15 Aplikasi Android Untuk PC Terbaik yang Bisa Kamu Miliki

Aplikasi android untuk PC – Pada zaman modern seperti sekarang ini, gadget adalah hal yang lumrah bagi orang Indonesia sekarang. Bukan hanya smartphone saja, tetapi juga personal komputer atau lebih dikenal dengan PC. Namun seperti yang Anda tahu, bahwa PC sulit untuk dibawa bepergian, jadi kurang efisien.

Makanya jika ada keperluan yang menggunakan PC akan sulit, dan alternatifnya adalah menggunakan smartphone. Bukan dihubungkan secara konvensional, namun menggunakan aplikasi sehingga menjadi lebih mudah. Apalagi jika berhubungan dengan gaya hidup era digital ini, segalanya serba cepat, efisien, dan mudah.

Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi yang dikembangkan di sistem operasi PC dan juga smartphone Android. Memang tidak semua pengembang aplikasi membuatnya seperti itu, tetapi syukurnya ada pengembang aplikasi penting yang melakukannya.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi Android yang penting dan bermanfaat dan dikembangkan di PC.

Contents

Aplikasi Android Untuk PC 

Microsoft Word

Microsoft Word
softmany.com

Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini bukanlah aplikasi untuk bermain-main dan  berkomunikasi. Microsoft Word ini memang digunakan untuk keperluan dokumen, ada yang Office, dan ada juga yang Student.

Itu tergantung dengan pemakainya, tapi sebenarnya juga sama saja. Biasanya yang membutuhkan aplikasi ini adalah para pekerja kantor, freelancer, siswa, dan mahasiswa. Kegunaan Microsoft Word ini adalah untuk membuat file atau dokumen secara digital, dan bisa dicetak.

Berbeda dengan era sebelumnya sebelum masuk teknologi digital yang masih menggunakan mesin ketik, sekarang untuk membuat dokumen lebih mudah dan efisien dengan Microsoft Word. Anda bisa mengetik, mengedit dokumen, melihat hasil dokumen, membagikan, serta menyalin dokumen dengan mudah dan cepat.

Memang dulu aplikasi ini hanya tersedia pada PC yang menggunakan sistem operasi Windows dari Microsoft. Namun seiring dengan perkembangan smartphone Android, aplikasi ini juga sudah tersedia di Play Store. Jadi ketika Anda sedang tidak membawa PC, Anda bisa membuat dan mengedit dokumen dari smartphone Android Anda.

Line

Line
mercijapon.fr

Aplikasi yang satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi pengguna Android, kabar bahagianya sekarang line sudah tersedia di PC OS. Anda akan mendapatkan kemudahan dengan menggunakan aplikasi Line untuk berkomunikasi.

Karena aplikasi ini menyediakan fitur panggilan gratis baik panggilan video maupun panggilan suara, serta chatting atau kirim pesan. Jika Anda belum pernah menggunakan aplikasi ini, maka Anda akan tahu mengapa aplikasi Line sangat populer bahkan teratas di 42 negara.

Ada berbagai fitur menarik yang bisa Anda coba untuk berkomunikasi, seperti penggunaan stiker sampai dengan filter dalam melakukan panggilan video. Selain itu, untuk mengupdate informasi Anda disediakan fitur time line, sangat menyenangkan.

Lebih menariknya lagi, satu akun Anda bisa dibuka di Android maupun di PC, tapi dengan riwayat percakapan yang sama. Jadi jika Anda berganti perangkat, Anda tidak perlu bingung lagi untuk meneruskan percakapan. Karena akun tersinkronasi, membuat Anda semakin mudah dalam berkomunikasi. Selain itu Anda bisa menyimpan file di Line Keep dan mengetahui informasi dari selebriti dari OA.

Netflix

Netflix
www.amazone.co.uk

Kalau aplikasi yang satu ini memang bukanlah untuk berkomunikasi maupun bekerja, melainkan untuk mencari hiburan. Jadi kalau Anda mau mencari hiburan, maka aplikasi ini bisa menjadi solusi dan pilihan.

