19 Aplikasi Kamera Terbaik yang Bisa Kamu Install

Aplikasi kamera – Jika pada zaman dahulu, tidak semua orang dapat mengabadikan momen dengan kamera. Kamera pada zaman dahulu tidak dapat dinikmati oleh semua orang. Hanya orang-orang tertentu atau orang yang mempunyai uang yang bisa memiliki kamera.

Mengingat harga kamera masa itu relatif mahal. Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin berkembang dengan pesat. Jika dahulu telepon dilakukan di wartel, saat ini hampir semua orang sudah mempunyai telepon genggam masing-masing. Begitu pula dengan kamera.

Dengan semakin majunya teknologi, kamera yang dahulu tidak dimiliki oleh semua orang, saat ini setiap orang dapat menikmati adanya kamera yang terdapat pada telepon genggam atau lebih tepatnya smart phoneTerkadang seseorang tidak puas dengan kamera bawaan smartphone yang dimiliki.

Entah karena resolusi yang kurang tinggi atau yang lainnya. Sehingga masih dibutuhkan kamera dukungan atau kamera dari aplikasi lain untuk memenuhi keinginan. Selain untuk mengabadikan momen penting, kamera juga digunakan sebagai update info terkini yang dilakukan.

Contents

Rekomendasi Aplikasi Kamera

Berikut ini beberapa aplikasi yang mendukung untuk kamera tambahan di smartphone Anda :

GOOGLE CAMERA

GOOGLE CAMERA
www.xda-developers.com

Sesuai dengan namanya, google camera adalah aplikasi kamera persembahan dari raksasa google. Dalam aplikasinya, google camera menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat dengan mudah untuk di operasikan.

Namun, tidak semua smartphone dapat menikmati aplikasi google camera. Karena aplikasi ini compatible hanya pada beberapa jenis smart phone tertentu. Misalnya pada smartphone engan android versi nougat yang mempunyai prosesor Snapdragon 820 ke atas.

Fitur yang terdapat pada aplikasi google camera misalnya HDR+ dan juga Photosphere 360o. Yang mana melalui fitur tersebut, Anda dapat mengambil gambar melingkar dengan disertai kualitas yang sangat tajam meskipun kurang cahaya.

Efek background bokeh juga disematkan pada aplikasi kamera yang satu ini dengan menggunakan pengaturan lensa blur. bisa juga digunakan untuk membuat GIF yang semula berasal dari foto melalui mode smart brust.

Selain itu, bagi Anda yang susah mencari stabilisasi untuk video, di aplikasi google camera menyediakan fitur stabilisasi video yang mana menjadikan video yang Anda ambil akan menghasilkan video yang mulus. Efek gerak perlambat atau slow motion juga dapat di gunakan melalui google camera bahkan dapat mencapai 240 fps.

APLIKASI KAMERA VSCO

APLIKASI KAMERA VSCO
masipin.com

Visual Supply Company atau yang kita dengan aplikasi VSCO  merupakan salah satu aplikasi yang populer banyak di unduh di play store. Aplikasi VSCO memungkinkan Anda untuk  mengedit dengan fitur seperti ISO, RAW, overlay kisi, white balance dan lain sebagainya.

Bahkan, ada komunitas tersendiri bagi para pengguna VSCO sehingga dapat menghubungkan Antar pengguna dan menjadi wadah untuk saling berbagai atau bertanya. Nama keanggotaannya adalah VSCO-X, dimana ini menjadi wadah bagi para manusia yang gemar dan berantusias tinggi dalam dunia fotografi.

Tentu saja, untuk dapat menikmatinya, Anda harus menggunakan aplikasi VSCO dengan versi  Pro dan dikenakan biaya setiap tahunnya. Biaya yang di bayarkan memang cukup tinggi, namun tidak ada ruginya. Karena Anda tetap bisa mengulang hingga lebih dari seratus kali pengaturan ulang.

Anda sebagai pengguna VSCO Pro berkesempatan menikmati preset Film XTM dan juga preset klasik serta perbaruan revolusioner  yang mana tidak bisa dinikmati bagi pengguna aplikasi secara gratis. 

