12 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Contoh kata pengantar makalah – Kata pengantar yakni suatu tulisan yang memiliki tujuan untuk mengungkapkan beberapa patah kata yang telah disusun oleh penulis karya ilmiah terkait dengan karya ilmiah atau makalah yang telah dibuatnya. Setiap karya ilmiah atau makalah tentu saja terdapat kata pengantar di dalamnya.

Hal tersebut dikarenakan kata pengantar sendiri memiliki peran yang sangat penting di dalam suatu makalah. Dengan demikian, kata pengantar tidak bisa dianggap remeh atau diabaikan begitu saja. Sebuah makalah akan mempunyai nilai plus apabila di dalamnya terdapat kata pengantar yang baik dan benar.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa posisi kata pengantar ini berada di halaman depan makalah. penulisan kata pengantar memiliki tujuan memberikan rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa sebab berkat kenikmatan yang diberikan kepada kita sehingga penulis makalah bisa menyelesaikan karya tulisnya.

Dalam penulisan kata pengantar sendiri pada umumnya akan mencantumkan ucapan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut andil dalam penyelesaian karya ilmiah yang sistematis dan tepat waktu. Ucapan terima kasih tersebut biasanya bukan hanya diucapkan dan di haturkan kepada Tuhan yang Maha Esa, akan tetapi ucapan terima kasih tersebut juga diberikan kepada orang-orang yang memiliki peran terhadap penyusunan makalah yang dibuatnya sehingga berhasil diselesaikan dengan tepat waktu dan baik.

Oleh sebab itu, beberapa contoh dari kata pengantar dalam beberapa makalah ini semoga bisa Anda tiru. Dengan demikian Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi untuk memudahkan Anda dalam pembuatan kata pengantar makalah.

Di bawah ini kami akan mengulas beberapa contoh kata pengantar dalam suatu makalah yang disusun dengan baik dan benar. mulai dari contoh kata pengantar pada makalah kimia, kata pengantar makalah penjas, kata pengantar makalah agama dan lain sebagainya.

Contents

Contoh Kata Pengantar Makalah Penjas

Contoh Kata Pengantar Makalah Penjas
elizato.com

Segala puji bagi Tuhan yang maha kuasa atas apa yang telah dilimpahkan dan diserahkan kepada kami sehingga kami mampu menyelesaikan makalah penjas yang berjudul “permainan bola basket”. Tujuan dari penulisan makalah ini tak lain yaitu untuk memenuhi tugas penjas yang diberikan kepada siswa siswi SMA Dirgantara.

Kami pun menyadari dengan sepenuhnya bahwa makalah penjas yang kami buat masih memiliki banyak kekurangan meskipun telah kami susun dengan semaksimal mungkin sesuai arahan guru penjas. Maka dari itu kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang sifatnya membangun sehingga makalah yang kami buat bisa menjadi lebih baik kedepannya.

Semoga makalah yang kami buat ini juga bisa bermanfaat kepada siapa saja yang membacanya dan juga bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan terutama bagi kami sebagai siswa siswi SMA Dirgantara.

Manokwari, 7 September 2019

 

Penulis Arif Widianto

Contoh Kata Pengantar Makalah IPS

Contoh Kata Pengantar Makalah IPS
saatsantai.com

Alhamdulillahirobbilalamin segala puji bagi Allah SWT yang sudah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua sehingga kelompok kami bisa menyelesaikan tugas analisis perkembangan penduduk yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Sholawat dan juga salam tak lupa kami curahkan kepada junjungan kita uswah Hasanah yang telah menyampaikan risalah kebenaran serta membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh akal yakni kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan juga seluruh umatnya.

Kami memiliki rasa optimis yang sangat besar makalah tentang analisis perkembangan penduduk yang terus meningkat dari waktu ke waktu ini dapat membantu seluruh pembaca dalam memudahkan pembelajaran yang mana sumbernya adalah kami ambil dari sumber yang terpercaya.

Kami ucapkan alhamdulillah karena analisis perkembangan penduduk yang terus meningkat dari waktu ke waktu ini bisa diselesaikan dan akan segera kami sajikan dengan harapan bisa bermanfaat bagi semuanya dan bisa menambah wawasan bagi pembacanya.

Kami sangat senang hati Apabila ada yang berkenan memberikan kritik dan saran yang membangun supaya makalah yang kami susun ini menjadi lebih baik di kemudian hari. Akhirul kalam, ucapan rasa terima kasih selalu kami haturkan kepada pihak-pihak yang telah bersedia membantu kami dalam menyelesaikan tugas makalah analisis perkembangan penduduk yang terus meningkat dari waktu ke waktu ini.

