Burung Kenari: Sejarah, Ciri-Ciri, Cara Merawat, Harga Jual

Anda tentu sudah tidak asing bukan dengan burung Kenari? Burung ini adalah salah satu burung yang dijadikan sebagai burung peliharaan. Asal usul dari burung Kenari ini adalah dari burung finch yang mana berasal dari kepulauan Macaronesian.

Pada zaman dulu, siapapun yang memiliki burung peliharaan menandakan bahwa orang tersebut memiliki status kekayaan yang tinggi. Namun dengan seiring berjalannya waktu, kini siapapun bisa memiliki peliharaan burung Kenari yang sesuai dengan keinginan nya. 

Contents

Si Cantik Burung Kenari 

Si Cantik Burung Kenari 
kaltim.idntimes.com

Maka nya dari itu, kini bagi Anda yang pusing mencari peliharaan maka burung burung Kenari adalah pilihan yang tepat. Dimana burung Kenari adalah sebuah burung yang memiliki keistimewaan dan keunggulan dibandingkan dengan jenis burung yang lain.

Banyak yang memilih burung Kenari sebagai burung peliharaan untuk sekedar hobi atau untuk di lomba kan. Banyak yang mengikutkan burung Kenari di perlombaan, pasalnya siapapun yang bisa bisa memenangkan lomba bakalan mendapat keuntungan yang tentunya menggiurkan loh. 

Ciri-ciri Burung Kenari

Ciri-ciri Burung Kenari
Ciri-ciri 

Jika Anda berniat untuk memelihara burung Kenari, maka Anda harus mengetahui banyak hal terkait dari burung ini. Misalnya saja: ciri burung ini, jenis penyakit yang bisa menjangkitnya, hingga makanan apa saja yang dimakan oleh burung ini.

Dengan mengetahui lebih dalam tentang burung ini , maka bisa memudahkan Anda dalam memelihara dan merawat burung Kenari ini. Ada banyak ciri dari burung Kenari yang bisa Anda diketahui. Burung ini memiliki nama latin Insula Canaria memiliki masa hidup yang lebih lama yaitu 8 sampai 15 tahun.

Warna Si cantik Burung Kenari

Warna Sicantik Burung Kenari
www.kepogaul.com

Untuk warna dari burung ini juga sangat beragam. Diantaranya adalah berwarna merah, kuning, hijau, hitam, rose, hijau, coklat, bronze, beige, dan orange. Dan tentunya burung Kenari juga memiliki kicauan yang sangat indah dan menarik bagi siapapun yang mendengarnya.

Pakan Untuk Burung Kenari Sudah menjadi rahasia umum lagi bahwasanya suara Kenari sangatlah merdu. Apalagi jika burung ini diberi makan yang cocok tentu suara yang dihasilkan akan lebih nyaring dan indah. 

Kicauan Burung Kenari Yang Indah Dan Merdu

Kicauan Burung Kenari Yang Indah Dan Merdu
www.romadecade.org

Bahkan semakin dewasa, burung Kenari ini bisa menghasilkan suara yang semakin bagus. Tentu Anda sebagai pemilik Kenari menginginkan suara burung milik Anda bagus dan menarik bukan? Maka nya pilihlah pakan terbaik untuk pakan burung Anda.

Makanan yang bagus untuk Kenari adalah pakan yang mengandung nutrisi yang baik. Dimana nutrisi ini bisa membantu Kenari bisa menghasilkan telur dan keturunan yang berkualitas bagus. 

Pakan Burung Kenari Yang Harus Di Ketahui

Pakan Burung Kenari Yan Harus Di Ketahui

Salah satu trik supaya bisa menghasilkan keturunan Kenari yang bagus pilihlah pakan di packing yang sudah di vacuum. Dan jika Anda lebih serius untuk memelihara Kenari ini untuk berbisnis, maka Anda bisa meracik pakan khusus dengan nutrisi yang lebih lengkap.

Salah satu pakan terbaik yang bisa diberikan pada Kenari ini adalah biji-bijian. Dimana pakan yang dari biji-bijian ini mengandung nutrisi yang lengkap. Sehingga sangat mendukung perkembangan dan pertumbuhan burung Kenari ini.

