35 Aplikasi Desain Baju Terbaik Untuk PC dan Android

Aplikasi desain baju – Manusia pertama dilihat dari penampilannya. Gaya berpakaian juga menjadi ekspresi diri seseorang. Maka dari itu, kadang seseorang tidak puas dengan desain baju yang tersedia di pasaran. Bahkan, segelintir orang ingin membuat baju khusus mereka sendiri. Keinginan tersebut kian di mudahkan dengan maraknya aplikasi desain baju.

Di bawah terdapat puluhan contoh aplikasi desain baju. Ada aplikasi yang gratis dan ada pula yang berbayar. Ada yang dapat diakses di berbagai platform dan ada yang merupakan besutan perusahaan fashion. Ada pula aplikasi yang bisa dibuka di browser internet.

Contents

Aplikasi Desain Baju Terbaik

Silakan membaca dan memilih mana yang sekiranya tepat untuk Anda.

Paperless – Draw, Sketch, Tablet

Paperless – Draw, Sketch, Tablet
www.amazon.co.uk

Paperless tergolong aplikasi yang direkomendasikan untuk mendesain baju. Akan tetapi, aplikasi ini lebih cocok untuk membuat draft proyek. Apabila Anda berkenan membuat karya yang lebih rumit, Paperless mungkin takkan cukup menolong. Lain halnya jika Anda ingin membuat desain yang lebih sederhana.

Paperless memiliki enam alat yang dapat Anda pakai untuk membuat sketsa, mewarnai, dan menyisipkan teks. Anda pun diberi kesempatan untuk mengatur transparansi di bagian desain berbeda sampai tiga lapisan. Karya yang telah dibuat dapat disimpan dan ditata di “buku” Paperless. Kalau Anda berniat menunjukkan karya, hasil kerja tersebut bisa dibagikan lewat media sosial secara langsung tanpa perlu keluar dari aplikasi.

Style.Com

Style.Com
thegorbalsla.com

Sesuai namanya, Style.Com menyediakan tren, berita seputar brand, foto, video, dan reportase dari seluruh dunia. Bisa dibilang ia merupakan portal mode terbaik berbasis daring untuk aplikasi ponsel Anda. Koleksi tematik yang terdapat di dalamnya langsung dipisahkan untuk kategori lelaki dan perempuan. Ini akan lebih menawarkan kemudahan dalam penggunaan.

Apabila Anda tertarik dengan mode,  Style.Com merupakan aplikasi yang tepat. Sejarah ikon fashion dari waktu ke waktu turut tersedia di dalamnya. Aplikasi tersebut juga menawarkan pembaruan berkala supaya Anda update tentang kabar fashion terbaru. Tidak tanggung-tanggung, pembaruan  didukung langsung oleh Fashion Week.

Ruler 2

Ruler 2
thegorbalsla.com

Bagi para desainer, penggaris adalah salah satu alat fundamental yang harus dimiliki. Penggaris memudahkan pengukuran dan pembuatan rancangan. Tanpa penggaris, rencana desainer akan tereksekusi dengan berantakan. Ruler 2 membuat Anda selalu punya penggaris di genggaman.

Selain akurat, fitur-fitur Ruler 2 amat bermanfaat. Contohnya mengukur benda yang lebih lebar dari ponsel, menyalin hasil pengukuran ke aplikasi lain, dan mendapatkan satuan metrik dari konversi satuan imperial. Meski Ruler 2 berbayar, tetapi manfaatnya setimpal. Jika Anda ingin penggaris gratis, coba unduh aplikasi android buatan Xalpha Lab bernama Ruler.

Fashion Design Flatsketch

Fashion Design Flatsketch
apkpure.com

Fashion Design Flatsketch amat efektif saat Anda mendesain kostum perempuan. Dengan aplikasi ini, Anda akan menyelesaikan sketsa desain hanya dalam durasi menit. Fashion Design Flatsketch cocok untuk pembuat pola, desain, serta penggemar fashion. Aplikasi ini dapat di unduh gratis di android maupun iOS.  

Di dalamnya tersedia lebih dari 1000 grafis. Anda pun dapat mendesain detail sendiri. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menambahkan risleting, sabuk, bahkan kancing sampai tak ada yang terlewatkan. Ketika desain selesai, Anda dapat mencetaknya. 

