17 Aplikasi Desain Rumah 3D Terbaik , Baik Gratis ataupun Berbayar

Aplikasi desain rumah – Bukan hal yang mudah untuk membangun sebuah rumah sesuai harapan. Perlu suatu alat bantu berupa aplikasi desain rumah untuk mendesain, merancang interior, untuk mempermudah kegiatan Anda untuk merancang arsitektur rumah yang anda inginkan. 

Walaupun para arsitek profesional mempunyai keahlian yang sangat baik untuk merancang dan mendesain suatu rancangan arsitektur rumah, tentu mereka membutuhkan desain dari klien mereka ataupun gambaran tentang desain yang diharapkan.

Akan menjadi suatu hal yang baik apabila Anda memberikan gambaran berupa desain rumah yang anda inginkan kepada arsitek yang Anda percaya.

Contents

Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah

Ada beberapa aplikasi desain rumah terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mendesain rumah.

Beberapa di antaranya berbasis aplikasi daring yang dapat diakses melalui komputer. Beberapa lagi berbasis android dan dapat digunakan di gawai Anda. Ada pula aplikasi berbasis 3D baik yang gratis ataupun berbayar. Selamat membaca!

Amikasa

Amikasa
www.yesmobilephone.co.uk

Amikasa merupakan aplikasi pendesain arsitektur rumah berupa aplikasi Ios dan Android yang dapat di unduh secara gratis maupun berbayar. Adapun aplikasi Amikasa sendiri telah memperoleh penghargaan dari Webby sebagai aplikasi pendesain rumah terbaik.

Aplikasi ini telah memperoleh penilaian yang sangat baik dari para penggunanya, hal tersebut karena karena penampilan  yang menarik dan penggunaannya yang mudah. Sehingga, para penggunanya pun dapat merancang ruangan dengan menambahkan furnitur dengan merek-merek sungguhan dan terkenal.  

Mode Walk-Through merupakan fitur unggulan yang ditawarkan Amikasa dan dapat mendapatkan perjalanan virtual dari ruangan yang dirancang.

Fitur tersebut dapat memberi pandangan serta gambaran kepada Anda apakah ruangan tersebut sudah sesuai dengan ekspektasi Anda. Fitur Walk-Through Mode juga dapat membagikan rancangan ruangan Anda ke media sosial untuk di ulas dan diberi masukan. 

Havenly

Havenly
www.diskusiandroid.com

Havenly adalah aplikasi desain interior rumah yang dapat membantu Anda untuk menentukan dan merancang desain rumah yang sesuai. Aplikasi ini memberikan fitur interaktif dengan para arsitek profesional untuk memperoleh saran desain interior rumah Anda.

Anda hanya perlu mengunggah foto masing-masing ruangan yang akan didesain. Anda juga dapat memilih desainer atau arsitek interior yang sesuai dengan keinginan dan gaya interio, dan dapat memulai konsultasi secara langsung jika diperlukan. Setelah memulai suatu pembicaraan dan konsultasi, Anda dapat langsung memberikan kontrak kepada desainer interior untuk mengerjakan proyek desain interior di rumah Anda. 

Hutch

Hutch
www.pinterest.com

Hutch merupakan aplikasi desain arsitektur rumah yang cocok bagi renovator pemula yang hendak mencari kontraktor terbaik yang berada di sekitar lokasi mereka. Anda dapat mengunggah rancangan proyek rumah atau gedung yang Anda rancang kepada kontraktor untuk direspon.

Tentunya respon tersebut juga melibatkan teknisi atau arsitek untuk melakukan survey terhadap rancangan arsitektur dan lokasi di rumah atau gedung yang akan Anda bangun. Aplikasi Hutch juga dapat memberi perbandingan harga dan nilai rating dari setiap kontraktor di sekitar lokasi Anda. 

MagicPlan

MagicPlan
markey.id

Magicplan merupakan aplikasi yang cocok bagi Anda ketika akan atau sedang melakukan renovasi ataupun dekorasi interior rumah. Uniknya, aplikasi ini juga dapat melakukan aktivitas pengukuran di rumah anda dengan menggunakan ponsel yang Anda miliki. 

Bagi beberapa pengguna awal mungkin akan memerlukan waktu percobaan berulang untuk memasukkan data dan informasi. Namun yang perlu diingat, aplikasi MagicPlan yang bersifat intuitif ini dapat memberikan instruksi yang mudah dan jelas. Tentu sangat berguna untuk membantu proses pengerjaan proyek desain di rumah Anda. 

