Anjing Pudel: Ciri-Ciri, Jenis, Fungsi dan Cara Merawatnya

Anjing pudel – Anjing menjadi hewan peliharaan favorit banyak orang dikarenakan memiliki kelucuannya baik dari segi tingkah maupun penampilannya. Adapun salah satu jenis anjing yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah anjing pudel.

Jenis anjing tersebut merupakan salah satu kelompok utility peliharaan dari negara perancis. Ciri khas yang dimiliki oleh anjing jenis ini adalah bulu dengan bentuk keritingnya. Hal tersebutlah yang membuat jenis anjing ini berbeda dengan ras anjing lain serta membuatnya terlihat sangat lucu. 

Tidak hanya itu karakteristik lainnya dari anjing ini adalah juga berukuran lebih kecil dibandingkan dengan anjing pada umumnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk memeliharanya. Anjing jenis ini juga cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan karena dapat menjadi sahabat bermain serta sangat pandai beradaptasi. 

Oleh karena itu anjing jenis ini juga kerap ditampilkan pada banyak event sport di luar negeri. Terdapat banyak sekali informasi yang perlu diketahui terkait anjing pudel. Seperti jenisnya, kebutuhan yang perlu dipersiapkan dalam pemeliharaannya, hingga cara merawatnya. Beberapa informasi tersebut dapat diketahui melalui beberapa ulasan berikut ini. 

Contents

Fungsi Anjing Pudel

Fungsi Anjing Pudel
thegorbalsla.com

Anjing sendiri memiliki berbagai macam fungsi berdasarkan pada masing-masing ras dan jenisnya yang dapat mempengaruhi fungsinya. Misalkan saja yaitu anjing penjaga untuk kebutuhan keamanan dan juga jenis anjing hanya untuk dipelihara.

Berdasarkan hal tersebut setiap jenis anjing tentu memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri tidak terkecuali pada anjing pudel. Lebih lanjut setiap orang juga dapat memilih setiap jenis anjing berdasarkan kebutuhan dan selera masing-masing.

Dalam hal ini pudel tentu tidak cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga rumah dengan karakteristik fisik dan sifatnya yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sebenarnya jika dilihat dari sejarahnya, perkembangbiakan pudel dilakukan dengan tujuan untuk menjadikannya sebagai anjing berburu.

Selain itu anjing pudel dulunya juga berfungsi untuk menangkap unggas di air. Namun seiring berjalannya waktu dengan adanya bulu keriting yang rapat dan tebal pada anjing pudel. Maka hal tersebut memunculkan pikiran terkait adanya kemungkinan pudel yang mampu menghabiskan cukup banyak waktu di air tanpa adanya pengaruh bagi kesehatannya. 

Tidak hanya itu pudel juga memiliki fungsi yaitu bisa dijadikan sebagai teman bermain yang unik. Terlebih pudel jenis toy karena memiliki ukuran tubuh yang mini. Dengan ukuran tubuhnya tersebut maka pemilih anjing ini akan dapat dengan mudah membawanya bepergian.

Karena tidak memakan banyak tempat dan dapat di masukkan ke dalam tas. Fungsi lainnya dari anjing pudel saat ini adalah juga dapat digunakan pada penampilan berbagai macam acara seperti sirkus dan pameran. Hal tersebut juga berhubungan dengan sifat dari anjing ini yang atraktif dan cerdas. Sehingga cukup cepat untuk dilatih dalam melakukan berbagai macam aktivitas. 

Ciri-Ciri Anjing Pudel

Ciri-Ciri Anjing Pudel
thegorbalsla.com

Selain memiliki karakteristik yang telah disebutkan sebelumnya masih terdapat beberapa ciri khas lainnya dari anjing pudel. Karakteristik tersendiri yang dimiliki oleh anjing ini membuat para pecinta anjing sangat tertarik untuk mengadopsinya sebagai hewan peliharaan. 

Seperti yang diketahui bahwa anjing ini memiliki bulu yang lebat dan ukuran tubuh yang mungil. Hal tersebut membuat jenis anjing ini dapat didandani dengan memotong bulu-bulunya menjadi bentuk yang unik. Selain itu juga terdapat beberapa ciri khas lainnya dari anjing pudel yang didasarkan pada jenisnya.