Biji-Bijian Kesukaan Burung Kenari

Biji-Bijian Kesukaan Burung Kenari

Berbagai biji yang bisa diberikan pada burung ini adalah biji selada benih Nigeria, biji rami, gandum, rumput Kenari, dan biji lobak. Beberapa sayuran juga bisa diberikan pada Kenari ini.

Beberapa diantaranya adalah: apel, timun dan wortel. Ajang Lomba Kenari Ada banyak sekali keunggulan dari burung Kenari. Salah satu keunggulan tersebut adalah Kenari memiliki suara gacor yang panjang. Sehingga tak heran jika perlombaan Kenari sering di adakan. 

Perlombaan Burung Kenari

Perlombaan Burung Kenari
www.youtube.com

Meskipun burung Kenari ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan mungil, namun saat mengeluarkan suara burung ini memiliki power yang sangat kuat dan luar biasa. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri yang memikat banyak orang untuk memiliki Kenari ini.

Memelihara Kenari selain bisa dijadikan sebagai hobi. Ternyata memelihara burung ini bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah lo. Nah, Anda bisa melatih Kenari ini dengan giat agar bisa mengikuti perlombaan Kenari.

Melatih Burung Kenari Dengan Mudah

Melatih Burung Kenari Dengan Mudah

Salah satu caranya adalah pemastrean. Pengertian dari pemastrean adalah memberikan suara burung lain dengan cara merekam atau apapun pada Kenari.

Anda bisa menggunakan berbagai jenis suara burung dari berbagai rekaman musik. caranya letakkan saja rekaman music tersebut di kandang bersama dengan Kenari peliharaanmu. Dengan cara ini bisa membuat burung Kenari berlatih berkicau dengan baik.

Rutinitas Burung Kenari

Rutinitas Burung Kenari

Untuk menghasilkan hasil yang maksimal, maka Anda bisa melakukan pelatihan pada Kenari secara rutin setiap hari. Biarkan Kenari berlatih selama sekitar dua jam.

Perlu diperhatikan juga bahwasanya jangan memasang suara rekaman burung yang lain dengan volume yang tinggi. Supaya Kenari ini tidak kaku dan tidak stress.  Bagaimana? Mudah bukan?

Kompetisi Lomba Burung Kenari 

Kompetisi Lomba Burung Kenari 

Selain itu, bagi Anda pecinta Kenari yang gemar mengikutkan Kenari untuk ajang perlombaan, harus memperhatikan terkait waktu istirahatnya. Pasalnya, Hal tersebut sangat penting dilakukan guna untuk kebaikan Kenari itu sendiri. Usahakan tidak ada gangguan atau yang mengganggu Kenari saat istirahat.

Munculnya berbagai gangguan bisa memicu Kenari menjadi stress. Sehingga jika Kenari mengalami stress yang parah bisa berujung pada kematian. Tentu burung kesayangan Anda tak ingin mati bukan?

Merawat Burung Kenari

Merawat Burung Kenari

Cara merawat Kenari bisa dibilang tidaklah sulit. Nah, cara yang dimaksud adalah dengan memandikan dan menjemurnya secara rutin setiap hari. Cara memandikan Kenari yang tepat adalah dengan cara disemprotkan ke seluruh tubuh.

Bersihkan Kenari dengan cara menyemprotkan air ke seluruh tubuh burung dengan cara yang merata. Setelah dimandikan, jemur Kenari selama 2 jam di pagi hari. Anda bisa memandikan Kenari ini setidaknya 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Membersihkan Kandang Burung Kenari

Membersihkan Kandang Burung Kenari

Dalam merawat Kenari yang dibersihkan tidak hanya burungnya saja, melainkan sangkarnya juga harus bersih. Hal ini perlu dilakukan supaya Kenari selalu dalam keadaan yang bersih dan sehat. Bahkan dengan kebersihan sangkar yang terjaga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Pasalnya, dengan kebersihan sangkar yang terjaga bisa memberikan efek kesehatan yang baik pada keberlangsungan hidup si Kenari itu sendiri. Tentu Anda tidak ingin Kenari Anda terkena penyakit bukan?