Dalam aplikasi MagicPlan juga terdapat beberapa fitur canggih. Contohnya fitur menentukan skala gambar ruangan desain. Anda dapat memperkirakan ukuran dan jarak dengan menganalisis foto di suatu ruangan. Secara umum aplikasi MagicPlan ini akan membantu dalam menentukan ukuran furnitur yang sekiranya pas dan cocok bagi rumah Anda. 

Chairish

Chairish
www.forbes.com

Anda pernah membeli dekorasi dan beberapa saat kemudian ingin menjualnya? Chairish merupakan aplikasi yang tepat dan cocok untuk melakukan kegiatan jual beli dekorasi rumah bekas. Penjual dapat mengunggah foto furnitur atau perabotan rumah tangga lain yang hendak dijual.

Kemudian,  pihak kurator akan menyeleksi dan menentukan barang furnitur mana saja yang layak untuk dijual. Perusahaan yang dituju akan mengurus segala urusan yang berkaitan dengan perihal pembayaran, pengiriman, dan retur untuk jumlah dalam penjualan.

Anda dapat mendaftarkan barang yang Anda miliki secara gratis dengan aplikasi Chairish ini. Pastinya Anda akan memperoleh 80 persen dari hasil penjualan yang telah Anda lakukan. Selain itu, terdapat banyak sekali furnitur dari merk ternama yang dijual di dalam aplikasi Chairish tersebut. 

Houzz Interior Design Ideas

Houzz Interior Design Ideas
www.theibulletin.com

Aplikasi Houzz Interior Design Ideas dapat membantu Anda untuk menentukan dan memberikan inspirasi untuk memberikan rekomendasi ide tentang desain rumah. Aplikasi ini sering digunakan dalam melakukan suatu renovasi, atau mengubah rancangan desain rumah yang sudah ada untuk dikembangkan lagi.

Aplikasi ini sangat cocok bagi pemula karena fiturnya yang mudah dan lengkap, atau juga bisa digunakan oleh kalangan profesional. Aplikasi ini juga dapat memberikan rekomendasi tata letak ruang saat renovasi sedang berlangsung. 

Dalam aplikasi Houzz Interior Design Ideas, terdapat lebih dari 10 juta foto beresolusi tinggi dan pastinya berkualitas dari desain rumah yang sudah jadi. Anda dapat melihat foto-foto rumah tersebut sebagai inspirasi desain rumah Anda.

Bahkan, beberapa pengguna juga dapat melihat berbagai gambar dari pilihan ruangan pada suatu rumah, dan itu semua lengkap dengan berbagai pilihan desainnya. Lalu Anda juga bisa mencari gambar desain rumah dan dapat menyimpannya dalam opsi “Ideabook”. Ada juga fitur sketch yang berfungsi untuk menambahkan beberapa gambar pada foto desain rumah yang Anda pilih sebelumnya.  

Home Design 3D

Home Design 3D
detikgadget.com

Di aplikasi Google Play Store, Anda akan menemukan berbagai aplikasi gratis dan premium yang siap untuk diunduh. Akan tetapi sebagian besar dari aplikasi-aplikasi tersebut masih berupa percobaan.

Akan tetapi, aplikasi Home Design 3D ini dapat mencantumkan statusnya yang sebenarnya. Bahkan akan ada keterangan tulisan FREEMIUM yang dicetak tebal sebagai aplikasi gratis dan premium dalam hal mendesain arsitektur rumah. 

Pun jika Anda sewaktu-waktu menemukan ulasan atau penilaian negatif dari aplikasi Home Design 3D tersebut, jangan pernah percaya karena pada faktanya aplikasi desain rumah ini sangat baik fiturnya dan tentunya layak untuk digunakan.

Fakta bahwa aplikasi Home Design 3D sangat baik digunakan adalah adanya berbagai alat dan fitur detail yang dapat membantu Anda untuk mendesain rumah sesuai keinginan. Fiturnya yang begitu lengkap dapat digunakan untuk membuat maket, sehingga aplikasi Home Design 3D juga sering digunakan oleh para arsitek profesional.

