Site icon Made Blog

99 Asmaul Husna, Manfaat, Faedah beserta Cara Pengamalannya

Asmaul husna – Asmaul Husna merupakan nama-nama indah bagi Allah SWT. Setiap muslim haruslah mengimani adanya Asmaul Husna dan mengetahui serta mempelajarinya. Asmaul Husna berjumlah sebanyak 99 nama Allah yang masing-masing memiliki faedah tersendiri dan keterangan tersendiri yang menunjukkan berbagai keagungan yang hanya dimiliki oleh Allah SWT.

Nama-nama indah bagi Allah apabila di pahami secara mendalam selain untuk mengagungkan Allah, makna dari Asmaul Husna sendiri apabila di amalkan maka, akan membuat setiap muslim senantiasa berbuat baik tanpa meminta imbalan sedikit pun. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap muslim untuk menghafal dan memahami terkait Asmaul Husna ini.

Contents

Dalil Mengenai Asmaul Husna

coretanzone.id

Mengenai Asmaul Husna ini keseluruhan juga sudah di jelaskan di dalam Al-Qur’an maupun Al-Hadist. Pada Al-Qur’an tepat nya terdapat pada surat Al-A’raf ayat 180 yang memiliki arti hanya Allah yang memiliki nama-nama tersebut.

Oleh karena itu, setiap manusia di anjurkan untuk selalu memohon kepada Allah dengan istikamah menyebut nama-nama Allah. Serta tinggalkan setiap orang yang tidak mengikuti kebenaran. Kemudian selain surat Al-A’raf, juga terdapat surat Al-Hashr ayat 24.

Pada surat tersebut terdapat beberapa poin yang bisa diperhatikan, yaitu pertama, di perbolehkan untuk menyebutkan salah satu atau lebih nama Allah baik Ar-Rahman atau yang lainnya. Kedua, tidak dianjurkan untuk melafalkan bacaan sholat dengan lantang atau keras atau juga terlalu pelan.

Setiap Muslim Wajib Mengetahui Asmaul Husna

www.hipwee.com

Setiap muslim di wajibkan untuk mengetahui dan memahami Asmaul Husna. Dikarenakan dengan mengetahui Asmaul Husna maka akan dengan sendirinya akan menambah keimanan kepada Allah. Asmaul Husna memiliki makna arti yang semuanya memuliakan dan mengagungkan Allah.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang membuat setiap muslim wajib mengetahui Asmaul Husna.

Ilmu berkenaan dengan mengagungkan dan memuliakan Allah merupakan ilmu yang sangat mulia dan memiliki kedudukan yang paling utama. Belajar dan mengetahui mengenai Asmaul Husna merupakan salah satu cara yang dapat di gunakan untuk memperteguh dan meningkatkan keimanan terhadap Allah SWT. 

Setelah mengetahui sangat mulia nya mempelajari Asmaul Husna, maka mengamalkan setiap makna dari Asmaul Husna adalah hal yang sangat utama dan juga mulia. Oleh karena itu terdapat pepatah yang mengatakan bahwa ilmu tanpa amal hampir sama dengan sebuah pohon yang tak memiliki buah.

Penting bagi setiap muslim untuk selalu mengamalkan ilmu yang dimilikinya. Terlebih lagi ilmu yang memiliki kedudukan utama seperti mempelajari nama-nama Allah SWT.

Sudah hal yang pasti apabila Anda mengetahui nama-nama Allah dan mempelajarinya maka dengan sendirinya juga akan mengetahui terkait dengan sifat-sifat Allah.

Setiap hamba yang mengetahui nama-nama Allah dan juga mempelajarinya secara mendalam maka hal tersebut sudah pasti akan menambah kecintaan dari hamba tersebut kepada Allah SWT. Apabila seorang hamba menghafalkan Asmaul Husna maka hamba tersebut akan selalu menyebut dan mengagungkan nama Allah.

Kemudian ia akan selalu merasa takut apabila berbuat dosa atau kesalahan yang dapat mengundang murka Allah. Hamba tersebut akan selalu bertawakal kepada Allah dan juga meningkatkan ketakwaan nya. Bentuk dari tawakal seorang hamba kepada Allah yaitu, senantiasa menjalankan segala bentuk perintah dari Allah dan menghindari sebisa mungkin berbuat sesuatu yang di larang oleh Allah.

Setiap orang yang memiliki dasar keimanan yang kuat sudah pasti ia tidak akan mudah tergelincir atau berpaling dari jalan kebenaran. Apapun cobaan yang ia dapatkan, ia akan menerima dan melalui nya dengan penuh keikhlasan. Hal tersebut merupakan cerminan dari keimanan yang kokoh. 

Berbeda hal nya dengan orang yang tidak memiliki dasar keimanan yang kuat, maka ia akan kesulitan dan mudah sekali berputus asa ketika mendapatkan cobaan atau ujian. Oleh karena itu, dasar keimanan yang kuat merupakan hal yang penting dalam menjaga keteguhan keimanan dari seseorang.

Asmaul Husna Sifat dan Kedudukannya

fiqihasmaulhusna.blogspot.com

Salah satu pintu ilmu yang mulia dan agung adalah memahami dan mempelajari Asmaul Husna. Karena dengan mendalami Asmaul Husna maka dengan sendirinya seorang muslim akan selalu patuh dan tunduk kepada Allah SWT.

Setiap manusia pasti ingin mendapatkan cinta dan ridha dari Allah. Oleh karena itu, mereka berlomba-lomba di berbagai macam jenis kebaikan sebagai upaya untuk mendapatkan ridha dari Allah. Apabila hidup selalu di iringi dengan ridha dari Allah, maka setiap manusia akan merasa sangat beruntung dan merasa selalu damai dan tenteram.

Upaya meraih keridhaan dari Allah yaitu dengan cara mempelajari ilmu Allah. Seperti mengetahui dan mendalami Asmaul Husna. Apabila di ibaratkan dengan suatu rumah atau gedung. Setiap rumah akan memiliki atap dan dinding yang kokoh dimana semuanya itu bersumber dari pondasi yang kuat.

Sebaik apapun sebagus apapun rumah tersebut jika tidak memiliki pondasi yang kuat maka akan segera mabruk atau roboh. Begitu pula keimanan yang dimiliki oleh setiap muslim. Apabila setiap muslim memiliki pondasi keimanan yang kokoh, maka berapapun besar ujian dan cobaan yang di berikan Allah kepadanya, ia tidak akan berubah dan akan selalu menyelesaikan cobaan tersebut melalui jalan yang telah di ridhai Allah.

Selain itu, ia akan tetap memegang teguh keimanan meski banyak yang mempengaruhi dan mencoba merusak keimanannya. Allah juga pernah berfirman dalam surat At-taubah tepatnya pada ayat 109. Pada ayat dijelaskan bahwasanya, pertolongan dari Allah hanya akan datang kepada hamba Nya yang taat kepadanya. 

Sedangkan bagi hamba yang selalu berbuat zalim maka Allah tidak akan memberikan petunjuk. Setiap muslim memiliki dua pilihan yaitu menjadi orang yang bertakwa dan senantiasa mencari ridha nya atau orang yang memiliki tersesat dari jalan Allah.

