22 Aplikasi Cari Jodoh beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Aplikasi cari jodoh – Semakin dewasa seseorang, mencari jodoh akan terasa sulit. Hal ini disebabkan faktor usia yang menurut kita untuk mencari pasangan hidup yang benar-benar cocok. Bahkan tak jarang orang-orang menggunakan aplikasi cari jodoh.

Kini tersedia banyak aplikasi cari jodoh yang bisa dipilih, namun banyak pula aplikasi yang sangat buruk kualitasnya. Aplikasi cari jodoh dibuat untuk membantu bertemu orang dan mengajak mereka kencan. Meski aplikasi cari jodoh belum tentu memberikan jawaban yang benar, namun tidak ada salahnya jika dicoba.

Contents

Rekomendasi Aplikasi Cari Jodoh

Mungkin saja anda bisa beruntung. Dari sekian banyak aplikasi cari jodoh hanya ada beberapa yang memang kualitasnya terjamin. Nah, untuk membantu anda mencari mana aplikasi cari jodoh yang tepat, simak ulasannya berikut ini.

TINDER

TINDER
www.pcmag.com

Tender merupakan aplikasi cari jodoh yang paling direkomendasikan, karena aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi kencan terbaik di dunia, sehingga posisinya layak berada di daftar pertama.

Banyak orang yang beruntung menggunakan aplikasi ini, karena sukses dalam menjalin hubungan jarak jauh hingga pernikahan. Namun tak jarang juga ada penilaian negatif dari orang-orang lantaran aplikasi ini. Persyaratan untuk menggunakan aplikasi tender yaitu Anda harus berusia minimal 18 tahun.

Jika dulu aplikasi ini mengharuskan kita memiliki akun facebook untuk menggunakannya, namun sekarang hal tersebut tidak diwajibkan. Untuk menggunakan aplikasi ini langkah pertama yaitu download aplikasinya, lalu aktifkan. Setelah itu buat sebuah profil yang terdiri dari 6 foto.

Sertakan juga  biodata singkat sepanjang 500 karakter. Untuk pengaturan akun tinder lainnya, Anda masih bisa menggunakan akun Facebook. Bahkan saat ini anda bisa menghubungkan akun tinder ke Instagram untuk menambahkan informasi mengenai sekolah atau perusahaan.

Agar pengguna bisa lebih mudah mendeteksi anda, pengaturan pencarian perlu dilakukan seperti halnya mengatur orang yang ingin ditemui. Ketika anda melakukan pencarian seseorang, secara otomatis tinder akan menunjukkan foto, nama dan usia orang tersebut.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap dari orang tersebut caranya cukup mudah yaitu pencet foto yang muncul. Jika orang tersebut sesuai dengan kriteria, Anda bisa menggesernya ke kanan dan sebaliknya jika tidak sesuai anda tidak menyukai orang tersebut tinggal geser foto ke kiri.

Anda bisa menggeser foto tersebut ke atas jika memang benar-benar menyukai orang tersebut. Anda hanya perlu menunggu pemberitahuan muncul jika anda dan orang yang anda lihat saling suka. Setelah mendapatkan pemberitahuan, Anda bisa melanjutkan percakapan dengan orang tersebut.

Meski terlihat mudah untuk dilakukan, namun anda harus bersabar karena kebanyakan pengguna tinder asal geser foto ke kanan dan ke kiri, sehingga untuk menemukan kecocokan sangatlah sulit. Jika dibandingkan dengan aplikasi cari jodoh lainnya, tinder memiliki tampilan yang paling menarik.

Hal ini terlihat jelas dari tampilan foto yang besar dan jelas. Bahkan aplikasi ini terbilang sederhana dan Anda juga bisa lebih mudah mengatur profil. Aplikasi ini sangat aman digunakan dan tidak akan menganggu privasi Anda. Karena bisa menghindarkan pesan yang tidak diinginkan dari orang-orang yang tidak dikenal  dan hanya orang-orang pilihan yang bisa mengirim anda pesan.

Meskipun termasuk aplikasi cari jodoh terbaik, anda perlu hati-hati karena ada juga pengguna tinder yang menggunakannya hanya untuk mengumpulkan swipe. Di sisi lain ada juga orang yang benar-benar ingin mencari jodoh dan ingin bertemu di dunia nyata. Hingga saat ini pengguna tinder hampir 50 juta orang. Dengan pengguna yang sangat fantastis ini anda akan lebih mudah untuk mendapatkan jodoh yang cocok.

OKCUPID

OKCUPID
theblog.okcupid.com

Rekomendasi aplikasi cari jodoh yang selanjutnya yaitu okcupid. Sebagian banyak aplikasi cari jodoh untuk masuk ke akunnya harus menggunakan Facebook. Berbeda dengan aplikasi okcupid yang tidak memerlukan Facebook untuk mendaftar, karena cara mendaftarnya sangat mudah.

Anda hanya perlu membuat username dan mengisi profil yang panjang. Jika Anda mau bisa menghubungkannya langsung ke profil Instagram agar lebih mudah dalam membuat profil. Dalam penggunaan akun ini, Anda akan sering mendapatkan beberapa pertanyaan dari calon pasangan Anda dan bisa memberikan jawaban yang anda kehendaki.

Perhatikan dengan seksama dan teliti dengan jawaban yang Anda berikan. Karena hal tersebut bisa memberikan skor berbentuk persenan yang mencerminkan kecocokan anda dengan calon pasangan tersebut. Anda bisa mencatat seberapa penting jawaban itu, bahkan Anda juga bisa menampilkan jawaban secara publik.

Untuk mengakses pengaturan dan melihat profil, Anda bisa memilih opsi yang terletak di bagian menu khusus. Pada menu “matches” Anda bisa menemukan orang yang anda sukai dengan mudah, bahkan Anda akan sering  mendapatkan saran orang yang berpotensi cocok dengan anda. Agar lebih mudah untuk menggunakannya, Anda bisa memilih opsi quick match jika tampilan yang sebelumnya terlalu ribet.

COFFEE MEETS BAGEL

COFFEE MEETS BAGEL
www.telegraph.co.uk

Untuk mendaftar ke akun coffee meets Bagel, terlebih dahulu Anda harus login melalui Facebook. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda membuat profil. Setelah profil selesai dan sudah memasukkan preferensi, Anda bisa langsung menggunakannya.

Secara otomatis aplikasi ini akan mengirimkan 1 rekomendasi orang setiap harinya. Untuk menentukan apakah Anda menyukai orang yang direkomendasikan tersebut, anda memiliki batas waktu 24 jam. Jika anda merasa orang tersebut cocok dan orang tersebut cocok dengan anda, maka kalian berdua bisa memulai percakapan dalam chat pribadi agar tidak diketahui secara publik.

Ruang chat pribadi ini tidak bisa anda gunakan dalam jangka waktu yang lama, karena akan kadaluarsa setelah 8 hari. Anda juga bisa mendapatkan fungsi aplikasi tambahan dengan cara membeli, bahkan Anda juga bisa merekomendasikan aplikasi tersebut kepada teman.

Jika dibandingkan dengan aplikasi cari jodoh lainnya, coffee meets bagel merupakan aplikasi yang paling menarik. Perbedaan aplikasi ini yaitu tersedianya layanan yang bisa membantu anda untuk memilih berbagai referensi yang spesifik. Mulai dari agama, pekerjaan, etnis dan hal penting lainnya.

Sebelum ruang chatting kadaluarsa, alangkah baiknya jika anda bertukar kontak lewat aplikasi lain. Karena kekurangan dari aplikasi ini memang terletak pada ruang Chatting yang kadaluarsa. Namun keuntungan yang bisa anda dapatkan dari aplikasi ini cukup banyak, salah satu kelebihan dari aplikasi ini yaitu memiliki tampilan foto yang jelas dan cantik.

BADOO (HOT OR NOT)

BADOO (HOT OR NOT)
www.engadget.com

Aplikasi Badoo bisa anda jadikan pilihan untuk mencari jodoh, karena sampai saat ini aplikasi Badoo sudah digunakan 298 juta orang. Bahkan setiap detiknya pengguna aplikasi Badoo semakin meningkat.

Aplikasi Badoo hampir sama seperti tinder yaitu menyediakan permainan bernama encounter. Hanya dengan bermain aplikasi ini anda bisa menemukan pasangan yang sesuai dengan apa yang Anda idam-idamkan. Aplikasi Badoo tidak hanya digunakan di Smartphone namun bisa juga digunakan melalui PC.

ALIGN

ALIGN
thegorbalsla.com

Align merupakan aplikasi cari jodoh yang direkomendasikan untuk anda. Aplikasi ini sangatlah komprehensif. Karena bisa menjodohkan seseorang berdasarkan horoskop untuk mendapatkan konstelasi bintang baru yang berpotensi cocok setiap harinya.

Anda akan menerima batas waktu yang anda miliki untuk menentukan apakah pasangan tersebut cocok dengan anda ada yaitu 24 jam. Simbol kecocokan dalam aplikasi ini yaitu bintang. Semakin cocok anda dengan pasangan, maka bintang yang anda dapatkan akan semakin besar. Bisa dikatakan sejajar jika anda dan pasangan saling suka.

BUMBLE

BUMBLE
www.zoosk.com

Jika anda mencari aplikasi cari jodoh yang cocok untuk perempuan, aplikasi Bubble sangat direkomendasikan. Karena aplikasi ini bisa memulai suatu hubungan dengan seseorang tanpa agresif. Karena tujuan utama dari aplikasi ini memang itu. Jika anda mengalami kesalahan misalnya salah dalam menggeser, tak perlu khawatir karena anda hanya perlu mengocok ponsel untuk membatalkannya.

CLOVER

CLOVER
doripos.com

Ingin mencari aplikasi cari jodoh yang gratis dan mudah untuk digunakan? Aplikasi Clover bisa menjadi pilihan yang tepat. Fitur unggulan dari aplikasi ini yaitu menggabungkan kemudahan tinder dan pengujian kecocokan dari match.com. Dengan aplikasi ini anda bisa mencari pasangan dengan melihat dari tujuan hubungan, baik itu hanya sebatas mencari teman, hubungan casual atau hubungan serius.

Sebelum memilih pasangan dari aplikasi ini, alangkah baiknya jika anda memilih pasangan berdasarkan bentuk tubuh, etnis, agama, tinggi badan, pekerjaan dan lain sebagainya. Dengan kata lain aplikasi ini bisa membantu anda untuk mendesain pasangan yang diidam-idamkan.

DNA DATING

DNA DATING
www.datingadvice.com

Bagi anda pengguna iphone, aplikasi DNA dating bisa anda gunakan untuk mencari jodoh. Bahkan bisa dibilang aplikasi ini merupakan aplikasi cari jodoh pertama di iphone. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu orang bisa melihat profil dan foto anda.

Jika orang tersebut sesuai dengan kriteria yang anda inginkan dan orang tersebut juga merasa cocok dengan anda, orang tersebut bisa mengirimi anda pesan. Untuk melihat kecocokan dalam skala 1 sampai 10, ada harus mengisi kuesioner untuk bergabung. Secara otomatis Anda akan mendapatkan nomor dan dating yang bisa dibandingkan dengan nomor lain.

EHARMONY

EHARMONY
www.datingadvice.com

Aplikasi Eharmoni merupakan aplikasi cari jodoh yang berbayar. Dengan kata lain aplikasi ini membuat anda seakan Anda harus membayar untuk berkencan. Meski begitu aplikasi ini juga menyediakan hari khusus agar anda bisa berkomunikasi secara gratis dengan orang yang cocok, sehingga jangan lewatkan kesempatan istimewa ini.

Aplikasi ini bisa mencocokkan anda dengan orang sesuai dengan compatibilitas, karena aplikasi ini dibuat oleh seorang psikolog klinis dan konselor perkawinan.

FINDFLIRT

FINDFLIRT
apkpure.com

Bagi pengguna android maupun iphone, aplikasi findflirt bisa digunakan. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu sangat mudah untuk digunakan. Karena aplikasi ini memudahkan Anda untuk melakukan berbagai hal.

Seperti halnya untuk menyukai seseorang, mengirimkan hadiah berupa emoji, mengirimkan pesan dan melakukan apapun yang menjadi favorit anda. Untuk mendapatkan pasangan yang cocok, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya yaitu  menambahkan catatan penting pada setiap orang yang anda temui di aplikasi ini.

FLING

FLING
thegorbalsla.com

Aplikasi cari jodoh fling memang berbeda dengan yang lainnya, karena aplikasi ini membantu anda mengirimkan pesan video ke-50 orang yang ada di dunia secara acak. Bagi  siapapun yang mendapatkannya, akan mengirimi anda pesan.

Anda memiliki hak baik untuk membawa atau tidak. Untuk kelengkapan informasi anda bisa menambahkan detail lokasi dan apapun yang ingin anda tentukan.

FLIQPIC

FLIQPIC
www.owler.com

Aplikasi cari jodoh fliqpic berbasis video realtime. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan fitur chatting yang bisa bantu anda untuk menemukan pasangan yang cocok. Sebelum memutuskan untuk berhubungan lebih lanjut dengan orang tersebut, anda bisa melakukan video call untuk melihat calon pasangan secara langsung.

FLURV

FLURV
play.google.com

Jika anda ingin merasakan fitur-fitur yang menarik dari sebuah aplikasi cari jodoh, anda bisa menggunakan aplikasi flury. Dengan aplikasi ini anda bisa bertemu dengan orang atau calon pasangan sesuai preferensi.

Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk melihat pengguna di sekitar, membeli, melihat siapa yang tertarik dengan anda, melakukan chatting, bahkan membeli dan mengirim hadiah. Untuk menggunakan fitur premiumnya, Anda bisa menandai pengguna favorite untuk mendapatkan poin.

FRIENDABLE

FRIENDABLE
www.globaldatinginsights.com

Aplikasi frienddable bisa anda gunakan untuk mencari jodoh. Dengan aplikasi ini anda bisa terbantu untuk mendapatkan teman baru yang memiliki ketertarikan sama dengan anda. Bahkan anda bisa melakukan chatting dan saling bertukar hadiah dengan pengguna lain di sekitar anda. Keuntungan menggunakan aplikasi ini yaitu anda bisa mendapatkan pasangan yang tidak jauh dari sekitar anda.

HAPPN

HAPPN
www.downloadhappn.com

Happn merupakan aplikasi cari jodoh yang bisa membantu anda untuk terhubung dengan orang yang sudah pernah anda temui di kehidupan nyata, sehingga Anda tidak akan canggung lagi. Dengan begitu anda bisa berkenalan lebih dalam dengan orang tersebut.

Uniknya lagi ketika anda berpapasan dengan pengguna hppn, profil orang tersebut akan muncul di beranda dan secara otomatis anda bisa memulai untuk berkomunikasi.

HINGE

HINGE
kumparan.com

Aplikasi kencan hinge sangatlah aman untuk digunakan. Buanglah jauh-jauh rasa khawatir jika mendapatkan orang yang bermaksud jahat.

Aplikasi ini terhubung langsung dengan Facebook sehingga tidak akan asing lagi dengan pengguna aplikasi ini karena termasuk teman Anda di Facebook. Untuk memutuskan Apakah anda ingin melanjutkan lebih jauh dengan orang tersebut, anda memiliki batas waktu 24 jam untuk memikirkannya.

Aplikasi hinge jika dilihat memang hampir mirip dengan tinder. Namun aplikasi ini memiliki kelebihan tersendiri bahkan penampilan dari Aplikasi ini sangat mirip dengan tinder. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu Anda bisa mendapatkan jodoh yang memiliki banyak kemiripan dengan anda. Pada aplikasi ini juga tersedia beberapa pertanyaan yang tidak sesulit pertanyaan di aplikasi cari jodoh lainnya.

HITCH

HITCH
thegorbalsla.com

Aplikasi hitch merupakan aplikasi menjodohkan 2 teman. Untuk menjodohkan mereka Anda bisa melakukannya secara anonim atau membuka identitas anda setelahnya. Namun jika anda yang sedang mencari jodoh, Anda  bisa meminta bantuan kepada teman atau saudara untuk menjodohkan anda dengan aplikasi ini, ya layaknya Anda yang menjodohkan orang lain.

TASTEBUDS

TASTEBUDS
review.bukalapak.com

Tarstebuds merupakan aplikasi yang hanya bisa digunakan oleh pengguna iOS. Uniknya aplikasi ini bisa menjodohkan  Anda dengan orang lain yang memiliki selera musik yang sama. Jika Anda menginginkan, Anda bisa menghubungkan akun ini dengan Facebook.

Agar lebih mudah untuk mendapatkan pasangan buat profil selengkap mungkin. Jika tidak berkenan Anda juga tidak dipaksa untuk mengisi profil yang lengkap. Anda bisa lebih mudah melihat berbagai profil dari pengguna lainnya, baik itu identitas lengkap dari pengguna atau bahkan potongan lagu dari artis yang mereka sukai.