Aplikasi Home Design 3D dalam beberapa sisi mungkin belum se profesional AutoCAD, tetapi aplikasi ini sangat ideal ukurannya sebagai aplikasi dalam sistem Android. Karena Home Design 3D merupakan versi aplikasi premium dan gratis, aplikasi ini memberikan waktu percobaan satu jam bagi Anda untuk menyimpan proses proyek Anda selama satu jam lamanya.

Akan tetapi setelah masa tersebut selesai, Anda tidak dapat menyimpan lagi pekerjaan yang telah Anda kerjakan. Sekalipun terdapat batasan waktu yang menghambat kinerja dan ulasan Home Design 3D, semua fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut tetap dapat Anda gunakan, kecuali fitur (opsi) penyimpanannya. Anda tetap dapat mencoba menginstall aplikasi ini.

Floor Plan Creator

Floor Plan Creator
www.mastekno.com

Floor Plan Creator merupakan salah satu aplikasi yang dapat mendesain rancangan arsitektur rumah Anda dengan menggunakan sistem Android pada ponsel pintar. Sesuai dengan namanya, Floor Plan Creator merupakan aplikasi pendesain rumah yang paling lengkap dengan berbagai fitur yang mudah, interaktif, dan inovatif.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur inovatif, di antaranya opsi ruangan yang paling dasar, namun Anda dapat membuatnya sendiri dengan memanfaatkan berbagai perangkat lain, seperti layar sentuh, Smart Pen, atau mouse. Ada juga opsi fungsional yang ada pada aplikasi Floor Plan Creator, seperti pintu, jendela, perangkat elektronik, ataupun furnitur asli. 

Dengan mengunduh aplikasi Floor Plan Creator, Anda dapat memasukkan ukuran rumah yang Anda inginkan dan dapat membuatnya sesuai kebutuhan pada aplikasi tersebut. Aplikasi Floor Plan Creator ini memiliki versi unduhan gratis, di mana Anda dapat menyimpan berbagai gambar yang sudah tersedia di sana.

Akan tetapi, Anda akan melihat watemark (tanda air) pada gambar yang Anda simpan. Namun jika Anda mengunduh versi berbayar dari Floor Plan Creator, tanda air tersebut akan hilang dan akan menjadi nilai tambah dari aplikasi ini. Aplikasi Floor Plan Creator tersebut sangat bersahabat dengan para pengguna desain interior rumah pemula, karena sejumlah fiturnya dapat dipahami penggunaannya oleh para pemula. 

Home Design Outdoor/Garden

Home Design Outdoor/Garden
www.rukita.co

Aplikasi Design Outdoor/Garden merupakan aplikasi khusus yang ideal untuk membuat desain exterior rumah maupun taman yang ada di sekitar rumah Anda. Dalam setiap pembuatan proyek eksterior rumah dan taman, aplikasi ini sering digunakan karena langkah-langkah fiturnya yang sangat mudah untuk digunakan.

Dalam beberapa hal, Anda dapat merancang proyek eksterior dan taman yang sudah diidamkan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Aplikasi Home Design Outdoor/Garden ini juga menawarkan pengalaman penggunaan yang ergonomis, dan tentunya sangat mudah untuk digunakan.

Aplikasi Home Design Outdoor/Garden dapat melakukan berbagai pola desain eksterior dan taman, misalnya membuat pagar, menandai dan memetakkan tanah lapang, hingga menambahkan rumah Anda dalam suatu proyek. Hal yang sangat baik dari aplikasi tersebut adalah Anda dapat menggeser berbagai objek 2 dimensi maupun 3 dimensi, dan pastinya di posisikan dengan mudah dan tetap berada di kanvas yang terdapat di sana.

Home Design Outdoor/Garden pun dapat melakukan pengeditan berbagai objek hingga cocok dengan desain yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut dapat menyimpan beberapa desain eksterior maupun desain taman yang memiliki grafik 3 Dimensi, sehingga Anda dapat melihat rancangan anda secara nyata dan berkualitas. 

Housecraft

Housecraft
thegorbalsla.com

Bagi penggemar visualisasi desain otomatis, silakan mengunduh Housecraft. Dalam aplikasi Housecraft, terdapat fitur augmented reaility yang dapat memberikan gambaran desain rumah Anda secara nyata, berkualitas, dan otomatis.

Anda tidak membutuhkan waktu yang lama lagi, seperti melakukan rendering secara manual pada komputer. Dalam aplikasi Housecraft tersebut, Anda dapat memposisikan berbagai furnitur asli dari merek ternama di suatu ruangan, termasuk menyesuaikan skalanya pula.