Setiap manusia haruslah memiliki suatu dasar atau pondasi yang kuat di berbagai segi kehidupan. Hal tersebut bertujuan agar seberat apapun masalah yang di hadapi nya, ia akan tetap tegar dan berpegang teguh pada ajaran Allah.

Namun apabila memiliki pondasi yang rapuh, maka manusia tersebut akan sangat mudah sekali dipengaruhi dan di gelincir kan dari jalan yang benar. Salah satu upaya untuk memperkuat pondasi keimanan dari seorang hamba yaitu dengan cara selalu terikat hati nya dengan Allah.

Caranya yaitu dengan cara mendalami nama-nama Allah serta selalu bersifat tunduk dan patuh terhadap segala ketentuan yang telah di berikan.  Apabila setiap manusia memiliki pondasi yang kuat, maka keimanan yang ia miliki juga akan meningkat.

Manfaat atau Faedah Membaca dan Menghafalkan Asmaul Husna 

thegorbalsla.com

Membaca dan menghafalkan Asmaul Husna ternyata memiliki banyak sekali faedah yang mungkin saja belum Anda ketahui. Banyaknya manfaat dari menghafal Asmaul Husna membuat semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengamalkannya.

Berikut ini merupakan faedah yang di dapatkan bagi seorang hamba yang selalu istikamah dalam membaca dan menghafalkan Asmaul Husna.

Setiap manusia pastinya memiliki target dalam suatu kehidupan yang ingin di capai. Untuk mencapai target tersebut, pastinya setiap orang akan berlomba-lomba dan berusaha agar target terpenuhi. Usaha bekerja siang dan malam dan sebagainya. Tetapi apabila berusaha saja tanpa di iringi dengan dzikir dan doa maka akan sia-sia. 

Oleh karena itu, berusaha semaksimal mungkin kemudian berdoa sebanyak mungkin agar apa yang di usahakan terlaksanakan sesuai dengan keinginan. Asmaul husna sebagai lantaran terbukanya pintu rezeki bukan berarti manusia tak perlu bekerja, tetapi manusia tetap bekerja dan di iringi dengan membaca Asmaul Husna secara rutin. 

Maka pintu rezeki akan terbuka dengan sendirinya. Terbukanya pintu rezeki dalam hal ini dapat bermakna, mudahnya melakukan pekerjaan dan masih banyak lagi. Pembacaan Asmaul husna haruslah di lakukan secara terus menerus atau istikomah.

Keseimbangan otak baik otak kanan atau pun otak kiri juga dapat dipengaruhi oleh Asmaul Husna. Menghafal Asmaul Husna memberikan kesempatan kepada otak untuk bekerja secara beriringan dan seimbang. Hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan otak. 

Selain itu, pada Asmaul Husna sendiri yang berjumlah 99, terdapat beberapa nama yang turut membahas terkait kecerdasan. Seperti, Al Hakim, Al Ilmu, Al Alliyu. Nama-nama tersebut merupakan nama-nama yang secara tidak langsung menunjukkan makna kecerdasan.  

Manusia merupakan makhluk yang akan selalu berbuat kesalahan dan hal tersebut merupakan hal yang wajar yang biasa di lakukan setiap orang. Khilaf dan salah adalah dua hal yang pasti di lakukan oleh manusia, hanya saja yang membedakan niatnya, di sengaja atau pun tidak di sengaja.

Karena hal itulah, setiap umat Islam harus sering mungkin meminta pengampunan kepada Allah terkait dengan seluruh perbuatannya. Salah satu lantaran yang bisa di gunakan agar mempermudah seorang hamba dalam meminta ampunan kepada Allah yaitu dengan cara membaca Asmaul Husna secara rutin.

Pembacaan Asmaul Husna secara istikamah dapat memperingan dosa-dosa atau kesalahan yang di lakukan. Selain itu, dalam Asmaul Husna juga terdapat nama A-Affuyu, yang memiliki arti Allah adalah dzat yang maha pemberi ampun.

Manusia adalah makhluk yang sering lupa. Karena hal tersebut adalah fitrah dari manusia, yaitu merupakan tempat lupa dan salah. Meskipun lupa adalah hal yang wajar, namun jika terus di lakukan dan sering di lakukan maka akan memiliki dampak yang buruk.

Sifat lupa ini dapat di cegah dengan cara membaca Asmaul Husna secara rutin. Pembacaan atau menghafal asmaul husna secara rutin dapat menghindarkan orang dari sifat lupa.

Nafsu adalah sesuatu yang telah melekat pada diri manusia. Sehingga tugas manusia adalah untuk selalu mengendalikan hawa nafsu yang dimilikinya. Apabila hawa nafsu tidak di kendalikan, maka akan memberikan dampak yang negatif baik bagi tubuh sendiri atau pun orang lain.

Upaya mengendalikan hawa nafsu juga dapat melalui pelafalan asmaul husna dan menghafalkannya. Asmaul Husna memiliki nama-nama yang memiliki kandungan untuk mengendalikan hawa nafsu. Seperti al mumit dan al muhshii. Apabila diamalkan secara rutin maka akan mempermudah dalam upaya mengendalikan hawa nafsu.

99 Nama-Nama Allah Asmaul Husna

loveinshallah.com

Ar-Rahman memiliki makna maha pemurah, Allah merupakan dzat yang sangat melimpah kasih dan sayangnya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Ar-Rahman maka akan di berikan ridha dari Allah berupa terhindar nya dari sifat lalai dan lupa yang telah ada dalam dirinya.

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan berzikir menyebut Ar-Rahman sebanyak 100 kali pada saat seusai mengerjakan sholat fardhu.

Ar-Rahim memiliki arti maha penyayang, Allah merupakan dzat yang maha penyayang kepada seluruh makhluk-Nya. Oleh karena itu apabila terhadap seorang hamba yang mengamalkan nama Allah ar-Rahim maka atas izin yang di berikan Allah hamba tersebut akan di hindarkan dari segala perbuatan yang buruk atau yang tidak di sukainya. 

Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut ar-Rahim sebanyak 100 kali pada saat seusai mengerjakan sholat fardhu. Hal tersebut harus di lakukan secara rutin atau istikamah.

Al-Malik memiliki makna maharaja, Allah merupakan dzat yang merajai seluruh alam semesta. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah al-Malik maka akan di berikan hati yang bersih dan di jauhkan dari segala macam jenis penyakit hati seperti iri, dengki dan sebagainya. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. 

Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut Al-Malik sebanyak 100 kali pada saat seusai mengerjakan sholat fardhu. Berdzikir haruslah di lakukan secara rutin, agar lebih mudah tercapainya tujuan yang diinginkan.

Al-Qudduus memiliki makna maha Suci, Allah merupakan dzat yang maha suci. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah al qudduus maka akan di berikan ridha dari Allah berupa hati yang bersih dan juga terhindar dari segala jenis keragu-raguan serta kekhawatiran. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. 

Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut al-qudduus sebanyak 100 kali setiap hari, tidak hanya terbatas selesai sholat fardhu saja. Tetapi kapanpun dan di manapun.

As-Salaam memiliki makna maha sejahtera, Allah merupakan dzat yang maha memberikan kesejahteraan bagi setiap hamba dan makhluk Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah ar-Rahman maka akan di berikan ridha dari Allah berupa terhindarnya dari berbagai macam balak dan juga bencana.

Selain itu, apabila nama ini di bacakan kepada orang yang sedang mengalami sakit, maka penyakit tersebut akan sembuh. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut as-salaam sebanyak 120 kali setiap hari.

Apabila berkenan untuk memberikan kesembuhan pada orang yang sakit, maka bisa di bacakan sebanyak 136 kali dengan bacaan yang keras sambil tangan terus memegang kepala orang yang sedang sakit.

Al-Mu’min memiliki makna maha pemberi keamanan, Allah merupakan dzat selalu memberikan keamanan bagi setiap hamba-hambanya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Mu’min makan akan di berikan ridha dari Allah berupa terhindarnya dari berbagai macam bencana, baik kerugian atau pun kecelakaan.

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut Al-Mu’min sebanyak 630 kali pada saat seorang hamba benar-benar mengalami ketakutan. Selain itu jika terdapat seseorang yang mengamalkan nama ini dengan cara menuliskan nama ini pada sebuah kertas bisa pula pada ukiran cincin perak, dengan tujuan di gunakan sebagai ta’wiz. Maka Allah menanggung keselamatannya baik jasmani atau pun rohani nya.

Al-Muhaimin memiliki makna maha memelihara, Allah merupakan dzat yang maha melindungi setiap hamba-hambanya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Muhaimin, maka akan di berikan ridha dari Allah berupa kesucian baik secara dhohir atau pun secara batin. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. 

Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut al-Muhaimin sebanyak 100 kali pada saat seusai mengerjakan mandi dan mengerjakan sholat sebanyak 2 rokaat pada tempat yang tidak bising atau dengan kata lain sunyi.

Selain itu, apabila seorang hamba ingin melihat hal ghaib di sekitarnya, maka ia bisa membaca nama ini sebanyak 115 kalim. Maka dengan izin Allah, ia bisa melihat berbagai hal ghaib yang terdapat di sekitarnya.

Al-‘Aziiz memiliki makna maha Perkasa, Allah merupakan dzat yang maha perkasa. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-‘Aziiz makan akan di berikan ridha dari Allah berupa kemuliaan dan selalu dalam pertolongan Allah, sehingga hamba tersebut tidak lagi memerlukan pertolongan atau meminta kepada makhluk lain. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut Al-‘Aziiz sebanyak 40 kali setiap hari. Baik kapan saja dan dimana saja.

Al-Jabbar memiliki makna maha berkuasa, Allah merupakan dzat yang maha berkuasa atas segala kehendak Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Jabbar maka akan di berikan ridha dari Allah berupa kekuatan. Sehingga di manapun hamba tersebut berada, maka kan terhindar dari berbagai ancaman atau pun gangguan dari orang-orang yang dzalim.

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut Al-Jabbar sebanyak 21 kali. Dzikir ini dilakukan setiap waktu pagi hari dan juga sore hari secara rutin dan istiqomah

Al-Mutakabbir memiliki makna maha megah, Allah merupakan dzat yang sangat agung dan tidak memiliki kesombongan. Hal tersebut di karenakan hanya Allah lah yang maha agung. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Mutakabbir, maka akan di berikan ridha dari Allah berupa dikaruniai anak-anak yang sholeh dan selalu taat kepada perintah agama. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut Al-Mutakabbir sebanyak 10 kali setiap hendak berhubungan suami istri. Selain itu, di anjurkan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum berhubungan badan antara suami dan istri. 

Al-Khaliq memiliki makna maha pencipta, Allah merupakan dzat yang maha menciptakan segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah ar-Rahman makan akan di berikan ridha dari Allah yaitu, Allah akan memberikan satu malaikat yang memiliki tugas untuk mendoakan orang tersebut hingga ia menemui ajalnya. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut Al-Khaliq sebanyak-banyaknya pada pertengahan malam. Membaca nya dengan hati yang mantap dan juga khusyuk.

Al-Baari memiliki makna yang maha mengadakan, Allah merupakan dzat yang merencanakan segala sesuatu. Oleh karena itu, seberapa bagus hal-hal yang di rencanakan oleh seorang hamba, hanya rencana Allah yang paling bagus.

Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Baari maka akan di berikan ridha dari Allah berupa dikaruniainya seorang anak laki-laki. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu apabila terdapat seorang wanita yang mandul dan menginginkan seorang anak, maka terlebih dahulu berpuasa dalam jangka waktu 7 hari.

Kemudian pada saat berbuka setiap harinya berbuka dengan meminum beberapa teguk air putih lalu membaca dengan berdzikir menyebut yaa Baari’uu yaa Mushawwiru berjumlah 21 kali.

Al-Mushawwir memiliki makna maha pembentuk, Allah merupakan dzat yang membentuk berbagai hal yang di kehendakinya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Mushawwir maka akan di berikan ridha dari Allah berupa dikaruniainya seorang anak laki-laki. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu apabila terdapat seorang wanita yang mandul dan menginginkan seorang anak, maka terlebih dahulu berpuasa dalam jangka waktu 7 hari. Kemudian pada saat berbuka setiap harinya berbuka dengan meminum beberapa teguk air putih lalu membaca dengan berdzikir menyebut yaa Khaliq yaa Baari’uu yaa Mushawwiru berjumlah 21 kali.

Al-Ghaffar memiliki makna maha pengampun, Allah merupakan dzat yang sangat melimpah pengampunan kepada seluruh makhluknya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Ghaffar maka akan di ampuni segala dosa-dosa nya yang telah lalu.

Selain itu, jika nama ini di sebutkan saat seseorang sedang mengalami puncak kemarahan, maka seketika kemarahan tersebut akan mereda. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. 

Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut Al-Ghaffar sebanyak 100 kali seusai melaksanakan sholat Jum’at. Selain itu, nama ini juga dapat di sebut kapan saja dan di mana saja.

Al-Qahhar memiliki makna maha mengalahkan, Allah merupakan dzat yang maha Mengalahkan segalanya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Qahhar, maka akan di berikan ridha dari Allah berupa dapat mengontrol hawa nafsunya, sehingga orang tersebut tidak akan mudah terhasut oleh hawa nafsu. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut Al-Qahhar sebanyak-banyaknya dengan dilandasi perasaan tulus dan ikhlas karena Allah SWT.

Al-Wahhab memiliki makna maha pemberi, Allah merupakan dzat yang sangat melimpah pemberiannya kepada seluruh makhluknya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Wahhab makan akan di berikan ridha dari Allah berupa terhindarnya berbagai macam jenis kemiskinan yang dapat di peroleh melalui jalan yang tidak terduga.

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut Al-Wahhaab sebanyak 40 kali di waktu ketika seorang muslim melakukan sholat dhuha tepatnya pada sujud terakhir.