Lampung Selatan, 1 Oktober 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah
sahabatnesia.com

Puja dan puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan karunia dan rahmatnya sehingga kami bisa menyelesaikan tugas makalah sejarah ini dengan baik dan tepat waktu.

Kami telah mencoba untuk menyusun makalah ini dengan sebaik mungkin dengan harapan makalah yang kami buat dapat membantu para pembaca dalam memahami pelajaran sejarah tentang judul yang kami ulas yaitu tentang “Perang Dunia II”. Di samping itu, besar harapan kami semoga makalah sejarah yang kami susun ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Kami juga menyadari bahwasannya di dalam pembuatan dan penyusunan makalah sejarah ini masih terdapat banyak kekurangan sehingga kami sangat berharap para pembaca memberikan kritik dan saran yang membangun prosesnya dari guru mata pelajaran sejarah supaya kami bisa meningkatkan mutu dalam penulisan makalah ini.

Akhirul kalam, kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan serta waktunya untuk kami.

Medan, 13 Oktober 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Fisika

Contoh Kata Pengantar Makalah Fisika
ciputrauceo.net

Dengan memanjatkan rasa puja dan puji syukur kita atas kehadirat Allah yang maha kuasa dan dengan rahmat serta karunianya kami bisa menyelesaikan tugas makalah fisika ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Makalah yang kami buat ini semoga bisa memudahkan semua kalangan dalam memahami pelajaran fisika.

Makalah fisika yang kami buat ini membahas tentang pengukuran, satuan, besaran, dimensi dan juga awalan SI. Tujuan pembuatan makalah ini juga sebagai syarat memenuhi tugas mata kuliah fisika yang di ampu oleh Bapak Marsono M.Si.

Kami juga mengucapkan banyak rasa terima kasih kepada berbagai pihak kelompok yang sudah meluangkan waktunya membantu kami sehingga makalah fisika ini bisa diselesaikan tepat waktu. Kami juga sadar bahwa makalah fisika ini masih jauh dari kata sempurna dan besar harapan para pembaca bisa memberikan kritik serta saran yang sifatnya membangun demi perbaikan pada makalah ini.

Akhir kata kami dengan segala kerendahan hati mohon maaf apabila di dalam penulisan ataupun penguraian makalah fisika ini terdapat kesalahan. Besar harapan kami semoga Bapak dosen pengampu mata kuliah fisika bisa menerima makalah yang kami buat dan dijadikan sebagai acuan di dalam proses pembelajaran fisika di kelas bagi kami.

Padang, 4 September 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah IPA

Contoh Kata Pengantar Makalah IPA
moondoggiesmusic.com

Bismillahirrahmanirrahim, dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pengasih dan penyayang, kami panjatkan puji syukur kami atas kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmatnya, hidayah dan inayah-nya kepada kami semua sehingga kami mampu menyelesaikan makalah biologi ini tentang Mamalia Air dan Mamalia Darat dengan tepat waktu.

Makalah ilmiah biologi yang telah kami susun tentang mamalia air dan mamalia darat ini sudah kami susun sedemikian rupa dan semaksimal mungkin dengan bantuan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu tak lupa juga kami sampaikan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu dan meluangkan waktunya untuk proses penyusunan makalah ini.

Akan tetapi  tak lepas dari semua itu, kami juga menyadari bahwasannya makalah yang kami susun ini masih banyak kekurangan, baik itu dari segi susunan bahasa atau segi yang lainnya. maka dari itu dengan senang hati dan lapang dada kami membuka selebar-lebarnya bagi siapa saja yang memberikan kritik dan saran sehingga makalah ilmiah biologi kami ini bisa diperbaiki menjadi yang lebih baik.

Dan akhirnya kami sangat mengharapkan semoga makalah ilmiah biologi yang kami buat ini tentang mamalia air dan mamalia darat bisa diambil manfaatnya dan hikmahnya sehingga menjadi sebuah inspirasi bagi para pembaca.

Bengkulu, 19 Juli 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Olahraga

Contoh Kata Pengantar Makalah Olahraga
gopena.net

Alhamdulillahirobbilalamin puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang Maha kuasa karena berkat limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami mampu menyusun makalah olahraga ini sebagai pemenuhan tugas mata pelajaran.