Dengan aplikasi Housecraft, Anda akan bisa melihat visualisasi 3 Dimensi pada ruang yang Anda rancang (desain). Visualisasi pun tampak dari berbagai sudut. Anda juga dapat menyimpan rancangan karya Anda sendiri setelah jadi. Kemudian Anda juga dapat membandingkannya dengan desain yang lain hingga menemukan desain yang paling cocok. 

MyPantone

MyPantone
www.artsmoved.cat

Aplikasi MyPantone merupakan aplikasi desain rumah yang mengedepankan fitur rumah dan grafis dari rancangan rumah yang Anda bentuk. Apabila warna adalah fokus Anda, aplikasi MyPantone adalah jawaban yang tepat. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat memilih warna dengan gradasi dan kejelasan yang tinggi.

Fitur lainnya, Anda dapat membandingkan warna yang cocok untuk pemilihan warna bagi rancangan rumah yang telah dibuat. Perusahaan produsen MyPantone memberikan fitur dan opsi berbagai warna standar kedalam aplikasi tersebut.

Maka dari itulah, sangat mungkin bagi Anda untuk memilih, menyeleksi, dan meramu warna yang diinginkan secara detail dan akurat. Aplikasi ini sangat sering digunakan oleh para arsitek rumah maupun pembuat furnitur (perabot rumah tangga) yang profesional. Aplikasi MyPantone juga dapat mengidentifikasi suatu warna dalam suatu gambar atau foto, hingga memberi Anda warna yang detail hingga terlihat sangat mirip. 

Homestyler Interior Design

Homestyler Interior Design
www.youtube.com

Homestyler Interior Design merupakan salah satu aplikasi android desain rumah yang paling inovatif pada masa kini. Dalam aplikasi Homestyler Interior Design, Anda dapat mendesain rumah secara virtual, namun dapat ditampilkan pula hasilnya secara nyata hingga nampak meyakinkan.

Cara menggunakan aplikasi Homestyler Interior Design tersebut terbilang sangat mudah, terutama bagi pengguna pemula. Anda cukup mengambil foto pada  ruangan yang hendak di desain dengan meletakkan berbagai jenis furnitur 3 Dimensi pada ruangan tersebut, dan memasukkannya ke platform aplikasi tersebut.

Dengan fitur 3 Dimensi yang dimiliki oleh Homestyler Interior Design tersebut, Anda dapat memperkirakan posisi dari furnitur-furnitur yang akan diletakkan di ruangan yang akan didesain. Posisi sebuah meja, sofa, maupun kursi di ruang tamu rancangan Anda merupakan contoh dari keunggulan fitur yang dimiliki Homestyler Interior Design.

Berbagai tipe dan varian rumah turut terdapat dalam aplikasi Homestyler Interior Design hingga Anda menemukan model yang paling nyaman dan sesuai selera. Aplikasi tersebut juga menyediakan berbagai fitur tambahan dalam suatu ruangan.

Misalnya saja hiasan lampu gantung dan beberapa tanaman hias yang dapat Anda pertimbangkan sebagai perabot yang dapat diletakkan di ruangan desain Anda. Fitur berjejaring tersedia pada aplikasi Homestyler Interior Design.

Anda kini dapat membagikan kreasi pada fitur galeri desain dan melihat kreasi desain dari orang lain dengan fitur ‘sharing’. Selain itu, Anda dapat melihat portofolio dan profil kerja para desainer professional yang berada di sekitar lokasi Anda. Anda juga dapat meminta saran dan melakukan konsultasi dengan mereka tentang melakukan desain rumah.

Morpholio Board

Morpholio Board
medium.com

Penggunaan aplikasi Morpholia Board oleh para desainer profesional merupakan hal yang penting dilakukan saat proses desain rumah. Aplikasi Morpholio Board yang memiliki akses fitur yang mudah dapat mempermudah aktivitas Anda dalam mendesain ruah, terutama bagi pemula.

Fitur yang dapat ditemui aplikasi ini adalah opsi pembuatan beberapa jenis desain, mood board, atau juga desain kolase. Koleksi furnitur dari merk-merk terkenal dari seluruh dunia dapat ditemui di Morpholio Board sebagai alat penghias dalam desain rumah. 

