Site icon Made Blog

Contoh Karya Tulis Ilmiah Sederhana untuk membantu Tugas Sekolah Anda

Contoh Karya Tulis Ilmiah Sederhana – Tulisan adalah salah satu bentuk yang efektif dalam penyampaian informasi, baik untuk seseorang ataupun banyak orang. Dengan memakai tulisan, penyampaian informasi tidak harus hingga berulang-ulang sehingga lebih efektif.

Bentuk karya tulis merupakan jenis tulisan yang banyak dipakai. Ada dua jenis karya tulis yaitu karya tulis ilmiah dan non ilmiah.

Nah, di artikel ini akan membahas tentang karya tulis ilmiah yang dihasilkan dari sebuah penelitian. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas mengenai contoh karya tulis ilmiah yang bisa untuk dijadikan referensi ketika Anda ingin membuatnya. Selain contoh karya tulis ilmiah sederhana, di sini juga akan membahas tentang sistematika penulisan.

Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Ada tiga bagian penting struktur karya tulis ilmiah, yaitu:

Pada bagian pendahuluan ini berisi tentang latar belakang masalah, masalah dibahas serta mekanisme penyelesaian masalah.

Bagian ini merupakan bagian yang terpenting dari sebuah karya ilmiah. Hal itu karena bagian ini berisi tentang semua temuan ilmiah yang didapatkan sebagai data hasil dari penelitian.

Ini merupakan bagian yang berisi simpulan hasil pembahasan penelitian. Pada bagian ini memberi penjelasan secara singkat dan padat yang menjawab berbagai tujuan penelitian dilakukan.

Setelah mengetahui sistematika penulisan karya tulis ilmiah, agar Anda lebih jelas tentang karya tulis tersebut, Anda harus mengetahui juga contohnya. Berikut adalah contoh karya tulis ilmiah sederhana.

Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Sederhana

Dampak Bahaya Internet untuk Remaja

BAB I

Pendahuluan

  1. Latar Belakang Masalah

Sekarang ini internet sudah melekat sekali di dalam kehidupan sehari-hari, apalagi untuk para remaja. Internet memanglah cukup membantu selesaikan banyak pekerjaan. Namun, ternyata internet pun ada hal-hal negatifnya yang memberikan dampak buruk. Apalagi usia remaja adalah usia yang masih labil sehingga cukup mudah untuk terseret arus. Maka dari itu, penelitian tentang dampak bahaya internet untuk remaja perlu untuk dilakukan.

  1. Rumusan Masalah

Bagaimana bahayanya internet untuk usia remaja?

  1. Tujuan Penelitian

Dapat untuk menjelaskan bagaimana bahaya dari internet bagi anak remaja.

BAB II

Pembahasan

Bahaya dari Internet untuk Anak Remaja

Internet nampaknya telah menjadi kebutuhan pokok di kalangan anak usia remaja. Namun, tidak semua anak remaja tersebut memanfaatkannya secara benar. Ada banyak remaja yang menyalahgunakan internet sehingga memberikan dampak buruk untuk diri serta lingkungannya.

Berdasarkan riset mendalam, ada beberapa bahaya salah guna internet pada anak remaja, seperti:

Semakin mudah akses konten-konten pornografi yang mengakibatkan perilaku kejahatan seksual

Melakukan perilaku bullying di media sosial

Semakin marak kasus penculikan anak remaja setelah berkenalan dengan orang asing lewat media sosial.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Internet memanglah cukup membantu di dalam kehidupan, namun itu tetap ada kekurangannya. Maka dari itu, orang tua punya peran yang penting sekali di dalam mengawasi anak-anak. Dengan begitu, anak-anak remaja bisa untuk membentngi diri dari berbagai hal negatif dari penggunaan internet.

Nah, demikian pembahasan sekilas tentang sistematika penulisan karya ilmiah serta contoh karya tulis ilmiah sederhana. Semoga bermanfaat!

Contoh Karya Tulis Ilmiah Sederhana untuk membantu Tugas Sekolah Anda

Exit mobile version