17 Aplikasi Root Terbaik Untuk Android dan iPhone yang Bisa Anda Coba

Aplikasi root – Mungkin sebagian dari kita sudah pernah mendengar istilah root. Akan tetapi pasti banyak yang masih belum paham makna dan juga fungsi dari akses root tersebut. Jadi istilah root ini secara singkat adalah sebuah tindakan untuk bisa melampaui batas yang sebelumnya sudah ditetapkan oleh produsen dari smartphone pada umumnya.

Dengan menggunakan aplikasi root, maka penggunaannya kemungkinan besar akan melakukan berbagai macam perubahan yang mana hal tersebut tidak bisa jika dilakukan dengan pengaturan standar saja. Contohnya seperti Ketika Anda bisa melakukan penghapusan pada aplikasi bawaan smartphone, melakukan pemblokiran iklan yang selalu muncul pada aplikasi, memodifikasi sistem dan lain sebagainya.

Akan tetapi akses root yang dilakukan di smartphone tersebut secara otomatis akan menghapus garansi. Nah, ingin tahu apa saja aplikasi root yang bisa Anda dapatkan? di bawah ini akan kami rangkum dengan lengkap beberapa aplikasi root untuk Anda.

Contents

Aplikasi KingRoot

Aplikasi KingRoot
mynaif96.blogspot.com

Aplikasi root yang pertama yaitu aplikasi KingRoot. Aplikasi ini yang merupakan salah satu aplikasi root yang paling baik untuk bisa memperoleh akses root di smartphone Android Anda. Cara untuk menggunakannya juga sangat mudah dan aplikasi KingRoot ini juga telah menawarkan berbagai macam fitur yang mana tidak akan bisa Anda dapatkan di aplikasi root yang lainnya. 

Sedangkan untuk melakukan akses root di Smartphone Anda dengan menggunakan aplikasi KingRoot ini, maka ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  • Bersama-sama aplikasi KingRoot di download dan install di Smartphone Anda
  • Jika sudah selesai melakukan pemasangan, kemudian bukalah aplikasi KingRoot yaitu hanya dengan menekan pilihan root dan sekarang anda sudah bisa melakukan akses root di Smartphone Anda

Nah, aplikasi ini juga memiliki kelebihan yang mana mampu untuk mengontrol permintaan yang disesuaikan dengan keinginan root yang diajukan oleh Anda. Bukan hanya itu saja, aplikasi KingRoot ini juga bisa menghilangkan bloatware yang mana masih belum terpasang di Smartphone Anda.

Cara menggunakan cara tersebut, maka Anda akan lebih menghemat memori di Smartphone Anda. Walaupun penggunaan aplikasi root yang satu ini tergolong cukup mudah, akan tetapi aplikasi KingRoot ini tidak bisa dipakai untuk sembarang perangkat.

Hanya smartphone dengan tipe tertentu saja yang bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan akses root. Maka dari itu Anda harus bersabar untuk menunggu pembaruan pada aplikasi KingRoot oleh pengembangnya.

Aplikasi TowelRoot

Aplikasi TowelRoot
www.cara-search.com

Apakah smartphone Android Anda versinya masih KitKat dan ingin melakukan akses root? mungkin kebanyakan dari aplikasi root hanya bisa digunakan pada smartphone Android versi Lollipop ke atas, maka aplikasi TowelRoot ini bisa Anda gunakan pada Android versi KitKat.

Hal tersebut dikarenakan aplikasi akses root yang satu ini memang khusus didesain untuk Android versi KitKat. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa digunakan pada Android versi yang lainnya. Aplikasi TowelRoot ini punya keunggulan pada tampilannya yang cukup sederhana sehingga Anda tak perlu merasa kebingungan untuk pakai aplikasi ini.

Tips dalam menggunakan aplikasi TowelRoot ini yakni Anda sebaiknya untuk terlebih dahulu menonaktifkan aplikasi anti-virus yang terdapat di smartphone Android Anda. Hal tersebut dikarenakan nantinya aplikasi anti-virus bisa mendeteksi bahwa aplikasi TowelRoot ini bahaya. Sehingga demi kelancaran akses root di smartphone Android Anda, maka sebaiknya ikuti tips tersebut.

