Site icon Made Blog

Serba-serbi tentang Burung Elang yang Menarik Untuk Anda Ketahui

MARK OLSEN 0C ZSLQ2WQW UNSPLASH

Burung Elang – Berbicara mengenai dunia fauna jelas tidak akan ada habisnya, Cakupannya begitu luas sehingga banyak pengetahuan yang bisa digali dari sini. Salah satunya adalah dalam dunia unggas atau mudahnya kita sebut dari bangsa burung-burungan.

Dari sekian macam-macam jenis burung ini memiliki perannya masing-masing dalam ekosistem khususnya pada rantai makanan. Ada satu jenis burung yang berdiri gagah di puncak piramida makanan yaitu burung elang. Saya yakin anda sudah tidak asing dengan burung dengan citra gagah, perkasa, dan kuat ini. Namun sebenarnya masih banyak fakta-fakta menarik dari burung yang memiliki nama lain rajawali tersebut. Apa sajakah itu ?

  1. Kondisi burung elang pada zaman purba

Tentu kita cukup beruntung terlahir di zaman yang sudah modern ini. Segal sesuatunya lebih mudah, aman, dan nyaman dengan perkembangan teknologi. Kita tidak perlu bersusah-susah seperti orang zaman purba yang harus berburu dalam mencari makan.

Selain itu di zaman purba juga banyak bahaya yang harus dihadapi dari makhluk-makhluk prasejarah. Salah satunya adalah elang haast. Seperti yang kita tahu bahwa makhluk prasejarah pasti berukuran raksasa maka jenis elang ini pun juga demikian. Berdasarkan data dari nzbirdsonline.org.nz, elang ini dapat tumbuh hingga panjang 90-140 dan lebar tubuhnya 1,4 meter.

Perlu anda ingat panjang dan lebar tersebut masih belum termasuk sayapnya. Dengan rentang sayapnya yang mencapai 3 meter, anda bisa imajinasikan sendiri seberapa besar burung prasejarah ini. Didukung dengan panjang cakar hingga 9 cm, tak mengherankan elang purba ini menjadi yang ditakuti pada masanya.

Bahkan santapan utama elang haast tersebut adalah burung moa yang sebenarnya 15 kali lebih berat dari elang itu sendiri. Dengan fakta-fakta  tersebut, mencabik dan memangsa manusia bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan oleh elang purba ini.

  1. Elang terbesar di dunia saat ini

Bersanding dengan elang filipina dan elang laut steller, elang harpy adalah salah 1 penyandang gelar elang terbesar sampai saat ini. Sebagaimana yang dilansir Animal Diversity, burung bernama latin Harpia harpyja ini saat merentangkan sayap dapat mencapai lebar 2 meter. Sementara rentang panjang tubuh mereka bervariasi antara 89-109 sentimeter dan bobot 9 kilogram.

Sebagai predator, elang ini gemar menjadikan hewan mamalia besar seperti monyet dan kukang sebagai mangsanya. Dengan panjang kuku mencapai 12 cm, tentu bukan hal yang sulit untuk mencabik-cabik mangsa yang berukuran besar.

Hal ini juga Didukung dengan penglihatan dan pendengaran tajam, kesabaran dalam mengintai, dan kecepatan terbang hingga 80 km/jam. Sekali ada target yang ditetapkan maka dipastikan makhluk malang itu tidak akan mampu lolos dari kejaran elang yang menempati sebagian Mexico, Argentina, dan Brazil tersebut.

Serba-serbi tentang Burung Elang yang Menarik Untuk Anda Ketahui

Exit mobile version