Anjing Mini Pom: Sejarah, Karakteristik, Jenis dan Cara Perawatannya

Anjing mini pom – Anjing Pom atau Anjing Pomeranian yang berasal dari Jerman merupakan salah satu jenis anjing yang masih merupakan keturunan dari ras Spitz. Anjing ini dikenal dengan anjing yang aktif dan ceria. Memiliki dominansi tubuh dengan bulu yang tebal disertai telinga kecil tegak. 

Anjing ini telah menjadi anjing peliharaan favorit di berbagai belahan dunia. Meskipun memiliki harga yang relatif mahal disertai dengan perawatan yang sangat rumit, hal tersebut tidak membuat para pecinta anjing Mini Pom menyurutkan semangatnya untuk membeli anjing jenis ini.

Anjing ini adalah anjing yang kecil namun memiliki berbagai jenis warna yang bagus. Sehingga membuat para pecinta anjing semakin menyukai anjing ini. Sebenarnya pada mulanya anjing ini tidak memiliki bentuk tubuh yang kecil melainkan bentuk tubuh yang agak sedikit besar. 

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyak perkembangan ras anjing, lahirlah anjing Mini Pom. Berikut merupakan beberapa ulasan mengenai anjing Mini Pom.

Contents

Karakteristik Anjing Mini Pom

Karakteristik Anjing Mini Pom
thegorbalsla.com

Mini Pom memiliki ciri-ciri yang bisa anda gunakan untuk mengenali jenis anjing ini, berikut merupakan ciri-ciri atau karakteristik anjing Mini Pom.

  • Ukuran Tubuh

Mini Pom memiliki bentuk tubuh kecil dengan bagian kaki dan tulangnya proporsional. Karena tubuhnya yang bagus, anjing ini dijadikan anjing favorit pada saat show. 

Meskipun memiliki bentuk tubuh yang profesional, pada saat show, hanya Mini Pom yang memiliki berat kisaran 1.8 hingga 2.7 kg saja yang lolos seleksi.

  • Kepala

Pada bagian moncongnya, anjing ini memiliki moncong yang pendek tetapi lurus ke depan. Pada bagian bibir sedang artinya tidak tipis. 

Selain itu, bentuk dan besar kepala dari anjing ini sangat lah seimbang dengan bentuk badan yang dimilikinya, sehingga membuat anjing ini nampak perfeksionis. Kemudian, pada raut wajahnya, anjing ini selalu memberikan ekspresi berjaga-jaga atau waspada.

  • Mata

Anjing  Mini Pom memiliki bentuk mata unik yaitu, pada bagian matanya berbentuk kecil dengan warna hitam yang memenuhi bola matanya. Bentuk bulat matanya hampir sama seperti kacang almond. Dan pada bagian mata agak menjorok ke dalam. Warna hitam memenuhi bagian mata dan hidung.

  • Gigi

Gigi anjing ini tidak terlalu rapi, namun masih tetap terlihat bagus.

  • Leher

Mini Pom memiliki bentuk leher yang pendek, bentuknya sesuai dengan besar kepala dan tubuhnya. Sehingga pada saat anjing ini mengarahkan kepalanya ke atas, maka terlihat sedikit lebih tinggi. 

  • Tulang Belakang dan Iga

Anjing ini memiliki tulang belakang yang tegak namun lurus. Sedangkan pada bagian iga anjing ini menyentuh bagian siku.

  • Ekor

Anjing ini memiliki ekor yang kecil dan indah. Bentuk ekornya tidak terlalu panjang namun memiliki posisi yang lurus dengan badannya. Ekor tegaknya tetap lunak tidak keras.

  • Bahu

Mini Pom, memiliki bahu yang cukup digunakan untuk mengongak dengan komposisi bahu agak berotot, lengan bahu memiliki panjang yang sama dengan lengan atas.

  • Kaki

Mini Pom memiliki kaki yang sedikit berotot dengan komposisi padat dan kuat, kaki tersebut memiliki posisi yang lurus dan paralel sama dengan kaki lainnya

  • Gerakan

Anjing Mini Pom memiliki gerakan lincah, ceria dan aktif. Meskipun begitu, anjing ini tidak pernah kehilangan keseimbangan. Pada kaki bagian belakang anjing ini memiliki kaki yang kuat sehingga gerakannya selalu seimbang dengan tubuh yang dimilikinya.