Colorsnap

Colorsnap
www.colorsnap.com

Warna merupakan elemen penting untuk desain. ColorSnap berguna untuk menunjukkan beragam skema warna yang dapat menginspirasi ide desain Anda. Aplikasi ini menolong pencarian warna yang tepat serta merekomendasikan opsi-opsinya. Jika berniat mengunduhnya, Anda bisa mencari di Google Play Store.

Wardrobe Journal

Wardrobe Journal
thegorbalsla.com

Wardrobe Journal bisa digunakan menyimpan berbagai opsi pakaian orang-orang. Aplikasi ini pun banyak dipakai oleh manajer panggung dan desainer. Anda cukup memfoto dan mencatat detail. Istimewanya, Anda dapat mencatat tentang orang tertentu supaya memudahkan pencarian kostum sesuai adegan atau karakternya.

Pro.Pose

Pro.Pose
thegorbalsla.com

Apabila ingin menjadikan iPad sebagai buku sketsa, wujudkan dengan Pro.Pose. Aplikasi tersebut menunjukkan realisasi yang menggembirakan. Ia tersedia gratis di iPad dan mudah digunakan orang awam. Desainer profesional juga memilih Pro.Pose dalam menciptakan sketsa kilat.

Kini dengan Pro.Pose, Anda mampu mendesain dan membuat sketsa di mana pun serta kapan pun. Tersedia berbagai alat sketsa mumpuni seperti pulpen, arang, spidol, dan pensil. Ketika desain atau sketsa selesai, Anda bisa berkomunikasi dengan orang lain. Caranya dengan memasang mood board untuk menyaksikan opini orang.

Pantone Color Finder

Pantone Color Finder
shortrunforms.com

Meski bukan aplikasi desain baju secara khusus, Pantone Color Finder pasti membantu kerja Anda. Ia bisa membantu Anda dalam hal pewarnaan desain. Pantone akan mengkomunikasikan, mengidentifikasi, dan mencocokkan skema warna desain secara gampang. Anda tidak perlu membuka warna di aplikasi lain seperti Photoshop.

Awalnya Pantone Color Finder merupakan fitur tambahan Google Chrome dan Mozilla Firefox. Namun, kini Pantone Color Finder telah dikembangkan. Ia dapat di unduh di android dan apple. Begitu Anda memilih foto, Pantone Color Finder secara otomatis mengidentifikasi warna-warna yang tampak.   

Sketchbook Express

Sketchbook Express
www.macreview.com

Sketchbook Express merupakan aplikasi desain untuk perangkat android. Akan tetapi, ia tetap mampu berjalan maksimal di tablet android. Bagi desainer mode, Sketchbook Express ideal sebab memiliki fitur pewarnaan profesional. Terdapat pula aplikasi menggambar untuk android. Di sana juga ditampilkan alat-alat sketsa yang indah.

WWD: Women’s Wear Daily

WWD: Women’s Wear Daily
vektorlogoseek.com

Selama se abad lebih, WWD adalah rujukan informasi fashion terpercaya. Aplikasinya telah diluncurkan pada tahun 2011. Secara universal, WWD diakui sebagai kitab fashion beragam kalangan. Setiap orang yang berminat pada fashion pasti mendapatkan informasi yang bermanfaat dari aplikasi Women’s Wear Daily ini.

WWD dapat di unduh gratis, tetapi untuk log in Anda perlu membuat akun. Ketika Anda sudah masuk, bersiaplah memperoleh banyak inspirasi dan informasi desain. Informasi yang dapat Anda temukan adalah konten-konten eksklusif meliputi fashion show, berita desainer, video tentang behind the scene, dan lain-lainnya.

Fashtory

Fashtory
thegorbalsla.com

Fashtory adalah jendela yang mampu membuat Anda terkoneksi dengan sesama pecinta fashion di berbagai belahan dunia. Di dalamnya, Anda dapat mengetahui tren terbaru dan inspirasi desain yang unik.

Anda dapat mencari desainer atau pecinta fashion lain tanpa harus membuat akun, cukup berdasarkan nama atau lokasi. Di samping itu, Anda boleh menandai desainer-desainer idola yang bisa dijadikan referensi untuk memperoleh notifikasi.

Fashion Network

Fashion Network
thegorbalsla.com

Aplikasi ini terdiri atas kumpulan video Fashion Week. Mencari konten video di televisi dapat menyita waktu yang lumayan banyak dan begitu pula dengan pencarian arsip video lama. Fashion Week akan memudahkan pencarian Anda. Cukup dengan satu aplikasi, Anda dapat mengingat gaya di fashion show Marc Jacobs atau mengetahui warna serta tekstur penampilan di Chanel Show.

