Bacaan Ayat Kursi Bahasa Arab, Latin, Arti, Faedah, Keistimewaan

Ayat kursi – Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang berada dalam Al-Quran. Ayat kursi memiliki makna yang dapat dijadikan doa. Sehingga barang siapa yang rajin membaca ayat kursi dan juga mengamalkannya di dalam kehidupan maka orang tersebut akan mendapatkan keberkahan di dalam hidupnya.

Baik berkah berupa kesehatan, rezeki dan kemudahan di berbagai usaha. Tak heran jika ayat kursi dijuluki sebagai doa sejuta manfaat. Tentunya julukan tersebut bukan tanpa alasan, ayat kursi dapat di gunakan sebagai doa dan juga sebagai dzikir. Setiap orang yang berdoa menggunakan ayat kursi juga akan memperoleh manfaat.

Begitu pula orang yang menggunakan ayat kursi sebagai dzikir juga akan memperoleh hal yang baik dalam hidupnya. Pembacaan dan pengamalan ayat kursi haruslah di lakukan secara rutin dan istikamah. Hal tersebut dikarenakan Keutamaan dan faedah dari pembacaan ayat kursi sangat lah banyak.

Keutamaan tersebut sangat mempengaruhi sendi kehidupan. Pembacaan ayat kursi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sehingga setiap muslim dapat dengan mudah mengamalkan ayat kursi dan memperoleh berbagai faedah. Sebagai seorang muslim, sangat di anjurkan untuk terus mengamalkan ayat kursi sebagai doa.

Apabila ayat kursi senantiasa di amalkan dalam kehidupan sehari-hari, maka hidup yang dijalani akan menjadi lebih berkah dan selalu di iringi dengan ridha dari Allah. Pembacaan ayat kursi juga berguna untuk melindungi diri agar dijauhkan dari berbagai hal-hal buruk dan maksiat.

Berikut ini adalah ulasan secara lengkap mengenai ayat kursi. Sehingga Anda dapat lebih mengetahui berbagai manfaat yang di dapatkan apabila mengamalkan ayat kursi secara rutin. Ulasan ini mengandung sejarah penurunan ayat kursi, keistimewaan ayat kursi, manfaat ayat kursi dan masih banyak lagi.

Contents

Asbabun Nuzul Ayat Kursi

Asbabun Nuzul Ayat Kursi
thegorbalsla.com

Ayat kursi termasuk ayat madaniah. Hal tersebut dikarenakan pada saat Rasulullah melakukan perjalanan keluar dari kota Mekah menuju Kota Madinah, Allah menurunkan ayat kursi. Peristiwa penurunan wahyu berupa ayat kursi ini diantarkan oleh malaikat dengan jumlah ribuan dan tak terhitung.

Pentingnya ayat kursi, sehingga saat penurunannya saja beribu-ribu malaikat turut ikut serta. Ayat kursi merupakan ayat di dalam Al-Quran yang memiliki berbagai keutamaan. Bahkan, ayat kursi termasuk ayat yang di muliakan di dalam Al-Quran.

Begitu agung dan mulianya ayat kursi, hingga apabila ayat ini dibaca, maka akan berpengaruh juga kepada dunia gaib. Para iblis akan merasa terganggu dan kesakitan apabila mendengar ayat ini di bacakan dari mulut orang yang sholeh dan taat beribadah pada Allah.

Takutnya para kaum Iblis pada pembacaan ayat ini dikarenakan salah satu keistimewaan ayat ini yaitu, mampu menghalangi segala macam perbuatan jahat dan maksiat. Sehingga apabila seorang muslim membacakan ayat ini, maka para kaum Iblis pun tidak akan memiliki nyali dan kemampuan dalam menjerumuskan muslim tersebut ke dalam lubang dosa dan maksiat.

Setelah Rasulullah memperoleh wahyu yang agung tersebut yaitu ayat kursi, maka beliau langsung mencari Zaid Bin Tsabit dan memerintahkannya untuk menuliskan ayat kursi dan menyebar luaskan ayat tersebut kepada seluruh umat Rasulullah. Pada zaman Rasul, Zaid bin Tsabit menjadi juru tulis yang sangat terkemuka.

