11 Cara Menghitung Persentase Kenaikan, Penurunan, inflasi Dll Super Lengkap

Cara Menghitung Persentase – Ketika di bangku sekolah pastinya kita mempelajari banyak pelajaran, salah satunya matematika. Pelajaran ini terbilang pelajaran yang paling sulit, karena mengharuskan kita untuk bisa menghitung angka dengan berbagai rumus. Salah satu materi yang ada di pelajaran matematika yaitu menghitung praentase. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika bisa mengerti cara menghitung persentase.

Namun sebelum mengetahui cara menghitungnya, kita perlu ketahui pengertiannya. Persentase merupakan suatu perbandingan yang digunakan untuk membandingkan. Cara yang digunakan yaitu menggunakan patokan harga seratus dalam suatu kumpulan himpunan.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika Anda bisa menghitung persentase, seperti halnya  bisa digunakan untuk menghitung kebutuhan atau operasi keuangan. Namun bukan berarti antara satu hal dengan yang lainnya cara menghitungnya sama, ada perbedaan tersendiri. perbedaan ini terletak pada data yang sedang dihitung atau total data. Selengkapnya berikut ini beberapa kegunaan perhitungan persentase yang perlu diketahui.

Cara Menghitung Persentase Kenaikan

Faktor yang membuat pengeluaran bulanan menjadi membengkak yaitu adanya kenaikan harga barang. Meski begitu, ada solusi yang tepat untuk mengantisipasi pengeluaran yang membengkak yaitu dengan melakukan analisis terhadap kenaikan harga yang ada di pasaran. Untuk melakukan analisis ini, tentu saja harus menentukan persentase dalam kurun waktu tertentu tentang kenaikan harga barang di pasaran.

Untuk melakukan perhitungan ini sangatlah mudah, karena Anda hanya perlu melakukan pengumpulan informasi tentang beberapa harga suatu barang. Informasi yang dilakukan ini selama kurun waktu 1 bulan terakhir, setelahnya menjadikan harga tersebut menjadi harga rata-rata. Lakukan cara ini sekali lagi untuk harga barang yang sama pada 1 bulan sebelumnya agar bisa mendapatkan hasil perhitungan yang sangat akurat.

Adapun berikut ini rumus menghitung persentase kenaikan:

Selisih Harga Barang = (Rata –rata Harga Barang Bulan Ini) – (Rata –rata Harga Barang 1 Bulan Sebelumnya).

Rumus Persentase Kenaikan Harga Barang= [Selisih Harga Barang / Harga Rata -rata Barang 1 Bulan sebelumnya] x 100%

Cara Menghitung Persentase Penurunan

Selain menghitung persentase untuk kenaikan, perlu juga dilakukan perhitungan persentase penurunan. Dengan melakukan penghitungan persentase penurunan ini kita bisa lebih mudah untuk mengetahui seberapa besar gejolak ekonomi harga barang. Nantinya hasil dari penghitungan persentase penurunan ini bisa mengetahui apakah cenderung terjadi inflasi atau tidak. Untuk melakukan perhitungan persentase penurunan ini memang diperlukan beberapa analisa. Khususnya analisa yang terkait dengan harga barang yang ada di pasaran.

Seperti yang telah kita ketahui nilai positif merupakan tanda dari proses kenaikan suatu nilai. Sedangkan nilai negatif merupakan tanda proses penurunan suatu nilai yang mana. Nilai negatif ini dihasilkan dari nilai selisih harga barang.

Selisih Harga Barang = Rata –rata Harga Barang Bulan Ini – Rata –rata Harga Barang 1 Bulan Sebelumnya.