  • Bulu

Bulu pada anjing ini memiliki tekstur yang agak kasar tetapi tetap lurus dan komposisi bulu yang lebat. Sedangkan bulu yang berada di bagian dada dan bahu membentuk seperti jumbaian. Berbeda dengan bulu yang berada pada bagian kaki dan kepala, lebih pendek dari pada bagian badan. 

Kemudian bulu yang terdapat pada bagian ekor, memiliki tekstur yang kasar dan tersebar.

  • Warna

Warna yang dimiliki anjing ini bervariasi. Mulai dari warna putih, keemasan, cokelat dan masih banyak lagi. Bukan hanya satu warna saja, terkadang Mini Pom ada yang memiliki warna campuran lebih dari satu.

Jenis Anjing Mini Pom

Jenis Anjing Mini Pom
www.dictio.id

Anjing jenis Mini Pom dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Pengelompokan tersebut berdasarkan karakteristik yang dimiliki oleh anjing Mini Pom. Berikut jenis-jenis anjing Mini Pom,

  • Dari Segi Gender

Dari segi gender, anjing ini memiliki karakteristik yang dapat dibedakan. Anjing Mini Pom jantan memiliki ciri-ciri yang berbeda dari anjing Mini Pom betina. Bisa dilihat dari bentuk kemaluannya.

  • Dari Segi Warna Bulu

Apabila dari segi warna bulu yang dimiliki oleh anjing Mini Pom, terdapat anjing dengan bulu berwarna putih, ada juga cokelat, warna merah dan kombinasi berbagai warna. Bahkan terdapat anjing yang memiliki bulu berbentuk bulatan-bulatan hitam pada tubuhnya.

  • Dari Segi berat

Apabila dilihat dari segi berat, anjing Mini Pom yang digunakan untuk show berbeda dengan anjing Mini Pom yang digunakan hanya sebatas hewan peliharaan. Berat 1.4 kg hingga 3.2 kg merupakan berat anjing Mini Pom untuk hewan peliharaan. Sedangkan untuk show, beratnya 1.8 kg hingga 2.7 kg.

  • Dari Segi Gerak

Meskipun anjing Mini Pom, merupakan anjing yang terkenal dengan gerakannya yang lincah dan berani, serta aktif. Tetapi juga ada anjing Mini Pom yang masih penakut atau masih dalam tahap belajar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

  • Dari Segi ekor

Apabila dilihat dari segi ekornya, setiap anjing Mini Pom, memiliki bentuk ekor yang selalu seimbang dengan tubuhnya. Terdapat dua jenis ekor, yaitu ekor yang berbulu tetapi tegak. Sedangkan terdapat juga ekor berbulu namun panjang.

Perawatan Anjing Mini Pom Dewasa

Perawatan Anjing Mini Pom Dewasa
www.hipwee.com

Anjing jenis ini harus diberikan perawatan yang khusus, karena keadaan bulunya yang berbeda dengan anjing lain. Pada tubuh anjing ini, terdapat bagian bulu yang halus dan juga kasar. Perawatan juga harus dilakukan secara intens. Berikut perawatan Anjing jenis Mini Pom dewasa,

  • Pada Area Bulu

Bersihkan bulu Mini Pom, saat memandikannya, yaitu dengan menggunakan shampoo kering. Kemudian Rutinlah dalam menyisir bulu, agar tidak terdapat bulu yang menggumpal dan bulu tetap halus.

  • Pada Area Mata

Pembersihan pada area mata bisa dilakukan setiap hari. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan noda air mata yang sering menempel pada area mata sehingga membuat anjing terlihat jorok.

  • Pada Area Telinga

Pada area telinga harus dibersihkan dan di perhatikan secara rutin, hal tersebut untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dari telinga.Pada bagan telinga anjing ini memiliki bulu-bulu halus yang berfungsi menyaring debu yang masuk ke dalam telinga. Oleh karena itu, bulu-bulu tersebut harus dibersihkan dari kotoran dan debu.

  • Pada Bagian Kuku

Pemotongan kuku anjing secara rutin juga diperlukan, hal tersebut agar kuku anjing tidak menjadi panjang dan kotor. Pemotongan kuku usahakan jangan terlalu dekat dengan kulit, sehingga bagian dalam kuku atau kulit tetap bisa terlindungi dengan kuku.