FOOTEJ CAMERA

FOOTEJ CAMERA
magnetoitsolutions.com

Menjadi salah satu aplikasi terbaik di play store dalam kategori fotografi, footej camera telah dilengkapi dengan sistem UI (user interface) yang begitu menarik.

Aplikasi Footej Camera mendukung pengguna untuk mengambil gambar dengan kualitas tinggi. Footej Camera pun menawarkan berbagai fitur, mulai dari fitur dasar hingga fitur canggih yang seringkali di perlukan oleh para fotografer. Pada beberapa perangkat, Footej Camera memungkinkan untuk menggunakan camera 2 API.

Beberapa fitur utama yang juga menjadi fitur andalan di aplikasi ini diantaranya adalah HDR+, video slow motion, ISO manual, kontrol kecepatan rana, mode panorama, dan juga dukungan gambar RAW dan juga  pengaturan exposure. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membuat GIF dari gambar yang telah diambil.

Aplikasi ini dapat di unduh di play store secara gratis. Namun juga tersedia versi premium yang di dalamnya terdapat mode brust, GIF serta fitur lain yang lebih optimal. 

A BETTER CAMERA

A BETTER CAMERA
apkpure.com

Aplikasi A Better Camera di buat untuk penggiat dunia fotografi melalui smartphone. Fitur dalam aplikasi ini, dapat digunakan untuk membuat gambar menjadi fenomenal. Beberapa fitur yang disuguhkan pada A Better Camera diantaranya ada panorama, mode malam, HDR, multi shot dan masih banyak lainnya.

Anda dapat mengatur secara bebas fitur-fitur seperti white balance, kamera fokus, dan bagaimana Anda mengambil gambarnya. Lebih menarik lagi, tersedia fitur best shot yang akan mengidentifikasi hasil jepretan Anda mana yang terbaik secara otomatis. 

B612

B612
itunes.apple.com

Menjadi kamera selfie terbaik, B612  telah banyak di unduh di play store sebanyak lebih dari seratus pengguna.  Pada aplikasi ini ditawarkan berbagai sketsa dan juga filter yang membuat kesan tersendiri pada gambar Anda.

Selain digunakan sebagai foto, aplikasi B612 dapat pula digunakan untuk mengedit foto yang telah diambil. Aplikasi ini dapat dipasang pada perangkat android maupun perangkat iOS. Aplikasi ini juga menyediakan banyak sekali stiker yang dapat disematkan pada foto yang sedang di edit.

Yang banyak diminati dari aplikasi ini adalah fitur untuk filter analog yang dapat mencerahkan gambar ataupun video. Untuk hasil foto yang kurang pas, dapat pula diatur menjadi lebih bagus melalui aplikasi B612. Bahkan bentuk wajah ataupun warna kulit dapat diatur sehingga foto semakin terlihat sempurna.

Antarmuka pada aplikasi ini juga ringan sehingga tidak memerlukan banyak ruang. Bagi pengguna aplikasi, dapat langsung menghubungkan dengan akun jejaring sosial sehingga mempermudah ketika akan mengunggah hasil editan. 

CANDY CAMERA

CANDY CAMERA
www.aryausa.com

Menjadi aplikasi selfi yang juga banyak digemari, aplikasi Candy Camera tersedia secara gratis di play store. Hampir mirip dengan kamera selfie lainnya, pada Candy Camera juga disediakan banyak filter dan juga stiker yang dapat Anda gunakan untuk memperlucu foto Anda dan membuatnya lebih menarik.

Ketidaksempurnaan pada foto, dapat di hilangkan melalui aplikasi Candy Camera, karena disediakan pula fitur anti noda. Tentu saja, aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk kebutuhan fotografi nasional. Karena Candy Camera disediakan untuk penggemar selfie dengan berbagai filter atau mode.