Penulisan dan penyebaran dilakukan secara cepat, agar setiap muslim bisa langsung mengamalkan ayat kursi. Oleh karena itu, pengamalan ayat kursi bisa dimulai dari sekarang dan jangan melakukan penundaan lagi. Mengetahui betapa besar keistimewaan yang dimiliki oleh ayat kursi.

Pembacaan ayat kursi akan memberikan dampak positif bagi setiap muslim yang istikamah mengamalkannya. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmatnya kepada setiap muslim, agar diberikan kemudahan dan kesenangan dalam mengamalkan ayat kursi.

Ayat kursi adalah bagian dari surat Al-Baqarah tepatnya terdapat pada ayat yang ke 255. Keagungan yang dimiliki oleh ayat kursi menjadikan ayat ini selalu di istimewakan. Penamaan ayat kursi bukanlah tanpa alasan, tetapi penamaan tersebut untuk memberitahukan bahwa hanya Allah yang memiliki kebesaran tanpa tertandingi. Nama “kursi” dimaksudkan bahwa kursi Allah meliputi seluruh bumi dan juga seluruh langit.

Sejarah Ayat Kursi Diturunkan

Sejarah Ayat Kursi Diturunkan
www.merdeka.com

Telah diriwayatkan bahwa pada saat Allah akan menurunkan ayat kursi kepada Rasulullah. Pada saat penurunan ayat kursi ini Allah memerintahkan malaikat jibril disertai dengan 70 ribu malaikat lainnya untuk menjadi perantara. Saat wahyu ini telah sampai di langit dunia kemudian dilanjutkan ke bumi, pada saat itu bumi terjadi gempa di seluruh belahannya.

Gempa tersebut menyebabkan seluruh sesembahan berupa berhala miliki orang kafir menjadi goncang dan hancur. Seluruh manusia bahkan para raja menjadi bergetar. Para raja yang memiliki mahkota pun, berjalan tanpa mahkota karena mahkotanya telah jatuh. Seluruh Iblis dan juga setan berlarian tak karuan karena saking takutnya.

Karena merasa aneh dengan gempa yang terjadi, maka Iblis menyuruh setan untuk mencari tahu apa yang menyebabkan gempa dan juga ketakutan mereka. Setelah di cari tahu, ternyata pada saat itu ayat kursi yang mulia telah diturunkan. Melihat hal tersebut para setan dan Iblis pun lemas ketakutan. 

Bacaan Ayat Kursi dengan Penulisan Bahasa Arab

Bacaan Ayat Kursi dengan Penulisan Bahasa Arab
cetakyasin.org

Berikut ini merupakan tulisan ayat kursi dengan bahasa Arab lebih tepatnya berada dalam surat Al-Baqarah ayat 255.

Selama manusia hidup, masalah merupakan teman yang selalu datang. Apabila orang tersebut dapat menyelesaikan masalahnya dengan strategi yang baik, maka akan memberikan dampak yang baik pula. Tetapi, jika masalah tidak terselesaikan malah akan berlarut-larut dan menambah masalah baru. Banyak orang yang putus asa karena banyaknya masalah yang harus di hadapinya. 

Hal tersebut dikarenakan kurangnya keimanan orang tersebut terhadap pertolongan yang Allah berikan. Sebaliknya, apabila orang sangat percaya bahwa Allah tidak akan memberikan masalah kepada hambanya di luar batas kesanggupan hambanya, maka orang tersebut akan dengan mudah menyelesaikan masalah.

Salah satu cara yang bisa di amalkan agar dapat dengan mudah menemukan penyelesaian dari masalah yaitu dengan membaca ayat kursi. Banyaknya keutamaan yang dimiliki oleh ayat kursi hingga Rasulullah pernah berasabda dalam hadis yang di riwayatkan oleh Turmudzi, bahwa setiap hal pasti memiliki yang namanya punuk.