  • Pada bagian Rambut

Rambutnya yang panjang menjadikan kotoran debu lebih sering menempel dan membuat rambut menjadi kasar dan kotor. Agar rambut tetap terjaga kebersihan dan kerapiannya, Penyisiran rambut bisa dilakukan 2 kali dalam satu hari.

  • Pada Bagian Gigi

Pada bagian gigi anjing ini, harus selalu dibersihkan dengan menggunakan sikat dan pasta gigi khusus anjing. Dikarenakan gigi anjing Mini Pom sangat rentan terkena bakteri dan kotoran setelah makan atau bermain. Selain itu, anjing ini memiliki gusi yang lunak dan sensitif, sehingga harus berhati-hati ketika melakukan pembersihan area gigi.

  • Cara Memandikan

Mandikan anjing Mini Pom di tempat mandi khusus atau bisa menggunakan bak mandi khusus anjing. Air yang digunakan untuk memandikan anjing ini adalah air hangat ruam-ruam kuku. Kemudian langkah pertama rendam dulu bagian tubuh anjing sedikit demi sedikit. Gunakan air pada bagian kepada secara perlahan jangan sampai terkena telinga dan area mata.

  • Makanan

Asupan makanan Mini Pom harus tetap di perhatikan. Pemberian makanan haru secara teratur yaitu dengan intensitas, 1 hingga 3 kali untuk satu hari. Tekstur makanan yang diberikan pada Mini Pom harus disesuaikan dengan kekuatan pengunyahan. 

Jangan memberikan tekstur makanan yang terlalu keras, tetapi berikan makanan lunak atau makanan perlu di rendam terlebih dahulu sebelum diberikan.

Perawatan Anak Anjing Mini Pom

Perawatan Anak Anjing Mini Pom
arenahewan.com

Anak anjing Mini Pom memiliki sifat yang sensitif, oleh karena itu perawatan harus dilakukan secara khusus agar anak anjing bisa tumbuh dengan baik.Selain itu, pengenalan dengan lingkungan merupakan hal yang harus diperhatikan agar kelak pada saat Mini Pom dewasa, ia dapat beradaptasi dengan mudah pada lingkungan.

  • Pemberian Makan

Makanan yang diberikan kepada anak Mini Pom, haruslah makanan yang memiliki nutrisi dan vitamin yang cukup. Hal tersebut dikarenakan, anak Mini Pom berada pada tahap pertumbuhan dan perkembangan, sehingga seluruh kebutuhan nutrisinya haruslah terpenuhi.

  • Perawatan

Pada saat memandikan anak Mini Pom, gunakanlah air hangat dan sampo kering. Pada bagian bulu, pembersihan dilakukan setiap hari dan tetap menggunakan sampo kering. Hal tersebut agar bulu anak Mini Pom cepat tumbuh dan panjang. 

Pada bagian mata, selalu bersihkan setiap hari dengan menggosok dengan halus pada area mata, agar kotoran dan noda air mata ikut terangkat. Kemudian di bagian telinga, cara membersihkannya dengan menggunakan cotton swab yang direndam dengan air pembersih tetapi bebas alkohol. 

Pada bagian gigi, bisa dilakukan perawatan dengan cara membersihkan nya dari kotoran agar terhindar dari infeksi. Pembersihan gigi juga dilakukan dengan tujuan agar gigi anjing yang belum tumbuh bisa cepat tumbuh dengan rapi dan cepat.

  • Training

Training dilakukan untuk pelatihan fisik dan mental pada anak Mini Pom. Pelatihan dilakukan agar anjing mudah beradaptasi ketika dewasa dengan lingkungannya, selain itu, agar anjing memiliki sifat yang lincah dan ceria dan juga aktif. 

Oleh karena itu, pelatihan anjing haruslah rutin setiap hari, agar anjing memiliki fisik yang kuat dan tidak mudah lelah. Pelatihan yang diberikan kepada anak Mini Pom dengan cara berjalan-jalan di luar dan pelatihan dilakukan untuk anjing dengan usia 2 sampai 3 bulan. 

