhi terhadap indeks demokrasi Indonesia yang pertama adanya lembaga lembaga demokrasi, hak politik dan juga kebebasan sipil. Dan penurunan yang paling tinggi terjadi pada lembaga demokrasi.

Contoh Kliping Mengenai Globalisasi

Contoh Ketika Membuat Kliping Mengenai Globalisasi
udfauzi.com

Mewaspadai Sisi Negatif Dari Globalisasi

Menteri agama yakni Lukman hakim Saifuddin menghimbau kepada semua komponen bangsa agar bisa menghadapi perkembangan dari globalisasi dengan cara yang baik, bijak, dan juga benar. Sebab menurutnya kemajuan teknologi informasi memang sangat disyukuri menjadi nikmat dikarenakan tak dapat dipungkiri kemajuan tersebut sudah memberikan banyak manfaat kepada kita di dalam kehidupan sehari-hari.

Lukman hakim Saifudin juga menambahkan jika pada masa kekhalifahan Islam pemimpin umat Islam pun juga dipenuhi oleh orang yang seagama yang dikarenakan berita yang tidak benar atau hoax.

Kabar palsu yang seperti ini tentunya dapat menggerakkan seseorang untuk membunuh pemimpin nya sendiri. Lukman pun juga memberikan contoh dari kisah khalifah Ali bin Abi Thalib dan juga khalifah Utsman bin Affan Di mana mereka berdua dibunuh karena adanya berita bohong. 

Pengembangan Diri Sehingga Mampu Menghadapi Globalisasi

Era globalisasi pada saat ini pastinya memberikan dampak yang cukup dirasakan karena semua hal tampak lebih simpel dan modern. Dalam hal tersebut, terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan agar kualitas diri pun semakin meningkat, antaranya ialah:

1. Harus sadar akan teknologi

Anda pun juga harus mengasah kemampuan teknologi sehingga anda tidak tertinggal. Penggunaan dari ponsel pintar dan juga laptop juga perlu dilakukan sehingga Anda tidak perlu lagi terpaku pada hal-hal yang sudah kuno. Karena bisa jadi hal-hal yang tersebut tidak baik apabila dipakai pada era modern saat ini.

2. Harus kritis dalam berfikir

Kritis dalam berpikir contohnya amat sangat dibutuhkan untuk bisa menghadapi era globalisasi. Dan Anda pun juga harus mempunyai kemampuan dalam mengolah apa saja yang berada di dalam pikiran Anda.

3. Perlunya perencanaan hidup yang baik

Sebab, merencanakan sesuatu secara matang tentunya akan menjadikan kita lebih mudah dalam meraih sesuatu yang baru.

4. Terus menerus mengasah skill

Pastikan jika Anda terus mencari serta menguasai skill pada diri Anda. Tak bisa dipungkiri jika skill yang kita miliki bisa memberikan nilai lebih. Anda pun juga harus berhenti menganggap apabila skill hanya sebagai keterampilan biasa Karena banyak orang yang sukses dikarenakan skill yang mereka miliki.

5. Harus terbuka dengan hal-hal yang positif

Untuk yang berikutnya ialah Anda harus belajar untuk memiliki pikiran yang terbuka terlebih lagi padahal yang positif. Anda juga harus belajar untuk bisa menerima pendapat orang lain dan jangan sampai beranggapan jika pendapat yang anda keluarkan selalu benar. Namun pastikan juga jika anda bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

6. Mempelajari bahasa asing

Bahasa asing merupakan salah satu hal yang harus dipelajari terlebih lagi pada bahasa internasional seperti bahasa Inggris. Ketika Anda menguasai bahasa tersebut jelaskan tanya Anda pun akan lebih mudah dalam memahami sesuatu pada era modern.

Contoh kliping mengenai isu pemanasan global

Contoh dalam pembuatan kliping mengenai isu pemanasan global
kliping.co

Daftar nama-nama negara yang aman dari pemanasan global

Pemanasan global sendiri tentunya sudah bisa kita rasakan karena membawa perubahan suhu yang cukup signifikan. Hal ini sekaligus juga mengakibatkan pada setiap negara diwajibkan untuk bersiap menghadapi berbagai macam bencana yang diakibatkan oleh pemanasan global tersebut.

Berkenaan dengan hal tersebut, telah terdapat susunan indeks penelitian mengenai kesiapan dari masing-masing negara untuk bisa menghadapi pemanasan global dari universitas Norte derma. Di mana indeks tersebut memiliki nama ND-GAIN.

Pada indeks tersebut bukan hanya menilai dari masalah kesiapan saja akan tetapi juga menilai bagaimana pasar kerentanan terhadap pemanasan global.  Kemudian, negara mana saja yang dinilai paling siap ketika menghadapi pemanasan global. Yang pertama adalah Denmark, yang kedua adalah Selandia baru, yang ketiga adalah negara Norwegia, yang keempat adalah Inggris dan yang terakhir merupakan negara Singapura.

Baca Juga Contoh Kata Pengantar Makalah

Dari sekian banyaknya contoh contoh kliping tersebut Anda juga harus memperhatikan bagaimana langkah-langkah pembuatan kliping sehingga nantinya kliping yang Anda buat bisa memiliki hasil yang maksimal. 

Dan pastikan pula jika Anda mencari tema semangat dek mungkin sehingga para pembaca pun bisa tertarik untuk membaca kliping yang Anda buat. Dengan adanya informasi diatas semoga saja dapat memberikan tambahan ilmu serta wawasan kepada Anda.

Satu pemikiran pada “8 Contoh Kliping yang Baik dan Benar beserta Cara Membuatnya”

Tinggalkan komentar