Chanel Fashion

Chanel Fashion
thegorbalsla.com

Aplikasi desain baju besutan Chanel ini merupakan salah satu pilihan terbaik. Dengan memasang Chanel Fashion, Anda berkesempatan menyaksikan koleksi berbagai butik di dunia. Bermacam-macam desain terbaru seperti perhiasan, tas, sepatu, dan kacamata dapat Anda lihat di layar ponsel. Aplikasi ini akan membuat Anda senantiasa memiliki inspirasi baru untuk mendesain baju.

Cloth

Cloth
thegorbalsla.com

Cloth merupakan aplikasi populer sebab tidak cuma digunakan oleh pemula, tetapi editor fashion dan stylist profesional. Aplikasi ini membantu Anda memadupadakan baju agar tampak bagus. Anda sangat disarankan mengunduhnya jika kerap bingung memilih baju. Misal, baju mana yang bisa dipakai bersama celana pilihan Anda. 

Cara penggunaan Cloth relatif simpel. Anda cukup memfoto pakaian-pakaian, menambahkan label, lalu Cloth langsung memadupadakannya. Pada versi pembaruan, ditambahkan fitur terbaru. Kini Cloth juga dapat mengetahui data cuaca lalu memberi rekomendasi fashion berdasarkan hal tersebut.

Trendstop Fashion

Trendstop Fashion
thegorbalsla.com

Anda dapat mengakses informasi terbaru tentang tren melalui gawai. Beragam berita lifestyle dan fashion internasional tersaji secara lengkap di dalamnya. Di dalam Trendstop Fashion, Anda dapat menyaksikan koleksi foto fashion show dari seluruh penjuru dunia.

Di dalamnya juga tersedia list fashion show yang akan dan sedang berlangsung. Rutin membuka Trendstop Fashion dijamin akan membuat semua baju yang didesain tidak ketinggalan tren.

Chicfeed

Chicfeed
thegorbalsla.com

Chicfeed adalah pilihan uang tepat kalau Anda gemar mencari foto tren terbaru. Chicfeed merupakan aplikasi berisi kumpulan foto yang di lansir dari blog fashion terkemuka, bahkan seperti Face Hunter, Lookbook, dan The Sartorialist. Anda dijamin takkan kehabisan ide dalam mendesain model baju.

Chicfeed dapat di unduh gratis, tetapi Anda akan menonton iklan saat menggunakannya. Anda bisa membayar 99 sen jika hendak menghilangkan iklan-iklan itu.

Popsugar Fashion Week

Popsugar Fashion Week
thegorbalsla.com

Popsugar turut peduli pada kebutuhan tren fashion. Mereka merilis aplikasi supaya pengguna mengetahui tren Fashion Week. Kontennya berasal dari beragam tren dunia dan terus update hampir tiap menit. Aplikasi ini juga memudahkan Anda menonton dialog dengan model, fotografer, desainer kondang, hingga informasi backstage. Konten-konten yang tersedia akan membantu Anda dalam mencari ide desain baju. 

Whowhatwear

Whowhatwear
thegorbalsla.com

Whowhatwear menunjukkan informasi terbaru seputar tren fashion. Anda pun dapat mengakses foto artis, tips fashion, serta berita-berita hangat. Fitur melihat foto fashion artis membuat Anda bisa terinspirasi. Misalkan memasukkan unsur yang sama, menggunakan skema warna yang mirip, atau memodifikasi desain baju mengacu pada foto. Alhasil, minat konsumen pada desain Anda kian tinggi sebab karya Anda segar dan berkelas. 

Maker’s Row

Maker’s Row
empowerlounge.com

Ketika desain sudah rampung, Anda perlu mencari kain dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Namun, tidak mudah mendapatkan produsen garmen yang menyediakan segala kebutuhan. Apalagi menemukan produsen yang kualitas produknya bagus akan lebih susah.

Anda dapat bertanya pada orang-orang, namun selain menyita waktu, tidak banyak orang yang tahu. Maka dari itu, Anda bisa mempercepat produksi desain dengan mencari di aplikasi Maker’s Row.

Stylebook

Stylebook
stylebookapptips.wordpress.com

StyleBook memfasilitasi Anda untuk memfoto busana yang dimiliki. Anda mampu merancang dan menengok ulang busana yang dipakai. Anda pun dapat memilih fitur mix and match. Aplikasi ini akan menghindarkan Anda dari potensi fashion yang tidak relevan. 