Dilengkapi pula dengan fitur kecantikan, seperti penirus pipi, peronaan pada pipi, pelangsingan wajah, eyeliner, maskara, eye brow, lipstik dan masih banyak lagi. Fitur lain yang tersedia dan juga banyak di gunakan adalah fitur  kolase foto yang dapat digunakan untuk mengisi feed media sosial. 

CAMERA ZOOM FX

CAMERA ZOOM FX
www.techmobi.in

Terdapat dua versi untuk aplikasi Camera Zoom FX ini, yaitu aplikasi dengan free  dan juga aplikasi dengan berbayar. Anda boleh memilih. Tentu saja aplikasi versi berbayar fitur yang disediakan lebih lengkap.

Namun, untuk aplikasi gratisnya, tidaklah buruk. Aplikasi Camera Zoom FX dilengkapi dengan fitur kontrol seperti pada DSLR manual secara penuh. Selain itu, kamera pada aplikasi ini juga didukung dengan kamera 2 API.

Beberapa fitur besar yang menjadi andalan untuk aplikasi ini diantaranya adalah pengaturan pencahayaan, pengaturan ISO, penangkapan RAW, kecepatan rana maupun jarak fokus. Antar muka untuk aplikasi ini ringan dan cepat. Karena itu, Camera Zoom FX disebut sebagai kamera tercepat untuk Android.

Dalam perdetiknya, kamera aplikasi ini dapat merekam setidaknya 50 frame. Dilengkapi juga dengan penstabil gambar yang akan menolong hasil agar tidak blur. Fitur-fitur aplikasi kamera seperti HDR, brust kecepatan tinggi, juga disematkan pada aplikasi ini. Menariknya, terdapat pula lebih dari 100 efek yang disematkan di aplikasi ini. 

VIGNETTE

VIGNETTE
thegorbalsla.com

Vignette adalah aplikasi yang digunakan untuk edit mengedit gambar. Beberapa fitur yang ada  adalah best hot, self timer, rasio emas, dan juga 10 x digital zoom. Disediakan pula puluhan filter  untuk membuat suasana pada foto semakin memukau. 

MOTION STILLS

MOTION STILLS
get.google.com

Motion still tergolong aplikasi yang baru pada google play store. Aplikasi ini menyediakan untuk membuat suatu video. Sedangkan untuk pengambilan foto, Motion Stilll kurang mendukung. Beberapa fitur yang disediakan berfungsi untuk mengubah rekaman menjadi sutu GIF.

Atau dapat juga digunakan membuat video panjang dengan penggabungan beberapa video. Untuk aplikasi ini, Anda dapat mengunduh di play store secara gratis dengan kata kunci Motion Stills.

PRO CAMERA

PRO CAMERA
thegorbalsla.com

Aplikasi Pro Capture mungkin terdengar kurang populer. Namun sudah cukup banyak dari pengguna Android yang tertarik dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

UI pada aplikasi Pro Camera tergolong ringan. Yang menarik dari Pro Camera ini, salah satunya dapat digunakan untuk mengurangi noise, dapat mengambil foto panorama dan fitur yang lainnya. Pada aplikasi ini, juga di sediakan histogram yang berfungsi menampilkan gambar secara waktu real. 

RETRICA

RETRICA
www.techmacho.com

Terdapat setidaknya seratus filter pada aplikasi Retrica.  Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat foto bernuansa vintage. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung adanya pengambilan gambar dengan multi shooot. Setelah itu juga dapat membuat kolase yang mengagumkan.

Selain untuk gambar, aplikasi ini bisa digunakan membuat video dan juga gambar bergerak  (GIF). Untuk mendukung para penggunanya, retrica mempunyai komunitas pada media sosial sebagai wadah para penggunanya untuk saling berbagi seputar retrica. 

CAMERA FV 5

CAMERA FV 5
www.apkisland.net

Fungsi aplikasi Camera FV 5  hampir menyerupai seperti DSLR pada aslinya. Untuk itu aplikasi ini disebut sebagai pilihan terbaik untuk aplikasi kamera. Berbagai fitur professional disuguhkan pada aplikasi ini. Misalnya, white balance, ISO, jarak fokus, kecepatan rana manual, pencahayaan dan masih banyak lainnya.