Beberapa ciri khas  tersebut adalah terdiri dari sebagai berikut. 

  • Poodle Toy

Anjing jenis yang satu ini memiliki ciri-ciri yaitu berukuran sekitar 10 sampai 15 inci untuk tingginya. Berdasarkan hal tersebut terdapat catatan bahwa tinggi anjing jenis ini tidak boleh lebih dari 15 inci. 

  • Poodle Miniatur 

 Pudel miniatur menjadi jenis dengan ukuran yang paling kecil. Adapun berdasarkan hal tersebut tinggi dari anjing jenis ini tidak lebih mencapai 10 inchi atau setara dengan 25 cm. 

  • Poodle Standard

Jenis pudel yang terakhir adalah pudel standar dengan ciri khas yaitu paling tinggi diantara jenis lainnya. Dalam hal ini tinggi pudel standar dapat mencapai lebih dari 15 inchi atau sebanding dengan 38 cm. 

Selain ciri khas berdasarkan jenisnya diatas anjing pudel memiliki ciri-ciri fisik secara umum yaitu terdiri dari sebagai berikut. 

  1. Anjing poodle memiliki ciri khas telinga yang berbentuk panjang dan menggantung ke bawah. 
  2. Umumnya nya anjing poodle memiliki ciri khas berupa struktur anatomi yang terletak pada kepalanya yaitu berbentuk bulat dengan moncong yang panjang. 
  3. Ciri-ciri fisik lainnya yang terdapat pada pudel yaitu memiliki ekor yang tegak lurus ke atas. Hal tersebut dikarenakan adanya kebiasaan pemotongan ekor pudel dengan ukuran 1/4 atau 1/2. Akan tetapi perlakuan tersebut atau yang biasa dikenal dengan praktik docking pada pudel sudah dilarang di beberapa negara. 
  4. Bulu pudel biasanya diberikan perlakuan khusus yaitu pemotongan pada beberapa bagian tubuhnya. Adapun bagian yang disisakan bulunya biasanya terletak pada area leher, kepala, bagian kaki, atau pinggangnya saja. 
  5. Pudel hadir dengan berbagai macam pilihan warna bulu diantaranya yaitu abu-abu, coklat, aprikot, putih, hitam, dan juga ada yang biru. 
  6. Pudel berjenis kelamin jantan memiliki ekor yang lebih panjang jika dibandingkan dengan anjing pudel betina. 

Variasi Jenis Anjing Pudel

Variasi Jenis Anjing Pudel
thegorbalsla.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa anjing poodle memiliki tiga jenis diantaranya yaitu miniatur, toy, dan standar. Tipe standar merupakan tipe yang mudah dikenali dikarenakan ciri khasnya. Sudah pasti pudel tersebut memiliki ukuran lebih tinggi dibandingkan kedua jenis pudel lainnya. 

Tidak hanya itu pudel jenis miniatur juga sangat mudah dikenali yaitu dengan ukuran tubuhnya yang lebih tinggi dari jenis toy. Sementara itu untuk jenis toy sendiri tentu juga dapat dikenali dengan ukuran tubuhnya yang paling kecil. Ciri-ciri lain dari pudel tidak hanya ada pada fisiknya saja. 

Pudel juga memiliki ciri-ciri sikap yang playfull dan aktif. Hal tersebut menyebabkan anjing jenis ini memiliki kegemaran bermain dan juga cukup cerdas. Akan tetapi jika dibandingkan dari ketiga jenis pudel, maka standar merupakan anjing yang paling berani.

Sebaliknya, pudel jenis toy dan miniatur memiliki sifat yang cenderung lebih pemalu. Oleh karena itu jenis anjing pudel yang biasa didaftarkan pada event pameran atau sport akan lebih cocok dengan menggunakan tipe standar.

Jika dibandingkan dengan ras anjing lainnya, pudel memiliki ukuran yang lebih kecil dan juga akan tampak mencolok dengan bulu keritingnya yang unik. Tidak hanya itu anjing poodle juga dapat menjadi pusat perhatian karena memiliki variasi warna bulu yang tidak biasa. 

