7 Contoh Ceramah Singkat yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Contoh ceramah singkat – Pidato agama atau yang biasa disebut dengan ceramah merupakan pembahasan mengenai agama yang di sampaikan oleh ahli agama atau seorang ustadz yang memang sudah memiliki bekal ilmu agama yang lebih dan di bagikan kepada orang lain, dengan bertujuan agar banyak yang paham dan mengerti tentang ilmu agama.

Berikut merupakan beberapa contoh ceramah agama yang singkat, dan menjelaskan beberapa pembahasan yang umum di sampaikan di masyarakat.

Contoh Singkat Ceramah Tentang Kebersihan

Contoh Singkat Ceramah Tentang Kebersihan
thegorbalsla.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Bismillahirrahmanirrahiim. Alhamdulillahirabbil alamiin, segala puji bagi Allah SWT, karena dengan izin Allah kita di berikan kekuatan untuk bisa dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat. 

Jamaah sekalian yang di rahmati oleh Allah, disini saya akan sedikit membahas mengenai masalah yang cukup sering kita dengar yaitu tentang “kebersihan”. Seperti yang ada dalam hadis Rasulullah yang cukup terkenal, yang artinya berbunyi “kebersihan sebagian dari iman”.

Allah SWT sangatlah mencintai orang-orang yang mau menjaga kebersihan. Karena jika kita akan beribadah badan dan tempat ibadah kita juga harus dalam keadaan yang bersih. Maka dari itu, marilah kita jaga kebersihan jasmani maupun rohani kita, agar kita dapat mencapai keselamatan dan kebaikan untuk diri sendiri maupun orang lain.

Allah SWT telah memerintahkan ketika kita akan menunaikan sholat, kita harus bersih dari hadas kecil maupun besar. Kita harus mensucikan diri dengan berwudhu. Tempat dan pakaian yang akan kita gunakan untuk sholat juga harus bersih dari najis. 

Menjaga kebersihan merupakan perintah Allah SWT, dan menjaga kebersihan merupakan bagian dari bersuci. Karena melaksanakan perintah Allah adalah sebuah kewajiban, maka perintah untuk menjaga kebersihan merupakan bagian dari iman kita terhadap Allah SWT. Jika kita sebagai hamba Allah tidak mau untuk melaksanakan perintah-Nya, maka kita bukan masuk kedalam golongan orang yang bertaqwa.

Selain itu, Allah juga telah menciptakan air yang berfungsi untuk membersihkan diri. Untuk itu, kita patut selalu bersyukur karena kita berada pada lingkungan yang airnya melimpah. Karena masih banyak daerah-daerah atau negara yang masih kekurangan pasokan air bersih sehingga mereka sulit untuk bersuci dengan air yang bersih.

Karena kita memiliki pasokan air yang melimpah, sudah seharusnya kita untuk menjaga dan tidak mengotorinya seperti membuang sampah di sungai. Membuang sampah di sungai selain menyebabkan air menjadi tidak bersih juga menjadi penyebab terjadinya banjir ketika musim hujan.

Maka dari itu kita jaga pemberian Allah, tanamkan pada anak-anak kita sedari kecil untuk selalu menjaga kebersihan. Sehingga ketika nanti mereka dewasa akan menjadi terbiasa menjaga kebersihan. Lingkungan yang selalu terjaga kebersihannya akan memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Baik, sekian wejangan dari saya, semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Mencari Ilmu

Contoh Ceramah Singkat Tentang Mencari Ilmu
dosenmuslimah.com

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wa barakatuh

Alhamdulillahirabbilalamiin atas izin Allah,  kita semua bisa hadir di majelis ini dengan keadaan yang sehat wal afiat. Kita berkumpul disini selain untuk bersilaturahim dan juga Inysa Allah akan membahas sesuatu hal yang baik. 

Baiklah ibu-ibu, bapak-bapak saudara sekalian yang di rahmati Allah, disini saya akan sedikit membicarakan mengenai seseorang yang mencari ilmu. Allah SWT telah berfirman sebagaimana yang ada dalam Al-Quran surat Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya “ Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan memiliki ilmu dengan beberapa derajat”

Sudah jelas sekali dalam ayat tersebut bahwa mencari ilmu merupakan sebuah keutamaan yang akan membawa kebaikan bagi seseorang, baik ketika di dunia maupun di akhirat. Karena dengan mempelajari ilmu kita akan mengetahui banyak hal, kita dapat memahami banyak hal yang bisa dilihat dari banyaknya sudut pandang manapun. Dengan memiliki ilmu, pikiran kita selalu jernih sehingga bisa bijak dalam memutuskan segala hal.