Aplikasi SuperSU

Aplikasi SuperSU
www.menitinfo.com

Mungkin Anda sudah tak asing lagi mendengar aplikasi SuperSU bukan? Memang aplikasi root yang satu ini banyak sekali yang sudah kenal karena memang fitur-fitur yang ada di dalamnya cukup banyak dan menarik.

Aplikasi SuperSU ini sangat mudah didapatkan dan juga digunakan. Bahkan bagi pengguna yang sama sekali belum pernah akses root, dengan menggunakan aplikasi SuperSU ini maka sudah tidak kepenuhan karena memang cukup mudah.

Bukan hanya itu saja, apabila penggunanya ingin melakukan pengembalian pada modifikasi smartphone ke pengaturan awal, maka hanya perlu pilih menu unroot saja dan secara otomatis semuanya akan kembali. Aplikasi SuperSU ini punya beberapa kelebihan seperti punya banyak pilihan tema yang bisa Anda gunakan sesuka hati.

Sedangkan aplikasi SuperSU ini akan bekerja menggunakan mode ghost sehingga aplikasi lainnya tidak akan terganggu kinerjanya. Akses ke aplikasi SuperSU ini juga cukup cepat sehingga hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan bagi para pengguna Android untuk melakukan rooting menggunakan aplikasi SuperSU ini.

Aplikasi Root Zenfone KitKat

Aplikasi Root Zenfone KitKat
www.gaptech.co.id

Aplikasi root ZenFone adalah aplikasi root yang bisa digunakan untuk semua ponsel Zenfone. sedangkan aplikasi root ZenFone KitKat Ini penggunaannya lebih spesifik yaitu hanya untuk zenfone 5 yang masih versi Android KitKat.

Menurut dari beberapa penggunaan yang sudah pernah menggunakan aplikasi ini, terdapat beberapa kekurangan yang ada di aplikasi root yang satu ini seperti harus menggunakan bantuan komputer atau laptop untuk proses rooting.

Bukan hanya itu saja, untuk menggunakan aplikasi root ZenFone KitKat ini juga membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan bisa sampai berjam-jam lamanya. Maka dari itu sebelum menggunakan aplikasi ini Anda Pastikan dulu bahwa sudah tahu langkah-langkah yang dibutuhkan untuk melakukan proses rooting dengan aplikasi ini supaya bisa berjalan lancar.

Aplikasi Xiaomi Redmi Root Files

Aplikasi Xiaomi Redmi Root Files
teknikit.com

Aplikasi Xiaomi redmi root files merupakan salah satu aplikasi yang didesain khusus untuk ponsel Xiaomi redmi 1S. Walaupun penggunaan aplikasi ini terbatas untuk satu tipe ponsel saja, akan tetapi hasil rooting yang diberikan cukup memuaskan.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan akses rooting menggunakan aplikasi Xiaomi redmi root files ini, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah tahu langkah-langkah melakukan rooting. Apabila Anda tidak mengetahuinya, maka bisa jadi hasil yang didapatkan tidak seperti yang Anda inginkan.

Aplikasi Root Genius

Aplikasi Root Genius
andoridmtk.com

Apakah Anda ingin melakukan akses root dengan menggunakan aplikasi yang penggunaannya sudah banyak di seluruh dunia? Kini sudah ada aplikasi root Genius yang mana aplikasi tersebut banyak di unduh sampai ribuan kali.

Aplikasi root Genius ini juga sudah banyak berhasil untuk memodifikasi ponsel Android hingga mencapai ribuan dan caranya juga sangat mudah. Di Google Play store Anda sudah bisa mendownload aplikasi ini secara gratis.

Aplikasi root jenis ini memang banyak penggunanya di seluruh dunia karena memang proses untuk melakukan root cukup mudah dan juga cepat. Dengan menggunakan aplikasi root Genius ini juga Anda tak perlu khawatir lagi jika kapasitas memori Anda hanya sedikit karena aplikasi root Genius hanya membutuhkan 4,7 MB saja.