Namun variasi bulu tersebut juga didasarkan pada pemilihan jenis dari anjing poodle. Perlu juga diketahui bahwa pudel juga dapat dibedakan secara lebih spesifik yaitu memiliki 2 jenis yang populer. Kedua jenis anjing pudel populer tersebut adalah tiny poodle dan teacup.

Akan tetapi kedua jenis pudel tersebut tidak termasuk dalam keturunan keluarga dikarenakan tidak adanya hubungan family. Meskipun demikian hal tersebut tidak membuat para pecinta anjing tidak tertarik dengan kedua jenis pudel ini. Bahkan harga penjualan dari kedua jenis anjing populer ini lebih mahal jika dibandingkan dengan ketiga jenis aslinya. 

Cara Merawat Anak Anjing Pudel

Cara Merawat Anak Anjing Pudel
thegorbalsla.com

Selain anjing pudel dewasa terdapat juga cara perawatan khusus untuk anak anjing pudel. Dalam hal ini anak anjing pudel dapat dirawat dengan cara sebagai berikut. 

  • Menyediakan Makanan Yang Sesuai

Hal yang perlu diketahui sebelum memelihara anjing adalah usia dapat mempengaruhi kebutuhan nutrisi kalori dan protein pada anjing. Berdasarkan hal tersebut makanan yang disediakan untuk anak anjing pudel harus diperhatikan terutama jika usianya masih dibawah 12 bulan. 

Pada umumnya kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh anak anjing adalah makanan dengan kandungan protein yang lebih tinggi. Kebutuhan nutrisi tersebut harus dipenuhi karena anak anjing sedang dalam masa pertumbuhan dan pembentukan otot. 

  • Menentukan Jadwal Makan

Jadwal makan yang baik bagi anak anjing adalah pemberian makanan dengan porsi kecil namun dalam jangka waktu yang sering. Anak anjing dengan usia 3 sampai 6 bulan bulan dapat ditentukan jadwal makannya sebanyak 4 kali dalam 1 hari. 

  • Melakukan Perawatan Kesehatan Lainnya

Agar anak anjing pudel dapat tumbuh dengan sehat dan berpenampilan menarik maka juga harus dilakukan perawatan terhadapnya. Perawatan yang dilakukan kepada anak anjing pudel dapat dilakukan dengan memantau pertumbuhan bulu secara teratur.

Kesehatan anak anjing juga harus diperhatikan seperti rutin menyikat dan juga membersihkan gigi anak anjing yang berukuran kecil. Anak anjing poodle juga dapat dibawa ke dokter hewan secara berkala untuk memeriksa kesehatan dan pertumbuhannya.

Tidak hanya itu perawatan anak anjing poodle juga dapat dilakukan dengan memberi dental chew secara teratur dan juga melakukan vaksinasi. 

Cara Merawat Anjing Poodle Dewasa

Cara Merawat Anjing Poodle Dewasa
hewandankita.blogspot.com

Selain memiliki ciri khas tersendiri anjing pudel juga harus dirawat dengan cara khusus. Hal tersebut dikarenakan anjing pudel memiliki perbedaan dengan ras yang lain yaitu tidak mengalami fase pergantian bulu.

Tidak hanya itu, anjing pudel juga memiliki pertumbuhan bulu rambut pada seluruh bagian tubuhnya tidak terkecuali di dalam lubang telinganya sekalipun. Berdasarkan hal tersebut perawatan khusus pada anjing pudel lebih diperhatikan pada bagian bulu rambutnya.

Melalui adanya perawatan khusus tersebut maka anjing pudel juga akan tampak cantik, bersih, rapi, terawat, dan juga sehat nantinya. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat bulu anjing poodle dewasa tersebut terdiri dari sebagai berikut ini. 