Dengan memiliki ilmu, wawasan kita semakin banyak dan semakin beragam. Misalnya saat di sekolah, pasti kita tidak hanya belajar satu mata pelajaran saja  tetapi kita bisa belajar menulis, membaca dan berhitung. Banyak juga ilmu-ilmu umum yang kita pelajari seperti fisika, matematika, biologi, PPKN, sosiologi. 

Ketika kita belajar ilmu agama misalnya, kita dapat mengetahui sejarah tentang Islam, dapat belajar dan memahami tentang aqidah akhlak dan bagaimana harusnya kita berhubungan dengan Allah dan dengan manusia. Untuk wawasan yang umum, seperti belajar fisika kita jadi tahu tentang wujud benda dan tentang pengetahuan yang lainnya.

Dengan beragam ilmu tersebut, kita menjadi semakin banyak wawasan yang beragam yang kita pahami. Jangan hanya berdiam diri dan bermalas-malasan di rumah. Apalagi belajar tentang ilmu Agama, itu merupakan ilmu yang wajib kita pelajari dan kita pahami, karena ilmu Agama merupakan bekal untuk kita kelak di akhirat. 

Ilmu tidak hanya bisa kita dapat saat di bangku sekolah saja, tetapi dengan belajar dari kejadian di kehidupan sehari-hari kita itu juga bisa dijadikan sebagai ilmu untuk kita. Sekian pembahasan kita tentang ilmu, semoga kita termasuk orang-orang yang semangat dalam mencari ilmu. Semoga bermanfaat untuk kita semua

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

BACA JUGA : 7 contoh ceramah singkat bermakna (Paling Lengkap)

Ceramah Singkat Tentang Kesabaran

Ceramah Singkat Tentang Kesabaran
www.romadecade.org

Asaalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahirabbilalamin kita diberi kesempatan untuk berkumpul di malam yang berbahagia ini. Alhamdulillah kita diberi kenikmatan berupa kesehatan sehingga kita dapat berkumpul bersama untuk bersilaturrahmi.

Hari ini saya sedikit akan membahas mengenai sifat dan keutamaan bersabar. Sabat sendiri dalam bahasa arab berasal dari kata sobaru yasbiru yang memiliki arti menahan. Menahan disini bisa diartikan secara luas, bisa kita mengartikan dengan artian kita menahan lapar, menahan hawa nafsu ketika sedang berpuasa.

Dan juga bersabar ketika sedang dihadapkan dengan perilaku buruk orang lain kepada kita. Intinya kita harus bersabar ketika sedang di zalimi. Saudara-saudara sekalian, tidak semua orang dapat memperoleh kemenangan serta kenikmatan dari rasa bersabar karena sudah tidak bisa menahan atau mengendalikan sedari awal.

Untuk itu, kita sebagai manusia perlu untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah agar selalu diberi kesabaran yang tidak ada batasnya. Dan semoga kita dapat memperoleh pahala yang banyak dari Allah SWT. 

Seperti yang telah dijelaskan didalam Al-Quran pada surat Al-Baqarah ayat 153 yang artinya :

“Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan rasa sabar dan  shalat, karena sesungguhnya Allah senantiasa bersama dengan orang-orang yang sabar.”

Dari pengertian ayat tadi, sudah jelas bahwa kita sebagai manusia diminta untuk selalu sabar dan Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang mau bersabar untuk memberikan pertolongan pada mereka. Allah SWT juga memberikan pada  tiap-tiap hambanya yang mau menjalankan perintah-Nya. 

Tidak mudah memang untuk kita sebagai manusia biasa untuk bersikap sabar, namun kesabaran itu perlu di latih memang tidak bisa langsung terbiasa tetapi jika terus menerus di lakukan maka akan menjadi terbiasa. Karena tidak mudahnya rasa sabar, maka dengan itu Allah menguji hambanya dan akan melihat akankah kita sebagai hambanya lolos dari ujian sabar tersebut.

Rasa sabar bisa dilatih dengan selalu membaca istigfar dan berhusnuzon kepada Allah di setiap ujian yang kita hadapi. Dengan begitu niscaya Allah akan mendatangkan beribu kemuliaan dan keberuntungan yang datangnya bisa dari mana saja.

