Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Sampah untuk Mengedukasi Pengelolaan Sampah

contoh karya tulis ilmiah tentang sampah – Membahas tentang persoalan sampah seperti tidak ada habisnya setiap saat. Kurangnya pengetahuan tentang sampah membuat masyarakat tidak memperhatikan cara penanganan sampah yang benar. Dengan contoh karya tulis ilmiah tentang sampah kemungkinan akan membantu mengedukasi masyarakat dalam penanganan sampah.

Pentingnya Edukasi Pengelolaan Sampah

Pengelolaan sampah meliputi kegiatan untuk mengumpulkan, mengangkut, memproses, mendaur ulang atau membuang material sampah. Pada dasarnya pengelolaan sampah bertujuan untuk mengurangi dampak terhadap kesehatan, lingkungan, dan keindahan lingkungan. Bisa melibatkan zat cair, padat maupun gas.

Kurangnya edukasi dan kesadaran masyarakat tentang sampah dan menjaga lingkungan akan memiliki dampak pada kehidupan. Edukasi tentang sampah bisa berupa memahami jenis-jenisnya, pengelolaan sampah, hingga sebab dan akibat penumpukan sampah.

Ada tiga tahapan dalam pengelolaan sampah.

  1. Pertama, memisahkan sampah organik (mudah terurai) dan sampah anorganik (tidak mudah terurai).
  2. Kedua, kumpulkan sampah berbahaya seperti bekas elektronik kepada pusat daur ulang.
  3. Ketiga, kurangi penggunaan plastik dan barang sekali pakai lainnya.

Edukasi tentang pengelolaan bisa berupa contoh karya tulis ilmiah tentang sampah yang berisi cara efektif. Sekarang juga banyak pihak yang melakukan kampanye untuk lebih mencintai lingkungan melalui berbagai media sosial. Akan sangat penting untuk memberikan edukasi pengelolaan sampah bagi individu terutama bagi rumah tangga.

Jenis-jenis Karya Tulis Ilmiah

Contoh karya tulis ilmiah tentang sampah yang dapat mengedukasi tentang penanganan sampah dapat berupa beberapa karya ilmiah berikut ini.

  1. Artikel ilmiah

Merupakan karya tulis ilmiah yang berisi tentang gagasan penulis dengan menyertakan ilmu atau teori pendukung. Penulisan harus berupa fakta dan data yang sebenarnya.

  1. Makalah

Merupakan karya tulis ilmiah yang pembuatannya memerlukan studi lapangan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang objektif dan empiris. Makalah berisi tentang pendapat logis dari penulis tentang permasalahan yang berkembang di masyarakat.

  1. Paper

Paper merupakan karya tulis ilmiah yang memiliki fokus pembahasan sempit dan sederhana. Isinya berupa fakta dan data namun tidak harus ada bab dan sub bab. Biasanya merupakan salah satu tugas untuk mahasiswa dalam perkuliahan.

  1. Kertas kerja atau work paper

Kertas kerja atau work paper merupakan jenis contoh karya tulis ilmiah selanjutnya. Karya tulis ilmiah ini memiliki kemiripan dengan makalah. Tetapi kertas kerja memiliki pemaparan dan analisis yang lebih mendalam.

  1. Skripsi

Merupakan karya tulis ilmiah dengan ruang lingkup cenderung kecil dengan pembahasan yang tajam dan mendalam. Skripsi merupakan kewajiban bagi mahasiswa strata satu untuk mendapatkan gelarnya. Penulis akan memberikan opini sesuai dengan hasil penelitian.

  1. Tesis

Merupakan syarat wajib bagi mahasiswa strata dua untuk meraih gelar. Tesis merupakan karya tulis ilmiah yang membahas pengetahuan baru secara empiris dan teoritis. Penelitian dalam tesis lebih kompleks daripada skripsi.

  1. Disertasi

Merupakan karya tulis ilmiah wajib bagi mahasiswa strata tiga untuk meraih gelar Doktor. Berisi tentang penemuan original oleh penulis melalui sebuah penelitian.

Demikian contoh karya tulis ilmiah beserta jenis penelitian karya tulis ilmiah semoga bermanfaat. dan sampai jumpa

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Sampah untuk Mengedukasi Pengelolaan Sampah

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.