Site icon Made Blog

Burung Dara : Cara Memelihara, Prospek Harga Jualnya (lengkap)

burung dara – Salah jenis hewan peliharaan yang menjadi pilihan bagi beberapa orang adalah burung.  Kicauannya yang merdu dan keindahan warna bulunya adalah beberapa faktor yang membuatnya mendapat tempat di hati peternak. Bahkan sampai diadakan kontes untuk menguji kemampuan burung tersebut.  Dari sekian macam-macam jenis burung yang ada , burung dara adalah salah 1 yang cukup populer. Kepopuleran ini karena :

Burung Dara

  1. Ekonomis

Burung yang satu ini sangat mudah didapatkan. Di setiap pasar hewan, pasti banyak orang yang menjualnya. Selain itu harganya pun murah sehingga anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam

  1. Pemeliharaannya tidak sulit

Burung yang juga sering disebut burung merpati ini tidak perlu ribet dalam pemeliharaannya. Pakan yang diperlukan tidak mahal dan banyak tersedia.

  1. Termasuk burung yang cerdas

Burung dara memang tidak memiliki kicauan senyaring cucakrawa atau kutilang. Dari segi keindahan bulu jelas jauh dari lovebird. Namun burung tersebut memiliki kelebihan dari kecerdasannya. Bila anda melatihnya dengan baik maka burung ini dapat  kembali ke rumahnya  meski anda melepasnya begitu saja.

  1. Burung yang mudah dijinakkan

Karena kecerdasannya, burung tersebut sangat mudah mengenali pemiliknya. Dengan demikian bila anda memeliharanya dengan baik dan benar, tidak butuh waktu lama untuk jinak. Selain itu sesekali anda harus berinteraksi dengan cara mengelus-elus bulunya.

Bagaimana? Apakah anda mulai tertarik memelihara? Sebelum itu, ini adalah beberapa tips bagi anda yang ingin memelihara burung yang menjadi simbol cinta kasih ini :

  1. Pengondisian kandang

Pastikan anda telah menyiapkan rumah yang tepat sebelum anda membeli burung tersebut. Entah itu anda buat sendiri atau memesan di toko. Anda membutuhkan  luasan tempat sekitar 2,5 – 3 meter persegi untuk sepasang burung dara. Dari patokan tersebut, anda bisa sesuaikan dengan jumlah yang ingin anda pelihara. Selain masalah luasan, anda juga harus perhatikan posisi kandang. Jauhkan kandang dari gangguan predator serta usahakan posisinya benar-benar lapang. Tidak ada penghalang seperti kabel dan pohon. Dengan demikian anda akan lebih mudah melatihnya nanti.

  1. Pemberian dan penentuan makanan

Salah satu hal mendasar yang mempengaruhi tumbuh kembang hewan peliharaan adalah kualitas pakan. Hal ini juga berlaku untuk burung dara yang anda pelihara. Pastika makanan yang anda berikan dalam kondisi baru. Jadi setelah 15-20 menit dari pemberian pakan, anda harus membersihkan semua sisa yang tertinggal.

Dalam pemberian menu pakan, anda bisa sesuaikan dengan kondisi burung saat itu. Oleh karenanya lebih baik anda juga perhatikan komposisi dari pakan burung yang anda beli. Dalam masa berkembang biak, burung tersebut membutuhkan protein lebih dengan kadar 16-18%.

Namun bila anda juga mengikutkannya di kompetisi maka harus ada tambahan lemak dan karbohidrat juga. Sebagai sampingan anda bisa tambahkan jagung giling kasar dalam menu pakan yang diberikan. Jagung ini berfungsi membantu pencernaan dan sumber vitamin serta mineral. Lakukan metode pemberian pakan ini 2 kali dalam sehari.

Burung Dara : Cara Memelihara, Prospek Harga Jualnya (lengkap)

Exit mobile version