Selain pelatihan dari segi fisik dan mental, pelatihan juga dilakukan untuk kebersihan. Sehingga pada saat dewasa, anak Mini Pom memiliki kebiasaan untuk bertingkah laku bersih.

Perkawinan Anjing Mini Pom

Perkawinan Anjing Mini Pom
akurat.co

Perkawinan anjing Mini Pom diperlukan dengan tujuan untuk mempertahankan ras dan keturunan. Proses perkawinan yang terjadi pada anjing Mini Pom, umumnya sama saja dengan proses perkawinan anjing lainnya. Namun tetap memerlukan bantuan manusia. Hal tersebut agar proses perkawinan berhasil. Berikut merupakan proses perkawinan anjing Mini Pom.

  1. Lakukan pengikatan pada bagian mulut anjing Mini Pom betina. Pengikatan ini memiliki tujuan, agar anjing betina tidak berbalik arah dan menggigit anjing jantan saat proses perkawinan berlangsung.
  2. Pemegangan pada anjing betina di perlukan agar anjing betina tidak terus bergerak. Kemudian posisikan anjing jantan di atas anjing betina, hal tersebut untuk memberikan kemudahan anjing jantan untuk memasukkan testis ke dalam vagina. Bagian vagina yang dimasukkan testis adalah vagina bagian atas. Karena vagina bagian atas langsung mengarah ke rahim anjing betina.
  3. Bukalah kelamin betina dengan benar, agar memudahkan anjing jantan untuk memasukkan testisnya ke dalam vagina betina. Kemudian biarkan saja hingga terjadi rangsangan secara alami pada anjing jantan. Anjing jantan akan memiliki naluri untuk kawin ketika alat kelaminnya hanya di dekatkan saja pada alat kelamin betina. 
  4. Angkatlah anjing jantan agar bisa naik ke atas punggung anjing betina sembari memegangi buntut anjing jantan ketika naik. Kemudian apabila sudah naik dengan posisi yang benar, lakukan pengecekan pada testis anjing jantan untuk memastikan apakah testis sudah berada pada posisi yang benar.
  5. Saat testis jantan berada pada posisi yang benar, maka ukuran testis jantan akan sedikit membesar dan proses perkawinan pun terjadi. Durasi waktu perkawinan biasanya 5 hingga 25 menit saja, atau perkawinan selesai saat anjing jantan telah mengeluarkan spermanya ke vagina anjing betina.
  6. Kemudian apabila telah terlepas, selanjutnya cepat lah mengangkat kaki bagian belakang anjing betina. Hal tersebut bertujuan agar sperma yang telah masuk ke dalam vagina anjing tidak terbuang keluar kembali.
  7. Masa kehamilan anjing betina yaitu 60 hingga 68 hari. Pada saat kehamilan, kandang dan makanan anjing betina harus selalu di perhatikan mengenai kelengkapan nutrisi vitamin dan sebagainya.

Pemberian Pakan Anjing Mini Pom

Pemberian Pakan Anjing Mini Pom
www.dictio.id

Makanan yang diberikan pada anjing mini pom haruslah memiliki nutrisi dan gizi yang cukup. Karena asupan makanan yang diberikan akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anjing.

Makanan tidak sehat atau tidak baik yang diberikan kepada Mini Pom, akan memengaruhi kesehatannya dan anjing akan rentan terkena penyakit atau bakteri pembawa penyakit. 

Pada saat kehamilan Mini Pom betina, makanan yang diberikan haruslah benar-benar di perhatikan, karena selain memengaruhi kesehatan sang induk, makanan tersebut juga memengaruhi kesehatan janin yang dikandung Mini Pom betina. 

Tetapi pada saat usia kehamilan anjing jenis Mini Pom telah mencapai usia 50 hari, maka pemberian nutrisi dan gizi bisa dikurangi sedikit demi sedikit, hal tersebut bertujuan untuk mempermudah proses persalinan. 

Hindari sejauh mungkin makanan yang mengandung pewarna, karena hal tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan Mini Pom menjadi terganggu dan rentan terkena penyakit. Makanan yang bagus untuk jenis anjing ini adalah makanan yang memiliki kandungan sebagai berikut,

  • Borage Oil

Kandungan borage oil pada makanan anjing memiliki fungsi agar rambut anjing tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya. Selain menjaga rambut, kandungan ini juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan kulit Mini Pom

  • Biotin, Asam Lemak Omega 3 dan 6

Kandungan ini merupakan kandungan khusus yang biasanya memang terdapat pada makanan anjing. Kandungan ini berfungsi agar bulu anjing tetap dalam keadaan yang bersih serta tetap memiliki tekstur yang lembut dan halus. 