Aplikasi FramRoot

Aplikasi FramRoot
ponselharian.com

Aplikasi root yang selanjutnya yaitu aplikasi FramRoot yang mana aplikasi root ini adalah salah satu yang dikembangkan oleh anggota dari forum XDA. Mulanya aplikasi root yang satu ini hanya mendukung untuk beberapa tipe smartphone saja.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, maka pengembangnya selalu melakukan pembaruan pada aplikasi FramaRoot ini sehingga saat ini sudah bisa dipakai untuk ratusan smartphone. Cara untuk menggunakan aplikasi FramRoot ini sebenarnya cukup sederhana dan mudah.

Anda hanya tinggal mendownload aplikasi framaroot ini di Google Play store dan kemudian di install pada smartphone Anda. Kemudian aplikasi framaroot sudah bisa Anda gunakan. Di dalam aplikasi FramRoot ini terdapat dua pilihan metode akses root yaitu Aragorn dan Gandalf.

Saat pertama kali membuka aplikasi FramRoot ini, maka Anda akan menjumpai pilihan super user yang bisa Anda pilih dengan sesuka hati. Selain itu pengguna aplikasi FramRoot ini direkomendasikan untuk memilih metode Gandalf. Hal tersebut dikarenakan metode ini cenderung lebih mudah untuk digunakan.

Hanya dengan menunggu beberapa saat saja, maka akan ada notifikasi yang muncul di layar smartphone Anda. Kemudian restart smartphone Anda untuk mulai melakukan modifikasi. aplikasi FramRoot ini bisa digunakan untuk beberapa merek smartphone di antaranya adalah Xiaomi, Asus, Acer, Samsung, Sony dan lain sebagainya.

Aplikasi iRoot

Aplikasi iRoot
androbuntu.com

Aplikasi root yang paling banyak digunakan di seluruh dunia yakni iRoot. Bahkan telah tercatat sudah lebih dari 1500 smartphone Android dengan berbagai type dan merk sudah pernah melakukan akses root dengan aplikasi buatan China ini.

Maka dari itu tidak mengherankan jika aplikasi iRoot ini banyak dijadikan sebagai alternatif apabila aplikasi root yang lainnya tidak bisa digunakan pada smartphone Android Anda. bahkan aplikasi ini juga bisa didapatkan dengan mudah yaitu di unduh pada Google Play store secara gratis.

Berdasarkan dari beberapa alasan para pengguna aplikasi iRoot ini, telah terbukti bahwa aplikasi ini mampu untuk menunjukkan performa terbaiknya. Jadi bisa dikatakan bahwa aplikasi iRoot ini sangat efektif dan juga terpercaya dalam melakukan akses root di smartphone Android Anda. Jadi jika Anda ingin melakukan root di smartphone Android Anda dengan segera dan tanpa banyak serat, Anda bisa menggunakan aplikasi iRoot ini saja.

Aplikasi Nexus Root Toolkit

Aplikasi Nexus Root Toolkit
thegorbalsla.com

Sebagaimana nama aplikasi root yang satu ini, Nexus root toolkit merupakan salah satu aplikasi root yang didesain khusus untuk akses root hanya di ponsel Nexus saja.

Jika ponsel Android Anda Nexus apapun itu tipenya, tak perlu pusing lagi untuk mencari aplikasi root karena dengan aplikasi Nexus root toolkit ini bisa untuk semua ponsel Nexus. Beberapa tipe ponsel yang telah mendukung aplikasi Nexus root toolkit ini di antaranya Nexus S, galaxy Nexus GSM dan CDMA, Nexus 7, Nexus 10 dan lain sebagainya.

Dalam hal ini Anda hanya cukup mencari informasi tentang kontabilitas tipe ponsel Nexus milik Anda dan kemudian dengan aplikasi Nexus root toolkit ini. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini didesain khusus untuk smartphone type tertentu saja dan bisa bekerja secara maksimal di Smartphone tipe tersebut.