Sedangkan dalam Al-Quran sendiri memiliki suatu punuk yaitu Al-Baqarah, pada Al-Baqarah terdapat suatu ayat yang menjadi penghulu dari ayat-ayat Al-Quran yaitu ayat kursi.

Bacaan Ayat Kursi dengan Penulisan Latin

Bacaan Ayat Kursi dengan Penulisan Latin
thegorbalsla.com

Berikut ini merupakan tulisan latin dari ayat kursi, sehingga meskipun Anda kurang mampu membaca tulisan Arabnya, dapat membaca melalui tulisan latin berikut ini.

Terjemahan dan Arti Ayat Kursi

Terjemahan dan Arti Ayat Kursi
fauzankom.hom.blog

Ayat kursi memiliki makna yang bisa Anda resapi. Pada ayat kursi memberikan penjelasan, bahwasannya hanya Allah yang wajib di sembah. Hanya Dia dzat yang maha hidup, dzat yang maha kekal dan berbeda dengan seluruh makhluk-Nya. dzat yang tidak pernah tidur dan tidak memiliki rasa kantuk.

Dzat yang menjadi penguasa dan maha memiliki apapun yang terdapat di langit juga di bumi. Tidak ada manusia yang dapat memberikan pertolongan kecuali atas izin-Nya. dzat yang maha mengetahui segalanya, baik dari depan maupun dari belakang. Tetapi mereka tidak memiliki sedikitpun pengetahuan dan ilmu kecuali atas kehendak-Nya.

Kursi Allah memiliki keluasan yang memenuhi seluruh luasnya langit dan juga bumi. Allah merupakan maha pemelihara yang menjaga keduanya. Hanya Allah yang maha tinggi kemuliaannya serta maha besar segala kekuasaannya. 

Keistimewaan Ayat Kursi

Keistimewaan Ayat Kursi
pondokislam.com

Ayat kursi memiliki berbagai keistimewaan yang dahsyat apabila di amalkan. Keberkahan hidup yang diperoleh dari mengamalkan ayat kursi akan memberikan dampak yang baik dalam kehidupan. berikut ini adalah keistimewaan yang akan dimiliki ayat kursi sehingga ayat kursi menjadi ayat yang mulia.

  • Ayat yang Agung

Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang diagungkan di dalam Al-Quran. Oleh karena itu, setiap pembacaan ayat ini memberikan dampak dan khasiat yang luar biasa dalam kehidupan. hal tersebut juga pernah di ungkapkan sendiri oleh Rasulullah terkait keagungan ayat kursi.

Saat itu terdapat seseorang yang bertanya kepada Ubay bin Kai, apa ayat yang memiliki keagungan luar biasa di dalam Al-Quran. Ubay mengatakan bahwa jawaban dari pertanyaannya adalah ayat kursi. Mendengar jawaban Ubay, Rasul pun langsung menepuk-nepuk dada Ubay seraya mendoakan agar Ubay bahagia dengan ilmu yang dimilikinya.

Selain itu, dalam ayat kursi juga terdapat dua nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum. Diantara kedua nama tersebut, banyak ulama yang masih berselisih terkait nama mana yang lebih agung.

  • Keagungan Melebihi Langit

Keagungan ayat kursi melebihi langit dan juga bumi. Hal ini juga telah di sampaikan oleh Rasulullah bahwasanya, Allah menciptakan seluruh langit dan bumi dengan keagungan yang tidak melebihi keagungan dari ayat kursi. Hal tersebut dikarenakan ayat kursi telah memuat sifat beserta nama-nama Allah. 

Selain itu, Ats sauri juga pernah mengatakan bahwasanya ayat kursi merupakan ayat yang memiliki keagungan melebihi agungnya langit dan bumi. Selain kemuliaannya, hal itu dikarenakan ayat kursi merupakan ayat Al-Quran dan Al-Quran merupakan Kalamullah.

  • Menjadi Dzikir Sebelum Tidur

Ayat kursi sangat di anjurkan untuk di baca dan di gunakan sebagai dzikir sebelum tidur. Hal tersebut dikarenakan untuk melindungi diri dari gangguan setan. Rasulullah pernah bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwasanya apabila seseorang hendak tidur lalu membaca ayat kursi, maka Allah akan melindungi dan menjaga orang tersebut dari berbagai gangguan setan hingga datangnya pagi.