Selain itu, kandungan ini dapat menghilangkan bau pada anjing dan mengurangi jumlah feses yang dikeluarkan. Hal tersebut sangat penting, karena agar pada saat Mini Pom aktif dan lincah bergerak, ia tetap berada dalam keadaan yang baik.

  • Sodium Polyphospate

Sodium pholyphospate merupakan kandungan yang dapat memberikan kekuatan pada gigi anjing pada saat menggunakannya untuk mengunyah makanan. Gigi kuat akan membuat makanan menjadi halus sehingga sangat mudah saat di cerna.

Selain itu, kandungan ini juga sehat dalam melakukan perawatan pada gigi, yaitu mampu mencegah adanya karang gigi. Ketiga kandungan tersebut wajib ada dalam makanan yang diberikan kepada anjing ini.

Hal tersebut dikarenakan, makanan tersebut memiliki nutrisi dan gizi, yang mendukung kegiatan anjing ini yang selalu aktif dan ekspresif.

Kandang Anjing Mini Pom

Kandang Anjing Mini Pom
www.tokopedia.com

Anjing jenis ini tidak bisa di biarkan begitu saja di sembarang tempat tanpa adanya tempat tinggal. Karena anjing ini adalah anjing yang memiliki karakteristik tidak bisa diam dan masih suka bermain tanpa ada batasan waktu. 

Kandang yang harus dipersiapkan haruslah luas tetapi tetap disesuaikan dengan ukuran tubuh anjing. Tempat tinggal yang digunakan untuk anjing ini haruslah memiliki tempat yang cocok dan layak di gunakan untuk anjing tidur dan beristirahat, dilengkapi dengan tempat makan dan tempat minum yang sesuai dengan anjing ini. 

Kemudian juga harus disediakan tempat yang luas yang bisa digunakan Mini Pom untuk bergerak aktif dan bermain. Kandang haruslah memiliki udara yang baik dan cukup sehingga tidak mengganggu pernafasan anjing ini.

Kondisi kandang usahakan jangan terlalu lembab, buatlah kandang tetap kering sehingga kandang tidak akan ditumbuhi oleh jamur. Keadaan kandang tetap kering akan membuat kandang menjadi bersih dan bebas dari bakteri. Berikut merupakan perawatan kandang yang harus di persiapkan untuk anjing jenis ini.

  1. Kandang harus memiliki tempat yang bisa digunakan untuk berteduh dan juga tempat terbuka yang biasanya digunakan untuk bermain. Perbandingan tempat berteduh dan tempat terbuka adalah 30 banding 70.
  2. Pembersihan tempat tidur anjing harus dilakukan setiap hari, hal tersebut agar tempat yang digunakan beristirahat anjing tetap dalam keadaan bersih dan nyaman ketikan di buat tidur.
  3. Tempat bermain anjing kerap sekali kotor dikarenakan adanya sisa-sisa makanan. Oleh karena itu pembersihan dilakukan setiap hari, agar tempat bermain berada dalam kondisi yang bersih dan sehat digunakan untuk bermain.
  4. Jangan berikan makanan sisa pada anjing ini, apabila pada saat Mini Pom makan dan terdapat makanan sisa, segeralah buang makanan sisa tersebut. Hal tersebut dikarenakan Mini Pom sangat sensitif.
  5. Kemudian tempat pup harus selalu bersih agar tidak memberikan bau yang kurang sedap pada kandang anjing Mini Pom
  6. Selanjutnya pada tempat berteduh selalu usahakan agar mendapatkan sinar matahari cukup tetapi tetap terhindar dari sinar matahari sore.
  7. Lantai tempat bermain dapat menggunakan bahan semen atau paving block, hal tersebut bertujuan agar air tidak tergenang pada saat hujan.
  8. Kandang anjing juga harus dibersihkan dari segala macam tumbuhan lumut dan jamur serta tumbuhan-tumbuhan yang berada di sekeliling kandang. Agar kandang tetap sehat.