Aplikasi Z4Root

Aplikasi Z4Root
www.sipitek.com

Aplikasi Z4Root ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidak ingin banyak membuang kuota data untuk melakukan downloading aplikasi root. Hal tersebut dikarenakan untuk mendownload aplikasi yang satu ini tak perlu membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, kapasitas file aplikasi ini juga cukup kecil sehingga tidak banyak memakan RAM di smartphone Android Anda. Walaupun aplikasi Z4Root ini telah hadir dengan kapasitas file yang cukup kecil, namun hasil root yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Z4Root ini cukup memuaskan. Tampilannya juga cukup sederhana sehingga untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah sekali.

Aplikasi Key Root Master

Aplikasi Key Root Master
www.pinterest.com

Aplikasi Key Root Master adalah salah satu aplikasi root yang di dalamnya terdapat berbagai fitur serta kemudahan. Beberapa di antaranya yaitu bisa untuk mengakses aplikasi ini dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Jadi apabila selama ini Anda masih sering merasa khawatir takut terjadi kesalahan saat proses rooting karena terkendala pada bahasa, maka dengan aplikasi Key Root Master ini bisa anda jadikan sebagai alternatif untuk menghindari masalah tersebut.

Aplikasi Zenfone RootKit

Aplikasi Zenfone RootKit
pico-terra.blogspot.com

Aplikasi rooting yang dikhususkan untuk smartphone Android Zenfone lainnya yakni ZenFone RootKit yang merupakan aplikasi dengan penggunaan yang cukup mudah. Dengan demikian Anda tak perlu khawatir lagi apabila proses rooting yang Anda lakukan gagal, karena aplikasi ini bisa melakukan rooting di Android Asus Zenfone dengan sangat baik.

Walaupun Anda masih belum pernah melakukan proses rooting sebelumnya, dengan menggunakan aplikasi Zenfone rootkit ini Anda tak perlu kebingungan karena mudah untuk digunakan. Untuk aplikasi Zenfone rootkit ini memang sudah didukung oleh beberapa tipe ponsel Zenfone Sehingga Anda hanya perlu memastikan kompatibilitas smartphone Zenfone Anda. 

Pastikan Anda sudah banyak mendapatkan informasi tentang tipe Zenfone yang bisa digunakan untuk mendukung aplikasi root yang satu ini tentunya supaya bisa bekerja secara maksimal. Apalagi dengan menggunakan aplikasi Zenfone rootkit ini Anda tak perlu membutuhkan bantuan laptop maupun komputer.

Aplikasi KingoRoot

Aplikasi KingoRoot
kabeldata.info

Aplikasi KingoRoot merupakan aplikasi root yang punya dua versi yakni versi Android dan versi Windows. Aplikasi root ini telah dikembangkan oleh yang profesional sehingga akan memungkinkan Anda untuk melakukan proses rooting tanpa bantuan perangkat komputer dan hanya dengan menggunakan aplikasi KingoRoot dalam versi Android saja.

Sedangkan cara untuk menggunakan aplikasi KingoRoot ini terbilang cukup mudah yaitu hanya dengan melakukan beberapa langkah sederhana saja dan Anda sudah bisa melakukan akses root di smartphone Android Anda.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga punya kelebihan lainnya yaitu menghadirkan aplikasi superuser yang dikhususkan untuk KingoRoot ini. Dengan demikian tidak perlu lagi Anda mendownload aplikasi Superuser lainnya di Google Play store.

Di samping itu, aplikasi KingoRoot ini juga telah menawarkan kemampuannya untuk mengontrol permintaan yang disesuaikan dengan pengajuan keinginan akses root Anda. Bahkan aplikasi KingRoot mampu menghilangkan bloatware yang masih belum terpasang di smartphone Android Anda. Dengan menggunakan cara tersebut, maka sudah pasti memori di smartphone Android Anda akan lebih hemat.

Aplikasi One Click Root

Aplikasi One Click Root
www.beritahuaja.com

Aplikasi root one click root ini agak berbeda dengan aplikasi-aplikasi root pada umumnya sebab untuk melakukan root dengan aplikasi ini Anda harus menggunakan perangkat komputer, tidak seperti aplikasi lainnya bukan? Jadi Anda perlu menghubungi smartphone Android Anda dengan dekstop jika ingin memperoleh akses root.