  • Menjadi Penyebab Masuk Surga

Betapa agungnya ayat kursi bahkan dapat menjadi salah satu penyebab dari orang masuk surga. Hal tersebut telah diungkapkan oleh Rasul dalam hadis yang diriwayatkan oleh An-Nasai, bahwasanya setiap orang yang mengamalkan ayat kursi dengan membacanya setiap kali menyelesaikan sholat, maka tidak akan ada penghalang orang tersebut memasuki surga kecuali kematian.

Faedah dari Pengamalan Ayat Kursi

Faedah dari Pengamalan Ayat Kursi
annajmustsaqib.blogspot.com

Bukan hanya keistimewaannya yang agung. Ayat kursi memiliki banyak sekali manfaat bagi setiap orang yang sekedar membacanya dan juga bagi orang yang mengamalkannya. Berikut ini faedah dari pembacaan dan pengamalan ayat kursi.

  • Jernih dan Terbukanya Akal

Syeikh Abu Abbas pernah mengatakan bahwasanya setiap muslim yang membacakan ayat kursi melebihi 50 kali lalu meniupkan pada tetesan air hujan kemudian meminumnya, maka orang tersebut akan memiliki pikiran yang jernih dan juga lebih terbuka serta cerdas.

Kejernihan akal dan terbukanya akal dapat dilihat dari segi orang tersebut menangani masalah. Serta mudahnya dalam bertoleransi mengenai perbedaan pendapat dan sebagainya.

  • Terlindung dari Setan

Barangsiapa yang setiap selesai sholat fardhu pada waktu pagi hari dan sore hari lalu mengamalkan dengan membaca ayat kursi di penuhi dengan rasa khidmat dan khusyuk, maka orang tersebut akan selalu terhindar dari godaan setan di manapun ia berada.

Selain itu, juga akan terhindar dari serangan binatang buas dan juga gangguan manusia lainnya. Oleh karena itu, sering membaca ayat kursi merupakan senjata yang paling ampuh.

  • Lancarnya Rezeki

Barangsiapa yang rutin dan istikamah membaca ayat kursi sejumlah 18 kali maka orang tersebut akan memperoleh berbagai keistimewaan. Seperti, hikmah yang memenuhi dadanya, kemudian melimpahnya rezeki yang akan di dapatkan dan berasal dari berbagai arah yang tidak terduga. Tentunya hal tersebut atas izin Allah. Pembacaan ayat kursi haruslah disertai dengan rasa khusyuk dan karena Allah.

  • Terhindar dari Kejahatan

Barangsiapa yang membaca ayat kursi sejumlah 12 kali pada hari Jumat ketika melaksanakan sholat sunah 2 rakaat maka akan mendapatkan ridha dari Allah yaitu berupa perlindungan dari berbagai macam kejahatan dari arah manapun, baik dari golongan manusia atau pun dari golongan jin.

  • Hilangnya Bentuk Kekafiran

Dahsyatnya ayat kursi hingga mampu menghilangkan bentuk kekafiran yang terdapat pada diri seorang muslim. Hal tersebut juga pernah di sebutkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis. Setiap muslim yang baru saja bepergian atau keluar ke suatu tempat, kemudian ia pulang ke rumah langsung membaca ayat kursi. Maka saat itu juga ia tidak akan memiliki kekafiran dalam dirinya.

  • Terlindungi Oleh Allah

Allah akan melindungi orang-orang yang membaca ayat kursi saat mereka berada dimana pun dan kapan pun. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi orang yang sedang menempuh perjalanan atau pun hendak menempuh perjalanan untuk membaca ayat kursi baik sebagai doa atau sebagai dzikir. Agar diberikan keselamatan dan selalu di lindungi oleh Allah hingga sampai ke tempat tujuan.