  1. Bulu rambut pada bagian dalam lubang telinga pudel harus dicabut secara rutin. Perawatan ini harus dilakukan agar telinga dari pudel lebih mudah untuk dibersihkan. 
  2. Pudel harus dirawat bulunya dengan cara disisir setidaknya sebanyak 1 kali dalam satu hari. Langkah perawatan ini harus dilakukan secara rutin sehingga tidak memiliki bulu yang menggumpal sehingga tidak terlihat jelek dan berantakan. 
  3. Pudel juga harus dimandikan secara rutin paling tidak sebanyak satu kali dalam satu minggu. 
  4. Pada bagian moncong bawah, leher, ekor, dan kaki dari pudel harus dicukur bulunya secara konsisten. Perawatan ini dapat dilakukan dengan periode tertentu mulai dari kurun waktu 3 sampai 6 minggu sekali. 
  5. Pudel tidak boleh terlalu sering dibawa ke tempat kotor atau keluar rumah. Akan tetapi hal ini diperbolehkan apabila anjing pudel langsung dibersihkan setelahnya. 

Cara Memandikan Anjing Pudel Dengan Benar

Cara Memandikan Anjing Pudel Dengan Benar
www.dictio.id

Bagi yang belum pernah memandikan anjing sebelumnya tentu akan bingung dalam melakukan hal tersebut. Adapun beberapa cara yang mudah untuk dilakukan dalam memandikan anjing pudel adalah sebagai berikut ini. 

  1. Langkah pertama pada saat memandikan pudel adalah pemotongan pada kukunya terlebih dulu. 
  2. Langkah selanjutnya adalah menggunting bulu pada bagian telapak kakinya. Hal ini dilakukan karena telapak kaki akan menjadi licin jika bulunya dibiarkan tumbuh panjang. 
  3. Selain itu potong juga bulu yang berada di dekat duburnya agar saat pudel membuang kotoran tidak tersangkut. Apabila dibiarkan demikian maka pudel tidak hanya akan kotor saja. Tetapi juga mengeluarkan bau yang tidak sedap meskipun sudah dibersihkan. 
  4. Langkah selanjutnya adalah menyisir bulu pudel sebelum melakukan pembasuhan menggunakan air bersih. 
  5. Selain itu, telinga bagian dalam dari pudel dibersihkan menggunakan kapas dan pinset. Pada langkah ini harus diperhatikan terkait besarnya lubang telinga dari pudel. Kapas juga harus dibasahi menggunakan alkohol setelah itu telinga dapat dibersihkan dengan cara memutar pinset secara perlahan ke dalamnya. 
  6. Pada saat memandikan pudel telinga dapat di sumbat dengan menggunakan kapas dengan tujuan untuk dapat mencegahnya kemasukan air. 
  7. Ketika memandikan pudel juga sebaiknya tidak menggunakan sprayer karena alat tersebut akan dapat menyakiti pudel terutama pada bagian tubuhnya yang sensitif. 
  8. Jika sudah memperhatikan hal-hal tersebut maka pudel dapat mulai dimandikan dengan cara memulainya dari bagian kepala. Siramlah bagian tersebut secara perlahan dengan menggunakan selang. 
  9. Jika pudel sudah di basahi pada bagian bulunya secara keseluruhan maka dapat dilanjutkan dengan membasuhnya menggunakan shampo khusus anjing. Dalam hal ini pastikan untuk dapat memilih shampo yang mengandung zat tearless. Selain itu juga dapat menggunakan shampo bayi. 
  10. Jika pudel sudah dibersihkan menggunakan shampo secara merata maka dapat di bilas menggunakan air bersih. 
  11. Apabila sudah bersih anjing dapat dikeringkan dengan menggunakan blower khusus untuk hal ini. Pada saat mengeringkannya, setiap bagian tubuh anjing dapat dicek untuk mengetahui apakah ada penyakit atau tidak. 
  12. jika sudah kering maka bulu anjing pudel dapat disisir untuk dapat merapikannya menggunakan sisir khusus anjing. 

Masalah Kesehatan Pada Anjing Pudel

Masalah Kesehatan Pada Anjing Pudel
thegorbalsla.com

Hal lain yang perlu di ketahui terkait anjing pudel sebelum memeliharanya adalah ras ini cukup terkenal rentan terhadap penyakit. Adapun penyakit yang biasanya menyerang pudel adalah sebaceous adenitis. Penyakit tersebut merupakan gangguan kulit keturunan disebabkan karena penyakit menurun dari orang tuanya. 