Namun walau seperti itu, hasil yang akan Anda peroleh dijamin tidak akan mengecewakan. Untuk mulai menjalankan proses rooting dengan memakai aplikasi one click root ini, maka terlebih dahulu pastikan bahwa Anda telah menghubungkan smartphone Android dengan komputer.

Kemudian disarankan untuk menonaktifkan semua aplikasi antivirus yang ada di komputer Anda. Nah, setelah itu barulah Anda nyalakan mode debugging di Android Anda. Jika aplikasi sudah selesai dipasang, maka selanjutnya Anda bisa buka aplikasi tersebut lalu sudah bisa mengoperasikannya melalui komputer.

Selanjutnya pilihlah Root Now dan proses root langsung dimulai. Kemudian aplikasi akan mulai memeriksa koneksi smartphone Anda yang terhubung dengan komputer. Setelah beberapa saat kemudian, akan muncul notifikasi di smartphone Android Anda bahwa proses rooting sudah siap.

Lalu klik Root Now dan Anda akan dibawa ke sebuah halaman log in. Sebelumnya memang Anda harus punya akun dulu dan barulah Anda sudah bisa melakukan modifikasi sesuai keinginan Anda.

Aplikasi VRoot

Aplikasi VRoot
www.antonwidawan.com

Aplikasi VRoot ini mirip dengan one click root sebab untuk menjalankan aplikasi ini butuh perangkat komputer. Jadi jika Anda hanya bermodal menginstal aplikasi VRoot ini di Smartphone Anda, maka aplikasi ini tidak bisa berjalan.

Walaupun terlihat agak rumit, akan tetapi akses untuk melakukan modifikasi di Smartphone Anda dengan cara tersebut akan jauh lebih menyenangkan. Pengembang aplikasi VRoot ini adalah Mgyun. Apabila menggunakannya dengan software ini, maka untuk melakukan root cukup mudah yaitu hanya dengan satu klik saja.

Sebagaimana proses rooting pada umumnya, untuk menggunakan aplikasi VRoot ini maka aplikasi antivirus di smartphone Android Anda harus dinonaktifkan terlebih dahulu sebelum Anda mengaktifkan mode USB debugging.

Aplikasi Root Zenfone

Aplikasi Root Zenfone
thegorbalsla.com

Seperti namanya, aplikasi root ZenFone ini memang didesain khusus untuk pengguna smartphone Android Zenfone atau Asus. Untuk menggunakan aplikasi root ZenFone ini Anda tak perlu menggunakan bantuan komputer maupun laptop. Dengan demikian proses rooting menggunakan aplikasi ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Aplikasi root ZenFone ini gratis bisa Anda dapatkan di Google Play store. Karena aplikasi ini mudah untuk dijalankan, sehingga bagi yang belum pernah melakukan rooting sama sekali hanya dengan menggunakan aplikasi ini sudah bisa menyesuaikan untuk menjalankan proses rooting sendiri.

Aplikasi File Master Root

Aplikasi File Master Root
rootmasterapk.org

Apakah Anda punya Asus Zenfone 3 dan ingin melakukan rooting pada ponsel tersebut. Kini sudah ada aplikasi file Master Root yang merupakan aplikasi root khusus untuk ponsel Asus Zenfone 3. Aplikasi root yang satu ini tidak seperti aplikasi pada umumnya karena untuk mendownload aplikasi ini tersedia dalam bentuk Zip.

Sedangkan jika Anda akan menggunakan aplikasi ini, maka Anda hanya perlu mengekstrak file zip tersebut dan pilihlah file yang tipenya . apk untuk melakukan proses pemasangan. apalagi aplikasi file master Root ini tergolong cukup mudah dipakai walaupun Asus Zenfone 3 sendiri tergolong masih baru dan kenyataannya sudah banyak orang yang ingin memodifikasi Asus Zenfone 3 tersebut.

Baca Juga Aplikasi Penguat Sinyal

Nah, sangat banyak bukan aplikasi root yang bisa Anda coba? Tak perlu bingung lagi bukan ingin akses root dengan aplikasi mana. Pilihlah aplikasi yang cocok untuk Anda dan smartphone Android Anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar