Burung Kacer Pilihan Alternatif Pencinta Burung Kicau

Burung Kacer – Burung menjadi salah satu pilihan masyarakat yang ingin memiliki peliharaan di rumahnya. Dengan memelihara burung, dianggap akan lebih mudah untuk melakukan perawatannya ditambah lagi, burung sering kali mengeluarkan kicauan yang dianggap dapat menemani diri Anda setiap harinya.

Macam – macam jenis burung yang bisa dipelihara pun sangat banyak. Salah satunya adalah burung kacer. Sudah banyak pula masyarakat pecinta burung yang memilih burung kacer sebagai alternatif peliharaan burung mereka.

Maka dari itu, kali ini Saya ingin sedikit membahas mengenai burung kacer dan sedikit informasi terkait burung kacer ini. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

Burung Kacer Secara Umum

BURUNG KACER SECARA UMUM

Pertama, Saya akan membahas mengenai burung kacer secara umum terlebih dahulu. Nah, untuk buru kacer ini memiliki nama ilmiah Copsychus sechellarum yang mana Anda bisa lihat bahwa burung kacer ini masih termasuk ke dalam keluarga genus Copsychus.

Burung kacer ini terdapat yang warna bulunya hitam, namun juga ada yang warna bulunya hitam putih. Secara garis besar, mereka merupakan spesies yang sama yakni sebagai burung kacer. Hanya saja, perbedaan warna bulu yang menjadikan mereka terlihat sangat berbeda.

Habitat Burung Kacer

HABITAT BURUNG KACER

Meskipun sama – sama burung kacer, nyatanya tiap – tiap sub spesies dari burung kacer memiliki habitat yang berbeda – beda. Misalnya untuk saularis lebih banyak ditemukan di kawasan Thailand, India, Nepal, Malaysia, dan Indonesia.

Kemudian untuk andamanensis lebih banyak ditemukan di kepulauan Andaman. Untuk musicus banyak ditemukan di kawasan Peninsular, Malaysia, dan Thailang. Kemudian untuk ceylonensis banyak ditemukan di India dan Srilanka. Untuk Adamsi banyak di temukan tepatnya d Sabah Malaysia dan di Borneo Indonesia.

Kemudian untuk pluto ditemukan bersamaan dengan sub spesies adamsi. Untuk erimelas banyak ditemukan dari India ke Indochina. Dan terakhir untuk prosthopellus banyak ditemukan di kawasan Hainan China.

Tips Memilih Burung Kacer yang Baik

TIPS MEMILIH BURUNG KACER YANG BAIK

Nah, dalam memelihara burung, tentunya sejak awal Anda ingin mendapatkan burung kacer yang terbaik bukan? Nah, maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan burung kacer yang baik.

  • Untuk tujuan kicauan, ada baiknya untuk memilih burung jantan dan dengan warna bulu hitam yang tegas dan kontras.
  • Untuk bentuk paruh, ada baiknya memilih burung yang memiliki paruh dengan pangkal yang lebar, tebal, besar, serta panjang. Untuk bagian bawah paruh haruslah lurus dan jangan sampai Anda memilih paruh yang bengkok. Untuk lubang hidung, Anda bisa pilih hidung yang dekat dengan bagian mata.
  • Untuk kepala, carilah dengan bentuk yang mengotak serta mata bulat besar dan melotot.
  • Untuk postur badan bisa memilih dengan leher panjang.

Burung Kacer Pilihan Alternatif Pencinta Burung Kicau

Tinggalkan komentar