Arti Istiqomah serta Tips untuk Selalu Istiqomah di Jalan Allah SWT

Arti Istiqomah – Anda pasti sering mendengar kata “Istiqomah” pada beberapa kegiatan keagamaan, atau pada saat Anda berada di organisasi-organisasi para pemuda muslim. Meski kata-kata tersebut sering terdengar, namun tidak sedikit dari mereka yang belum paham atau tidak mengerti sama sekali apa itu istiqomah.

Dalam agama islam, arti istiqomah adalah tegak atau lurus. Dalam bahasa sehari-hari, istiqomah memiliki arti konsisten.

Pengertian Istiqomah

Beberapa sahabat nabi pun memberikan pengertian tentang istiqomah itu sendiri, seperti berikut.

  • Kutipan dari Abu Bakar Ash Shidiq R.A.

Istiqomah merupakan sebuah tindakan yang tidak menyekutui Allah SWT dengan segala sesuatu.

  • Kutipan dari Umar Bin Khattab R.A.

Istiqomah hendaknya dilakukan untuk bisa bertahan dalam satu perintah ataupun tujuan serta larangan dan tidak berpaling dari yang lain selayaknya seekor musang.

  • Kutipan dari Utsman bin Affan R.A.

Istiqomah adalah sebuah keikhlasan dalam mengerjakan banyak hal.

  • Kutipan dari Ali bin Abi Thalib R.A.

Istiqomah ialah melaksanakan suatu kewajiban yang telah ditetapkan.

  • Kutipan dari Ibnu Abbas R.A.

Istiqomah ini sendiri mempunyai 3 arti yakni, istiqomah dengan menggunakan lisan (bertahan di dalam 2 kalimat syahadat), istiqomah dengan menggunakan jiwa (menjalankan ibadah serta tetap terus taat kepada Allah SWT secara terus menerus tanpa terputus), serta istiqomah yang berasal dari hati (yakni menjalankan sesuatu dengan niat yang ikhlas dan jujur).

  • Kutipan dari Ar Raghib

Istiqomah adalah tetap berada di atas jalan yang lurus.

  • Kutipan dari An Nawawi

Istiqomah memiliki arti yaitu tetap berada dalam ketaatan serta di atas yang lurus dalam beribadah kepada Allah SWT.

  • Kutipan dari Para Mujahid

Istiqomah merupakan sebuah komitmen terhadap 2 kalimat syahadat serta tauhid sampai dengan bertemu Allah ‘Azza wa Jalla.

  • Kutipan dari Ibnu Tamiyah

Istiqomah ialah mencintai serta beribadah kepada Allah SWT tanpa menoleh ke kanan ataupun ke kiri.

Di dalam kitab suci Al-Qur’an, arti istiqomah dijelaskan pada sebuah ayat yang memiliki arti, “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, “Tuhan kami adalah Allah kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih dan bergembiralah kamu (memperoleh) surga yang telah Allah janjikan kepadamu”. (Q.S Fushilat: 30).

Penjelasan tentang istiqomah yang ada di dalam Al-Qur’an tersebut kemudian diperkuat dengan adanya sebuah hadits. Salah seorang sahabat bertanya kepada Rasullullah SAW: “ya Rasullullah. Tolong ajarkan sesuatu kepadaku hal yang paling penting dalam islam dam saya tidak akan lagi bertanya kepada engkau.” Kemudian, rasul pun menjawab: “Katakanlah, aku beriman kepada Allah, kemudian beristiqomahlah (konsisten dalam menjalankan perintah dari-Nya serta menjauhi larangan-Nya).

Orang yang bisa beristiqomah tidak akan mudah goyah meskipun berbagai macam cobaan menimpa dirinya dan keluarganya. Hal ini karena orang tersebut ingin mendapatkan ridha dari Allah SWT dalam setiap cobaan yang datang dalam kehidupannya tersebut.

Namun, sebagai manusia biasa, keimanan sering naik turun. Hal inilah yang membuat seseorang sulit untuk beristiqomah kepada Allah SWT. Bagi Anda yang sering mengalami iman yang naik turun, dibawah ini ada beberapa tips untuk meningkatkan istiqomah di jalan Allah SWT.

Tips untuk Meningkatkan Istiqomah di Jalan Allah SWT

serudi.id

  • Memahami serta Mengamalkan Intisari dari Dua Kalimat Syahadat

Jika Anda sudah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, maka hal tersebut merupakan sebuah ikrar bahwa Anda tidak akan menyembah selain Allah.

  • Banyak Membaca dan Mengamalkan Al-Qur’an

Dengan banyak berinteraksi dengan Al-Qur’an akan membuat hati Anda menjadi lebih tenang dan merasa lebih dekat dengan Allah SWT.

  • Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu amalan yang diwajibkan dalam agama islam. Dengan bersedekah, Anda pun akan lebih istiqomah dalam menggapai ridhanya. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti, rutin bersedekah di masjid walaupun jumlahnya tidak banyak, sholat dhuha dan lain sebagainya.

  • Paksakan Diri untuk Bisa Bermanfaat bagi Orang Lain

Lakukanlah berbagai macam kebaikan untuk selalu membantu orang lain. Hal ini akan membuat hati Anda menjadi lebih senang dan juga tentram.

  • Yakin Bahwa Akan Ada Balasan di Akhirat

Yakinlah, bahwa setiap perbuatan yang Anda lakukan di dunia ini akan ada balasannya di akhirat nanti. Jika Anda berbuat kebaikan, maka hal baik yang akan menghampiri Anda, dan jika Anda berbuat keburukan, maka hal buruk juga akan menimpa Anda di akhirat kelak.

  • Mempunyai Kawan yang Selalu Mengajak Dalam Kebaikan

Untuk bisa terus beristiqomah di jalan Allah SWT, Anda juga membutuhkan teman yang selalu mengajak Anda dalam kebaikan.

  • Banyak Membaca Kisah Orang-Orang Shalih

Kisah dari orang-orang shalih terdahulu dapat memberikan semangat bagi Anda untuk tetap terus istiqomah.

  • Banyak Berdo’a dan Meminta Pertolongan Allah SWT

Selalu berdo’a kepada Allah SWT agar senantiasa meneguhkan hati untuk beribadah kepada-Nya. Dan minta tolonglah kepada Allah untuk dijauhkan dari hal-hal yang buruk dan bisa menggoyahkan keimanan.

Demikian arti istiqomah beserta tips untuk tetap terus istiqomah di jalan Allah SWT. Semoga pembahasan ini memberikan manfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.