Pinterest

Pinterest
www.thedrum.com

Pinterest dapat di unduh di android dan iOS atau dibuka di browser semacam Mozilla Firefox, Safari, serta Google Chrome. Pinterest merupakan aplikasi gratis, kecuali jika mengiklankan produk.

Aplikasi ini kerap menyebut dirinya “perencana masa yang akan datang”. Di dalamnya, Anda akan mendapatkan tempat liburan, resep masakan, tas, sepatu, pakaian, dan sebagainya. Di mata desainer dan perusahaan baju, Pinterest adalah mood board.

Tiap awal musim, berbagai inspirasi dikumpulkan dan diolah menjadi produk. Gambar-gambar yang Anda akses di Pinterest dapat lebih bagus daripada di Flickr atau Google. Sebab Pinterest berisi kumpulan koleksi gambar pengguna lain. Namun Anda bisa mengatur koleksi berprivasi pribadi jika mau.

Instagram

Instagram
socialmediaexplorer.com

Instagram memang sebuah media sosial, tetapi aplikasi ini sangat menolong di bidang pemasaran produk. Pemasaran digital bisa melampaui hasil penjualan konvensional sebab menjangkau lebih banyak orang.

Banyak desainer sukses karena aktif di Instagram. Di sisi lain, ada pula merek populer yang berisiko penjualan menurun sebab kurang aktif di media sosial.  Seperti halnya Pinterest, Instagram penuh dengan video dan foto koleksi pengguna.

Aplikasi ini cocok untuk mengumpulkan ide dan mendapatkan pengakuan sosial dari kolom suka dan komentar. Di kolom komentar Anda bisa mendapatkan saran konsumen tentang produk yang mereka suka. Fitur-fitur instastory pun memudahkan Anda memilih desain mana yang lebih oke untuk dicetak.

Instagram dapat di unduh gratis. Namun, akhir-akhir ini terdapat fitur iklan dengan biaya yang terjangkau. Dengan membayar kurang dari 20 ribu rupiah, iklan Anda dapat tampil ke linamasa target. Untuk target bisa Anda atur sendiri misalnya dari kota, jenis kelamin, atau kelompok usia.

Inkscape

Inkscape
softwere.10terbaik.com

Inkscape punya banyak fitur untuk mendesain baju. Aplikasi grafik vector ini menyediakan objek polygon, spiral, clone, text, jalan, ellipses, stars, dan 3D.

Tidak hanya untuk desain baju, Inkscape cocok untuk manipulasi gambar, desain 3D, dan lain sebagainya. Bagusnya lagi, Inkscape bersifat multiplatform alias bisa beroperasi di berbagai sistem. 

Yayprint

Yayprint
jalantikus.com

Aplikasi satu ini memiliki ukuran paling ringan dibandingkan dengan aplikasi desain kaos yang lain. Meski demikian, Yayprint punya berbagai tools dan template gratis yang bisa Anda gunakan.

Apabila Anda masih pemula, Yayprint menyiapkan panduan lengkap untuk mengoperasikan aplikasi. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendesain baju dalam waktu lima menit.

Snaptee

Snaptee
perantara.net

Snaptee dapat diaplikasikan di gawai Anda. Ia punya beragam font, warna, filter, dan template, serta terintegrasi dengan akun instagram untuk mempublikasikan hasil desain.

Anda juga dapa menjual baju hasil desain dengan mengaktifkan ikon “publish” dan “sell”. Anda akan mendapat komisi 10% dari tiap baju yang sukses terjual.

Clothes Designer

Clothes Designer
www.downloadsofwaregratisan.com

Clothes Designer akan membuat kegiatan mendesain tidak lagi ribet. Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis di perangkat android. Di dalamnya tersedia puluhan desain kaos mulai dari tanpa lengan, lengan panjang, sampai sweater.

Jika dirasa desain yang tersedia kurang menarik, Anda bisa berkreasi mendesain baju sendiri. Clothes Designer juga menyediakan beragam stiker lucu.

Ingubo

Ingubo
jalantikus.com

Ingubo adalah aplikasi desain baju yang tergolong simpel. Meski begitu, di tangan orang kreatif akan menghasilkan desain yang menarik. Aplikasi ini rajin memperbarui desain dan memiliki beragam fitur. Selain itu, Ingubo bisa menunjukkan tren fashion terbaru.

