9 Contoh Kata Pengantar Laporan yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Contoh kata pengantar laporan – Tugas laporan merupakan salah satu tugas wajib bagi mahasiswa dan juga pelajaran. Di dalam laporan tersebut terdapat kata pengantar yang memiliki peran penting baik itu pada penulisan karya ilmiah maupun non ilmiah.

Akan tetapi terkadang penulisan kata pengantar ini dianggap sepele dan dipandang sebelah mata saja. Bahkan banyak juga yang membuat kata pengantar dengan asal-asalan. Kata pengantar yang isinya terstruktur secara baik merupakan kata pengantar yang benar.

Nah, agar menghindari penulisan kata pengantar pada laporan yang asal-asalan, maka kami akan memberikan contoh kata pengantar laporan.

Mulai dari kata pengantar laporan kegiatan, kata pengantar laporan PKL, kata pengantar laporan observasi, kata pengantar laporan praktikum, kata pengantar laporan prakerin, kata pengantar laporan kunjungan industri, kata pengantar laporan magang, kata pengantar laporan study tour dan kata pengantar laporan lainnya.

Contents

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan
sahabatnesia.com

Laporan kegiatan merupakan salah satu laporan yang menjelaskan tentang hasil suatu kegiatan. Laporan kegiatan akan disusun setelah melakukan suatu kegiatan dan dilakukan oleh peserta yang telah mengikuti kegiatan tersebut. Tujuan dari laporan kegiatan ini yaitu sebagai tanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Berikut ini akan kami berikan contoh kata pengantar laporan kegiatan.

Puja dan puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang Maha kuasa, karena atas rahmat dan hidayahnya kami bisa menyelesaikan tugas laporan kegiatan karya wisata ke Yogyakarta yang kami buat ini. Hal tersebut bertujuan supaya mengingat kembali memori Al perjalanan karya wisata ke Yogyakarta yang telah kami lakukan.

Laporan yang kami buat ini berisikan tentang kegiatan karya wisata yang kami lakukan di Jogjakarta beberapa hari yang lalu. Kami telah menyusun laporan ini dengan sedemikian rupa secara padat dan singkat. Keberhasilan dalam penyusunan laporan kegiatan ini tentunya tidak lepas dari pihak-pihak yang turut membantu.

Maka dari itu kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Rudi Santoso S.Pd selaku kepala sekolah SMK Yaditama yang telah memberikan izin kepada kami untuk melakukan karya wisata ke Yogyakarta. Yak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada setiap guru yang telah memberikan bimbingan kepada kami.

Harapan besar kami pada laporan kegiatan yang kami buat ini semoga bisa memberikan manfaat dan juga wawasan kepada siapa saja yang membacanya. Kami juga mohon maaf apabila ada kesalahan yang terdapat di dalam laporan ini.

Nganjuk, 12 Oktober 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL
sahabatnesia.com

PKL atau pelatihan kerja lapangan, praktik kerja lapangan, on the job train merupakan salah satu kegiatan yang ditempatkan pada lingkungan kerja secara langsung. PKL ini sering dilakukan oleh siswa SMK, mahasiswa dan juga karyawan baru. Berikut ini contoh kata pengantar dalam sebuah laporan PKL yang kami sediakan.

Alhamdulillah, puji syukur selalu kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala taufiq serta hidayahnya kepada kami serta telah memberikan kesempatan untuk bisa menyelesaikan laporan PKL (praktek kerja lapangan) yang telah kami buat.

Laporan PKL ini kami susun guna memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan tugas praktek kerja lapangan atau PKL yang telah dibebankan kepada mahasiswa Fakultas ekonomi universitas Brawijaya.

PKL atau praktek kerja lapangan ini menjadi sebuah bentuk dari upaya jalinan kerjasama dalam bidang ekonomi di tengah-tengah masyarakat menengah yakni dengan mencari tahu terkait laporan keuangan dalam perusahaan. Kami juga berharap jika praktek kerja lapangan ini bisa memberikan manfaat yang banyak terhadap kami mahasiswa atau juga para pembaca.

Dalam hal ini, kami sebagai penulis juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak terkait dengan PKL ini yang mana telah memberikan dukungan baik itu moral maupun material. Kami juga mengucapkan banyak rasa terima kasih kepada pihak-pihak terkait, di antaranya:

  1. Bapak Dr. Muhammad Mustofa M.Si selaku ketua STIE
  2. Bapak Abdurrahman SE selaku dosen pembimbing yang telah membimbing kami sampai selesai
  3. Bapak Jauhari yang telah bersedia membimbing kami selama menjalankan penelitian di PT Bentoel Group
  4. Para karyawan beserta staf perusahaan yang bekerja di PT Bentoel Group
  5. Orang tua serta teman-teman yang ikut andil mendukung dalam proses PKL hingga selesai.

