Site icon Made Blog

15 Aplikasi Bahasa Inggris Terbaik yang Bisa Kamu Install

Aplikasi bahasa inggris – Zaman semakin canggih dan kini tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa meningkatkan keahlian dalam berbahasa asing, misalnya seperti bahasa Inggris. Apalagi seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasanya bahasa Inggris ini memang merupakan bahasa Internasional yang banyak dipakai dimana-mana.

Dengan demikian Anda harus tahu dan banyak menguasai kosa kata bahasa Inggris. Saat ini untuk memperkaya kosa kata bahasa Inggris juga sudah tidak perlu lagi membawa kamus kemana-mana. Hal tersebut dikarenakan sudah ada aplikasi bahasa Inggris yang membuat belajar bahasa Inggris Anda semakin mudah dan menyenangkan.

Selain itu, aplikasi bahasa Inggris ini bisa didapatkan dengan gratis di Google Play Store. Di bawah ini kami akan membahas aplikasi-aplikasi bahasa Inggris rekomended untuk Anda yang ingin menambah kemampuan berbahasa Inggris.

Rekomendasi Aplikasi Bahasa Inggris

Aplikasi yang akan kami ulas juga khusus dirancang untuk bisa membantu para penggunanya dalam proses belajar bahasa Inggris dan juga merevisinya ke dalam bagian-bagian kecil. Dengan demikian, waktu luang Anda bisa dimanfaatkan dengan belajar bahasa Inggris melalui aplikasi di mana saja dan kapan saja. Misalnya seperti di kendaraan umum, sembari menunggu air mendidih dan lain sebagainya.

APLIKASI DUOLINGO

macpoin.com

Aplikasi bahasa Inggris yang pertama yaitu Duolingo yang bisa digunakan untuk mempelajari bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa apa saja dan termasuk dalam bahasa Indonesia.

Aplikasi Duolingo juga didesain khusus supaya Anda bisa mempelajari bahasa Inggris dengan cepat. Jadi apabila Anda masih belum pernah belajar bahasa Inggris sama sekali, maka Anda bisa memulainya dengan menggunakan aplikasi Duolingo ini dengan memanfaatkan waktu 20 menit setiap harinya.

Hanya dalam waktu singkat saja Anda sudah berhasil menguasai kalimat-kalimat bahasa Inggris yang sederhana, tahu tentang frasa bahasa Inggris, bisa membaca artikel dalam bahasa Inggris dan sudah terbukti juga aplikasi ini sangat efektif.

Selain itu, aplikasi Duolingo ini akan memberikan pengajaran kepada Anda sekitar 7 kosa kata baru setiap babnya dengan berdasarkan suatu topik. Misalnya seperti topik kata sifat, pendidikan, sains, sekolah dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, di dalam aplikasi ini juga terdapat latihan soal yang harus Anda kerjakan.

Contohnya seperti mencocokkan kata tertentu dengan gambar, menerjemahkan kalimat berbahasa Inggris, menirukan membaca kalimat bahasa Inggris dan lain sebagainya. Tentunya setiap proses pembelajaran akan menemui suatu kendala, seperti lupa kosa kata.

Nah, aplikasi Duolingo ini akan membantu Anda memecahkan kendala tersebut. Hal tersebut dikarenakan aplikasi Duolingo ini akan mengingatkan Anda dengan kosa kata yang pernah dipelajari setiap minggunya yaitu dengan mengerjakan soal-soal beberapa kali.

Dengan demikian Anda akan lebih mudah dalam mengingat kosa kata bahasa Inggris tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa hanya dengan waktu 10 sampai dengan 20 menit saja setiap harinya, Anda sudah bisa menyelesaikan kursus bahasa Inggris Anda di Duolingo. Maka dari itu tak heran jika aplikasi Duolingo ini menjadi salah satu aplikasi bahasa Inggris yang sangat rekomended dan aplikasi terbaik.

LEARN ENGLISH VOCABULARY

thegorbalsla.com

Apabila Anda ingin mencari aplikasi terbaik dalam belajar bahasa Inggris, maka jawabannya adalah aplikasi yang mengajarkan kosa kata bahasa Inggris. Nah, aplikasi Learn English Vocabulary ini sangat cocok untuk Anda miliki dan baik sekali untuk pemula yang ingin memperlancar bahasa Inggris Anda.