Maka dari itu, bersihkan sangkar atau kandang Kenari Anda agar terbebas dari jamur dan kotoran yang bisa menimbulkan bakteri berbahaya untuk kesehatan Kenari Anda. 

Sejarah Burung Kenari

Sejarah Burung Kenari

Apakah Anda sudah tau asal mula dari Kenari? Asal mula dari Kenari ini berawal dari tahun 1478. Dimana kepulauan Canary ini ditaklukkan oleh Spanyol. Kemudian Kenari liar berhasil di tangkap dan dijadikan hewan peliharaan di Spanyol.

Dan pada suatu ketika kapal Spanyol yang membawa barang dagangan Kenari kandas di dekat Pulau Elba, Italia. Pada akhirnya Kenari tersebut banyak yang lepas dan terbang bebas ke Pulau Elba. Alhasil Kenari berkembang biak di pulau tersebut.

Bangsa Spanyol hampir kurang lebih satu abad lamanya bisa menguasai perdagangan Kenari di Dunia. Hingga pada akhirnya Bangsa Italia dan Jerman pun ikut serta dalam menernakkan Kenari sekaligus memperdagangkannya ke seluruh Eropa.

Namun, pada akhirnya banyak istilah Kenari yang muncul. Beberapa diantaranya adalah Holland, Jerman, Kenari Rusia dan Belgia, Kenari Norwich, Kenari Yorkshire, Kenari Gloster dan Burung Kenari Roller. Sedangkan untuk di Indonesia Kenari lebih dikenal sebagai Kenari Fusan atau Taiwan Yorkshire.

Burung Kenari bisa sampai ke berbagai Negara karena bangsa Eropa telah berkeliling dunia sehingga burung ini bisa tersebar sampai ke Indonesia. Di Indonesia Kenari tersebar di daerah Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Seputar Kenari Prestasi

Seputar Kenari Prestasi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Kenari prestasi akan jauh lebih mahal harganya dibandingkan dengan jenis Kenari apapun. Hal tersebut bisa terjadi sebab kualitas yang dimiliki oleh jenis Kenari yang satu ini sangat bagus.

Burung Kenari prestasi sangat mudah ditemukan di berbagai perlombaan. Dan tentunya harga dari Kenari prestasi ini sangatlah tinggi. Dimana biasanya harga jual dari Kenari prestasi adalah mulai jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah.

Cara Merawat Burung Kenari

Cara Merawat Burung Kenari
www.liputan6.com

Bagi Anda yang ingin memelihara kenari, wajib tahu bagaimana cara merawat Kenari. Pasalnya merawat Kenari tidaklah sesulit yang di bayangkan. Nah, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat Kenari dengan baik:

1. Pertama, belilah sebuah sangkar persegi panjang yang memiliki ukuran besar. Sangkar yang memiliki ukuran besar bisa membuat seekor Kenari terbang kesana kemari berkali-kali dengan mudah dan bebas. Sangkar burung yang digunakan untuk sangkar burung harus memiliki tinggi sekitar 40 Cm dan lebarnya harus  80 cm. 

Ingat! Jangan membeli  sangkar burung yang bentuknya bulat. Pasalnya sangkar burung yang berbentuk bulat bisa membuat burung tidak bisa terbang bebas. Selain itu, pilihlah sangkar Kenari yang terbuat dari baja atau besi. Dengan sangkar yang terbuat dari besi bisa membuat Kenari lebih aman dan tak khawatir burung hilang.

2. Pilihlah tempat yang aman untuk meletakkan burung  Kenari kesayangan Anda. Letakkan Kenari di lokasi yang sering ditempati orang sehingga Kenari merasa tidak kesepian. Perlu diingat juga bahwa letakkan Kenari di sudut ruangan yang jauh dari, pintu,  jendela, ventilasi, atau paparan sinar matahari.

Tempat yang baik untuk menempatkan sangkar Kenari adalah di ruang tamu atau keluarga, ruang kantor, atau ruang makan. Ingat!! Jangan sekali-kali meletakkan sangkar burung di dapur. Pasalnya hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan si burung.

Jangan pula menggunakan pengharum ruangan atau wewangian yang bisa mengganggu Kenari Anda.

