Site icon Made Blog

Burung Garuda Yang Perkasa Lambang Negara Indonesia

BURUNG GARUDA YANG PERKASA LAMBANG NEGARA INDONESIA

burung garuda – Salah satu dari Macam-Macam Jenis Burung ialah yang namanya burung Garuda. Burung Garuda ini menjadi lambang negara Indonesia, karena terkesan gagah dan perkasa serta pemberani.

Burung Garuda atau Burung Elang Jawa atau Spizaetus bartelsi

Burung Elang Jawa atau Spizaetus bartelsi atau yang disebut juga sebagai burung Garuda ini kini kian langka. Hal ini antara lain karena burung endemik pulau Jawa ini hanya bertelur setahun sebanyak dua kali saja. Selain itu juga kawasan hutan di Jawa telah banyak yang beralih fungsi menjadi lokasi pemukiman dengan padat penduduk dan lain sebagainya. Diperkirakan jumlah burung elang Jawa sekarang ini ialah tinggal 600 ekor saja.

Burung elang termasuk sebagai burung predator. Burung elang memiliki cakar dan juga paruh yang cukup kuat. Burung elang sebagai jenis burung pemangsa juga memiliki mata yang sangat tajam. Ukuran dan bobot tubuh burung elang termasuk yang terbesar jika dibandingkan dengan ukuran dan berat burung pemangsa jenis yang lainnya.

Burung elang menjadi pemuncak rantai makanan sehingga tak heran jika sering menjadi simbol dari perlambang kebebasan serta kekuatan. Kemampuan berburunya sangat hebat.

Jenis Burung Garuda

Sebenarnya di dunia ini ada beberapa jenis burung garuda selain burung elang Jawa yang dijadikan sebagai lambang negara Indonesia tersebut. Dalam hal ini ada juga jenis burung garuda yang lainnya, yakni setidaknya terdapat 7 jenis burung Garuda di dunia, antara lain:

– Garuda Harpy yang tinggalnya di Amerika Selatan, dan memiliki 4 jenis.

– Burung Garuda pemangsa monyet yang bisa ditemui di Philipina.

– Garuda pemangsa kanguru di Papua Barat dan juga Papua Nugini.

– Garuda Haast atau Harpgornis, yang merupakan pemangsa burung moa dan manusia yang ada di New Zealand. Orang lokal setempat di Maori di New Zealand menamai burung Garuda Haast tersebut dengan sebutan Hokioi. Burung garuda yang satu itu bisa memiliki ukuran yang besar.

– Burung Rajawali ialah merupakan salah satu jenis juga dari burung elang. Burung elang itu merupakan istilah umum bagi cukup banyak jenis burung pemangsa yang memiliki ukuran yang besar dan masuk dalam keluarga Accipitridae.

Lambang Negara Indonesia

Burung garuda yang menjadi lambang negara Indonesia, memiliki warna bulu keemasan. Dengan jumlah bulu sebagai berikut.

17 helai bulu pada masing-masing sayapnya

8 helai bulu pada bagian ekor nya

19 helai bulu pada bawah perisai atau pada bagian pangkal ekor nya

45 helai bulu pada bagian leher nya

Kesemuanya melambangkan tanggal proklamasi kemerdekaan negara Indonesia, yakni pada tanggal 17 Agustus 1945.

Lalu kepala burung Garuda Pancasila itu digambarkan dalam posisi sedang menoleh ke arah kanan.

Burung Garuda atau eagle pantas dijadikan sebagai lambang negara karena keperkasaannya.

Burung Garuda Yang Perkasa Lambang Negara Indonesia

Exit mobile version