10 Contoh Biografi Tokoh, Diri Sendiri Dll Lengkap

Contoh Biografi – Apa Anda tahu apa itu biografi? Biografi adalah tulisan tentang perjalanan hidup seseorang daro masa kecil hingga saat ini. Biografi biasanya ditulis secara singkat dan tidak terlalu panjang. Berbeda dengan autobiografi yang ditulis menggunakan sudut pandang orang pertama, biografi ditulis oleh orang  lain. Sehingga dalam penulisannya menggunakan sudut pandang orang ketiga

Penulisan biografi lebih bertujuan untuk menginformasikan kepada orang lain tentang tokoh tersebut, baik berupa kepribadian, peristiwa penting yang terjadi dalam hidupnya, riwayat pendidikan, sampai cita-cita. Sehingga diharapkan dapat memotivasi orang lain.

Biografi yang ditulis dalam bentuk artikel biasnya hanya disajikan secara singkat saja, tapi jika ditulis dalam bentuk buku maka akan dituliskan lebih detail tentang perasaan-perasaan orang tersebut. Dengan biografi maka akan Anda temukan latar belakang, atau hal yang mendasari tindakan dalam hidupnya.

Biografi memiliki beberapa karakteristik yaitu:

  1. Ditulis berdasarkan fakta yang ada atau sesuai dengan kisah tokoh tersebut
  2. Ada beberapa struktur baku yang harus ada dalam biografi yakni orientasi, reorientasi dan peristiwa
  3. Pembuatan biografi bisa dalam bentuk narasi
  4. Mengandung pelajaran dan pengajaran yang dapat membangkitkan semangat bagi pembaca
  5. Tulisan tersebut penuh dengan inspirasi

Sebelum menulis sebuah biografi Anda harus tahu strukturnya. Seperti orientasi yang berisi kalimat pengenalan atau gambaran awal dari yang bersangkutan. Peristiwa dan masalah, seperti hal-hal yang dialami tokoh tersebut dalam mencapai tujuan. Dan reorientasi, penulis seakan memberikan sedikit gambaran tentang tokoh tersebut.

Contents

Contoh Biografi Diri Sendiri

CONTOH BIOGRAFI DIRI SENDIRI

Nama saya Anne Pitaloka, gadis berumur 17 tahun yang lahir pada tanggal 05 Maret 2002. Saya lahir di Surabaya yang menurut orang-orang adalah kota dengan cuaca yang cenderung panas. Orang tuaku bernama Adi dan Halimah yang sebenarnya tinggal di Kalimantan. Namun setelah orang tuaku menikah mereka memutuskan untuk tinggal di Surabaya sebab perkerjaan ayahku. Jadi, sejak kecil aku tinggal di Surabaya, meski begitu setiap tahunnya kami selalu berkunjung ke Kalimantan.

Saat umurku 15 tahun ayahku di pindah tugaskan di Jakarta, dan hal itu mengharuskan kami untuk berpindah lagi. Aku bersekolah di SMAN 8 Jakarta yang merupakan sekolah favorit. Kedua orang tuaku sangat menjunjung tinggi pendidikan maka itu di rumah kami selalu memiliki agenda untuk membaca buku. Hal ini juga yang membuatku meneruskan sekolah di Perguruan Tinggi Negeri setelah menamatkan SMA.

Aku mengambil jurusan Pendidikan Matematika di salah satu Instansi di Jakarta. Selama kuliah kujalani dengan semangat dan akhirnya berhasil lulus dengan mendapat predikat terbaik. Saya sangat bahagia waktu itu karena berhasil membuat orang tua saya bangga. Setelah lulus saya mengabdi di Sekolah SMA tempat saya menimba ilmu. Begitulah perjalanan saya, teruslah belajar dan jangan patah semangat. Salam hangat dari Anne Pitaloka.

Contoh biografi Ayah

CONTOH BIOGRAFI AYAH

Sohebul Hadi adalah nama ayah saya yang lahir di Temanggung 15 Juni 1968. Beliau adalah anak ketiga dari 6 bersaudara. Ayah saya lahir dari keluarga yang sederhana yang bernama bapak Marsino dan Ibu Juminah yang telah meninggal beberapa tahun  lalu. Ayah saya mengawali pendidikannya di SDN 4 Temanggung dan telah lulus pada tahun 1981 yang kemudian dilanjutkan ke jenjang SMP yang lulus pada tahun 1984.