3. Untuk memudahkan Anda dalam membersihkan sangkar, maka berilah alas pada sangkar bagian bawah. Selain bisa membantu Aada lebih mudah dalam membersihkan sangkar. Pemberian Koran juga membuat sangkar menjadi lebih bagus dan rapi.

Selain itu, jangan sekali-kali menambahkan kertas atau tanah pada alas sangkar. Karena, hal itu bisa membuat sangkar menjadi lebih kotor.

Jangan pula meletakkan sangkar Kenari di lantai, letakkan di tempat yang bisa  di jangkau oleh mata dengan mudah. Karena, ketika Anda berada di tempat lain pastinya Anda tidak bisa selalu mengawasi Kenari Anda. Karena, banyak hewan lain yang biasanya berkeliaran untuk menangkap burung.

Salah satunya adalah kucing. Dimana kucing sangat suka dengan burung. Terlena sedikit saja bisa membahayakan keselamatan kucing Anda.

 

4. Jangan lupa untuk menyediakan tempat-tempat hinggap. Dimana dengan tempat hinggap bisa membuat Kenari bebas bertengger. Selain itu, dengan adanya tempat-tempat hinggap bisa membuat Kenari bebas  berlatih dan berkicau dengan bahagia.

Untuk tempat hinggap kenari sediakan ukuran diameter kira-kira 10 mm sampai 20 mm. Nah, salah satu tempat hinggap burung yang bisa Anda gunakan adalah ranting pohon. Anda bisa meletakkan tempat hinggap burung  atau ranting pohon sejauh kira-kira 40 cm dari sangkar

Tempatkan tempat hinggap tersebut pada ujung-ujung sangkar agar bisa memaksimalkan ruang mereka untuk terbang dengan mudah. Letakkan juga wadah untuk meletakkan makanan, air, dan mandi yang dibutuhkan Kenari.

Karena pada umumnya, Kenari membutuhkan tiga wadah satu untuk makanan, satu untuk air, dan satu untuk mandi. Jadi jangan sekali-kali menempatkan wadah makanan dan minuman dibawah tempat hinggap Kenari. Karena, hal tersebut bisa membuat kotoran Kenari terjatuh kedalam wadah. 

Cara Mengetahui Burung Kenari Stress Atau Bahagia

Cara Mengetahui Burung Kenari Stress Atau Bahagia
thegorbalsla.com

Burung Kenari memang terkenal dengan burung yang ceria manakala membunyikan suaranya. Sehingga Kenari dalam keadaan bahagia akan sering terbang kesana kemari dengan suara ocehan yang menarik.

Namun, jika Kenari ini tiba-tiba diam dan tak banyak melakukan aktivitas dalam jangka waktu yang cukup lama tentu Anda harus segera mengeceknya. Pasalnya hal tersebut bisa jadi Kenari Anda sedang mengalami hal yang tidak beres atau bahkan tidak bahagia.

Kondisi Burung Kenari Yang Harus Anda Ketahui 

Kondisi Burung Kenari Yang Harus Anda Ketahui 

Untuk melihat kondisi burung Kenari bisa dibilang sangat mudah. Dimana Anda bisa melihat dari nafsu makannya. Pasalnya Kenari yang mengalami stress nafsu makannya menjadi tidak terkontrol bahkan makannya sangat sedikit.

Selain dari nafsu makannya, Anda juga bisa melihat dari nafasnya.  Dimana saat nafas Kenari tidak terkendali dan cenderung cepat, maka bisa diindikasikan bahwa Kenari Anda sedang stress. 

Cara Membedakan Burung Kenari Jantan Atau Betina 

Cara Membedakan Burung Kenari Jantan Atau Betina 

menjadi rahasia umum jika harga Kenari jantan dan Kenari betina memilih selisih yang jauh. Dimana harga dari Kenari jantan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan betina.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Pasalnya Kenari memiliki suara kicauan yang sangat bagus bak suara nyanyian lagu. Jadi, gak heran banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan Kenari yang jantan. 

Suara Kicauan Burung Kenari Jantan Yang Memikat Hati

Suara Kicauan Burung Kenari Jantan Yang Memikat Hati

memang suara kicauan kenari bisa menarik perhatian siapapun. Baik dari pemiliknya ataupun dari burung betina. Pasalnya kicauan burung jantan dengan burung betina sangatlah berbeda dan mudah ditebak. Jadi, yang bisa melakukan kicauan yang indah bak nyanyian lagu hanyalah Kenari jantan.

Burung Kenari jantan bisa berlatih untuk berkicau menyanyikan lagu sejak usia 6 minggu. Nah, untuk menghasilkan kicauan Kenari yang indah maka kenari jantan harus di latih selama 3 atau 4 bulan. 

Tips Mengetahui Kesehatan Burung Kenari Kesayangan Anda 

Tips Mengetahui Kesehatan Burung Kenari Kesayangan Anda 

Untuk mengetahui kondisi kesehatan dari Kenari, juga bisa dilihat dari pola makan nya. Dimana jika burung Kenari Anda sakit, maka Kenari Anda akan jarang makan ataupun minum. Tak hanya itu saja, Kenari yang sedang sakit juga tidak akan sering berkicau.

Bahkan akan cenderung lesu dan diam. Bahkan juga akan menyendiri dan tidak berbaur dengan Kenari yang lainnya. Nah, jika kondisi Kenari Anda sudah seperti ini, maka alangkah baiknya di periksakan.

Berbagai Penyakit Yang Bisa Menyerang Burung Kenari

Berbagai Penyakit Yang Bisa Menyerang Burung Kenari

Perlu diketahui bahwasanya ada berbagai penyakit yang bisa menyerang Kenari. beberapa penyakit yang dimaksud adalah aspergilus, inveksi aviangstric yeast, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda sebagai pemilik harus rajin-rajin membersihkan sangkar supaya tetap bersih.

Pasalnya jika Anda membiarkan sangkar Kenari kotor bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti salah satunya adalah Aspergilus. Dimana aspergilus ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari jamur.  Sedangkan infeksi lain yang juga sangat membahayakan adalah Avian Gastrick Yeast.

Dimana penyakit ini bisa kehilangan berat badan dan juga muntah yang disertai lender. Jika terus dibiarkan maka hal ini bisa membuat Kenari semakin tersiksa bahkan bisa sampai terkena kompilasi. Maka dari itu, jangan sampai Anda membiarkan sangkar burung kenari Anda kotor. 

Cara Mudah Melatih Burung Kenari

Cara Mudah Melatih Burung Kenari

Untuk melatih Kenari supaya bisa berkicau dengan baik maka Anda perlu melakukan pelatihan. Dimana Anda bisa melatih Kenari untuk berkicau setiap hari.

Namun, sebelum Anda melatihnya untuk berkicau alangkah lebih baik Anda menyediakan tempat yang nyaman dan tempatnya lebih tinggi dari pada mata Anda. Jika sudah menentukan tempatnya, maka Anda bisa mulai untuk melatihnya. 

Dimana hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah jangan menatap mata nya secara langsung. Pasalnya hal tersebut mengisyaratkan untuk bertengkar. Anda bisa melatih burung ini dengan sapaan yang lembut. Misalnya saja Anda bisa memulai dengan kata hai atau hello dengan lembut.

Atau Anda ingin menyapa dengan kata-kata lain yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa melatihnya dalam jangka waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja. Jangan lama-lama dalam melatihnya. Pasalnya jika Anda memaksakan si burung untuk berlatih dengan jangka waktu yang lama bisa membuatnya stress.

Nah, jika si Kenari sudah terbiasa dengan kata-kata yang Anda latihkan. Maka Anda bisa mulai bersiul kepadanya. Selain itu, Anda juga bisa menjulurkan tangan Anda. Sehingga, jika Anda sudah biasa melatih burung tersebut dengan baik, maka lama-kelamaan burung ini akan hafal dengan gerak gerik tubuh Anda.

Sehingga, Kenari Anda akan terlatih dan bisa bertengger dengan lebih mudah. Bahkan saat Anda menjulurkan tangan Anda pun si burung akan bisa berkicau dengan mudah. 

Sangkar Burung Kenari 

Sangkar Burung Kenari 
www.tokopedia.com

Jika Anda memutuskan untuk memiliki Kenari, maka Anda juga harus total dalam memeliharanya. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dengan baik adalah terkait sangkarnya.

Sangkar dalam Kenari harus luas dan tidak sempit. Pasalnya sangkar yang sempit bisa menyusahkan si Kenari itu sendiri. Selain itu, supaya Kenari Anda tidak stress, maka Anda bisa menambahkan ayunan atau yang lainnya untuk bertengger. 

Hal tersebut perlu dilakukan guna membuat Kenari ini bisa leluasa dalam berlatih berkicau. Yang tak kalah penting yaitu Anda juga harus menggunakan disinfektan yang tidak menggunakan pemutih. Dimana kandang yang bersih dan luas membuat Kenari Anda lebih bahagia.

Harga Burung Kenari

Harga Burung Kenari

Harga dari Kenari di pengaruhi oleh beberapa faktor. Nah, faktor yang dimaksud adalah terkait faktor wilayah pembelian, waktu, dan juga jenis Kenari yang diinginkan.

Biasanya semakin bagus kualitasnya maka harga jualnya juga semakin mahal.  Harga dari Kenari sangat beragam tergantung kualitasnya. Nah, berikut list daftar harga Kenari yang bisa Anda simak: 

  • Kenari AF Anakan Rp. 300.000 – Rp. 450.000
  • Kenari jenis F3 Yorkshire YS Anakan Rp. 2.550.000 – Rp. 4.050.000
  • Kenari jenis F2 Yorkshire YS Anakan Rp 2.250.000 – Rp 2.550.000
  • Kenari F1yorkshire YS Anakan Rp 1.200.000
  • Kenari Yorkshire YS Betina Rp 3.550.000 Rp 6.050.000
  • Kenari Yorkshire YS Jantan Rp 4.050.000 – Rp 10.050.000
  • Kenari Frill Rp 2.050.000
  • Kenari Lizard Dewasa Rp 1.450.000
  • Kenari Lizard Anakan Rp 550.000
  • Kenari Border Dewasa Rp 1.750.000
  • Kenari Border Anakan Rp 750.000
  • Kenari Red Intensif Jantan Rp 1.850.000
  • Kenari Red Intensif Betina Rp 1.450.000
  • Kenari Taiwan Jantan Rp 810.000
  • Kenari Taiwan Betina Rp 610.000
  • Kenari Gloster Dewasa Rp 1.210.000
  • Kenari Gloster Anakan Rp 755.000
  • Kenari Lokal Semua Warna Dewasa Rp 155.000 – Rp 255.000
  • Kenari Lokal Orange Anakan Rp 90.000
  • Kenari Lokal Putih Anakan Rp 110.000
  • Kenari Lokal Kuning Anakan Rp 55.000
  • Kenari Lokal Hijau Anakan Rp 80.000
  • Kenari Lokal Bond Anakan Rp 80.000

Nah, daftar harga Burung Kenari diatas juga bisa jadi salah satu acuan untuk Anda yang baru mencoba membeli Burung Kenari, namun tidak tahu berapa harga pasarannya.

Keuntungan Memiliki Burung Kenari

Keuntungan Memiliki Burung Kenari

Ternyata memiliki Kenari sangat menguntungkan loh dibandingkan dengan burung yang lain. Nah, berikut beberapa keuntungan memiliki Kenari yang harus Anda ketahui:

  • Burung Petarung

Burung Kenari pada lingkungan aslinya terkenal sebagai burung petarung. Dimana kicauan yang indah dan melengking merupakan salah satu pembuktian bahwa burung ini ingin diakui keberadaan dan kejantanannya. Hal inilah yang membuat banyak orang jatuh hati dan berbondong-bondong untuk memiliki kenari ini.

  • Burung Kenari Mudah Dijinak Kan

Burung kenari biasanya akan berkicau dengan suara yang sangat keras ketika bertemu dengan sang majikan. Biasanya kenari ini akan dilatih oleh pemiliknya biar bisa berkicau dengan baik.

Bahkan biasanya kenari ini sering dilatih dengan  giat. Makanya tidak heran jika burung ini akan girang dan berkicau dengan semangat saat bertemu dengan pemiliknya.

  • Tidak gampang stress

Karakter kenari yaitu tidak mudah stress. Sehingga jika Anda memutuskan untuk berbisnis kenari gak usah khawatir. Walaupun kenari di pindah dari sangkar satu ke sangkar lainnya bakalan baik-baik saja.