Kami telah mengerjakan laporan PKL ini dengan sebaik mungkin dan tentu saja masih banyak kekurangan yang perlu kami perbaiki. Oleh sebab itu kami sangat bersenang hati Apabila ada kritik dan saran yang bersifat membangun demi sempurnanya laporan PKL ini.

Malang, 14 Oktober 2019

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Observasi

Contoh Kata Pengantar Laporan Observasi
ekspektasia.com

Laporan observasi merupakan suatu teks laporan yang di dalamnya berfungsi untuk memberikan suatu informasi terkait dengan suatu situasi atau objek, sesudah mengadakan penelitian atau investigasi yang sistematis.

Laporan observasi ini bisa berupa hasil riset dari suatu benda, hewan, tumbuhan, ekosistem atau konsep tertentu secara mendalam. Berikut ini kami berikan contoh kata pengantar untuk laporan observasi.

Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha kuasa karena atas berkat limpahan rahmatnya sehingga laporan observasi tentang Anak dengan Kebutuhan Khusus di Sekolah Negeri ini bisa diselesaikan dengan baik.

Berhasilnya penyusunan laporan observasi ini tak hanya semata-mata usaha penulis sendiri, melainkan banyak pihak yang terlibat dalam suksesnya penyusunan laporan ini. Maka penulis juga banyak mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami, di antaranya:

  1. Bapak Darsam Hidayat M.Pd selaku dosen pembimbing pada mata kuliah perkembangan peserta didik.
  2. Seluruh pihak SD Negeri 4 Ngenep yang telah tersedia meluangkan waktunya untuk membantu penulis melaksanakan observasi di Sekolah tersebut.
  3. Kedua orang tua penulis yang selalu mendoakan anaknya demi kelancaran observasi yang penulis lakukan di lapangan.
  4. Teman-teman yang telah memberikan dukungan serta support selama penulis mengemban tugas ini..

Penulis juga menyadari bahwasanya susunan laporan observasi yang penulis buat ini masih jauh dari kata sempurna sehingga penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak demi baiknya laporan ini. Semoga laporan observasi ini bisa memberikan manfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan. Terima kasih.

Jombang, 10 September 2019

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum
www.sarjanaindustri.com

Laporan praktikum merupakan salah satu laporan yang menjelaskan secara lengkap terkait dengan suatu percobaan yang dilakukan. Fungsi laporan ini yaitu untuk menjelaskan serta menganalisis terhadap prosedur percobaan yang dikerjakan serta perolehan data. Nah, di bawah ini adalah contoh membuat kata pengantar laporan praktikum.

Puja dan puji syukur selalu kami panjatkan atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa yang mana telah menurunkan limpahan karunia-nya kepada kami sehingga tugas praktikum kimia ini bisa terselesaikan tepat waktu. Sehingga kami pun bisa menyelesaikan menyusun laporan praktikum secara sistematis.

Kami melakukan ini tak lain adalah untuk memenuhi tugas pada praktikum kimia tingkat dasar. Walaupun waktu yang kami miliki sangat singkat, namun dari praktikum kimia ini kami telah menghasilkan sesuatu yang nilainya sangat berharga dalam pengaplikasian ilmu kimia yang sudah kami peroleh di bangku kuliah yang sedang kami jalani lewat praktik di dunia kerja yang sesungguhnya.

Maka dengan berhasil terselesaikannya laporan praktikum kimia ini secara resmi, maka kami tak lupa untuk mengucapkan banyak terimakasih kepada berbagai pihak yang telah terlibat. Kami sampaikan terima kasih yang sangat banyak khususnya kepada:

  1. Bapak Sutikno St. Mt, selaku dosen kimia dasar Universitas Budi Utomo Malang
  2. Seluruh petugas laboratorium yang dengan sabar telah membimbing kami selama melaksanakan praktikum.
  3. Orang tua yang karena doanya serta atas dukungannya yang akhirnya membuat tugas praktikum ini berjalan dengan lancar.
  4. Semua anggota kelompok yang saling membantu demi terlaksananya praktikum kimia ini.

Kami juga sangat menerima Apabila ada saran dan kritik dari berbagai pihak apabila menemukan kekurangan di dalam hasil laporan praktikum yang telah kami susun ini. Semoga dengan adanya laporan yang kami buat ini mampu memberikan manfaat kepada siapa saja khususnya kelompok kami. Terima kasih.