Kami akan sedikit menjelaskan terkait dengan judul atau tema makalah dengan semua permasalahan di dalamnya. Kami juga menyadari bahwa makalah yang kami buat ini masih jauh dari kata sempurna dan kamu susun dalam banyak keterbatasan.

Dengan demikian Kami sangat mengharapkan kepada para pembaca untuk memberikan kritik dan sarannya yang bersifat membangun sehingga kami terdorong untuk memperbaiki makalah ini. Tak lupa juga kami banyak mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan dan meluangkan waktunya demi suksesnya penyusunan makalah ini dengan tepat waktu.

Kami berharap jika makalah yang kami buat ini bisa bermanfaat khususnya untuk kami sendiri dan umumnya untuk siapapun yang membacanya. Aamiin.

Ponorogo, 28 Agustus 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Kimia

Contoh Kata Pengantar Makalah Kimia
materi4belajar.blogspot.com

Segala puji kami panjatkan kepada Allah SWT yang maha kuasa dan sholawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.

Atas berkat limpahan rahmat serta karunianya kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan tugas makalah kimia ini sebagai salah satu syarat dalam memenuhi standar kelulusan ujian Nasional kimia di tingkat SMA. Makalah yang kami buat ini membahas tentang struktur atom, ikatan kimia, sistem periodik serta termokimia.

kami benar-benar berharap jika karya tulis ini bisa membantu kita semua dalam memahami pelajaran kimia. Di dalam penyusunan materi pada tugas makalah kimia ini banyak hambatan yang kami hadapi. Akan tetapi kami juga menyadari bahwasannya suksesnya penyusunan makalah ini tak lain dan tak bukan berkat atas bantuan, bimbingan dan juga dorongan dari berbagai pihak terutama orang tua sehingga hambatan yang kami hadapi bisa teratasi.

Kami berharap bahwa makalah ini ya semoga bisa memberikan manfaat dan wawasan yang luas kepada siapa saja yang membacanya khususnya bagi para siswa. Kami juga menyadari bahwa makalah kimia ini masih jauh dari kata sempurna sehingga kami mohon masukan dari guru pembimbing demi perbaikan makalah yang kami susun di masa yang akan datang.

Bali, 27 Mei 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Kewirausahaan

Contoh Kata Pengantar Makalah Kewirausahaan
thegorbalsla.com

Puji syukur selalu kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang selalu menolong hambanya dalam segala situasi termasuk menolong kami dalam menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu. Sebab tanpa pertolongannya lah penyusunan makalah ini takkan pernah terselesaikan dengan baik.

Makalah ini kami susun dengan sedemikian rupa supaya para pembaca bisa lebih memahami tentang kewirausahaan. Berbagai rintangan juga telah menjumpai kami pada saat proses penyusunan makalah ini. Baik itu rintangan yang datang dari diri kami sendiri atau bahkan yang datang dari luar.

Akan tetapi dengan penuh kesabaran kami terus menyelesaikan makalah ini sehingga berhasil terselesaikan. Tak lupa kami juga banyak mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah kami yang sudah memberikan banyak bantuan terkait dengan penyusunan makalah kewirausahaan ini hingga selesai.

Harapan besar semoga makalah kewirausahaan yang kami susun bisa memberikan manfaat dan wawasan yang luas kepada siapapun yang membacanya. Meskipun isi dari makalah ini masih banyak kekurangan, maka dengan senang hati kami membuka tangan untuk menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun demi perbaikan makalah ini. Terima kasih.

Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi

Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi
dosensosiologi.com

Alhamdulillahirobbilalamin, segala puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat berupa kesehatan sehingga kami bisa menyelesaikan tugas makalah sosiologi dengan judul “dampak urbanisasi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat mikro” dengan baik dan tepat waktu.

Ucapan terima kasih tak henti-hentinya selalu kami ucapkan untuk semua pihak yang ikut andil dalam berhasilnya penyusunan makalah ini. Sebab tanpa bantuan dan uluran tangan mereka kami tak mungkin bisa menyelesaikan makalah sosiologi ini dengan lancar. Kami juga masih berharap semoga makalah yang kami buat ini bisa memberikan sumbangsih positif kepada semuanya terutama untuk para pembaca.

Jakarta, 9 Oktober 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Prakarya

Contoh Kata Pengantar Makalah Prakarya
obatrindu.com

Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami mampu menyelesaikan tugas makalah prakarya dengan judul “makalah kerajinan tangan dari bahan limbah stik” dengan lancar dan tepat waktu.