Sekian pembahasan kita tentang keikhlasan, semoga kita termasuk orang-orang yang di hatinya selalu tertanam rasa ikhlas dengan apa yang diberikan oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Ibu

Contoh Ceramah Singkat Tentang Ibu
www.bagi-in.com

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil Alamin pada pagi hari ini kita di berikan rahmat berupa kesehatan oleh Allah SWT, sehingga kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat wal afiat. Sholawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi agung Muhammad SAW dan kepada keluarga serta para sahabatnya, yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh ilmu seperti saat ini. 

Baik tidak perlu berlama-lama lagi, hari ini kita akan membahas sedikit tentang seorang ibu. Saudara-saudaraku sekalian Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran surat Al-Isra’ yang artinya :

“Dan Tuhanmu telah memberikan perintah agar kamu jangan pernah menyembah selain Dia, dan juga hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak”.

Dalam ayat tersebut sudah jelas sekali jika kita semua sebagai anak diperintahkan untuk berbuat kepada ibu dan bapak terkhusus kepada seorang ibu. Apalagi kita jangan sampai mengucapkan perkataan yang menyakiti hati kedua orang tua.

Ketika di minta untuk melakukan sesuatu jangan pernah mengucapkan kata “ah” yang berarti membantah apalagi sampai membentak hingga kedua orang tua khususnya ibu mengeluarkan air mata kekecewaan pada kita.

Saudara-saudaraku sekalian, kita harus ingat bahwa tanpa orang tua kita tidak akan pernah terlahir di dunia. Allah sudah memberikan amanat kepada kedua orang tua melalui kita dan jangan sampai kita menyakiti hingga hati keduanya terluka.

Terlebih lagi seorang ibu, dia adalah sosok wanita yang telah rela mengandung, membawa kita dalam perutnya hingga sembilan bulan lamanya. Ketika mengandung terkadang ibu rela untuk merasakan mual dan muntah, belum lagi nanti ketika melahirkan, seorang ibu akan merasakan sakit yang teramat sangat hingga di ibaratkan sakitnya seperti tulang yang patah. 

Kasih sayang seorang ibu itu tak terhingga sampai sepanjang masa. Pernah di ceritakan bahwa Rasulullah ditanya oleh salah seorang sahabat sampai empat kali “siapa orang yang kamu cintai?” beliau menjawab ibu, ibu, ibu hingga pertanyaan yang keempat Rasulullah SAW baru menjawab Ayah.

Hal tersebut menandakan bahwa memang ibu merupakan sosok yang sangat menyayangi kita, yang harus kita jaga perasaannya. Ada pepatah yang mengatakan jika “surga berada di telapak kaki ibu”. Seorang ibu memberi tanpa pamrih dan tak mengharapkan kita sebagai anak untuk membalas semua kebaikannya.

Berbuat baiklah kepada kedua orang tua terutama kepada ibu, selagi mereka masih ada di dunia, kita bahagiakan mereka. Bagi saudara-saudara yang ibu atau ayahnya sudah meninggal, mari kita kirimkan doa dan mohonkan ampun untuk mereka supaya Allah mengampuni dan memberikan tempat yang baik di sisinya.

Sekian dari saya, semoga penyampaian yang hanya sedikit ini bisa memberikan manfaat bagi saudara-saudara sekalian.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Rasa Ikhlas

Contoh Ceramah Singkat Tentang Rasa Ikhlas
moondoggiesmusic.com

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamiin atas izin Allah,  kita semua bisa hadir di majelis ini dengan keadaan yang sehat wal afiat. Kita berkumpul disini selain untuk bersilaturahim dan juga Inysa Allah akan membahas sesuatu hal yang baik. 

Baiklah saudara-saudara sekalian yang di rahmati Allah, disini saya akan sedikit membahas mengenai keutamaan rasa Ikhlas bagi jiwa dan diri kita sebagai manusia. Sebagaimana kita ketahui, bahwa kita hendak ikhlas di setiap ketentuan Allah yang baik maupun yang buruk.

Saudara-saudaraku yang di rahmati Allah, kita harus ingat jika semua yang ada pada diri kita hanya merupakan titipan dari Allah yang sewaktu-waktu dapat diambil kembali. Dan segala yang apa kita miliki di dunia ini harta, keluarga, pasangan juga akan diambil dimanapun dan kapanpun dengan kehendak Allah SWT.