Ayah saya termasuk orang yang senang sekali dengan pendidikan, sehingga setelah lulus SMP beliau melanjutkan ke sekolah menengah atas tepatnya SMAN Temanggung dan lulus dengan nilai UN tertinggi pada Tahun 1987. Ayah saya tidak puas jika hanya sampai SMA jadi beliau meneruskan ke Perguruan Tinggi dan mengambil jenjang D2 dan setelah lulus beliau memutuskan untuk kuliah S1 di jurusan Ilmu Komputer.

Ayah saya adalah seorang pekerja keras, hal ini dibuktikan bahwa sejak beliau masih menduduki bangku sekolah dasar, ayah saya telah bekerja sebagai peternak. Saat masa SMP beliau bekerja sambilan di sebuah toko kelontong dan menjadi kuli bangunan saat duduk di bangku SMA.

Ayah saya sadar bahwa biaya pendidikan tidaklah murah, tidak mungkin jika segala biaya di tanggung oleh orang tuanya yang bahkan juga harus menyekolahkan ketiga adiknya. Untuk itu ayah saya memilih untuk bekerja sambilan agar meringankan bebang orang tuanya. Tak pernah ada keluh kesah meski capai telah dirasakannya.

Usaha pun membuahkan hasil, ayah saya lulus sebagai PNS yang dimulai dengan mengabdi di SMP tempatnya menimba ilmu dulu. Ayah saya menikah dengan Ibu saya yang bernama Halimah pada tahun 2002 yang setelah itu dikarunia dua orang anak yaitu kakak saya yang lahir pada tanggal 07 maret 2003 dan pada tahun 2005 saya pun lahir.

Ayah saya adalah seorang yang penyayang dan tetap pekerja keras diusianya yang sekarang. Mungkin hal itulah yang membuat saya kagum padanya, beliau orang yang tegar dan seorang kepala rumah tangga yang bertanggung jawab.

Contoh Biografi Ibu

CONTOH BIOGRAFI IBU

Ibu adalah sosok yang luar biasa dalam hidup. Setiap ibu adalah malaikat, dan pastinya luar biasa, tak terkecuali dengan sosok ibunda yang satu ini. Beliau bernama khadijah Dwi Prameswari yang lahir di Gorontalo pada tanggal 19 JAnuari 1964.

Sang ibunda mulai bersekolah di SD Boalemo, SMP Boalemo dan SMA Boalemo. Setelah lulus sekolah menengah atas Ibu khadijah membantu orang tuanya untuk mengelola bisnis keluarga. Yang kemudian menikah dengan bapak Salim dan memiliki tiga orang anak. Ibu khadijah adalah seorang yang ulet dan telaten maka tak heran berkat kerja kerasnya ibu khadijah berhasil menyekolahkan ketiga anak nya sampai ke perguruan tinggi negeri.

Ibu khadijah mencoba mengajarkan pada kita bahwa pendidikan tinggi tak hanya diperuntukkan bagi si kayak arena kerja keras akan membuahkan hasil yang setimpal. Beliau juga pernah bercerita mengenai pengalaman masa kecilnya yang membantu orant tuanya berjualan makanan. Bahkan beliau juga berdagang di sekolah untuk membantu ekonomi keluarganya.

Meski terhalang dengan ekonomi, namun semangat yang dimiliki ibu khadijah dulu sangatlah patut diacungi jempol. Sejak kecil ibu Khadijah telah belajar bagaimana cara mengatur pengeluaran dengan baik dan menggunakan uang untuk membeli hal yang diperlukan.

Saat ini ibu khadijah adalah seorang pedagang untuk membantu suaminya mencari pundi-pundi uang. Semua penghasilannya pun digunakan untuk membiayai anak-anaknya sampai lulus perguruan tinggi. Ibu khadijah adalah sosok yang penyayang bagi anak-anaknya. Keinginan besar beliau adalah melihat kesuksesan anaknya oleh karena itu ibu khadijah dan suaminya tak pernah lupa untuk selalu menasehati, mendukung, dan memberi motivasi.

Sungguh memang pengorbanan seorang ibu yang luar biasa, yang rela bangun tiap malam untuk bermunajat pada Tuhan. Memanjatkan segala doa kebaikan dunia akhirat.

Contoh Biografi Pahlawan

CONTOH BIOGRAFI PAHLAWAN

Pahlawan adalah seorang yang menghasilkan buah yang berkualitas bagi bangsanya. Mereka adalah sosok yang berani membela kebenaran, tidak pantang menyerah dan seorang pejuang yang hebat. Keberanian mereka juga tak akan pernah dilupakan oleh bangsa.

Tuanku imam bonjol memiliki nama asli Muhammad Shahab yang lahir di Bonjol tahun 1772. Beliau lahir dari pasangan bapak Bayanuddin dan ibu Hamatun. Ayah beliau merupakan seorang alim yang berasal dari Rimbang. Muhammad Shahab adalah pemimpin masyarakat setempat yang dijuluki Peto Syarif, Malin basa dan Tuanku Imam. Namun setelah pemimpin dari Harimau nan Salapan menunjuknya sebagai Imam dari kaum Padri di Bonjol, Muhammad Shahab lebih dikenal dengan nama Tuanku Imam Bonjol.

Bangsa ini pernah mengalami Perang Padri yang menyebabkan traumatis sekaligus heroik. Pada tahun 1803-1821 perang dilakukan oleh orang Minang dan Mandailing. Yang didasari oleh keinginan agar kerajaan Pagaruyung menerapkan syariat Islam sesuai dengan Ahlussunnah wal Jamaah dan berpegang teguh pada Al quran serta hadis.

Hal ini menimbulkan konflik karena tidak adanya yang sepakat di pihak kaum adat. Beberapa negeri pun mulai bergejolak yang kemudian Kaum Padri (penamaan bagi kaum ulama) yang dipimpin oleh tuanku Pesaman menyerang Pagaruyung tahun 1815. Pada tahun selanjutnya yakni 1821, kaum adat resmi bergabung dengan pemerintah Hindia-Belanda untuk berperang melawan kaum Padri.

Belanda mulai mengepung benteng kaum Padri selama enam bulan lamanya. Para tentaranya sebagian besar adalah manusia pribumi yang berasal dari Jawa, Madura, Bugis dan Ambon. Kekuatan Belanda terus bertambah sebab bantuan yang terus datang dari Batavia. Hal ini sangat menyulitkan Tuanku Imam Bonjol. Namun beliau tetap teguh dan tak mau menyerah pada pihak musuh.

Hingga pada tahun 1837 tepatnya bulan Oktober, Beliau diundang ke Palupuh untuk melakukan perundingan. Namun ternyata beliau ditangkap dan dibuang ke Cianjur, Jawa Barat. Lalu, Tuanku Imam Bonjol dibawa ke Ambon, selanjutnya ke Lotak, Minahasa. Beliau meninggal pada tanggal 8 November 1864 dan dimakamkan di tempat pengasingannya.

Pada tanggal 6 November 1973 Tuanku Imam Bonjol diangkat sebagai Pahlawan Nasional. Nama Tuanku Imam Bonjol juga hadir sebagai nama jalan, universitas bahkan mata uang Indonesia pada Tahun 2001.

Contoh Biografi Guru

CONTOH BIOGRAFI GURU

Syauqi, S.Hum adalah seorang guru bahasa Arab di SMA Yogyakarta. Biasanya para muridnya memanggil dengan sebutan Pak Syauq. Beliau lahir di Yogyakarta, 28 Januari 1964. Pak Syauq memiliki berat 63 kg dan tinggi 170 cm yang merupakan anak dari bapak Masdar dan Ibu Aminah yang bermata pencaharian sebagai petani di desanya.

Pak Syauq memiliki dua saudara perempuan dan mereka hidup cukup berkat hasil kebun orang tuanya. Untuk menyelesaikan S1 nya, beliau mengandalkan beasiswa yang diterimanya serta bekerja sambilan. Beliau tak mengeluh meski harus memenuhi kebutuhan kuliahnya sendiri.

Awalnya bapak Syauq tidak pernah bercita-cita menjadi seorang guru. Namun setelah kepergian ayahnya, beliau mulai berfikir untuk melakukan hal itu demi sang ayah, namun setelah berada di pertengahan semester beliau mulai sadar dan menikmati apa yang ia kerjakan untuk dirinya sendiri. Kepergian ayahnya sangatlah membuat bapak Syauq terpuruk. Baginya ayah adalah seorang panutan dan idolanya, namun karena dukungan sosok ibu bapak Syauq mencoba tetap tegar menghadapi hal itu.

Pada tahun 1987, tepatnya setelah ia lulus dari bangku kuliah bapak Syauq mulai mengajar. Pada tahun itu pula bapak Syauq sedang mengambil D3. Tidak hanya menjadi guru bahasa Arab saja, tapi bapak Syauq juga seorang organ tunggal, beliau piawai memainkan piano. Saat di rumah kesibukan Bapak Syauq adalah berkebun dan menjalankan bisnis kontrakan. Itu lebih dari cukup untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.

Bapak Syauq menikah dengan Eli Harmi yang juga seorang sarjana pada tahun 1989 dan dikaruniai seorang putra pada tahun 1990. Kini anaknya juga telah menyelesaikan studi S1 dan S2 nya sebagai lulusan terbaik.

Bapak Syauq selalu berpesan kepada anak didiknya agar selalu memiliki motivasi belajar yang tinggi. Jangan mencontoh dari yang tidak baik. Ilmu tidak hanya di sekolah tapi ilmu dapat didapat dimanapun dan kapanpun selagi mau berusaha. .

Contoh Biografi Siswa

CONTOH BIOGRAFI SISWA

Dhani August adalah seorang siswa dari Sekolah Menengah Pertama di Jawa Timur. Teman-temannya biasa memanggilnya Dhani. Dhani adalah seorang siswa berprestasi dalam bidang akademik dan kesenian. Dia lahir di Magetan, 30 Oktober 1996. Dhani lahir dari pasangan Abdullah dan Yati yang sebenarnya berasal dari Sumatra dan merantau ke Jawa Timur.

Orang tuanya adalah pecinta seni musik, maka tak heran sejak kecil Dhani sudah belajar cara bermain alat music seperti gitar. Dhani juga masuk dalam kegiatan band di sekolahnya dan Seringkali ia mewakili sekolahnya mengikuti berbagai lomba di luar kota. Meski masih tergolong siswa SMP namun Dhani adalah siswa yang mandiri dan sangat piawai bermain gitar.

Siswa yang rajin dan pandai ini dikenal humble dan tak pernah neko-neko. Dhani mempunyai banyak teman baik di sekolahnya. Ia tak pernah sekalipun bolos dalam pelajaran dan selalu datang tepat waktu ke sekolah. Sejak SD sampai SMP ini Dhani selalu masuk 3 besar. Para guru di SMP tersebut juga meyakini potensi Dhani lebih dari apa yang terlihat dan mereka pun begitu bangga memiliki murid seperti Dhani.

Contoh Biografi Teman

CONTOH BIOGRAFI TEMAN

Aku memiliki seorang teman bernama Rani. Ia lahir di Batam, 17 Juni 1997. Rani lebih dikenal dengan sebutan Ndut padahal ia memiliki nama panjang Rani Widiyanti. hal ini dikarenakan tubuhnya yang sedikit berisi dan cubby. Teman-teman sekolahnya juga menyebutnya dengan nama ndut. Rani lahir di sebuah keluarga yang berkecukupan dan sangat mementingkan pendidikan.

Sejak kecil Rani sudah suka dengan buku karena ia memiliki hobi membaca yang ditanamkan oleh keluarganya sejak kecil. Sejak SMA Rani sudah sering mengikuti lomba untuk mewakili sekolah. Rani pun selalu menjadi peringkat pertama di sekolah dan lulus dengan nilai UN tertinggi.

Setelah lulus SMA Rani meneruskan pendidikannya ke bangku kuliah di salah satu Perguruan Tinggi negeri. Ia pun sering berkunjung ke rumahku dan kami juga sering menghabiskan liburan bersama. Cita-citanya adalah menjadi tokoh pendidikan yang bisa memajukan desanya. Saat ini ia sedang sibuk menyelesaikan tugas akhirnya sebagai mahasiswa dan aku akan selalu mendukungnya.

Contoh Biografi Penulis

CONTOH BIOGRAFI PENULIS

William Blake adalah seorang warga London dari keturunan Irlandia. Saat muda William Blake pernah menjadi salah satu pegawai penerbit London dan memperoleh keahlian sebaga pemahat di Royal Academy. Waktu itu ia pernah putus asa karena karya tulisnya sama sekali tak dihargai. Namun sekarang William Blake telah menjadi tokoh terkenal, seorang seniman dan penulis puisi.

Dalam setiap karya tulisnya ia mampu memberikan hal-hal yang baru karena seluruh inspirasinya berasal dari alam. Meski begitu karya tulisnya bersifat individualis seperti para penyair romantic lainnya. Setiap tulisannya selalu mengandung symbol-simbol yang rumit namun kini telah banyak dipahami oleh penikmatnya.

Puisinya yang terkenal adalah “Songs of Innocence” (Kidung Kesucian) yang telah terbit pada tahun 1789. Di inggris puisinya telah menjadi salah satu bahan ajar yakni “The Tiger”. Wlliam Blake menunjukan kecintaannya pada binatang dan anak-anak melalui puisi tersebut. Hal ini juga menunjukkan kecintaan Blake pada kebebasan yang senderung anarkis.

Buku pertamanya dicetak pada tahun 1783, buku ini berisi puisi-pusisi yang ditulisnya ketika masih remaja. Lalu terbitlah buku keduanya yang bertajuk “Milton and Jerussalem” yang teks dan ornamennya sengaja disatukan secara utuh sebagai bahan diskusi. The Marriage of Heaven and Hell merupakan karya utama Blake yang berisi beberapa prosa dan lukisan yang bermaksud menolak segala bentuk otoritas. Adapun salah satu karyanya yang memiliki gagasan mistik seperti “Vala and The Four Zoas” (Vala dan Empat Zoa).

Contoh Biografi Tokoh

CONTOH BIOGRAFI TOKOH

Toko Buku Ruby sudah berdiri sejak tahun 1990. Bangunan ini berdiri di sebuah bangunan bekas yang dikelola oleh Ratih dan Husein. Tujuan awal di dirikannya Toko Buku Ruby adalah untuk memfasilitasi anak-anak di sekitar tempat tinggalnya serta bentuk kepedulian mereka terhadap pendidikan. pada tahun 1995 toko ini mulai memasok beberapa buku terjemahan lebih banyak lagi.

Omset penjualan naik drastis sehingga mereka memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Toko Buku Kiara. Bangunannya pun dimodifikasi sedemikian rupa untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung. Namun toko ini juga pernah mengalami pemerosotan namun karena usahanya yang pantang menyerah sampai saat ini Toko Byku Kiara telah memiliki cabang dimana-mana.

Toko Buku Kiara memberikan semangat baru untuk terus menyediakan buku-buku berkualitas dengan total karyawan sebanyak 500 orang di tahun 2015.

Contoh Biografi Orang Tua

CONTOH BIOGRAFI ORANG TUA

Orang tuaku bernama bapak Samin dan Ibu Fatimah yang menikah pada Tahun 1998. Pada tahun 1990 mereka dikarunia seorang anak laki-laki yang diberi nama Syahrul Arif. Anak kedua lahir pada tanggal 6 Juni 2003 yang kemudian diberi nama Anita Rosela, dia adalah adikku.

orang tuaku selalu berharap anak-anaknya akan menjadi orang yang sukses dan bisa sekolah tinggi. Ayahku selalu menasehati kami dengan lembut, ia pun sering bercerita mengenai pengalamannya dahulu. Saat ini beliau bekerja sebagai pebisnis toko material.

Ibuku Fatimah adalah seorang penjahit baju yang biasanya di jual di beberapa toko online. Meski kedua orang tuaku sama-sama bekerja, tapi mereka selalu meluangkan waktunya untuk kami. Orang tuaku adalah yang terbaik.

Itulah tadi beberapa contoh penulisan biografi. Hal yang paling penting dalam menulis sebuah biografi adalah fakta mengenai tokoh tersebut. Biografi tidak boleh ditulis hanya berdasarkan opini karena harus objektif.

10 Contoh Biografi Tokoh, Diri Sendiri Dll Lengkap

Tinggalkan komentar