10+ Contoh Iklan dalam Kehidupan Sehari-hari dan Penjelasannya

Contoh Iklan – Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita tidak pernah lepas dari promosi atau iklan, baik dalam bentuk tulisan maupun suara. Contoh iklan bisa kita temui di mana saja, baik di televisi, koran, bahkan dalam sisipan ketika sedang bermain game di ponsel pintar.

Iklan memang dibutuhkan, bukan hanya untuk layanan komersial saja tetapi juga non-komersial. Dengan adanya iklan, maka setiap produk yang dimiliki oleh produsen bisa mendapatkan calon konsumennya dengan tepat sasaran.

Fungsi Iklan

Iklan memainkan sejumlah fungsi penting. Ia adalah pelumas ekonomi. Tanpa iklan, ekonomi berjalan lambat, macet, atau malah berhenti. FUNGSI IKLAN. Fungsi komunikasi meliputi: fungsi informasi. Fungsi persuasi. Fungsi mengingatkan. Fungsi mempercepat. Fungsi membangun citra. Fungsi peneguhan. Fungsi pendidikan. 3. Fungsi ekonomi. F. ekonomi untuk konsumen. F. ekonomi untuk pemasang iklan. F. ekonomi untuk media. 4. Fungsi sosial. 5. Fungsi Menghibur.

1.     Pemberi Informasi

Baik iklan layanan masyarakat maupun iklan produk, semuanya membawa misi yang sama yaitu menyebarkan informasi. Dengan membuat iklan, maka target pasar produk bisa mengerti akan isu yang diangkat.

Misalnya untuk iklan pasta gigi, konsumen bisa mengerti kelebihan dari produk tersebut dan perbedaannya dengan merk yang lain. Dengan demikian, konsumen akan tertarik dan memilih produk tersebut dibandingkan dengan produk lain.

2.     Penyambung Komunikasi

Selain sebagai sarana pemberi informasi, iklan juga berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pembuat iklan dan target pasarnya. Dengan beriklan, maka produsen dapat menyampaikan visi dan misi mereka.

Sedangkan dari pihak target pasar, mereka dapat memahami dan kemudian mengambil aksi dari pemahaman tersebut, baik itu setuju atau tidak setuju.

3.     Hiburan

Tujuan pembuatan iklan tentunya adalah menarik perhatian dari calon konsumen. Dengan demikian tentu saja sebuah iklan akan dibuat se-visual mungkin atau se-enak mungkin didengar telinga. Penggunaan warna yang cerah serta kalimat yang tidak biasa bisa meningkatkan perhatian.

Selain itu, iklan yang lucu dengan alur cerita yang tidak tertebak bisa menjadi hiburan tersendiri bagi penikmatnya.

4.     Pemasaran

Berbagai contoh iklan yang sering kita lihat biasanya merupakan sebuah produk pemasaran. Pembuat iklan tersebut berkeinginan untuk memasarkan hal yang mereka miliki, bisa berupa benda hingga ideologi.

Dengan adanya iklan, maka jangkauan penerima ide dan informasi tersebut bisa lebih menyebar dan membuka peluang yang lebih besar.

Contoh Iklan dengan Berbagai Tema

1.     Iklan Layanan Masyarakat

Tujuan pembuatan iklan semacam ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai sebuah isu. Tujuannya murni untuk mendidik dan tidak ada unsur komersial di dalamnya. Anda dapat menemukan iklan semacam ini di pusat layanan masyarakat.

Contoh dari iklan layanan masyarakat misalnya adalah iklan tentang pemanasan global. Di dalamnya akan tercantum perihal sebab dan akibat dari pemanasan global. Dengan memberikan informasi ini tentu harapannya adalah masyarakat bisa menghindari hal yang menyebabkan pemanasan global.

Contoh lainnya adalah perihal imunisasi, pencegahan demam berdarah, cara perpanjangan SIM dan masih banyak lagi. Jangkauan dari iklan ini bukan hanya pihak tertentu saja tetapi untuk setiap kalangan.

2.     Iklan Produk

Iklan dengan jenis ini memang dibuat dengan tujuan untuk menarik minat calon pembeli akan barang yang ditawarkan. Alasan tersebut pulalah yang membuat iklan ini juga dinamai dengan iklan niaga, sebab alasan intinya adalah agar ada proses niaga atau jual beli setelah iklan diterbitkan.

Ada banyak cara agar sebuah produk bisa diterima masyarakat, salah satunya adalah dengan membeberkan kelebihan yang dimiliki di dalam sebuah iklan yang menarik. Tak jarang iklan dibuat kontroversial agar viral dan menjangkau masyarakat yang lebih luas.

3.     Lowongan Kerja

Jangan dikiran bahwa iklan hanya melulu perihal menjual saja, sebab ada kalanya iklan juga menawarkan hal yang lain, yang juga dibutuhkan konsumennya, seperti lowongan pekerjaan. Iklan ini diterbitkan agar perusahaan bisa mendapatkan karyawan sesuai dengan standar yang berlaku.

