Mengenal Burung Walet dan Sarangnya Yang Berharga Jual Tinggi

Burung Walet – Di dunia ini terdapat Macam-Macam Jenis Burung. Salah satunya yang cukup unik ialah burung Walet. Burung ini membuat sarang dengan menggunakan air liurnya, dan banyak diburu karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Apodidae atau Burung Walet

APODIDAE ATAU BURUNG WALET

Burung walet disebut juga sebagai Apodidae. Nama latinnya ialah Collocalia vestita. Burung walet ini hanya dapat ditemui di wilayah Asia Tenggara. Hal tersebut bukannya tanpa sebab. Sesuai dengan habitatnya maka Burung walet itu hanya dapat tumbuh dan berkembang biak di daerah dengan wilayah iklim tropis yang juga memiliki tingkat curah hujan yang tinggi.

Mengingat habitat burung walet yang seperti itu maka akan menjadi sulit untuk bisa menemui burung walet yang terbang dengan bebasnya di wilayah pada benua seperti di Eropa, misalnya. Collocalia vestita atau burung walet ialah burung yang hidupnya kebanyakan di tepi pantai atau tinggal di pemukiman pada bagian atap bangunan yang kosong atau di gua-gua di tebing yang curam di tepi pantai.

Burung walet memiliki sayap yang meruncing, dan memiliki ekor yang panjang, dengan warna hitam dengan pada bagian bawah tubuhnya yang dominan warna coklat. Kakinya sangat lemah sehingga di pemukiman burung walet akan banyak bertengger di tiang listrik. Ukuran tubuhnya bisa mencapai hingga 16 cm. Burung walet banyak dijumpai di Indonesia.

Burung walet hanya dapat tinggal di tempat dengan suhu sekitar mulai dari 26 derajat Celsius hingga sekitar 40 derajat Celsius dan yang memiliki tingkat kelembaban udara sekitar 80 % hingga 90 %. Burung walet tersebut biasanya ditemukan ada di dataran rendah dikarenakan habitatnya ialah memang pada ketinggian yang kurang dari 1000 mdpl. Suara burung walet ini cukup kencang dan juga cukup berisik, sehingga akan mudah ditemukan.

Sarang Burung Walet

SARANG BURUNG WALET

Burung walet membuat sarangnya dengan menggunakan air liurnya. Sarang burung walet ini dipercaya memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi dan zat bergizi. Sehingga banyak diburu guna dikonsumsi manusia. Ada yang membuatnya menjadi hidangan sop sarang burung walet dan lain sebagainya.

Harga sarang burung walet cukup tinggi karena tingkat permintaannya yang melebihi tingkat pasokannya. Selain itu cukup sulit juga mendapatkan sarang burung walet itu. Banyak pemburu sarang burung walet yang harus bertaruh nyawa menyusuri gua yang ada di tebing yang curam di tepi laut, guna mendapatkan sarang burung walet tersebut.

Namun kini ada juga yang telah mengosongkan bangunannya agar bisa menjadi tempat bagi burung walet membuat sarangnya, lalu tinggal memanennya pada saat yang tepat. Bangunan tersebut harus beratap tinggi dan agak gelap kondisinya, sehingga burung walet akan nyaman membuat sarangnya di bangunan tersebut.

Burung walet sering dibedakan berdasarkan pada warna sarangnya, yakni walet sarang putih dan walet sarang hitam.

Mengenal Burung Walet dan Sarangnya Yang Berharga Jual tinggi

 

Tinggalkan komentar