Penyakit tersebut dapat ditandai dengan gejala umum yaitu rontoknya bulu anjing secara tidak wajar. Selain itu juga dapat ditandai dengan adanya ketombe yang berlebihan. Sehingga dapat menyebabkan kulit anjing poodle mengalami penebalan. 

Poodle club of las vegas pernah membuat sebuah survei yang menghasilkan pernyataan bahwa sekitar 50% anjing pudel jenis standar menjadi yang paling banyak mengalami masalah kesehatan tersebut. Tidak hanya itu, penyakit lainnya yang juga dapat diderita oleh pudel adalah epilepsi, gangguan saraf optik, dan displasia pinggul. 

Agar anjing poodle peliharaan tidak mengidap penyakit tersebut pemiliknya harus sering memantau kesehatannya. Pemantauan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter hewan. Sehingga anjing pudel yang dipelihara memiliki kesehatan yang lebih terjamin. 

Makanan Terbaik Untuk Anjing Pudel

Makanan Terbaik Untuk Anjing Pudel
thegorbalsla.com

Makanan yang sesuai makanan untuk anjing juga harus diperhatikan dan agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik. Perlu diketahui bahwa anjing pudel termasuk salah satu dari jenis anjing mahal. Sehingga jenis makanannya juga harus menyesuaikan kebutuhan agar tetap sehat.

Pada makanan anjing sendiri terdapat beberapa kelompok yang dikategorikan berdasarkan usia dari anjing poodle.  Berdasarkan hal tersebut makanan yang terbaik untuk diberikan kepada anak anjing pudel adalah memiliki kandungan kalori, protein, dan juga kalsium yang tinggi.

Hal tersebut harus dilakukan karena sangat penting dan menyangkut masa pertumbuhan dari anak anjing pudel yang masih usia bayi. Pada masa-masa pertumbuhan tersebut nutrisi yang diperlukan akan berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. 

Biasanya pada toko makanan hewan akan terdapat label dengan tulisan “makanan khusus anak anjing” yang digunakan untuk rentang usia kurang dari 12 bulan. Selain kandungan nutrisinya terdapat hal lain yang yang juga harus diperhatikan dalam pemberian makanan untuk anjing pudel. 

Makanan untuk anak pudel sebaiknya  dalam jumlah yang sedikit akan tetapi dengan pemberian yang sesering mungkin. Hal tersebut dilakukan agar anak anjing pudel tidak merasa terlalu kenyang dan juga terlalu lapar saat makan. Terlebih anak anjing pudel tentu memiliki perut dengan daya tampung yang masih sangat terbatas. 

Sementara itu bagi anjing poodle dewasa makanan yang diberikan dapat diperoleh dengan mudah di petshop sesuai dengan usianya. Oleh karena itu pemberian makanan untuk anjing pudel dewasa tidak perlu terlalu dipikirkan. Hal yang terpenting adalah anjing pudel peliharaan harus tetap diberikan makanan yang mengandung nutrisi cukup untuk memenuhi kebutuhan dan kesehatannya. 

Anjing doodle yang berusia antara 1 sampai 7 tahun dapat diberi makan dengan jadwal yang disarankan yaitu dua kali dalam 1 hari. Sedangkan pada anjing pudel yang telah berumur pemberian makanannya harus dilakukan pergantian level berbeda. 

Adapun anjing lansia pada umumnya diberikan makanan mengandung zat yang berfungsi mampu mengurangi fosfat. Hal tersebut dikarenakan fosfat memiliki sifat yang sulit diproses oleh ginjal. Sehingga anjing pudel nantinya akan dapat mengalami masalah kesehatan cukup serius. 

Berbagai Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kandang Anjing Pudel

Berbagai Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kandang Anjing Pudel
thegorbalsla.com

Sebelum memutuskan untuk membeli kandang bagi anjing pudel juga harus diperhatikan beberapa hal. Langkah ini harus dilakukan karena akan dapat memberikan kenyamanan anjing pudel dengan adanya jenis kandang terbaik. Adapun hal yang harus diperhatikan adalah terkait ukuran dari kandang yang sesuai dengan tubuh anjing pudel. 