Di dalam aplikasi ini telah mendukung kosa kata sekitar 6.000 yang dilengkapi dengan gambar, rekaman pengucapan dan juga transkripsi fonetik. Selain itu kosa kata yang disediakan oleh aplikasi English Vocabulary ini telah diterjemahkan ke dalam sekitar 59 bahasa di seluruh dunia.

LEARN ENGLISH GRAMMAR

lingual.net

Aplikasi bahasa Inggris Learnenglish Grammar merupakan sebuah aplikasi rilisan sebuah organisasi yang terpercaya dan paling dihormati dalam mengajar bahasa Inggris yaitu British Council. Aplikasi merupakan aplikasi interaktif yang mampu membuat kemampuan bahasa Inggris Anda semakin berkembang.

Di dalam aplikasi tersebut setiap babnya telah mencakup 12 topik grammar serta 20 tugas yang harus dikerjakan. Di dalam tugas tersebut akan ada ribuan pertanyaan, dari yang masih pemula sampai dengan yang sudah mahir.

APLIKASI ROSETTA STONE

thegorbalsla.com

Aplikasi bahasa Inggris yang selanjutnya yaitu Rosetta Stone yang telah menjadi metode belajar bahasa Inggris paling populer. Selain itu juga merupakan metode yang sangat unik daripada metode-metode yang lainnya. Aplikasi belajar bahasa Inggris pada umumnya akan menggunakan bahasa dari ibu Anda.

Misalnya dengan menggunakan bahasa Indonesia atau menggunakan terjemahnya untuk memberikan penjelasannya. Sedangkan metode yang digunakan oleh aplikasi Rosetta Stone ini berbeda yang mana cara mengajarkannya juga dengan menggunakan bahasa Inggris.

Pertama yaitu sebelum Anda membentuk Frasa dan juga kalimat yang panjang, maka Anda akan diajari beberapa kosa kata dasar terlebih dahulu. Contohnya belajar kosa kata seperti “women”, “man” dan “park” dengan menggunakan gambar.

Selanjutnya aplikasi Rosetta Stone ini akan mengajari Anda membuat kalimat seperti “a women and man is standing in the park”. Nah, mungkin jika Anda masih belum tahu arti dari “stand”, maka kemungkinan besar Anda bisa menebaknya hanya dengan melihat gambarnya sehingga akan lebih mudah hafal.

Dengan belajar bahasa Inggris menggunakan metode tersebut maka aplikasi Rosetta Stone ini akan mengajari bahasa Inggris kepada Anda tanpa pakai metode ibu Anda. Bahkan sudah terbukti metode tersebut sangat efektif. Maka dari itu aplikasi Rosetta Stone ini sangat rekomended untuk belajar bahasa Inggris tanpa bergantung dengan bahasa aslinya.

APLIKASI FLUENTU

ww.extaliahobbies.com

Aplikasi FluentU adalah aplikasi bahasa Inggris yang sangat menyenangkan karena pembelajarannya menggunakan video di dunia nyata, misalnya seperti iklan, video klip musik, acara motivasi atau juga berita.

Tidak seperti aplikasi bahasa Inggris yang lainnya, aplikasi FluentU ini akan memperkenalkan Anda pada bahasa Inggris dengan cara yang alami. Dengan demikian Anda akan terbiasa menggunakan bahasa Inggris seiring dengan berjalannya waktu.

Di dalam aplikasi ini tersedia banyak video yang akan membuat Anda terbiasa mendengar percakapan berbahasa Inggris. Di setiap videonya telah dilengkapi pula dengan tulisan yang sangat interaktif. Selanjutnya Anda dapat memilih salah satu kata untuk bisa melihat definisinya, gambarnya dan bahkan contohnya yang sering digunakan sehari-hari.

Bukan hanya itu saja, melalui aplikasi FluentU ini Anda akan banyak mempelajari banyak sekali kosa kata dalam bentuk video melalui kuis. Anda juga bisa menggesernya ke kanan atau ke kiri untuk mengetahui sudah seberapa banyak kosa kata yang sudah Anda pelajari.