Sejarah Anjing Mini Pom

Sejarah Anjing Mini Pom
thegorbalsla.com

Anjing Pomeranian merupakan anjing yang masih memiliki keturunan dari nenek moyang Pomeranian. Dahulu nenek moyang dari anjing ini memiliki bentuk tubuh yang besar dan biasanya digunakan untuk menggembala kambing pada masa itu.

Anjing jenis ini juga di pelihara oleh beberapa tokoh besar yang berasal dari Eropa, yaitu Isaac, Mozart, Michelangelo. Kemudian anjing jenis ini yang awalnya berada di Eropa dibawa ke Inggris oleh istri Pangeran George III yaitu Charlote tepatnya pada tahun 1761. Inilah awal mulanya, anjing Mini Pom berada di negara Inggris. 

Kemudian karena kesukaan cucu pangeran George yaitu Ratu Victoria terhadap anjing, semasa hidupnya ia telah mengembangkan jenis-jenis anjing, hingga sampai 15 ras baru anjing. Termasuk anjing Mini Pom.

Ratu Victoria pernah melakukan pembelian terhadap anjing Pomeranian yang memiliki warna bulu merah dan hitam yang berasal dari negara Italia tepatnya pada tahun 1888. Mulai dari sinilah nantinya akan terdapat Mini Pom. Setelah Ratu Victoria membeli Pomaranian, ia memberikan nama marco pada anjing tersebut dan dibawa masuk ke dalam negara Inggris. 

Marco sangat lincah dan unik hingga pada setiap kontes, ia selalu memenangi pertandingan kontes, dan membuat Ratu Victoria sangat menyayanginya. Selain Marco, Ratu Victoria juga melakukan pembelian kembali di tahun yang sama 1888 di daerah Florence, pembelian untuk najing jenis sama yaitu 3 anjing Pomerian.

Selanjutnya kemudian berkembanglah anjing Pomeranian mini yang biasa di sebut dengan anjing Mini Pom. Anjing ini telah tersebar di seluruh berbagai belahan dunia, dan telah menjadi anjing peliharaan yang sangat digemari oleh banyak orang. 

Selain tingkah nya yang lucu, anjing ini juga memiliki sifat ceria dan ekspresif. Karena bentuk tubuhnya yang bagus mungil , anjing Mini Pom kerap diikutkan berbagai kontes dan show oleh para majikannya.

Harga Anjing Mini Pom

Harga Anjing Mini Pom
hewanpeli.com

Harga anjing Mini Pom berbeda beda hal tersebut dikarenakan perbedaan karakteristik yang dimiliki anjing Mini Pom. Mini Pom memiliki harga yang relatif tinggi, hal tersebut dikarenakan, anjing Minipom merupakan anjing pintar dan mampu beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. 

Berikut ini merupakan harga anjing Mini Pom yang terdapat di pasaran.

  • Harga Rp. 2500.000

Harga tersebut bisa untuk memperoleh anjing Mini Pom betina dengan usia 6 bulan. Karakteristik yang dimiliki oleh anjing ini yaitu, poodle betina, anjing ini telah diberikan vaksin untuk kesehatannya, memiliki sifat yang suka bermain dan selalu dalam keadaan lincah dan ceria, pada bagian bulunya memiliki bulu yang lembut halus dan panjang, anjing ini sudah stambum.

  • Harga Rp.  2.800.000

Harga tersebut bisa untuk memperoleh anjing Mini Pom dengan jenis kelamin jantan dengan usia sudah mencapai 6 bulan. 

Karakteristik yang dimiliki oleh anjing jantan ini yaitu, sudah diberi vaksin untuk kesehatan anjing, anjing sudah terawat dan selalu dalam keadaan bersih dan sehat, tubuh anjing telah terbebas dari cacing dan juga kutu, selalu terawat dengan baik dan anjing pun selalu menjaga kebersihan tubuhnya sendiri sehingga anjing tidak menjadi jorok, Mini Pom jantan ini sudah stambum.

  • Harga Rp. 2.000.000

Harga tersebut merupakan harga yang ditetapkan untuk anjing Mini Pom jantan yang masih memiliki usia 1 bulan. 

Karakteristik yang dimiliki anjing ini adalah, memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan juga sehat, belum stambum, bulu yang terdapat pada tubuhnya selalu bersih dan putih, memiliki wajah dan tubuh yang lucu dan juga mungil.

  • Harga Rp. 3.000.000

Harga tersebut adalah harga yang ditetapkan untuk anjing Mini Pom jantan yang telah memiliki usia 3 bulan. Anjing ini tergolong anjing Mini Pom yang memiliki harga yang mahal. 

Hal tersebut dikarenakan karakteristik yang dimiliki oleh anjing ini yaitu, bulu yang terdapat pada bagian tubuh anjing ini memiliki warna putih dan juga bersih, anjing ini memiliki sifat sangat senang bergerak dan juga lincah. 

Selain itu, anjing ini aktif dan pintar. Kemudian nafsu makan anjing ini sangat lahap dan juga baik. Pada saat pup, anjing ini sudah terlatih untuk pup pada tempat yang benar tidak sembarangan. Sudah diberikan vaksin dan juga sudah stambum.

  • Harga Rp. 3.000.000

Harga tersebut adalah harga yang diberikan untuk jenis Mini Pom jantan yang memiliki usia 4 bulan. Anjing Mini Pom jantan memiliki karakteristik berupa, bulu sudah broken white dana dalam keadaan panjang dan juga bersih. Sudah stambum dan sudah di vaksin. Memiliki nafsu makan yang sehat dan juga baik dan selalu makan dengan lahap. 

Anjing ini memiliki gerakan lincah dan ceria, memiliki sifat suka bermain dan suka sekali bergerak. Anjing ini memiliki bentuk tubuh yang panjang namun tetap memiliki bentuk tubuh yang mungil. Anjing ini telah terbebas dari kutu dan juga jamur.

  • Harga Rp. 3.000.000

Harga tersebut merupakan harga yang ditentukan untuk Mini Pom betina dengan usia 3 bulan. 

Mini Pom ini memiliki karakteristik berupa, bulu berwarna putih dan dalam kondisi yang bersih. Memiliki sifat yang menggemaskan dan juga lucu. Anjing ini tidak memiliki cacingan karena telah diberikan obat cacing sebelumnya. 

Memiliki gerakan aktif dan lincah seta sangat ekspresif. Memiliki tubuh yang sehat yang telah terbebas dari masalah kulit seperti jamur dan juga dari masalah kutu pada rambut anjing. Sudah dalam proses stambum.

  • Harga Rp. 6.500.000

Harga tersebut merupakan harga yang ditentukan untuk Mini Pom betian yang telah memiliki usia 3 bulan. Harga yang mahal pada anjing ini dikarenakan anjing ini memiliki karakteristik yang bagus. 

Berikut merupakan karakteristik dari anjing ini. Bulu berwarna cokelat yang terdapat pada anjing ini. Warna cokelat memiliki gadrasi warna yang indah dan tajam. Memiliki tubuh yang sehat dan juga terawat dengan baik sehingga anjing ini tidak rentan terkena penyakit.

Memiliki nafsu makan yang lahap dan baik tetapi tetap berada pada batas kesehatan makan. Tubuh sudah diberikan vaksin dan juga sedang mengalami proses stambum. Keadaan tubuh sehat dan terbebas dari cacing, terbebas dari kutu dan dari berbagai masalah kulit lainnya. 

Memiliki tubuh yang pendek dengan moncong yang pesek sehingga anjing ini sangat mungil dan imut.

Karakteristik anjing jenis ini memang berbeda dengan anjing lainnya, oleh karena itu, harga Mini Pom relatif mahal untuk seekor anjing. Mahalnya harga tersebut dikarenakan kondisi badannya yang mungil disertai dengan sifat yang telah melekat pada anjing ini, yaitu sifat lincah dan ceria. 

Perawatan yang diberikan haruslah intens, karena anjing ini sangatlah sensitif. Pengobatan harus dilakukan setiap waktu untuk menjaga kesehatan jenis anjing ini.

Baca Juga Hewan Peliharaan

Itulah sedikit ulasan mengenai anjing Mini Pom yang meliputi segala jenis karakteristiknya hingga perawatan, sejarah dan harga yang beredar di pasaran. Mengenai harga, harga terkadang berubah sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh anjing Mini Pom.

Tinggalkan komentar