Site icon Made Blog

Perbedaan Hosting, Server, dan Domain

Cara Memilih Hosting – Banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan server dan hosting atau perbedaan domain dan hosting. Padahal, hosting memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda dibandingkan keduanya. Pada dasarnya, hosting adalah layanan yang berfungsi untuk mengatur website.

Hal ini tentu berbeda dengan server dan domain. Lalu apa saja perbedaan server dan hosting atau perbedaan domain dan hosting? Semua akan dijelaskan secara mendetail pengertian dari hosting, server, dan domain dalam artikel berikut ini.

Perbedaan Server, Domain, dan Hosting

Berikut adalah perbedaan hosting dan server yang bisa Anda ketahui dengan jelas. Ada lagi perbedaan domain dan hosting serta kombinasi ketiganya yang perlu Anda ketahui.

1. Apa Itu Server

Server merupakan sistem di perangkat komputer yang menyediakan akses dalam jaringan internet. Fungsi utamanya adalah untuk menjalankan software untuk mengontrol masuknya jaringan dan resource yang ada di dalamnya.

Pengertian lebih mudahnya, server akan menyediakan dan mengelola jaringan agar bisa diteruskan ke komputer Anda sehingga dapat online.

Server ini merupakan alat yang penting dan harus disimpan di pusat data supaya server bisa bekerja dengan baik ketika diakses oleh user yang berada di berbagai belahan dunia.

Server yang disimpan serta didukung fasilitas lengkap akan membantunya untuk tidak mudah rusak sehingga bisa digunakan untuk jangka panjang.

Cara kerja server akan bergerak ketika user meminta akses internet melalui jaringan browser yang dimiliki. User ini adalah Anda saat mengakses internet. Jadi, ketika membuka internet, server otomatis akan berjalan dan mengirimkan informasi ke laptop atau komputer.

2. Apa Itu Domain

Selanjutnya adalah pengertian dari domain untuk mengetahui perbedaan domain dan hosting. Banyak orang yang menganggap keduanya sama dan dikaitkan juga dengan server. Padahal domain memiliki pengertian yang jauh dari hosting.

Domain merupakan nama dari website yang Anda kelola. Penamaan domain ini sudah dikelola oleh suatu badan sehingga semua persyaratan pembuatan domain di Indonesia harus dipenuhi. Tujuannya agar tidak ada penyalahgunaan internet dan website yang dibuat.

Penjelasan Pentingnya Domain

Contohnya jika menggunakan ekstensi domain .go.id, ini digunakan khusus pemerintah. Untuk mendaftarkan ekstensi ini, tidak boleh sembarangan. Harus ada syarat dari instansi terkait dan syarat dokumen lainnya.

Penggunaan ekstensi ini juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Di Indonesia sendiri, nama domain diatur oleh badan yang dinamakan dengan PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Setiap orang, perlu membuat domain yang unik untuk websitenya. Hal ini karena domain diibaratkan alamat rumah yang mengantarkan seseorang untuk menuju rumah Anda.

Sama halnya dengan domain yang mengantarkan pengunjung ke situs website Anda apabila memasukkan kata kunci domain Anda.

Domain ini pengganti dari alamat IP Address yang terdiri dari kode angka yang panjang. Hal ini tentu akan menyulitkan pengunjung jika harus memasukkan IP Address tersebut. Oleh karenanya, dibentuklah domain yang mudah diingat oleh pengguna internet.

Contoh domain seperti google.com, Instagram.com, Facebook.com, dsb.

3. Apa Itu Hosting

Untuk mengetahui perbedaan hosting dan server atau perbedaan hosting dan domain, Anda perlu tahu apa itu hosting. Hosting merupakan tempat penyimpanan data website serta tempat mengelola seluruh pengaturan untuk website.

Perbedaan hosting dan server sudah tampak jelas diketahui. Server adalah tempat dimana hosting berada karena serverlah yang mengatur hosting untuk mendapatkan jaringan dan mengakses informasi.

Sedangkan hosting merupakan tempat penyimpanan data website yang digunakan oleh user. Jadi, meski memiliki fungsi untuk menampung data, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Selanjutnya, perbedaan hosting dan server juga tampak dari fitur yang disediakan. Untuk server sendiri, punya harddisk, prosesor, sampai RAM yang berguna sumber daya yang disediakan untuk jalannya hosting.

Sedangkan  perbedaan hosting dan domain, tentu keduanya sangat berbeda. Hosting berfungsi untuk menyimpan data website sedangkan domain merupakan alamat website yang membantu pengguna mengakses isi konten Anda.

Anda bisa mendapatkan hosting dari penyedia Niagahoster. Ada banyak pilihan harga hosting murah Niagahoster yang terjangkau dengan fitur-fitur yang berkualitas.

Cara Kerja Hosting

Jadi, cara kerja hosting dimulai ketika penyedia hosting memberikan server untuk menyimpan data. Saat ada user menuliskan nama website (domain), host akan mengirimkan file yang berguna agar bisa menuju ke website tersebut.

Selanjutnya, hosting akan menyajikan website Anda sehingga user bisa masuk ke website tersebut. Jadi, tanpa adanya hosting, website tidak bisa dibuat karena tidak ada jalan akses ke website tersebut.

Ringkasan Perbedaan Ketiganya

Perbedaan hosting dan server atau perbedaan domain dan hosting terletak pada fungsinya. Hosting digunakan sebagai tempat menampung data website sedangkan domain adalah alamat agar pelanggan dapat menemukan website.

Terakhir, perbedaan server dan hosting adalah jika server berfungsi untuk memberikan akses atau menampilkan permintaan user melalui jaringan browser. Itulah kesimpulan diantara hosting, server, dan domain.

Penutup

Setelah mengetahui perbedaan server dan hosting beserta server, diketahui bahwa hosting memiliki fungsi besar untuk perkembangan website. Anda bisa menggunakan jasa dari Niagahoster untuk mendapatkan yang merupakan layanan penyedia hosting terbaik.

Exit mobile version