Karena, kenari akan tetap berkicau dan terbang ke sana kemari dengan lincah. Padahal, biasanya burung yang lain jika dipindahkan dari sangkar ke sangkar yang lain mengalami stress.

Hal itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk memiliki kenari ini. Sehingga meskipun kenari sering di pindah tempatnya maka akan tetap bisa bahagia dan berkicau. Alhasil, kenari sering memenangkan berbagai jenis kontes berkelas.

  • Birahi Burung Ini Gampang Naik

Keuntungan memiliki kenari ini yaitu birahinya gampang naik. Hal ini tentu memudahkan pemilik dari kenari untuk mengembangbiakkan kenari dengan lebih mudah.

  • Mudah Beradaptasi 

Burung kenari juga sangat mudah beradaptasi. Sehingga dengan kemampuannya tersebut maka burung ini sangat layak untuk dipelihara.

  • Burung Kenari Jantan Sangat Istimewa

Jika Anda memiliki kenari yang jantan tentu hal itu nilai plus tersendiri. Pasalnya kenari jantan memiliki suara yang lebih kuat dan nyaring dibandingkan dengan kenari yang betina. Sehingga jika Anda mengikutkan kenari yang jantan tentu akan lebih mudah mendapatkan peluang untuk menang.

Kenali Burung Kenari

Kenali Burung Kenari

  • Bentuk Telur Burung Kenari

Untuk bentuk telur, antara telur betina dan telur jantan berbeda. Dimana bentuk telur betina adalah agak bulat. Sedangkan, bentuk telur jantan adalah agak lonjong atau oval.

  • Bentuk Tubuh

Untuk bentuk tubuh dari kenari betina adalah bulat atau buntek. Sedangkan bentuk tubuh kenari jantan adalah lebih langsing atau ramping dengan tubuh yang memanjang.

  • Power Kicauan Burung kenari

Membedakan kenari dilihat dari suara kicauannya sangat mudah di kenali. Dimana jika kenari berkicau dengan power yang kuat, hal tersebut menandakan burung tersebut berjenis jantan. Sedangkan apabila kicauan kenari  memiliki power yang sedikit lemah menandakan kenari tersebut berjenis betina.

Mengenali Umur Burung Kenari Yang Siap Ternak

Mengenali Umur Burung Kenari Yang Siap Ternak

Jika Anda ingin mengembangbiakkan kenari, maka alangkah baiknya Anda memperhatikan umur idealnya. Dimana Anda harus memilih umur yang tepat guna tepat sasaran. Jangan memilih umur yang terlalu tua atau terlalu muda.

Nah, untuk ternak picket fence idealnya adalah kurang lebih 6 bulan untuk Kenari betina. Sedangkan umur untuk Kenari jantan adalah berumur 8 bulan. Sedikit berbeda dengan Kenari pada umumnya untuk jenis Kenari Yorkshire pada umur satu tahun sudah siap diternakkan.

Burung Kenari Jantan Dan Betina 

Burung Kenari Jantan Dan Betina 

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah Anda harus memisahkan antara Kenari jantan dengan burung Kenari betina jika bukan masa kawin. Hal ini perlu dilakukan karena jika sampai burung ini dijadikan satu maka bisa saja si burung betina akan menyerang burung betina.

Dan hal ini tentunya bisa membuat burung betina terancam. Nah, untuk mengetahui burung betina siap kawin atau tidak yaitu dengan melihat tingkahnya. Dimana apabila burung betina siap kawin akan bergerak seolah menyiapkan saran atau dengan merobek kertas-kertas bak membuat sarang.

Oleh karena itu, jangan sampai hal yang tidak di inginkan terjadi. Jika sudah tiba masa kawin maka Anda bisa menyatukan burung betina dan burung jantan. 

Baca Juga Hewan Peliharaan

Bagaimana guys? Siapkah Anda memiliki Kenari idaman Anda? Segera siapkan diri Anda untuk mendapatkan Kenari terbaik. Warnai hidup Anda dengan ditemani kicauan-kicauan burung Kenari yang merdu di rumah Anda.

Tinggalkan komentar