Ar-Razzaaq memiliki makna maha pemberi rezeki, Allah merupakan dzat yang sangat murah dalam memberikan rezeki kepada setiap hambanya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Ar-Razzaaq maka akan di berikan ridha dari Allah berupa di mudahkannya dalam mendapatkan rezeki melalui berbagai jalan yang tidak terduga sehingga rumah tangganya menjadi lebih sejahtera. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan membaca nama ini sebagai dzikir yang di lakukan seusai melaksanakan sholat fardhu. Ar-Razzaaq di baca dengan mengunjungi setiap sudut dari rumah nya sebanyak 10 kali.

Al-Fattah memiliki makna maha pembuka, Allah merupakan dzat yang maha menghilangkan segala bentuk kesulitan serta dzat yang adil dalam menentukan berbagai keputusan untuk setiap makhlukNya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Fattah maka akan di berikan ridha dari Allah berupa terhindarnya dari segala jenis penyakit hati yang dapat menyebabkan kemiskinan jiwa. Hati menjadi bersih dan suci. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir. Cara nya pertama meletakkan tangan kanan di atas dada. Setiap seusai melaksanakan sholat shubuh, kemudian sambil merasakan kemantapan hati menyebutkan nama ini sebanyak 70 kali.

Al-‘Aliim memiliki makna maha mengetahui, Allah merupakan dzat yang maha mengetahui setiap hal sekecil apapun hal tersebut. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-‘Aliim maka akan di berikan ridha dari Allah yaitu mampu melihat berbagai hal yang umumnya tidak di ketahui oleh orang.

Selain itu, mengamalkan nama ini secara rutin akan membuat orang tersebut memiliki hati yang penuh dengan makrifat kepada Allah. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan berdzikir menyebut Al-‘Aliim sebanyak 100 kali pada saat seusai mengerjakan sholat fardhu. Pengamalan ini haruslah di lakukan secara rutin dan istikamah.

Al-Qaabidh memiliki makna maha menyempitkan, Allah merupakan dzat yang maha menyempitkan segala sesuatu yang di kendaki oleh Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Qaabidh maka akan di selamatkan dari berbagai kedzaliman yang ada di dunia ini. Bahkan Allah akan menghancurkan kedzaliman tersebut. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu apabila seseorang muslim bermaksud untuk menghancurkan kedzaliman maka cara mengamalkannya dengan membaca nama ini sebanyak 903 kali. 

Kedua, apabila seseorang hamba ingin terhindar dari berbagai luka dan juga haus dan lapar makan bisa menuliskan Al-Qaabidh dalam jangka waktu 40 hari di 40 lembar roti. Perlu di ketahui bahwa Al-Qaabidh merupakan dzikir yang disebutkan oleh malaikat Izrail yaitu malaikat maut.

Al-Baasith memiliki makna maha melapangkan, Allah merupakan dzat yang maha melapangkan segala sesuatu yang di kendaki oleh Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Baasith maka akan terhindar dari berbagi macam stress dan juga akan memiliki kehidupan yang serba bahagia.

Dari segi ekonomi, mampu mendapatkan penghasilan yang bertambah dan juga dapat memperoleh tempat di masyarakat serta selalu di hargai di mata masyarakat. 

Dzikir dengan menyebut nama ini merupakan dzikir yang sering diucapkan oleh malaikat Israfil yaitu malaikat yang memiliki tugas meniup sangkakala. Cara mengamalkan nama ini dapat di lakukan dengan menggunakannya sebagai dzikir yang di sebutkan sebanyak-banyaknya secara rutin dan istikamah.

Al-Khafidh memiliki makna maha merendahkan, Allah merupakan dzat yang maha menghinakan setiap hamba yang di kehendakinya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-khafidh maka akan di penuhi segala hajat yang dipanjatkan baik sebelum atau sesudah di panjatkan.

Selain itu, juga dapat memberikan kemenangan pada setiap orang dari musuhnya. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu pertama, agar terpenuhi hajatnya dapat menyebutkan sebanyak 500 kali.

Kedua, apabila seorang muslim ingin mendapatkan kemenangan dari musuh-musuhnya, maka dapat mengamalkan nama ini dengan cara menyebutkannya sebanyak 100 kali. Nama tersebut bisa di sebutkan pada hari keempat setelah orang tersebut melakukan puasa selama 3 hari berturut-turut.

Al-Raafi’ memiliki makna maha meninggikan derajat, Allah merupakan dzat yang maha meninggikan derajat setiap hamba yang di kendaki oleh Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Ar-Raafi’ maka akan ditinggikan derajatnya dikalangan manusia.

Hal tersebut bertujuan agar orang tersebut lebih mudah dalam melakukan bimbingan dan arahan kepada manusia agar tetap berjalan di jalan yang benar. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan melakukan pembacaan nama ini sebanyak 100 kali yang di gunakan sebagai dzikir setiap siang dan malam hari. Setiap dzikir harus lah dilakukan secara rutin dan istikamah.

Al-Mu’izzu memiliki makna maha memuliakan, Allah merupakan dzat yang maha memberikan kemuliaan kepada setiap makhluk yang di kendaki oleh Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Mu’izzu maka akan kemuliaan dan juga kehormatan terhadap orang tersebut.

Kemudian Allah akan memberikan rasa takut kepadaNya untuk seluruh makhluk. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan menyebutkan nama ini digunakan sebagai dzikir setiap seusai menjalankan sholat magrib pada waktu yang telah di tentukan yaitu setiap hari senin dan jum’at saja. Pembacaan di lakukan sebanyak 40 kali.

Al-Mudzillu memiliki makna maha menghinakan, Allah merupakan dzat yang maha menghinakan segala sesuatu yang di kendaki oleh Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Mudzillu maka akan di selamatkan dari berbagai kedzaliman dan juga aniaya yang dilakukan oleh orang lain kepadanya.

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan menyebutkan nama ini sebagai dzikir sejumlah 75 kali. Kemudian orang tersebut juga berdoa di dalam sujud nya meminta agar Allah membebaskannya dari kedzaliman yang ia peroleh saat ini.

Al-Samii’ memiliki makna maha mendengar, Allah merupakan dzat yang maha mendengar segala sesuatu yang di kendaki oleh Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Samii’ maka akan dikabulkan seluruh doa yang ia panjatkan. Selain dari doa dan hajat, orang tersebut juga akan di limpahi oleh rahmat Allah SWT.

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu menggunakan nama ini sebagai dzikir yang di baca secara istikamah setiap hari Kamis. Mengenai waktu tepatnya yaitu seusai melaksanakan sholat Dhuha. Sejumlah 50 kali atau bisa juga 500 kali. 

Kemudian apabila seseorang ingin memperoleh keistimewaan berupa rahmat, maka dapat membaca nama ini sejumlah 100 kali setiap hari kamis tepatnya diantara sholat sunnah rawatib Shubuh dan sholat fardhu Shubuh.

Al-Bashiir memiliki makna maha melihat, Allah merupakan dzat yang maha melihat segala sesuatu tanpa terkecuali. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Bashiir maka akan dikaruniai berupa penglihatan yang tajam dan juga memiliki cahaya yang bersinar di dalam hatinya. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan membaca yaa Allah yaa Bashir dengan jumlah bilangan 100 kali tepat pada waktu sebelum melaksanakan sholat Jum’at.

Al-Hakam memiliki makna maha menetapkan segala hukum, Allah merupakan dzat yang maha menetapkan segala hukum bagi seluruh makhluknya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Hakam akan memiliki keistimewaan yang hanya dimiliki oleh orang tersebut.

Orang tersebut akan memiliki batin yang di gunakan dan menjadi tempat berbagai rahasia ketuhanan. Selain itu, ia juga akan memiliki cahaya yang memenuhi hatinya.Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu menggunakan nama tersebut sebagai dzikir.

Cara nya membacanya sebanyak 99 kali dalam keadaan suci atau berwudhu, kemudian saat membacanya harus memiliki konsentrasi serta pikiran yang fokus. 

Al-‘Adl memiliki makna maha Adil, Allah merupakan dzat yang maha adil. Keadilan Allah merupakan keadilan yang seadil-adilnya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Adl maka akan diberikan keistimewaan yaitu akan di patuhi oleh seluruh makhluk. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan cara menuliskan nama tersebut cukup dengan menggunakan isyarat jari pada 20 lembar roti. Dengan pemilihan waktu hari Jumat baik pagi, siang atau pun malam. 

Al-Lathiif memiliki makna maha halus, Allah merupakan dzat yang maha halus dan maha lembut serta maha mengasihi setiap hamba yang di kehendakinya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Lathiif akan di berikan jalan kemudahan untuk menyelesaikan masalahnya atau keluar dari masalah yang sedang ia hadapi. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu pertama, apabila terdapat seseorang yang sedang kesulitan terkait rezeki, dapat mengamalkannya dengan membaca nama ini sejumlah 133 kali istikamah setiap hari.

Kedua, apabila terdapat orang yang sedang di timpa suatu masalah dan kebingungan mencari jalan keluar, maka dapat mengamalkan dan membaca nama ini sebanyak 100 kali.

Al-Khabiir memiliki makna maha mengetahui, Allah merupakan dzat yang maha mengetahui apapun yang ada dan yang terjadi di alam semesta. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Khabiir akan di berikan keistimewaan yaitu berupa mengetahui berita-berita di seluruh kejadian yang terjadi pada tahun-tahun tersebut atau pada waktu-waktu tersebut. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu dengan membaca nama tersebut sebagai dzikir sebanyak-banyaknya selama 7 hari berturut-turut di sertai dengan hati yang khusyuk, maka akan datang malaikat kepadanya yang bertugas memberi tahu.

Al-Haliim memiliki makna maha penyantun, Allah merupakan dzat yang maha penyantun. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Haliim akan di berikan berbagai kemudahan di dalam hidupnya.

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu pertama, apabila terdapat sepasang suami istri yang memiliki hubungan agak renggang, maka bisa mengambil sebuah apel lalu di beri tulisan nama ini dan di makan secara bersamaan. 

Kedua, jika terdapat sebuah kendaraan seperti kapal, kemudian nama ini di tuliskan pada selembar kertas lalu di usapkan ke kendaraan tersebut, dengan izin Allah kendaraan tersebut akan terhindar dari kecelakaan.  Ketiga, jika di usapkan pada alat kerja, maka akan mendapatkan keberkahan.

Al-‘Adziim memiliki makna maha agung, Allah merupakan dzat yang memiliki keagungan. Setiap muslim yang menggunakan nama ini untuk berdzikir akan di berikan kemuliaan dan juga kehormatan oleh Allah SWT.  Caranya yaitu dengan menyebut nama ini sebanyak 12 kali di setiap waktu dengan di iringi hati yang khusyuk.

Al-Ghafuur memiliki makna maha pengampun, Allah merupakan dzat yang maha mengampuni kepada setiap hamba yang di kehendaki Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Ghafuur akan di berikan akan di berikan kebahagiaan yaitu berupa hilangnya penderitaan.

Selain itu juga akan dengan mudah di ampuni segala dosanya oleh Allah SWT. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu pertama, apabila seseorang ingin menghilangkan penderitaannya dan diampuni dosanya, maka ia bisa menggunakan nama ini sebagai dzikir, dan di baca sebanyak 100 kali setiap seusai melaksanakan sholat Jum’at.

Asy-Syakuur memiliki makna maha mensyukuri. Setiap muslim yang mengamalkan Asy-Syakuur maka ia akan mendapatkan ridha dari Allah berupa kesembuhan dari sakit dan juga akan memiliki hidup yang penuh keberkahan. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. 

Cara mengamalkannya yaitu pertama, apabila seseorang ingin menghilangkan rasa lelah dan meringankan tubuhnya maka ia bisa meminum air yang sebelumnya telah di lunturkan sebuah kertas yang di tulis nama tersebut. Kedua, jika terdapat orang menghendaki keberkahan dalam hidupnya maka ia dapat mengusapkan air sebelumnya kepada wilayah muka.

Al-‘Aliiy memiliki makna maha tinggi, Allah merupakan dzat yang maha tinggi lembut serta Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-‘Aliiy akan di berikan beberapa keistimewaan yaitu berupa derajat yang tinggi dan juga akan di berikan kemakmuran oleh Allah SWT.

Selain itu, apabila orang tersebut memiliki hajat, maka hajatnya akan segera terkabul. Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu cukup menggunakan nama ini sebagai dzikir dan selalu istikamah di baca di berbagai waktu dan juga kesempatan.

Al-Kabiir memiliki makna maha besar, Allah merupakan dzat yang maha besar dengan segala kebesaran Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Kabiir maka ia akan di berikan suatu jabatan dan juga suatu kemuliaan dari jabatan tersebut. 

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu pertama, apabila terdapat seseorang yang sedang kesulitan karena di pecat dari jabatannya, maka orang tersebut dapat mengamalkan nama ini sebagai dzikir yaitu membaca “yaa kabir anta al-ladzii laa tahdi ‘uquul li washfi ‘azamatih” sejumlah 100 kali, maka jabatannya akan kembali padanya beserta kehormatan dan juga kemuliaan.

Al-Hafiizh memiliki makna maha pelestari, Allah merupakan dzat yang maha melestarikan, maha melindungi serta maha memelihara setiap makhluk Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama Allah Al-Lathiif maka orang tersebut akan di berikan keselamatan, baik berupa mala petaka atau marabahaya.

Tentunya hal tersebut dengan izin dari Allah. Cara mengamalkannya yaitu pertama, apabila terdapat seseorang yang sedang berada pada ketakutan atau tempat yang menakutkan, maka berdzikir dengan menggunakan nama ini secara istikamah, maka orang tersebut akan di beri keselamatan.

Kedua, apabila orang tersebut ingin terhindar dari berbagai hal yang membawa madharat, maka nama ini dapat di gunakan sebagai kalung dan juga menyebut nya sebanyak 10 kali setiap hari.