Persentase Kenaikan Harga Barang= [Selisih Harga Barang / Harga Rata -rata Barang 1 Bulan sebelumnya] x 100%

Cara Menghitung Persentase Bunga

Ketika kita melakukan peminjaman uang pasti akan ada bunga yang diberikan oleh peminjam. Sebenarnya apa sih bunga itu bunga merupakan sejumlah nilai uang yang dilebihkan dari pinjaman yang diberikan atau dari jumlah modal. Sebelum menentukan bunga ini pasti terjadi perjanjian atau kesepakatan yang telah disetujui oleh pemilik atau penyedia modal, kebanyakan bunga bisa mengurangi tabungan jika anda melakukan cicilan dan sebagainya.

Sebelum menentukan jumlah bunga, pertama dilakukan perhitungan yang didasarkan dari tujuan dan manfaat penetapan aturan bunga, hal ini dilakukan dalam perhitungan bunga untuk penambahan ataupun penjualan. Dalam bunga ada istilah bunga tunggal, yang mana bunga ini bisa Anda dapatkan jika melewati jangka waktu tertentu. Bunga tunggal ini juga tidak bisa mempengaruhi jumlah modal yang sudah Anda investasikan terhadap kegiatan usaha. Karena bunga tunggal ini biasanya terdapat dalam sistem tabungan yang ada di bank dan biasanya bunga ini di beratkan kepada nasabah pada akhir bulan

Adapun berikut ini rumus dalam penghitungan persentase bunga:

Bunga = Persen Bunga Pertahun (%) x Modal atau Simpanan Tabungan Awal x Jangka Waktu Simpanan atau Pinjaman.

Sedangkan untuk mengetahui total saldo tabungan yang Anda  miliki pada total bulanan, bisa diketahui dengan cara menghitung dengan rumus seperti berikut.

Total Simpanan = Modal + Bunga

Cara Menghitung Persentase Keuntungan

Dalam melakukan kegiatan usaha tentu saja tujuan utamanya yaitu untuk menghasilkan keuntungan yang banyak. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kegiatan usaha, Anda perlu mengetahui bahwasannya dalam usaha akan menemukan yang namanya untung dan rugi. Perhitungan dari modal awal usaha yang Anda jalankan ini bisa dipadukan dengan nilai dari hasil usaha yang didapatkan

Anda bisa mengetahui laba atau rugi yang didapatkan selama proses usaha berlangsung pada perhitungan laba rugi. Di suatu usaha biasanya nilai laba bernilai positif. Sedangkan yang bersifat negatif adalah nilai rugi. Hal ini berlaku untuk perhitungan apapun.

Ada suatu rumus yang sederhana bisa digunakan untuk menghitung persentase laba atau keuntungan dari usaha yang sedang dijalankan, adapun berikut ini rumus tersebut.

Keuntungan Laba Bersih = Perolehan Penjualan Barang atau jasa – modal – nilai investasi dan perlengkapan.

Jika Anda menjumpai pada keuntungan yang bersifat laba bersih ternyata memiliki nilai negative. Itu berarti Anda sedang mengalami kerugian dan bukanlah keuntungan.

Untuk mengetahui keuntungan yang didapatkan dari kegiatan tersebut dalam bentuk persenan, berikut ini rumus yang bisa digunakan.

Persentase Keuntungan= [Besar Keuntungan Laba / Total Modal] x 100%.

Cara Menghitung Persentase Penduduk

Ada dua cara untuk menghitung persentase penduduk. Cara ini sangat umum dilakukan yaitu menghitung berdasarkan pertumbuhan penduduk secara alami dan menghitung berdasarkan pertumbuhan penduduk secara migrasi. Dengan melakukan 2 cara perhitungan ini, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pertumbuhan penduduk secara keseluruhan. Intinya untuk menghitung persentase penduduk ada tiga cara yaitu secara alami, migrasi dan total.

