Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan Karakter Yang Baik Dan Benar

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan Karakter – Bagi seorang pengajar, menulis karya ilmiah merupakan salah satu kewajiban. Tidak hanya sebagai syarat naik jabatan, namun juga menjadi tanggung jawab mereka untuk mengembangkan pengetahuan.

Menulis karya ilmiah berbeda dengan menulis artikel umumnya yang non ilmiah. Menulis karya ilmiah artinya membuat penelitian ilmiah dan bisa untuk dipertanggungjawabkan. Sehingga tidak dapat secara sembarangan menulisnya.

Maka dari itu, disarankan untuk Anda sebelum menulis karya ilmiah untuk mencari contoh karya tulis ilmiah yang kredibel. Sekarang ini sudah banyak situs terpercaya yang menyediakan berbagai contoh kaya ilmiah yang bagus, baik dan benar. Anda hanya perlu mencari contoh karya ilmiah yang dibutuhkan dan paling sesuai dengan yang akan dibuat. Misalnya Anda ingin membuat karya ilmiah tentang pendidikan karakter, Anda tentunya bisa mencari contoh karya tulis ilmiah tentang pendidikan karakter.

Namun, selain perlu mencari contoh karya ilmiah kredibel, sebelum mulai menulis sebaiknya Anda juga mengetahui pengertian dan macam-macam karya ilmiah. Nah, pada artikel ini akan membahas sedikit tentang pengertian dan berbagai macam karya ilmiah terebut. Berikut ulasannya.

Contents

Pengertian Karya Ilmiah Menurut Ahli

Pengertian Karya Ilmiah Menurut Ahli

  • Menurut Eko Susilo, karya ilmiah merupakan karya tulis yang mulai penyusunan berdasarkan penelitian, pengamatan serta pemantauan pada bidang atau cabang ilmu tertentu.
  • Menurut Dwiloka dan Riana, karya ilmiah merupakan karya tulis yang ditulis ilmuwan berdasarkan latar belakang penguasaan ilmu.
  • Menurut Brotowidjoyo, karya ilmiah merupakan monografi ditulis dengan menyajikan fakta. Pada segi penulisan disusun berdasar metodologi.

Berbagai Macam Karya Ilmiah

Berbagai Macam Karya Ilmiah

  1. Makalah

Makalah

Salah satu jenis karya ilmiah adalah makalah. Makalah secara isi mengulas permasalahan atau topik yang disertai pembahasan lengkap. Proses dari pembuatan makalah berdasarkan data yang sudah didapatkan di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Dengan kata lain, makalah adalah bentuk karya ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan.

Ada cukup banyak contoh makalah singkat yang bisa Anda temukan di situs-situs terpercaya. Berbagai macam topik permasalahan bisa Anda jadikan sebagai referensi, misalnya saja contoh karya tulis ilmiah tentang pendidikan karakter.

  1. Skripsi

Skripsi

Skripsi adalah macam karya ilmiah selanjutnya. Pada segi pengambilan data serta penulisannya berdasarkan hasil kajian atau penelitian yang penulisnya lakukan. Penulisan skripsi biasanya dibuat oleh para mahasiswa Strata 1 yang merupakan syarat kelulusan.

  1. Kertas Kerja

Kertas Kerja

Macam yang ketiga kertas kerja. Pada segi penyajian isi, karya ilmiah berisi data-data yang bisa dipertanggungjawabkan. Namun, kertas kerja ditulis secara lebih detail dan tuntas dibandingkan makalah. Maka dari itu, sumber referensinya adalah topik tertentu, misal ambil dari materi seminar dan lain-lainnya.

  1. Tesis

Tesis

Penulisan tesis sebenarnya mirip dengan skripsi. Tesis juga merupakan karya ilmiah untuk mahasiswa pascasarjana (S2). Pada segi isi berdasarkan dengan penelitian, kajian, serta hipotesis yang penulis angkat. Tesis ditulis mahasiswa pascasarjana sebagai syarat kelulusan.

Demikian pembahasan di artikel ini. Untuk bisa menulis karya ilmiah yang baik dan benar, Anda harus mengetahui berbagai hal tentang karya ilmiah lebih dulu.

Jadi, tidak hanya sekedar mencari contoh seperti contoh karya tulis ilmiah tentang pendidikan karakter untuk dijadikan referensi menulis. Namun, beberapa hal penting lainnya juga perlu Anda ketahui. Dengan begitu, karya ilmiah yang dihasilkan akan lebih mendalam.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan Karakter Yang Baik Dan Benar

Tinggalkan komentar