Pastikan bahwa yang dibeli sudah memiliki ruang cukup sehingga anjing memiliki keleluasaan bergerak dan bermain. Selain itu  juga pastikan untuk dapat memilih kandang yang berguna untuk berteduh terutama jika harus diletakkan di luar rumah.

Sehingga anjing pudel tidak akan kedinginan atau kepanasan. Hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan adalah terkait ketersediaan tempat bagi anjing untuk membuang kotoran. Hal tersebut juga sangat penting agar anjing tidak dapat membuang kotorannya di sembarang tempat dalam kandang.

Selain itu hal tersebut juga akan dapat memudahkan langkah membersihkan kandangnya. Kandang untuk anjing pudel juga harus memiliki struktur mungkinkan udara dan cahaya dapat masuk secara menyeluruh. 

Perawatan Kandang Anjing Pudel

Perawatan Kandang Anjing Pudel
thegorbalsla.com

Apabila anjing pudel diletakkan ke dalam kandang maka tidak boleh disepelekan terkait perawatannya. Hal tersebut dikarenakan kandang akan dapat mempengaruhi kenyamanan serta kebersihan dari anjing pudel.

Lebih lanjut hal tersebut juga akan dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dari pudel baik secara mental maupun fisik. Oleh karena itu kandang juga harus dibersihkan secara teratur bahkan jika memungkinkan setiap harinya.

Apabila kandang anjing tidak dibersihkan secara teratur maka juga akan dapat berpengaruh terhadap kebersihan rumah karena akan menghasilkan bau tidak sedap. Kondisi tersebut tentu akan memberikan ketidaknyamanan bagi penghuni rumah. 

Adapun tips agar kandang anjing terlihat tetap fresh adalah dapat dilakukan dengan menyemprotkan spray non alkohol pada saat membersihkannya. Selain itu kandang anjing dapat dijemur dibawah terik matahari sampai kering setelah dicuci. 

Jika sudah dipastikan kandang telah kering dengan sempurna maka dapat digunakan untuk menempatkan anjing kembali. Apabila tidak memiliki waktu luang yang cukup maka dapat dibersihkan sebanyak 2 kali dalam 1 minggu. Sehingga kandang anjing peliharaan akan tetap bersih dan terhindar dari penyakit. 

Tanda-Tanda Ingin Kawin Pada Anjing Pudel Jantan

Tanda-Tanda Ingin Kawin Pada Anjing Pudel Jantan
thegorbalsla.com

Apabila apabila anjing pudel jantan ingin kawin maka akan menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut ini. 

  • Lebih Agresif

Ketika anjing pudel jantan memasuki musim ingin kawin maka hal tersebut akan berpengaruh pada sikapnya yang lebih agresif. Terlebih jika pemeliharaan pudel dilakukan secara sepasang dalam satu kandang. Maka anjing poodle jantan akan semakin menunjukkan sikap agresifnya dengan sering menunggang anjing pudel betina. 

  • Tidak Fokus

Tanda lainnya dari anjing poodle jantan yang ingin kawin adalah kehilangan konsentrasi dengan mudah. Hal tersebut dapat dilihat apabila sang anjing jantan sedang dilatih sesuatu maka hal tersebut tidak akan dapat membuahkan hasil seperti yang diminta.

Hal ini akan terlihat jelas mengingat bahwa pudel terkenal akan kecerdasan serta kecepatannya dalam belajar. 

  • Gangguan Kompulsif

Anjing pudel jantan yang sedang dalam masa kawin akan dapat mengalami gangguan kompulsif. Gangguan tersebut merupakan respon reflek dari stres yang lebih lanjut akan dapat menyebabkan gangguan fungsi normal sampai dikawinkan. 

  • Cemas

Kemudahan yang dapat diketahui pada anjing jantan dalam hal ini adalah selalu terlihat cemas, memasang wajah sedih, dan depresi. Selain itu juga dapat ditandai dengan sikapnya yang tidak seperti biasa yaitu sering menyalak. 

  • Humping

Anjing jantan yang ingin kawin juga dapat ditandai dengan perilaku aneh atau juga biasa disebut dengan humping. Perilaku ini adalah sikap anjing yang terlihat seperti ingin menaiki sesuatu.