  • Memperoleh Kasih Sayang Allah

Setiap muslim yang selalu menjaga ayat kursi dimana pun dan kapan pun, atau di berbagai kesempatan secara rutin dan istikamah, orang tersebut akan mendapatkan kasih sayang dari Allah yang tidak terbatas.

Lantaran kasih sayang tersebutlah, apa yang menjadi keinginan dan hajatnya akan segera di penuhi. Hal tersebut dikarenakan ayat kursi merupakan ayat yang sangat mulia.

  • Penjagaan Diri dari Setan dan Jin

Proses penurunannya ayat kursi kepada Rasulullah sangatlah agung hingga disertai oleh ribuan malaikat. Oleh karena itu, setiap orang yang membaca ayat kursi dengan penuh rasa khusyuk dan khidmat, maka dapat menjadi perlindungan serta penjagaan diri dari berbagai gangguan setan atau pun jin.

Apabila bangsa setan dan jin mendengar bacaan ayat kursi, mereka akan merasa terbakar dan langsung menjauhi orang yang membacanya.

  • Terjaga dari Perbuatan Buruk

Setiap muslim yang membaca serta mengamalkan seluruh kandungan yang terdapat pada ayat kursi, maka dengan sendirinya orang tersebut akan terhindar dari berbagai perbuatan tercela. Ayat kursi merupakan suatu pagar bagi orang muslim agar terhindar dari perbuatan buruk yang dapat menjerumuskan seorang muslim ke dalam sebuah lubang dosa dan kemaksiatan.

  • Disayang Allah

Setiap orang yang dengan istikomah mengamalkan ayat kursi dengan cara membacanya setelah orang tersebut menyelesaikan sholat fardhu. Maka kehidupannya kan selalu di lindungi dan di sayangi oleh Allah hingga saat maut memanggil orang tersebut.

Kaligrafi Ayat Kursi

Kaligrafi Ayat Kursi
darson88.blogspot.com

Banyaknya keistimewaan dari ayat kursi menjadikan ayat ini begitu spesial. Oleh karena itu, banyak yang menjadikannya kaligrafi kemudian di pajang di dinding-dinding rumah. Bahkan, kaligrafi ayat kursi adalah kaligrafi yang hampir ada di seluruh masjid.

Kaligrafi ayat kursi memiliki desain unik tanpa mengubah ayat sedikitpun. Tetapi di buat background yang lebih bervariasi dan menawan. Banyaknya model kaligrafi membuat kaligrafi ayat kursi ini paling banyak di minati oleh para pecinta kaligrafi. Bagi para pembuat kaligrafi, ia akan memiliki pahala yang dobel dan berlipat.

Setelah ia menuliskan kaligrafi ayat kursi, kemudian di pajang, lalu banyak orang yang membacanya, maka ia akan mendapatkan juga pahala-pahala orang yang membacanya. Variasi yang paling menentukan suatu kaligrafi. Uniknya desain akan membuat kaligrafi tersebut semakin mudah di cari.

Sehingga hal tersebut akan menghidupkan kembali kejayaan dari seni kaligrafi. Kaligrafi yang itu-itu saja akan membuat bosan. Tetapi berbeda dengan kaligrafi ayat Al-Quran. Kaligrafi tersebut akan selalu di buru, terlebih lagi jika memiliki desain yang elok juga menawan.

Baca Juga Sunan Muria

Itulah ulasan yang lengkap terkait dengan ayat kursi. Mengetahui asbabun Nuzul serta sejarah turunnya suatu ayat dalam Al-Quran sangatlah penting. Hal tersebut bertujuan agar setiap muslim lebih memuliakan ayat Al-Quran setelah mengetahui seluk beluk tentang ayat tersebut.Keutamaan yang dimiliki oleh ayat kursi haruslah diamalkan, sehingga setiap muslim mendapatkan manfaat dari mengamalkannya. 

Setelah mengetahui sejuta manfaat dari ayat kursi tentunya setiap muslim akan sangat rugi apabila melewatkannya begitu saja. Cukup dengan berdzikir setiap hari secara rutin, maka setiap muslim akan mendapatkan faedah yang luar biasa dalam hidupnya. 

Tinggalkan komentar