6+ Burung Kakak Tua, burung Hias yang bisa Menirukan Suara Manusia

Burung Kakak Tua –  Ada salah satu jenis burung, yang memiliki nama yang unik. Burung Kakak Tua namanya. Salah satu jenis burung dari Macam-Macam Jenis Burung yang cukup diminati untuk dipelihara dan dijadikan sebagai koleksi burung peliharaan favorit.

Contents

Keunikan Burung Kakak Tua

KEUNIKAN BURUNG KAKAK TUA

Burung kakak tua atau Cacatuidae merupakan salah satu burung hias yang memiliki suara yang melengking dengan kepala yang berjambul. Usia burung kakak tua bisa cukup lama bahkan bisa mencapai hingga 60 tahun. Burung berjambul ini banyak ditemukan di hutan tropis Indonesia.

Jenis kakak tua yang paling populer ialah burung kakak tua jambul kuning. Namun selain itu masih ada lagi jenis burung kakak tua yang lainnya, seperti:

Burung Kakak tua Putih atau Cacatua alba

BURUNG KAKAK TUA PUTIH ATAU CACATUA ALBA

Burung kakaktua ini ialah yang terbesar. Burung cantik ini berjambul dan berbulu putih, lalu pada bagian dalam sayapnya warnanya kuning menyala.  Kakinya berwarna abu-abu dengan paruh hitam.

Jenis ini disebut juga sebagai Umbrella cockatoo. Pada jantannya memiliki warna mata yang hitam, sedangkan pada kakaktua muda dan betinanya memiliki warna mata yang coklat. Ukuran tubuhnya cukup besar dapat mencapai hingga 45 cm.

Burung Kakak tua Jambul Kuning atau Cacatua galerita

BURUNG KAKAK TUA JAMBUL KUNING ATAU CACATUA GALERITA

Banyak nama untuk jenis burung kakak tua ini, ada yang menyebutnya sebagai Kakatua koki atau jambul kuning Sulphur Crested Cockatoo.

Habitat aslinya dari hutan di Australia. Burung kakak tua ini memiliki bulu berwarna putih dan jambu kuning di kepalanya. Ukuran tubuhnya bisa mencapai hingga 50 cm.

Burung Kakak Tua Pink atau Cacatua leadbeateri

BURUNG KAKAK TUA PINK ATAU CACATUA LEADBEATERI

Burung ini juga disebut sebagai Major Mitchell’s Cockatoo. Habitat aslinya dari hutan di Australia. Warna bulunya putih semu pink, dan memiliki jambul berwarna orange dan kuning yang kerap berdiri tegak.

Namun burung kakak tua ini jenis yang agresif dan sulit ditaklukkan sehingga jarang dipelihara di rumah-rumah dan lebih banyak dijumpai di kebun binatang. Ukurannya bisa mencapai 40 cm.

Moluccan Cockatoo atau Kakatua Maluku

MOLUCCAN COCKATOO ATAU KAKATUA MALUKU

Burung kakak tua Cacatua moluccensis ini bulunya warna warni. Pada bagian badannya berwarna putih dan semu pink lalu pada bagian sayapnya ada semburat warna kuning dan jambulnya berwarna oranye cerah dan kaki serta paruh yang berwarna hitam.

Jenis burung kakak tua yang satu ini cukup mudah dijinakkan. Habitat aslinya berasal dari Pulau Seram Maluku, Indonesia.

Glossy Black Cockatoo atau Calyptorhynchus lathami

GLOSSY BLACK COCKATOO ATAU CALYPTORHYNCHUS LATHAMI

Selain burung kakak tua berbulu putih ada juga burung kakak tua yang memiliki warna bulu hitam mengkilap. Terdapat warna oranye yang nampak jelas pada bagian ekornya.

Burung kakak tua ini cukup jinak, dan masih terdapat banyak dan cukup mudah ditemui di kawasan hutan di Australia.

Kakatua Raja atau Palm Cockatoo (Probosciger aterrimus)

KAKATUA RAJA ATAU PALM COCKATOO (PROBOSCIGER ATERRIMUS)

Burung Kakak tua ini juga didominasi warna hitam pada bulunya, dengan jambul yang megar tegak berdiri nampak sangat cantik sekali bak mahkota raja.

Burung kakak tua palm cockatoo ini memiliki wajah yang merah. Unik dan cantik sekali. Tak heran jika cukup mahal harganya.

Kira-kira jenis burung kakak tua mana yang menjadi favorit, bisa saja tiap orang akan memiliki burung kakak tua favoritnya masing-masing.

6+ Burung Kakak Tua, burung Hias yang bisa Menirukan Suara Manusia

Tinggalkan komentar