Al-Muqiit memiliki makna maha memelihara. Allah merupakan dzat yang maha memelihara serta maha pemberi kekuatan kepada setiap hamba yang di kehendaki Nya. Tentunya itu semua atas izin Allah. Apabila terdapat seorang muslim yang menginginkan kekuatan dalam menahan rasa lapar, maka dapat membacakan nama ini dipermukaan tanah, kemudian diberi sedikit air agar basah lalu orang tersebut dapat mencium tanah itu.

Selain itu, apabila terdapat seorang hamba yang menginginkan hajat nya cepat terpenuhi maka dapat membaca nama ini sebanyak 7 kali di dalam suatu wadah yang berisi air. Selanjutnya air tersebut di minum.

Al-Hasiib memiliki makna maha penghitung. Allah merupakan dzat yang menghitung segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini. Apabila terdapat seorang muslim yang memiliki masalah dengan orang di sekitarnya, baik itu berupa teman yang buruk, tetangga yang buruk dan lain-lain, maka nama ini dapat di gunakan sebagai dzikir dan di baca sebanyak 70 kali sebelum matahari terlihat terbit. 

Maka dengan seizin Allah maka orang tersebut tidak akan lagi memiliki rasa takut terhadap teman atau pun tetangganya. Hendaknya dzikir ini mulai di baca pada hari Kamis.

AL-jaliil memiliki makna maha agung. Allah merupakan dzat yang maha agung dan juga maha mulia. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan memiliki kebesaran dan kewibawaan. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. 

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta menuliskan nama ini pada satu lembar kertas dengan menggunakan tinta berupa misik dan za’faran. Kemudian kertas tersebut dibawa kemanapun orang tersebut pergi dan berada.

AL-Kariiim memiliki makna maha dermawan. Allah merupakan dzat yang maha dermawan serta maha pemurah. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan memiliki sifat dermawan yang tertanam dalam hatinya dan juga akan terbebas dari lilitan hutang. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. 

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir dan di baca sebanyak 270 kali. Selain itu, juga dapat membaca yaa Allah yaa Kariim. Hal tersebut agar terhindar dari hukuman Allah dan mendapatkan ampunan Nya.

Ar-Raqiib memiliki makna maha mengawasi. Allah merupakan dzat yang maha mengawasi dan maha mengamati apapun yang ada di alam semesta ini tanpa terlewat sedikitpun. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan memiliki keistimewaan berupa dapat mengetahui hal-hal yang umumnya tak di ketahui oleh orang lain, kemudian ia juga dapat memahami bahasa makhluk hidup lain seperti tumbuhan dan hewan. 

Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan membaca nama ini sebanyak-banyak nya di tempat yang sunyi yang tidak di ketahui orang.

Al-Mujiib memiliki makna maha mengabulkan. Allah merupakan dzat yang maha mengabulkan setiap doa dan hajat para makhluk yang di kehendaki Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan di penuhi segala hajatnya dan juga akan terhindar dari berbagai bentuk fitnah. Tentunya hal tersebut atas izin dar Allah semata.

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir dan di baca sebanyak 55 kali setiap seusai mengerjakan sholat sunnah. Waktu yang paling utama adalah pada saat terbitnya matahari.

AL-Waasi’ memiliki makna maha luas. Allah merupakan dzat yang maha meluaskan. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan memiliki keluasan baik dalam segi harta maupun dari segi ruhani nya. Tentunya hal tersebut atas izin Allah semata.  

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir dan di baca sebanyak-banyak nya di berbagai waktu dan juga kesempatan.

Al-Hakiim memiliki makna maha Bijaksana. Allah merupakan dzat yang maha bijaksana terhadap seluruh makhluk nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan mendapatkan berbagai kebaikan, selain itu juga akan mendapatkan ilmu. Tentunya hal tersebut atas izin Allah.

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membacanya secara terus menerus di setiap waktu dan juga tiap kesempatan.

AL-Waduud memiliki makna maha pecinta. Allah merupakan dzat yang maha mencintai seluruh makhluk nya tanpa terkecuali. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan diberikan cinta yang melimpah di setiap kehidupannya. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. 

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir, pertama apabila terdapat keretakan dalam rumah tangga, orang tersebut bisa membaca nama ini sejumlah 1000 kali lalu di tiupkan pada makanan yang akan di makan bersama istrinya, maka pertikaian dalam rumah tangganya akan segera hilang. 

AL-Majiid memiliki makna maha mulia. Allah merupakan dzat yang maha mulia dan memiliki kemuliaan. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan dihilangkan penyakitnya baik penyakit hati atau juga bisa depresi. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. 

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir, sebelumnya melakukan puasa selama 3 hari yaitu di mulai dari tanggal 13 hingga 15 bulan qomariyah. Setiap berbuka di usahakan selalu membaca nama ini sebanyak 100 kali.

AL-Baa’its memiliki makna maha membangkitkan. Allah merupakan dzat yang maha membangkitkan seluruh makhluk yang dikehendaki nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan diberikan rasa takut cinta dan selalu mengharap kepada Allah semata Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. 

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir dan membacanya secara terus menerus dan istikamah di berbagai waktu dan kesempatan.

Asy-Syahid memiliki makna maha menyaksikan. Allah merupakan dzat yang maha menyaksikan segala perbuatan dan kejadian tanpa terlewat. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia dapat mengubah anak yang bandel menjadi anak yang menurut dengan kedua orang tua. 

Selain itu, jika terdapat seseorang yang sangat ahli dalam berbuat maksiat tetapi ia sangat menyesali perbuatannya, maka dapat mengendalikan perbuatannya. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir membacanya sejumlah 21 kali secara terus menerus tanpa terputus sedikitpun.

AL-Haqq memiliki makna maha benar. Allah merupakan dzat yang maha benar. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan memperoleh suatu rezeki melalui jalan yang tidak di sangka-sangka, selain itu orang tersebut juga akan memiliki akhlak yang lebih baik dari sebelumnya 

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir. Pertama, apabila ingin mendapatkan rezeki maka dapat membaca nama ini sebanyak 100 kali. Kedua, jika ingin memiliki akhlak yang baik maka dapat membaca nama ini sejumlah 1000 kali.

AL-Wakiil memiliki makna maha memelihara. Allah merupakan dzat yang maha memelihara serta maha mencukupi segala kebutuhan hamba-hamba Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan dibukakan berbagai pintu rezeki sehingga orang tersebut tidak akan merasakan kekurangan. Tentunya hal tersebut dengan izin Allah.

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir dan membacanya sebanyak 66 kali di baca terus menerus di setiap waktu dan juga kesempatan.

AL-Qawiyy memiliki makna maha kuat. Allah merupakan dzat yang maha kuat dan memiliki kekuatan. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka orang tersebut akan selalu di berikan kekuatan dan juga kebahagiaan beribadah kepada Allah. Tentunya hal tersebut atas izin Allah semata.

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membacanya sebanyak 166 kali di setiap waktu dan juga kesempatan secara rutin dan istikamah.

AL-Matiin memiliki makna maha kukuh. Allah merupakan dzat yang maha kukuh dan juga memiliki kesempurnaan kekuatannya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan memiliki sifat dan juga kelakuan yang lebih baik dari pada sebelumnya. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. 