Beberapa pengguna sepakat, bahwa adanya aplikasi ini adalah diperuntukkan bagi para penggemar fotografi professional. Camera FV 5 tidak hanya menyediakan format gambar pada JPEG saja. Ada juga format PNG losless dan DNG (RAW). Selain untuk memfoto, Camera FV 5 dapat digunakan untuk membuat time lapse yang memukau. 

CYMERA

CYMERA
www.topbestalternatives.com

Cymera menjadi aplikasi selfi yang telah di unduh sebanyak lebih dari tiga ratus juta kali di play store. Jika dilihat pada aplikasi selfi pada umumnya, pada cymerra memungkinkan Anda untuk mengedit foto selfi Anda dengan menambahkan berbagai stiker yang unik, disertasi dengan teks pada latar belakang.

Anda juga dapat mengedit dengan menambahkan riasan wajah melalui fitur kecantikan. Tersedia lebih dari 150 filter swafoto dan juga UI untuk menambah kepuasan berselfie Anda. Selain itu, fitur pengeditan untuk bagian tubuh juga tersedia untuk aplikasi ini. Misalnya  ingin membuat badan di dalam foto lebih tinggi atau lebih ramping.

Untuk efek dasar seperti pencahayaan dan juga kontras, tersedia fitur pada awal aplikasi. Ketik Anda ingin berfoto menggunakan tongkat selfi, gunakanlah bluetooth untuk menghubungkannya. Untuk jangka waktu atau timer, Cymera juga telah menambahkan fitur tersebut. Ditambah lagi dengan adanya anti guncang dan fokus otomatis.

PRO SHOT

PRO SHOT
thegorbalsla.com

Pro shot menjadi salah satu aplikasi yang termasuk dalam daftar aplikasi populer pada pengguna windows aplikasi atau google play.  Fitur kamera yang dimiliki oleh aplikasi ini mudah dipelajari bagi pemula. Disediakan juga kontrol manual pada fitur kamera.

Jika Anda ingin mempelajari dasar-dasar dari fotografi manual, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk belajar. Pada aplikasi ini, juga tersedia fitur bokeh. Yang mana memungkinkan titik fokus ditekankan dengan pengaburan gambar pada bagian depan maupun pada bagian belakang gambar.

Biaya yang dikenakan untuk dapat menikmati aplikasi ini bagi pengguna iOS dan Android adalah $ 3,99. Sedangkan untuk pengguna ponsel windows adalah sebesar $ 2,99. Bagi yang masih pemula biasanya ada kebingungan tersendiri untuk menggunakan aplikasi baru.

Namun jangan khawatir, pada aplikasi Pro Shot dilengkapi dengan panduan untuk pengguna yang akan mengoperasikan Pro Shot dari awal hingga akhir. Sehingga, Anda akan memperoleh pengalaman tidak hanya di mode otomatis. 

MANUAL CAMERA

MANUAL CAMERA
play.google.com

Aplikasi manual camera disediakan bagi pengguna yang memang sudah ahli dalam  bidang fotografi. Karena yang memegang kontrol penuh adalah pengguna aplikasi, seperti kontrol untuk jarak fokus, white balance, ISO, pencahayaan, kecepatan rana, exposure dan lain sebagainya.

Kamera 2 API disematkan pada aplikasi ini agar pengguna dapat mengontrol kamera langsung. Karena semua pengaturan berada di tangan pengguna aplikasi, maka ketrampilan Anda dalam penggunaan kamera dapat di ukur melalui aplikasi ini. 

DSLR CAMERA PRO

DSLR CAMERA PRO
pashadelic-dslr-camera-en.aptoide.com

Seperti nama aplikasinya, DSLR camera pro diperuntukkan bagi pengguna yang menginginkan pengambilan gambar seperti pada kamera DSLR pada aslinya. Ada pula pengguna yang mengatakan bahwa aplikasi ini merupakan tiruan dari DSLR yang asli.