Dari ketiga cara ini ada persamaan dalam melakukan perhitungan persentasenya sebagaimana berikut ini penjelasannya. Persentase pertumbuhan penduduk secara alami merupakan perhitungan persentase yang dilihat dari selisih antara jumlah penduduk yang lahir dengan jumlah penduduk yang meninggal dunia. Sedangkan untuk persentase penduduk secara migrasi bisa dilihat dari persentase selisih antara jumlah penduduk yang masuk ke dalam suatu wilayah. Sebaliknya juga dilihat dari jumlah penduduk yang keluar dari wilayah tersebut untuk pindah ke wilayah lain. Yang terakhir yaitu persentase perubahan penduduk total. Yang mana persentase ini gabungan dari pertumbuhan penduduk secara alami dengan secara migrasi.

Persentase pertumbuhan penduduk secara alami= [Angka Lahir – Angka Kematian / Jumlah Penduduk Tahun Awal Perhitungan] x 100%

Persentase pertumbuhan penduduk  migrasi  = [Imigran – Emigran / Jumlah Penduduk Tahun Awal Perhitungan] x 100%.

Persentase pertumbuhan penduduk total=[Masuk–Keluar + Angka Lahir – Angka Kematian / Jumlah Penduduk Tahun Awal Perhitungan]x 100%

Cara Menghitung Persentase Absen

Setiap guru pasti membutuhkan cara untuk menentukan sikap efektif dari siswanya. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui sikap efektif dari siswanya yaitu menggunakan perhitungan persentase absen. Untuk menentukan apakah siswa tersebut memiliki ketertarikan atau minat terhadap suatu mata pelajaran yang sedang diikuti, patokan yang bisa digunakan yaitu absen atau jumlah ketidak hadiran siswa tersebut dalam mengikuti mata pelajaran tertentu. Dengan menggunakan perhitungan persentase absen ini, guru akan lebih mudah mengetahui siswa tersebut cenderung meminati suatu pelajaran atau tidak. Langkah mengetahui apakah siswa tersebut memiliki minat terhadap mata pelajaran di tandai dengan semakin tinggi tingkat absensi siswa tersebut dan sebaliknya jika semakin rendah tingkat absen siswa tersebut, maka tidak memiliki ketertarikan terhadap mata pelajaran. Untuk mengetahui besar persentase absen siswa terhadap mata pelajaran, sebagai guru seharusnya menerapkan cara ini.

Adapun berikut ini rumus yang bisa digunakan untuk mengetahui besar persentase absen siswa.

Persentase Absen  = [Jumlah Ketidak Hadiran Siswa / Jumlah Pertemuan Total] x 100%

Dalam rumus tersebut terdapat jumlah pertemuan total. Yang mana jumlah ini hasil dari pertemuan yang dilakukan selama satu semester atau dalam periode tertentu dan untuk 1 mata pelajaran tertentu. Jumlah ketidakhadiran siswa disesuaikan dengan mata pelajaran dalam satu periode. Setidaknya sesuai dengan jumlah pertemuan total.

Untuk menentukan ketertarikan siswa terhadap sebuah mata pelajaran tidak bisa terfokus hanya pada absen siswa tersebut. Karena mungkin saja ketidak hadiran siswa tersebut dikarenakan bukan kesengajaan. Kemungkinan siswa sedang sakit atau ada kegiatan diluar kelas yang mengharuskan anak tersebut tidak mengikuti mata pelajaran tertentu.

Cara Menghitung Persentase Anggaran

Hal penting yang harus dilakukan dalam suatu keperluan yaitu anggaran ataupun alokasi dana. Agar nantinya anggaran ini bisa dirincikan dan dibagi sesuai dengan dana yang telah tersedia, alangkah baiknya jika menentukan suatu anggaran tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Karena yang terlalu besar bisa membuat pengeluaran lebih boros. Sedangkan pengeluaran yang terlalu kecil juga bisa mengurangi adanya dana darurat yang bisa dipakai untuk waktu-waktu darurat, misalnya terjadi kenaikan harga yang tidak terduga.

Contoh mudahnya ketika Anda ingin menyisihkan uang belanja untuk tabungan biaya sekolah, tentu saja Anda tetap harus membaginya dengan keperluan rumah tangga lainnya atau bisa disesuaikan dengan anggaran yang ada. Jatah belanja bisa berkurang tentunya jika anggaran biaya pendidikan terlalu besar. Namun bisa mengurangi efisiensi sebagai anggaran darurat jika biaya atau anggarannya terlalu kecil.