Dalam aplikasi Netflix Anda bisa menemukan acara televisi per episode dan berbagai film yang terbaru sampai yang terbaik. Baik itu film keluaran Netflix maupun film yang dirilis secara umum di dunia. Dengan adanya aplikasi ini Anda bisa menonton film maupun acara televisi dengan mudah dan efisien, di mana saja dan kapan saja.

Karena aplikasi ini sudah tersedia di smartphone Android serta PC. Jadi ini bisa memberikan pengalaman baru untuk Anda dalam menerima sebuah hiburan secara digital. Ketika Anda merasa bosan Anda tinggal membuka smartphone Android Anda maupun PC Anda dan menonton acara di Netflix.

Untuk mendapatkan aplikasi ini juga tidak sulit, Anda bisa mengunduhnya secara gratis, baik di bursa Windows maupun di Android play store. Tapi untuk bisa menikmati layanan tanpa batas dari Netflix, Anda perlu membayar biaya member. Tapi kalau Anda tidak ingin membayar, ada tetap bisa menikmati layanan di Netflix, tetapi terbatas.atau mungkin Anda bisa mencoba layanan keanggotaan selama satu bulan secara gratis.

WhatsApp

WhatsApp
www.whatsapp.com

Aplikasi chatting yang satu ini memang sedang populer di Indonesia, bahkan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa mengerti aplikasi ini. Ada banyak faktor yang menyebabkan aplikasi ini meroket dan populer di Indonesia. Mulai dari layanan gratis yang ditawarkan, hingga berbagai fitur yang menarik untuk berkomunikasi.

Hebatnya lagi, Anda bisa mengakses aplikasi ini dari smartphone Android maupun dari PC. Untuk dapat mengakses aplikasi ini Anda memerlukan koneksi internet, dengan begitu Anda bisa menggunakannya untuk berbalas pesan secara gratis maupun panggilan suara dan video.

Karena memang pada jaman sekarang ini mengirim SMS sudah tidak tren lagi, semua beralih menggunakan WhatsApp. Kalau SMS kan membayar untuk biaya admin pada operator, sedangkan WhatsApp, hanya memerlukan koneksi internet saja.

Berbagai fitur canggih yang ditawarkan juga sangat menarik perhatian, mulai dari adanya foto profil, status pesan, panggilan gratis, panggilan video secara gratis, hingga membagikan momen di status bisa Anda nikmati. Semuanya bisa Anda nikmati secara gratis dan tidak membutuhkan pembayaran untuk keanggotaan. Untuk membagikan video, foto, dokumen, serta pesan suara juga bisa dilakukan melalui WhatsApp.

Instagram

Instagram
variety.com

Instagram memang sudah tidak asing lagi bagi netizen Indonesia, karena memang sosial media mudah untuk populer di Indonesia. Aplikasi ini memang banyak disukai oleh orang yang suka membagikan moment melalui foto atau video mereka.

Pada awalnya memang hanya bisa dinikmati melalui smartphone, namun pengembang aplikasi ini merambah ke PC. Jadi Anda bisa membuka akun Instagram Anda melalui PC. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang suka berfoto atau memiliki hobi di dunia fotografi.

Selain mengunggah foto atau video, Anda bisa membagikan moment Anda melalui Instagram story. Untuk bisa mendapatkan informasi terbaru dan juga update cari keluarga, teman maupun artis, Anda bisa mengikuti akun mereka. ada banyak pengguna aplikasi Instagram lainnya dari seluruh dunia yang bisa Anda ikuti.

Jika Anda bergabung di Instagram,Anda bisa membagikan moment ceria Anda atau foto-foto indah Anda kepada orang lain. Untuk mempercantik foto Anda Anda bisa menggunakan filter yang tersedia di Instagram. Selain itu ada juga berbagai efek menarik untuk digunakan pada Instagram story. Untuk Instagram story sendiri, konten tidak bisa bertahan lama, setelah 24 jam cara otomatis konten akan hilang.

Spotify Music

Spotify Music
www.spotify.com

Jika Anda adalah pecinta musik, maka aplikasi ini sudah tidak asing lagi, karena Anda bisa menemukan berjuta-juta lagu dan juga perempuan musisi dari seluruh dunia di aplikasi.

Sekarang untuk menikmati layanan streaming music dari Spotify, bukan hanya melalui smartphone Android saja tetapi juga bisa melalui PC. siapapun artisnya dan apapun lagunya Anda akan menemukannya dengan mudah di Spotify.

Anda bisa membuat playlist musik kesukaan Anda dan mengetahui update single atau album terbaru dari musisi favorite Anda. Bermacam-macam genre lagu jika bisa Anda temukan, mulai dari rock, rnb, hip hop, pop, edm, dan berbagai genre lainnya.

Musisi nya pun juga termasuk lengkap, mulai dari barat seperti Amerika dan Eropa, serta asia seperti Jepang, Korea, Indonesia, dan berbagai negara lainnya. Namun untuk mendapatkan layanan secara maksimal dari Spotify, Anda perlu membayar untuk fitur premium.

Dengan begitu Anda bisa memutar musik apapun tanpa batasan, mengunduh lagu supaya bisa didengarkan secara offline, serta mendengarkan lagu tanpa adanya gangguan dari iklan. Tapi kalau Anda belum memiliki budget untuk fitur premium, Anda bisa mencoba layanan gratisnya selama dua minggu.

Adobe Photoshop Lightroom CC

Adobe Photoshop Lightroom CC
www.bukalapak.com

Mengedit foto memang kegiatan yang menyenangkan bagi pecinta fotografi, maupun Anda yang akan mengunggah foto Anda. Biasanya menambahkan filter dan membuat efek yang menarik akan bisa mempercantik foto Anda.

Aplikasi edit foto Adobe Photoshop Lightroom CC bisa menjadi pilihan Anda untuk mengedit foto manual. Memang aplikasi ini biasanya terdapat pada PC, namun sekarang Anda bisa melakukan edit foto dengan aplikasi ini melalui smartphone Android.

Dengan aplikasi ini Anda bisa mengedit foto maupun memotret foto secara langsung, dan terdapat pengaturan edit secara manual. Jika fotonya sudah selesai diedit, bisa langsung Anda bagikan melalui sosial media Anda. Memang fitur untuk mengedit foto gratis terbatas, maka Anda bisa mengupgrade akun Anda menjadi premium dan berbayar.

Namun jika Anda tidak ingin mengupgradenya, Anda tetap bisa mengedit foto dengan baik karena fitur dasar tetap disediakan secara gratis. Dalam memotret foto di aplikasi ini, Anda juga bisa menemukan fitur profesional, namun menggunakan kamera smartphone Anda.

Supaya hasil editan Anda terlihat lebih detail anda bisa menerapkan format DNG raw. Sedangkan untuk efek disediakan bermacam-macam efek yang bisa Anda terapkan pada foto. Tetapi jika menurut Anda kurang pas, Anda bisa membuat efek secara manual.

Facebook Messenger

 Facebook Messenger
techrunch.com

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini. Mungkin semua orang di dunia juga tahu aplikasi Facebook. Ketika menggunakan aplikasi ini, memang Anda bisa berkomunikasi dengan siapapun dan membuat pertemanan.

Sehingga Anda bisa menjalin hubungan pertemanan dengan berbagai orang dari seluruh dunia. Memang ada banyak fiturnya, salah satunya adalah Facebook Messenger untuk bertukar pesan. Supaya Anda bisa menemukan teman, Anda bisa mencari namanya atau dengan menggunakan nomor telepon.

Dan untuk bisa membuka Facebook Messenger  ini, bisa dilakukan melalui PC ataupun smartphone Anda. Percakapan pada Facebook Messenger bisa Anda lakukan dengan berbagai variasi. Anda bisa mengirimkan pesan teks, membagikan berbagai video ataupun foto, serta melakukan panggilan baik itu panggilan video ataupun suara.

Lebih enaknya lagi ada bisa melakukan panggilan video secara grup dengan menggunakan Facebook Messenger. Dan kualitas videonya pun bukan abal-abal dan terjamin bagus. Untuk menikmati layanan dari Facebook Messenger, Anda tidak perlu membayar biaya lagi. Karena semua layanan nya gratis, dan Anda cukup menyediakan untuk koneksi internetnya saja. Tentunya aplikasi ini adalah salah satu favorit dari pengguna Facebook.

Skype

Skype
www.theverge.com

Jika melihat ke belakang mengenai aplikasi bertukar pesan yang paling tua, maka sekat adalah jawabannya. Meskipun tertua, aplikasi ini masih banyak digunakan oleh para netizen di seluruh dunia.

Aplikasi ini memang lebih banyak digunakan untuk melakukan panggilan, baik itu panggilan video maupun panggilan suara. Hal ini karena memang kualitasnya untuk melakukan panggilan sangatlah bagus dan memadai. Karena memang perkembangan aplikasi digital sangat pesat, maka Skype juga tidak bisa ketinggalan.

Sekarang fiturnya juga bertambah, Anda bisa mengirimkan foto atau video dalam percakapan, dan jika Anda tidak mau mengetik bisa mengirimkan pesan suara, serta menggunakan emoji dalam pesan teks. Dan semuanya bisa Anda nikmati secara gratis baik dalam pengunduhan aplikasi Skype maupun layanannya.

Untuk melakukan komunikasi secara grup, aplikasi ini juga sangat mendukung. Karena Anda bisa membuat grup dengan menambahkan anggotanya, kemudian Anda buat rencana atau hubungan.kalau sudah ada bisa melakukan komunikasi dalam grup tersebut baik itu pesan text maupun panggilan. Tentunya semua itu membutuhkan koneksi internet, jadi Anda sub jangan saja koneksi internet yang cepat supaya komunikasi juga lancar.

Mozilla Firefox Browser

Mozilla Firefox Browser
medium.com

Jika dilihat dari aplikasi ini, memang Anda akan sering menemuinya pada PC. Namun karena banyaknya penggemar dari aplikasi browser ini, dan juga penggunaan smartphone yang semakin marak. Membuat pengembang dari Mozilla Firefox, juga menyediakan aplikasi ini pada smartphone Android.

Sehingga Anda bisa berselancar secara cepat dan aman dengan menggunakan aplikasi Mozilla Firefox pada smartphone Anda. Karena memang Firefox browser sendiri dikembangkan oleh perusahaan Mozilla, di mana pengembang ini keamanannya sangat bagus dan terpercaya.

Pelayanannya pun dibuat dan dipertimbangkan untuk memuaskan pengguna dari browser ini. Ada berbagai fitur yang akan membuat pencarian Anda semakin cepat, tepat dan aman. Anda bisa menandai bookmark untuk website favorit Anda, ataupun membuat shortcut pada home webpage.

LinkedIn

LinkedIn
www.source.com

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menggali potensi dan juga menemukan hubungan dan koneksi baru. Dengan aplikasi ini Anda bisa mencari lowongan pekerjaan dan mendapatkan informasi terbaru mengenai perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Sehingga ini bisa dikategorikan sebagai aplikasi yang membantu kehidupan Anda. Dan untuk mengunduhnya Anda tidak perlu membayar dan disediakan secara gratis. LinkedIn ini, di sini Anda gunakan agar terhubung dengan semua orang yang berada di jaringan milik Anda termasuk sesama karyawan.

Jika Anda tertarik dengan bisnis, aplikasi ini bisa memberikan berita paling aktual dari berbagai industri dan bisnis. Mungkin ada juga bisa membuat koneksi dengan karyawan suatu perusahaan untuk bisa menemukan lowongan pekerjaan. Tentunya aplikasi yang tersedia di Android dan PC ini sangatlah berpengaruh untuk karir pekerjaan Anda.

Berbeda dengan aplikasi sosial lainnya yang digunakan untuk bersosialisasi atau bersenang-senang, LinkedIn akan membantu Anda untuk menjadi lebih baik. dengan aplikasi ini dimanapun dan kapanpun Anda bisa mencari lowongan pekerjaan dan langsung melamar menggunakan CV yang sudah tersedia di aplikasi.

Dropbox

Dropbox
newatlas.com

Jika Anda tahu mengenai penyimpanan awan, maka tidak asing lagi dengan aplikasi Dropbox. Aplikasi ini menyediakan tempat penyimpanan untuk berbagai dokumen Anda, sehingga tidak memenuhi memori fisik Anda.

Anda bisa mengurangi kesibukan Anda dengan mengumpulkan harta mengelompokkan dokumen Anda ke dalam satu tempat yaitu Dropbox. Dokumen dan data yang tersimpan dalam Dropbox akan di sinkronisasi, sehingga Anda bisa mengakses dokumen itu kapan saja dan dimana saja tanpa harus membawa perangkat yang menyimpannya.

Bukan hanya itu, untuk berbagi dokumen juga sangat mudah bahkan kepada orang yang tidak memiliki akun Dropbox. Bukan hanya file yang kecil ukurannya, tetapi untuk file yang besar ukurannya juga bisa dibagikan dengan mudah 

Terdapat berbagai fitur bawakan yang menarik yang sangat berguna untuk kegiatan office. Misalnya seperti scan dokumen, membagikan folder, mengakses secara offline,dan berbagai fitur lainnya yang akan membuat pekerjaan Anda semakin mudah dan ringan.

Viber Free Messenger Anda Phone Calls

Viber Free Messenger Anda Phone Calls
itunes.apple.com

Viber ini menawarkan layanan dan fitur untuk berkomunikasi secara gratis dan hanya menggunakan internet. Anda bisa melakukan panggilan telepon, bertukar pesan, serta melakukan panggilan video dengan teman atau keluarga. Semua itu Anda nikmati dengan Viber secara gratis dan hanya mengandalkan koneksi internet.

Selain itu dalam melakukan percakapan, Anda juga bisa mengekspresikan dengan menggunakan stiker atau emoji, atau membagikan foto dan video kepada teman atau keluarga. Untuk menambahkan kontak pada aplikasi ini, tidaklah sulit.

Hanya dengan menambahkan nomor telepon ke dalam handphone, maka secara otomatis pengguna Viber makan menjadi kontak Anda. Fitur untuk membuat grup juga tidak ketinggalan, bahkan bisa mencakup hingga 250 orang dalam satu grup.

Uniknya lagi, dalam satu grup bukan hanya bisa bertukar pesan atau melakukan panggilan, tetapi juga bisa memberikan like pada pesan yang dikirimkan oleh anggota grup. Kualitas aplikasi ini memang sudah terjamin, bahkan penggunaannya saja sudah lebih dari 200 juta.

HipChat

HipChat
www.clinpng.com

Aplikasi yang satu ini bukan untuk personal, melainkan untuk komunikasi secara tim. Jadi secara singkatnya, aplikasi ini adalah aplikasi pesan singkat biasa tetapi digunakan secara tim. Namun untuk bisa menikmati fiturnya tanpa ada batasan, ada perlu berlangganan dan berbayar.

Sedangkan untuk versi gratisnya, dalam satu tim dibatasi maksimal 5 orang saja. Untuk biaya berlangganan, per bulannya adalah 2 dolar. Layanan aplikasi ini sebenarnya berjalan dengan lancar dan cepat, serta memiliki tampilan yang bagus dan menarik. Tapi sayangnya masih berbayar dan terbatas, serta tidak ada fitur co-working yang memang mendukung dalam tim.

Telegram

Telegram
www.callbell.eu

Aplikasi Telegram adalah aplikasi pesan singkat yang cepat dan instan yang bisa Anda gunakan. Semua orang di dunia bisa mengakses aplikasi ini, dan bertukar pesan dengan cepat. Bisa dengan melalui Android maupun PC, telegram tidak akan memenuhi ruang penyimpanan. 

Sebab pesan yang Anda kirim dan terima akan disimpan pada server. Sehingga akan membuat pesan aman dan perangkat Anda terbebas dari bug karena penuhnya memori.

Baca Juga Aplikasi Musik

Itulah lima belas aplikasi android yang bisa Anda gunakan melalui PC sehingga sambil bekerja pun bisa main chatting dengan asyik. Selamat mencoba! 

Tinggalkan komentar