Kamu juga sadar bahwasanya kami banyak keterbatasan dalam pengetahuan serta pemahaman terkait dengan kerajinan tangan dari bahan limbah stik tersebut, sehingga kami pun mempunyai keterbatasan dalam memberikan penjabaran terkait dengan kerajinan tangan dari bahan limbah stik yang lebih mendalam.

Maka dari itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sangat Kami harapkan agar makalah prakarya ini bisa menjadi lebih baik. Kami berharap semoga makalah prakarya yang kami buat ini bisa membawa manfaat bagi seluruh yang membacanya dan setidaknya bisa membuka cara berpikir kita terkait dengan kerajinan tangan. 

Tuban, 30 Agustus 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama
saatsantai.com

Alhamdulillah, rasa syukur kami panjatkan atas segala karunia yang telah Allah SWT berikan kepada kami dan atas izinnya lah kami bisa menyusun dan menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu.

Tak lupa juga kami bersholawat dan salam kepada junjungan kita nabi Agung Nabi Besar Muhammad SAW dan kepada keluarga serta sahabatnya dan juga seluruh umatnya yang selalu beristiqomah sampai akhir zaman. makalah ini ditulis dan disusun dengan tujuan untuk memenuhi syarat tugas pada mata kuliah pendidikan agama Islam dengan judul pentingnya menjaga tali silaturahmi sesama manusia.

Dalam makalah ini kami banyak menguraikan tentang pengertian Islam di dalam menjaga tali silaturahmi atau persaudaraan yang baik dan juga dari tinjauan para ulama terkait dengan pemahaman Islam secara komprehensif serta uraian dari sejumlah makna-makna kontemporer.

Dalam proses penyusunan serta penyelesaian makalah agama ini, kami ucapkan banyak terima kasih karena kami sudah memperoleh banyak bimbingan serta bantuan yang datang dari berbagai pihak. Maka dari itu sangat patut untuk kami ucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak tersebut, di antaranya:

  1. Dr. Shodiqul Amin, S.Pd, M.Pd selaku dosen PAI atau Pendidikan Agama Islam
  2. Kedua orang tua kami yang selalu mensupport serta mendukung kami, baik itu moril maupun materiil.
  3. Seluruh pihak yang tak bisa kami sebutkan satu persatu yang sudah banyak membantu di dalam pembuatan makalah agama ini.

Akhirul kalam, kami juga menyadari bahwasannya makalah yang kami susun ini masih jauh dari kata sempurna. Maka dari itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran konstruktif kepada kami demi perbaikan makalah ini di masa yang akan datang. Kami sangat berharap semoga makalah yang telah kami susun ini bisa bermanfaat dan bisa memenuhi harapan oleh berbagai pihak. Aamiin ya rabbal’aalamiin.

Malang, 30 Agustus 2019

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar
thegorbalsla.com

Alhamdulillahirobbilalamin, kami panjatkan rasa puji syukur kami atas kehadirat Allah yang Maha kuasa yang telah melimpahkan rahmat, Taufik, hidayah dan juga inayah-nya kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan karya tulis ilmiah ini tentang bahaya narkoba dan seks bebas.

Kami telah menyusun makalah ilmiah ini dengan sebaik mungkin dan telah mendapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak yang tentunya ikut andil dalam menyukseskan dan memperlancar proses pembuatan makalah ini. Selanjutnya kami juga akan menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan tenaganya untuk bekerja sama dalam proses pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, maka kami juga menyadari sepenuhnya bahwasanya susunan kalimat atau pun tata bahasa di dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Maka dari itu dengan senang hati kami akan menerima berbagai macam kritik dan saran yang sifatnya membangun dari para pembaca supaya kami bisa memperbaiki dan mengevaluasi makalah ini.

Akhir kata kami juga sangat berharap semoga makalah yang kami buat tentang bahaya narkoba dan seks bebas ini bisa memberikan banyak manfaat untuk masyarakat dan juga bisa memberikan inspirasi kepada para pembaca. Terimakasih.

Ambon, 22 Oktober 2019

 

Penyusun

Baca Juga Contoh Essay

Itulah tadi beberapa contoh dari kata pengantar sebuah makalah yang baik dan benar. Semoga artikel yang kami berikan tentang contoh kata pengantar makalah ini bisa memberikan manfaat kepada siapapun yang sedang memerlukannya.

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

 

Tinggalkan komentar