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membacanya sebanyak 500 kali untuk setiap waktu atau setiap hari secara rutin dan juga istikamah.

Allah merupakan dzat yang maha melindungi serta maha mengendalikan setiap makhluk Nya dan juga memiliki pertolongan untuk makhluk Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan dihilangkan berbagai halangan dalam hidupnya dan juga dapat merukunkan kembali rumah tangga yang sering bertengkar atau retak.

Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini sejumlah 700 kali setiap malam jum’at saja.

AL-Hamiid memiliki makna maha terpuji. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan memiliki sifat yang baik dan juga perangai yang terpuji. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membacanya sejumlah 39 kali dalam jangka waktu 45 hari.

AL-Muhshiy memiliki makna maha pencatat. Allah merupakan dzat yang maha pencatat dan maha memperhitungkan setiap perbuatan dan amalan yang dilakukan oleh para makhluk Nya.

Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan dibebaskan di berbagai kesulitan, dapat menjadikan makhluk tunduk kepada orang tersebut. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir yang di baca sejumlah 20 kali tiap hari serta meniupkan pada 20 lembar roti sebelum roti tersebut dimakan.

AL-Mubdi’u memiliki makna maha memulai. Allah merupakan dzat yang maha memulai segala sesuatu yang ada di alam semesta. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan di beri kemudahan dalam memutuskan sesuatu, selain itu juga dapat mencegah terjadinya keguguran. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. 

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir membacanya sejumlah 100 kali secara rutin dan istiikomah. Apabila terdapat seseorang yang memiliki istri sedang mengandung, maka membaca nama ini sebagai zikir sejumlah 99 kali tepat pada saat waktu sahur.

AL-Mu’iid memiliki makna maha mengulangi. Allah merupakan dzat yang maha mengulangi segala kejadian yang di kehendaki Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka akan diberikan kemudahan dalam menghafalkan, dan juga dapat dengan mudah mengembalikan orang yang hilang. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. 

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membacanya sejumlah 70 kali. Di baca di setiap sudut yang terdapat pada rumah orang tersebut.

AL-Muhyii memiliki makna maha pemberi kehidupan. Allah merupakan dzat yang maha memberikan kehidupan kepada setiap makhluk Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan mendapatkan kesembuhan dari penyakitnya, juga di hindarkan dari tenggelam serta dapat mengendalikan hawa nafsunya.

Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini secara rutin dan istikomah di setiap waktu dan berbagai kesempatan.

AL-Mumiit memiliki makna maha mematikan. Allah merupakan dzat yang maha mematikan seluruh makhluk yang di kehendaki Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia dapat mengendalikan hawa nafsunya. 

Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini secara rutin dan istikomah di setiap waktu dan berbagai kesempatan sembari meletakkan tangannya di atas dada saat membacanya.

AL-Hayy memiliki makna maha hidup. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan mendapatkan kesembuhan dari penyakitnya dan senantiasa di berikan kesehatan. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini sejumlah 3000 kali untuk setiap hari.

AL-Qayyuum memiliki makna maha mandiri. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan mendapatkan berbagai kesenangan. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. 

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca yaa Hayyu yaa Qayyum mulai dari keluarnya matahari hingga matahari naik dan di baca rutin serta istikomah di setiap waktu dan berbagai kesempatan.

AL-Waajid memiliki makna maha pemberi kaya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan mendapatkan perasaan senang yang tidak terhingga. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama setiap kali makan atau setiap suapan saat makan.

AL-Maajid memiliki makna maha mulia. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan mendapatkan keistimewaan yaitu berupa berbicara yang selalu memahamkan orang lain, kemudian ia juga selalu di hormati dan juga di cintai. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah.

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini secara rutin sejumlah 465 kali di setiap siang dan juga malam hari.

AL-Waahid memiliki makna maha Esa. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan dihilangkan segala perasaan dalam hatinya yang menyebabkan ia selalu tergantung pada orang lain.

Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini sejumlah 1000 kali secara rutin dan istikomah di setiap waktu dan berbagai kesempatan.

AL-Ahad memiliki makna maha satu. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan dikabulkan seluruh doanya. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama sejumlah 1000 kali ini secara rutin dan istikomah di setiap waktu dan berbagai kesempatan.

Ash-Shamad memiliki makna maha dibutuhkan. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan dilindungi dari segala perbuatan dosa dan juga haram dan juga tidak akan memiliki sifat tergantung terhadap makhluk. 

Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini secara rutin dan istikomah sejumlah 125 kali setiap seusai mengerjakan sholat shubuh dan juga sebelum terbitnya matahari.

AL-Qaadir memiliki makna maha kuasa. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan mendapatkan kekuatan dan juga akan di menangkan dari musuhnya. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir sebanyak 100 kali seusai mengerjakan sholat sejumlah 2 rokaat.

AL-Muqtadir memiliki makna maha menentukan. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka Allah akan mengatur segala urusan yang ia kerjakan di hari itu. Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini secara rutin dan istikomah setiap bangun tidur sejumlah 744 kali.

AL-Muqaddim memiliki makna maha mendahulukan. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan dihindarkan dari para musuhnya dan di berikan keselamatan. Selain itu, juga menjadikan orang tersebut semakin tunduk kepada Allah.

Tentunya hal tersebut atas izin dari Allah. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini secara rutin dan istikomah di setiap waktu dan berbagai kesempatan.

AL-Mu’akhir memiliki makna maha mengakhirkan. Allah merupakan dzat yang maha memberikan kehidupan kepada setiap makhluk Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan ditunjukkan dosa-dosa nya sehingga orang tersebut akan semakin khusyuk dalam bertaubat.

Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini sejumlah 100 atau 1000 kali dalam satu hari.

AL-Awwal memiliki makna maha awal. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka apa yang di hajatkannya akan terkabul dan juga di berikan keselamatan. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini sebanyak 40 kali sehari selama 40 hari. Bisa juga dibaca 1000 kali di hari Jumat.

AL-Aakhir memiliki makna maha akhir. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini maka ia akan selalu menghargai dirinya. Caranya yaitu, dengan menggunakan nama ini sebagai dzikir serta membaca nama ini 1000 kali di setiap hari.

AL-Zhahir memiliki makna maha nyata. Allah merupakan dzat yang maha memberikan kehidupan kepada setiap makhluk Nya. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini dengan membacanya 145 kali maka ia akan mendapati hajatnya terkabul.

AL-Muhyii memiliki makna maha tersembunyi. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini sejumlah 33 kali di setiap harinya, maka ia akan mendapatkan keistimewaan memiliki alam batin yang tajam dan juga menjadi terang.

AL-Waaliy memiliki makna maha memerintah. Setiap muslim yang mengamalkan nama ini sejumlah 11 kali maka akan di jauhkan berbagai macam bencana yang dapat merugikan sehingga diberikan keselamatan. 