Hal tersebut  tentunya berkaitan dengan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut. Beberapa fungsi fitur kamera yang di tawarkan adalah pengguna dapat mengatur fokus otomatis, pengaturan jendela bidik yang bisa bergerak, rana dua tahap, setting awal dan banyak yang lainnya. 

Jika Anda dapat menggunakan fitur yang tersedia untuk mengambil gambar, bisa dikatakan hasil gambar yang di jepret menyerupai hasil jepretan para professional. Tersedianya fitur manual camera menambah kelebihan pada aplikasi ini. Tentunya, dengan banyaknya fitur handal yang tersedia, aplikasi pro ini tidaklah gratis. Tentu anda harus membayar premium aplikasi ini.

OPEN CAMERA

OPEN CAMERA
techviral.net

Menjadi salah satu aplikasi yang banyak di gemari oleh penikmat smartphone, Open Camera tercatat telah di unduh sebanyak lebih dari 10 juta kali di play store secara gratis. Aplikasi Open Camera  menyediakan kontrol manual yang diberikan dengan Camera 2 API.

Merupakan aplikasi open source, Open Camera terus dikembangkan dan adanya perbaruan fitur secara teratur. Mempunyai antarmuka yang ringan namun aplikasi ini mempunyai filter yang bisa dikatakan sangat lengkap. Fitur-fitur dalam Open Camera dibutuhkan untuk membentuk kamera menjadi lebih  ideal.

Ada beberapa fitur unggulan seperti kunci exposure, deteksi wajah, geo tagging, penstabil otomatis, dan juga GUI yang dapat diatur ulang. Untuk mempermudah pengguna, pada aplikasi tersebut juga di sediakan voice intruction sehingga memungkinkan pengguna mengatur gambar namun dengan perintah suara.

Dan tak ketinggalan masih ada fitur HDR dengan berbagai mode pengurasan noise serta mode fokus yang mendukung gambar menjadi lebih berkualitas. 

CAMERA 360

CAMERA 360
thegorbalsla.com

Rata-rata, aplikasi kamera lain menawarkan berbagai kecanggihannya. Lain dengan kamera 360 ini. Karena di aplikasi camera 360 digunakan untuk berfoto yang dilengkapi fitur-fitur menyenangkan dan juga unik. Disediakan filter-filter menarik dengan stiker yang dapat Anda manfaatkan ketika mengedit foto.

Lebih mudahnya, hasil dari editan Anda dapat langsung di unggah ke media sosial sesuai kemauan Anda. Aplikasi Camera 360 tersedia secara gratis di play store sehingga mempermudah Anda mendapatkan aplikasi tersebut.

CAMERA MX

CAMERA MX
apkpure.com

Camera MX merupakan aplikasi kamera yang disebut-sebut mempunyai hampir semua fitur mengenai fotografi dalam smartphone sekaligus dengan editornya. Aplikasi ini mendukung untuk pengambilan gambar dengan kualitas tinggi. Dilengkapi dengan adanya auto fokus dan juga HDR yang dapat dioptimalkan.

Di samping itu Anda juga dapat mengatur kualitas dari gambar yang akan diambil. Seperti, suhu warna, kecerahan, kontras, kelembutan dalam pengaturan kameranya. Bahkan ada juga  fitur yang mempermudah Anda untuk mengubah gambar ke dalam bentuk GIF secara langsung. 

Di play store sendiri aplikasi camera MX sudah di unduh lebih dari 20 juta pengguna. Mengingat aplikasi ini juga mudah digunakan sekalipun oleh pemula. Keunggulan lain yang dimiliki oleh Camera MX adalah  dapat digunakan untuk membuat animasi kemudian ditambahkan dengan efek atau filter sesuai keinginan. Sebagai tambahan, efek slow motion atau gerak perlambat juga tersedia pada aplikasi Camera MX. 

Baca Juga Aplikasi Musik

Itulah tadi aplikasi kamera yang dapat Anda dapatkan dengan mengunduh di play store melalui smartphone yang Anda genggam. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan fotografimu. 

Tinggalkan komentar