Maka dari itu sangat penting sekali dilakukan persentase anggaran untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Tak perlu khawatir karena ada cara atau rumus yang bisa Anda gunakan untuk menentukan persentase anggaran. Cara ini bisa terapkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana berikut ini rumusnya.

Persentase Anggaran = [Nilai Rupiah Anggaran / Total Dana Yang Dimiliki] x 100%.

Cara Menghitung Persentase Bagi Hasil

Penting sekali untuk mengetahui cara menghitung persentase bagi hasil, khususnya bagi Anda yang pernah atau sedang melakukan kerjasama usaha dengan rekan kerja. Sistem bagi hasil ini perlu diterapkan agar nantinya tidak terjadi salah paham. Sistem pembagian hasil ini dilakukan agar pemilik modal dan pemilik usaha bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai.

Namun tidak semua proses bagi hasil dalam usaha sama, karena tergantung dari jenis kerjasama yang dilakukan. Begitu juga dengan besarnya keuntungan yang didapatkan juga tergantung dari besarnya usaha yang telah dilakukan. Tak perlu khawatir atau bingung bagaimana cara menghitung persentase bagi hasil, karena berikut ini ada rumus yang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Persentase Bagi Hasil = Jumlah Investasi / Total Modal Perusahaan x 100%

Perhitungan perolehan laba bersih dari hasil usaha yang telah dilakukan terhadap perusahaan, selanjutnya untuk mengetahui besarnya jumlah uang yang akan didapatkan akan jauh lebih mudah. Sedangkan untuk menghitung perolehan bagi hasil ini ada rumus tersendiri yang bisa digunakan sebagaimana berikut ini.

Perolehan Bagi Hasil Rupiah = Total Laba Bersih Kegiatan usaha x Persentase Bagi Hasil.

Cara Menghitung Persentase Bunga Bank

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang suka menyimpan uang di bank atau ATM? Namun jika dipikir-pikir saat ini banyak sekali orang yang suka menyimpan uang di bank, karena dirasa lebih aman. Namun Anda juga harus mengetahui cara menghitung persentase bunga yang diterapkan pada bank tertentu. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan jika menabung uang di bank. Selain bisa mendapatkan penambahan saldo dengan adanya bunga, uang yang disimpan akan lebih aman.

Hal yang mampu memberikan semangat kepada masyarakat untuk lebih gemar menabung di bank yaitu adanya bunga. Biasanya bunga ini diberikan oleh pihak bank pada akhir bulan. Meskipun jumlah yang diberikan tidak terlalu besar, coba saja Anda bayangkan jika sedikit demi sedikit dikumpulkan maka akan semakin banyak. Umumnya bunga yang diberikan oleh bank pada tabungan setiap nasabahnya hanya sekitar 1 sampai 2% saja, yang mana jumlah ini sesuai dari total saldo yang dimiliki. Bunga ini bisa Anda dapatkan sebulan sekali lebih tepatnya di akhir bulan. Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara menghitung persentase bunga bank, berikut ini ada rumus yang sangat sederhana dan bisa digunakan untuk menghitung besar bunga bank yang didapat setiap bulannya.

Persentase bunga bank= [Besar Bunga dalam Rupiah Yang Diterima / Jumlah Rataan Saldo Bank Anda dalam 1 Periode] x 100%.

Cara Menghitung Persentase Cicilan

Hal pertama kali yang akan ditanyakan oleh penyedia dana ketika Anda melakukan pinjaman yaitu berapa jumlah pinjaman yang akan dilakukan. Selain itu Anda juga akan ditanyakan mengenai jumlah cicilan dan jangka waktunya. Namun pastinya Anda tidak paham kan bagaimana cara menghitung bunga yang diterapkan pada penyedia dana? Bahkan sangat minim sekali orang yang mengetahui besaran bunga yang diberikan serta sistem penghitungannya. Padahal hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa memutuskan untuk melanjutkan meminjam uang atau tidak. Karena bunga yang diberikan ini jauh dari jumlah uang yang kita pinjam.