Sikap aneh lainnya juga dapat terlihat pada anjing yang kerap menaiki kaki pemiliknya. Tidak hanya itu perilaku lainnya yang kerap dijumpai pada anjing jantan ingin kawin adalah masturbasi. 

  • Perubahan Selera Makan

Anjing pudel jantan yang mengalami masa ingin kawin juga akan memiliki selera makan yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut pudel jantan akan semakin rakus dan memakan apa saja dengan lahap.

Meskipun sebelumnya anjing menjadi lebih pemilih dalam soal makanan. Akan tetapi biasanya pada masa ingin kawin juga memungkinkan untuk dapat memakan yang tidak disukainya. 

Cara Mengawinkan Anjing Pudel

Cara Mengawinkan Anjing Pudel
thegorbalsla.com

Jika sudah diketahui gejala dari anjing yang ingin kawin maka juga harus dipelajari terkait bagaimana cara mengawinkan hewan peliharaan ini. Perlu diketahui bahwa pudel ketika ingin kawin juga membutuhkan bantuan dari manusia.

Terlebih apabila pudel yang dipelihara berada dalam keadaan sendiri atau single tanpa pasangan. Hal pertama yang perlu diperhatikan jika ingin mengawinkan pudel adalah terkait ras dari calon pasangannya.

Dalam hal ini akan lebih baik jika pudel peliharaan dikawinkan dengan pasangan yang memiliki kesamaan akan ras dan warna bulunya. Hal tersebut dilakukan agar anak anjing yang dihasilkan nantinya juga memiliki kualitas bagus. 

Apabila dilakukan sebaliknya yaitu perkawinan anjing dengan jenis dan ras berbeda ada maka juga akan menghasilkan keturunan yang berbeda pula. Perbedaan tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap warna dan juga ukuran dari anak pudel yang dihasilkan.

Lebih lanjut pemilik anjing poodle juga akan kesulitan dalam menentukan kategori jenis pudel dari anak anjing yang dihasilkan. Sementara itu untuk pemilihan warna yang sama dilakukan agar anak pudel nantinya memiliki pure colour. Oleh karena itu calon pasangan untuk pudel peliharaan harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan matang. 

Menangani Anjing Pudel Yang Sedang Melahirkan

Menangani Anjing Pudel Yang Sedang Melahirkan
hewandankita.blogspot.com

Bagi pemelihara anjing pemula tentu juga harus mengetahui bagaimana cara untuk menangani anjing yang sedang melahirkan. Terutama apabila hewan peliharaannya berjenis kelamin betina. Bagi para pemula mungkin akan merasakan kepanikan ketika hewan peliharaannya menghadapi masa-masa melahirkan. 

Hal-hal yang perlu dilakukan pada masa tersebut adalah tidak perlu khawatir. Anjing pudel akan dapat melakukan hal tersebut tanpa adanya bantuan dari manusia karena bisa melahirkan secara alami. Perlu diketahui bahwa pudel juga merupakan ras yang terkenal akan kemandiriannya. 

Namun meskipun demikian sang pemilik pudel sebaiknya tetap membawa hewan peliharaannya ke dokter hewan. Karena terdapat anjing yang dapat mengalami situasi khusus sehingga mengharuskannya untuk melahirkan secara bedah.

Biasanya cara tersebut dilakukan pada saat kehamilan setelah melewati tanggal jatuh tempo yang sudah diprediksi terkait kelahirannya. 

Selain itu cara tersebut juga dapat terjadi pada anjing dengan kelainan tertentu seperti tekanan darah tinggi atau gagal ginjal yang biasa juga disebut dengan eklampsia. Operasi bedah pada anjing yang sedang melahirkan disebabkan oleh hal tersebut harus dilakukan. 

Karena ukuran anak mungkin tidak muat jika dilakukan dengan jalan lahir normal atau melalui distosia. Oleh karena itu jika anjing sudah mengalami kondisi yang darurat maka perlu adanya campur tangan manusia untuk dapat membantu proses melahirkannya. 

Baca Juga Hewan Peliharaan

Itulah beberapa pengetahuan yang perlu diketahui seputar anjing pudel sebelum berniat untuk memeliharanya. 

Tinggalkan komentar