Maka dari itu, menjaga diri kita untuk senantiasa merasa ikhlas di setiap ketetapan dari Allah merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Sebagai seorang manusia pastinya kita selalu berharap untuk selalu di berikan keberkahan, berharap di beri kenikmatan hidup dengan adanya keluarga, tahta dan harta. Semua hal tersebut merupakan wujud dari karunia yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita para hambanya.

Banyak sekali nikmat yang di berikan oleh Allah, rasa-rasanya tidak bakalan cukup jika kita menghitungnya sehari semalam ini. Rasa ikhlas memang tidak mudah untuk di lakukan, namun jika didalam jiwa kita telah tertanam untuk selalu ikhlas karena Allah, maka didalam hati kita akan bersemayam iman yang tidak ada nilai harganya.

Rasa ikhlas karena Allah ini bahkan tidak dapat di beli dengan harga seberapa pun itu. Rasa ikhlas datangnya dari hati yang mengharapkan ridho dari Allah. Seperti halnya ketika kita memberikan sesuatu kepada orang lain baik benda maupun materi, hendaknya memang harus tertanam dalam hati itu ikhlas dan tulus ketika memberikan.

Dengan tidak mengharapkan sebuah balasan kembali, hingga dapat menyakiti hati orang yang telah kita beri. Insya Allah jika kita selalu ikhlas dalam hati, maka Allah SWT akan memberikan imbalan berupa pahala kepada kita. Baiklah saudara-saudara, itu tadi sedikit wejangan dari saya, semoga dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua. 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat Membahas Tentang Sholat

Contoh Ceramah Singkat Membahas Tentang Sholat
www.bagi-in.com

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil Alamin pada pagi hari ini kita di berikan rahmat berupa kesehatan oleh Allah SWT, sehingga kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat wal afiat. 

Saudara-saudara yang di rahmati Allah, di hari yang membahagiakan ini saya akan sedikit membahas mengenai ibadah wajib yang harus kita penuhi sebagai seorang muslim, yaitu tentang “ibadah sholat”. Sudah kita ketahui bersama, bahwa dalam agama Islam ibadah sholat merupakan tiangnya agama, jika di ibaratkan sebuah rumah, sholat merupakan sebuah pondasi. Sudah di jelaskan juga didalam Al-Quran bahwa sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar.

Saudara-saudara sekalian, dari penjelasan tadi bisa kita artikan bahwa dengan kita melakukan ibadah sholat yang benar dan khusuk, maka berarti kita sudah menjalankan yang merupakan suatu tiang kehidupan. Apabila tiang kehidupan tersebut tidak benar maka akan dapat merobohkan pondasi didalam kehidupan kita.

Banyak yang mengatakan apabila ingin melihat bagaimana baik tidaknya seseorang, maka lihatlah dari sholatnya. Jika kita mengerjakan sholat dengan baik, Insya Allah seluruh amalan yang kita lakukan juga baik. Karena dengan mengerjakan sholat dengan baik, yakni dengan khusuk dan hatinya selalu tertuju kepada Allah ketika mengerjakannya.

Maka dengan begitu kita sudah benar-benar menjalankan segala apa yang di perintahkan dan apa yang di larang oleh Allah dengan totalitas. Hal itu menjadi tanda untuk bahwa kita termasuk orang-orang yang bertaqwa.

Namun perlu di ketahui saudara-saudaraku, jika kita dalam mengerjakan sholat selalu seenaknya sendiri seperti halnya untuk urusan waktu sholat, atau dalam bacaan sholat maka sudah bisa di pastikan jika malas yang lain yang kita kerjakan, juga tidak akan berbeda jauh seperti ketika mengerjakan sholat.

Sholat apabila dikerjakan dengan cara yang baik dan benar, maka akan bisa berpengaruh untuk keseluruhan jiwa dan nurani kita. Hati dan jiwa kita akan selalu merasakan tenang, tidak mudah gelisah dan terhindar dari perbuatan yang tercela yang bisa merugikan terhadap orang lain.