Bagi Anda yang ingin menutup pinjaman atau berhenti di tengah jalan, penting sekali untuk mengetahui cara perhitungan cicilan dan bunga bank. Dengan mengetahui besaran ini Anda tidak akan merasa dirugikan ataupun sebaliknya. Karena terkadang banyak sekali kesalahan yang dilakukan oleh pihak bank dalam melakukan perhitungan bunga untuk mengambil banyak keuntungan.

Tak perlu bingung bagaimana cara menghitung persentase cicilan, karena berikut ini ada langkah-langkahnya:

  1. Setiap bulannya tentukan besar angsuran dari pinjaman pokok.
  2. Setelah itu besarnya pinjaman pokok tersebut dikurangi dengan nilai angsuran yang ditawarkan bank .
  3. Bunga Cicilan=Bunga Cicilan/Angsuran Pokok x 100%

Cara Menghitung Persentase Excel

Gunakan aplikasi Microsoft Excel untuk membantu Anda memudahkan menghitung persentase. Langkah menghitungnya sangatlah mudah, sebagaimana berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama yaitu buatlah tabel data. Yang mana data ini berisi data dipilih dan data total.
  2. Setelah itu pilih salah satu kolom kosong. Lalu mengisinya dengan formula persentase yang telah ditentukan. Contohnya, (cell nilai yang dipilih) / (cell nilai total data)
  3. Untuk menjadikan format cel formula menjadi persen caranya sangat mudah. Klik = Beranda >> Format Angka >> Persentase.
  4. Langkah yang terakhir yaitu atur nilai koma dengan decimal hingga bisa perbandingan yang diinginkan.

Cara Menghitung Persentase Diskon

Mungkin kita sering mendapatkan potongan harga ketika belanja di supermarket. Pastinya ketika mendapatkan diskon kita merasa senang, karena bisa  mengurangi beban pengeluaran dan bisa digunakan untuk membeli keperluan lainnya. Apakah Anda penasaran bagaimana persentase diskon yang diberikan ketika belanja? berikut ini ada rumus yang bisa Anda gunakan untuk menghitung persentase diskon terhadap harga.

Persentase diskon=harga barang setelah di diskon/harga barang awal x 100%

Salah satu strategi promosi bisnis yang paling banyak dilakuan yaitu dengan memberikan diskon. Sehingga tak heran jika pemberian persentase diskon seringkali dicantumkan pada tabel atau struk pembelian.

Ingin mengerti diskon yang harus Anda bayar ketika belanja? Berikut ini rumus sederhananya:

Harga Yang Harus Dibayar = Harga Barang Awal – Harga Barang Awal x Persentase Diskon.

Harga Yang Harus Dibayar=Harga Barang Awal–Harga Barang Setelah Diskon

Cara Menghitung Persentase Inflasi

Apakah Anda mengetahui makna dari istilah inflasi? Inflasi merupakan proses peningkatan harga –harga barang yang dilakukan secara umum atau secara terus menerus. Peningkatan harga ini sangat berpengaruh terhadap mekanisme pasar, adapun berikut ini rumus sederhana yang bisa digunakan untuk mengetahui cara menghitung persentase inflasi.

Inflasi (%) = [IHK 1 – IHK 0 / IHK 0] x 100%.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara menghitung persentase dalam berbagai jenis dan kebutuhan. Adanya ulasan ini diharapkan bisa membantu Anda memudahkan untuk mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan. Mungkin untuk awal-awal sulit dilakukan, namun jika sudah terbiasa akan terasa lebih mudah.

11 Cara Menghitung Persentase Kenaikan, Penurunan, inflasi Dll Super Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.