Jika Anda merasa tertarik dengan orang tersebut, Anda bisa memberikan like. Jika tidak tertarik Anda bisa melakukan skip. Sebelum anda berjodoh dengan pengguna aplikasi ini, anda bisa mengirimkan lagu atau pesan kepadanya. Menggunakan aplikasi ini memang sangat menyenangkan, selain untuk menghibur diri Anda juga bisa mendapatkan bonus yaitu jodoh.

Keunggulan dari aplikasi ini jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya yaitu memiliki tampilan yang lebih bersih dan sederhana. Bahkan untuk menghubungkan dengan akun Facebook Anda bisa melakukannya dengan mudah. Aplikasi ini banyak digunakan untuk mencari teman menonton konser, karena aplikasi ini lebih terfokus pada selera musik seseorang. Anda bisa mendapatkan sebuah sentuhan personal dengan mendengarkan lagu yang seseorang sukai ketika membaca profil FB.

MATCH.COM

MATCH.COM
datingrangkings.com

Rekomendasi aplikasi cari jodoh yang selanjutnya yaitu match.com. Awalnya aplikasi ini menyediakan layanan kencan terbaik, sampai saat ini pun kualitas dari aplikasi ini tetap terjaga sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari jodoh.

Untuk login ke aplikasi ini Anda tidak perlu menghubungkannya ke Facebook, karena proses pendaftarannya sangat mudah yaitu anda perlu menambahkan sejumlah foto, menjawab beberapa pertanyaan yang tersedia baik berupa jenis kelamin dan preferensi penting lainnya.

Sebelum masuk Anda juga perlu untuk membuat username dan kata sandi agar aman untuk digunakan kedepannya. Untuk mencari jodoh menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, anda hanya perlu mengirimkan wink pada orang yang tersedia di database.

Setiap harinya aplikasi ini akan memberikan rekomendasi pasangan yang sekiranya cocok untuk anda. Aplikasi match.com memiliki fitur-fitur terbaik, namun Anda harus membayar biaya langganan setiap 6 bulan yang cukup mahal sekitar 21 dolar AS.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan jika berlangganan premium yaitu tersedia fitur lain yang bisa anda gunakan secara gratis Keunggulan lain dari Aplikasi mas Match.com yaitu memiliki tampilan yang sederhana dan minimalis.

Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya penggunaan aplikasi ini tersedia beberapa Tab yang meliputi “matches”, “search”, “viewed me”, dan “mixer”. Awal-awal penggunaan aplikasi ini memang rumit namun setelah terbiasa semuanya akan mudah untuk dilakukan.

MICO

MICO
thegorbalsla.com

Aplikasi Mico termasuk media sosial yang di dalamnya bisa digunakan untuk mencari jodoh. Dengan aplikasi ini bisa memudahkan anda untuk menemukan orang dekat atau bahkan dari seluruh dunia. Aplikasi ini menyediakan ruang pribadi sehingga Anda bisa menggunakannya untuk membagikan apapun yang Anda suka.

PARLOR

PARLOR
thegorbalsla.com

Aplikasi cari jodoh parlor yang bisa menghubungkan anda melalui sambungan telepon secara gratis. Bahkan jika calon pasangan anda berada di luar negeri tetap saja bisa menghubungkan anda melalui sambungan telepon secara gratis.

PLENTY OF FISH

PLENTY OF FISH
www.gotcha.id

Aplikasi cari jodoh plenty of Fish bisa menjadi aplikasi pilihan yang tepat, karena Anda bisa melihat orang yang cocok.  Anda juga bisa berkomunikasi dengannya secara gratis. Untuk menemukan orang yang cocok, aplikasi ini menggunakan algoritma mutakhir. Sampai saat ini aplikasi plentyoffish memiliki pengguna lebih dari 3 juta.

Baca Juga Aplikasi Chatting

Itulah ulasan lengkap mengenai aplikasi cari jodoh dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari beberapa aplikasi tersebut Anda bisa memilih mana yang sekiranya cocok dan mudah untuk digunakan. Semoga ulasan ini bisa membantu anda untuk mendapatkan jodoh.

2 pemikiran pada “22 Aplikasi Cari Jodoh beserta Kelebihan dan Kekurangannya”

Tinggalkan komentar