Sedangkan bagian terbaik yang dimiliki dari aplikasi FluentU ini yaitu seluruh kosa kata yang sudah Anda pelajari sebelumnya akan tercatat dengan rapi dan baik di dalam aplikasi ini.  Selain itu, FluentU ini juga akan memberikan rekomendasi kepada Anda tentang video dan juga contoh lainnya yang mana hal tersebut berdasarkan pada kosa kata yang sudah dipelajari.

Dengan demikian, bagi setiap pengguna aplikasi ini akan punya cerita pengalaman yang berbeda satu sama lain, walaupun videonya persis. Jadi aplikasi ini sangat rekomended bagi Anda yang senang dengan pembelajaran audio visual dan ingin belajar bahasa Inggris yang seru.

APLIKASI SPEAKINGPAL

www.youtube.com

Aplikasi bahasa Inggris yang satu ini juga tak kalah uniknya yaitu menggunakan metode dengan melalui teknologi deteksi suara. Bahkan aplikasi SpeakingPal ini mampu membuat simulasi obrolan di telepon sehingga kemampuan berbahasa Inggris Anda akan semakin meningkat.

Aplikasi SpeakingPal ini punya versi gratis yang punya 16 level. Akan tetapi supaya bisa dapat aplikasi yang lebih lengkap yaitu 100 level, maka Anda harus membayar supaya kemampuan berbahasa Inggris Anda semakin fasih.

ENGLISH GRAMMAR ULTIMATE

catalog.keep.edu.hk

Aplikasi English Grammar Ultimate adalah aplikasi yang sangat tepat untuk Anda download karena fokus pada perbaikan tata bahasa Inggris. Di dalamnya tercakup hampir seluruh komponen utama dalam pembelajaran tata bahasa Inggris mulai dari tenses, direct speech dan lain sebagainya.

Di samping itu, Anda bisa semakin terasah tata bahasa Inggrisnya dengan melihat banyaknya kesalahan tata bahasa yang umum.

APLIKASI BABBEL

inovasi.com

Aplikasi bahasa Inggris yang satu ini lebih berfokus pada kemampuan berbicara dasar dalam bahasa Inggris. Aplikasi Babble ini merupakan aplikasi paling hebat karena dijamin bisa menambah kosa kata bahasa Inggris Anda.

Selain itu aplikasi ini menggunakan metode dengan cara melengkapi serta mengulangi berbagai macam frasa untuk bisa lebih menguasai bahasa Inggris. Di dalam aplikasi Babble ini telah ditawarkan ada 4 pendekatan yang berbeda satu sama lain yaitu gambar, suara, mengisi kalimat rumpang dan juga pengejaan.

Jelas terlihat bahwa aplikasi Babbel ini lebih menekankan pada kualitas pembelajaran bahasa Inggris daripada kuantitasnya. Nah, di dalam aplikasi ini Anda bisa mengatur sendiri target Anda. Selain itu jika Anda ingin lebih efektif dalam belajar kosa kata, maka pilih aplikasi  Babble ini.

APLIKASI OPEN LANGUAGE

arofat.student.umm.ac.id

Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris dengan cara yang berbeda, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi Open Language ini. Jika Anda pernah belajar tentang bahasa Inggris sebelumnya, mungkin Anda sudah kenal dengan istilah skala CEFR yang biasanya skala ini dipakai untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa.

Skala tersebut ada mulai dari A1 atau pemula sampai dengan C2 atau mahir. Di setiap tingkatannya, maka Anda akan menjumpai pembelajaran dan juga tujuan yang berbeda. Misalnya seperti pembelajaran bahasa Inggris untuk bisnis, untuk percakapan sehari-hari, untuk presentasi sampai dengan bahasa Inggris untuk wawancara.

Selain itu, setiap pmbelajaran di aplikasi Open Language ini sangat komprehensif. Pada setiap pembelajarannya, aplikasi Open Language akan memberikan Anda latihan yang tujuannya untuk membantu menajamkan kemampuan Anda pada bagian bab yang berbeda dari sebelumnya.