Draw Clothes Outfit

Draw Clothes Outfit
apkpure.com

Draw Clothes Outfit dibuat oleh Envelopred. Aplikasi ini sesuai untuk beragam kalangan, mulai dari pemula sampai desainer populer. Di dalam Draw Clothes Outfit, terdapat bermacam-macam template desain yang bisa Anda modifikasi.

Terdapat juga fitur leveling supaya Anda bisa menyesuaikan kemampuan dalam mendesain baju. Draw Clothes Outfit bisa di unduh dengan gratis tanpa perlu terganggu oleh iklan.

Clothing Pattern Design

Clothing Pattern Design
www.downloadsofwaregratisan.com

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini lebih diprioritaskan dalam hal membuat pattern desain. Di dalam Clothing Pattern Design, Anda dapat bebas menggambar pattern sesuai inspirasi dan keinginan.

Anda pun dapat menentukan ukuran untuk desain baju yang tengah dikerjakan. Kelebihan lain dari Clothing Pattern Design adalah aplikasi ini bisa dijalankan secara offline.

Boys Shirts Design

Boys Shirts Design
swisslomoblog.blogspot.com

Beberapa aplikasi desain baju menawarkan template untuk kaos. Boys Shirt Design berbeda karena menawarkan referensi untuk kemeja pria.

Aplikasi buatan Top Applications ini berisi album kemeja pria yang sedang ngetop saat ini. Anda cukup menunjukkan foto pilihan ke penjahit yang dipercaya agar bisa membuatkannya. Setelah itu, Anda bisa memadupadakan kemeja dengan beragam aksesoris outfit yang lain.

T-shirt Factory Deluxe

T-shirt Factory Deluxe
kurio.id

T-shirt Factory Deluxe tergolong aplikasi lawas tetapi masih bisa digunakan sampai saat ini. Aplikasi tersebut memiliki beragam fitur desain yang memudahkan kita untuk membuat baju yang diinginkan. Terdapat satu kelebihan lagi dari T-shirt Factory Deluxe yakni Anda bisa langsung mencetak hasilnya dengan printer inkjet. Cukup siapkan bahan-bahan yang diperlukan.

Craftshirt

Craftshirt
craftshirt.sharewarejunction.com

Craftshirt punya beragam fitur desain seperti aplikasi serupa lainnya. Akan tetapi, Craftshirt punya beberapa keunggulan. Di sini Anda dapat menciptakan label baju sendiri. Anda juga dapat memilih fitur gambar cutting serta memodifikasi apparel baju.

Learn to Draw Clothes

Learn to Draw Clothes
apkpure.com

Bagi Anda yang hendak belajar mendesain baju dari nol, wajib hukumnya mengunduh aplikasi Learn to Draw Clothes. Aplikasi ini termasuk amat gampang dioperasikan.

Apabila Anda masih belum bisa membuat desain sejak awal, silakan modifikasi pilihan template yang ada. Learn to Draw Clothes menyediakan tools yang lengkap. Anda akan bisa mendesain busana sehari-hari, bahkan busana hari raya.

Modern Women Gamis Design

Modern Women Gamis Design
www.berakal.com

Aplikasi Modern Women Gamis Design dibuat special untuk busana kaum hawa. Seperti namanya, aplikasi ini lebih dikhususkan untuk model baju gamis. Anda bisa membuat gamis sederhana sampai gamis mewah untuk menghadiri pesta.

Tambahan lain adalah Modern Women Gamis Design dapat dijadikan model membuat kreasi hijab. Ukurannya yang amat ringan menambah daftar alasan mengapa aplikasi ini harus dicoba.

GraffixPro Studio Software

GraffixPro Studio Software
software.10terbaik.com

Biarpun namanya pro, GraffixPro Studio Software mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Desainnya yang user friendly memudahkan Anda dalam menguasai aplikasi ini. Di samping tools untuk mendesain, GraffixPro Studio Software punya fitur utama berupa koleksi font, gambar dan artwork library, template garmen, dan barcode scanning. Anda akan bisa membuat desain apik dalam waktu singkat.

Baca Juga Aplikasi Musik

Demikian merupakan puluhan aplikasi desain baju yang direkomendasikan. Anda bisa memilih sesuai selera atau kebutuhan. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa aplikasi yang kinerjanya dapat di kolaborasikan. Dengan mengunduh aplikasi desain, kegiatan mendesain baju akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Selamat berkarya!

Satu pemikiran pada “35 Aplikasi Desain Baju Terbaik Untuk PC dan Android”

Tinggalkan komentar