AL-Muta’aaliy memiliki makna maha tinggi. Dengan istikomah membaca nama ini sebanyak 540 kali maka orang yang membacanya akan diberi kenaikan jabatan. Apabila orang tersebut di turunkan dari jabatannya, maka akan di kembalikan jabatannya seperti semula.

Al-Barr memiliki makna maha baik dan maha bijaksana. Apabila setiap orang muslim membaca nama ini secara istikomah sejumlah 700 kali tiap hari, maka muslim tersebut akan di hindarkan dari berbagai macam perbuatan maksiat. 

At-Tawwaan memiliki makna maha penerima taubat. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 360 kali seusai sholat dhuha, maka Allah akan selalu melimpahkan taufiknya untuk selalu bertaubat.

Al-Muntaqim memiliki makna maha pembalas. Apabila setiap muslim membaca nama ini yaitu yaa muntaqim yaa qohhaar, secara istikamah sejumlah 1000 kali setiap hari, maka ia akan di hindarkan dari berbagai bentuk kezaliman.

Al-Afuww memiliki makna maha pemaaf. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 166 kali dalam sehari saja, maka Allah akan menjauhkannnya dari hawa nafsu yang dapat merugikan dirinya.

Ar-Ra’uuf memiliki makna maha pengasih. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 286 dalam sehari, maka Allah akan selalu menjadikan orang tersebut memiliki sifat yang sangat peduli terhadap orang lain.

Malikul-Mulk memiliki makna maha menguasai kerajaan. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 212 kali dalam sehari, maka Allah akan memberikan berbagai jenis rezeki yang datangnya tidak di sangka-sangka.

Dzul-jalaali wal ikraam memiliki makna maha memiliki kebesaran dan kemuliaan. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 100 kali dalam satu hari selama satu minggu, maka Allah akan membersihkan hatinya dari berbagai sifat keragu-raguan dan juga khayalan.

Al-Muqsith memiliki makna maha mengadili. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 239 kali setiap hendak melaksanakan sholat, maka Allah akan melindungi diri muslim tersebut dari sifat keragu-raguan dan dari gangguan syetan.

Al-Jaami’ memiliki makna maha mengumpulkan. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 10 sembari mengarahkan kepala ke arah langit, maka Allah akan mengumpulkan orang-orang yang terpisah.

Al-Ghaniiyy memiliki makna maha kaya. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 360 kali seusai sholat dhuha, maka Allah akan selalu melimpahkan taufiknya untuk selalu bertaubat.

Al-Mughniiy memiliki makna maha melimpahkan kekayaan. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 1000 kali di setiap hari, maka Allah akan melimpahkan kekayaan kepada orang tersebut.

Al-Maani’ memiliki makna maha mencegah. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 161 kali di setiap pagi hari dan sore hari, maka Allah akan selalu melindungi orang tersebut dari kejahatan yang akan menimpanya.

Ad-Dhaar memiliki makna maha pemberi bahaya. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 100 kali setiap malam jum’at, maka Allah akan selalu menyelamatkan muslim tersebut dari berbagai bencana baik ruhani dan juga jasmani.

An-Naafi’ memiliki makna maha pemberi manfaat. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 41 kali sebelum melakukan berbagai tugas, maka Allah akan memberikan kemudahan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. 

An-Nuur memiliki makna maha bercahaya. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 1001, bisa dilakukan setelah membaca surat An-Nur. Maka Allah akan memberikan cahaya kepada hati orang tersebut, sehingga tidak memiliki kegelapan di dalam hatinya.

Al-Haadii memiliki makna maha pemberi petunjuk. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sembari mengusapkan kedua tangannya ke wajah nya, maka Allah akan memberikan hidayah kepada orang tersebut secara sempurna.

Al-Badii’ Baadii memiliki makna maha pencipta yang baru. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 1000 kali setiap hari, maka Allah akan mengeluarkan orang tersebut dari penderitaan.

Al-Baaqiiy memiliki makna maha kekal. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 1000 kali setiap malam Jumat, maka Allah akan membebaskan orang tersebut dari penderitaan dan juga bencana.

Al-Waarist memiliki makna maha maha mewarisi. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 100 kali di setiap terbitnya matahari, maka Allah akan memberikan keselamatan kepadanya dari berbagai macam kedukaan.

Ar-Rasyid memiliki makna maha pandai. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 1000 kali di waktu yang berada di antara magrib dan isya, maka Allah akan memberikan kepandaian dan kemudahan daya tangkap orang tersebut.

Ash-Shabuur memiliki makna maha penyabar. Apabila setiap muslim membaca nama ini secara istikamah sejumlah 100 kali sebelum terbitnya matahari, maka Allah akan memberikan keselamatan kepada orang tersebut selama satu hari itu.

Faedah Asmaul Husna untuk pelajar

www.qiroatipusat.or.id

Setiap pelajar yang membaca Asmaul Husna pati akan mendapatkan manfaat dari pembacaan tersebut, terlebih lagi apabila pembacaannya dilakukan secara rutin dan istikamah. Berikut ini merupakan faedah dari di baca nya Asmaul Husna.

Bagi pelajar yang sedang dalam proses pembelajaran, apabila selalu membaca Asmaul Husna, maka ia akan di beri kemudahan dalam berpikir dan kemudahan dalam memahami setiap pelajaran yang di terima.

Berdoa kepada Allah seraya melantunkan Asmaul Husna akan memberikan rasa percaya diri pada pelajar. Sehingga saat ia harus melakukan presentasi dan sebagainya, ia tidak akan lagi merasa minder.

Menghafalkan asmaul husna dapat merangsang perkembangan otak kanan dan juga otak kiri. Oleh karena itu, dengan rutin membaca Asmaul Husna maka akan memiliki otak yang cerdas.

Pelajar yang selalu berusaha menghafalkan dan membaca Asmaul Husna akan memiliki ingatan yang tajam sehingga para pelajar akan terhindar dari sifat lupa.

Mengamalkan Asmaul Husna sama saja memperkuat kesatuan antar sesama manusia. Hal tersebut di karenakan salah satu nama dari Asmaul Husna mengandung nilai kesatuan.

Membaca Asmaul Husna akan menanamkan keimanan yang kuat kepada Allah. Sehingga setiap hamba hanya akan bergantung kepada Allah dan tidak memiliki keraguan sedikit pun.

Cara Pengamalan Asmaul Husna

  1. Pada saat membaca Asmaul Husna atau mengamalkan Asmaul Husna haruslah di tunjukkan kepada Allah semata dan karena Allah.
  2. Penting pada saat mengamalkan asmaul Husna terlebih dahulu membaca “iyya kana’ budu” “wa iyyaka nasta’in”
  3. Pembacaan nama Allah tidak di perbolehkan di salah gunakan untuk hal-hal yang diharamkan.

Baca Juga Rukun Iman

Itulah sedikit ulasan terkait dengan Asmaul Husna. Membaca dan mengamalkan Asmaul Husna memiliki faedah yang luar biasa, setiap nama dalam Asmaul Husna memiliki keistimewaannya sendiri apabila di amalkan. Oleh karena itu, memperbanyak membaca, terlebih menggunakan Asmaul Husna sebagai dzikir rutin merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

Exit mobile version