Dengan cara ini, para pelamar bisa menilai sendiri kualifikasi mereka dibandingkan dengan syarat yang diajukan perusahaan. Data yang ada di dalam contoh iklan semacam ini ada banyak, sesuai dengan kebutuhan dari pembuat iklan.

Namun, unsur yang paling sering ada tentu adalah nama perusahaan, alamat, dan kontak perusahaan, lowongan yang tersedia serta kualifikasi yang dibutuhkan. Ada pula tenggang waktu pengiriman lamaran yang disertakan, biasanya iklan ini untuk lowongan dengan peminat yang tinggi.

4.     Pemberitahuan

Iklan semacam ini juga termasuk di dalam iklan non komersial, sebab sifatnya adalah memberikan informasi kepada target tertentu tanpa keinginan untuk ada transaksi jual beli. Iklan semacam ini bisa berbentuk tertutup maupun terbuka.

Contoh Iklan pemberitahuan tertutup yaitu untuk kalangan tertentu dan diterbitkan secara khusus. Contohnya, pemberitahuan hasil rapat yang diterbitkan dalam buletin perusahaan dan sebagainya. Sedangkan untuk pemberitahuan terbuka, misalnya pencarian orang hilang dan berita kematian.

5.     Iklan Baris

Ketika media koran masih cukup eksis, iklan semacam ini juga kerap kali muncul. Pada satu bagian di dalam koran, terdapat kolom khusus yang memuat iklan baris. Contoh iklan ini bermacam-macam, mulai dari menawarkan barang, jasa hingga lowongan pekerjaan.

Uniknya, iklan ini dibuat dengan bahasa yang sangat singkat, bahkan terkadang tiap kata pun penuh dengan singkatan. Hal ini disebabkan tarif iklan ditentukan tiap huruf, sehingga makin panjang huruf akan semakin mahal tarifnya.

6.     Penawaran Jasa

Iklan ini hampir sama dengan iklan produk, namun iklan ini lebih mengarah kepada penawaran terhadap jasa tertentu, misalnya laundry baju, jasa grooming hewan peliharaan, maupun yang paling sering adalah jasa service komputer.

Agar menarik, maka setiap pembuat iklan akan berlomba membeberkan kelebihan mereka, terlebih di dalam masalah tarif. Tidak jarang banyak yang membubuhkan kata-kata persuasif yang lugas dan tajam.

7.     Iklan Kolom

Jenis iklan ini memang hanya bisa dinikmati lewat media cetak, seperti koran maupun majalah. Sebab, iklan ini memang memenuhi satu kolom penuh dari media cetak yang digunakan. Biasanya perusahaan besar yang sedang mengadakan acara tertentu yang menggunakan iklan ini.

Alasannya tentu saja biaya penerbitan iklan kolom terbilang relatif mahal untuk orang biasa. Namun, keuntungan dari iklan kolom adalah detail informasi yang diberikan bisa lebih leluasa ditampilkan, sebab ruang yang tersedia juga cukup banyak.

Namun, dengan seiring berjalannya waktu, iklan kolom pun juga mulai bergeser dan masuk dalam ranah digital. Ada banyak situs web yang memuat iklan dalam satu halaman penuh. Iklan ini juga bisa disebut iklan kolom karena desainnya yang besar dan penuh detail.

8.     Iklan Elektronik

Jenis iklan ini tentu sudah bisa diprediksi dari namanya. Semua barang elektronik bisa diterbitkan dengan cara ini. Iklan elektronik yang kerap ditemui adalah mesin cuci lemari es, pendingin ruangan, dan masih banyak lagi.

Selain memuat kelebihan dari tiap alat elektronik, promo, dan juga hadiah menarik untuk tiap pembelian juga bisa disertakan untuk menarik minat pembeli.

9.     Iklan Makanan

Contoh iklan ini tentu yang paling akrab dilihat karena pasti ada di mana pun. Bukan hanya di media cetak, media elektronik pun juga banyak yang disisipi dengan iklan makanan. Iklan ini termasuk yang paling banyak karena merupakan kebutuhan pokok.

Makanan yang dipromosikan pun tidak terbatas, mulai dari produk jadi maupun setengah jadi, baik itu makanan ringan maupun makanan berat. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan.

10.  Iklan Pendidikan

Ada dua jenis iklan edukasi, yaitu komersial dan non komersial. Untuk jenis iklan komersial, biasanya berkaitan dengan bimbingan belajar maupun sarana pembelajaran. Sedangkan untuk jenis non komersial biasanya berkaitan dengan pentingnya pembelajaran yang benar.

Mencari contoh iklan yang menarik bisa di mana saja. Tidak hanya dalam produk gambar, iklan juga bisa berbentuk suara, misalnya di radio. Prinsip pembuatan iklan visual maupun audio juga sama, yaitu harus menarik dan tentunya padat informasi.

10+ Contoh Iklan dalam Kehidupan Sehari-hari dan Penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.