Caranya adalah pertama-tama dengan memilih benda yang sesuai dengan selera Anda. Kemudian Anda bisa memilih bahan maupun warna yang cocok dengan furnitur pilihan tersebut. Fitur “Ava” merupakan fitur khusus yang digunakan untuk pengguna iPad. Fungsinya agar secara otomatis akan membuat kumpulan produk yang anda inginkan dalam waktu yang singkat. 

Adobe Color Capture

Adobe Color Capture
www.dsikusiandroid.com

Teknologi beserta fitur yang dimiliki Adobe Color Capture, Anda dapat mengumpulkan warna dari suatu gambar atau karya seni dengan menggunakan suatu palet warna untuk desain rumah. Anda akan menemukan kombinasi tata ruang yang indah jika melihat dari luar rumah dan hanya perlu untuk membuka aplikasi dan memotretnya saja.

Kemudian setelah ditunggu beberapa detik, muncul skema warna yang dapat di modifikasi atau diedit sesuai keinginan dari diri Anda. Dalam Adobe Color Capture juga, Anda dapat pola model 3 Dimensi dan ditambah dengan gambar vektor, yang juga dapat digunakan dalam beberapa aplikasi desain lain dalam hal mendesain dan merenovasi rumah. 

iHandy Level

iHandy Level
www.apps.apple.com

Menentukan berbagai detail dan tata letak suatu furniture merupakan sebuah tahapan yang tersulit dalam proses desain rumah. Kesejajaran, keseimbangan, dan keselarasan antar beda merupakan hal terpenting dalam proses desain agar desain rumah terlihat indah, rapi, dan menarik.

Aplikasi iHandy Level memiliki desain yang indah dapat menyejajarkan furnitur, sehingga Anda akan merasa nyaman dan dapat melakukan hal-hal baru yang menyenangkan. Tidak hanya membantu menyejajarkan furnitur dalam rumah saja, aplikasi iHandy Level ini juga dapat membantu memproyeksikan sudut suatu ruangan dan sudut vertikal pada tembok di suatu ruangan. 

Photo Measures

Photo Measures
www.arquitecturayempresa.es

Aplikasi Photo Measures merupakan salah satu aplikasi desain rumah yang cocok untuk memperhatikan furnitur yang akan dimasukkan kedalam rumah, terutama dalam hal mengukur besaran furnitur. Aplikasi Photo Measures dapat digunakan oleh semua orang, entah dari pemilik rumah, kontraktor, arsitek, atau desainer profesional yang hendak mendesain rumah.

Aplikasi Photo Measures dapat membantu Anda untuk mengukur ukuran ruangan atau furnitur secara akurat. Penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah, cukup mengambil sebuah foto rumah dengan menuliskan detail dari foto rumah Anda tersebut. Anda juga bisa melakukan zoom in ataupun zoom out jika apabila ingin meningkatkan tingkat keakuratannya.

Sun Seeker

Sun Seeker
thegorbalsla.com

Pencahayaan merupakan salah satu hal yang penting, sehingga perlu diperhatikan dalam memilih furnitur yang akan diletakkan di rumah Anda. Sun Seeker bukan aplikasi yang fungsi intinya mendesain rumah, tapi dapat digunakan untuk melakukan hal-hal tersebut.

Dengan aplikasi Sun Seeker, anda dapat pola visualisasi rumah Anda dari sinar matahari yang menyinari sepanjang hari, ketika waktu terbit ataupun terbenam, atau saat menjelang malam sekalipun.

Hal tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan rancangan desain rumah Anda, terutama dalam hal menentukan jendela, merancang eksterior rumah Anda, hingga dapat membantu tata letak hiasan rumah, seperti lukisan atau karya seni lainnya. 

Baca Juga Aplikasi Ganda

Demikian merupakan 17 rekomendasi aplikasi desain rumah yang gratis, berkualitas, dan memiliki fitur yang lengkap. Untuk membaca uraian lebih lanjut silakan kunjungi alamat web resmi masing-masing aplikasi. Selain 17 aplikasi ini, masih banyak aplikasi pendukung maupun media sosial yang dapat digunakan.

Anda dapat memilih salah satu atau kombinasi beberapa aplikasi untuk melakukan aktivitas mendesain rumah idaman. Aplikasi mana yang paling membuat Anda tertarik? 

Tinggalkan komentar