Mojokerto, 30 September 2019

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Kunjungan Industri

Contoh Kata Pengantar Laporan Kunjungan Industri
sahabatnesia.com

Kunjungan industri adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan secara rutin bagi siswa SMK ataupun Mahasiswa teknik dan kesehatan. Hal tersebut dikarenakan peran yang sangat penting untuk mereka yang dalam masa menekuni bidang tertentu supaya mengetahui terkait kondisi sebenarnya di lapangan. Berikut ini adalah contoh kata pengantar di dalam sebuah laporan kunjungan industri.

Selalu kami ucap syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT sehingga kami bisa menyelesaikan laporan kunjungan industri dengan tepat waktu ke PT Kusuma Agrowisata.

Tujuan dari penulisan laporan kunjungan industri yang kami lakukan ini salah satunya yaitu sebagai dokumentasi dan juga evaluasi dari kegiatan kunjungan industri yang kami lakukan. Laporan ini telah kami tulis dengan berdasarkan atas data-data yang valid dengan pengumpulan beberapa metode.

Kami juga banyak menyampaikan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang ikut andil dalam menyukseskan proses penyusunan laporan kunjungan industri hingga selesai. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bapak Abdussalam M.Pd selaku kepala sekolah SMKN Ma’arif Batu yang telah memberi izin kepada kami untuk melaksanakan kunjungan industri.
  2. Bapak Ibu Guru SMKN Ma’arif Batu yang sudah meluangkan waktunya untuk membimbing kami selama dalam masa kegiatan kunjungan industri.
  3. Kedua orang tua kami yang menjadi pendukung utama dalam segala kegiatan yang kami kerjakan.

Kami juga menyadari bahwa penyusunan laporan kunjungan industri ini masih jauh dari kata sempurna. Maka dari itu kami sangat mengharapkan agar ada yang dengan rela menyumbangkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan laporan kami. Terimakasih.

Solo, 10 Oktober 2019

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang
thegorbalsla.com

Berikut ini akan kami berikan contoh kata pengantar laporan magang yang dilakukan oleh mahasiswa.

Syukur Alhamdulillah kami panjatkan rasa syukur ini kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya yang tiada henti sehingga atas izinnya kami bisa menyelesaikan kegiatan magang di PT Mekar Sari Singosari.

Laporan magang yang kami susun ini merupakan salah satu syarat pada tugas mata kuliah praktek kerja bisnis yang diberikan dari fakultas ekonomi jurusan akuntansi Universitas Merdeka Malang.

Laporan magang ini kami buat dengan tujuan melaporkan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan dunia kerja di PT Mekar Sari Singosari, Malang.

Di dalam penyusunan laporan magang yang kami buat ini tentunya takkan lepas dari bimbingan serta arahan dari berbagai pihak yang sudah banyak membantu. Maka dari itu kami mengucapkan terima kasih dan rasa hormat kepada seluruh pihak, di antaranya:

  1. Seluruh dosen fakultas ekonomi yang meluangkan waktunya untuk memberikan banyak informasi.
  2. Bapak Muridan selaku ketua PT Mekar Sari Singosari.
  3. Seluruh karyawan PT Mekar Sari Singosari yang sudah memberikan pengarahannya dengan tulus kepada kami selama kami melaksanakan tugas magang di perusahaan tersebut.
  4. Orang tua serta seluruh teman kami ucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang diberikan.

Atas kebaikan dan ketersediaan waktu dari semua pihak, maka kami mampu untuk menyelesaikan laporan tugas magang ini dengan baik. Kami menyadari bahwa laporan magang ini masih jauh dari kesempurnaan walaupun kami sudah berusaha dengan sebaik-baiknya. Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih, semoga laporan magang yang kami buat ini bisa memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya. 

Singosari, 14 September 2019

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Perjalanan

Contoh Kata Pengantar Laporan Perjalanan
satriabajahitam.com

Laporan perjalanan merupakan suatu laporan yang menjelaskan tentang perjalanan ke suatu tempat. Laporan perjalanan harus ditulis dengan berdasarkan pengamatan serta observasi suatu objek yang telah dikunjungi. Berikut ini contoh dari kata pengantar di dalam laporan perjalanan.

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin, puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufiqnya sehingga kami berhasil menyelesaikan laporan perjalanan ini. Laporan ini kami buat sebagai syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah administrasi perkantoran.

Kami juga sangat berharap jika laporan perjalanan ini dapat memberikan banyak manfaat kepada banyak pihak dan termasuk kepada kami sendiri. Selain itu, semoga laporan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kepada siapapun yang membacanya.

Terima kasih selalu kami sampaikan tak henti-hentinya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga laporan ini bisa terselesaikan dengan baik. Kami juga banyak memberikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan pengarahan, yaitu kepada:

  1. Bapak Budiono Slamet selaku dosen administrasi perkantoran yang sudah banyak memberikan arahan kepada kami dalam menjalankan tugas yang diberikan.
  2. Ibu Puji Astuti selaku dosen pembimbing yang bersedia meluangkan waktunya untuk kami.
  3. Orang tua kami yang selalu berdoa agar kami diberikan kelancaran dalam setiap tigas yang dilakukan.

Kami juga akan menerima setiap masukan yang membangun kami di dalam pembuatan laporan perjalanan.

Pacitan, 15 Agustus 2019

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian

Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian
www.infokekinian.com

Laporan penelitian merupakan bentuk laporan pertanggungjawaban dalam kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan. Di dalam laporan penelitian akan membahas penelitian secara lengkap, jelas, detail serta bisa dibahas oleh seluruh kalangan.

Laporan penelitian berisikan prosedur, proses serta sistematika jalannya penelitian tersebut. Berikut ini contoh kata pengantar di dalam laporan penelitian.

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat serta taufiq hidayahnya kami bisa menyelesaikan penyusunan laporan penelitian ini yang menjadi salah satu syarat dalam menyelesaikan tugas akhir kuliah.

Ada rasa bangga tersendiri apabila telah menyelesaikan kegiatan penelitian ini dengan hasil yang memuaskan dan baik. Dengan keterbatasan yang dimiliki kami di dalam membuat riset, maka ada banyak hambatan yang kami jumpai di lapangan. Sehingga apabila kami bisa menyelesaikan laporan ini dengan baik, maka hal tersebut tentu karena dukungan serta bantuan dari berbagai pihak.

Tak lupa kami ucapan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut terlibat di dalam penyusunan laporan penelitian yang kami susun ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dr. Baidlowi selaku dosen pembimbing yang banyak memberikan waktunya untuk membimbing kami.
  2. Bapak Guntur selaku pembimbing selama kami melakukan kegiatan penelitian.
  3. Kedua orang tua yang telah memberikan dukungannya serta memberikan support setiap saat.

Tidak banyak yang bisa kami berikan selain memanjatkan doa serta ucapan rasa syukur yang tak henti-hentinya kami haturkan untuk para pendukung. Akan tetapi kami juga tak melupakan masukan-masukan yang membangun seperti kritik dan saran Anda semua. Kami juga sangat berharap jika laporan yang kami buat ini bisa memberikan banyak manfaat kepada siapapun yang membacanya serta bisa menambah ilmu pengetahuan kepada kita semua. Aamiin.

Malang, 7 Oktober 2019

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Study Tour

Contoh Kata Pengantar Laporan Study Tour
udfauzi.com

Laporan study tour adalah sejenis tulisan yang memberikan penekanan pada suatu pengalaman, hambatan, kejadian dan lain sebagainya selama terjadi di saat waktu liburan. Laporan study tour ini ditulis setelah melakukan perjalanan. Berikut ini kami berikan contoh kata pengantar di dalam laporan study tour.

Alhamdulillahirobbilalamin selalu kita panjatkan rasa puji syukur kita atas limpahan rahmat yang telah Tuhan berikan sehingga kami bisa membuat laporan study tour ke Jakarta ini dengan baik dan tepat waktu.

Laporan study tour yang telah kami buat tentu saja tidak lepas dari campur tangan berbagai pihak. Dengan bantuan dari berbagai pihak tersebut sehingga proses pembuatan laporan ini bisa berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu kami banyak menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Bapak guru serta panitia study tour, Bapak Hadiningrat S.Pd yang telah membimbing kami sehingga karya tulis ini bisa selesai dikerjakan. Kami juga banyak mengucapkan rasa terima kasih kepada orang tua dan teman-teman yang selalu memberikan dukungan atas keberhasilan penyusunan laporan study tour ini.

Karya tulis yang kami buat ini tentunya masih jauh dari kesempurnaan yang dikarenakan keterbatasan dari kami sendiri di dalam menjabarkan tentang study tour. Akan tetapi kami telah berusaha dengan sebaik mungkin dan kami selalu mengharapkan kritik dan saran demi sempurnanya laporan study tour yang kami buat.

Kami juga sangat berharap bahwa laporan ini bisa memberikan banyak manfaat kepada para pembaca dan juga bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang kota Jakarta. Demikianlah kami membuat laporan study tour yang semata untuk kepentingan dunia kepariwisataan.

Gorontalo, 21 Juli 2019

 

Penulis

Baca Juga Contoh Notulen Rapat

Nah, itulah tadi beberapa contoh kata pengantar di dalam laporan yang telah kami berikan untuk Anda. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi Anda yang sedang membutuhkannya. Mulai dari contoh kata pengantar untuk laporan mahasiswa dan juga anak SMA. Selamat mengerjakan.

Tinggalkan komentar