Baiklah itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga kita saudara-saudara dapat mengambil manfaat dari apa yang saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf, saya akhiri Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

BACA JUGA: 11+ Contoh Ceramah Agama Singkat Berbagai Tema (Paling Lengkap)

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pergaulan Bebas Pada Remaja dan Anak Muda

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pergaulan Bebas Pada Remaja dan Anak Muda
www.psychologytoday.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Bismillahirrahmanirrahiim.

Alhamdulillahirabbil alamiin, segala puji bagi Allah SWT, karena dengan izin Allah kita di berikan kekuatan untuk bisa dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat. 

Saudara sekalian yang saya cintai, karena kali ini yang hadir dalam majelis ini kebanyakan adalah para remaja, meski juga ada dari ibu-ibu ataupun bapak-bapak, maka saya ingin menyinggung sedikit masalah yang akhir-akhir ini kerap menimpa kalangan remaja dan anak muda, yaitu masalah “pergaulan bebas”.

Pergaulan bebas yang menimpa anak muda ini sudah menjadi momok yang menakutkan yang dapat merusak generasi muda saat ini, tidak hanya bagi remaja sendiri tetapi juga meresahkan di kalangan masyarakat dan kedua orang tua.

Apa orang tua yang kini memiliki anak, terlebih yang menginjak usia remaja maka sudah seharusnya untuk membentengi dan menjaga anak dari pergaulan bebas yang membawa dampak negatif bagi mereka.

Saudara sekalian, memang kita ketahui bahwa sebagai orang tua kita tidak bisa seratus persen bisa mengawasi pergaulan anak-anak kita ketika sedang berada di luar. Mungkin kita bisa mengawasi hanya ketika anak sedang berada di rumah atau saat mereka masih kecil. 

Mungkin anak ketika masih kecil masih bisa kita ajari untuk menulis, membaca, bermain dan lain sebagainya. Namun, akan sangat berbeda jika mereka telah menginjak usia remaja atau ketika telah balig. Lingkungan sosial pada anak remaja sudah lebih luas, mulai dari lingkungan mereka bermain ataupun lingkungan sekolah. 

Perasaan rasa suka terhadap lawan jenis pada dasarnya merupakan fitrah yang memang diberikan oleh Allah, sebagai manusia memang kita memiliki hati yang bisa mencintai. Itu semua merupakan naluri yang normal di rasakan oleh semua manusia.

Jika kita tidak memiliki fitrah untuk mencintai, maka kita tidak akan bisa berkembang seperti saat ini. Namun, akan menjadi tidak baik dan dosa jika fitrah cinta tersebut muncul karena dorongan nafsu yang menjerumuskan kepada perbuatan zina. Tidak salah memangsa menyalurkan nafsu, tetapi jika sudah dengan ikatan yang halal, sesuai dengan syariat yaitu dengan pernikahan, jika sudah halal maka melakukan hal itu merupakan sesuatu yang mendatangkan pahala.

Perbuatan yang buruk dan negatif salah satunya karena di pengaruhi oleh lingkungan yang tidak baik juga, seperti ketika berteman dengan seorang yang suka minum-minuman keras maka tidak menutup kemungkinan kita juga akan terpengaruh dengan hal tersebut. Atau ketika teman telah memiliki pacar, jadi ikut-ikutan juga untuk berpacaran. Karena kebanyakan remaja berfikir bahwa pacaran merupakan sesuatu hal yang keren.

Dengan pacaran bukan malah menjadi keren, tetapi malah mendatangkan dosa. Yang lebih menghawatirkan lagi jika dengan berparan menjadi jalan untuk berbuat zina.

Maka dari itu saudara-saudara sekalian, ini perlunya menghadiri majelis ta’lim agar kita berada dalam lingkungan yang senantiasa di kelilingi oleh teman-teman yang memiliki kegiatan positif. Yang insya Allah akan selalu mengajak kita untuk berjalan bersama dalam kebaikan. 

Bagi anak-anak remaja, mari tinggalkan perbuatan yang tidak baik seperti pergaulan bebas. Masa depan kalian masih panjang dan gunakan masa remaja kalian untuk mengikuti kegiatan-kegiatan positif sehingga kelak kalian tidak menyesal di kemudian hari.

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa mendatangkan manfaat bagi saudara semuanya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga Cerita Lucu

Baiklah itu tadi merupakan beberapa contoh ceramah singkat yang bisa Anda jadikan sebuah referensi. Anda bisa menggunakannya di acara perpisahan maupun di majelis pendidikan.

Tinggalkan komentar