Misalnya Anda akan menjumpai suatu percakapan yang mana Anda akan mempelajari kosa kata yang ada di dalam percakapan tersebut secara khusus. Selain itu juga Anda akan mempelajari kosa kata tambahan serta latihan mengulang pembelajaran yang sudah dipelajari serta ada tugas interaktif yang diberikan di akhir pembelajaran bahasa Inggris.

Jika Anda ingin belajar Bahasa Inggris dengan lebih detail, maka sangat tepat jika Anda menggunakan aplikasi Open Language ini. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini telah mencakup banyak sekali materi yang akan membuat kemampuan berbahasa Inggris Anda semakin meningkat.

APLIKASI MINDSNACKS

thegorbalsa.com

Aplikasi MindSnacks merupakan aplikasi bahasa Inggris yang mudah digunakan dan punya tampilan yang sangat menarik. Anda juga bisa menambahkan kosa kata bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi kosa kata SAT.

Sebelumnya apabila Anda ingin dapat skor yang tinggi di SAT ini, maka Anda harus membaca daftar kosa kata SAT tersebut. Akan tetapi cara tersebut mungkin saja akan sangat membosankan karena seperti membaca kamus saja. Maka dari itu aplikasi MindSnacks ini muncul dengan keunggulan yang dibawanya yaitu menghadirkan proses belajar bahasa Inggris yang menyenangkan dengan permainan.

Total permainan yang disediakan oleh aplikasi ini ada 9. Di setiap permainannya telah didesain khusus untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris dengan menggunakan cara yang beda. Contohnya seperti permainan balon yang berwarna biru dan merah.

Kemudian Anda akan menerima 3 balon yang terdapat kata “abstruse”, “ludicrous”, “glorify” dan pada balon berwarna merah bertuliskan kata “prise” dan “absurd”, “hard to understand”. Sedangkan di balon berwarna biru terdapat kata yang artinya mirip dengan kata di balon berwarna merah.

Nah, dalam permainan tersebut Anda harus memasangkan setiap balon tersebut sampai cocok. Nah, aplikasi MindSnacks ini memang sangat disarankan bagi Anda yang ingin banyak menguasai kosa kata bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

APLIKASI MOSALINGUA

thegorbalsla.com

Aplikasi bahasa Inggris satu lagi yang akan memberikan Anda pembelajaran bahasa Inggris dengan metode yang efektif yaitu aplikasi Mosalingua. Contohnya seperti salah satu masalah yang sampai saat ini menjadi momok bagi mereka yang belajar bahasa Inggris yaitu belajar kosa kata baru.

Sebab pasti kebanyakan akan lupa dengan kosa kata tersebut. Dengan demikian banyak yang frustasi dengan hal tersebut. Nah, aplikasi Mosalingua ini menjadi alternatif bagi Anda yang kesulitan mengingat kosa kata baru yaitu dengan menggunakan metode SRS.

Metode tersebut adalah Spaced Repetiton Software yang mana metode tersebut didesain supaya Anda terbantu untuk mengingat kosa kata baru. Misalnya jika Anda melupakan kosa kata baru pada 3 bulan yang lalu, maka Mosalingua ini akan membantu Anda untuk mengulas kembali kosa kata tersebut selama dua minggu sekali supaya Anda tidak lupa.

Selain itu, aplikasi ini juga berfokus pada 1500 kosa kata yang paling penting di dalam pembelajaran bahasa Inggris yang sering digunakan dalam bahasa sehari-hari.

APLIKASI PHRASALSTEIN

apkpure.com

Aplikasi Phrasalstein merupakan aplikasi bahasa Inggris yang dibuat oleh  Cambridge Learning. Aplikasi ini tidak seperti aplikasi lainnya karena aplikasi ini didesain untuk menambah pengetahuan Anda terkait dengan frasa verba. Di dalamnya terdapat 100 frasa verba yang akan Anda pelajari dengan menggunakan contoh dan animasi yang cukup menarik.

APLIKASI MEMRISE

gatgetren.com

Aplikasi bahasa Inggris yang satu ini hampir mirip dengan aplikasi MindSnacks yakni untuk membuat koleksi kosa kata Anda meningkat. Akan tetapi beda aplikasi Memrise dengan MinsSnacks ini yaitu aplikasi ini tidak disediakan permainan.

Metode yang dipakai pada aplikasi Mimrise ini yaitu menggunakan cara-cara yang kreatif dan menghibur dalam meningkatkan kosa kata bahasa Inggris Anda sebab dengan cara yang lucu dan menyenangkan akan lebih mudah diingat. Yang paling menarik dari aplikasi Memrise ini yaitu semua pembelajarannya didesain sendiri oleh sesama penggunanya.

Dengan demikian Anda bisa  bisa tahu pengguna lain dalam mempelajari kosa kata yang sama. Di dalam aplikasi ini terdapat lebih dari 13 halaman yang berisikan tentang pembelajaran bahasa Inggris yang sangat mudah seperti kisah cinta karya Charles Dickens “A Tale of Two Cities sampai dengan “English Irreguler Verbs”.

Banyak orang terutama para pelajar yang merasa bahwa mempelajari kosa kata baru bahasa Inggris adalah hal yang sangat sulit. Khususnya lagi bahasa Inggris versi Amerika yang mana kosa katanya sangat banyak sekali.

Nah, dengan menggunakan aplikasi Memrise ini Anda tak akan lagi merasa belajar kosa kata adalah hal yang paling sulit. Hal tersebut dikarenakan Anda akan belajar dengan cara yang seru dan menyenangkan sehingga akan lebih mudah dalam mengingat kosa kata baru.

APLIKASI BUSUU

sanet.st

Aplikasi Busuu adalah aplikasi bahasa Inggris yang metodenya tidak seperti di aplikasi lainnya yang kebanyakan aplikasinya digunakan untuk pribadi. Aplikai Busuu ini bisa Anda gunakan untuk berbicara dengan pengguna yang menggunakan bahasa Inggris asli.

Hal tersebut bertujuan supaya kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris semakin terasah. Meskipun aplikasi ini lebih fokus pada pelatihan kemampuan dalam berbicara bahasa Inggris, namun sebenarnya aplikasi Busuu ini mirip dengan aplikasi Open Language.

Aplikasi ini telah didasarkan terhadap skala CEFR serta telah didesain dengan gayanya yang juga mirip. Setiap pembelajaran di dalam aplikasi ini mengandung kata kunci, sesi untuk latihan menulis, percakapan serta pengulangan-pengulangan pembelajaran.

Dengan ketersediaan semuanya itu, maka bisa Anda gunakan untuk belajar menulis, belajar membaca, belajar berbicara serta mendengarkan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja. Jadi jika Anda senang berbicara dengan banyak orang dan ingin berbicara dengan bahasa Inggris, maka asah kemampuan Anda dengan aplikasi Busuu ini.

APLIKASI LINGBE

jalantikus.com

Aplikasi bahasa Inggris yang terakhir yaitu aplikasi Lingbe. Aplikasi ini sangat cocok Anda jadikan pilihan jika Anda ingin menerapkan bahasa Inggris dalam kehidupan nyata. Jadi di aplikasi Lingbe ini Anda bisa saling terhubung dengan para pengguna bahasa Inggris asli yang akan ikut membantu Anda dalam belajar bahasa Inggris.

Di samping itu, aplikasi Lingbe ini punya sistem pertukaran bahasa. Nah, jika Anda sedang melakukan percakapan dengan orang yang asli menggunakan bahasa Inggris, maka terlebih dahulu Anda juga harus mengajarkan bahasa Indonesia kepadanya. Selain itu aplikasi belajar bahasa Inggris ini juga menjadi pilihan aplikasi yang sangat seru untuk bisa belajar bahasa Inggris sekaligus menambah teman dengan budaya yang berbeda dengan kita.

Baca Juga Aplikasi Musik

Nah, jadi aplikasi bahasa Inggris yang mana yang ingin Anda coba? Kini semuanya bisa Anda dapatkan dengan gratis di Google Pay Store. Jangan lupa juga untuk memberitahukan kepada teman Anda yang ingin belajar bahasa Inggris juga. Dengan demikian Anda bisa belajar bersama dengan teman Anda. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version